yg saya tau untuk manual yg seperti ini
Cara Mudah Check Kondisi Kopling
Kopling selip
Kopling selip artinya kopling selip diantara pelat penahan dan roda penerus pada saat kopling berkaitan. Bila kopling selip, tenaga mesin tidak dapat diteruskan sepenuhnya ke transmisi, sehingga kendaraan terasa tidak bertenaga.
Terjadinya koping selip ini dapat diketahui dari gejala-gejala sebagai berikut:
1. Kecepatan kendaraan tidak dapat bertambah pada saat diakselerasi secara tiba-tiba.
2. Bau hangus dari kopling.
3. Tenaga mesin kurang pada saat mendaki.
4. Pemakaian bahan bakar boros.
Bagaimana menentukan bahwa kopling selip:
1. Pasang ganjalan pada roda-roda.
2. Pasang/tarik rem tangan.
3. Tekan pedal kopling dan hidupkan mesin.
4. Posisikan tuas gigi pada kecepatan tertinggi (4 atau 5).
5. Tambah putaran mesin dan angkat kopling secara perlahan-lahan.
Bila mesin mati berarti kopling tidak selip. Namun sebaliknya, bila mesin masih dalam keadaan hidup berarti kopling mengalami selip. Pada saat melakukan pengetesan seperti ini yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan tes terlalu lama karena dapat menimbulkan panas pada kopling.
Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Pak Lik Penyu.... numpang nanya identifikasi kampas kopling aus/habis untuk mobil yg bertransmisi matik...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Sik belon ada pengalaman ... biasanya sih sampai 300 000 km ... belum sempet ganti udah dijual. Yang biasa bikin problem cuman ATF aja ... kalau nanya pada yang ahli bikin Gearbox Matic ... 90% kerusakan A/T transmisi adalah ATF. Dulu makai volvo 940 ... udah 400 000 km, makai transmisi AW72 .... gak masalah ... dan udah kejual boilnya.tonie wrote:Pak Lik Penyu.... numpang nanya identifikasi kampas kopling aus/habis untuk mobil yg bertransmisi matik...
yg saya tau untuk manual yg seperti ini
Cara Mudah Check Kondisi Kopling
Kopling selip
Kopling selip artinya kopling selip diantara pelat penahan dan roda penerus pada saat kopling berkaitan. Bila kopling selip, tenaga mesin tidak dapat diteruskan sepenuhnya ke transmisi, sehingga kendaraan terasa tidak bertenaga.
Terjadinya koping selip ini dapat diketahui dari gejala-gejala sebagai berikut:
1. Kecepatan kendaraan tidak dapat bertambah pada saat diakselerasi secara tiba-tiba.
2. Bau hangus dari kopling.
3. Tenaga mesin kurang pada saat mendaki.
4. Pemakaian bahan bakar boros.
Bagaimana menentukan bahwa kopling selip:
1. Pasang ganjalan pada roda-roda.
2. Pasang/tarik rem tangan.
3. Tekan pedal kopling dan hidupkan mesin.
4. Posisikan tuas gigi pada kecepatan tertinggi (4 atau 5).
5. Tambah putaran mesin dan angkat kopling secara perlahan-lahan.
Bila mesin mati berarti kopling tidak selip. Namun sebaliknya, bila mesin masih dalam keadaan hidup berarti kopling mengalami selip. Pada saat melakukan pengetesan seperti ini yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan tes terlalu lama karena dapat menimbulkan panas pada kopling.
Kalau dilihat dari sistem couplingnya ... RPM tinggi tapi boil gak kenceng ... kemungkinan udah terjadi keausan di clutch Plate ... kemungkinan juga ATF nya kotor ... saluran fluid sedikit tersumbat ... tekanan fluidnya gak nyampe jadi drum penekan clutch plate gak firm ... ada selip. Kemungkinan lain ... adalah terjadi JERKING (sendat) pada saat gear shifting.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
iya sih, tapi enak sensasi nya itu lho.. teken kopling, pindah2 gigi dgn cara konvensional, drive experiencenya beda aja. tapi kalo sekedar jalan cepat pake matic jg asik2 aja kok.PenyuTurbo wrote: Week End pun masih bisa makai Manual Triptonic ... cuman emang response perpindahan gigi gak segalak manual yang murni ... maklum pakai fluid.
saya skrg flush tiap 10rb km, biar enak mulu. sama itung2 amal buat pembeli mobil saya kalo2 itu mobil dijual.. hehe,PenyuTurbo wrote:Kuncinya ya ... mesti ganti ATF sering-sering (bersih selalu) ... kayaknya sih mubazir ... tapi hasilnya menggembirakan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
Pak PT.. kalo misalnya parkir miring kan harus dibantu handbrake tuh..nah yg mau saya tanyain itu urutan2nya gimana yah?PenyuTurbo wrote:Tentang Parking ... walaupun Hand Brake gak digunakan juga gak apa apa ... kala tempatnya landai dan miring dikit ... kalau parking di tempat yang curam ... HARUS dan WAJIB dibantu dengan Hand Brake ... supaya Mekanisme Parking AT gak cepat jebol.
1.mobil berhenti, pindah tuas ke P, lalu tarik handbrake. atau
2.mobil berhenti, pindah tuas ke N, tarik handbrake lepas kaki dari pedal rem, biarin beban mobil ditahan dulu sama handbrake, baru masukin P.
ada bedanya gak sih kalo pake cara yg berbeda diatas? lebih baik yg mana?
dari pengalaman sih kalo pake cara yg pertama, tiap kali abis parkir trus mau jalan lagi itu pindahin tuas dari P agak berat.tapi gak sampai bunyi sih.. di pikiran saya, ini terjadi pasti karena yg nahan beban mobil itu park lock mechanism bukan dari handbrake. CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Moga-moga amal budi baiknya mendapat limpahan rahmat dari Allah S.W.T. ....alim ulama wrote:iya sih, tapi enak sensasi nya itu lho.. teken kopling, pindah2 gigi dgn cara konvensional, drive experiencenya beda aja. tapi kalo sekedar jalan cepat pake matic jg asik2 aja kok.PenyuTurbo wrote: Week End pun masih bisa makai Manual Triptonic ... cuman emang response perpindahan gigi gak segalak manual yang murni ... maklum pakai fluid.
saya skrg flush tiap 10rb km, biar enak mulu. sama itung2 amal buat pembeli mobil saya kalo2 itu mobil dijual.. hehe,PenyuTurbo wrote:Kuncinya ya ... mesti ganti ATF sering-sering (bersih selalu) ... kayaknya sih mubazir ... tapi hasilnya menggembirakan.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Yang gw praktekin .... berhenti dalam keadaan BRAKE ditekan .... Masuk ke "P" ... Hand brake di ON-kan (gak ditarik ... karena boil gw gak ada hand brake nya ... tapi FEET BRAKE - pakai kaki kiri ... kalau yang makai hand brake ya ditarik tuas hand brake nya) ... kemudian mesin dimatikan.calvin99 wrote:Pak PT.. kalo misalnya parkir miring kan harus dibantu handbrake tuh..nah yg mau saya tanyain itu urutan2nya gimana yah?PenyuTurbo wrote:Tentang Parking ... walaupun Hand Brake gak digunakan juga gak apa apa ... kala tempatnya landai dan miring dikit ... kalau parking di tempat yang curam ... HARUS dan WAJIB dibantu dengan Hand Brake ... supaya Mekanisme Parking AT gak cepat jebol.
1.mobil berhenti, pindah tuas ke P, lalu tarik handbrake. atau
2.mobil berhenti, pindah tuas ke N, tarik handbrake lepas kaki dari pedal rem, biarin beban mobil ditahan dulu sama handbrake, baru masukin P.
ada bedanya gak sih kalo pake cara yg berbeda diatas? lebih baik yg mana?
dari pengalaman sih kalo pake cara yg pertama, tiap kali abis parkir trus mau jalan lagi itu pindahin tuas dari P agak berat.tapi gak sampai bunyi sih.. di pikiran saya, ini terjadi pasti karena yg nahan beban mobil itu park lock mechanism bukan dari handbrake. CMIIW
Ada yang ... berhenti ... masuk "N" ... hand brake ON ... Mesin dimatikan ... baru Tuas Matic dipindahkan dari "N" ke "P".
Sebenarnya yang mana aja bisa ... yang penting ... boil dalam keadaan berhenti.
Tentang sedikit beratnya mindahin dari "P" ke "D" ... emang betul ... karena mekanisme lock-nya ... semua boil matic kaya gitu.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
kalo gue pilih cara 1.
a.Injak rem, boil berhenti
b. Pindahin ke 'P'
c. Lepas rem kaki sambil tarik handbrake.
d. matiin mesin
bro penyu, kalo ditanjakan sementara tuas di 'D' tadinya kita pikir kuat nanjak ternyata boil mlorot sebentar (5 detik an lah) itu dari mekanisme transmisinya bahaya nggak? kalo lihat gambar analogi kipas angin kemarin, bisa dibayangkan dg kipas angin puter kekiri (boil kita)tapi didepannya ada kipas yg melawan putaran kipas tsb (gaya grafitasi yg berwujud puteran roda berbalik kearah 'R'). ada potensi kerusakan gak dlm kejadian seperti ini?
a.Injak rem, boil berhenti
b. Pindahin ke 'P'
c. Lepas rem kaki sambil tarik handbrake.
d. matiin mesin
bro penyu, kalo ditanjakan sementara tuas di 'D' tadinya kita pikir kuat nanjak ternyata boil mlorot sebentar (5 detik an lah) itu dari mekanisme transmisinya bahaya nggak? kalo lihat gambar analogi kipas angin kemarin, bisa dibayangkan dg kipas angin puter kekiri (boil kita)tapi didepannya ada kipas yg melawan putaran kipas tsb (gaya grafitasi yg berwujud puteran roda berbalik kearah 'R'). ada potensi kerusakan gak dlm kejadian seperti ini?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..
pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..
pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..
pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..
pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Kalau 5 detik kecepatan rendah banget gak apa-apa ...dion wrote:kalo gue pilih cara 1.
a.Injak rem, boil berhenti
b. Pindahin ke 'P'
c. Lepas rem kaki sambil tarik handbrake.
d. matiin mesin
bro penyu, kalo ditanjakan sementara tuas di 'D' tadinya kita pikir kuat nanjak ternyata boil mlorot sebentar (5 detik an lah) itu dari mekanisme transmisinya bahaya nggak? kalo lihat gambar analogi kipas angin kemarin, bisa dibayangkan dg kipas angin puter kekiri (boil kita)tapi didepannya ada kipas yg melawan putaran kipas tsb (gaya grafitasi yg berwujud puteran roda berbalik kearah 'R'). ada potensi kerusakan gak dlm kejadian seperti ini?
Biasanya kalau matic ... kalau udah gak kuat nanjak akan Shift Down sendiri ... kalau sampai nanjaknya tinggi banget ... ya shift aja ke 2 atau L.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Bunyi apaan ??? TEK TEK TEK yaaa ?johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..
pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..
pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Handbrake maksudnya?johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..
pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..
pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3...


The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
bunyi nya pas waktu mo pindahin mobil dari P k N bos.. bunyi kyk transmisi nya maksa gitu.. GrUk.. gitu lah..PenyuTurbo wrote:Bunyi apaan ??? TEK TEK TEK yaaa ?johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..
pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..
pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
kl tek tek tek.. itu bunyi orang jual tahu tek tek.. hehehe..
Last edited by johnlegend on Sun Oct 14, 2007 15:34, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
bunyi nya pas waktu mo pindahin mobil dari P k N bos.. bunyi kyk transmisi nya maksa gitu.. GrUk.. gitu lah..PenyuTurbo wrote:Bunyi apaan ??? TEK TEK TEK yaaa ?johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..
pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..
pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
kl tek tek tek.. itu bunyi orang jual tahu tek tek.. hehehe..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
abis itu tangannya bisa dipasang & dilepas juga lho...r1210g wrote:Handbrake maksudnya?johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..
pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..
pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3...![]()


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
lhooo.. moderator kok oot.. hehehe.. ADMINNNN..r1210g wrote:Handbrake maksudnya?johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..
pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..
pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3...![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-_-" *speechless gw..*Hansen wrote:abis itu tangannya bisa dipasang & dilepas juga lho...r1210g wrote:Handbrake maksudnya?johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..
pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..
pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3...![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
maluuuu yee..... -->johnlegend wrote:lhooo.. moderator kok oot.. hehehe.. ADMINNNN..r1210g wrote:Handbrake maksudnya?johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..
pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..
pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3...![]()


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Eit bukan gw.. He3... Gw kan hanya menegur.. wekwekekekeke...johnlegend wrote:lhooo.. moderator kok oot.. hehehe.. ADMINNNN..r1210g wrote:Handbrake maksudnya?johnlegend wrote:kl ditanjak'an..
1. injak rem.. boil berhenti.. pindah N
2. pasang handbreak..
3. uda yakin mobil bener2 ga gerak.. baru masuk P..
pas nyalain mobil..
1. injak rem.. starter..
2. (rem kaki jgn dilepas) masuk N..
3. lepas handbreak..
4. jalan..
pernah kapan hari lupa ngga kyk gini.. CRV nya pas dinyalain.. ada bunyi keras gitu.. *weh kasian nih yg beli crv gw..*
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3...![]()
tuh yang diatas tuh..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
lho sapa suruh tangannya bisa dihancurkan, dipasang & dilepas???r1210g wrote:Eit bukan gw.. He3... Gw kan hanya menegur.. wekwekekekeke...johnlegend wrote:lhooo.. moderator kok oot.. hehehe.. ADMINNNN..r1210g wrote: Handbrake maksudnya?
Kesian amat tangannya di"hancur"kan He3...![]()
tuh yang diatas tuh..


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang