oom itu udang rebon kan masih jualan... justru karna masih kuat jadi cash cow jadi masih dijual.linschneider wrote: Tue Feb 25, 2025 2:30
mantap om. ini hal yg bakal miss di mayoritas bahkan enthusias mobil sekalipun. whistleblower top![]()
sempet terbesit kenapa generasi rebon kok lifespannya pendek banget, blm 10 taon uda ganti generasi baru. apa mgkn toyota pusat diem" tahu klo ada 1 negara kena kibul cacat kongenital? krn idealisme ky gini msh ada ketemu di jepang, klo indo tipikal selama laku ky kacang goreng lanjooeet, tunggu viral or kena demo dulu br mulai pikir![]()
lgs tutupin deh dgn zenix yg sejatinya sodara kluger tp dikuepang ke lineup innova. moga2 org lupa, tp tiba2 ada yg speakup dan distributor indo tetep aj jualan.![]()
Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 659
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
yes ini juga agak aneh kenapa belum 10 tahun kok udah ganti gen padahal ini mobil penjualan selalu diatas? apakah emang cacat desain? who knows. semoga dapet titik terang. min. ada recall sih.linschneider wrote: Tue Feb 25, 2025 2:30mantap om. ini hal yg bakal miss di mayoritas bahkan enthusias mobil sekalipun. whistleblower topIya, wajib itu....demi kemanusiaan, advokasi kondisi mutu Geometri Roda produk otmotif lokal yang tidak diketahui banyak orang....jumlah mekanik nya malah lebih sedikit dari mekanik kelistrikan
Hampir semua toko ban dulu pajang SDM dgn sertifikat geometri roda dari VEDC Malang, sekarang SDM nya sudah punah....ngomong jadi gak nyambung ternyata hanya training dari vendor alat spooring
Banyak komen yg sudah saya validasi terkait suku cadang spt setir getar walau tapak disc rata....ini bisa timbul dr isu mutu steering rack assy yg juga beda dan/atau profil velg yg beda offset sehingga berdampak ke jarak pijak roda (track width) produk
Pembanding suku cadang tentu yg digunakan produk Toyota Innova di vietnam, taiwan, malaysia, filipina, india....ini kan bukan produk global, tapi produk yang didesain di Jepang utk diproduksi dan dipasarkan di pasar SEAM (south east asian market) dan Gulf countries
Tapi jangan anti produk suku cadang lokal ya sepanjang setiap suku cadang lokal mampu berprestasi sesuai Baku Mutu dan fungsinya....sebab ini bukan perang dagang, dan jangan coba2 kaitkan saya dgn antek asing
Literasi otomotif konsumennya apalagi terkait isu Geometri Roda kan sudah bisa dinilai dari rilis media, silahkan saksi ahli otomotifnya diajak aja suruh lagi bawa mobil2an F1 lalu ulangi beri contoh SAI itu spt daun pintu atau sudut rake spd motor spt dipersidangan tapi didepan kamera media
SAI produk Land Cruiser, Prado, LC500, GS350, LX600, LS600 yg semua double wishbone alias SLA sudut SAI nya berapa derajat?![]()
Fortuner yg sama-sama kelas M1 aja 12° kan?
Emang ada mobil penumpang kelas M1 sudut SAI nya 8°-10°? Cieeee...![]()
Semoga Toyota mau diskusi di hadapan publik, kan harga suku cadang dan jasa per unit sdh diketahui...jadi jika penaksiran nilai recall produk yg diproduksi Juli 2010 (saat favelift) s/d sekarang bisa diatas 6 T, lah itu proses peradilannya sarat maladministrasi gak bahaya tah?
Ada kerugian negara gak ya?
Dalam diskusi nanti saya bonusin struktur organisasi otomotif dan organ yang bertanggung jawab menyelenggarakan lini purna jual deh....tambahannya ulasan skandal 2024 itu bukan hanya kegagalan sistem kendali mutu yg memang sesuai petitum gugatan saya sejak 2022 bahwa peradilan menyatakan mereka memproduksi produk otomotif dengan cacat tersembunyi....itu verifikasinya melalui rangkaian penggerebekan kemhan jepang kan sebelum Putusan peradilan pertama![]()
Kalau produsen sama agen mau gabung silahkan nimbrung aja, biar kita gibahin si akio toyoda knp dikhianati sedemikian rupa sampai bikin geger dunia, ganjen bener![]()
sempet terbesit kenapa generasi rebon kok lifespannya pendek banget, blm 10 taon uda ganti generasi baru. apa mgkn toyota pusat diem" tahu klo ada 1 negara kena kibul cacat kongenital? krn idealisme ky gini msh ada ketemu di jepang, klo indo tipikal selama laku ky kacang goreng lanjooeet, tunggu viral or kena demo dulu br mulai pikir![]()
lgs tutupin deh dgn zenix yg sejatinya sodara kluger tp dikuepang ke lineup innova. moga2 org lupa, tp tiba2 ada yg speakup dan distributor indo tetep aj jualan.![]()
wong toyota US aja bisa kok ngganti engine v6 twinturbo langsung baru kinyis2.
Last edited by kayukayuthe5th on Tue Feb 25, 2025 9:27, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 659
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
sepakat sih ini sepemikiran ama gwa (yang awam juga)darrelund wrote: Sun Feb 23, 2025 13:23tricky jg niy kasus (sebagai org awam)
krn bisa aja dia prove dgn beli ketengan low arm spec luar, cuma beres pasti nolak pasangin, klo pasang diluar tar dibilang hangusin garansi toyota, yang balik lagi nanti di edukasi sama pemegrang merk
![]()
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
- Location: BUMI
- Daily Vehicle: Vios G
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Soluna itu Tercel rebadge om sebenarnya. Apakah bisa disebut Corolla downgrade dikit? Ya bisa aja, lha wong ada versi badge engineering Tercel yang dinamakan Corolla II kok di pasar Jepang.ChZ wrote: Mon Feb 24, 2025 4:32kemarin ada perbandingan autoshow jaman dulu... isinya celica, 3000gt, dll... sekarang... either mocin atau low grade japs car.Ibet wrote: Mon Feb 24, 2025 4:10
yup om, jaman 90an ya market lokal sini kan dapet mobil global terus
yg satu era e39, yg mobil regional nya cuman kijang dan soluna aja rasanya ..
cmiiw, pun 2 mobil itu basisnya dari mobil global jg kan ..
sisanya bahkan starlet pun kan mobil global jatohnya, yaris bakpao masih .. sampai yaris lele dimana beda sama yaris jp
honda juga sama lah, yg regional kan cuman city z aja, sampe keluar brio di 2012 .. walau kalo diliat brio ini kan turunan jazz ge8 yg saat itu produknya sendiri dah 5 taun hadir ..
after that .... downfall hahaha
memang beneran cuman buat menuhin mobility 1st car buyer aja sih, panjang juga ini kalo dirunut
by market ada kebutuhan, by regulasi juga memenuhi (yg penting bisa 1:20 kpl, plus wajib pertamax (?))
so you get sigra 1.0 lane hogger yg gamau minggir
ibarat kata mopang lokal 2000s awal itu masih adaptasi tehnologi. local content sedikit, soluna cuma slightly downgraded corolla setau saya. makanya standar kenyamannya juga ok banget buat mobil entry level masa itu.
vios 2nd gen aja rasanya beda banget dgn 3rd gen yang share dgn yaris lele... blom ngomong durability yang jauh lebih menyedihkan hahaha. jangan yang 2nd gen sama 3rd gen deh, 2nd gen tapi facelift saja eps modulenya suka ngaco. temen saya sampe takut, dijual itu vios. pdhl sebelumnya pake yaris 2005 agak lama baik2 aja.
sekarang ya buat local content bener banyak. tapi ternyata local contentnya nggak bermutu. wkwkwkwkwk.
Sebagai pemakai Vios gen 3, agak kaget juga waktu tau gen 3 itu durabilitasnya memble. Tapi yang beneran ga habis pikir, Vios gen 3 itu platformnya DOWNGRADE. Dia turun dari platform B ke platform EFC. EFC ini basisnya itu platform NBC alias platform yang sama dengan Echo punya mas Ridho Bramantio (orangnya ada disini kok). Saya ga peduli dengan nomenklatur model pasar global or whatever (karena EFC lebih layak disebut platform global kalau kita lihat ke jangkauan pasar). Tahun 2010an akhir, cuma Sienta yang tetap pake B platform. Saya jadi ngerti sih kenapa mobcin naik pamor. Omoda 5 yang dijual di Indonesia atau Malaysia ya sama persis platformnya dengan Omoda 5 yang dijual di Australia, ga dikasih platform yang lebih murah. Dulu pernah TD Yaris Cross DNGA waktu baru keluar dan saya keluarkan unek unek ke salesman yang menemani saya TD soal platformnya yang "downgrade" dibanding TNGA di Yaris Cross JDM atau negara tetangga (Negeri kangguru. Bukan negeri Jiran di utara kita). Wajar konsumen kita sudah capek dianaktirikan oleh brand.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
klo memang SAI fortuner masih on spec, inopa tidak
itu menjelaskan keheranan oe siy, kenapa fortuner jauh lebi enak buat di setir
berarti ada satu pertanyaan lagi
kenapa fortuner-hilux aman, tapi inopa malah ada error gini?
apa faktor harga? scr kan fortuner 100-200jt lebi mahal

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 659
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
nah itu om yang gatau, apakah inopa emang "sengaja" di setting? khusunya yang indo.darrelund wrote: Tue Feb 25, 2025 11:06klo memang SAI fortuner masih on spec, inopa tidak
itu menjelaskan keheranan oe siy, kenapa fortuner jauh lebi enak buat di setir
berarti ada satu pertanyaan lagi
kenapa fortuner-hilux aman, tapi inopa malah ada error gini?
apa faktor harga? scr kan fortuner 100-200jt lebi mahal![]()
moga2 om diatas dapet kejelasan dan pecerahan soal kasusnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 659
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
karena china skrg masih expanding belum scaling, makanya bisa kasih "fullspec" semua kalo udah tuh market udah tembus 4 digit stabil dibeberapa negara nah baru tuh mikir juga untuk "lokalisasi" produk + masih banyak "sisa" dari pembatasan import di negara EUKUSDLM wrote: Tue Feb 25, 2025 10:15Soluna itu Tercel rebadge om sebenarnya. Apakah bisa disebut Corolla downgrade dikit? Ya bisa aja, lha wong ada versi badge engineering Tercel yang dinamakan Corolla II kok di pasar Jepang.ChZ wrote: Mon Feb 24, 2025 4:32kemarin ada perbandingan autoshow jaman dulu... isinya celica, 3000gt, dll... sekarang... either mocin atau low grade japs car.Ibet wrote: Mon Feb 24, 2025 4:10
yup om, jaman 90an ya market lokal sini kan dapet mobil global terus
yg satu era e39, yg mobil regional nya cuman kijang dan soluna aja rasanya ..
cmiiw, pun 2 mobil itu basisnya dari mobil global jg kan ..
sisanya bahkan starlet pun kan mobil global jatohnya, yaris bakpao masih .. sampai yaris lele dimana beda sama yaris jp
honda juga sama lah, yg regional kan cuman city z aja, sampe keluar brio di 2012 .. walau kalo diliat brio ini kan turunan jazz ge8 yg saat itu produknya sendiri dah 5 taun hadir ..
after that .... downfall hahaha
memang beneran cuman buat menuhin mobility 1st car buyer aja sih, panjang juga ini kalo dirunut
by market ada kebutuhan, by regulasi juga memenuhi (yg penting bisa 1:20 kpl, plus wajib pertamax (?))
so you get sigra 1.0 lane hogger yg gamau minggir
ibarat kata mopang lokal 2000s awal itu masih adaptasi tehnologi. local content sedikit, soluna cuma slightly downgraded corolla setau saya. makanya standar kenyamannya juga ok banget buat mobil entry level masa itu.
vios 2nd gen aja rasanya beda banget dgn 3rd gen yang share dgn yaris lele... blom ngomong durability yang jauh lebih menyedihkan hahaha. jangan yang 2nd gen sama 3rd gen deh, 2nd gen tapi facelift saja eps modulenya suka ngaco. temen saya sampe takut, dijual itu vios. pdhl sebelumnya pake yaris 2005 agak lama baik2 aja.
sekarang ya buat local content bener banyak. tapi ternyata local contentnya nggak bermutu. wkwkwkwkwk.
Sebagai pemakai Vios gen 3, agak kaget juga waktu tau gen 3 itu durabilitasnya memble. Tapi yang beneran ga habis pikir, Vios gen 3 itu platformnya DOWNGRADE. Dia turun dari platform B ke platform EFC. EFC ini basisnya itu platform NBC alias platform yang sama dengan Echo punya mas Ridho Bramantio (orangnya ada disini kok). Saya ga peduli dengan nomenklatur model pasar global or whatever (karena EFC lebih layak disebut platform global kalau kita lihat ke jangkauan pasar). Tahun 2010an akhir, cuma Sienta yang tetap pake B platform. Saya jadi ngerti sih kenapa mobcin naik pamor. Omoda 5 yang dijual di Indonesia atau Malaysia ya sama persis platformnya dengan Omoda 5 yang dijual di Australia, ga dikasih platform yang lebih murah. Dulu pernah TD Yaris Cross DNGA waktu baru keluar dan saya keluarkan unek unek ke salesman yang menemani saya TD soal platformnya yang "downgrade" dibanding TNGA di Yaris Cross JDM atau negara tetangga (Negeri kangguru. Bukan negeri Jiran di utara kita). Wajar konsumen kita sudah capek dianaktirikan oleh brand.

yarcross secara powertrain mantep sih 1.5 hybrid mungkin satu2nya skrg yang bisa tembus 30kmpl effortless. cman yaitu secara chassis kok pake DNGA plus desainnya jujur agak nanggung. yah wajar aja sih skrg rumor kedepan nanti semua developna pake TNGA semua. anyway intinya sih kedepan juga manufacturer ini juga harap bisa "upgrade" pabrik ama SDM buat ngejar teknologi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
sudah dibuktikan dengan daihatsu ceria 850 cc 3 silinder 37 hp .. wkwkb0ku wrote: Mon Feb 24, 2025 5:09 YA cuma pemikiran kasar saya sih justru KEI car itu kunci wakanda lepas dari subsidi BBM masukin aja yang 660 turbo, bayangin mobil yang FCnya setara motor dan emisi rendah lagian wakanda macet mulu ngapain tenaga gede2x kalo cuma buat kaki doank mah![]()
karena mesin 660CC turbo maksa yang pake kasih bensin RON 92 MIN tapi akrena konsumsi nyaris setara motor buat mereka kemungkinan juga gak berasa![]()
dan mesin 660CC turbo dengan tuningan maen torsi bawah cukup buat libas tanjakan dimana aja![]()
SISANYA boleh tuh MPV 1.5 kasih opsi 1.0 turbo buat penumpang banyak![]()
start jual 2001, berenti jual 2006, ga lama, musuhnya kan karimun pada saat itu, 1000cc karbu yg sebenernya ga irit - irit amat juga
gatau ya kalo 660cc turbo, harusnya sih aman di 64 hp ya .. tinggal tuning down bisa nenggak ron90 aja kalo disini
mpv 1.0 turbo buat mpv kayanya belom ada juga ya om, kuat ga 1.0 turbo 3 silinder disika buat mpv disini wkwkwk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
SETEL ala diesel om low end torquenya gede di bawah pake turbo pasti tanjakan mana aja dilibas ituIbet wrote: Wed Feb 26, 2025 1:49 sudah dibuktikan dengan daihatsu ceria 850 cc 3 silinder 37 hp .. wkwk
start jual 2001, berenti jual 2006, ga lama, musuhnya kan karimun pada saat itu, 1000cc karbu yg sebenernya ga irit - irit amat juga
gatau ya kalo 660cc turbo, harusnya sih aman di 64 hp ya .. tinggal tuning down bisa nenggak ron90 aja kalo disini
mpv 1.0 turbo buat mpv kayanya belom ada juga ya om, kuat ga 1.0 turbo 3 silinder disika buat mpv disini wkwkwk

nah justru mesin turbo itu buat apus subsidi jd minimal negak 92 tapi FCnya irit kayak sigra aja tuh isi bensin cuma 400rb fulltenk pake shell

avg 10kml coba sigra pake mesin 660cc turbo

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
wajar aja memble, EFC buat Etios dipake segede Vios, lagian EFC kan targetnya India aja om, regional car ini mahDLM wrote: Tue Feb 25, 2025 10:15 Soluna itu Tercel rebadge om sebenarnya. Apakah bisa disebut Corolla downgrade dikit? Ya bisa aja, lha wong ada versi badge engineering Tercel yang dinamakan Corolla II kok di pasar Jepang.
Sebagai pemakai Vios gen 3, agak kaget juga waktu tau gen 3 itu durabilitasnya memble. Tapi yang beneran ga habis pikir, Vios gen 3 itu platformnya DOWNGRADE. Dia turun dari platform B ke platform EFC. EFC ini basisnya itu platform NBC alias platform yang sama dengan Echo punya mas Ridho Bramantio (orangnya ada disini kok). Saya ga peduli dengan nomenklatur model pasar global or whatever (karena EFC lebih layak disebut platform global kalau kita lihat ke jangkauan pasar). Tahun 2010an akhir, cuma Sienta yang tetap pake B platform. Saya jadi ngerti sih kenapa mobcin naik pamor. Omoda 5 yang dijual di Indonesia atau Malaysia ya sama persis platformnya dengan Omoda 5 yang dijual di Australia, ga dikasih platform yang lebih murah. Dulu pernah TD Yaris Cross DNGA waktu baru keluar dan saya keluarkan unek unek ke salesman yang menemani saya TD soal platformnya yang "downgrade" dibanding TNGA di Yaris Cross JDM atau negara tetangga (Negeri kangguru. Bukan negeri Jiran di utara kita). Wajar konsumen kita sudah capek dianaktirikan oleh brand.
biasa kan dibalik, platform mobil gede dijadiin mobil kecil
mobcin logicnya yg saya tangkep gampang aja
bikin volume gede (1 jt++ unit per part) + subsidi maximal dari gov buat tooling (dies, mold,etc) machine (stamping, cnc, alu & resin inject)
tambah lagi local gov lagi gencar kasih subsidi mobil listrik
resep nikmat mobil murah sih itu
toh disini tinggal ttd mau bikin pabrik moblis + localized battery aja udah dapet kok local gov subsidize

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
by feeling saja vios / yaris gen 3 (lele) itu emang kayak.... cheaper. ini bahkan by feeling worse dari GK5 yang udah cheap, secara konsep udah acak-acakan juga mesin 1500cc 1NZ purba dimasukin body sebesar itu...DLM wrote: Tue Feb 25, 2025 10:15
Soluna itu Tercel rebadge om sebenarnya. Apakah bisa disebut Corolla downgrade dikit? Ya bisa aja, lha wong ada versi badge engineering Tercel yang dinamakan Corolla II kok di pasar Jepang.
Sebagai pemakai Vios gen 3, agak kaget juga waktu tau gen 3 itu durabilitasnya memble. Tapi yang beneran ga habis pikir, Vios gen 3 itu platformnya DOWNGRADE. Dia turun dari platform B ke platform EFC. EFC ini basisnya itu platform NBC alias platform yang sama dengan Echo punya mas Ridho Bramantio (orangnya ada disini kok). Saya ga peduli dengan nomenklatur model pasar global or whatever (karena EFC lebih layak disebut platform global kalau kita lihat ke jangkauan pasar). Tahun 2010an akhir, cuma Sienta yang tetap pake B platform. Saya jadi ngerti sih kenapa mobcin naik pamor. Omoda 5 yang dijual di Indonesia atau Malaysia ya sama persis platformnya dengan Omoda 5 yang dijual di Australia, ga dikasih platform yang lebih murah. Dulu pernah TD Yaris Cross DNGA waktu baru keluar dan saya keluarkan unek unek ke salesman yang menemani saya TD soal platformnya yang "downgrade" dibanding TNGA di Yaris Cross JDM atau negara tetangga (Negeri kangguru. Bukan negeri Jiran di utara kita). Wajar konsumen kita sudah capek dianaktirikan oleh brand.
yaris cross sekarang by feeling cuma kayak slightly bigger raize. disetir ya kayak bawa raize pake velg lebar.
si T ini penyakit sama kek 3 berlian, berusaha keras meyakinkan kita pake nama besar yaris (atau mirage / pajero kalo di 3 berlian).
padahal itu whole different car.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
apa nggak curiga kenapa innova base model bisa harganya sama dengan HR-Vdarrelund wrote: Tue Feb 25, 2025 11:06 klo memang SAI fortuner masih on spec, inopa tidak
itu menjelaskan keheranan oe siy, kenapa fortuner jauh lebi enak buat di setir
berarti ada satu pertanyaan lagi
kenapa fortuner-hilux aman, tapi inopa malah ada error gini?
apa faktor harga? scr kan fortuner 100-200jt lebi mahal![]()

termasuk zenix yang sekarang , kasat mata aja pada protes apalagi yang gak kasat mata

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
lah iya mbahChZ wrote: Wed Feb 26, 2025 3:36
apa nggak curiga kenapa innova base model bisa harganya sama dengan HR-V![]()
termasuk zenix yang sekarang , kasat mata aja pada protes apalagi yang gak kasat mata![]()
as of today
ribon G diesel harganya beti sama hilux single cab disel
make sense

berarti rangga itu bisa dibilang inofa versi pickup nya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
balik lagi om cek aja komponen kaki2x macem arm crossmember dll kalo shock biasa sama aja tuh rangga innova fortuner cuma kalo ud maen crossmember arm saya cek si barangnya beda2xdarrelund wrote: Wed Feb 26, 2025 7:00lah iya mbahChZ wrote: Wed Feb 26, 2025 3:36
apa nggak curiga kenapa innova base model bisa harganya sama dengan HR-V![]()
termasuk zenix yang sekarang , kasat mata aja pada protes apalagi yang gak kasat mata![]()
as of today
ribon G diesel harganya beti sama hilux single cab disel
make sense![]()
berarti rangga itu bisa dibilang inofa versi pickup nya![]()

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
diliat kasat mata, zenix G itu bener2 gk proporsional sama skali sih. bodi gambot tapi pake velg 16 inch, blm lg soal fitur yg kopongan bgt (tanpa auto fold & rear defogger, airbag cuma 2 biji, interior plastik2an, dll).ChZ wrote: Wed Feb 26, 2025 3:36apa nggak curiga kenapa innova base model bisa harganya sama dengan HR-Vdarrelund wrote: Tue Feb 25, 2025 11:06 klo memang SAI fortuner masih on spec, inopa tidak
itu menjelaskan keheranan oe siy, kenapa fortuner jauh lebi enak buat di setir
berarti ada satu pertanyaan lagi
kenapa fortuner-hilux aman, tapi inopa malah ada error gini?
apa faktor harga? scr kan fortuner 100-200jt lebi mahal![]()
![]()
termasuk zenix yang sekarang , kasat mata aja pada protes apalagi yang gak kasat mata![]()
innova reborn yg skrg msh dijual itu jga sbenernya gk layak utk ukuran standar jaman skrg, bener2 kopongan (masa immobilizer aja gk dikasih

trus msh ngide gandeng karoseri lokal buat bikin rangga versi SUV. cuma ngulangin cerita lama (pickup dijadiin mobil penumpang) kijang kotak dong.darrelund wrote: Wed Feb 26, 2025 7:00 lah iya mbah
as of today
ribon G diesel harganya beti sama hilux single cab disel
make sense![]()
berarti rangga itu bisa dibilang inofa versi pickup nya![]()

4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
toyota pinter, sejak dulu kan, lower trim yg dicopotin itu part mahal beneran. sampe sekarang OVRM folding motor set itu tembus jutaan sebiji, belum lagi tombolnya. apalagi immobilizer. mendingan kasihin alarm saja, toh yg pake driver atau mentok jatah kantor, yg penting gelinding.lexnic wrote: Wed Feb 26, 2025 11:18 diliat kasat mata, zenix G itu bener2 gk proporsional sama skali sih. bodi gambot tapi pake velg 16 inch, blm lg soal fitur yg kopongan bgt (tanpa auto fold & rear defogger, airbag cuma 2 biji, interior plastik2an, dll).
innova reborn yg skrg msh dijual itu jga sbenernya gk layak utk ukuran standar jaman skrg, bener2 kopongan (masa immobilizer aja gk dikasih). pdhl harga belinya jga gk bisa dibilang murah. apa mngkin karena toyota mikirnya yg beli reborn G rata2 pake sopir jdi klo di parkiran, si sopir nungguin di dlm mobil jdi gk bakal dicuri orang..

kayanya mengakomodir pecinta gerobak sayur diesel ngebul yang kekurangan hormon maskulinitas, biar tambah gagah kayak pake american truck.
trus msh ngide gandeng karoseri lokal buat bikin rangga versi SUV. cuma ngulangin cerita lama (pickup dijadiin mobil penumpang) kijang kotak dong.![]()

utilisasi pabrikan juga kapan lagi bisa abisin stok mesin 2GD tinggal colok ke stok rangka reborn

kalau yang butuh light truck beneran ya anehlah liat overhang bak sepanjang itu, masa iya tengahnya bak langsung diatas roda.

auto ga bisa ODOL pula

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Bbrp bulan pake produk sijuki spresso mesin k10c.. enak banget buat dalkot stop n go AC setel dingin mentok 1:15 pasti dapet. Malam2 ga pake AC bsa 1:18-20 berasa mio karbuIbet wrote: Wed Feb 26, 2025 1:49sudah dibuktikan dengan daihatsu ceria 850 cc 3 silinder 37 hp .. wkwkb0ku wrote: Mon Feb 24, 2025 5:09 YA cuma pemikiran kasar saya sih justru KEI car itu kunci wakanda lepas dari subsidi BBM masukin aja yang 660 turbo, bayangin mobil yang FCnya setara motor dan emisi rendah lagian wakanda macet mulu ngapain tenaga gede2x kalo cuma buat kaki doank mah![]()
karena mesin 660CC turbo maksa yang pake kasih bensin RON 92 MIN tapi akrena konsumsi nyaris setara motor buat mereka kemungkinan juga gak berasa![]()
dan mesin 660CC turbo dengan tuningan maen torsi bawah cukup buat libas tanjakan dimana aja![]()
SISANYA boleh tuh MPV 1.5 kasih opsi 1.0 turbo buat penumpang banyak![]()
start jual 2001, berenti jual 2006, ga lama, musuhnya kan karimun pada saat itu, 1000cc karbu yg sebenernya ga irit - irit amat juga
gatau ya kalo 660cc turbo, harusnya sih aman di 64 hp ya .. tinggal tuning down bisa nenggak ron90 aja kalo disini
mpv 1.0 turbo buat mpv kayanya belom ada juga ya om, kuat ga 1.0 turbo 3 silinder disika buat mpv disini wkwkwk

Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
curb weight 770kg, power 65 hplemonadelovers wrote: Wed Feb 26, 2025 12:58 Bbrp bulan pake produk sijuki spresso mesin k10c.. enak banget buat dalkot stop n go AC setel dingin mentok 1:15 pasti dapet. Malam2 ga pake AC bsa 1:18-20 berasa mio karburasio gear enak banget napasnya panjang ga cape pindah2 gear macam xuneo fwd
85.6 hp/ton .. by figure biasa aja sebenernya ya om
tapi bisa irit, media ngetes diatas 20kpl pas lewatin jalan tol
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
sbg user awam rebon, apa masalah geometri rodanya bs diatasi dgn impor parts (lower & upper arm) inova luar?
dan bila diterapkan bakal kerasa apa ya bedanya
dan bila diterapkan bakal kerasa apa ya bedanya

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
makanya dari dulu saya emang curiga money machine nya TAM ya si rebon ini.lexnic wrote: Wed Feb 26, 2025 11:18
diliat kasat mata, zenix G itu bener2 gk proporsional sama skali sih. bodi gambot tapi pake velg 16 inch, blm lg soal fitur yg kopongan bgt (tanpa auto fold & rear defogger, airbag cuma 2 biji, interior plastik2an, dll).
innova reborn yg skrg msh dijual itu jga sbenernya gk layak utk ukuran standar jaman skrg, bener2 kopongan (masa immobilizer aja gk dikasih). pdhl harga belinya jga gk bisa dibilang murah. apa mngkin karena toyota mikirnya yg beli reborn G rata2 pake sopir jdi klo di parkiran, si sopir nungguin di dlm mobil jdi gk bakal dicuri orang..
trus msh ngide gandeng karoseri lokal buat bikin rangga versi SUV. cuma ngulangin cerita lama (pickup dijadiin mobil penumpang) kijang kotak dong.darrelund wrote: Wed Feb 26, 2025 7:00 lah iya mbah
as of today
ribon G diesel harganya beti sama hilux single cab disel
make sense![]()
berarti rangga itu bisa dibilang inofa versi pickup nya![]()
![]()
modal dikit banget ladder frame kan cuma modal ngebaut sasis masang mesin kelar.
new HR-V itu jadi keliatan royal dibanding innova base

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
Setuju sih, kalau diitung2 R&D dan rangka bangun, so far bsa dibilang HRV ini produk HPM yang masih waras harganya. Karena dibanding negara2 SEA lain masih bersaing harganya. Ga kaya Civic, CRV, Accord, d INA relative lebih pricy dari market negara tetanggaChZ wrote: Thu Feb 27, 2025 3:17makanya dari dulu saya emang curiga money machine nya TAM ya si rebon ini.lexnic wrote: Wed Feb 26, 2025 11:18
diliat kasat mata, zenix G itu bener2 gk proporsional sama skali sih. bodi gambot tapi pake velg 16 inch, blm lg soal fitur yg kopongan bgt (tanpa auto fold & rear defogger, airbag cuma 2 biji, interior plastik2an, dll).
innova reborn yg skrg msh dijual itu jga sbenernya gk layak utk ukuran standar jaman skrg, bener2 kopongan (masa immobilizer aja gk dikasih). pdhl harga belinya jga gk bisa dibilang murah. apa mngkin karena toyota mikirnya yg beli reborn G rata2 pake sopir jdi klo di parkiran, si sopir nungguin di dlm mobil jdi gk bakal dicuri orang..
trus msh ngide gandeng karoseri lokal buat bikin rangga versi SUV. cuma ngulangin cerita lama (pickup dijadiin mobil penumpang) kijang kotak dong.darrelund wrote: Wed Feb 26, 2025 7:00 lah iya mbah
as of today
ribon G diesel harganya beti sama hilux single cab disel
make sense![]()
berarti rangga itu bisa dibilang inofa versi pickup nya![]()
![]()
modal dikit banget ladder frame kan cuma modal ngebaut sasis masang mesin kelar.
new HR-V itu jadi keliatan royal dibanding innova basekalahnya cuma 1 : 5 penumpang vs 7 penumpang aja.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
itu HRV itu cash cow nya HPM soalnya, klo gak laku emang dia mau andalin jualan apa brio ?Jenson wrote: Thu Feb 27, 2025 4:15
Setuju sih, kalau diitung2 R&D dan rangka bangun, so far bsa dibilang HRV ini produk HPM yang masih waras harganya. Karena dibanding negara2 SEA lain masih bersaing harganya. Ga kaya Civic, CRV, Accord, d INA relative lebih pricy dari market negara tetangga

Civic CRV accord udah jadi niche products, sales yang bilang sendiri.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
rasio gearny yg bikin enak.. mesin kompresi tinggi jg.. d tol bawa ngebut rata2110-120km/h masih dapet 1:21 muatan 2 dewasa 3 anak dan koper ukuran besarIbet wrote: Thu Feb 27, 2025 1:49curb weight 770kg, power 65 hplemonadelovers wrote: Wed Feb 26, 2025 12:58 Bbrp bulan pake produk sijuki spresso mesin k10c.. enak banget buat dalkot stop n go AC setel dingin mentok 1:15 pasti dapet. Malam2 ga pake AC bsa 1:18-20 berasa mio karburasio gear enak banget napasnya panjang ga cape pindah2 gear macam xuneo fwd
85.6 hp/ton .. by figure biasa aja sebenernya ya om
tapi bisa irit, media ngetes diatas 20kpl pas lewatin jalan tol
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12528
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
harusnyaChZ wrote: Thu Feb 27, 2025 4:19itu HRV itu cash cow nya HPM soalnya, klo gak laku emang dia mau andalin jualan apa brio ?Jenson wrote: Thu Feb 27, 2025 4:15
Setuju sih, kalau diitung2 R&D dan rangka bangun, so far bsa dibilang HRV ini produk HPM yang masih waras harganya. Karena dibanding negara2 SEA lain masih bersaing harganya. Ga kaya Civic, CRV, Accord, d INA relative lebih pricy dari market negara tetangga![]()
Civic CRV accord udah jadi niche products, sales yang bilang sendiri.
harusnya yaa
krn itu cashcow, diupgrade lah drivetrain nya
AT 6 speed gtu misalnya (kyk CX3)... atau at least 5 speed tiptronic juga dah asik, kyk GE
Kurva Low rpm torquenya dinaikin, biar enak berasa responsip dalkot nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens
honda tuh pelit sportmode doank cobain aja ni ge modal jimat monster lsg spin mulu kerjanya, padahal dari kemaren gw otak atik kenalpot sampe abis 10jt gak bisa kek gini gitu pasang itu jimat lsg galakSuryaputra wrote: Thu Feb 27, 2025 7:07harusnyaChZ wrote: Thu Feb 27, 2025 4:19itu HRV itu cash cow nya HPM soalnya, klo gak laku emang dia mau andalin jualan apa brio ?Jenson wrote: Thu Feb 27, 2025 4:15
Setuju sih, kalau diitung2 R&D dan rangka bangun, so far bsa dibilang HRV ini produk HPM yang masih waras harganya. Karena dibanding negara2 SEA lain masih bersaing harganya. Ga kaya Civic, CRV, Accord, d INA relative lebih pricy dari market negara tetangga![]()
Civic CRV accord udah jadi niche products, sales yang bilang sendiri.
harusnya yaa
krn itu cashcow, diupgrade lah drivetrain nya
AT 6 speed gtu misalnya (kyk CX3)... atau at least 5 speed tiptronic juga dah asik, kyk GE
Kurva Low rpm torquenya dinaikin, biar enak berasa responsip dalkot nya

creta juga ada sportmode loh
