Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by ChZ »

linschneider wrote: Tue Feb 25, 2025 2:30

mantap om. ini hal yg bakal miss di mayoritas bahkan enthusias mobil sekalipun. whistleblower top :big_exellent:

sempet terbesit kenapa generasi rebon kok lifespannya pendek banget, blm 10 taon uda ganti generasi baru. apa mgkn toyota pusat diem" tahu klo ada 1 negara kena kibul cacat kongenital? krn idealisme ky gini msh ada ketemu di jepang, klo indo tipikal selama laku ky kacang goreng lanjooeet, tunggu viral or kena demo dulu br mulai pikir :mky_03:

lgs tutupin deh dgn zenix yg sejatinya sodara kluger tp dikuepang ke lineup innova. moga2 org lupa, tp tiba2 ada yg speakup dan distributor indo tetep aj jualan. :mky_01:
oom itu udang rebon kan masih jualan... justru karna masih kuat jadi cash cow jadi masih dijual.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by kayukayuthe5th »

linschneider wrote: Tue Feb 25, 2025 2:30
mbahmu wrote: Sun Feb 23, 2025 5:02 Wih Om mbahmu bahas di youtube :big_exellent:

Iya, wajib itu....demi kemanusiaan, advokasi kondisi mutu Geometri Roda produk otmotif lokal yang tidak diketahui banyak orang....jumlah mekanik nya malah lebih sedikit dari mekanik kelistrikan

Hampir semua toko ban dulu pajang SDM dgn sertifikat geometri roda dari VEDC Malang, sekarang SDM nya sudah punah....ngomong jadi gak nyambung ternyata hanya training dari vendor alat spooring

Banyak komen yg sudah saya validasi terkait suku cadang spt setir getar walau tapak disc rata....ini bisa timbul dr isu mutu steering rack assy yg juga beda dan/atau profil velg yg beda offset sehingga berdampak ke jarak pijak roda (track width) produk

Pembanding suku cadang tentu yg digunakan produk Toyota Innova di vietnam, taiwan, malaysia, filipina, india....ini kan bukan produk global, tapi produk yang didesain di Jepang utk diproduksi dan dipasarkan di pasar SEAM (south east asian market) dan Gulf countries

Tapi jangan anti produk suku cadang lokal ya sepanjang setiap suku cadang lokal mampu berprestasi sesuai Baku Mutu dan fungsinya....sebab ini bukan perang dagang, dan jangan coba2 kaitkan saya dgn antek asing

Literasi otomotif konsumennya apalagi terkait isu Geometri Roda kan sudah bisa dinilai dari rilis media, silahkan saksi ahli otomotifnya diajak aja suruh lagi bawa mobil2an F1 lalu ulangi beri contoh SAI itu spt daun pintu atau sudut rake spd motor spt dipersidangan tapi didepan kamera media

SAI produk Land Cruiser, Prado, LC500, GS350, LX600, LS600 yg semua double wishbone alias SLA sudut SAI nya berapa derajat? :weekk:

Fortuner yg sama-sama kelas M1 aja 12° kan?

Emang ada mobil penumpang kelas M1 sudut SAI nya 8°-10°? Cieeee... :big_weee:

Semoga Toyota mau diskusi di hadapan publik, kan harga suku cadang dan jasa per unit sdh diketahui...jadi jika penaksiran nilai recall produk yg diproduksi Juli 2010 (saat favelift) s/d sekarang bisa diatas 6 T, lah itu proses peradilannya sarat maladministrasi gak bahaya tah?

Ada kerugian negara gak ya?

Dalam diskusi nanti saya bonusin struktur organisasi otomotif dan organ yang bertanggung jawab menyelenggarakan lini purna jual deh....tambahannya ulasan skandal 2024 itu bukan hanya kegagalan sistem kendali mutu yg memang sesuai petitum gugatan saya sejak 2022 bahwa peradilan menyatakan mereka memproduksi produk otomotif dengan cacat tersembunyi....itu verifikasinya melalui rangkaian penggerebekan kemhan jepang kan sebelum Putusan peradilan pertama :big_grin:

Kalau produsen sama agen mau gabung silahkan nimbrung aja, biar kita gibahin si akio toyoda knp dikhianati sedemikian rupa sampai bikin geger dunia, ganjen bener
mantap om. ini hal yg bakal miss di mayoritas bahkan enthusias mobil sekalipun. whistleblower top :big_exellent:

sempet terbesit kenapa generasi rebon kok lifespannya pendek banget, blm 10 taon uda ganti generasi baru. apa mgkn toyota pusat diem" tahu klo ada 1 negara kena kibul cacat kongenital? krn idealisme ky gini msh ada ketemu di jepang, klo indo tipikal selama laku ky kacang goreng lanjooeet, tunggu viral or kena demo dulu br mulai pikir :mky_03:

lgs tutupin deh dgn zenix yg sejatinya sodara kluger tp dikuepang ke lineup innova. moga2 org lupa, tp tiba2 ada yg speakup dan distributor indo tetep aj jualan. :mky_01:
yes ini juga agak aneh kenapa belum 10 tahun kok udah ganti gen padahal ini mobil penjualan selalu diatas? apakah emang cacat desain? who knows. semoga dapet titik terang. min. ada recall sih.
wong toyota US aja bisa kok ngganti engine v6 twinturbo langsung baru kinyis2.
Last edited by kayukayuthe5th on Tue Feb 25, 2025 9:27, edited 1 time in total.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by kayukayuthe5th »

darrelund wrote: Sun Feb 23, 2025 13:23
ExorT wrote: Sun Feb 23, 2025 3:16
Wih Om mbahmu bahas di youtube :big_exellent:

tricky jg niy kasus (sebagai org awam)

krn bisa aja dia prove dgn beli ketengan low arm spec luar, cuma beres pasti nolak pasangin, klo pasang diluar tar dibilang hangusin garansi toyota, yang balik lagi nanti di edukasi sama pemegrang merk

:big_biglaugh:
sepakat sih ini sepemikiran ama gwa (yang awam juga)
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by DLM »

ChZ wrote: Mon Feb 24, 2025 4:32
Ibet wrote: Mon Feb 24, 2025 4:10
yup om, jaman 90an ya market lokal sini kan dapet mobil global terus
yg satu era e39, yg mobil regional nya cuman kijang dan soluna aja rasanya ..
cmiiw, pun 2 mobil itu basisnya dari mobil global jg kan ..

sisanya bahkan starlet pun kan mobil global jatohnya, yaris bakpao masih .. sampai yaris lele dimana beda sama yaris jp
honda juga sama lah, yg regional kan cuman city z aja, sampe keluar brio di 2012 .. walau kalo diliat brio ini kan turunan jazz ge8 yg saat itu produknya sendiri dah 5 taun hadir ..

after that .... downfall hahaha
memang beneran cuman buat menuhin mobility 1st car buyer aja sih, panjang juga ini kalo dirunut
by market ada kebutuhan, by regulasi juga memenuhi (yg penting bisa 1:20 kpl, plus wajib pertamax (?))
so you get sigra 1.0 lane hogger yg gamau minggir
kemarin ada perbandingan autoshow jaman dulu... isinya celica, 3000gt, dll... sekarang... either mocin atau low grade japs car.

ibarat kata mopang lokal 2000s awal itu masih adaptasi tehnologi. local content sedikit, soluna cuma slightly downgraded corolla setau saya. makanya standar kenyamannya juga ok banget buat mobil entry level masa itu.

vios 2nd gen aja rasanya beda banget dgn 3rd gen yang share dgn yaris lele... blom ngomong durability yang jauh lebih menyedihkan hahaha. jangan yang 2nd gen sama 3rd gen deh, 2nd gen tapi facelift saja eps modulenya suka ngaco. temen saya sampe takut, dijual itu vios. pdhl sebelumnya pake yaris 2005 agak lama baik2 aja.

sekarang ya buat local content bener banyak. tapi ternyata local contentnya nggak bermutu. wkwkwkwkwk.
Soluna itu Tercel rebadge om sebenarnya. Apakah bisa disebut Corolla downgrade dikit? Ya bisa aja, lha wong ada versi badge engineering Tercel yang dinamakan Corolla II kok di pasar Jepang.

Sebagai pemakai Vios gen 3, agak kaget juga waktu tau gen 3 itu durabilitasnya memble. Tapi yang beneran ga habis pikir, Vios gen 3 itu platformnya DOWNGRADE. Dia turun dari platform B ke platform EFC. EFC ini basisnya itu platform NBC alias platform yang sama dengan Echo punya mas Ridho Bramantio (orangnya ada disini kok). Saya ga peduli dengan nomenklatur model pasar global or whatever (karena EFC lebih layak disebut platform global kalau kita lihat ke jangkauan pasar). Tahun 2010an akhir, cuma Sienta yang tetap pake B platform. Saya jadi ngerti sih kenapa mobcin naik pamor. Omoda 5 yang dijual di Indonesia atau Malaysia ya sama persis platformnya dengan Omoda 5 yang dijual di Australia, ga dikasih platform yang lebih murah. Dulu pernah TD Yaris Cross DNGA waktu baru keluar dan saya keluarkan unek unek ke salesman yang menemani saya TD soal platformnya yang "downgrade" dibanding TNGA di Yaris Cross JDM atau negara tetangga (Negeri kangguru. Bukan negeri Jiran di utara kita). Wajar konsumen kita sudah capek dianaktirikan oleh brand.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by darrelund »

kayukayuthe5th wrote: Tue Feb 25, 2025 9:26 sepakat sih ini sepemikiran ama gwa (yang awam juga)
klo memang SAI fortuner masih on spec, inopa tidak

itu menjelaskan keheranan oe siy, kenapa fortuner jauh lebi enak buat di setir

berarti ada satu pertanyaan lagi

kenapa fortuner-hilux aman, tapi inopa malah ada error gini?

apa faktor harga? scr kan fortuner 100-200jt lebi mahal :big_biglaugh:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by kayukayuthe5th »

darrelund wrote: Tue Feb 25, 2025 11:06
kayukayuthe5th wrote: Tue Feb 25, 2025 9:26 sepakat sih ini sepemikiran ama gwa (yang awam juga)
klo memang SAI fortuner masih on spec, inopa tidak

itu menjelaskan keheranan oe siy, kenapa fortuner jauh lebi enak buat di setir

berarti ada satu pertanyaan lagi

kenapa fortuner-hilux aman, tapi inopa malah ada error gini?

apa faktor harga? scr kan fortuner 100-200jt lebi mahal :big_biglaugh:
nah itu om yang gatau, apakah inopa emang "sengaja" di setting? khusunya yang indo.

moga2 om diatas dapet kejelasan dan pecerahan soal kasusnya.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by kayukayuthe5th »

DLM wrote: Tue Feb 25, 2025 10:15
ChZ wrote: Mon Feb 24, 2025 4:32
Ibet wrote: Mon Feb 24, 2025 4:10
yup om, jaman 90an ya market lokal sini kan dapet mobil global terus
yg satu era e39, yg mobil regional nya cuman kijang dan soluna aja rasanya ..
cmiiw, pun 2 mobil itu basisnya dari mobil global jg kan ..

sisanya bahkan starlet pun kan mobil global jatohnya, yaris bakpao masih .. sampai yaris lele dimana beda sama yaris jp
honda juga sama lah, yg regional kan cuman city z aja, sampe keluar brio di 2012 .. walau kalo diliat brio ini kan turunan jazz ge8 yg saat itu produknya sendiri dah 5 taun hadir ..

after that .... downfall hahaha
memang beneran cuman buat menuhin mobility 1st car buyer aja sih, panjang juga ini kalo dirunut
by market ada kebutuhan, by regulasi juga memenuhi (yg penting bisa 1:20 kpl, plus wajib pertamax (?))
so you get sigra 1.0 lane hogger yg gamau minggir
kemarin ada perbandingan autoshow jaman dulu... isinya celica, 3000gt, dll... sekarang... either mocin atau low grade japs car.

ibarat kata mopang lokal 2000s awal itu masih adaptasi tehnologi. local content sedikit, soluna cuma slightly downgraded corolla setau saya. makanya standar kenyamannya juga ok banget buat mobil entry level masa itu.

vios 2nd gen aja rasanya beda banget dgn 3rd gen yang share dgn yaris lele... blom ngomong durability yang jauh lebih menyedihkan hahaha. jangan yang 2nd gen sama 3rd gen deh, 2nd gen tapi facelift saja eps modulenya suka ngaco. temen saya sampe takut, dijual itu vios. pdhl sebelumnya pake yaris 2005 agak lama baik2 aja.

sekarang ya buat local content bener banyak. tapi ternyata local contentnya nggak bermutu. wkwkwkwkwk.
Soluna itu Tercel rebadge om sebenarnya. Apakah bisa disebut Corolla downgrade dikit? Ya bisa aja, lha wong ada versi badge engineering Tercel yang dinamakan Corolla II kok di pasar Jepang.

Sebagai pemakai Vios gen 3, agak kaget juga waktu tau gen 3 itu durabilitasnya memble. Tapi yang beneran ga habis pikir, Vios gen 3 itu platformnya DOWNGRADE. Dia turun dari platform B ke platform EFC. EFC ini basisnya itu platform NBC alias platform yang sama dengan Echo punya mas Ridho Bramantio (orangnya ada disini kok). Saya ga peduli dengan nomenklatur model pasar global or whatever (karena EFC lebih layak disebut platform global kalau kita lihat ke jangkauan pasar). Tahun 2010an akhir, cuma Sienta yang tetap pake B platform. Saya jadi ngerti sih kenapa mobcin naik pamor. Omoda 5 yang dijual di Indonesia atau Malaysia ya sama persis platformnya dengan Omoda 5 yang dijual di Australia, ga dikasih platform yang lebih murah. Dulu pernah TD Yaris Cross DNGA waktu baru keluar dan saya keluarkan unek unek ke salesman yang menemani saya TD soal platformnya yang "downgrade" dibanding TNGA di Yaris Cross JDM atau negara tetangga (Negeri kangguru. Bukan negeri Jiran di utara kita). Wajar konsumen kita sudah capek dianaktirikan oleh brand.
karena china skrg masih expanding belum scaling, makanya bisa kasih "fullspec" semua kalo udah tuh market udah tembus 4 digit stabil dibeberapa negara nah baru tuh mikir juga untuk "lokalisasi" produk + masih banyak "sisa" dari pembatasan import di negara EUKUS :big_slap:

yarcross secara powertrain mantep sih 1.5 hybrid mungkin satu2nya skrg yang bisa tembus 30kmpl effortless. cman yaitu secara chassis kok pake DNGA plus desainnya jujur agak nanggung. yah wajar aja sih skrg rumor kedepan nanti semua developna pake TNGA semua. anyway intinya sih kedepan juga manufacturer ini juga harap bisa "upgrade" pabrik ama SDM buat ngejar teknologi.
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by Ibet »

b0ku wrote: Mon Feb 24, 2025 5:09 YA cuma pemikiran kasar saya sih justru KEI car itu kunci wakanda lepas dari subsidi BBM masukin aja yang 660 turbo, bayangin mobil yang FCnya setara motor dan emisi rendah lagian wakanda macet mulu ngapain tenaga gede2x kalo cuma buat kaki doank mah :mky_03:

karena mesin 660CC turbo maksa yang pake kasih bensin RON 92 MIN tapi akrena konsumsi nyaris setara motor buat mereka kemungkinan juga gak berasa :mky_03:

dan mesin 660CC turbo dengan tuningan maen torsi bawah cukup buat libas tanjakan dimana aja :mky_03:

SISANYA boleh tuh MPV 1.5 kasih opsi 1.0 turbo buat penumpang banyak :mky_03:
sudah dibuktikan dengan daihatsu ceria 850 cc 3 silinder 37 hp .. wkwk
start jual 2001, berenti jual 2006, ga lama, musuhnya kan karimun pada saat itu, 1000cc karbu yg sebenernya ga irit - irit amat juga

gatau ya kalo 660cc turbo, harusnya sih aman di 64 hp ya .. tinggal tuning down bisa nenggak ron90 aja kalo disini
mpv 1.0 turbo buat mpv kayanya belom ada juga ya om, kuat ga 1.0 turbo 3 silinder disika buat mpv disini wkwkwk
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by b0ku »

Ibet wrote: Wed Feb 26, 2025 1:49 sudah dibuktikan dengan daihatsu ceria 850 cc 3 silinder 37 hp .. wkwk
start jual 2001, berenti jual 2006, ga lama, musuhnya kan karimun pada saat itu, 1000cc karbu yg sebenernya ga irit - irit amat juga

gatau ya kalo 660cc turbo, harusnya sih aman di 64 hp ya .. tinggal tuning down bisa nenggak ron90 aja kalo disini
mpv 1.0 turbo buat mpv kayanya belom ada juga ya om, kuat ga 1.0 turbo 3 silinder disika buat mpv disini wkwkwk
SETEL ala diesel om low end torquenya gede di bawah pake turbo pasti tanjakan mana aja dilibas itu :mky_03:

nah justru mesin turbo itu buat apus subsidi jd minimal negak 92 tapi FCnya irit kayak sigra aja tuh isi bensin cuma 400rb fulltenk pake shell :mky_03:

avg 10kml coba sigra pake mesin 660cc turbo :mky_03:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by Ibet »

DLM wrote: Tue Feb 25, 2025 10:15 Soluna itu Tercel rebadge om sebenarnya. Apakah bisa disebut Corolla downgrade dikit? Ya bisa aja, lha wong ada versi badge engineering Tercel yang dinamakan Corolla II kok di pasar Jepang.

Sebagai pemakai Vios gen 3, agak kaget juga waktu tau gen 3 itu durabilitasnya memble. Tapi yang beneran ga habis pikir, Vios gen 3 itu platformnya DOWNGRADE. Dia turun dari platform B ke platform EFC. EFC ini basisnya itu platform NBC alias platform yang sama dengan Echo punya mas Ridho Bramantio (orangnya ada disini kok). Saya ga peduli dengan nomenklatur model pasar global or whatever (karena EFC lebih layak disebut platform global kalau kita lihat ke jangkauan pasar). Tahun 2010an akhir, cuma Sienta yang tetap pake B platform. Saya jadi ngerti sih kenapa mobcin naik pamor. Omoda 5 yang dijual di Indonesia atau Malaysia ya sama persis platformnya dengan Omoda 5 yang dijual di Australia, ga dikasih platform yang lebih murah. Dulu pernah TD Yaris Cross DNGA waktu baru keluar dan saya keluarkan unek unek ke salesman yang menemani saya TD soal platformnya yang "downgrade" dibanding TNGA di Yaris Cross JDM atau negara tetangga (Negeri kangguru. Bukan negeri Jiran di utara kita). Wajar konsumen kita sudah capek dianaktirikan oleh brand.
wajar aja memble, EFC buat Etios dipake segede Vios, lagian EFC kan targetnya India aja om, regional car ini mah
biasa kan dibalik, platform mobil gede dijadiin mobil kecil

mobcin logicnya yg saya tangkep gampang aja
bikin volume gede (1 jt++ unit per part) + subsidi maximal dari gov buat tooling (dies, mold,etc) machine (stamping, cnc, alu & resin inject)
tambah lagi local gov lagi gencar kasih subsidi mobil listrik

resep nikmat mobil murah sih itu
toh disini tinggal ttd mau bikin pabrik moblis + localized battery aja udah dapet kok local gov subsidize :big_deal:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by ChZ »

DLM wrote: Tue Feb 25, 2025 10:15
Soluna itu Tercel rebadge om sebenarnya. Apakah bisa disebut Corolla downgrade dikit? Ya bisa aja, lha wong ada versi badge engineering Tercel yang dinamakan Corolla II kok di pasar Jepang.

Sebagai pemakai Vios gen 3, agak kaget juga waktu tau gen 3 itu durabilitasnya memble. Tapi yang beneran ga habis pikir, Vios gen 3 itu platformnya DOWNGRADE. Dia turun dari platform B ke platform EFC. EFC ini basisnya itu platform NBC alias platform yang sama dengan Echo punya mas Ridho Bramantio (orangnya ada disini kok). Saya ga peduli dengan nomenklatur model pasar global or whatever (karena EFC lebih layak disebut platform global kalau kita lihat ke jangkauan pasar). Tahun 2010an akhir, cuma Sienta yang tetap pake B platform. Saya jadi ngerti sih kenapa mobcin naik pamor. Omoda 5 yang dijual di Indonesia atau Malaysia ya sama persis platformnya dengan Omoda 5 yang dijual di Australia, ga dikasih platform yang lebih murah. Dulu pernah TD Yaris Cross DNGA waktu baru keluar dan saya keluarkan unek unek ke salesman yang menemani saya TD soal platformnya yang "downgrade" dibanding TNGA di Yaris Cross JDM atau negara tetangga (Negeri kangguru. Bukan negeri Jiran di utara kita). Wajar konsumen kita sudah capek dianaktirikan oleh brand.
by feeling saja vios / yaris gen 3 (lele) itu emang kayak.... cheaper. ini bahkan by feeling worse dari GK5 yang udah cheap, secara konsep udah acak-acakan juga mesin 1500cc 1NZ purba dimasukin body sebesar itu...

yaris cross sekarang by feeling cuma kayak slightly bigger raize. disetir ya kayak bawa raize pake velg lebar.

si T ini penyakit sama kek 3 berlian, berusaha keras meyakinkan kita pake nama besar yaris (atau mirage / pajero kalo di 3 berlian).

padahal itu whole different car.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by ChZ »

darrelund wrote: Tue Feb 25, 2025 11:06 klo memang SAI fortuner masih on spec, inopa tidak

itu menjelaskan keheranan oe siy, kenapa fortuner jauh lebi enak buat di setir

berarti ada satu pertanyaan lagi

kenapa fortuner-hilux aman, tapi inopa malah ada error gini?

apa faktor harga? scr kan fortuner 100-200jt lebi mahal :big_biglaugh:
apa nggak curiga kenapa innova base model bisa harganya sama dengan HR-V :upss:

termasuk zenix yang sekarang , kasat mata aja pada protes apalagi yang gak kasat mata :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by darrelund »

ChZ wrote: Wed Feb 26, 2025 3:36
apa nggak curiga kenapa innova base model bisa harganya sama dengan HR-V :upss:

termasuk zenix yang sekarang , kasat mata aja pada protes apalagi yang gak kasat mata :upss:
lah iya mbah

as of today

ribon G diesel harganya beti sama hilux single cab disel

make sense :big_biglaugh:

berarti rangga itu bisa dibilang inofa versi pickup nya :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by b0ku »

darrelund wrote: Wed Feb 26, 2025 7:00
ChZ wrote: Wed Feb 26, 2025 3:36
apa nggak curiga kenapa innova base model bisa harganya sama dengan HR-V :upss:

termasuk zenix yang sekarang , kasat mata aja pada protes apalagi yang gak kasat mata :upss:
lah iya mbah

as of today

ribon G diesel harganya beti sama hilux single cab disel

make sense :big_biglaugh:

berarti rangga itu bisa dibilang inofa versi pickup nya :big_biglaugh:
balik lagi om cek aja komponen kaki2x macem arm crossmember dll kalo shock biasa sama aja tuh rangga innova fortuner cuma kalo ud maen crossmember arm saya cek si barangnya beda2x :big_think:
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by lexnic »

ChZ wrote: Wed Feb 26, 2025 3:36
darrelund wrote: Tue Feb 25, 2025 11:06 klo memang SAI fortuner masih on spec, inopa tidak

itu menjelaskan keheranan oe siy, kenapa fortuner jauh lebi enak buat di setir

berarti ada satu pertanyaan lagi

kenapa fortuner-hilux aman, tapi inopa malah ada error gini?

apa faktor harga? scr kan fortuner 100-200jt lebi mahal :big_biglaugh:
apa nggak curiga kenapa innova base model bisa harganya sama dengan HR-V :upss:

termasuk zenix yang sekarang , kasat mata aja pada protes apalagi yang gak kasat mata :upss:
diliat kasat mata, zenix G itu bener2 gk proporsional sama skali sih. bodi gambot tapi pake velg 16 inch, blm lg soal fitur yg kopongan bgt (tanpa auto fold & rear defogger, airbag cuma 2 biji, interior plastik2an, dll).

innova reborn yg skrg msh dijual itu jga sbenernya gk layak utk ukuran standar jaman skrg, bener2 kopongan (masa immobilizer aja gk dikasih :big_biglaugh: ). pdhl harga belinya jga gk bisa dibilang murah. apa mngkin karena toyota mikirnya yg beli reborn G rata2 pake sopir jdi klo di parkiran, si sopir nungguin di dlm mobil jdi gk bakal dicuri orang..

darrelund wrote: Wed Feb 26, 2025 7:00 lah iya mbah

as of today

ribon G diesel harganya beti sama hilux single cab disel

make sense :big_biglaugh:

berarti rangga itu bisa dibilang inofa versi pickup nya :big_biglaugh:
trus msh ngide gandeng karoseri lokal buat bikin rangga versi SUV. cuma ngulangin cerita lama (pickup dijadiin mobil penumpang) kijang kotak dong. :upss:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by kunaskun »

lexnic wrote: Wed Feb 26, 2025 11:18 diliat kasat mata, zenix G itu bener2 gk proporsional sama skali sih. bodi gambot tapi pake velg 16 inch, blm lg soal fitur yg kopongan bgt (tanpa auto fold & rear defogger, airbag cuma 2 biji, interior plastik2an, dll).

innova reborn yg skrg msh dijual itu jga sbenernya gk layak utk ukuran standar jaman skrg, bener2 kopongan (masa immobilizer aja gk dikasih :big_biglaugh: ). pdhl harga belinya jga gk bisa dibilang murah. apa mngkin karena toyota mikirnya yg beli reborn G rata2 pake sopir jdi klo di parkiran, si sopir nungguin di dlm mobil jdi gk bakal dicuri orang..
toyota pinter, sejak dulu kan, lower trim yg dicopotin itu part mahal beneran. sampe sekarang OVRM folding motor set itu tembus jutaan sebiji, belum lagi tombolnya. apalagi immobilizer. mendingan kasihin alarm saja, toh yg pake driver atau mentok jatah kantor, yg penting gelinding. :mky_03:


trus msh ngide gandeng karoseri lokal buat bikin rangga versi SUV. cuma ngulangin cerita lama (pickup dijadiin mobil penumpang) kijang kotak dong. :upss:
kayanya mengakomodir pecinta gerobak sayur diesel ngebul yang kekurangan hormon maskulinitas, biar tambah gagah kayak pake american truck. :big_biglaugh:
utilisasi pabrikan juga kapan lagi bisa abisin stok mesin 2GD tinggal colok ke stok rangka reborn :mky_02:
kalau yang butuh light truck beneran ya anehlah liat overhang bak sepanjang itu, masa iya tengahnya bak langsung diatas roda. :big_biglaugh:
auto ga bisa ODOL pula :mky_03:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by lemonadelovers »

Ibet wrote: Wed Feb 26, 2025 1:49
b0ku wrote: Mon Feb 24, 2025 5:09 YA cuma pemikiran kasar saya sih justru KEI car itu kunci wakanda lepas dari subsidi BBM masukin aja yang 660 turbo, bayangin mobil yang FCnya setara motor dan emisi rendah lagian wakanda macet mulu ngapain tenaga gede2x kalo cuma buat kaki doank mah :mky_03:

karena mesin 660CC turbo maksa yang pake kasih bensin RON 92 MIN tapi akrena konsumsi nyaris setara motor buat mereka kemungkinan juga gak berasa :mky_03:

dan mesin 660CC turbo dengan tuningan maen torsi bawah cukup buat libas tanjakan dimana aja :mky_03:

SISANYA boleh tuh MPV 1.5 kasih opsi 1.0 turbo buat penumpang banyak :mky_03:
sudah dibuktikan dengan daihatsu ceria 850 cc 3 silinder 37 hp .. wkwk
start jual 2001, berenti jual 2006, ga lama, musuhnya kan karimun pada saat itu, 1000cc karbu yg sebenernya ga irit - irit amat juga

gatau ya kalo 660cc turbo, harusnya sih aman di 64 hp ya .. tinggal tuning down bisa nenggak ron90 aja kalo disini
mpv 1.0 turbo buat mpv kayanya belom ada juga ya om, kuat ga 1.0 turbo 3 silinder disika buat mpv disini wkwkwk
Bbrp bulan pake produk sijuki spresso mesin k10c.. enak banget buat dalkot stop n go AC setel dingin mentok 1:15 pasti dapet. Malam2 ga pake AC bsa 1:18-20 berasa mio karbu :big_biglaugh: rasio gear enak banget napasnya panjang ga cape pindah2 gear macam xuneo fwd
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by Ibet »

lemonadelovers wrote: Wed Feb 26, 2025 12:58 Bbrp bulan pake produk sijuki spresso mesin k10c.. enak banget buat dalkot stop n go AC setel dingin mentok 1:15 pasti dapet. Malam2 ga pake AC bsa 1:18-20 berasa mio karbu :big_biglaugh: rasio gear enak banget napasnya panjang ga cape pindah2 gear macam xuneo fwd
curb weight 770kg, power 65 hp
85.6 hp/ton .. by figure biasa aja sebenernya ya om

tapi bisa irit, media ngetes diatas 20kpl pas lewatin jalan tol
linschneider
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by linschneider »

sbg user awam rebon, apa masalah geometri rodanya bs diatasi dgn impor parts (lower & upper arm) inova luar?

dan bila diterapkan bakal kerasa apa ya bedanya :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by ChZ »

lexnic wrote: Wed Feb 26, 2025 11:18

diliat kasat mata, zenix G itu bener2 gk proporsional sama skali sih. bodi gambot tapi pake velg 16 inch, blm lg soal fitur yg kopongan bgt (tanpa auto fold & rear defogger, airbag cuma 2 biji, interior plastik2an, dll).

innova reborn yg skrg msh dijual itu jga sbenernya gk layak utk ukuran standar jaman skrg, bener2 kopongan (masa immobilizer aja gk dikasih :big_biglaugh: ). pdhl harga belinya jga gk bisa dibilang murah. apa mngkin karena toyota mikirnya yg beli reborn G rata2 pake sopir jdi klo di parkiran, si sopir nungguin di dlm mobil jdi gk bakal dicuri orang..

darrelund wrote: Wed Feb 26, 2025 7:00 lah iya mbah

as of today

ribon G diesel harganya beti sama hilux single cab disel

make sense :big_biglaugh:

berarti rangga itu bisa dibilang inofa versi pickup nya :big_biglaugh:
trus msh ngide gandeng karoseri lokal buat bikin rangga versi SUV. cuma ngulangin cerita lama (pickup dijadiin mobil penumpang) kijang kotak dong. :upss:
makanya dari dulu saya emang curiga money machine nya TAM ya si rebon ini.

modal dikit banget ladder frame kan cuma modal ngebaut sasis masang mesin kelar.

new HR-V itu jadi keliatan royal dibanding innova base :upss: kalahnya cuma 1 : 5 penumpang vs 7 penumpang aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by Jenson »

ChZ wrote: Thu Feb 27, 2025 3:17
lexnic wrote: Wed Feb 26, 2025 11:18

diliat kasat mata, zenix G itu bener2 gk proporsional sama skali sih. bodi gambot tapi pake velg 16 inch, blm lg soal fitur yg kopongan bgt (tanpa auto fold & rear defogger, airbag cuma 2 biji, interior plastik2an, dll).

innova reborn yg skrg msh dijual itu jga sbenernya gk layak utk ukuran standar jaman skrg, bener2 kopongan (masa immobilizer aja gk dikasih :big_biglaugh: ). pdhl harga belinya jga gk bisa dibilang murah. apa mngkin karena toyota mikirnya yg beli reborn G rata2 pake sopir jdi klo di parkiran, si sopir nungguin di dlm mobil jdi gk bakal dicuri orang..

darrelund wrote: Wed Feb 26, 2025 7:00 lah iya mbah

as of today

ribon G diesel harganya beti sama hilux single cab disel

make sense :big_biglaugh:

berarti rangga itu bisa dibilang inofa versi pickup nya :big_biglaugh:
trus msh ngide gandeng karoseri lokal buat bikin rangga versi SUV. cuma ngulangin cerita lama (pickup dijadiin mobil penumpang) kijang kotak dong. :upss:
makanya dari dulu saya emang curiga money machine nya TAM ya si rebon ini.

modal dikit banget ladder frame kan cuma modal ngebaut sasis masang mesin kelar.

new HR-V itu jadi keliatan royal dibanding innova base :upss: kalahnya cuma 1 : 5 penumpang vs 7 penumpang aja.
Setuju sih, kalau diitung2 R&D dan rangka bangun, so far bsa dibilang HRV ini produk HPM yang masih waras harganya. Karena dibanding negara2 SEA lain masih bersaing harganya. Ga kaya Civic, CRV, Accord, d INA relative lebih pricy dari market negara tetangga
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by ChZ »

Jenson wrote: Thu Feb 27, 2025 4:15
Setuju sih, kalau diitung2 R&D dan rangka bangun, so far bsa dibilang HRV ini produk HPM yang masih waras harganya. Karena dibanding negara2 SEA lain masih bersaing harganya. Ga kaya Civic, CRV, Accord, d INA relative lebih pricy dari market negara tetangga
itu HRV itu cash cow nya HPM soalnya, klo gak laku emang dia mau andalin jualan apa brio ? :upss:

Civic CRV accord udah jadi niche products, sales yang bilang sendiri.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by lemonadelovers »

Ibet wrote: Thu Feb 27, 2025 1:49
lemonadelovers wrote: Wed Feb 26, 2025 12:58 Bbrp bulan pake produk sijuki spresso mesin k10c.. enak banget buat dalkot stop n go AC setel dingin mentok 1:15 pasti dapet. Malam2 ga pake AC bsa 1:18-20 berasa mio karbu :big_biglaugh: rasio gear enak banget napasnya panjang ga cape pindah2 gear macam xuneo fwd
curb weight 770kg, power 65 hp
85.6 hp/ton .. by figure biasa aja sebenernya ya om

tapi bisa irit, media ngetes diatas 20kpl pas lewatin jalan tol
rasio gearny yg bikin enak.. mesin kompresi tinggi jg.. d tol bawa ngebut rata2110-120km/h masih dapet 1:21 muatan 2 dewasa 3 anak dan koper ukuran besar
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Thu Feb 27, 2025 4:19
Jenson wrote: Thu Feb 27, 2025 4:15
Setuju sih, kalau diitung2 R&D dan rangka bangun, so far bsa dibilang HRV ini produk HPM yang masih waras harganya. Karena dibanding negara2 SEA lain masih bersaing harganya. Ga kaya Civic, CRV, Accord, d INA relative lebih pricy dari market negara tetangga
itu HRV itu cash cow nya HPM soalnya, klo gak laku emang dia mau andalin jualan apa brio ? :upss:

Civic CRV accord udah jadi niche products, sales yang bilang sendiri.
harusnya
harusnya yaa

krn itu cashcow, diupgrade lah drivetrain nya
AT 6 speed gtu misalnya (kyk CX3)... atau at least 5 speed tiptronic juga dah asik, kyk GE

Kurva Low rpm torquenya dinaikin, biar enak berasa responsip dalkot nya
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu Feb 27, 2025 7:07
ChZ wrote: Thu Feb 27, 2025 4:19
Jenson wrote: Thu Feb 27, 2025 4:15
Setuju sih, kalau diitung2 R&D dan rangka bangun, so far bsa dibilang HRV ini produk HPM yang masih waras harganya. Karena dibanding negara2 SEA lain masih bersaing harganya. Ga kaya Civic, CRV, Accord, d INA relative lebih pricy dari market negara tetangga
itu HRV itu cash cow nya HPM soalnya, klo gak laku emang dia mau andalin jualan apa brio ? :upss:

Civic CRV accord udah jadi niche products, sales yang bilang sendiri.
harusnya
harusnya yaa

krn itu cashcow, diupgrade lah drivetrain nya
AT 6 speed gtu misalnya (kyk CX3)... atau at least 5 speed tiptronic juga dah asik, kyk GE

Kurva Low rpm torquenya dinaikin, biar enak berasa responsip dalkot nya
honda tuh pelit sportmode doank cobain aja ni ge modal jimat monster lsg spin mulu kerjanya, padahal dari kemaren gw otak atik kenalpot sampe abis 10jt gak bisa kek gini gitu pasang itu jimat lsg galak :big_bored:

creta juga ada sportmode loh :big_bored: