Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Sun May 24, 2020 7:52
Bocor crank (atau cam, atau 2 2 nya) seal knapa ga d bongkar ganti aj ? Lebi guarantee beres, toh work labour cost nya jg ga seberapa mahal kl bengkel biasa
Cairan2 seal conditioner gini justru laris manis d luar negeri negara bule sana yg harga labour cost turun mesin aj ud ampir stengah (atau malah seharga) mobil itu sendiri
Emm nganu om klep..
Ane udh bandingin beres ama spesialis ongkos bongkarnya tok sama2 kepala 3rebu...
zzzprince wrote: Sun May 24, 2020 8:33
Mau tanya rekan rekan, oli diesel yang paling banyak detergent nya punyanya apa ya? Keperluan buat flushing sludge, rencana pake meditran SC apa sdh cukup? Pemakaian 4rb km apa cukup? Mohon infonya, thanks
Buat flush apa aja yg penting hemat di kantong om, ane pake meditran sx kmrn buat flush..
Suryaputra wrote: Sat May 23, 2020 11:09
Ganti oli di bengkel umum yg pk hidrolik plg kena 50rb.
itu udh tmsk ganti filter oli dan ngeflush oil-pan.
setelah diflush, baru tuang oli baru.
oli bisa beli sendiri di toko online.
jgn lupa beli oli murah 1 liter buat flush oil-pan.
mesran or shell mineral oil udh cukup.
yah itung2 bantu bayar gaji karyawan bengkel umum di masa sulit gini.
Yup, benar Om
Saya kemarin ke toko oli, bawa oli + filter oli sendiri. Minta tolong gantiin oli. Cuma kena 30 rb udah nambah air aki
zzzprince wrote: Sun May 24, 2020 8:33
Mau tanya rekan rekan, oli diesel yang paling banyak detergent nya punyanya apa ya? Keperluan buat flushing sludge, rencana pake meditran SC apa sdh cukup? Pemakaian 4rb km apa cukup? Mohon infonya, thanks
Buat flush apa aja yg penting hemat di kantong om, ane pake meditran sx kmrn buat flush..
Ada opsi lain
- PTT flushing oil
- sefer neutra
Ini mesin mobil apa ya om klo boleh info?
Meditran sx sdh cukup ya om? Rencana menghindari PTT flushing oil karna harganya+ongkirnya gak masuk hitungan.. cari oli diesel aja supaya sekalian oli bs dipake jalan sambil bersihkan jeroan.. kemarin sempet drain oli, langsung topup PTT 10w40 sisa beli pas promo, dicampur prestone engine flush. Pake 10 menit langsung hitam olinya.. langsung drain + topup oli yang sama
Mesin k3ve 2010 pemakaian terakhir 50k gak pernah ganti oli, cuma topup2 doang pake Mesran [emoji1]
zzzprince wrote: Sun May 24, 2020 8:33
Mau tanya rekan rekan, oli diesel yang paling banyak detergent nya punyanya apa ya? Keperluan buat flushing sludge, rencana pake meditran SC apa sdh cukup? Pemakaian 4rb km apa cukup? Mohon infonya, thanks
Buat flush apa aja yg penting hemat di kantong om, ane pake meditran sx kmrn buat flush..
Ada opsi lain
- PTT flushing oil
- sefer neutra
Ini mesin mobil apa ya om klo boleh info?
Meditran sx sdh cukup ya om? Rencana menghindari PTT flushing oil karna harganya+ongkirnya gak masuk hitungan.. cari oli diesel aja supaya sekalian oli bs dipake jalan sambil bersihkan jeroan.. kemarin sempet drain oli, langsung topup PTT 10w40 sisa beli pas promo, dicampur prestone engine flush. Pake 10 menit langsung hitam olinya.. langsung drain + topup oli yang sama
Mesin k3ve 2010 pemakaian terakhir 50k gak pernah ganti oli, cuma topup2 doang pake Mesran [emoji1]
Mau tanya, kalo penambahan oil additive macem ceratec or Motor Oil Saver nya LM ini apa ada pengaruh ke drain interval oli? Apa akan mendegradasi oli baru?
kalo saya biasa liat dulu kandungan antiwear di oli yg kita pake ada apa aja
jenis zat yg gak terkandung barulah kita kasih additip yg sesuai, itupun juga kita harus liat analisa test lab additip tsb isinya apa aja
CERATEC pernah liat VOA nya di BITOG isinya mostly Ammonium Molybdate & sebagian kecil Boron Nitride. (Ada yg bisa jelaskan sejauh apa efektivitas Ammonium Molybdate utk pelumas ?)
jadi yg sy pernah lakukan adalah utk oli yg gak ada zat Moly nya, saya tambah LM MoS2 sedikit, krn pernah liat VOA nya di BITOG (isinya Molybden)
Biasanya oli2 Diesel API CI-4 scr umum antiwearnya ZDDP & Boron, jadi bisa lah kita tambah MoS2 dikit
tapi kalo oli yg udah ada MoS2 dlm jumlah agak besar spt Redline / Schaeffer ya jangan dikasih apa2 lagi
juga oli2 kelas Keraton & seri2 High Spec merek apapun ya jangan dikasi apa2 lagi
IMHO
Disclemer
Noted om turbo..
Kalo Motor Oil Saver ini konon bisa me rejuvenate seal2 mesin lagi atau istilahnya buat nambel seal2 yg rembes.. tapi seberapa efektif ini yg msh blm sepenuhnya paham..
Di BITOG sih ga nemu VOA nya, tp di MSDS nya ini tertulis mostly sebacate dan ethanol (di BITOG sebutnya ester)
1590301063027.jpg
Yg saya tangkep diatas, apa ini juga berlaku untuk oli2 yg sudah ester based berarti gaperlu ditambahkan additive tsb lagi ya.. ?
Dan yg saya bingung apa additive2 ini ga ke tangkep di filter oli ya....
Btw thanks for the answer before..
wah gak bisa komen dah
kalo sy liat sebagian besar produk additip oli aftermarket lebih ke arah "Snake Oil" products
hanya bbrp yg benar2 berguna
Dah mending pake oli bagus & pake apa adanya aja
Toh kan di std API service / ILSAC & ACEA itu syarat & klausul nya juga segubrak..... udah lengkap banget, buat apa kita tambah2 additip after market lagi......
kecuali anda pake oli Drum Kawe / #2 yg isinya oli Recycle yg per drum di bawah 3,5 jt tuh......ya mungkin additip2 tambahan bisa sedikit bantu
DOHC wrote: Sun May 24, 2020 7:52
Bocor crank (atau cam, atau 2 2 nya) seal knapa ga d bongkar ganti aj ? Lebi guarantee beres, toh work labour cost nya jg ga seberapa mahal kl bengkel biasa
Cairan2 seal conditioner gini justru laris manis d luar negeri negara bule sana yg harga labour cost turun mesin aj ud ampir stengah (atau malah seharga) mobil itu sendiri
Emm nganu om klep..
Ane udh bandingin beres ama spesialis ongkos bongkarnya tok sama2 kepala 3rebu...
zzzprince wrote: Sun May 24, 2020 8:33
Mau tanya rekan rekan, oli diesel yang paling banyak detergent nya punyanya apa ya? Keperluan buat flushing sludge, rencana pake meditran SC apa sdh cukup? Pemakaian 4rb km apa cukup? Mohon infonya, thanks
Buat flush apa aja yg penting hemat di kantong om, ane pake meditran sx kmrn buat flush..
Ada opsi lain
- PTT flushing oil
- sefer neutra
Ini mesin mobil apa ya om klo boleh info?
Neutra bukannya buat saluran bahan bakar ya? Kadang sih kalau mau flush apa ganti visko sy pake bg epr.
rendr wrote:
Buat flush apa aja yg penting hemat di kantong om, ane pake meditran sx kmrn buat flush..
Ada opsi lain
- PTT flushing oil
- sefer neutra
Ini mesin mobil apa ya om klo boleh info?
Meditran sx sdh cukup ya om? Rencana menghindari PTT flushing oil karna harganya+ongkirnya gak masuk hitungan.. cari oli diesel aja supaya sekalian oli bs dipake jalan sambil bersihkan jeroan.. kemarin sempet drain oli, langsung topup PTT 10w40 sisa beli pas promo, dicampur prestone engine flush. Pake 10 menit langsung hitam olinya.. langsung drain + topup oli yang sama
Mesin k3ve 2010 pemakaian terakhir 50k gak pernah ganti oli, cuma topup2 doang pake Mesran [emoji1]
Wow mobil rental om??
Sampe 50rb KM ga ganti oli
Hahahaha mobil operasional om, cuma penanggungjawab nya lari entah kemana...
exflowly wrote:Harga plus ongkir PTT flushing gak masuk? Masa si? Domisili mana?
Turboman wrote: Sun May 24, 2020 4:37
kalo saya biasa liat dulu kandungan antiwear di oli yg kita pake ada apa aja
jenis zat yg gak terkandung barulah kita kasih additip yg sesuai, itupun juga kita harus liat analisa test lab additip tsb isinya apa aja
CERATEC pernah liat VOA nya di BITOG isinya mostly Ammonium Molybdate & sebagian kecil Boron Nitride. (Ada yg bisa jelaskan sejauh apa efektivitas Ammonium Molybdate utk pelumas ?)
jadi yg sy pernah lakukan adalah utk oli yg gak ada zat Moly nya, saya tambah LM MoS2 sedikit, krn pernah liat VOA nya di BITOG (isinya Molybden)
Biasanya oli2 Diesel API CI-4 scr umum antiwearnya ZDDP & Boron, jadi bisa lah kita tambah MoS2 dikit
tapi kalo oli yg udah ada MoS2 dlm jumlah agak besar spt Redline / Schaeffer ya jangan dikasih apa2 lagi
juga oli2 kelas Keraton & seri2 High Spec merek apapun ya jangan dikasi apa2 lagi
IMHO
Disclemer
Noted om turbo..
Kalo Motor Oil Saver ini konon bisa me rejuvenate seal2 mesin lagi atau istilahnya buat nambel seal2 yg rembes.. tapi seberapa efektif ini yg msh blm sepenuhnya paham..
Di BITOG sih ga nemu VOA nya, tp di MSDS nya ini tertulis mostly sebacate dan ethanol (di BITOG sebutnya ester)
1590301063027.jpg
Yg saya tangkep diatas, apa ini juga berlaku untuk oli2 yg sudah ester based berarti gaperlu ditambahkan additive tsb lagi ya.. ?
Dan yg saya bingung apa additive2 ini ga ke tangkep di filter oli ya....
Btw thanks for the answer before..
wah gak bisa komen dah
kalo sy liat sebagian besar produk additip oli aftermarket lebih ke arah "Snake Oil" products
hanya bbrp yg benar2 berguna
Dah mending pake oli bagus & pake apa adanya aja
Toh kan di std API service / ILSAC & ACEA itu syarat & klausul nya juga segubrak..... udah lengkap banget, buat apa kita tambah2 additip after market lagi......
kecuali anda pake oli Drum Kawe / #2 yg isinya oli Recycle yg per drum di bawah 3,5 jt tuh......ya mungkin additip2 tambahan bisa sedikit bantu
Hehehehe I do agree om yg ane bold diatas..
Makanya kemaren sempet kepikiran khasiat valvoline maxlife gegara baca2 di BITOG... Berhubung barang cair dan shipping ga murah.. jadi cari alternatif lain..
zzzprince wrote: Sun May 24, 2020 8:33
Mau tanya rekan rekan, oli diesel yang paling banyak detergent nya punyanya apa ya? Keperluan buat flushing sludge, rencana pake meditran SC apa sdh cukup? Pemakaian 4rb km apa cukup? Mohon infonya, thanks
Buat flush apa aja yg penting hemat di kantong om, ane pake meditran sx kmrn buat flush..
Ada opsi lain
- PTT flushing oil
- sefer neutra
Ini mesin mobil apa ya om klo boleh info?
Meditran sx sdh cukup ya om? Rencana menghindari PTT flushing oil karna harganya+ongkirnya gak masuk hitungan.. cari oli diesel aja supaya sekalian oli bs dipake jalan sambil bersihkan jeroan.. kemarin sempet drain oli, langsung topup PTT 10w40 sisa beli pas promo, dicampur prestone engine flush. Pake 10 menit langsung hitam olinya.. langsung drain + topup oli yang sama
Mesin k3ve 2010 pemakaian terakhir 50k gak pernah ganti oli, cuma topup2 doang pake Mesran [emoji1]
Oh k3ve.. kalo mau cuci mesin sambil jalan pake oli2 10w30 diesel aja om... Pahe nya ada PTT crdi, adnoc diesel, oli diesel mitsu, or kendall sdxa (kalo masih dapet)
Kalo budget lebih saya recommend Q8 FT8700 5w30 sekalian, ini API CJ-4/SN, temen udh pake di sx4 lama odo jalan 140rb km++
Kinclong pol kalo ngintip dari lobang tap oli..
DOHC wrote: Sun May 24, 2020 7:52
Bocor crank (atau cam, atau 2 2 nya) seal knapa ga d bongkar ganti aj ? Lebi guarantee beres, toh work labour cost nya jg ga seberapa mahal kl bengkel biasa
Cairan2 seal conditioner gini justru laris manis d luar negeri negara bule sana yg harga labour cost turun mesin aj ud ampir stengah (atau malah seharga) mobil itu sendiri
Emm nganu om klep..
Ane udh bandingin beres ama spesialis ongkos bongkarnya tok sama2 kepala 3rebu...
zzzprince wrote: Sun May 24, 2020 8:33
Mau tanya rekan rekan, oli diesel yang paling banyak detergent nya punyanya apa ya? Keperluan buat flushing sludge, rencana pake meditran SC apa sdh cukup? Pemakaian 4rb km apa cukup? Mohon infonya, thanks
Buat flush apa aja yg penting hemat di kantong om, ane pake meditran sx kmrn buat flush..
Ada opsi lain
- PTT flushing oil
- sefer neutra
Ini mesin mobil apa ya om klo boleh info?
Neutra bukannya buat saluran bahan bakar ya? Kadang sih kalau mau flush apa ganti visko sy pake bg epr.
Betul om, bisa untuk fuel conditioner sekaligus flushing oil... Ada di PDS nya kok..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Shell Ultra HX7 5W-40 API SN kok sdh ngga ada di web shell indonesia ya?
adanya yg 10W-40, apakah artinya sdh tidak diproduksi lagi dan diganti dengan Shell Helix Ultra 5W-40?
Secara harga beda tipis ama PTT Performace 5W-40 skrg itu Shell HX7 5W-40 (blm cek harga yg Helix Ultra 5W-40).
masih ada yg beli oli di aspexsia tokped? msh rekomend u beli oli online kah disana?
Helix Ultra 5W-40
API SN/CF; ACEA A3/B3, A3/B4; BMW LL-01;
Persetujuan MB 229.5, 226.5; VW 502.00/505.00; Porsche A40; Renault RN0700, RN0710; PSA B71 2296, Ferrari.
HX7 5W-40
API SN Plus
API SN
ACEA A3/B4
VW 502.00 / 505.00
blloewy wrote:Shell Ultra HX7 5W-40 API SN kok sdh ngga ada di web shell indonesia ya?
adanya yg 10W-40, apakah artinya sdh tidak diproduksi lagi dan diganti dengan Shell Helix Ultra 5W-40?
Secara harga beda tipis ama PTT Performace 5W-40 skrg itu Shell HX7 5W-40 (blm cek harga yg Helix Ultra 5W-40).
masih ada yg beli oli di aspexsia tokped? msh rekomend u beli oli online kah disana?
Helix Ultra 5W-40
API SN/CF; ACEA A3/B3, A3/B4; BMW LL-01;
Persetujuan MB 229.5, 226.5; VW 502.00/505.00; Porsche A40; Renault RN0700, RN0710; PSA B71 2296, Ferrari.
HX7 5W-40
API SN Plus
API SN
ACEA A3/B4
VW 502.00 / 505.00
blloewy wrote:Shell Ultra HX7 5W-40 API SN kok sdh ngga ada di web shell indonesia ya?
adanya yg 10W-40, apakah artinya sdh tidak diproduksi lagi dan diganti dengan Shell Helix Ultra 5W-40?
Secara harga beda tipis ama PTT Performace 5W-40 skrg itu Shell HX7 5W-40 (blm cek harga yg Helix Ultra 5W-40).
masih ada yg beli oli di aspexsia tokped? msh rekomend u beli oli online kah disana?
Helix Ultra 5W-40
API SN/CF; ACEA A3/B3, A3/B4; BMW LL-01;
Persetujuan MB 229.5, 226.5; VW 502.00/505.00; Porsche A40; Renault RN0700, RN0710; PSA B71 2296, Ferrari.
HX7 5W-40
API SN Plus
API SN
ACEA A3/B4
VW 502.00 / 505.00
di SPBU kerang byk
10W40 kodenya HX6
lagi compare perbandingan PTT Full Syn 5W-40 ama Shell HX7 5W-40 om u interval 8-10 bln maks 5000 km di HR15DE.
Secara harga juga ngga beda jauh, mau ambil TQ9000 5W-30 sdh jelas ngga bs 8-10 bln krn penguapan tinggi.
Suhu coolant HR15DE aja sdh 96 deg C kebaca di OBD
Itu tercapai dalam 10 menit mesin idle jd ngga kebayang itu kl kondisi macet jakarta utara-depok via JORR yg bisa tembus 4 jam perjalanan kl sore hari
perbedaan angka di depan W itu hanya saat oil viscosity di suhu rendah aja kah om Turbo? Atau ada perbedaan signifikan lainnya?
Asumsi merk yg sama - full synth tp beda angka depan aja 5W ama 10W.
blloewy wrote: Tue May 26, 2020 5:41
Shell Ultra HX7 5W-40 API SN kok sdh ngga ada di web shell indonesia ya?
adanya yg 10W-40, apakah artinya sdh tidak diproduksi lagi dan diganti dengan Shell Helix Ultra 5W-40?
Secara harga beda tipis ama PTT Performace 5W-40 skrg itu Shell HX7 5W-40 (blm cek harga yg Helix Ultra 5W-40).
masih ada yg beli oli di aspexsia tokped? msh rekomend u beli oli online kah disana?
Helix Ultra 5W-40
API SN/CF; ACEA A3/B3, A3/B4; BMW LL-01;
Persetujuan MB 229.5, 226.5; VW 502.00/505.00; Porsche A40; Renault RN0700, RN0710; PSA B71 2296, Ferrari.
HX7 5W-40
API SN Plus
API SN
ACEA A3/B4
VW 502.00 / 505.00
setau saya helix ultra hx tidak ada.
yang ada itu helix ultra dan helix hx, keduanya beda kasta.
DOHC wrote: Tue May 26, 2020 6:23
Om2 yg pemakai oli buntut 30 atau 20 (encer) utk mobil bensin
Ad yg ngalamin mesin ad glitik kl mendadak d bejeg gas / d blayer2 ga ?
ndak mbah.
saya pake 3,5 liter opalub premium 0w20 dari unil opal made in france di old toyota sienta 1st batch 2016 mesin 2nr-fe twin cam twin vvti twin cctv dengan bahan bakar full pertalite aman-aman saja.
blloewy wrote: Tue May 26, 2020 5:41
Shell Ultra HX7 5W-40 API SN kok sdh ngga ada di web shell indonesia ya?
adanya yg 10W-40, apakah artinya sdh tidak diproduksi lagi dan diganti dengan Shell Helix Ultra 5W-40?
Secara harga beda tipis ama PTT Performace 5W-40 skrg itu Shell HX7 5W-40 (blm cek harga yg Helix Ultra 5W-40).
masih ada yg beli oli di aspexsia tokped? msh rekomend u beli oli online kah disana?
Helix Ultra 5W-40
API SN/CF; ACEA A3/B3, A3/B4; BMW LL-01;
Persetujuan MB 229.5, 226.5; VW 502.00/505.00; Porsche A40; Renault RN0700, RN0710; PSA B71 2296, Ferrari.
HX7 5W-40
API SN Plus
API SN
ACEA A3/B4
VW 502.00 / 505.00
setau saya helix ultra hx tidak ada.
yang ada itu helix ultra dan helix hx, keduanya beda kasta.
Eh iya maap om HX7 5W-40 ama Helix Ultra.
Owh itu kasta melati ama bintang 2 ya om?