Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

DOHC wrote: ngomong2 soal filter, perna ane ditawarin filter oli buat ipah ane tapi body tuh filter panjang bener sperti punya nya dyna... diliat dari ulir drat dan diameter sehh sama plek... kira2 ada efek samping ga yahh kalo dipake ??
Bisa difoto gak filternya sepanjang apa ? Menarik nih, filter oli makin besar maka gak cepat jenuh.

Filter yg biasa umum dijual mmg ada yg cebol dan ada yg sedikit tinggian, tapi selisihnya cuman dikit.
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D-4D

Post by DOHC »

Turboman wrote:
DOHC wrote: ngomong2 soal filter, perna ane ditawarin filter oli buat ipah ane tapi body tuh filter panjang bener sperti punya nya dyna... diliat dari ulir drat dan diameter sehh sama plek... kira2 ada efek samping ga yahh kalo dipake ??
Bisa difoto gak filternya sepanjang apa ? Menarik nih, filter oli makin besar maka gak cepat jenuh.

Filter yg biasa umum dijual mmg ada yg cebol dan ada yg sedikit tinggian, tapi selisihnya cuman dikit.
ane waktu itu ditawarin di t*da kel*pa gad*ng om.... kayanya waktu itu mreka lagi kehabisan stok atau apa.. scara fisik jauh lebi panjang om drpd bawaan asli ipah..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
7ave
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Mar 05, 2013 4:48

Re: Kijang Innova D-4D

Post by 7ave »

Bro semua, sm ers.
Mau nanya oli full synthetic yg bagus and umum (yg gak susah amet nyarinya). Soalnya tinggal di medan yang susah buat dapetin oli2 yg langka.
Penggunaan dalam kota dan sesekali luar kota.
Driving style suka bejek gas habis aka ngebut. Hehehe
Mobil ipah d4d km menuju 5000.
Thanks all
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

7ave wrote:Bro semua, sm ers.
Mau nanya oli full synthetic yg bagus and umum (yg gak susah amet nyarinya). Soalnya tinggal di medan yang susah buat dapetin oli2 yg langka.
Penggunaan dalam kota dan sesekali luar kota.
Driving style suka bejek gas habis aka ngebut. Hehehe
Mobil ipah d4d km menuju 5000.
Thanks all
Shell Helix Ultra dan Castrol EDGE 5W40

Kalo di Jkt kedua barang ini bertebaran dimana mana
* Bukan ajakan Beli *
7ave
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Mar 05, 2013 4:48

Re: Kijang Innova D-4D

Post by 7ave »

Bro turboman.
Bagaimana kualitas kedua oli tsb? Kalau yg diatas oli tsb apa lagi ya? Siapa tau aja ada juga di medan.
Skrg lagi pakai fk mash diesel dash utk inreyen. Apa kualitas kedua oli tsb diatas fk yg saya pakai?
Thanks
7ave
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Mar 05, 2013 4:48

Re: Kijang Innova D-4D

Post by 7ave »

Oh iya bro turbo.
Itu castrol dan shell 5-40 apakah perlu yg ada tulisan diesel atau bebas ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

7ave wrote:Oh iya bro turbo.
Itu castrol dan shell 5-40 apakah perlu yg ada tulisan diesel atau bebas ya?
SHU dan Castrol EDGE 5W40 bisa dipakai utk Diesel since mrk comply ke MB 229.5 (SHU), 229.3 (Castrol) dan ACEA B4 (SHU dan Castrol), see backlabel.

ACEA B4 = Direct Injection high speed - light duty Diesel

Utk inreyen :
FK Mass Dies Dash oke banget

Yg di atas SHU dan C EDGE coba aja survey :
Mobil1 SAE 0W40 European Formula (MB 229.5)

Alternative : Mobil Delvac1 atau Mobil1 Turbo Diesel 5W40 ACEA E-4 either API CI-4 atau yg API CJ-4 bisa pake.
* Bukan ajakan Beli *
7ave
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Mar 05, 2013 4:48

Re: Kijang Innova D-4D

Post by 7ave »

Thanks bro turboman buat inponya.

Oh ya mau tanya lagi apa matic cooler sudah bawaan dr pabrik ya utk ipah tahun 2013?
Kalau saya pasang power plug plus turbo boost manual. Katanya hp naik ke 160 and torsi 320 an dr hasil dyno. Turbo di boost 1,2 bar.
Apakah itu masih aman? Perlukah di upgrade matic cooler nya? Apakah akan membebani kerja turbo tersebut?
Mobil sy termasuk penggunaan jam terbang tinggi. Sehari bisa jalan 8jam non stop kadang.
antohalim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Apr 11, 2013 8:23

Re: Kijang Innova D-4D

Post by antohalim »

SM-ers,

Salam kenal... Nubie first post..

Saya baru SPK Innova D-4D, dan dari yg saya baca di trit ini kalo mau modif nambah tenaga tanpa ganti turbo bisa dengan:
1. Pasang K&N filter
2. Pasang Dastek
3. Ganti downpipe
4. Wastegate diganjal

Pertanyaan saya:
1. Ganjal wastegate itu fungsinya buat apa ya? Kalo yg no.1-3 diatas saya ngerti fungsinya, tapi yg soal wastegate masih belom jelas.
2. Apakah setelah modifikasi diatas, garansi masih valid?
3. Karena power bertambah, apakah rem standard masih cukup? Atau harus upgrade juga? Saya sih gak muluk2 mintanya, kurang lebih power jadi sekitar 160-170hp, torsi naik jadi sekitar 370-380Nm udah cukup.
4. Ada rekomendasi bengkel yg bisa pasang semua? Posisi saya di Serpong, tapi selama masih dalam wilayah Jabodetabek sih boleh. Tidak usah yg paling murah dari segi harga, selama kualitas pemasangan sebanding dengan harga.

Terima kasih sebelumnya, maaf kalo nanyanya terlalu simple, baru pertama kali punya mobil diesel.

Anto
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

7ave wrote:Thanks bro turboman buat inponya.

1. Oh ya mau tanya lagi apa matic cooler sudah bawaan dr pabrik ya utk ipah tahun 2013?
2. Kalau saya pasang power plug plus turbo boost manual. Katanya hp naik ke 160 and torsi 320 an dr hasil dyno. Turbo di boost 1,2 bar.
3. Apakah itu masih aman? Perlukah di upgrade matic cooler nya? Apakah akan membebani kerja turbo tersebut?
Mobil sy termasuk penggunaan jam terbang tinggi. Sehari bisa jalan 8jam non stop kadang.
1. Semua mobil Matic pasti ada ATF coolernya, menyatu dgn radiator, cuman gak gitu efektif.

2. Kasih 1,1 Bar aja Max. Downpipe ganti juga (rekomen)

3. Consider sehari jalan 8 jam boleh pertimbangkan ATF Cooler, di pasaran ada bbrp yg mudah diinstall spt Deralle contohnya (yg jual distro Shadow)

Sehubungan jalan 8 jam = sgt rekomen install Fuel Cooler, spt bawaan HiLuk / 42ner VNT, efeknya kerasa utk driving 2 jam ke atas.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

wastegate fungsinya mengobtrol boost maximum, dia ibarat katup pelepas tekanan pada ketel

Kita ganjal diafragma tuasnya maka katup membuka lebih sedikit dan boost naik 0,05 - 0,1 Bar.

3. Besaran Power adalah nomor 2, buat fun to drive factor yg lebih penting adalah bentangan Torsi ke RPM bawah dan atasnya. Nah ini haris dgn kombinasi DownPipe / KnN filter / Bobok kisi di saluran pada tutup intake / Ground cable dan Super Ground pada ECU

Utk Powerplug bisa ke Steven - Plaza Serpong - rooftop, kalo utk pemasangan downpipe coba konsultasikan dulu, mestinya Steven juga bisa, juga bobok kisi2 jendela pada saluran pada tutup air filter.

Kalo Ground cable bisa ke Ko Yang di Puri Agung 081807069087
antohalim wrote:
Pertanyaan saya:
1. Ganjal wastegate itu fungsinya buat apa ya? Kalo yg no.1-3 diatas saya ngerti fungsinya, tapi yg soal wastegate masih belom jelas.
2. Apakah setelah modifikasi diatas, garansi masih valid?
3. Karena power bertambah, apakah rem standard masih cukup? Atau harus upgrade juga? Saya sih gak muluk2 mintanya, kurang lebih power jadi sekitar 160-170hp, torsi naik jadi sekitar 370-380Nm udah cukup.
4. Ada rekomendasi bengkel yg bisa pasang semua? Posisi saya di Serpong, tapi selama masih dalam wilayah Jabodetabek sih boleh. Tidak usah yg paling murah dari segi harga, selama kualitas pemasangan sebanding dengan harga.

Terima kasih sebelumnya, maaf kalo nanyanya terlalu simple, baru pertama kali punya mobil diesel.

Anto
* Bukan ajakan Beli *
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Kijang Innova D-4D

Post by growbuckme »

Xous wrote:
growbuckme wrote:
Xous wrote:@bro turbo, Big thx for u, saran selang d ganti ente mewabah d komunitas ane om, rata2 pada keranjingan. hehe. +g skul kaki kanan semua skg :big_slap: senin maybe tutup EGR+ganjal Ring trus tune up khas bengkel yg garap. :big_peace:
Boleh tau om xous, mksdnya selang diganti selang apa ya yang diganti om?
thx.


Monggo pak d telusuri d page 2 pak or monggo pm om turboman, ane nurut saran dia aja.
trakhir isi FC ane d 1:8,7. Tdk ada perubahan konsumsi solar namun hasilnya yahut d enjin. Nti ane ksh rinciannya apa aja yg d garap *nota ketinggalan*
Thx om xous infonya...saya lsg menuju TKP sekalian ditunggu rinciannya ya om...hehehe...
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re:

Post by growbuckme »

Turboman wrote:Instalasi Max. 2B, Turbo Lag reducer

Sesudah di-install Max. 2B response mesin antara 2000 - 3000 RPM cepat sekali, antara 1000 - 2000 RPM yg asalnya lag berat sesudahnya bisa terasa ada sedikit "tendangan" ketika mobil jalan pelan lalu pedal gas diinjak mendadak.

Kombinasi 2B dengan pemanjangan selang wastegate membuat "tendangan" di RPM rendah lebih terasa lagi. :e-dance:
Om Turbo, ini modifikasi apa ya? ditambahkan selang dan tabung ke 2 bagian itu? Sekalian om minta info tempat modif dan perkiraan biayanya.
Btw, utk 10rb km pertama om Turbo menyarankan pake oli mineral?
Thx om Turbo.
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Kijang Innova D-4D

Post by growbuckme »

DOHC wrote:
NYoman wrote:
untuk jakarta bisa pesan di Budi Knalpot DP nya..
untuk oli sudah banyak di bahas disini.. ada mobil 1, ada elf, shell hx7 (semi synth), motul CRDi (ini yang full synth), repsol dll..
nubie numpang nambahin...

ada q8 advance diesel 10-40... oli murah... tp ga murahan...

atau shell rimula R3X...
Om dohc, kalo q8 advance itu bs sampe brp km/brp bulan ketahanannya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Re:

Post by Turboman »

Sejak pakai AAI Pre & Post Turbo saya dah gak pake lagi itu Max. 2B

Utk AAI sy hanya rekomen yg Pre Turbo.

Oli mineral utk 5k Km pertama aja
growbuckme wrote:
Turboman wrote:Instalasi Max. 2B, Turbo Lag reducer

Sesudah di-install Max. 2B response mesin antara 2000 - 3000 RPM cepat sekali, antara 1000 - 2000 RPM yg asalnya lag berat sesudahnya bisa terasa ada sedikit "tendangan" ketika mobil jalan pelan lalu pedal gas diinjak mendadak.

Kombinasi 2B dengan pemanjangan selang wastegate membuat "tendangan" di RPM rendah lebih terasa lagi. :e-dance:
Om Turbo, ini modifikasi apa ya? ditambahkan selang dan tabung ke 2 bagian itu? Sekalian om minta info tempat modif dan perkiraan biayanya.
Btw, utk 10rb km pertama om Turbo menyarankan pake oli mineral?
Thx om Turbo.
* Bukan ajakan Beli *
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Kijang Innova D-4D

Post by growbuckme »

Kalo untuk selang waste gate sepertinya saya pernah baca ada modifikasi yg dikecilkan selang diameternya dan ada jg yg dipanjangkan 5cm selangnya...yg mana yg sebaiknya diterapkan? maaf kalo salah info sebelumnya.

Sekalian nanya om Turbo, kalo matic g. livina pake olie matic toyota yg tIV ato elf t4 itu apakah boleh/cocok? udh 21rb nih, rencana mo kuras matic.
thx.
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Kijang Innova D-4D

Post by growbuckme »

Turboman wrote:
DOHC wrote:kalo ipah vvt-i matic mahh servis 100rebu km bisa dimana aja...
Ganti oli = toko oli like Toda / Sentra Ot / Sinergy / Olieku / SnsD, dll

Servis rem = GBT Meruya, Garden Speed - Cilandak

Ganti oli Matic = GBT Meruya, sistem manual flushing, irit oli

Ganti minyak rem = GBT bisa

Carbon Clean = GBT bisa

sekedar saran bkl alternative

*Bukan sales GBT*
Barusan nelp ke GBT, nanya sama mba yg angkat tlp sampe di oper ke mekaniknya, semua pada bilang kalo ganti olie matic lebih bagus yg pake mesin kuras. Wkt saya tanya sm montirnya "pak, kalo kuras manual katanya bisa lebih sedikit olienya yg terpakai utk kuras dibanding pake mesin kuras." Jawabannya "enggak tuh...sama aja..."

jadi bingung..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

growbuckme wrote:1. Kalo untuk selang waste gate sepertinya saya pernah baca ada modifikasi yg dikecilkan selang diameternya dan ada jg yg dipanjangkan 5cm selangnya...yg mana yg sebaiknya diterapkan? maaf kalo salah info sebelumnya.

2. Sekalian nanya om Turbo, kalo matic g. livina pake olie matic toyota yg tIV ato elf t4 itu apakah boleh/cocok? udh 21rb nih, rencana mo kuras matic.
thx.
1. Ganjal ring @baut wesget aja, lebih efektif

2. Pada dasarnya Nissan ATF-D dan T-IV itu termasuk golongan JASO 1A. kalo banyak piliihan mending cari ATF Universal yg ada tulisan Nissan ATF-D nya aja. See backlabel carefully
* Bukan ajakan Beli *
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Kijang Innova D-4D

Post by growbuckme »

Turboman wrote:
growbuckme wrote:1. Kalo untuk selang waste gate sepertinya saya pernah baca ada modifikasi yg dikecilkan selang diameternya dan ada jg yg dipanjangkan 5cm selangnya...yg mana yg sebaiknya diterapkan? maaf kalo salah info sebelumnya.

2. Sekalian nanya om Turbo, kalo matic g. livina pake olie matic toyota yg tIV ato elf t4 itu apakah boleh/cocok? udh 21rb nih, rencana mo kuras matic.
thx.
1. Ganjal ring @baut wesget aja, lebih efektif

2. Pada dasarnya Nissan ATF-D dan T-IV itu termasuk golongan JASO 1A. kalo banyak piliihan mending cari ATF Universal yg ada tulisan Nissan ATF-D nya aja. See backlabel carefully
ok om Turbo...thx infonya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D-4D

Post by DOHC »

itu oli justru mods turboman yg pertama make dan kasi review.. makanya ane ikutan coba... mnurut nya di tokidies bsa tahan ampe 8 bulanan...

tp ane pake di panther ane ampe jalan 7000 km jg masi enak.. suara mesin ga tambah kasar dan tarikan tetep enak..
growbuckme wrote:
DOHC wrote:
NYoman wrote:
untuk jakarta bisa pesan di Budi Knalpot DP nya..
untuk oli sudah banyak di bahas disini.. ada mobil 1, ada elf, shell hx7 (semi synth), motul CRDi (ini yang full synth), repsol dll..
nubie numpang nambahin...

ada q8 advance diesel 10-40... oli murah... tp ga murahan...

atau shell rimula R3X...
Om dohc, kalo q8 advance itu bs sampe brp km/brp bulan ketahanannya?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kijang Innova D-4D

Post by NYoman »

DOHC wrote:itu oli justru mods turboman yg pertama make dan kasi review.. makanya ane ikutan coba... mnurut nya di tokidies bsa tahan ampe 8 bulanan...

tp ane pake di panther ane ampe jalan 7000 km jg masi enak.. suara mesin ga tambah kasar dan tarikan tetep enak..
wah gw baru tau ada oli bagus lagi..
btw setelah gw pake sebulanan ini, Shell Helix Diesel HX7 ini kok lebih kasar ya suara mesin D4D? apa karena pengaruh kekentalan sama oli pabrikannya? (TGMO Diesel --> 15w-40 = Fastron Diesel)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D-4D

Post by DOHC »

q8.. merek lama tapi baru terkenal di sini..

dulu pas awal2 masi lumayan miring harganya... apalagi promo beli 3 gratis 1.. di atrium dan dtmf jg masi murah2 jual nya... skrg uda merangkak naik yahh harganya.. :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kijang Innova D-4D

Post by NYoman »

btw kalau di bandingkan dengan elf/repsol/motul/helix ultra bagusan mana? terutama harga nih..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
antohalim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Apr 11, 2013 8:23

Re: Kijang Innova D-4D

Post by antohalim »

Oom Turboman,

Terima kasih buat info dan pencerahannya..

Anto
Turboman wrote:wastegate fungsinya mengobtrol boost maximum, dia ibarat katup pelepas tekanan pada ketel

Kita ganjal diafragma tuasnya maka katup membuka lebih sedikit dan boost naik 0,05 - 0,1 Bar.

3. Besaran Power adalah nomor 2, buat fun to drive factor yg lebih penting adalah bentangan Torsi ke RPM bawah dan atasnya. Nah ini haris dgn kombinasi DownPipe / KnN filter / Bobok kisi di saluran pada tutup intake / Ground cable dan Super Ground pada ECU

Utk Powerplug bisa ke Steven - Plaza Serpong - rooftop, kalo utk pemasangan downpipe coba konsultasikan dulu, mestinya Steven juga bisa, juga bobok kisi2 jendela pada saluran pada tutup air filter.

Kalo Ground cable bisa ke Ko Yang di Puri Agung 081807069087
antohalim wrote:
Pertanyaan saya:
1. Ganjal wastegate itu fungsinya buat apa ya? Kalo yg no.1-3 diatas saya ngerti fungsinya, tapi yg soal wastegate masih belom jelas.
2. Apakah setelah modifikasi diatas, garansi masih valid?
3. Karena power bertambah, apakah rem standard masih cukup? Atau harus upgrade juga? Saya sih gak muluk2 mintanya, kurang lebih power jadi sekitar 160-170hp, torsi naik jadi sekitar 370-380Nm udah cukup.
4. Ada rekomendasi bengkel yg bisa pasang semua? Posisi saya di Serpong, tapi selama masih dalam wilayah Jabodetabek sih boleh. Tidak usah yg paling murah dari segi harga, selama kualitas pemasangan sebanding dengan harga.

Terima kasih sebelumnya, maaf kalo nanyanya terlalu simple, baru pertama kali punya mobil diesel.

Anto
User avatar
lebu777
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Apr 13, 2013 8:08

Re: Kijang Innova D-4D

Post by lebu777 »

pak,,,,mau tanya..innova diesel pake piggyback, kalau mau service rutin di bengkel resmi lebih baik di copot dulu atau di biar kan saja...krn takut garansi hangus..thx