permisi om dan suhu sekalian, ane newbie minta ijin nambain review.. nav1 V lux at black..
setelah pemakaian dari feb2014-sekarang, odo 8277, suka duka yang ane rasakan..
+ FC saya nilai irit dikelasnya. saya pernah bawa biante dan serena c24 rute luar kota dan belum seirit si nav ini. sebagai weekend car dengan penumpang 1-2 org, perhitungan full to full dapat 10,5-10,9km/l rute kombinasi serpong-jakarta. dari kluar showroom sampai dengan 5000km saya pakai campur ron88.. dan sampai sekarang pakai ron92 sesekali vpower kalau lagi ada promo. Avg di mid tercatat 12,3-12,4km/l. mesin 3zrfae ini juga premiumable. saya tidak pernah nemuin gejala knocking sama sekali waktu pakai ron88 hanya memang respon mesin dan FC cukup terasa peningkatannnya sejak pakai 92.
+ storage compartment banyak berceceran tersebar dari row1-3. saya sangat suka tempat penyimpenan dibawah lantai bagasi belakang. saya bisa muat sampai 3 tas camping backpack didalam sana. plus kalau lagi keluar kota dan beli oleh2 makanan juga saya taruh disana. lumayan mobi jadi gak bau makanan.
+ fastmoving part murah meriah. saya 2x ganti oli sendiri di km2500 pake oli mineral murmer idemitsu eco 10w30 dan di 5000km pake AMSoil 0w30. filter oli selalu sy ganti dan maharnya cuma 30rban sj di beres. dalem paketnya yg madeinthailand berisi cartridge aja yg berbahan kertas+seal karet rumah filternya. yang aneh saya pernah searching di DTMF..toko sparepart toyota disana pada jual 100k++

oya buat yang mau ganti filter sendiri siapin oil filter wrench ukuran 67mm. kalo gak salah ukuran ini sama kayak punya avanza? CMIIW. dan betul seperti kata om newrumble dipost sebelumnya,filter udara sama persis punya yaris. again, perawatan rutin mobil ini jadi makin murah
+ easy to drive. si nav ini terlihat besar karna tingginya yg sampe 1850mm.. sedikit lebih tinggi dari pajero sport yang mnrt web KTB 1840mm. lebar mobil ini berdasarkan manual book juga cuma 1695mm...sama lebarnya dengan freed dan ge8 (1695 & 1694mm). komposisi yang ramping ini bikin mobil mudah aja berkelana waktu macet atau keluar masuk gang sempit. tapi konsekuensinya dari belakang mobil kliatan culun banget karna kutilang..kurus tinggi langsing
- rattling di kisi ac kiri depan. udah bolak balik beres dibongkar laci atas bawah dan panel tengah dashboard tetep aja rattling. ternyata ane nemuin ternyata kisi ac yang bunyi. sampe sekarang ga tau gimana cara bongkarnya... solusinya kalo mulai rattling diteken teken dikit.. dan beberapa detik kmudian bunyi lagi
- EPS gampang ngosngosan. ane rasain gejala ini kalau kita lagi in very tight parking space yang mengharuskan maju mundur dan roda diputer berkali kali. setelah 2-3x puteran besar si eps kaya kecapean. setir jadi smakin berat. sudah pernah klaim dan baca di buku manual tertulis juga emang itu eps kalo dipake banyak putaran secara cepat bakalan engap dan kalo diterusin akhirnya dia ngaso..mungkin masuk safemode daripada rusak kepanasan. gak tau eps nav emang seperti itu atau punya ane aja yg masalah. yang jelas ane gak mengalami hal ini di eps yaris atau freed
- lokasi ban serep space saver di bawah pintu kiri depan. dudukannya mirip2 avanza. mungkin toyota lebih pilih maksimalin bagasi dengan bikin ruang dibawah lantai blakang dan menggusur ban serep. di Jepang sono mungkin cocok...tapi disini,sudah beberapa kali ban serep itu gesrot di poldur yang tinggi. kekurangan lainnya penggantian ban kempes dipinggir jalan bakalan jadi peer apalagi kalau dipinggir jalan yang ada trotoarnya. lokasi ban cadangan disana mengharuskan kita nyiapin space cukup disebelah kiri supaya kita bisa jongkok/berlutut untuk ngeluarin ban dari rumahnya.
kelar ganti ban trus siap gas pol lagi? belum! jangan lupakan ban yang kempes.. ane sudah coba praktek masukin ban normal 195/65 R15 ini ke dudukan ban serep,dan hasilnya nihil..nggak muat. untuk masalah ini toyota berbaik hati untuk memberikan sebuah kantong khusus supaya ban yang kempes itu bisa ditaruh dibagasi dengan cara diikat ke headrest bangku row3 tanpa mengotori interior. tapi gimana kalau mobil full loaded orang+barang?? 1 penumpang harus rela pangku ban kempes sepanjang jalan.. well done toyota..
sekian review dari ane. mohon maaf kalo jadi curhat
