BLAZER masih worthed gak? - Part 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pogansip
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Sun Jun 17, 2007 14:06

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by pogansip »

gtpras wrote:

waduh ampuuunnnn bro.... :e-pray: klo ketemu punya ane yg masih pake ori... jgn dipatah2in ya.... soalnya klo pake yg punya 4x4, kebo ane kagak bisa masuk kandangnya bos... pake ori aja sering kepentok ama kusen2nya... :glodak:
Jangan salah bro....biar gede neh spion kan bisa nutup otomatis, dah gitu ada foldable nya...(bener gak sih nulisnya om uch??), yan fungsinya kurang lebih ada pemanas kaca buat ngilangin kabut pas lagi berembun spionnyah..getuuhh.......makanya beli.....ganti ajah...biarin gak usah beli baju buat lebaran.......yang penting spion kebo nya gagah.....
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by uch »

Tapi punya saya belum aktif tuh heaternya. Dulu banget, katanya ECU nya nggak mendukung. Sayang juga.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by uch »

frandika wrote:
1. nah sekalian mau tanya lg ke bro uch dan sesepuh kebo, untuk kebo yg udah tua kaya kebo saya (97), apa dengan memasang volt stabilizer + ground wire bisa membantu dalam hal kelisrikan? tolong diberikan pencerahan ya..

2. satu lagi, belakangan oli mesin saya cepet banget berkurang (belom lama ini udah ganti packing carter di BD), apa yg jd penyebabnya? padahal mesin kering tidak ada yg menetes. tp dalam 3 minggu ini saya udah refill 800ml oli baru, apa oli saya cepet banget menguapnya? saat ini yg dipakai oli global petro america (BD yg pilih saat ganti packing carter). trus saya baca2 di forum ini ada yg jual kaya pelumas tp fungsinya bukan pelumas melainkan melapisi kembali komponen yg aus (merk nya XADO), apa dengan "pelumas" tersebut bisa membantu jika ada keausan berlebih yg mungkin menyebabkan oli mesin kebo saya ikut terbakar ya?
1. Duh ini mirip2 ama alat2 penghemat bbm. Beragam testimoni baik positif maupun negatif. Kalo saya pribadi nggak pernah beli volt stabilizer. Selama alternator optimum, voltasenya stabil koq. Kalo grounding cable, cukup bikin sendiri (koreksi deh...dibikin ama BD... :D) dari kabel2 yg kwalitasnya bagus. Intinya nggak perlu beli paket grounding.

2. Apa asap knalpotnya putih Pak..?
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by frandika »

1. wah wah kalo gitu grounding nya segera saya pasang sendiri (koreksi.. minta dibuatin BD ajah), kabel2 yg dipake kwalitas bagus itu abis brp yg bro uch??

2. untuk asap knalpot belom cek bro, kalo pagi saat manasin mesin sekitar 3-5 menit seh ga keliatan warna putih nya. cubo besuk saya cek gas dalem2 RPM lumayan tinggi gitu kali ya..

:thanks:
-------#BIC-701#--------
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by riadi33b »

ikutan ah...... nanggapin pertanyaan bro frandika,
utk urusan ngerawat mobil kl gw pegang prinsip standar OEM sebab blm tentu produk2 yg ditawarkan cucok dgn siboyot.
khusus utk siboyot yg kita tunggangin semua alat2 penghemat BBM, volt stabilizer dlsb...... dulu waktu GM masih nernak kebo disini itu sudah pernah dicoba semua ......hasilnya NOL besar ini bukan bualan omongan gw, tapi komandan engineeringnya yg bilang dites langsung dan pernah diterapkan dikebo2 yg skrng kita tunggangin.
trus katanya utk pengembangan R&D produk kebo yg kita tunggangin skrng ini , pd masa2 itu keluar kocek ±200.000 usd, jd kl gw pribadi lbh baik ikut aliran standard aja, percaya sama pabrik jd gak perlu buang2 duit buat hil2 yg mustahal......:mrgreen:
nambahain tanggapan dari Om uch kl asap mobil keliatan putih , kyknya itu tanda2 ada kebocoran oli masuk keruang bakar deh.....betul gak Om?
ST .
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by gmx »

@TumisKeris
Bener bro, mulus abis, langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Mau nambah2in juga jadi bingung, mau nambah apaan lagi, udah keren by default. Mestinya penunggangnya sendiri yang ikutan ngobrol di sini, tapi dia lagi problem internetnya

@frandika
Olinya pake apa ya, keenceran ngga?

btw, harga spion itu berapaan ya, maklum aja pengaturan budget harus sedemikian rupa karena ada 2 mobil gede yang mesti dirawatin nih

Kebo kayaknya naik daun nih ya, lalu lintas perdagangan kebo di BD makin rame, BD-nya juga makin rame belakangan ini. kebo adik gue juga belum sebulan udah ada yg nawar2..
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by riadi33b »

@gmx mau pasang spion 4x4 siapin dana ±3000 k , terima beres sdh termasuk pasang, @bro frandika daripada beli alat2 yg blm tentu bener hasilnya lbh baik ikutin cara kita2 aja contoh bro gmx pilihan sdh tepat bro kwek...ke...ke....ke.... hasilnya gak bakal bohong dijamin .......swuer deh kebonya keliatan tambah gagah........ :ngacir:.... "mode kompor mledug on"
ST .
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by gmx »

3000k... lumayan juga yah..

@frandika
kalo susah liat asapnya putih apa ngga, coba colek bagian dalam pipa knalpotnya, basar atau kering. Yg dimaksud basah ini adalah basah ada residu oli nempel di dinding pipa knalpot. Mudah2an kering. pengalaman dulu punya zebra yg olinya berkurang terus, knalpotnya basah karena oli merembes masuk ruang pembakaran karena ring pistonya kurang besar
pogansip
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Sun Jun 17, 2007 14:06

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by pogansip »

uch wrote:Tapi punya saya belum aktif tuh heaternya. Dulu banget, katanya ECU nya nggak mendukung. Sayang juga.
wkwkwkwk...akhirnya ada juga jalan gw buat nyombong ama sesepuh.... :off_team: ..punya gw mah aktif tuh Om, heaternya disatuin ama kaca belakang
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by frandika »

@riadi33b
saya cuman mau sedikit perhatian lebih buat si kebo yg tua ini bro (maklum usia udah 11 thn :mrgreen: ), bukan ngincer di "penghemat BBM nya seh", secara kebo saya masih termasuk normal kok (FC= 1:7 dalkot :cupss: ). nah untuk kelistrikan kayak nya mulai letoy terbawa umur, pertanda dari indicator voltase yg ga stabil di 14 v. untuk itu pengen pasang volt stabilizer plus ground wire aja.

@gmx
oli nya yg multi grade bro, global petro america SAE 20W-50... sip dah ada tambahan tips untuk mendeteksi oli ikut kebakar apa ndak. besuk pagi sekalian saya cek asap putih and knalpot basah :e-think:

:thanks:
-------#BIC-701#--------
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by riadi33b »

[quote="frandika"]@riadi33b
saya cuman mau sedikit perhatian lebih buat si kebo yg tua ini bro (maklum usia udah 11 thn :mrgreen: ), bukan ngincer di "penghemat BBM nya seh", secara kebo saya masih termasuk normal kok (FC= 1:7 dalkot :cupss: ). nah untuk kelistrikan kayak nya mulai letoy terbawa umur, pertanda dari indicator voltase yg ga stabil di 14 v. untuk itu pengen pasang volt stabilizer plus ground wire aja.

pendapat pribadi gw nih: ikut sarannya bro Uch diatas & P.Ridhuan Wahyudi spt yg pernah anda tanyakan dimilist blazer kyknya lbh worthed deh bro.
ST .
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by uch »

frandika wrote:1. wah wah kalo gitu grounding nya segera saya pasang sendiri (koreksi.. minta dibuatin BD ajah), kabel2 yg dipake kwalitas bagus itu abis brp yg bro uch??
:thanks:
Kagak habis berapa2 Om... :D. Lha wong cuman kabel power nya audio dipotong buat menyambungkan kutup (-) aki ke alternator.

Ceritanya dulu pernah pasang audio yg lumayan berat (1 power ADS 8 channel+ 1 power JL 4 channel). Percaya ama alternator blazer yg lumayan gede, gw nggak pake cap bank. Tapi jadinya tiap nyalain audio, volt indikator bergeser ke kiri. Maksud hati buat ngatasi itu, dipasangin kabel grounding ke alternator. Tapi kayaknya nggak terlalu efek deh... :D Pernah denger juga narik massa/grounding langsung dari aki ke tangki bensin buat fuel pump. Biasanya di titik tsb dicek dulu pake voltmeter.

sedikit sharing, dulu pernah ditawarin tuh volt stabilizer+grounding di duta mas fatmawati. Tapi saya minta cek dulu pake voltmeter digital yg sampe 4 angka dibelakang koma sebelum dan (nanti) sesudah pemasangan alat tsb, kondisi mesin hidup. Kalo ada perubahan baru dibayar, kalo nggak ada perubahan dibongkar lagi. Ternyata yg jual nggak berani pasang.... :D
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by gmx »

@frandika
Menurut Primbon Pedoman Untuk Pemilik Blazer Montera, Oli yang direkomendasikan adalah 10W-30, 10W-40, atau 10W-50. Kebo adik saya pake Oli Shell Helix Plus 10W-40, meneruskan oli yg dipake oleh Agri dulu. Untuk baca2 mengenai oli, silakan baca trit Rangking dan Pemilihan Oli Mesin, salut sama PenyuTurbo yang piawai sekali mengulas mengenai oli

link tritnya:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... ilihan+oli

Sebenernya saya juga sedang salah kaprah memilih oli untuk tunggangan saya, recommendednya 20W-50 tapi saya malah pake Shell Helix Plus 10W-40, baru baca manualnya kemaren. kita tukeran aja bro http://www.serayamotor.com/diskusi/post ... =12&t=4070#

Mengenai FC, beberapa LT secara individual ternyata lebih irit daripada montera, BD lagi investigate mengenai itu dan mau diterapkan ke kebo adik saya. Nanti kita kasih reportnya
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by frandika »

@bro riadi33b
iya bener bro harus cek alternator dulu (bener2 dibongkar) seperti yg disaranin pak ridhuan di milis blazer. emang sich kemaren di BD ceman dicek pake alat yg dicolokin di dashboard doank, trus ngeceknya saat mesin baru nyala, jadinya hasil cek masih OK. padahal ke-tidak stabil-an muncul saat dipake agak lama terutama saat lampu+AC+audio nyala. ntar dech kalo ke BD lg saya minta dibongkar alternator nya, semoga cuman washer ato apa nya (murah kata pak ridhuan dulu) aja yg musti ganti :mrgreen:

@bro uch
waduh kalo gitu ga terlalu ngefek ya bro, ground wire atawa volt stabilizer buat di kebo yg suka jajan ini?? :cupss:
ya tunggu kepastian kondisi alternator dulu dech, baru menyiapkan skenario selanjutnya yg tepat buat si boyot :mrgreen:

@bro gmx
lha yg pilihin oli buat kebo saya itu sekretariat BIC (di BD sendiri loh), kira2 mereka masak lupa ama manual book peliharaan sendiri?? :glodak:
-------#BIC-701#--------
User avatar
micogilbert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Sep 08, 2008 13:29
Location: Selatan Jakarta

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by micogilbert »

Nongol...... nongol... ikutan....
akhirnya bisa juga... hehehehe... ikut nimbrung y....

salam,
BIC-655 | Kebo Gembel 4x4
permadi
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Aug 20, 2008 11:03

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by permadi »

Dear all Blazermania,

Salam kenal, gw mo jual blazie Montera 2000 biru tua metalic Rp53jt (nego), tangan ke 2 pake dari thn 2005. Kondisi masih bagus, AC dingin, radio-tape, CD changer, velg racing ban Dueller AT 235/70 huruf putih, ada seat baris ke3. Perawatan selama ini gw ke bengkel Alexander di Kemayoran karena harga onderdil di sana menurut gw paling murah di Kemayoran. Kalo ada yang minat bisa kontak gw di 0817182814. :thanks:

Salam
:beer:
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by riadi33b »

permadi wrote:Dear all Blazermania,

Salam kenal, gw mo jual blazie Montera 2000 biru tua metalic Rp53jt (nego), tangan ke 2 pake dari thn 2005. Kondisi masih bagus, AC dingin, radio-tape, CD changer, velg racing ban Dueller AT 235/70 huruf putih, ada seat baris ke3. Perawatan selama ini gw ke bengkel Alexander di Kemayoran karena harga onderdil di sana menurut gw paling murah di Kemayoran. Kalo ada yang minat bisa kontak gw di 0817182814. :thanks:

Salam
:beer:
upload fotonya dong bro .........SOL
ST .
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by gmx »

Bro semua,

Perkenalkan micogilbert, adik gw penunggang kebonya Agri sekarang, gw sih nebeng doang :)
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by frandika »

tadi pagi pas manasin si kebo di parkiran, wah wah bener ternyata asap putih nampak di RPM > 3500, lalu knalpot basah banget dan sedikit muncrat seperti air campur oli :mad:
karena amunisi sedang gencar buat gerilya medan "lebaran" ya si kebo ngalah dulu operasi pengobatannya :mrgreen:
sementara lagi pake pengobatan "alternatif" menggunakan xado nano technology kali aja si kebo bisa terobati tanpa operasi :e-pray:
-------#BIC-701#--------
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by gmx »

@frandika
waaaah.. jangan dipaksa kerja dulu kebonya, kasian ntar makin akut
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by frandika »

sementara kerja si kebo ringan2 aja kok bro, trayek slipi - cengkareng lewat kombinasi tol dalkot + jalan raya macet lancar hehe.. thanks perhatiannya buat si kebo.. oh iya salam kenal buat adik bro gmx ya.. wah nick nya kok susah ya hehe..
-------#BIC-701#--------
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by riadi33b »

frandika wrote:sementara kerja si kebo ringan2 aja kok bro, trayek slipi - cengkareng lewat kombinasi tol dalkot + jalan raya macet lancar hehe.. thanks perhatiannya buat si kebo.. oh iya salam kenal buat adik bro gmx ya.. wah nick nya kok susah ya hehe..
saran gw kl udah ketauan penyakitnya langsung masuk meja operasi (turun setengah), jangan dipake dulu deh tu sikebo dari pada tambah parah mesin bisa rontok yg mestinya cuma operasi usus buntu jadi operasi jantung ........turut prihatin bro .......
ST .
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by gmx »

micogilbert mau posting2 tapi internetnya lagi problem, susah buka SM katanya
gtpras
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Wed Apr 23, 2008 6:09

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by gtpras »

dari situs tetangga....

TOPIK Ke-1

Topik : "opel blazer sip deh"
Pengirim : mubas, tanggal 11/09/2008
Mobil blazer emang diakui oleh kalangan orang ptnya bln menengah ke atas,n org yg hobby mbl uero. waktu 6 bulan kemarin, tptnya bln maret 08, saya kecelakaan parah tp terselamatkan ya...berkat Allah swt, n utg saya bawa opel blazer sohc 01,rasanya wakty kecelakaan tu di dlm mobl sprt ada perrr jd benar2x terlindungi.... saya tabrakan dengan truck. wah jd yg parah bagian depan mobil. dan skr alhamdxxx udah balik lagi sprt baru beli....dan biayanya tdk mahal cuman 5juta . coba kenyamanan minibus opel blazer,pasti untung n jd jth cinta ma mbl itu... salam ama yg poenya mbl opel blazer seluruh nusantara.

125.164.4.208 - - 14:44:04

Re:"Re: opel blazer sip deh" ,
Pengirim: [email protected], tgl. 13/09/2008
hebat2, Chevy emang bikin mobil OK punya. Tapi akses pintu belakang agak sempit ya? sering nyangkut kaki saya kalo keluar masuk mobil tumpangan hehe, ama legroom baris kedua agak sempit.. Untuk duduk depan si, no problem at all.. Kecuali design dashboard yang meninggi itu, just not my style..

114.120.99.120 - - 03:31:44


Re:"Re: opel blazer sip deh" ,
Pengirim: okta.gadas, tgl. 12/09/2008
Untuk kenyamanan , emang ngga ada matinya , bukan berarti kita ngga bisa mati di dalam mobil itu, cuman pengertiannya disini, dengan kondisi plat body yg tebal dan di tambah kontruksi frame yg kokok , insya Allah akan me REDUCE Segala sesuatu yg lebih fatal..... syukur lah, jika demikin , pertanyaan saya itu kecepatan barap sampean tabrakan ?? kebetulan saya juga penggemar BLAZERIAN di JKT

219.83.59.125 - - 11:15:42


TOPIK Ke-2

Topik : "Kaki2 Opel Blazer"
Pengirim : Adjie, tanggal 25/08/2008
Saya punya Opel Blazer DOHC LT tahun 2000, mo tanya ama komunitas Opel Blazer, apakah idle arm/ paha ayam bisa di rekondisi. Sekitar 3 bulan lalu saya ganti idle arm beli di toko spareparts, tp sekarang sdh mulai oblag lagi dan ada bunyi2, setelah di cek ternyata bener idle armnya kocak lagi. Padahal jalan yang saya lalui sehari-hari relatif muluz. Thks atas saran dan way out nya....

125.162.81.59 - - 22:14:02

Re:"Re: Kaki2 Opel Blazer" ,
Pengirim: [email protected], tgl. 27/08/2008
Tambahan: Khusus kaki2, tidak disarankan membeli non original walaupun harganya cuman 20% dari orginal. Karena logamnya tidak akan tahan lama menopang beban body yg berat. Lebih baik rekondisi tapi berasal dari part original. Paling baik sih part original baru, tapi muaahalll..!

194.196.8.171 - - 17:35:28


Re:"Re: Kaki2 Opel Blazer" ,
Pengirim: [email protected], tgl. 27/08/2008
Setau saya kaki2 opel blazer itu memang dirancang untuk direpair. Bukan diganti baru. Itu sebabnya di kaki-kaki obel blazer ada banyak pentil untuk mengisi ulang grease (stemped). Logamnya juga high quality. Jadi kalau oblak bukan karena aus logamnya tapi karena teflonnya yg aus. Hanya bengkel resmi yg merokemendasi ganti baru agar omzet tercapai.

194.196.8.171 - - 17:29:38


Re:"Re: Kaki2 Opel Blazer" ,
Pengirim: rourke, tgl. 26/08/2008
System suspensi depan blazer memakai double wishbone dgn torsion bar.
Maksud dari double wishbone adalah , satu roda memiliki 2 arm, atas dan bawah( biasa juga disebut arm paha ayam).

Sementara yg dimaksud dg idler arm adalah ada dalam system steeringnya. Yaitu bagian dari ball and nuts steering( worm/ulir cacing). Bukan merupakan bagian dari system suspensi kaki2.

Ada 2 engsel batangan dalam steering ,yaitu idler arm dan pitman. Idler arm terletak jauh dari worm. Idler arm melekat pada sasis/body. Sementara Pitman terletak dekat/melekat pada worm system.Tidak melekat pada sasis.

Kalau udah aus engselnya , membuat stir mempunyai spelleng/ruang kosong yg besar.

Yang biasa membuat bunyi2an kaki blazer ( dan rata rata sedan jepang misal honda) adalah arm double wishbone yang bagian atas (bukan idler arm). Ball joint melekat pada arm ini, sehingga org menyebutnya ball joint saja. Disebut balljoint krn engselnya berupa bola sehingga bisa bergerak 360 derajat keatas dan kebawah.

Kalau rumah balljoint udah oblak , menimbulkan bunyi. Bisa direkondisi , rumahnya dilepas/diketok , diisi dengan karet polyurethane , dan dipasang kembali. Atau dgn cara akal2 cukup dipress/ ditekan rumah bola shg nggak ada celah lagi.
Ketahanan system press ini nggak tahan lama. Untuk biaya seluruh kaki2 dgn system polyurethane , berkisar 600 ribu.

Harga balljoint sekarang udah murah. saat Tahun 2000 seharga 1jutaan ,sekarang cukup dg 200 ribuan saja.

Body blazer yg berat membuat beban balljoint besar ,shg harus sering di invet/grease. Minimal tiap ganti oli. Atau dari baru ganti hrs diinvet terlebih dahulu agar awet. Kalo nggak ,dalam wkt beberapa bulan saja udah oblak.

Pengalaman saya , ada bunyi2an yg mirip dg balljoint(dialami sebagian besar blazer) , sampai saya hampir terkecoh.Yaitu bunyi engsel kap mesin saat melewati jalan gelombang bunyi glodok2.Cukup kendori mur , ganjal kawat , di pasang kembali....beres....

Usia balljoint sekitar 5 tahunan dgn perawatan yg bagus.

202.93.37.90 - - 10:58:04


Any comments SMer.....
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by frandika »

riadi33b wrote:
frandika wrote:sementara kerja si kebo ringan2 aja kok bro, trayek slipi - cengkareng lewat kombinasi tol dalkot + jalan raya macet lancar hehe.. thanks perhatiannya buat si kebo.. oh iya salam kenal buat adik bro gmx ya.. wah nick nya kok susah ya hehe..
saran gw kl udah ketauan penyakitnya langsung masuk meja operasi (turun setengah), jangan dipake dulu deh tu sikebo dari pada tambah parah mesin bisa rontok yg mestinya cuma operasi usus buntu jadi operasi jantung ........turut prihatin bro .......
thanks saran2 nya bro.. ada niatan sich buat operasi si kebo, tp ntar abis lebaran aja.. nah sekarang lg tunggu hasil "pengobatan alternatif" dengan menggunakan xado nano technology yg informasinya bisa repair tanpa disassembly mesin, dengan cara revitalisasi gitu dech.. nah kalo bisa sembuh tanpa operasi khan lumayan menghemat :mrgreen:
untuk antisipasi mesin ga rontok saya selalu jaga volume oli masih di atas garis minimal pada stick pengecek ketinggian oli :e-dance:
-------#BIC-701#--------