Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
evanbngdor wrote: Mon Jan 20, 2020 3:35
IMHO bukan masalah jumlah gear nya sih Om, tp final gear ratio nya.
Innova saya M/T 5 speed tp ratio final gear nya kasar, Gear 5 speed 150 itu udah redline, mentok limiter. Jalan speed 100 aja RPM nya udah 3000an, Mentok limiter di 4500.
CRV saya M/T 6 speed jg ratio final gear nya agak kasar, Jalan speed 100 itu RPM 2800an gear 6. Masih jauh lebih rendah CRV Turbo CVT, atau bahkan CRV A/T 5 speed biasa sekalipun
oh msh tinggi ya rpm gigi 6 nya .... kirain dibawah 2000 rpm @ 100 kph
berarti tol msh enak cvt ya, kl pegunungan tetep enak manual
Enak apanya dulu nih, buat selap-selip di tol tetep enakan manual sih, instan tenaganya. Tinggal kita atur aja mainin di torsi maksimum kalo manual
Tp ngga mesti juga manual lebih enak buat pegunungan sih. Matik kalo torsi&tenaga gede jg effortless aja pasti dibawa ke pegunungan.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote: Mon Jan 20, 2020 7:03
Enak apanya dulu nih, buat selap-selip di tol tetep enakan manual sih, instan tenaganya. Tinggal kita atur aja mainin di torsi maksimum kalo manual
Tp ngga mesti juga manual lebih enak buat pegunungan sih. Matik kalo torsi&tenaga gede jg effortless aja pasti dibawa ke pegunungan.
ya bener....
hrs test drive berarti ya krn combo engine-trans beda2 hasilnya
evanbngdor wrote: Mon Jan 20, 2020 7:03
Enak apanya dulu nih, buat selap-selip di tol tetep enakan manual sih, instan tenaganya. Tinggal kita atur aja mainin di torsi maksimum kalo manual
Tp ngga mesti juga manual lebih enak buat pegunungan sih. Matik kalo torsi&tenaga gede jg effortless aja pasti dibawa ke pegunungan.
ya bener....
hrs test drive berarti ya krn combo engine-trans beda2 hasilnya
in some cases apalagi mobil bensin yang karakter torsi maks di rpm cukup tinggi... CVT perasaan saya paling enak buat nanjak-nanjak asal CVTnya gak bego
pengalaman di 2 mobil berbeda dgn figur bobot mirip 1nya CVT 1nya 5AT (honda civic FB v HRV Prestige)... buat nanjak lbh enak HRV butuh momentum tinggal gas naiknya langsung enak, FB buat nanjak masih shifting-shifting terus jd sering kehilangan momentum kalo gak dibantu paddle shift... ini kalo CVTnya pinter ya...
sm4 wrote: Fri Jan 17, 2020 14:35
Kalau saya sih pilih M/T dengan gigi banyak. Minimal 5 atau 6:mky_08:
Toh buat tol, ga bakal sering pindah2 gigi ini..saya crusing di toll max 90-100 ga pernah lebih..itu juga liat2 rambu..boleh max kecepatan brapa.
Cuma pernah sekali pas bawa honda sm4 di cipali, ga nyadar udah 140.. lupa si RPM di angka berapa..suara mesin ga terdengar jerit soalnya. hahahha..
M/T lebih peace of mind buat saya.
Tapi kalau dipake harian juga di dalkot Jakarta atau kota2 yang ada macet2nya..memang mending A/T atau CVT sih.
IMHO bukan masalah jumlah gear nya sih Om, tp final gear ratio nya.
Innova saya M/T 5 speed tp ratio final gear nya kasar, Gear 5 speed 150 itu udah redline, mentok limiter. Jalan speed 100 aja RPM nya udah 3000an, Mentok limiter di 4500.
CRV saya M/T 6 speed jg ratio final gear nya agak kasar, Jalan speed 100 itu RPM 2800an gear 6. Masih jauh lebih rendah CRV Turbo CVT, atau bahkan CRV A/T 5 speed biasa sekalipun
Betul sekali om. Maaf, saya kira makin banyak gear, makin rendah tu RPM. Ternyata belum tentu yak.
Tadi di solo-jogja coba liat rpm di gigi 5, di GNA
kalau RPM 2000 di gigi 5 dapat speed 60km/h naik sedikit (satu apa dua strip saja)
kalau di 80 km/h, gigi 5 dah antara 2000 ma 3000 (mungkin sekitaran 2500)
evanbngdor wrote: Mon Jan 20, 2020 7:03
Enak apanya dulu nih, buat selap-selip di tol tetep enakan manual sih, instan tenaganya. Tinggal kita atur aja mainin di torsi maksimum kalo manual
Tp ngga mesti juga manual lebih enak buat pegunungan sih. Matik kalo torsi&tenaga gede jg effortless aja pasti dibawa ke pegunungan.
ya bener....
hrs test drive berarti ya krn combo engine-trans beda2 hasilnya
in some cases apalagi mobil bensin yang karakter torsi maks di rpm cukup tinggi... CVT perasaan saya paling enak buat nanjak-nanjak asal CVTnya gak bego
pengalaman di 2 mobil berbeda dgn figur bobot mirip 1nya CVT 1nya 5AT (honda civic FB v HRV Prestige)... buat nanjak lbh enak HRV butuh momentum tinggal gas naiknya langsung enak, FB buat nanjak masih shifting-shifting terus jd sering kehilangan momentum kalo gak dibantu paddle shift... ini kalo CVTnya pinter ya...
kalau mobilio cvt pie om Chz? buat tol? dari duluu tertarik bentuknya yg mirip2 wagon (sama grand livina, tapi dah diganti model ma nissan )
dah pengin ambil..tapi baca2 review om Chz soal rattle2 di mobil honda2 yang mahal..jadi ragu..kalau yg mahal2 aja rattle, pa lagi yang kelas di bawanya
saya paling ndak suka rattle soalnya..hampir tiap service rutin ke nasmoco selalu ngeluh rattle..untung sih sejauh ini mereka bisa beresin tu bunyi2 misterius..jadi dah lumayan senyap tu GNA.
sm4 wrote: Mon Jan 20, 2020 9:55
kalau mobilio cvt pie om Chz? buat tol? dari duluu tertarik bentuknya yg mirip2 wagon (sama grand livina, tapi dah diganti model ma nissan )
dah pengin ambil..tapi baca2 review om Chz soal rattle2 di mobil honda2 yang mahal..jadi ragu..kalau yg mahal2 aja rattle, pa lagi yang kelas di bawanya
saya paling ndak suka rattle soalnya..hampir tiap service rutin ke nasmoco selalu ngeluh rattle..untung sih sejauh ini mereka bisa beresin tu bunyi2 misterius..jadi dah lumayan senyap tu GNA.
untung-untungan sih um kalau dapet yang bagus ya gak rattle
unit CBU (Civic, Accord, City) lebih cenderung bebas rattle ketimbang CKD (Brio/Mobilio/BRV, Jazz, HRV, CRV). kelas Mobilio besar kemungkinan rattle di pemakaian yang agak lama biarpun kalo masih baru relatif senyap
cuma kalo soal ride ke luar kota untuk kelas 1.5L jagonya sih.... enak bgt bahkan dibanding SX4 yang kelasnya di atas...
Pengalaman nguli yang harus sering luar kota dan kadang lewat tol yang panjang.
Pakai anki 2.0 MT enak buat nanjak2 di gunung kayak dieng, lembang, kopeng, namun jadi pengen pakai lagi CRV RM 2.0 matik + cruise control kalau pas mengarungi tol transjawa.
Kalau rpm di kecepatan 100 km/jam memang rata2 mobil manual sekitar 3000an. Dl pernah pakai Xtrail 2.0 MT jg sekitar 2800an rpm
rencana rute trans jawanya sendirian atau rame2 om? kalau rame2 jgn xpander. terlalu empuk n lega. nanti ditinggal ditidur sama yg lain...... masih enak avanza. temen meleknya banyak..... belom lagi krn body gede, titipan jadi banyak........
Sorry late reply, abis dapat dinas luar daerah selama kurleb 1.5 bulan terakhir..
Saya udah baca2 komennya satu persatu, mohon maaf sekali tidak bisa reply satu persatu juga..
Kemarin pas sampe di bandara, dijemput sama saudara pakai Honda brv prestige cvt terbaru, ternyata ini mobil enak juga ya.. dan harga juga mepet2 gk5.. cuma minus cruise control sih menurut saya..
Sorry late reply, abis dapat dinas luar daerah selama kurleb 1.5 bulan terakhir..
Saya udah baca2 komennya satu persatu, mohon maaf sekali tidak bisa reply satu persatu juga..
Kemarin pas sampe di bandara, dijemput sama saudara pakai Honda brv prestige cvt terbaru, ternyata ini mobil enak juga ya.. dan harga juga mepet2 gk5.. cuma minus cruise control sih menurut saya..
Mungkin ada yg pernah piara model ini? Thank you
Enak kok, diskon juga gede. Yang penting, safety feature lengkap, ada VSC, HSA.