maskopat wrote:Risol1 wrote:
Kalo boleh kasi masukan dikit buat bro Maskopat:
Platform itu ibaratnya adalah base/lantai mobil. Kenapa pabrikan suka share 1 platform dengan berbagai mobil?
Karena platform adalah tempat dudukan mesin, dudukan suspensi, dudukan transmisi, dll......atau wadah yg berfungsi sebagai penyambung bagian atas mobil (mesin, trans, bodi, dll) dengan bagian bawah mobil (kaki2, gardan, dll).
Dan untuk membuat satu platform yg baik/dinamis membutuhkan riset dan dana yg banyak, jadi dengan share 1 platform untuk bbrp mobil bisa menghemat biaya produksi pabrikan mobil.
Juga karena Platform cuma berupa base aja, maka exterior mobil yg terlihat (dengan kasat mata) bisa terlihat berbeda2. Satu platform yg sama bisa menjadi berbagai tipe mobil (bisa tinggi spt SUV, bisa rendah spt sedan), contohnya: Untuk bikin SUV, pabrikan cuma perlu mainin kaki2 nya supaya lebih tinggi dan desain bentuk bodi yg tinggi, sedangkan untuk sedan sebaliknya, walaupun kedua jenis kendaraan tsb punya platform yg sama. Contoh gampang nya adalah membayangkan mobil spt sebuah kardus. Seperti kita ketahui kan kardus punya 6 sisi, nah platform itu cuma sisi dasar kardus tsb aja (sisi bawah), sedangkan ke 5 sisi lainnya bisa dibentuk sesuka hati pabrikan mobil.
"Kejelekan" dari mobil2 yg share 1 platform adalah mobil2 tsb biasanya punya limit yg sama di jenis mesin, jenis transmisi, jenis kaki2, jenis chassis (u/ mobil ladder frame), dll yg bisa dipasang di platform tsb. Pabrikan gak bisa sesuka hati nempelin mesin yg gak compatible dengan platformnya karena dudukan mesin/trans/kaki2/chasis tsb gak akan pas di platform yg gak didesain untuk mesin/trans/kaki2/chasis tsb. Nah karena mereka share karakteristik2 tsb, maka biasanya mobil2 dengan 1 platform "membawa" plus/minus karakteristik2 yg mirip satu dengan lainnya.
Jadi sama platform gak harus sama exterior/interiornya. Nah balik ke contoh diatas:
IMO, camry dan harrier ATAU Civic dan CRV adalah contoh kendaraan sama platform. Tapi karena adanya persamaan platform tsb, ada derivatif persamaan2 yg timbul misal persamaan mesin, persamaan trans, persamaan struktur kaki2, mungkin jg persamaan towing capacity atau kapasitas angkut, dll
TAPI kalo Fortuner dan Hilux, IMO itu adalah mobil yg sama, bukan lagi sama platform tapi memang mobil yg sama, cuma tipe/jenisnya aja yg beda. Ibaratnya kaya Accord sedan dengan Accord Wagon....atau BMW Seri 3 sedan, Coupe, dan Convertible-nya. Sama aja sebenernya tapi yg satu pintunya 4, yg satu lagi pintu 2, dan yg terakhir gak punya atap....
Sebenernya kalo mao teliti banget, harrier sekarang platformnya agak sedikit beda dengan current camry (kalo harrier gen1 sama persis dengan camry). Kalo buka link yg dikasi bro Fortunerman, disitu kodenya harrier adalah ACU35. Nah ACU itu adalah kode platform toyota buat harrier yg sama persis dengan kode platformnya toyota kluger/highlander. Tapi memang pastinya ACU adalah platform derivatif dari camry, artinya rasa camry pasti kental terasa di harrier.
Om Risol, jadi cuman dasarnya aja yang sama? tapi chassis belum tentu sama kan?..
Pertama2 musti didefinisikan dulu nih maksud chassis disini.
"Chassis" di tulisan saya diatas maksudnya adalah frame yg terintegrasi dengan kerangka unibody.
IMO, secara garis besar frame mobil ada 3 macam:
1. Pure monokok/unibody: frame sedan ("SUV" yg pake frame ini misalnya sebangsa harrier dan CRV alias cuma sedan yg ditinggiin). Mereka sebenernya gak punya "chassis" tsb, chassis mereka adalah keseluruhan struktur kerangka mobil, mungkin termasuk platform dasarnya jg kali CMIIW.
2. Body on Frame: sering juga disebut frame truk (SUV yg pake frame ini misalnya sebangsa Fortuner dan Pathfinder). "Chassis" yg dimaksud disini adalah ladder framenya (besi yg berbentuk C) yg memanjang dari depan ke belakang tempat dudukan bodi mobil. Kalo bro maskopat bayangin sebuah truk, maka karakteristik2 truk bisa ditemukan di mobil2 jenis ini misal: lebih berat sehingga gak lincah/agile, mungkin juga lebih mahal karena biaya produksi lebih mahal, tapi kebagusannya adalah bisa haul lebih banyak beban, kapasitas narik/tow lebih gede, dll.......kaya truk lah pokoknya. Biasanya platform mobil2 body on frame adalah frame nya sendiri karena ladder framenya berfungsi sebagai wadah "penyambung" bagian atas dan bawah mobil.
3. Kombinasi keduanya: Teknologi ini lebih baru dari body on frame. Namanya juga beda2 tergantung pabrikan masing2. Ambil contoh punyanya frame Land Rover Discovery yg disebut Integrated Body Frame (IBF) yg mengkombinasi kedua jenis frame diatas, artinya ada bbrp part mobil yg dibikin sebagai monokok, ada juga bbrp part lain yg ditempel ke ladder frame. Kombinasi ini (integrate (bukan nempelin) frame/besi pada kerangka unibody) juga diterapkan pada banyak SUV2 monokok yg punya kemampuan off road diatas rata2 spt misalnya jeep cherokee. Jadi mobil2 ini walaupun masuk kategori SUV monokok, tapi bukan pure monokok seperti "sedan" di CRV/harrier.
- Jadi kalo pertanyaan bro maskopat diatas mengacu untuk mobil2 ketegori no3 diatas, ya bener. Artinya definisi platform gak sama dengan definisi chassis
yg dalam hal ini adalah integrated ladder framenya . Tapi 1 Platform gak bisa sembarangan "ditempel" ke frame/chassis tertentu. Platform tsb harus didesain supaya sesuai dengan framenya. Contohnya mungkin new platformnya Land Rover LR3 Discovery gak bisa langsung di-integrate ke framenya Dicovery series 2 lama.
- Kalo pertanyaan bro maskopat ttg "chassis" tsb mengacu pada ketegori no1 diatas, ya bener lagi. Artinya definisi platform gak sama dengan definisi chassis
yg dalam hal ini adalah kerangka mobil keseluruhan mungkin termasuk kerangka besi di platform/lantai mobil tsb, maka mungkin yg dishare hanya kerangka besi (dan lantai) bagian bawah nya aja karena kerangka atas bisa dibikin beda2 untuk mobil monokok.
- Kalo pertanyaan bro maskopat ttg chassis mengacu pada jenis kendaraan no 2, maka platform = chassis, IMO di mobil2 tipe ini platform gak beda dengan chassis........mungkin banyak orang yg argue bahwa kerangka atas (bodi) juga termasuk chassis, tapi di mobil2 jenis ini, ladder framenya lah yg berperan penting untuk "megang" rigidity mobil.
maskopat wrote:nanya lagi, kalo satu platform, harusnya wheelbase mereka sama kan? saya tadi buka2 CR-V dan civic, wheelbase dan wheelthread nya gak sama. beda 8cm.
emang memungkinkankah satu platform ini beda wheelbase dan wheelthread?
Makasih..
Saya gak tau secara teknis gimana, tapi menurut saya (cuma pake logika aja nih, jadi tolong CMIIW) platform itukan cuma layout base kendaraan aja, kalo secara detailnya pasti ada perbedaan antara detail satu mobil dengan mobil lainnya.
Jangankan Civic dan CRV yg beda mobil, BMW 750i (SWB) dan 750Li (LWB) yg sama persis eksterior dan interiornya aja bisa beda wheel basenya.
Contoh lainnya adalah nissan FM platform yg dipake di mobil sport 350Z dan juga dipake di Infiniti SUV FX. Ini juga pasti beda wheelbase/wheelthreadnya. Mungkin secara general dibilang FM platform, tapi kalo mao melihat lebih detail lagi, mungkin bisa dibagi lagi misalnya jadi:
- Platform FM-01 dipake buat 350Z
- Platform FM-02 dipake buat infiniti FX
- Platform FM-02.1 dipake buat Infiniti FX AWD
- Platform FM-02.1.1 dipake buat Infiniti FX AWD dengan mesin VQ35
- Platform FM-03 dipake buat infiniti EX
dsb, dsb
Karena bagaimanapun secara teknis detailnya pasti ada beda antara 1 mobil dengan mobil lain, misal dudukan suspensi CRV (mobil tinggi) sudutnya beda dengan dudukan civic (mobil pendek), tapi dua2nya share generic platform yg sama sehingga rasa2nya/karakteristiknya pun hampir sama.
Sama2 bro, teori ane juga belum tentu bener cuma pengen share aja, kalo ada salah2 tolong dikoreksi
