nescafe wrote:imsus2c wrote:Pengalaman gonta-ganti oli mtf <100ribuan/L, akhirnya nemu yg enak dan tidak disangka malah oli yg semerk sama mobilnya.
Padahal banyak yg berpikiran, oli mesin & transmisi yg semerk dgn mobil itu sering overpricing.
Visko-nya juga aneh, 85w-85 GL-4. Padahal di buku manual tertulis 75w-90 GL-4
mod, feel ga enaknya itu gimana ya? ada gambaran mungkin?
beberapa bulan yang lalu habis ganti oli transmisi jazz, karena atf honda z1 nya habis, jadi saya pakai castrol transmax multivehicle, lebih mahal 15 rb sih dari atf honda z1, and now works well, ga ada masalah

Ini yg dimaksud MTF apa ATF, meneer?
Kalau yg MTF, gejala yang langsung terasa itu waktu oper gigi, suara gearbox sama oli buangan. Oli buangan maksudnya ya analisa awam/fisik saja, belum level analisa lab.
Seingat saya, beberapa merk ada karakter khusus.
Pengalaman MTF Castrol, kalau kondisi masih dingin baru jalan, masuk gigi semua lancar dan ringan. Tapi kalau sudah panas gearbox-nya, atau kira2 jalan diatas 20an km, mulai sulit masuk gigi rendah (1 & 2). Terasa berat dan ada yg nahan.
Ini rasanya sama saat pakai Shell Spirax.
Waktu pakai MTF merk Mobil (Mobilube HD), justru sebaliknya. Kalau panas, yg susah justru gigi tinggi (4 & 5). Keluarnya juga susah, maksudnya kalau gigi sdh posisi 5 misalnya, mau diturunkan atau netral, kayaknya ada yg nyangkut.
Lain lagi sama Motul (Motylgear), masuk semua gigi lancar, tapi saat oper gigi terasa ada logam bergesekan (bunyi krek halus). Waktu di buang di km 15000an, olinya encer banget dan berbusa. Sama dgn merk FK-Massimo, waktu di tap, olinya encer bening berbusa.
Ada 1 merk (lupa) yg pernah dicoba, kalau pas masuk engaged di gigi 3, timbul suara berdengung di gearbox-nya.
Oya, saya rada2 over/phobia masalah perawatan, jd pakai oli mtf ngga pernah lebih dari 15.000km atau minimal setahun sekali ganti.
Dan dari semua oli MTF yg dicoba diatas, yang paling mahal Motul Motylgear dan kerasa ngga sepadan antara kinerja dan harganya.
Kalau yg ATF, kerasa gejala selipnya agak banyak dan susah kickdown. Jadi rada phobia, makanya oli ATF yg dipakai sekarang main aman saja, se merk sama mobilnya. Apalagi yg odyssey tempohari pernah overhaul berat.
Utk ATF yg butuh spek dexron dan kebetulan ngga ada oli yg se merk sama mobilnya, sekarang pakai castrol. Sejauh ini sih lancar.