Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Post by tonie »

Pak Lik Penyu.... numpang nanya identifikasi kampas kopling aus/habis untuk mobil yg bertransmisi matik...
yg saya tau untuk manual yg seperti ini
Cara Mudah Check Kondisi Kopling

Kopling selip
Kopling selip artinya kopling selip diantara pelat penahan dan roda penerus pada saat kopling berkaitan. Bila kopling selip, tenaga mesin tidak dapat diteruskan sepenuhnya ke transmisi, sehingga kendaraan terasa tidak bertenaga.

Terjadinya koping selip ini dapat diketahui dari gejala-gejala sebagai berikut:
1. Kecepatan kendaraan tidak dapat bertambah pada saat diakselerasi secara tiba-tiba.
2. Bau hangus dari kopling.
3. Tenaga mesin kurang pada saat mendaki.
4. Pemakaian bahan bakar boros.

Bagaimana menentukan bahwa kopling selip:
1. Pasang ganjalan pada roda-roda.
2. Pasang/tarik rem tangan.
3. Tekan pedal kopling dan hidupkan mesin.
4. Posisikan tuas gigi pada kecepatan tertinggi (4 atau 5).
5. Tambah putaran mesin dan angkat kopling secara perlahan-lahan.

Bila mesin mati berarti kopling tidak selip. Namun sebaliknya, bila mesin masih dalam keadaan hidup berarti kopling mengalami selip. Pada saat melakukan pengetesan seperti ini yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan tes terlalu lama karena dapat menimbulkan panas pada kopling.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

tonie wrote:Pak Lik Penyu.... numpang nanya identifikasi kampas kopling aus/habis untuk mobil yg bertransmisi matik...
yg saya tau untuk manual yg seperti ini
Cara Mudah Check Kondisi Kopling

Kopling selip
Kopling selip artinya kopling selip diantara pelat penahan dan roda penerus pada saat kopling berkaitan. Bila kopling selip, tenaga mesin tidak dapat diteruskan sepenuhnya ke transmisi, sehingga kendaraan terasa tidak bertenaga.

Terjadinya koping selip ini dapat diketahui dari gejala-gejala sebagai berikut:
1. Kecepatan kendaraan tidak dapat bertambah pada saat diakselerasi secara tiba-tiba.
2. Bau hangus dari kopling.
3. Tenaga mesin kurang pada saat mendaki.
4. Pemakaian bahan bakar boros.

Bagaimana menentukan bahwa kopling selip:
1. Pasang ganjalan pada roda-roda.
2. Pasang/tarik rem tangan.
3. Tekan pedal kopling dan hidupkan mesin.
4. Posisikan tuas gigi pada kecepatan tertinggi (4 atau 5).
5. Tambah putaran mesin dan angkat kopling secara perlahan-lahan.

Bila mesin mati berarti kopling tidak selip. Namun sebaliknya, bila mesin masih dalam keadaan hidup berarti kopling mengalami selip. Pada saat melakukan pengetesan seperti ini yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan tes terlalu lama karena dapat menimbulkan panas pada kopling.
Sik belon ada pengalaman ... biasanya sih sampai 300 000 km ... belum sempet ganti udah dijual. Yang biasa bikin problem cuman ATF aja ... kalau nanya pada yang ahli bikin Gearbox Matic ... 90% kerusakan A/T transmisi adalah ATF. Dulu makai volvo 940 ... udah 400 000 km, makai transmisi AW72 .... gak masalah ... dan udah kejual boilnya.

Kalau dilihat dari sistem couplingnya ... RPM tinggi tapi boil gak kenceng ... kemungkinan udah terjadi keausan di clutch Plate ... kemungkinan juga ATF nya kotor ... saluran fluid sedikit tersumbat ... tekanan fluidnya gak nyampe jadi drum penekan clutch plate gak firm ... ada selip. Kemungkinan lain ... adalah terjadi JERKING (sendat) pada saat gear shifting.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Kuncinya ya ... mesti ganti ATF sering-sering (bersih selalu) ... kayaknya sih mubazir ... tapi hasilnya menggembirakan.
Image
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL

Post by alim ulama »

PenyuTurbo wrote: Week End pun masih bisa makai Manual Triptonic ... cuman emang response perpindahan gigi gak segalak manual yang murni ... maklum pakai fluid.
iya sih, tapi enak sensasi nya itu lho.. teken kopling, pindah2 gigi dgn cara konvensional, drive experiencenya beda aja. tapi kalo sekedar jalan cepat pake matic jg asik2 aja kok.
PenyuTurbo wrote:Kuncinya ya ... mesti ganti ATF sering-sering (bersih selalu) ... kayaknya sih mubazir ... tapi hasilnya menggembirakan.
saya skrg flush tiap 10rb km, biar enak mulu. sama itung2 amal buat pembeli mobil saya kalo2 itu mobil dijual.. hehe,
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

PenyuTurbo wrote:Tentang Parking ... walaupun Hand Brake gak digunakan juga gak apa apa ... kala tempatnya landai dan miring dikit ... kalau parking di tempat yang curam ... HARUS dan WAJIB dibantu dengan Hand Brake ... supaya Mekanisme Parking AT gak cepat jebol.
Pak PT.. kalo misalnya parkir miring kan harus dibantu handbrake tuh..nah yg mau saya tanyain itu urutan2nya gimana yah?

1.mobil berhenti, pindah tuas ke P, lalu tarik handbrake. atau
2.mobil berhenti, pindah tuas ke N, tarik handbrake lepas kaki dari pedal rem, biarin beban mobil ditahan dulu sama handbrake, baru masukin P.

ada bedanya gak sih kalo pake cara yg berbeda diatas? lebih baik yg mana?

dari pengalaman sih kalo pake cara yg pertama, tiap kali abis parkir trus mau jalan lagi itu pindahin tuas dari P agak berat.tapi gak sampai bunyi sih.. di pikiran saya, ini terjadi pasti karena yg nahan beban mobil itu park lock mechanism bukan dari handbrake. CMIIW
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:
PenyuTurbo wrote: Week End pun masih bisa makai Manual Triptonic ... cuman emang response perpindahan gigi gak segalak manual yang murni ... maklum pakai fluid.
iya sih, tapi enak sensasi nya itu lho.. teken kopling, pindah2 gigi dgn cara konvensional, drive experiencenya beda aja. tapi kalo sekedar jalan cepat pake matic jg asik2 aja kok.
PenyuTurbo wrote:Kuncinya ya ... mesti ganti ATF sering-sering (bersih selalu) ... kayaknya sih mubazir ... tapi hasilnya menggembirakan.
saya skrg flush tiap 10rb km, biar enak mulu. sama itung2 amal buat pembeli mobil saya kalo2 itu mobil dijual.. hehe,
Moga-moga amal budi baiknya mendapat limpahan rahmat dari Allah S.W.T. ....
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

calvin99 wrote:
PenyuTurbo wrote:Tentang Parking ... walaupun Hand Brake gak digunakan juga gak apa apa ... kala tempatnya landai dan miring dikit ... kalau parking di tempat yang curam ... HARUS dan WAJIB dibantu dengan Hand Brake ... supaya Mekanisme Parking AT gak cepat jebol.
Pak PT.. kalo misalnya parkir miring kan harus dibantu handbrake tuh..nah yg mau saya tanyain itu urutan2nya gimana yah?

1.mobil berhenti, pindah tuas ke P, lalu tarik handbrake. atau
2.mobil berhenti, pindah tuas ke N, tarik handbrake lepas kaki dari pedal rem, biarin beban mobil ditahan dulu sama handbrake, baru masukin P.

ada bedanya gak sih kalo pake cara yg berbeda diatas? lebih baik yg mana?

dari pengalaman sih kalo pake cara yg pertama, tiap kali abis parkir trus mau jalan lagi itu pindahin tuas dari P agak berat.tapi gak sampai bunyi sih.. di pikiran saya, ini terjadi pasti karena yg nahan beban mobil itu park lock mechanism bukan dari handbrake. CMIIW
Yang gw praktekin .... berhenti dalam keadaan BRAKE ditekan .... Masuk ke "P" ... Hand brake di ON-kan (gak ditarik ... karena boil gw gak ada hand brake nya ... tapi FEET BRAKE - pakai kaki kiri ... kalau yang makai hand brake ya ditarik tuas hand brake nya) ... kemudian mesin dimatikan.

Ada yang ... berhenti ... masuk "N" ... hand brake ON ... Mesin dimatikan ... baru Tuas Matic dipindahkan dari "N" ke "P".

Sebenarnya yang mana aja bisa ... yang penting ... boil dalam keadaan berhenti.

Tentang sedikit beratnya mindahin dari "P" ke "D" ... emang betul ... karena mekanisme lock-nya ... semua boil matic kaya gitu.
Image
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

kalo gue pilih cara 1.
a.Injak rem, boil berhenti
b. Pindahin ke 'P'
c. Lepas rem kaki sambil tarik handbrake.
d. matiin mesin

bro penyu, kalo ditanjakan sementara tuas di 'D' tadinya kita pikir kuat nanjak ternyata boil mlorot sebentar (5 detik an lah) itu dari mekanisme transmisinya bahaya nggak? kalo lihat gambar analogi kipas angin kemarin, bisa dibayangkan dg kipas angin puter kekiri (boil kita)tapi didepannya ada kipas yg melawan putaran kipas tsb (gaya grafitasi yg berwujud puteran roda berbalik kearah 'R'). ada potensi kerusakan gak dlm kejadian seperti ini?
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..

pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..

pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

handle with care lah.. ibaratin wanita.. mesti lemah lembut.. hehehe.. ce lagi ce lagi..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

dion wrote:kalo gue pilih cara 1.
a.Injak rem, boil berhenti
b. Pindahin ke 'P'
c. Lepas rem kaki sambil tarik handbrake.
d. matiin mesin

bro penyu, kalo ditanjakan sementara tuas di 'D' tadinya kita pikir kuat nanjak ternyata boil mlorot sebentar (5 detik an lah) itu dari mekanisme transmisinya bahaya nggak? kalo lihat gambar analogi kipas angin kemarin, bisa dibayangkan dg kipas angin puter kekiri (boil kita)tapi didepannya ada kipas yg melawan putaran kipas tsb (gaya grafitasi yg berwujud puteran roda berbalik kearah 'R'). ada potensi kerusakan gak dlm kejadian seperti ini?
Kalau 5 detik kecepatan rendah banget gak apa-apa ...

Biasanya kalau matic ... kalau udah gak kuat nanjak akan Shift Down sendiri ... kalau sampai nanjaknya tinggi banget ... ya shift aja ke 2 atau L.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..

pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..

pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Bunyi apaan ??? TEK TEK TEK yaaa ?
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..

pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..

pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Handbrake maksudnya?
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3... :lol: :lol:
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

PenyuTurbo wrote:
johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..

pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..

pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Bunyi apaan ??? TEK TEK TEK yaaa ?
bunyi nya pas waktu mo pindahin mobil dari P k N bos.. bunyi kyk transmisi nya maksa gitu.. GrUk.. gitu lah..

kl tek tek tek.. itu bunyi orang jual tahu tek tek.. hehehe..
Last edited by johnlegend on Sun Oct 14, 2007 15:34, edited 1 time in total.
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

PenyuTurbo wrote:
johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..

pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..

pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Bunyi apaan ??? TEK TEK TEK yaaa ?
bunyi nya pas waktu mo pindahin mobil dari P k N bos.. bunyi kyk transmisi nya maksa gitu.. GrUk.. gitu lah..

kl tek tek tek.. itu bunyi orang jual tahu tek tek.. hehehe..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

r1210g wrote:
johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..

pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..

pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Handbrake maksudnya?
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3... :lol: :lol:
abis itu tangannya bisa dipasang & dilepas juga lho... :shock:
Image
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

r1210g wrote:
johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..

pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..

pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Handbrake maksudnya?
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3... :lol: :lol:
lhooo.. moderator kok oot.. hehehe.. ADMINNNN..
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

Hansen wrote:
r1210g wrote:
johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..

pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..

pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Handbrake maksudnya?
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3... :lol: :lol:
abis itu tangannya bisa dipasang & dilepas juga lho... :shock:
-_-" *speechless gw..*
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

johnlegend wrote:
r1210g wrote:
johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..

pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..

pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Handbrake maksudnya?
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3... :lol: :lol:
lhooo.. moderator kok oot.. hehehe.. ADMINNNN..
maluuuu yee..... --> :oops:
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

johnlegend wrote:
r1210g wrote:
johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..

pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..

pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Handbrake maksudnya?
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3... :lol: :lol:
lhooo.. moderator kok oot.. hehehe.. ADMINNNN..
Eit bukan gw.. He3... Gw kan hanya menegur.. wekwekekekeke...
tuh yang diatas tuh..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

r1210g wrote:
johnlegend wrote:
r1210g wrote: Handbrake maksudnya?
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3... :lol: :lol:
lhooo.. moderator kok oot.. hehehe.. ADMINNNN..
Eit bukan gw.. He3... Gw kan hanya menegur.. wekwekekekeke...
tuh yang diatas tuh..
lho sapa suruh tangannya bisa dihancurkan, dipasang & dilepas??? :roll:
Image
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

Hansen wrote:
r1210g wrote:
johnlegend wrote: lhooo.. moderator kok oot.. hehehe.. ADMINNNN..
Eit bukan gw.. He3... Gw kan hanya menegur.. wekwekekekeke...
tuh yang diatas tuh..
lho sapa suruh tangannya bisa dihancurkan, dipasang & dilepas??? :roll:
diganti rem tangan deh :P
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

johnlegend wrote:
Hansen wrote:
r1210g wrote: Eit bukan gw.. He3... Gw kan hanya menegur.. wekwekekekeke...
tuh yang diatas tuh..
lho sapa suruh tangannya bisa dihancurkan, dipasang & dilepas??? :roll:
diganti rem tangan deh :P
sadis amat...moso tangan dipake utk ngerem??? :shock:
Image
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

tauk ah.. gelap.. >.<
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Hansen wrote:sadis amat...moso tangan dipake utk ngerem??? :shock:
Lho kan ngerem badan ... emergency braking ... gak pakai seatbelt.
Image