Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008 - Part 01

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

jaman dulu, honda itu lembek2 suspensinya, khususnya civic gen "wonder" dan sebelumnya, accord sebelum gen "prestige", sampai2 mudah tenggelam roda2 belakangnya kalo diisi 2/3org, beda dgn setting setelah itu. orientasi ke hendling.
mesin honda yg karakter putaran atas, even pada model SOHC (kecuali idsi), memang kemungkinan kurang cocok dgn stop go traffic di indo.
city type Z kalo ga salah redline @ >7000rpm, tentu teriak utk kelas SOHC, vtec type Z ini juga tetap orientasi irit, jadi susah dapatnya spt karakter mitsu, kecuali DOHC-vtec models yg tidak masuk indo.
naldo

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by naldo »

Vtec memang cocoknya maen putaran atas... Seperti S2K, mobilnya bisa sampai 9000rpm, red line... Ya honda si saya rasa rata2 karakter mobilnya sporty, kenceng2 banget ga, biasa lah, handling n bantingan memang agak keras... Tapi built quality interior Honda, patut di ancungkan jempol untuk kelas CRV keatas... Rapi n juga keliatan mahal... Ya sampe saat ini belon kecewa apa2 si... Dulu bonyok punya honda estilo 3 pintu n juga honda civic wonder, juga seneng2 aja(pas jaman jebot)... Honda termasuk OKlah... Cuma kalau di bilang Honda tuh wah banget, saya rasa ga... Biasa aja... Still a japanese car... hehehe
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by aldy »

Bro lucky strike honda SOHC jangan dibandingin dengan mesin DOHC mitsu pasti jauh tarikan di rpm atas.. Honda memang untuk driving pleasure tapi bukan ga bisa buat balapan ex : bisa menang ITCC..walaupun lawannya mesin DOHC semua..jadi mesin bukan segalanya juga banyak faktor lain suspensi,handling dan tentu driver..jadi fun to drive tergantung juga drivernya yg merasakan belum tentu tiap orang sama..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by aldy »

Bro lucky strike honda SOHC jangan dibandingin dengan mesin DOHC mitsu pasti jauh tarikan di rpm atas.. Honda memang untuk driving pleasure (jalan2 di kota yg ga butuh rpm tinggi) tapi bukan ga bisa buat balapan ex : bisa menang ITCC..walaupun lawannya mesin DOHC semua..jadi mesin bukan segalanya juga banyak faktor lain suspensi,handling dan tentu driver..jadi fun to drive tergantung juga drivernya yg merasakan belum tentu tiap orang sama..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
lucky_strike_21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Sat May 05, 2007 5:48

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by lucky_strike_21 »

jadi karakter DOHC memang lebih kuat dari SOHC ya?
perbedaan karakteristik selain di putaran atas apa lagi ya? hehe kurang faham gw
trus kalo ford focus DOHC juga ya? tapi kok terasa lembek? khususnya yg 1.800cc, mohon penjelasannya

tapi bagaimanapun juga honda tu menurut gw
merk yang selalu bisa bikin ada kesan "wah" setiap produk barunya di luncurkan
mungkin karena desain (ext & int) yang "berani" kali ya
n masi banyak keunggulan lain terutama yg paling terkenal di sektor practical (jazz),
cuman emang bukan sisi practical yg jadi pertimbangan gw milih mobil si... :)

back to topic : sx4 vs jazz 2008
gw milih sx4, karena dipastikan harga & spare part lebih murah, tenaga so so, iritnya lumayan + cuman pake premium
jaman sekarang harga semua naik, jadi pilihan yg termurah jadi pertimbangan utama
hahaha :e-dance:

padahal kalo pertamax murah si gw mitsu lovers... :mrgreen:
naldo

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by naldo »

Iritnya SX4 si bukan lumayan2 lagi saya rasa... Bisa 1:16 n dalkot 1:10 udah bagus banget... Jangan kaya mobil kenangan saya dulu...
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by piterr »

koolrider wrote:...... Perbandingan dgn IM yg kasih mesin2 kuno buat mobilnya, SX4 mesin M15A warisan liana/aerio, versi luar M16A & J20A ( rally vers J20 Turbo).
Gw setuju sm Bro poetic, 75% org kita ga liat mesin tapi body mknya ATPM masi bs "ngibulin" konsumen dgn cara2 gini.
beda lho bro, M15 A di liana/ aerio beda dengan seri M15A yang di swift/SX4....... Throttle Bpdy, intake manifold design and material, piston serta bentuk ruang bakarnya beda. bisa dibilang M15A yang sekarang versi High comp dari yang lawas.
User avatar
lucky_strike_21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Sat May 05, 2007 5:48

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by lucky_strike_21 »

naldo wrote:Iritnya SX4 si bukan lumayan2 lagi saya rasa... Bisa 1:16 n dalkot 1:10 udah bagus banget... Jangan kaya mobil kenangan saya dulu...
emang mobil kenangannya bro naldo apa?

eh sekalian nanya, bro naldo banyak ikut forum2 laen selain seraya yah??
kok perasaan gw sering liat nick "naldo"
dari bandung bukan?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

M15A di aerio/next G lawas lebih tinggi, tapi kalah dari segi NVH dan FC.
maybe banyak refinement di M15A sx4.
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by HilmanZ »

lucky_strike_21 wrote:
naldo wrote:Iritnya SX4 si bukan lumayan2 lagi saya rasa... Bisa 1:16 n dalkot 1:10 udah bagus banget... Jangan kaya mobil kenangan saya dulu...
emang mobil kenangannya bro naldo apa?

eh sekalian nanya, bro naldo banyak ikut forum2 laen selain seraya yah??
kok perasaan gw sering liat nick "naldo"
dari bandung bukan?
Om Naldo itu bos Suzuki yg mukim di Jakarta deh om..
koolrider
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by koolrider »

piterr wrote:
koolrider wrote:...... Perbandingan dgn IM yg kasih mesin2 kuno buat mobilnya, SX4 mesin M15A warisan liana/aerio, versi luar M16A & J20A ( rally vers J20 Turbo).
Gw setuju sm Bro poetic, 75% org kita ga liat mesin tapi body mknya ATPM masi bs "ngibulin" konsumen dgn cara2 gini.
beda lho bro, M15 A di liana/ aerio beda dengan seri M15A yang di swift/SX4....... Throttle Bpdy, intake manifold design and material, piston serta bentuk ruang bakarnya beda. bisa dibilang M15A yang sekarang versi High comp dari yang lawas.
yup sy tau itu. tapi IM tetep ga kasih mesin aslinya SX4 yg M16 itu Bro.
jadi kesimpulannya IM masih menyesuaikan spek SX4 khusus hanya utk market Indonesia ga sesuai dgn design aslinya. no offence Bro. sy pikir semua ATPM disini semua berkelakuan sama hanya "kadar"nya sj yg berbeda.
Konsumen disini selalu dipihak yg lemah krn ATPM dpt "proteksi" .
Klo tdk mana berani ATPM ksh produk2 kyk gitu. contoh lain: karimun lawas pk mesin F10A yg bener2 jadul, pdhal dgn harga jual segitu mrk bs pake engine yg sesuai dgn spec masa kini.

Peace ah.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

versi 1500cc merk2 lain asli koq, jazz dan yaris.
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by Midi_Amp »

koolrider wrote: yup sy tau itu. tapi IM tetep ga kasih mesin aslinya SX4 yg M16 itu Bro.
jadi kesimpulannya IM masih menyesuaikan spek SX4 khusus hanya utk market Indonesia ga sesuai dgn design aslinya.
Mungkin aslinya harus direvisi sedikit, versi Jepang atau versi non Jepang. Untuk Jepang mesin cuma M15A, baru di Eropa, Australia, New Zealand, Malaysia/Singapura, dll yang pake mesin M16A. Logikanya sih SX4 indo itu pake mesin M15A dengan ECU yang di"bodoh"kan supaya bisa terima bensin kualitas rakyat. Emang sih lebih tepatnya kalau dengan ECU yang o'on ini lebih baik M16A karena tenaga mesin jadi kecil (100ps)... M16A juga tenaganya 107ps, tapi torsinya top of the class. Cuma... Pajak mesin 1600cc itu udah sama dengan pajak mesin 2000cc di Indo. Jadi mesin tanggung dengan biaya tahunan yang lebih tinggi... Mending M15A deh.

IMHO, teknik chiping untuk ganti ECU untuk M15A jadi spek Jepang (110ps) kayaknya susah deh. Selain yang bro piterr bilang (tentang peningkatan spek mesin M15A), ada lagi drive by wire, yang juga diurus ama ECU. Sembarangan ganti bisa2 fatal akibatnya.
User avatar
alvika99
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by alvika99 »

CMIIW aerio gw 110 ps tuh mike..
M15A juga... ada cap CBU distributionnya hehehe
orang biasa dengan teman-teman luar biasa
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

nah spt yang saya pernah posting, suzuki itu aneh overspecnya.
baleno lawas 1600cc = 118ps, baleno lawas 1500cc = 105ps, diluar rata2 95ps utk 1600cc.
juga esteem lawas 73ps lalu keluar "edisi" 66ps, ini sepertinya aslinya memang cuma 66ps.
naldo

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by naldo »

Saya sih mukim di jakarta... Mau ngabur kemana... hehehe... Saya cuma maen di seraya... itu orang laen x... hehehe... Mobil kenangan saya ga bahas2 d... udah ilang ini... hehehe
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by Midi_Amp »

alvika99 wrote:CMIIW aerio gw 110 ps tuh mike..
M15A juga... ada cap CBU distributionnya hehehe
Bos, kemane aje nih udah lama gak nongol :D Yah itulah kayak bro GTR bilang, speknya pada rancu. Gw sih yang penting test drive, udah oke, terserah mau 5ps juga gak masalah... Kancil berapa ps ya? :e-think:
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by HilmanZ »

kancil da lnyap dri muka bumi..dasar tu pemda DKI..proyek da gol trs da ga diurusin klanjutan si kancil.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by poeticmind »

sebenernya pengen nyoba di dyno test... NextG m15a gue brp sih on wheel nya, bandingin sama sx4 temen... wekekeke iseng banget kale... :D
Image
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by Midi_Amp »

poeticmind wrote:sebenernya pengen nyoba di dyno test... NextG m15a gue brp sih on wheel nya, bandingin sama sx4 temen... wekekeke iseng banget kale... :D
Wah, menarik tuh bro! Next G kan ratingnya 110ps sementara SX4 100ps, padahal mesinnya sama. Bisa jadi ada pencerahan baru tuh (siapa tau SX4 under rating).
minimus
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue May 27, 2008 1:02

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by minimus »

Halo bro ikut nimbrung nih... Kalo tape bawaannya SX4 itu merk dan typenya apa ya? Trus udah ada preamp outnya gak ya? Thx
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by remedusakti »

Midi_Amp wrote:
poeticmind wrote:sebenernya pengen nyoba di dyno test... NextG m15a gue brp sih on wheel nya, bandingin sama sx4 temen... wekekeke iseng banget kale... :D
Wah, menarik tuh bro! Next G kan ratingnya 110ps sementara SX4 100ps, padahal mesinnya sama. Bisa jadi ada pencerahan baru tuh (siapa tau SX4 under rating).
bener bro menerik neh. dulu waktu next g keluar hampir rata2 media otomotif test akselerasi next g at 13an detik gitu padahal power lumyn 110 ps. sedangkan SX4 at yg cuma 100ps akselerasi bs lbh cept kisarn 12an detik. ditilik dr bobot keduanya sama2 1.2 ton. pernh coba aerio kan 110 ps n Sx 4 secara subyektif gw ngerasa lbh entng SX4.




:glodak:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

yg saya rasakan karena ada faktor masih baru juga, NVH masih sangat bagus, maybe kalo sama2 aerio baru, kurang lebih sama.
tapi gatau di pegunungan or luar kota, kalo aerio a/t sangat lemah di tanjakan2 juga saat overtaking di tol.
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by remedusakti »

aldy wrote:Bro lucky strike honda SOHC jangan dibandingin dengan mesin DOHC mitsu pasti jauh tarikan di rpm atas.. Honda memang untuk driving pleasure (jalan2 di kota yg ga butuh rpm tinggi) tapi bukan ga bisa buat balapan ex : bisa menang ITCC..walaupun lawannya mesin DOHC semua..jadi mesin bukan segalanya juga banyak faktor lain suspensi,handling dan tentu driver..jadi fun to drive tergantung juga drivernya yg merasakan belum tentu tiap orang sama..
mesin mitsu kencng2 ya ? maklum blum pernh nyoba kec L 300..
tp kl liat output power di brosur dibandingin ama produk honda outputnya bgsn honda.
cnth lancer 1800cc SEi--> cm 126 ps
civic 1800cc --> 140an ps
altis 1800 cc --> 140an ps

opps blk ke topic all new jazz tetp i-vtec L15A bkn ? kl liat output 120ps menjanjikn tp >6000 rpm, kl dlm kota stop n go performanya keliatannya samimawon kec tarik2n ampe mesin jerit2 pastinya 120ps lbh cpt.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

tp honda efisien di transmisi, m/t shift bisa dilakukan dgn cepat, a/t nya juga smart.. jadi terasa quickresponse alias gesit kalo honda.