Shell V-Power
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Shell V-Power
ini cuplikan lagi :
The use of octane grades higher than your vehicle actually requires will cost the motorist more, cost the country more and have a negative environmental impact. At the same time, there will be no additional benefit to the drivability or performance of the vehicle.
( https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q ... o5-3T31MxQ )
The use of octane grades higher than your vehicle actually requires will cost the motorist more, cost the country more and have a negative environmental impact. At the same time, there will be no additional benefit to the drivability or performance of the vehicle.
( https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q ... o5-3T31MxQ )
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Shell V-Power
kesimpulannya :
Penggunaan bbm dng oktan lebih tinggi dari yg direkomen atau di atas range angka kompresi mesin, akibatnya :
- tidak membuat performa mesin meningkat
- membuat dompet cepet kosong
- membuat mesin cenderung berkerak karna proses pembakaran bensin yg tidak tuntas
Penggunaan bbm dng oktan lebih tinggi dari yg direkomen atau di atas range angka kompresi mesin, akibatnya :
- tidak membuat performa mesin meningkat
- membuat dompet cepet kosong
- membuat mesin cenderung berkerak karna proses pembakaran bensin yg tidak tuntas
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Shell V-Power
@JESOKONENG
oke om. Thx info2nya
Ntar ane balik lagi deh ke oktan 92 sesuai buku manualnya (oktan >91)
Ntar pas 20rb KM coba ane carbon clean. Ini ane mo nyobain ITU dulu kalo pas di tol
@mod imsus
Waktu dipake temen ane yg gigi 4 kecepatan rendah itu, kecepatan cuma 40 kpj om tapi pake gigi 4
Nah perasaan ane gara2 dipake temen ane itu makanya mesin jadi berkerak gara2 mesin low RPM parah. Tapi cuma bentar doang sih dia nyetirnya. Ngaruh ga ya kira2??
oke om. Thx info2nya

Ntar ane balik lagi deh ke oktan 92 sesuai buku manualnya (oktan >91)
Ntar pas 20rb KM coba ane carbon clean. Ini ane mo nyobain ITU dulu kalo pas di tol
@mod imsus
Waktu dipake temen ane yg gigi 4 kecepatan rendah itu, kecepatan cuma 40 kpj om tapi pake gigi 4

Nah perasaan ane gara2 dipake temen ane itu makanya mesin jadi berkerak gara2 mesin low RPM parah. Tapi cuma bentar doang sih dia nyetirnya. Ngaruh ga ya kira2??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Shell V-Power
JESKONENG wrote:kesimpulannya :
Penggunaan bbm dng oktan lebih tinggi dari yg direkomen atau di atas range angka kompresi mesin, akibatnya :
- tidak membuat performa mesin meningkat
- membuat dompet cepet kosong
- membuat mesin cenderung berkerak karna proses pembakaran bensin yg tidak tuntas


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Shell V-Power
No 1 & 2 ane setuju
Yang nomor 3 apakah ada buktinya om ?
Tingginya yg dimaksud juga seberapa tinggi ?
RON bensin di Indonesia paling tinggi cuman RON 95 dimana di Malaysia itu RON 95 adalah bensin standard di semua SPBU, di Singapore juga sebagian besar orang pakai RON 95, di banyak negara RON 95 juga merupakan BBM standard :
http://en.wikipedia.org/wiki/Octane_rating
Lalu bukankah yg bikin deposit itu justru kandungan Olefin / Di-Olefin pada bensin serta seberapa besar kandungan zat detergent-nya, terlepas dari angka RON nya ?
Ok.....topic ini terbuka utk diskusi bagi siapa aja.
Yang nomor 3 apakah ada buktinya om ?
Tingginya yg dimaksud juga seberapa tinggi ?
RON bensin di Indonesia paling tinggi cuman RON 95 dimana di Malaysia itu RON 95 adalah bensin standard di semua SPBU, di Singapore juga sebagian besar orang pakai RON 95, di banyak negara RON 95 juga merupakan BBM standard :
http://en.wikipedia.org/wiki/Octane_rating
Lalu bukankah yg bikin deposit itu justru kandungan Olefin / Di-Olefin pada bensin serta seberapa besar kandungan zat detergent-nya, terlepas dari angka RON nya ?
Ok.....topic ini terbuka utk diskusi bagi siapa aja.
JESKONENG wrote:kesimpulannya :
Penggunaan bbm dng oktan lebih tinggi dari yg direkomen atau di atas range angka kompresi mesin, akibatnya :
- tidak membuat performa mesin meningkat
- membuat dompet cepet kosong
- membuat mesin cenderung berkerak karna proses pembakaran bensin yg tidak tuntas
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Shell V-Power
ikut mendengarkan om turbo bersabda.. 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Re: Shell V-Power
permisi... Newbie cupu baru belajar mau tanya/konfirmasi dong...
Jd klo yg saya tangkap dr penjelasan om JESKONENG itu oktan tinggi yg dipakai pada mobil kompresi rendah kan akan meninggalkan kerak pd ruang pembakaran, artinya oktan itu yg jadi biang kerak nya dong...??
Saya pernah denger/baca klo pake RON 88 itu pemahaman mudah nya berarti 88% terbakar sisa nya jd whatever (mungkin kerak juga), klo RON 95 itu berarti 95% terbakar sempurna sisa nya jdi whatever jg...
That's why, klo pake RON 95 cenderung lebih byk jarak tempuh yg didapat (irit) krn terbakarnya lebih banyak...
sekali lagi CMIIW

Jd klo yg saya tangkap dr penjelasan om JESKONENG itu oktan tinggi yg dipakai pada mobil kompresi rendah kan akan meninggalkan kerak pd ruang pembakaran, artinya oktan itu yg jadi biang kerak nya dong...??

Saya pernah denger/baca klo pake RON 88 itu pemahaman mudah nya berarti 88% terbakar sisa nya jd whatever (mungkin kerak juga), klo RON 95 itu berarti 95% terbakar sempurna sisa nya jdi whatever jg...
That's why, klo pake RON 95 cenderung lebih byk jarak tempuh yg didapat (irit) krn terbakarnya lebih banyak...
sekali lagi CMIIW

I am a Driver... not a Racer...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Nov 03, 2004 3:24
Re: Shell V-Power
RON selain flash point naik ( bertahan tidak terbakar sendiri pada kompresi/temperatur tinggi) juga heating value /nilai bakar juga naik so.. power juga naik..banyak terbukti dengan bukti dyno test.
mudah mudahan membantu
mudah mudahan membantu
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Mon Jun 03, 2013 10:01
Re: Shell V-Power
klo ini sih pengalaman pribadi ane aja om, jadi ga bisa dijadiin acuan. hehe.Jambangan wrote: Om, maksudnya mesin panas itu gmn sih??
Apa dari indikator temperaturnya atau ngerasain hawa panas dari kap mesin??
Soalnya temen2 ane jg bilang gitu kalo pake BBM terlalu tinggi oktannya mesin jadi panas. Ane sih ga percaya soalnya ane ampe sekarang sering pake oktan 95 oke2 aja nih mobil ane padahal kompresi cuma 1:9,5. Dulu mobil lama ane sih selalu pake oktan 95 soalnya kalo pake oktan dibawah itu ngelitik parah. Kompresi 1:10,0
Emang ada hubungannya ya antara panas mesin ama oktan yg dipake??
Sorry banyak nanya penasaran soalnya

sekadar share aja om, pas ane pake super extra mesin panas banget padahal gak dibawa jalan jauh dan gak geber2.
tapi berasanya kayak udah macet dicipularang 3jam.

sejak itu gak berani lagi pake oktan yang lebih tinggi dari super.
tapi ntar mau nyobain v-power klo bensin sekarang dah abis.

Gak gaul klo gak ngikut..
2010 Toyota Fortuner 2.7 G A/T
2012 Nissan Grand Livina SV M/T
2018 Toyota Rush S TRD Sportivo A/T
2010 Toyota Fortuner 2.7 G A/T
2012 Nissan Grand Livina SV M/T
2018 Toyota Rush S TRD Sportivo A/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Shell V-Power
pengertian "oktan lebih tinggi dari yg direkomendasikan", misalnya :
- mesin dng kompresi antara 8 s/d 8.8 : 1 cocoknya pake bbm oktan 88 (oktan di atas 88 berarti "lebih tinggi dari yg direkomen"
- mesin dng kompresi antara 9 s/d 9.8 : 1 cocoknya pake bbm oktan 92 (oktan di atas 92 berarti "lebih tinggi dari yg direkomen"
- mesin dng kompresi antara 10 s/d 10.8 : 1 cocoknya pake bbm oktan 95
- mesin dng kompresi 11 : 1 keatas cocoknya pake bbm oktan 97
- mesin dng kompresi antara 8 s/d 8.8 : 1 cocoknya pake bbm oktan 88 (oktan di atas 88 berarti "lebih tinggi dari yg direkomen"
- mesin dng kompresi antara 9 s/d 9.8 : 1 cocoknya pake bbm oktan 92 (oktan di atas 92 berarti "lebih tinggi dari yg direkomen"
- mesin dng kompresi antara 10 s/d 10.8 : 1 cocoknya pake bbm oktan 95
- mesin dng kompresi 11 : 1 keatas cocoknya pake bbm oktan 97
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Shell V-Power
Beda loh super sama v power, ga kaya super sama extra
Yang make super ga usah ragu2, di oplos aja asal dari super juga kerasa bedanya
Cuma saya kena pengalaman aneh,
Vpowernya ga enak sama sekali
Pas coba isi ulang tau2 enak lagi
Bingung...
Ini bensin harganya kok kampret bener....
Kemana tuh pertamax 8950, bisa sampai 9700 di pertamina yg mahal
Yang make super ga usah ragu2, di oplos aja asal dari super juga kerasa bedanya
Cuma saya kena pengalaman aneh,
Vpowernya ga enak sama sekali
Pas coba isi ulang tau2 enak lagi
Bingung...
Ini bensin harganya kok kampret bener....
Kemana tuh pertamax 8950, bisa sampai 9700 di pertamina yg mahal
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Shell V-Power
e36 m50 320 baru siang hari ini pake v power (10900)ful 42literan+sisa 15an produk pertamina lumayan dapat cocacola 2 kaleng..dites tol alam sutera ya lumayanlah enteng jg buat naiknya cm td sampe 160...terus coba diisi ulang lg ful ternyata bensinnya dapat 1:6,2 ada kena macet di pinto tol grogol...tes lg abis magrib jalan sama...besok siang tes lg skalian isi ful sebelum masuk kandang...
perasaan sama aja dgn plus..
perasaan sama aja dgn plus..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Shell V-Power
pake v-power cuma bikin boros doang, pengen bejek terus tapii macet jalanan jadi aja kampas rem cepet abis, mana mahal pula 11rebu booo se liternya, 300rebu kaga full tank,. balik lagi aja pake premium yg penting tetep bisa jalan2 and hidup normal,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Shell V-Power
Avanza si ak4ng diisi premium aja dh lari 160 gimana kalo isi V-Power, bisa2 jadi 220 kecepatannya.... 

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Shell V-Power
220 mah gampangricz wrote:Avanza si ak4ng diisi premium aja dh lari 160 gimana kalo isi V-Power, bisa2 jadi 220 kecepatannya....
jarumnya ampe muter 360 derajat

Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Shell V-Power
blom pernah nyobain pake Premium + minyak urut ?ak4ng wrote:pake v-power cuma bikin boros doang, pengen bejek terus tapii macet jalanan jadi aja kampas rem cepet abis, mana mahal pula 11rebu booo se liternya, 300rebu kaga full tank,. balik lagi aja pake premium yg penting tetep bisa jalan2 and hidup normal,
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Shell V-Power
ricz wrote:Avanza si ak4ng diisi premium aja dh lari 160 gimana kalo isi V-Power, bisa2 jadi 220 kecepatannya....
buset udah legend x ya avanza akang...apalg klo isi pertamak racing x ya...bisa puter2 x jarumnya ya...hahahahac_adhi_k wrote:220 mah gampangricz wrote:Avanza si ak4ng diisi premium aja dh lari 160 gimana kalo isi V-Power, bisa2 jadi 220 kecepatannya....
jarumnya ampe muter 360 derajat
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Shell V-Power
Sembalap SM itu mah...
Kalo diisi pertamax racing 250 bisa kali ya, apalagi kalo isi VP Racing.... Bisa2 300 doraih dgn mudah....
Kalo diisi pertamax racing 250 bisa kali ya, apalagi kalo isi VP Racing.... Bisa2 300 doraih dgn mudah....

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Shell V-Power
Saya pake mesin kompresi 9:1, pakai premium suara kasar, gigi 2 ngelitik, apalagi kalau mesin panas. gigi 1 ngelitik kalau nanjak.
Kalau pakai RON 92 atau 95, suara mesin halus, ngelitik hilang, start jalan lebih smooth.
Mana buktinya kalau RON terlalu tinggi efek nya jelek?
Setau ane, timing pengapian akan semakin maju ketika RPM tinggi, yang berarti waktu untuk membakar semua bensin+udara , akan semakin panjang. Kalau berkerak, berarti bensinnya kebanyakan.
RON 92/95 itu sudah pas, justru RON 88 itu dibawah standar, minim aditif.
no research = hoax
Kalau pakai RON 92 atau 95, suara mesin halus, ngelitik hilang, start jalan lebih smooth.
Mana buktinya kalau RON terlalu tinggi efek nya jelek?
Setau ane, timing pengapian akan semakin maju ketika RPM tinggi, yang berarti waktu untuk membakar semua bensin+udara , akan semakin panjang. Kalau berkerak, berarti bensinnya kebanyakan.
RON 92/95 itu sudah pas, justru RON 88 itu dibawah standar, minim aditif.
no research = hoax
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: Shell V-Power
Pernah baca di forum seberang favorit sy, keuntungan oktan tinggi di mesin kompresi rendah adalah: timing pengapian bisa lebih advance lagi (kalo masih pake distributor). Penjelasannya masuk akal sih.
Higher octane fuel (in and of itself), DOES NOT OFFER ADDITIONAL POWER. It only allows you to increase timing advance, increase boost, or increase compression. It is these changes, NOT THE GAS, that offers the improved performance. The higher octane gas allows you to run the other mods, which actually make the power.
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Shell V-Power
yup agreed ....sepatupuma wrote:Pernah baca di forum seberang favorit sy, keuntungan oktan tinggi di mesin kompresi rendah adalah: timing pengapian bisa lebih advance lagi (kalo masih pake distributor). Penjelasannya masuk akal sih.
Higher octane fuel (in and of itself), DOES NOT OFFER ADDITIONAL POWER. It only allows you to increase timing advance, increase boost, or increase compression. It is these changes, NOT THE GAS, that offers the improved performance. The higher octane gas allows you to run the other mods, which actually make the power.
higher octane does not offer more power, but allows more advance timing,higher compression and so on, which is increase hp....


or maybe run a hotter lean-burn to increase fc.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Shell V-Power
Yang bold underlined:ilhami wrote:Saya pake mesin kompresi 9:1, pakai premium suara kasar, gigi 2 ngelitik, apalagi kalau mesin panas. gigi 1 ngelitik kalau nanjak.
Kalau pakai RON 92 atau 95, suara mesin halus, ngelitik hilang, start jalan lebih smooth.
Mana buktinya kalau RON terlalu tinggi efek nya jelek?
Setau ane, timing pengapian akan semakin maju ketika RPM tinggi, yang berarti waktu untuk membakar semua bensin+udara , akan semakin panjang. Kalau berkerak, berarti bensinnya kebanyakan.
RON 92/95 itu sudah pas, justru RON 88 itu dibawah standar, minim aditif.
no research = hoax
Yap betul. Kerak muncul karena bensinnya kebanyakan, DAN juga karena kebanyakan yang tidak terbakar akibat susunan rantai kimia oktan nya kepanjangan dibanding yang seharusnya dipakai, sehingga rantai kimia hidrokarbonnya tidak terbakar tuntas.
Saya sehari hari juga pakai motor bermesin 9:1. Dulu waktu pakai Super, mantap larinya. Pakai super Extra atau total95 (jarang pakai pertaplus di jkt, karena ngga suka baunya pertaplus yang menyengat), sama ajaa larinya. Ngga lebih baik juga. Plus, ngga lebih irit.
Artinya, dengan biaya lebih besar yang dikeluarkan, tidak ada peningkatan signifikan yang didapat dari pemakaian bensin dengan ron lebih tinggi dari seharusnya.
Demikian kira kira pengalaman ane dengan motor butut ane..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Shell V-Power
tapi mengapa sering dengar kl V-power dibanding super biasa bisa beda banget efeknya?
ada yg bisa bantu menjelaskan or share pengalaman?
ada yg bisa bantu menjelaskan or share pengalaman?
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Shell V-Power
klw v-power sih menang di aditifnya....... klw g salah ada friction modifier nya yang ngelumasin ruang bakar, less friction = more efficient engine,xtr40rd1n4rym4n wrote:tapi mengapa sering dengar kl V-power dibanding super biasa bisa beda banget efeknya?
ada yg bisa bantu menjelaskan or share pengalaman?
juga detergent yg jauh lebih banyak dari shell super extra dan fuel lain bwat ngebersihin mesin....
jadi wajar harganya di atas p+
dan klw pke v-power kerasa bedanya lebih cepet dari ron95 lain, karna ada benefit dri aditif tadi,klw ron95 aja hrs nunggu mesin majuin timing dulu bwat taking advantage dri ron95nya.
dan ya, mesin yg ada knock sensornya bisa maju mundurin timing sendiri tergantung kualitas fuelny.
dalam rentang min dan rekomen ron yg ada d buku manual. blm geser timingnya blm kerasa efeknya. atau ngelitik dulu jika turun ron.

Last edited by billyd1773dz on Thu Nov 21, 2013 10:14, edited 1 time in total.