Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
sebagian besar kontribusi dari finalgear yg besar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Mungkin karena perbandingan giginya yang lumayan pendek, lari 100kmpj di gigi 5 aja udah nyentuh 3000RPM. Kalo jalannya pelan, ga sampe 80 gitu mungkin bisa irit (tapi bikin ga sabar, hehehe).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
bukannya kijang efi itu jalan 100kmh sekitar 3500rpm yah...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Yah, pokoknya 3000RPM dah pasti ada, mungkin malah lebih-lebih dikitlah, makanya kali' aja ini yang bikin boros...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
yg bikin boros juga; karakter mesin OHV utk di atas rpm max torquenya, pedal gas cenderung WOT or habis nafasnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Yupz, setuju...
Lagian ngeri juga nyetir Kijang kenceng-kenceng. Bodinya dah oleng-oleng gitu, kalo ga bawa banyak barang ke luar kota saya mending pake Yaris saya banget....
Lagian ngeri juga nyetir Kijang kenceng-kenceng. Bodinya dah oleng-oleng gitu, kalo ga bawa banyak barang ke luar kota saya mending pake Yaris saya banget....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
hehehe oke... tetep saya cinta bgt tuh sama kijang dulu... yg 1.8 , pulang pergi bdg-bali, ga ada matinya...ddaru wrote:Kapsul lah bro, dah taun 2004 kok. Kalo ngatur gasnya pinter emang tenaga gampang didapet, kalo kurang pinter pasti bakal ngelitik ga keruan, kretekkretekkretek...poeticmind wrote:kijang 1.8 mana nih? kapsul? kalo saya masih lebih prefer 1.8 yg LGX bentuk lama... apa tuh ya, lupa... grand extra ya kalo ga salah... mantep bgt. masih platina, but setelan oke, lari nya edan...


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Mau laporan nih...
Nissan Serena Tanggal Lahir September 2004. (3.5 tahun)
Tadi pagi service ke 90.000 km
Perbaikan pada Socket Tie-Rod Out / In.
Semua ok banget... mesin, suspensi....
Hanya sayangnya... karena sudah beberapa kali di ketok...... jadi banyak masalah seperti lubang-2 di pintu yang seharusnya ditutup karet... tapi sekarang bolong... central lock dari sisi pengemudi semuanya normal tetapi dari pintu belakang masing-2 malah bermasalah... kadang bisa-kadang gagal.
Jadi kalau di Rekap =
1. Ganti Alternator waktu masih garansi
2. Panggil ERA.. karena tidak bisa di start... ternyata TB nya dilap sedikit terus normal lagi.
3. Aki 2x ganti..maksudnya sekarang sudah pakai Aki yang ke 3.
4. Central Lock.
5. Ganti Tie-Rod Out/In.
Nissan Serena Tanggal Lahir September 2004. (3.5 tahun)
Tadi pagi service ke 90.000 km
Perbaikan pada Socket Tie-Rod Out / In.
Semua ok banget... mesin, suspensi....
Hanya sayangnya... karena sudah beberapa kali di ketok...... jadi banyak masalah seperti lubang-2 di pintu yang seharusnya ditutup karet... tapi sekarang bolong... central lock dari sisi pengemudi semuanya normal tetapi dari pintu belakang masing-2 malah bermasalah... kadang bisa-kadang gagal.
Jadi kalau di Rekap =
1. Ganti Alternator waktu masih garansi
2. Panggil ERA.. karena tidak bisa di start... ternyata TB nya dilap sedikit terus normal lagi.
3. Aki 2x ganti..maksudnya sekarang sudah pakai Aki yang ke 3.
4. Central Lock.
5. Ganti Tie-Rod Out/In.
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
sip...nissan serena termasuk mobil tahan..hehehe
oiya bang ddaru..kijang kapsul emg termasuk kijang paling handal deh..saya jg salah satu pemakai nya dulu..tp yg diesel..bener2 ga ada mati nye.....yah,.yaris jgn dibandingin lhar bro sama kijang kapsul...tapi saya baru plg dari luar kota nih,,dijamin yaris ga tahan lwt tuh medan..sdg kijang kapsul anteng2 aza.hahahaa....no offense dude:)
bang inoz..jadi mobil nya sampe skg masi ngempos?
oiya bang ddaru..kijang kapsul emg termasuk kijang paling handal deh..saya jg salah satu pemakai nya dulu..tp yg diesel..bener2 ga ada mati nye.....yah,.yaris jgn dibandingin lhar bro sama kijang kapsul...tapi saya baru plg dari luar kota nih,,dijamin yaris ga tahan lwt tuh medan..sdg kijang kapsul anteng2 aza.hahahaa....no offense dude:)
bang inoz..jadi mobil nya sampe skg masi ngempos?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Yoi, kalo lewat jalan rusak emang hati lebih tentram kalo pake Kijang, nerjang lubang lebih 'tega' daripada pake mobil macem Yaris yang bikin deg-degan aja. Kmaren liat di otomotif, harga as roda Yaris mahal banget euy! Kalo sampe patah nangis deh. Untung dirumah ada Kijang, kalo butuh lewat jalan rusak, hati tenang, hehehe... Kaki-kaki Kijang juga mantep euy! Ni dah empat taun ga ada keluhan, cuma kalo lewat jalan rusak rada sedikit mencicit bagian belakangnya, mungkin per daunnya perlu dilumasin.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
bung zombiee
emang setelah di tune up, santi ane masih ngempos dan skarang sudah normal dan gak ngempos lagi sebab sudah diopname dan ketahuan penyakitnya yaitu saringan bensinya kotor dan dah dibersiin
tks
emang setelah di tune up, santi ane masih ngempos dan skarang sudah normal dan gak ngempos lagi sebab sudah diopname dan ketahuan penyakitnya yaitu saringan bensinya kotor dan dah dibersiin
tks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
ooo..begitu yah..hehehe..ta' kirain masi ngempos mah parah..hehehehe...gud for u de bro:)
yep bang ddaru..salah satu faktor yg membuat saya terkesan adalah ketahanan kijang..hehehehe....
yep bang ddaru..salah satu faktor yg membuat saya terkesan adalah ketahanan kijang..hehehehe....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Bro GTR : WOT apa sih???
Dari Solo ke Oslo


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
yg saya tau sih WOT: "woman on top".....huehuehuehue kabor.......€lj€p€ wrote:Bro GTR : WOT apa sih???

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
hahahahahahahahhahahahaha......
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
saya yakin,,rekan2 sms-ers ga mgkn cm py opini dan kesan yg secuil begini..so, c'mon...hehehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
WOT= Wide Open Throttle
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Hahahaha....., yg kepikiran lsg kosa kata itu ya, bro...??...Risol1 wrote:yg saya tau sih WOT: "woman on top".....huehuehuehue kabor.......€lj€p€ wrote:Bro GTR : WOT apa sih???

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
jgn2 hobi???>hahahhaa..kaboorrrr
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
problematika teknis tsb dikit banyak bisa ditolong dengan modifikasi atau service/tune up, tapi yg saya rasa sangat "meresahkan" di santi tuh "blind spot"nya saat driving lumayan mengganggu, setidaknya itu pengalaman saya, dan "gangguan" seperti ini kok rasanya mustahil dihilangkan. Gimana menurut pak inoz?, apakah merasa hal yg sama terutama saat mau menikung patah, U-turn atau pindah jalur.inoz wrote:bung zombiee
emang setelah di tune up, santi ane masih ngempos dan skarang sudah normal dan gak ngempos lagi sebab sudah diopname dan ketahuan penyakitnya yaitu saringan bensinya kotor dan dah dibersiin
tks
Ataukah itu emang karakter khas SUV kalo blind spotnya cukup mengganggu? (dibanding MPV, Sedan, etc?)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Perasaan mobil-mobil skarang blindspotnya emang gede deh, saya pake Yaris tu pilar A-nya gede banget, sering ga liat ada motor yang posisinya ada di depan spion kanan/kiri. Dah gitu moncongnya ga bisa diliat lagi, palagi bumpernya rendah, jadi ragu-ragu kalo mau parkir tegak lurus dengan terotoar, saya dah mentokin bumper saya beberapa kali tuh ke terotoar, harus pinter kira-kira.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
yup sama seperti baleno NextG saya... itu sih bukan blind spot lagi... but totally blind!!! hehehe, but, that's why saya selalu hati2 terutama kalo hujan dan malam2... tidak ada cara lain, terpaksa saya harus nyetir gaya angkot kadang2... yaitu badan agak kedepan posisinya sambil meluk setir... celingak celinguk... 
tapi lama2 biasa sih...
kalo bumper, NextG dengan bodykit pabrikan emang edan! saya kalo ga pelan2 sekali, di parkiran basement manapun pasti kena... pas turunan terutama.

tapi lama2 biasa sih...
kalo bumper, NextG dengan bodykit pabrikan emang edan! saya kalo ga pelan2 sekali, di parkiran basement manapun pasti kena... pas turunan terutama.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
hehehe...berarti kita sama dunk?Hikoza wrote:Hahahaha....., yg kepikiran lsg kosa kata itu ya, bro...??...Risol1 wrote:yg saya tau sih WOT: "woman on top".....huehuehuehue kabor.......€lj€p€ wrote:Bro GTR : WOT apa sih???
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
betul b imsus blind spot SUV santi emang gede
kemarin aane ampir senggolan ama mobil lain pas pindah jalur dari jalur lambat ke cepat di tol
emang mesti hati2, trutama yg ane rasakan posisi spion yang sepertinya terlalu ke blakang sehingga sulit lihat mobil yang sudah sejajar ama kita
kayaknya perlu ditambah spion kecil yang bs ditempel di spion gitu,
hal ini pernah juga ane alami saat pake carnival GS, ini lebih parah beberapa kali ane hampir senggolan ama boil di sebelah kanan dan kiri akibat blind spot ini, sedikit membantu pas ane pasang kaca/spion kecil tadi
trus yang unik lagi agak susah tuh lihat posisi sekitar bag depan kiri mobil, makanya ane pasang spion ketiga yg dipasang di kap mesin
yang unik lagi klo menurut saya dari carnival adalah belokan stirnya yang pendek, gak tahu apa istilahnya, pernah pas di PIM hrs mundur dolo lagi sebab kepala dan ekor gak bisa masuk, gak tahu ini unik ato tidak
kemarin aane ampir senggolan ama mobil lain pas pindah jalur dari jalur lambat ke cepat di tol
emang mesti hati2, trutama yg ane rasakan posisi spion yang sepertinya terlalu ke blakang sehingga sulit lihat mobil yang sudah sejajar ama kita
kayaknya perlu ditambah spion kecil yang bs ditempel di spion gitu,
hal ini pernah juga ane alami saat pake carnival GS, ini lebih parah beberapa kali ane hampir senggolan ama boil di sebelah kanan dan kiri akibat blind spot ini, sedikit membantu pas ane pasang kaca/spion kecil tadi
trus yang unik lagi agak susah tuh lihat posisi sekitar bag depan kiri mobil, makanya ane pasang spion ketiga yg dipasang di kap mesin
yang unik lagi klo menurut saya dari carnival adalah belokan stirnya yang pendek, gak tahu apa istilahnya, pernah pas di PIM hrs mundur dolo lagi sebab kepala dan ekor gak bisa masuk, gak tahu ini unik ato tidak