t105erd wrote: ↑Wed Feb 14, 2024 14:24
esaka wrote: ↑Wed Feb 14, 2024 13:22
Gileee, ada oli keraton dan selain itu banyak oli kelas menengah.
Ada common denominator mengapa sampe merk keraton yg API SN masih dirasa kurang.
Yep. Bensinnya masih pake Pertalite.
Percayalah, bensin seperti itu akan membuat oli keraton jadi serasa Meditran SC.
Pertamax aja kalau berdasarkan hasil investigasi suhu Turboman, kualitasnya termasuk
1 bar below par kok dibanding kompetitornya.
Tapi namanya butt-o-meter tiap orang ya emang beda.
Saya pake pertalite, PTT Dynamic Commonrail 5w-30 aja jadi beda tipis ama DelvacMX. (Saya penganut aliran sesat, apapun boilnya pakenya wajib HDEO)
Wah ada lagi ini aliran kepercayaan baru warga SM
kalo di motor yamaha bebek saya sih emang udah sering pakai shell rimula
Sebenarnya bukan aliran baru di SM om...
Suhu GajahTerbang alias Turboman itu dulu juga jadi edukator sepuh di kaskus trit oli sesat...
PCMO ama HDEO di lokalan sini spek-nya sama dengan spek global, jadinya ya lebih superior daripada MCO (Motor Cycle Oil) kayak MPX, Castrol, dan YLube. MCO di luar negeri tuh malah lebih murah dengan spek yg mirip ama PCMO, makanya kadang di luaran ada aliran sesat pake oli motor buat mobil.
Buat penghuni baru SM yg kebetulan baca posting ini, saya mau berbagi info terkait oli mesin yg masih saya ingat dari postingan lama suhu Turbo :
>>Penguapan oli tidak selamanya karena olinya jelek. Karakter mesin cukup menentukan, contohnya di mesin-mesin motor Yamaha dan BMW.
>>Inreyen mesin dengan oli sembarangan bisa bikin enjin jadi vampir oli. Terlebih jika mesinnya pake teknologi coating khusus kayak SCAM eh SCEM, Diasil, Nikasil, dll disarankan pake oli dengan kandungan Mo (Molybdenum) yg cukup.
>>Mesin tradisional yg masih pake boring silinder dari baja merupakan mesin yg gak pilih-pilih oli tapi kalau pake PCMO/HDEO akan sangat membantu peningkatan kehalusan mesin, tingkat penguapan oli hingga pengiritan biaya.
>>Kalau dengan oli sekarang kok dirasa masih banyak penguapan, coba pake HDEO (Heavy Duty Engine Oil) dulu alias oli buat mesin diesel yg memang dirancang tahan penguapan. Biasanya sih penguapan akan terobati. Tapi kalau nggak terobati juga ya kemungkinannya antara mesinnya emang gitu atau udah saatnya overhaul enjin.
Sejauh ini saya baru pernah pake PCMO Pertamina Fastron Techno 10w-40. Itupun di motor harian dan hanya sekali.
Setelahnya ya cuma pake HDEO dengan alasan harga HDEO ritel lebih murah daripada PCMO sekelas Fastron.