Hallo semuanya,
Mau share sedikit mengenai Ranger D-Cab XLT 4x4 thn 2003 2500cc Turbo Diesel. Kan rada mirip sama Everest

.
Gw beli mobil ini kondisi ex-koperasi perkebunan besar di Sumatera Selatan (LonSum). Odometer mencatat angka sekitar 250rb KM. Mobil ini gw pake untuk keperluan perkebunan dengan kondisi jalan gambut ber-PH sekitar 3-4 (kalo udah disiram hujan dijamin yang ga pake 4x4 kelaut aja). Ga kerasa udah 1 Thn mobil ini gw pake dan Odometer udah nunjuk di angka 290rb KM. O ya, Ban gw ganti pake Maxxis mud 31" velg aluminium std.
Selama 1 tahun pemakaian gw cman ganti brake pads, bearing FL dan FR, shock absorber, dan karet-karet front suspension. Harga spareparts nya sangat terjangkau menurut gw (untuk perawatan gw serahin ke bengkel resmi Ford). Terus terang saja gw termasuk orang yang malas ngurus Fashion mobil. Ga jarang tu mobil cuman 1 kali mandi dalam sebulan padahal lewat di daerah asam terus. Paling perawatan rutin aja yang gw perhatin seperti ganti oli tiap 5000km, ganti filter-filter (filter udara dan solar) tiap 10000 km.
Selama ini belum ada keluhan-keluhan yang berarti kecuali Ranger itu boros di karet-karet suspension (atau medan yg gw lewatin emang membuat boros karet-karet suspensi ?? ). Pake solarnya juga solar pertamina biasa. Ga pernah tuh yang namanya purging atau dikasi2 racun solar. Kalo cuman nyari 120Km/jam sih enteng. Kalo diluar kota seringnya balapan sama LC atau Terano (kalo udah gini tergantung nyali aja).
Untuk Torsi di medan berat gw rasa rada kurang ya kecuali low 4x4 diaktifin baru deh maknyus (pernah gw pake buat narik Truck PS 125 bermuatan 3 Ton di jalan Lumpur).
FYI, hampir semua perkebunan disini sekarang menggunakan Ford 3.0 CR dan Ford 2.5 baik varian D-Cab, Pick Up maupun Everest. Tau lah kaya apa kualitas solar di tengah hutan dan kayaknya tiap gw maen ke bengkel resmi ga ada tuh yang mengeluh karena pemakaian solar kualitas ... .
Gw lebih menyarankan yang tipe 4x4 karena disitulah letak perbedaan Everst/Ranger dibandingkan CRV atau Innova atau bahkan Fortuner (?). Kayanya gimana gitu kalo liat Jalan tanah hehehe. Tapi harga Everest 4x4 3.0 CR baru bikin ngeri jg, 320 jt an kayaknya. Setimpal sih karena udah dapet 4 AirBag, ABS disemua roda, CD/DVD player dan GVT Turbo.