Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Abu2 »

mandala1 wrote:Mau coment pendapat pribadi ajah : meskipun saya ga punya santi sama fortuner,, tapi kalo saya disuruh milih kaenya pilih fortuner deh.....apalagi yg facelift hmmm macho!!! :e-snooty:
Kalo buat milih mobil korea meskipun build quality-nya bagus tapi sy masih trauma sama harga jualnya kembali, dulu pernah pake sorento n sedona beli-nya mahal jualnya..... :shrug:
Jadi yah gitu aja deh....kalo buat skr ini saya say no dulu buat mobil korea (no offence yah.....) :big_peace:

42ner 3.0 D4D.... :off_good: :off_good: ini baru mantep
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by mandala1 »

Kalo fortuner 3.0 D4D ada matic-nya yah om???
Boleh juga nih masuk daftar wish list.... :e-dance:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

maskopat wrote:
FortunerMan wrote:Ya bisa saja monocoque kuat....seperti contoh2 diatas. Cherokee juga monokok. Tapi monokok basis sedan kaya CR-V (Civic), Harrier (Camry), Santa Fe (Sonata) lain cerita.
Om, bisa kasih referensi kalo Harrier itu satu basis dengan Camry? CR-V dengan Civic.
Saya masih bingung definisi satu basis ini. kalo Hilux dan Fortuner, emang satu chassis dan satu body. Pajero Sport dan Triton juga gitu.
Karena banyak yang bilang Harrier dan Camry satu basis, sampe saya pelototin tuh body Camry dan Harrier, saya gak lihat persamaannya. :big_peace:
Kalo boleh kasi masukan dikit buat bro Maskopat:
Platform itu ibaratnya adalah base/lantai mobil. Kenapa pabrikan suka share 1 platform dengan berbagai mobil?
Karena platform adalah tempat dudukan mesin, dudukan suspensi, dudukan transmisi, dll......atau wadah yg berfungsi sebagai penyambung bagian atas mobil (mesin, trans, bodi, dll) dengan bagian bawah mobil (kaki2, gardan, dll).
Dan untuk membuat satu platform yg baik/dinamis membutuhkan riset dan dana yg banyak, jadi dengan share 1 platform untuk bbrp mobil bisa menghemat biaya produksi pabrikan mobil.
Juga karena Platform cuma berupa base aja, maka exterior mobil yg terlihat (dengan kasat mata) bisa terlihat berbeda2. Satu platform yg sama bisa menjadi berbagai tipe mobil (bisa tinggi spt SUV, bisa rendah spt sedan), contohnya: Untuk bikin SUV, pabrikan cuma perlu mainin kaki2 nya supaya lebih tinggi dan desain bentuk bodi yg tinggi, sedangkan untuk sedan sebaliknya, walaupun kedua jenis kendaraan tsb punya platform yg sama. Contoh gampang nya adalah membayangkan mobil spt sebuah kardus. Seperti kita ketahui kan kardus punya 6 sisi, nah platform itu cuma sisi dasar kardus tsb aja (sisi bawah), sedangkan ke 5 sisi lainnya bisa dibentuk sesuka hati pabrikan mobil.

"Kejelekan" dari mobil2 yg share 1 platform adalah mobil2 tsb biasanya punya limit yg sama di jenis mesin, jenis transmisi, jenis kaki2, jenis chassis (u/ mobil ladder frame), dll yg bisa dipasang di platform tsb. Pabrikan gak bisa sesuka hati nempelin mesin yg gak compatible dengan platformnya karena dudukan mesin/trans/kaki2/chasis tsb gak akan pas di platform yg gak didesain untuk mesin/trans/kaki2/chasis tsb. Nah karena mereka share karakteristik2 tsb, maka biasanya mobil2 dengan 1 platform "membawa" plus/minus karakteristik2 yg mirip satu dengan lainnya.

Jadi sama platform gak harus sama exterior/interiornya. Nah balik ke contoh diatas:
IMO, camry dan harrier ATAU Civic dan CRV adalah contoh kendaraan sama platform. Tapi karena adanya persamaan platform tsb, ada derivatif persamaan2 yg timbul misal persamaan mesin, persamaan trans, persamaan struktur kaki2, mungkin jg persamaan towing capacity atau kapasitas angkut, dll
TAPI kalo Fortuner dan Hilux, IMO itu adalah mobil yg sama, bukan lagi sama platform tapi memang mobil yg sama, cuma tipe/jenisnya aja yg beda. Ibaratnya kaya Accord sedan dengan Accord Wagon....atau BMW Seri 3 sedan, Coupe, dan Convertible-nya. Sama aja sebenernya tapi yg satu pintunya 4, yg satu lagi pintu 2, dan yg terakhir gak punya atap.... :mrgreen:

Sebenernya kalo mao teliti banget, harrier sekarang platformnya agak sedikit beda dengan current camry (kalo harrier gen1 sama persis dengan camry). Kalo buka link yg dikasi bro Fortunerman, disitu kodenya harrier adalah ACU35. Nah ACU itu adalah kode platform toyota buat harrier yg sama persis dengan kode platformnya toyota kluger/highlander. Tapi memang pastinya ACU adalah platform derivatif dari camry, artinya rasa camry pasti kental terasa di harrier.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

maskopat wrote:abis lihat website hyundai indonesia.
mobil SUV zaman sekarang. yang petrol engine CC nya lebih besar daripada yang diesel common rail. tapi torque diesel common rail :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Tipikal mesin diesel memang gitu bos, jangankan "SUV jaman sekarang", mesin2 diesel jadul kalo dibandingin dengan mesin bensin yg cc nya sama, biasanya punya torsi yg jauh lebih besar, walaupun tenaga kalah.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

mandala1 wrote:Kalo fortuner 3.0 D4D ada matic-nya yah om???
Boleh juga nih masuk daftar wish list.... :e-dance:
belom masuk sini bos, adanya baru di Hilux
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Abu2 »

harusnya suzy masukin GV yg pake mesin F9Q kali yah, apalagi kalo harga nya menarik :D ...abisnya dah rame mobil diesel CR di indo
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

Risol1 wrote: Kalo boleh kasi masukan dikit buat bro Maskopat:
Platform itu ibaratnya adalah base/lantai mobil. Kenapa pabrikan suka share 1 platform dengan berbagai mobil?
Karena platform adalah tempat dudukan mesin, dudukan suspensi, dudukan transmisi, dll......atau wadah yg berfungsi sebagai penyambung bagian atas mobil (mesin, trans, bodi, dll) dengan bagian bawah mobil (kaki2, gardan, dll).
Dan untuk membuat satu platform yg baik/dinamis membutuhkan riset dan dana yg banyak, jadi dengan share 1 platform untuk bbrp mobil bisa menghemat biaya produksi pabrikan mobil.
Juga karena Platform cuma berupa base aja, maka exterior mobil yg terlihat (dengan kasat mata) bisa terlihat berbeda2. Satu platform yg sama bisa menjadi berbagai tipe mobil (bisa tinggi spt SUV, bisa rendah spt sedan), contohnya: Untuk bikin SUV, pabrikan cuma perlu mainin kaki2 nya supaya lebih tinggi dan desain bentuk bodi yg tinggi, sedangkan untuk sedan sebaliknya, walaupun kedua jenis kendaraan tsb punya platform yg sama. Contoh gampang nya adalah membayangkan mobil spt sebuah kardus. Seperti kita ketahui kan kardus punya 6 sisi, nah platform itu cuma sisi dasar kardus tsb aja (sisi bawah), sedangkan ke 5 sisi lainnya bisa dibentuk sesuka hati pabrikan mobil.

"Kejelekan" dari mobil2 yg share 1 platform adalah mobil2 tsb biasanya punya limit yg sama di jenis mesin, jenis transmisi, jenis kaki2, jenis chassis (u/ mobil ladder frame), dll yg bisa dipasang di platform tsb. Pabrikan gak bisa sesuka hati nempelin mesin yg gak compatible dengan platformnya karena dudukan mesin/trans/kaki2/chasis tsb gak akan pas di platform yg gak didesain untuk mesin/trans/kaki2/chasis tsb. Nah karena mereka share karakteristik2 tsb, maka biasanya mobil2 dengan 1 platform "membawa" plus/minus karakteristik2 yg mirip satu dengan lainnya.

Jadi sama platform gak harus sama exterior/interiornya. Nah balik ke contoh diatas:
IMO, camry dan harrier ATAU Civic dan CRV adalah contoh kendaraan sama platform. Tapi karena adanya persamaan platform tsb, ada derivatif persamaan2 yg timbul misal persamaan mesin, persamaan trans, persamaan struktur kaki2, mungkin jg persamaan towing capacity atau kapasitas angkut, dll
TAPI kalo Fortuner dan Hilux, IMO itu adalah mobil yg sama, bukan lagi sama platform tapi memang mobil yg sama, cuma tipe/jenisnya aja yg beda. Ibaratnya kaya Accord sedan dengan Accord Wagon....atau BMW Seri 3 sedan, Coupe, dan Convertible-nya. Sama aja sebenernya tapi yg satu pintunya 4, yg satu lagi pintu 2, dan yg terakhir gak punya atap.... :mrgreen:

Sebenernya kalo mao teliti banget, harrier sekarang platformnya agak sedikit beda dengan current camry (kalo harrier gen1 sama persis dengan camry). Kalo buka link yg dikasi bro Fortunerman, disitu kodenya harrier adalah ACU35. Nah ACU itu adalah kode platform toyota buat harrier yg sama persis dengan kode platformnya toyota kluger/highlander. Tapi memang pastinya ACU adalah platform derivatif dari camry, artinya rasa camry pasti kental terasa di harrier.
Om Risol, jadi cuman dasarnya aja yang sama? tapi chassis belum tentu sama kan?
nanya lagi, kalo satu platform, harusnya wheelbase mereka sama kan? saya tadi buka2 CR-V dan civic, wheelbase dan wheelthread nya gak sama. beda 8cm.
emang memungkinkankah satu platform ini beda wheelbase dan wheelthread?

Makasih..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

Risol1 wrote: Tipikal mesin diesel memang gitu bos, jangankan "SUV jaman sekarang", mesin2 diesel jadul kalo dibandingin dengan mesin bensin yg cc nya sama, biasanya punya torsi yg jauh lebih besar, walaupun tenaga kalah.
bener Om. tapi perasaan jaman dulu nih, kalo udah di tanjakan lampung - bakauheuni, mobil2 diesel berasep dan ngos2an nanjaknya. masih kuatan kijang super :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

tapi sekarang, tenaga CRD juga luar biasa naiknya. bisa 2x daripada diesel jadoel. dan satu lagi, dengan teknologi VGT, torque bisa dibikin merata sepanjang RPM tertentu. bahkan peak torque sudah berada di bawah 2000 RPM.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

maskopat wrote:
Risol1 wrote: Kalo boleh kasi masukan dikit buat bro Maskopat:
Platform itu ibaratnya adalah base/lantai mobil. Kenapa pabrikan suka share 1 platform dengan berbagai mobil?
Karena platform adalah tempat dudukan mesin, dudukan suspensi, dudukan transmisi, dll......atau wadah yg berfungsi sebagai penyambung bagian atas mobil (mesin, trans, bodi, dll) dengan bagian bawah mobil (kaki2, gardan, dll).
Dan untuk membuat satu platform yg baik/dinamis membutuhkan riset dan dana yg banyak, jadi dengan share 1 platform untuk bbrp mobil bisa menghemat biaya produksi pabrikan mobil.
Juga karena Platform cuma berupa base aja, maka exterior mobil yg terlihat (dengan kasat mata) bisa terlihat berbeda2. Satu platform yg sama bisa menjadi berbagai tipe mobil (bisa tinggi spt SUV, bisa rendah spt sedan), contohnya: Untuk bikin SUV, pabrikan cuma perlu mainin kaki2 nya supaya lebih tinggi dan desain bentuk bodi yg tinggi, sedangkan untuk sedan sebaliknya, walaupun kedua jenis kendaraan tsb punya platform yg sama. Contoh gampang nya adalah membayangkan mobil spt sebuah kardus. Seperti kita ketahui kan kardus punya 6 sisi, nah platform itu cuma sisi dasar kardus tsb aja (sisi bawah), sedangkan ke 5 sisi lainnya bisa dibentuk sesuka hati pabrikan mobil.

"Kejelekan" dari mobil2 yg share 1 platform adalah mobil2 tsb biasanya punya limit yg sama di jenis mesin, jenis transmisi, jenis kaki2, jenis chassis (u/ mobil ladder frame), dll yg bisa dipasang di platform tsb. Pabrikan gak bisa sesuka hati nempelin mesin yg gak compatible dengan platformnya karena dudukan mesin/trans/kaki2/chasis tsb gak akan pas di platform yg gak didesain untuk mesin/trans/kaki2/chasis tsb. Nah karena mereka share karakteristik2 tsb, maka biasanya mobil2 dengan 1 platform "membawa" plus/minus karakteristik2 yg mirip satu dengan lainnya.

Jadi sama platform gak harus sama exterior/interiornya. Nah balik ke contoh diatas:
IMO, camry dan harrier ATAU Civic dan CRV adalah contoh kendaraan sama platform. Tapi karena adanya persamaan platform tsb, ada derivatif persamaan2 yg timbul misal persamaan mesin, persamaan trans, persamaan struktur kaki2, mungkin jg persamaan towing capacity atau kapasitas angkut, dll
TAPI kalo Fortuner dan Hilux, IMO itu adalah mobil yg sama, bukan lagi sama platform tapi memang mobil yg sama, cuma tipe/jenisnya aja yg beda. Ibaratnya kaya Accord sedan dengan Accord Wagon....atau BMW Seri 3 sedan, Coupe, dan Convertible-nya. Sama aja sebenernya tapi yg satu pintunya 4, yg satu lagi pintu 2, dan yg terakhir gak punya atap.... :mrgreen:

Sebenernya kalo mao teliti banget, harrier sekarang platformnya agak sedikit beda dengan current camry (kalo harrier gen1 sama persis dengan camry). Kalo buka link yg dikasi bro Fortunerman, disitu kodenya harrier adalah ACU35. Nah ACU itu adalah kode platform toyota buat harrier yg sama persis dengan kode platformnya toyota kluger/highlander. Tapi memang pastinya ACU adalah platform derivatif dari camry, artinya rasa camry pasti kental terasa di harrier.
Om Risol, jadi cuman dasarnya aja yang sama? tapi chassis belum tentu sama kan?..
Pertama2 musti didefinisikan dulu nih maksud chassis disini.
"Chassis" di tulisan saya diatas maksudnya adalah frame yg terintegrasi dengan kerangka unibody.

IMO, secara garis besar frame mobil ada 3 macam:
1. Pure monokok/unibody: frame sedan ("SUV" yg pake frame ini misalnya sebangsa harrier dan CRV alias cuma sedan yg ditinggiin). Mereka sebenernya gak punya "chassis" tsb, chassis mereka adalah keseluruhan struktur kerangka mobil, mungkin termasuk platform dasarnya jg kali CMIIW.
2. Body on Frame: sering juga disebut frame truk (SUV yg pake frame ini misalnya sebangsa Fortuner dan Pathfinder). "Chassis" yg dimaksud disini adalah ladder framenya (besi yg berbentuk C) yg memanjang dari depan ke belakang tempat dudukan bodi mobil. Kalo bro maskopat bayangin sebuah truk, maka karakteristik2 truk bisa ditemukan di mobil2 jenis ini misal: lebih berat sehingga gak lincah/agile, mungkin juga lebih mahal karena biaya produksi lebih mahal, tapi kebagusannya adalah bisa haul lebih banyak beban, kapasitas narik/tow lebih gede, dll.......kaya truk lah pokoknya. Biasanya platform mobil2 body on frame adalah frame nya sendiri karena ladder framenya berfungsi sebagai wadah "penyambung" bagian atas dan bawah mobil.
3. Kombinasi keduanya: Teknologi ini lebih baru dari body on frame. Namanya juga beda2 tergantung pabrikan masing2. Ambil contoh punyanya frame Land Rover Discovery yg disebut Integrated Body Frame (IBF) yg mengkombinasi kedua jenis frame diatas, artinya ada bbrp part mobil yg dibikin sebagai monokok, ada juga bbrp part lain yg ditempel ke ladder frame. Kombinasi ini (integrate (bukan nempelin) frame/besi pada kerangka unibody) juga diterapkan pada banyak SUV2 monokok yg punya kemampuan off road diatas rata2 spt misalnya jeep cherokee. Jadi mobil2 ini walaupun masuk kategori SUV monokok, tapi bukan pure monokok seperti "sedan" di CRV/harrier.

- Jadi kalo pertanyaan bro maskopat diatas mengacu untuk mobil2 ketegori no3 diatas, ya bener. Artinya definisi platform gak sama dengan definisi chassis yg dalam hal ini adalah integrated ladder framenya . Tapi 1 Platform gak bisa sembarangan "ditempel" ke frame/chassis tertentu. Platform tsb harus didesain supaya sesuai dengan framenya. Contohnya mungkin new platformnya Land Rover LR3 Discovery gak bisa langsung di-integrate ke framenya Dicovery series 2 lama.
- Kalo pertanyaan bro maskopat ttg "chassis" tsb mengacu pada ketegori no1 diatas, ya bener lagi. Artinya definisi platform gak sama dengan definisi chassis yg dalam hal ini adalah kerangka mobil keseluruhan mungkin termasuk kerangka besi di platform/lantai mobil tsb, maka mungkin yg dishare hanya kerangka besi (dan lantai) bagian bawah nya aja karena kerangka atas bisa dibikin beda2 untuk mobil monokok.
- Kalo pertanyaan bro maskopat ttg chassis mengacu pada jenis kendaraan no 2, maka platform = chassis, IMO di mobil2 tipe ini platform gak beda dengan chassis........mungkin banyak orang yg argue bahwa kerangka atas (bodi) juga termasuk chassis, tapi di mobil2 jenis ini, ladder framenya lah yg berperan penting untuk "megang" rigidity mobil.
maskopat wrote:nanya lagi, kalo satu platform, harusnya wheelbase mereka sama kan? saya tadi buka2 CR-V dan civic, wheelbase dan wheelthread nya gak sama. beda 8cm.
emang memungkinkankah satu platform ini beda wheelbase dan wheelthread?
Makasih..
Saya gak tau secara teknis gimana, tapi menurut saya (cuma pake logika aja nih, jadi tolong CMIIW) platform itukan cuma layout base kendaraan aja, kalo secara detailnya pasti ada perbedaan antara detail satu mobil dengan mobil lainnya.
Jangankan Civic dan CRV yg beda mobil, BMW 750i (SWB) dan 750Li (LWB) yg sama persis eksterior dan interiornya aja bisa beda wheel basenya.
Contoh lainnya adalah nissan FM platform yg dipake di mobil sport 350Z dan juga dipake di Infiniti SUV FX. Ini juga pasti beda wheelbase/wheelthreadnya. Mungkin secara general dibilang FM platform, tapi kalo mao melihat lebih detail lagi, mungkin bisa dibagi lagi misalnya jadi:
- Platform FM-01 dipake buat 350Z
- Platform FM-02 dipake buat infiniti FX
- Platform FM-02.1 dipake buat Infiniti FX AWD
- Platform FM-02.1.1 dipake buat Infiniti FX AWD dengan mesin VQ35
- Platform FM-03 dipake buat infiniti EX
dsb, dsb

Karena bagaimanapun secara teknis detailnya pasti ada beda antara 1 mobil dengan mobil lain, misal dudukan suspensi CRV (mobil tinggi) sudutnya beda dengan dudukan civic (mobil pendek), tapi dua2nya share generic platform yg sama sehingga rasa2nya/karakteristiknya pun hampir sama.

Sama2 bro, teori ane juga belum tentu bener cuma pengen share aja, kalo ada salah2 tolong dikoreksi :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

maskopat wrote:
Risol1 wrote: Tipikal mesin diesel memang gitu bos, jangankan "SUV jaman sekarang", mesin2 diesel jadul kalo dibandingin dengan mesin bensin yg cc nya sama, biasanya punya torsi yg jauh lebih besar, walaupun tenaga kalah.
bener Om. tapi perasaan jaman dulu nih, kalo udah di tanjakan lampung - bakauheuni, mobil2 diesel berasep dan ngos2an nanjaknya. masih kuatan kijang super :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

tapi sekarang, tenaga CRD juga luar biasa naiknya. bisa 2x daripada diesel jadoel. dan satu lagi, dengan teknologi VGT, torque bisa dibikin merata sepanjang RPM tertentu. bahkan peak torque sudah berada di bawah 2000 RPM.
Bukannya malah mesin Diesel yg lebih enak kalo nanjak,,,,napasnya panjang di tanjakan :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

Risol1 wrote:
maskopat wrote:nanya lagi, kalo satu platform, harusnya wheelbase mereka sama kan? saya tadi buka2 CR-V dan civic, wheelbase dan wheelthread nya gak sama. beda 8cm.
emang memungkinkankah satu platform ini beda wheelbase dan wheelthread?
Makasih..
Saya gak tau secara teknis gimana, tapi menurut saya (cuma pake logika aja nih, jadi tolong CMIIW) platform itukan cuma layout base kendaraan aja, kalo secara detailnya pasti ada perbedaan antara detail satu mobil dengan mobil lainnya.
Jangankan Civic dan CRV yg beda mobil, BMW 750i (SWB) dan 750Li (LWB) yg sama persis eksterior dan interiornya aja bisa beda wheel basenya.

Karena bagaimanapun secara teknis detailnya pasti ada beda antara 1 mobil dengan mobil lain, misal dudukan suspensi CRV (mobil tinggi) sudutnya beda dengan dudukan civic (mobil pendek), tapi dua2nya share generic platform yg sama sehingga rasa2nya/karakteristiknya pun hampir sama.

Sama2 bro, teori ane juga belum tentu bener cuma pengen share aja, kalo ada salah2 tolong dikoreksi :mrgreen:
seru juga ya belajar chassis dan platform..
makasih banyak Om Risol, saya digest dulu nih penjelasannya. :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

Risol1 wrote: Bukannya malah mesin Diesel yg lebih enak kalo nanjak,,,,napasnya panjang di tanjakan :mrgreen:
katanya sih gitu, tapi kenyataannya saya, yang bawa kijang super, lebih sering nyalip panther di tanjakan bakauheuni - lampung.
di cipularang pun, kalo bawa APV, lebih sering nyalip panther.

atau dieselnya panther yang bermasalah ya? :ungg:

soalnya, kuda diesel kayaknya lebih kuat nanjak di cipularang daripada panther :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
frank
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Mon Jan 05, 2009 2:54

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by frank »

itu karakter diesel lama yg gede torsi tanpa diiringi power nya yg besar, jadi harusnya diimbangi power besar juga, seperti di latest gen CRD (disini torsinya lebih gede lagi).
contoh fortuner diesel(torsi) dan fortuner bensin (power), kayanya jauh lebih enak fortuner bensin.
memang, buat di pegunungan, akselerasi kijang kapsul bensin masih lebih enak daripada kapsul diesel, begitu juga di kuda.
adr889
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Wed Dec 20, 2006 12:17

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by adr889 »

kalau ngomong salip2xan itu tergantung dari yg nyetirlah. satunya nyetirnya bejek terus satunya nyantai ya nga bisa dibilang. yg pasti diesel torsinya lebih besar dari bensin utk pencapain di rpm rendah lebih nyantai pakai diesel kalau ditanjakan nga ngoyo tapi tergantung dari bensinnya juga kalau V8 dibandingin mesin diesel yg cuman 4 cylinder ya bedalah. hehe
FortunerMan

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by FortunerMan »

Enak emang baca tulisan si Risoles...banyak belajar kite2...
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by inoz »

thanks para master, aku banyak dapet ilmu neh thanks deh
tapi kok kluat topik yaaa
:big_peace:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by mandala1 »

FortunerMan wrote:Enak emang baca tulisan si Risoles...banyak belajar kite2...
Apalagi kalo di makan tuh risoles-nya, he...he....
Btw kalo pak risol sendiri lebih pilih mana New Sante Fe atau Fortuner? :e-think:
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by boilers »

As usual, a very insightful post by bro risol :)
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

FortunerMan wrote:Enak emang baca tulisan si Risoles...banyak belajar kite2...
boilers wrote:As usual, a very insightful post by bro risol :)
Wah Thank you bos, tapi saya sih sebenernya cuma tukang kompilasi aja koq dari postingan2 SMer2 lain :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

mandala1 wrote: Btw kalo pak risol sendiri lebih pilih mana New Sante Fe atau Fortuner? :e-think:
Sebenernya males jawabnya, entar ane dibilang orang bodoh lagi huehuehuehue......
Kalo saya pribadi sih ambil Fortuner bro Mandala1, tapi harus yg AT hehehe..... Nomor 1 yg bikin saya tertarik sih lebih kepada model eksteriornya hehehehe.... gagah dan keliatan "wibawa" modelnya fortuner.

Tapi saya akui memang kalo cuma melihat spek diatas kertas (misal power, torsi, fitur2 safety, ESP, akselerasi, skidpad/handling, dll) Santa Fe menang dari Fortuner. Tapi kalo kita liat lebih seksama lagi, mereka adalah mobil2 yg struktur dan kelasnya berbeda, kemiripan keduanya cuma di soal harga dan bentuk mobil (SUV).

Juga kalo kita lihat satu persatu "kelemahan" fortuner diatas, maka ada bbrp "kelemahan" yg bisa dijelaskan dengan logika. Misalnya kemaren2 ada yg tanya kenapa mesin fortuner yg sama2 2700cc koq produce hp lebih kecil dari mesin santa fe yg sama2 2700cc?
Mungkin jawaban paling pasnya adalah karena konfigurasi mesin fortuner masih 4 silinder, sedangkan santa fe udah V6. Jadi walaupun isi silinder sama, biasanya mesin yg silindernya lebih banyak bisa nyemburin tenaga/torsi lebih gede. Artinya bukan mesinnya yg jelek tapi karena memang secara spek, mesin ini bukan tandingan mesin V6. Banyak juga "kelemahan2" lain yg bisa dijelaskan dengan logika karena adanya perbedaan struktural kedua mobil tsb.

Tapi kalo ada yg heran lagi kenapa Fortuner harganya sama dengan santa fe, tapi cuma dikasi mesin 4 silinder? Atau kenapa fitur2 safety gak sekomplit santa fe? Nah kalo pertanyaan yg ini saya engga tau jawaban pastinya.....Tapi kalo cuma secara logika:
1. Modal bikin mobil body on frame dan RWD lebih mahal daripada mobil unibody FWD.
2. Karena balik lagi ke mekanisme pricing, bahwa:
- Konsumen udah tau dan maklum bahwa untuk menikmati reputasi merek besar, ada sedikit premium yg harus dibayar, dan sebaliknya untuk membeli produk dari merek yg reputasinya belum terlalu "mengena", konsumen mengharapkan discount.
3. Hyundai Santa Fe sebenernya kalo mao jujur adalah kelasnya toyota harrier. Tapi spt point no2 diatas, ATPM Hyundai tau bahwa mereka gak akan bisa compete head to head dgn harrier dalam soal harga. Maka harga diturunin dan yg ketiban getahnya adalah Fortuner (karena disini TS bandinginnya sama Fortuner)....mobil lain yg ketiban "getah" nya Santa Fe ini juga termasuk CRV, RAv4, dll (SUV dgn struktur sama tapi 1 level dibawahnya). Bahasa kasarnya adalah si Santa Fe ini sebenernya berusaha "nyolong" konsumen yg sebenernya bukan mrpk konsumen mereka yg semestinya/intended customernya (karena semestinya intended customernya si Santa Fe adalah orang2 kelas harrier/murano). Mekanisme pricing ini juga berlaku di mana2, bukan cuma bisa2an pengusaha otomotif Indonesia aja. :mrgreen:

Mungkin ada lagi yg heran: Udah tau Santa Fe lebih bagus di atas kertas dan lagi harga sama kok masih gak dipilih??? kalo buat saya sih beli mobil itu gak semata2 cuma ngebandingin spek diatas kertas aja, ada faktor selera/feeling/preferensi yg berbeda2 antara 1 konsumen dengan lainnya. Soalnya kalo orang pinter cuma melihat kriteria "spek to price" aja, maka yg pinter adalah cuma orang2 yg beli mobil2 china/proton aja dong :mrgreen:

Intinya adalah sebenernya 2-2nya mobil bagus dengan kelebihan dan kekurangannya masing2.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

Risol1 wrote:Mungkin ada lagi yg heran: Udah tau Santa Fe lebih bagus di atas kertas dan lagi harga sama kok masih gak dipilih??? kalo buat saya sih beli mobil itu gak semata2 cuma ngebandingin spek diatas kertas aja, ada faktor selera/feeling/preferensi yg berbeda2 antara 1 konsumen dengan lainnya. Soalnya kalo orang pinter cuma melihat kriteria "spek to price" aja, maka yg pinter adalah cuma orang2 yg beli mobil2 china/proton aja dong :mrgreen:

Intinya adalah sebenernya 2-2nya mobil bagus dengan kelebihan dan kekurangannya masing2.
mungkin kah ini termasuk hidden point dari suatu product? seperti long-term reability, resale value yang gak ada di atas kertas saat kita beli.

kita baru tahu apakah secara reability suatu mobil bagus setalah mobil tersebut produksi lebih dari 1 thn. seperti kijang super misalnya, yang diproduksi hampir 10 thn.

tapi ternyata, ada tuh mobil yang diproduksi lebih dari 25 thn.. gak pernah ganti model dan mesin.. cuman ganti aksesoris dan pernak pernik kecil aja... :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Kuruma »

Risol1 wrote:
mandala1 wrote: Btw kalo pak risol sendiri lebih pilih mana New Sante Fe atau Fortuner? :e-think:
Sebenernya males jawabnya, entar ane dibilang orang bodoh lagi huehuehuehue......
Kalo saya pribadi sih ambil Fortuner bro Mandala1, tapi harus yg AT hehehe..... Nomor 1 yg bikin saya tertarik sih lebih kepada model eksteriornya hehehehe.... gagah dan keliatan "wibawa" modelnya fortuner.

Tapi saya akui memang kalo cuma melihat spek diatas kertas (misal power, torsi, fitur2 safety, ESP, akselerasi, skidpad/handling, dll) Santa Fe menang dari Fortuner. Tapi kalo kita liat lebih seksama lagi, mereka adalah mobil2 yg struktur dan kelasnya berbeda, kemiripan keduanya cuma di soal harga dan bentuk mobil (SUV).

Juga kalo kita lihat satu persatu "kelemahan" fortuner diatas, maka ada bbrp "kelemahan" yg bisa dijelaskan dengan logika. Misalnya kemaren2 ada yg tanya kenapa mesin fortuner yg sama2 2700cc koq produce hp lebih kecil dari mesin santa fe yg sama2 2700cc?
Mungkin jawaban paling pasnya adalah karena konfigurasi mesin fortuner masih 4 silinder, sedangkan santa fe udah V6. Jadi walaupun isi silinder sama, biasanya mesin yg silindernya lebih banyak bisa nyemburin tenaga/torsi lebih gede. Artinya bukan mesinnya yg jelek tapi karena memang secara spek, mesin ini bukan tandingan mesin V6. Banyak juga "kelemahan2" lain yg bisa dijelaskan dengan logika karena adanya perbedaan struktural kedua mobil tsb.

Tapi kalo ada yg heran lagi kenapa Fortuner harganya sama dengan santa fe, tapi cuma dikasi mesin 4 silinder? Atau kenapa fitur2 safety gak sekomplit santa fe? Nah kalo pertanyaan yg ini saya engga tau jawaban pastinya.....Tapi kalo cuma secara logika:
1. Modal bikin mobil body on frame dan RWD lebih mahal daripada mobil unibody FWD.
2. Karena balik lagi ke mekanisme pricing, bahwa:
- Konsumen udah tau dan maklum bahwa untuk menikmati reputasi merek besar, ada sedikit premium yg harus dibayar, dan sebaliknya untuk membeli produk dari merek yg reputasinya belum terlalu "mengena", konsumen mengharapkan discount.
3. Hyundai Santa Fe sebenernya kalo mao jujur adalah kelasnya toyota harrier. Tapi spt point no2 diatas, ATPM Hyundai tau bahwa mereka gak akan bisa compete head to head dgn harrier dalam soal harga. Maka harga diturunin dan yg ketiban getahnya adalah Fortuner (karena disini TS bandinginnya sama Fortuner)....mobil lain yg ketiban "getah" nya Santa Fe ini juga termasuk CRV, RAv4, dll (SUV dgn struktur sama tapi 1 level dibawahnya). Bahasa kasarnya adalah si Santa Fe ini sebenernya berusaha "nyolong" konsumen yg sebenernya bukan mrpk konsumen mereka yg semestinya/intended customernya (karena semestinya intended customernya si Santa Fe adalah orang2 kelas harrier/murano). Mekanisme pricing ini juga berlaku di mana2, bukan cuma bisa2an pengusaha otomotif Indonesia aja. :mrgreen:

Mungkin ada lagi yg heran: Udah tau Santa Fe lebih bagus di atas kertas dan lagi harga sama kok masih gak dipilih??? kalo buat saya sih beli mobil itu gak semata2 cuma ngebandingin spek diatas kertas aja, ada faktor selera/feeling/preferensi yg berbeda2 antara 1 konsumen dengan lainnya. Soalnya kalo orang pinter cuma melihat kriteria "spek to price" aja, maka yg pinter adalah cuma orang2 yg beli mobil2 china/proton aja dong :mrgreen:

Intinya adalah sebenernya 2-2nya mobil bagus dengan kelebihan dan kekurangannya masing2.
Thanks Bro Risol1 ....ulasannya matabbbbb abisss dach....!!
:thanks: :thanks: :e-clap: :e-clap:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by roadtrain99 »

Risol1 wrote: IMO, secara garis besar frame mobil ada 3 macam:
1. Pure monokok/unibody: frame sedan ("SUV" yg pake frame ini misalnya sebangsa harrier dan CRV alias cuma sedan yg ditinggiin). Mereka sebenernya gak punya "chassis" tsb, chassis mereka adalah keseluruhan struktur kerangka mobil, mungkin termasuk platform dasarnya jg kali CMIIW.
nambah dikit bro, mungkin kalo dibilang sedan ditinggiin, definisi nya nanti bener2 dianggap sedan yg dipanjangin kaki. jadinya kayak gini
Image
enaknya dibilang related, plat base nya sama, namun struktur sampe ceiling & tail nya beda. Kan unibody, cth, camry dan harrier, bagian buntut camry turun jadi bagasi, sedangkan harrier ga. Begitu pula spt x5 dari seri 5 dst

maskopat, liat sasis monokok, buka kap mesin liat dudukan per depan dan belakang, lalu pilar A Kaca, dan pilar tengah, sampe dak lantai termasuk firewall.
Risol1 wrote: 2. Body on Frame: sering juga disebut frame truk (SUV yg pake frame ini misalnya sebangsa Fortuner dan Pathfinder). "Chassis" yg dimaksud disini adalah ladder framenya (besi yg berbentuk C) yg memanjang dari depan ke belakang tempat dudukan bodi mobil. Kalo bro maskopat bayangin sebuah truk, maka karakteristik2 truk bisa ditemukan di mobil2 jenis ini misal: lebih berat sehingga gak lincah/agile, mungkin juga lebih mahal karena biaya produksi lebih mahal, tapi kebagusannya adalah bisa haul lebih banyak beban, kapasitas narik/tow lebih gede, dll.......kaya truk lah pokoknya...
ladder frame dibilang gak lincah sulit juga. masih ada mesin, suspensi dan terutama skill driver nya jgn dilupakan. cth mudah ditemuin mobil box seperti kijang/colt/hiace/carry bak ugal2an dijalan. ipah sering jg begitu. cth kelas beratnya bus antar kota sering bgt meliak liuk.

klo ga salah crv sasis 4wd nya beda dgn 2wdnya. mungkin bahan material, plus rigidity dan torsional nya sudah beda. bs jd begitu pula dgn mobil monokok lainnya yg 4wd.
FortunerMan

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by FortunerMan »

Makanya ada phrase "ceteris paribus", atau "all other things being equal". Dgn mesin, suspensi, skill driver yg sama - monokok akan lebih lincah dari ladder frame.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:Makanya ada phrase "ceteris paribus", atau "all other things being equal". Dgn mesin, suspensi, skill driver yg sama - monokok akan lebih lincah dari ladder frame.
sepertinya, kelincahan suatu mobil pada banyak faktor. tapi dengan istilah phrase om Fortunerman, kemungkinan monokok bisa lebih lincah karena titik beratnya lebih rendah daripada ladder frame.
makanya kalo ada yang naruh ladder nya di bawah poros roda, kayaknya bisa lebih lincah daripada monokok... :big_peace:

ngomong2 sasis, kenapa sasis space frame seperti mobil balap atau rally (yang seru sih sasisnya mitsu racing, atau pajero evo atau buggy) diaplikasikan di mobil umum ya? apakah karena sasis ini mahal? bayangan saya sih pembuatannya lebih murah daripada monokok. tinggal kualitas material aja yang dipake...

kalo sasis mobil sport, yang pake konstruksi sarang lebah, mungkin mahal di biaya produksi sasisnya.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green