Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
poeticmind wrote:
memang ada planning utk mengganti sistem rem di belakang jadi discbrake, hanya waktu yg belum dapet.
Hati-hati yah um, yg ane lihat percobaan banyak orang rem belakang ganti dari drum ke Disc pake DB ex mobil lain lebih dr 50% yg kurang berhasil ketimbang yg berhasil dgn mulus.
Kalo sy pribadi lebih suka upgrade sistem rem yg sudah ada spt :
- Pake minyak rem DOT 4 yg high grade
- Selang rem yg braided (saat di rem nggak ngembang)
- Brake pad kemampuan tinggi.
kalo menurut nubie sotoy macam supir truk gini, mobil penumpang macam sedan, penting tuh rem belakang pakai DB. Tapi kalo udh mobil angkutan diatas 5 penumpang, rasanya kok masih lebih baik kalau rem belakangnya tromol ya?
Rasanya minibus engkel aja masih tromol semua remnya, karena lebih mengutamakan kemampuan angkat beban berlebih (termasuk angkat manusia dlm jumlah lebih banyak dibanding sedan..
Mohon koreksi pakar...
mitsubishi fuso di eropa sudah disc brake di 4 roda lhoor....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
zweifellos wrote:
khusus mengenai brake pad, apa ga rentan malah nantinya disc (depan) lebih cepat 'kemakan' om? dengar punya dengar, ganti brakepad yang lebih baik dikhawatirkan bisa mengakibatkan cakram lebih cepat 'kemakan', sedang pake brakepad bawaan paling kanvas rem aja lebih sering di ganti.
Kalo mau rem lebih pakem yah memang konsekuensinya begitu, bahkan konon ada rasio hitungan : 3-4X ganti brake pad = ganti disc rotor.
Juga tergantung material brake pad-nya, khususnya unsur metallic pada brake pad
Maka itu biasanya penggantian brake pad dgn yg type Hi Perf idealnya diikuti dgn penggantian disc rotor yg lebih kuat.
kalo mengenai upgrade minyak rem ke DOT 4, apakah ada pengaruh pada umur seal2 karet... dan biasanya kalo utk seal2 di kaliper piston gt, per brapa km yahh patokan nya utk diganti... soalnya kalo ane perhatikan ga dicantumkan di servis berkala... cuman inget dulu di panther ane rajin bener tuh seal rusak... setaon skali pasti kaliper piston nya macet gara2 seal nya rusak...
kalo mengenai upgrade minyak rem ke DOT 4, apakah ada pengaruh pada umur seal2 karet...
No problem at all
Bahkan LS AT ane dulu pake DOT 5.1 juga gpp sampe mobil dijual.
Nubie mau tanya nih om, tujuan pake minyak rem diatas DOT3 tuh apa ya? Kalo mmg DOT4 ato DOT5.1 lbh bagus dr DOT3 knapa std pabrik tdk menggunakannya? Toh dr biaya produksi antara DOT3 & DOT4 relatif sama.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
BADAK wrote:
Nubie mau tanya nih om, tujuan pake minyak rem diatas DOT3 tuh apa ya? Kalo mmg DOT4 ato DOT5.1 lbh bagus dr DOT3 knapa std pabrik tdk menggunakannya? Toh dr biaya produksi antara DOT3 & DOT4 relatif sama.
DOT 4 banyak yg pake sbg minyak rem std, salah 1 nya BMW E39
Kalo DOT 5.1 jarang
DOT makin tinggi = kinerja lebih stabil saat rem di abuse, krn titik didih-nya lebih tinggi, tapi trade off = lebih higroskopis.
Hansen wrote:Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
Part no pst gak sama.
F/ oli L300D bisa subtitusi dgn kuda D. Kalo buat pejero tinggal dilihat apakah diameter seal dan diameter sisi luar filter sama dgn pny L300. Intinya kl seal & diameter berbeda, ada kemungkinan filter tidak bisa menempel scr presisi pd rumah filter.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
BADAK wrote:
Nubie mau tanya nih om, tujuan pake minyak rem diatas DOT3 tuh apa ya? Kalo mmg DOT4 ato DOT5.1 lbh bagus dr DOT3 knapa std pabrik tdk menggunakannya? Toh dr biaya produksi antara DOT3 & DOT4 relatif sama.
DOT 4 banyak yg pake sbg minyak rem std, salah 1 nya BMW E39
Kalo DOT 5.1 jarang
DOT makin tinggi = kinerja lebih stabil saat rem di abuse, krn titik didih-nya lebih tinggi, tapi trade off = lebih higroskopis.
BMW E39 memungkinkan pake DOT4 krn mmg lebih memungkinkan mencapai titik didih yg tinggi. Tapi untuk pemakaian harian mbl2 mcm panther ato innova rasanya hampir tidak ada manfaatnya menggunakan DOT4. CMIIW ya om..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
BADAK wrote:
BMW E39 memungkinkan pake DOT4 krn mmg lebih memungkinkan mencapai titik didih yg tinggi. Tapi untuk pemakaian harian mbl2 mcm panther ato innova rasanya hampir tidak ada manfaatnya menggunakan DOT4. CMIIW ya om..
Sudah dicoba belun ?
Kalo ane dah coba, kalo mobil Matic akan lebih kerasa dimana kerja rem lebih berat.
Di LS AT ane dulu pake DOT 3 nyelonong, ganti DOT 5.1 nulung banyak.
BADAK wrote:
Nubie mau tanya nih om, tujuan pake minyak rem diatas DOT3 tuh apa ya? Kalo mmg DOT4 ato DOT5.1 lbh bagus dr DOT3 knapa std pabrik tdk menggunakannya? Toh dr biaya produksi antara DOT3 & DOT4 relatif sama.
DOT 4 banyak yg pake sbg minyak rem std, salah 1 nya BMW E39
Kalo DOT 5.1 jarang
DOT makin tinggi = kinerja lebih stabil saat rem di abuse, krn titik didih-nya lebih tinggi, tapi trade off = lebih higroskopis.
higroskopis-nya ini bisa disiasati dgn interval kuras-ganti lebih cepat, gitu kali ya pak turbo
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Hansen wrote:
om turbo, kalo di mobil yg buku manualnya dan tutup reservoir minyak rem tertulis "use DOT 3 only" apakah boleh dikasih minyak rem DOT 4?
Mudah2an dapet jawaban... [/quote]
So far di Ipah / ToKiDies / Katana / Panther gak ada masalah sama sekali, dengan catatan : pakai DOT 3 hanya sekali bawaan pabrik, sekali ganti lgs ke DOT 4
Hansen wrote:Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
Part no pst gak sama.
F/ oli L300D bisa subtitusi dgn kuda D. Kalo buat pejero tinggal dilihat apakah diameter seal dan diameter sisi luar filter sama dgn pny L300. Intinya kl seal & diameter berbeda, ada kemungkinan filter tidak bisa menempel scr presisi pd rumah filter.
Thanks atas pencerahannya bro Hansen dan bro Badak
Hansen wrote:Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
Part no pst gak sama.
F/ oli L300D bisa subtitusi dgn kuda D. Kalo buat pejero tinggal dilihat apakah diameter seal dan diameter sisi luar filter sama dgn pny L300. Intinya kl seal & diameter berbeda, ada kemungkinan filter tidak bisa menempel scr presisi pd rumah filter.
om Badak, apakah konstruksi elemen penyaring didalem filter tidak mempengaruhi ke-efektifan penyaringan ?
maksud nubie, mungkin konstruksi dan bahan masing-masing filter oli bisa berbeda, misalnya yang untuk L300 yang menggunakan oli mesin lebih kental mungkin pori-pori elemen-nya lebih besar dibanding dengan PS yang menggunakan oli lebih encer ?
Hansen wrote:
om turbo, kalo di mobil yg buku manualnya dan tutup reservoir minyak rem tertulis "use DOT 3 only" apakah boleh dikasih minyak rem DOT 4?
Mudah2an dapet jawaban...
So far di Ipah / ToKiDies / Katana / Panther gak ada masalah sama sekali, dengan catatan : pakai DOT 3 hanya sekali bawaan pabrik, sekali ganti lgs ke DOT 4[/quote]
om Turboman, kadang kita kan menambah minyak rem yang berkurang (bikan kuras/ganti total) apakah DOT 4 boleh kita tambahkan pake yang netral ?
Hansen wrote:Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
Part no pst gak sama.
F/ oli L300D bisa subtitusi dgn kuda D. Kalo buat pejero tinggal dilihat apakah diameter seal dan diameter sisi luar filter sama dgn pny L300. Intinya kl seal & diameter berbeda, ada kemungkinan filter tidak bisa menempel scr presisi pd rumah filter.
om Badak, apakah konstruksi elemen penyaring didalem filter tidak mempengaruhi ke-efektifan penyaringan ?
maksud nubie, mungkin konstruksi dan bahan masing-masing filter oli bisa berbeda, misalnya yang untuk L300 yang menggunakan oli mesin lebih kental mungkin pori-pori elemen-nya lebih besar dibanding dengan PS yang menggunakan oli lebih encer ?
Konstruksi filter oli relatif sama. Biasa yg menentukan rapat tidaknya saringan itu dr merk filter nya. Lain dgn filter bensin/solar yg beda2 konstruksinya.
Just for info, dr list yg saya dapatkan filter oli Pajero sport 2,5 diesel bisa subtitusi dgn L300D & Kuda D (part no MD069782).
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
[quote="BADAK]
om Badak, apakah konstruksi elemen penyaring didalem filter tidak mempengaruhi ke-efektifan penyaringan ?
maksud nubie, mungkin konstruksi dan bahan masing-masing filter oli bisa berbeda, misalnya yang untuk L300 yang menggunakan oli mesin lebih kental mungkin pori-pori elemen-nya lebih besar dibanding dengan PS yang menggunakan oli lebih encer ?[/quote]
Konstruksi filter oli relatif sama. Biasa yg menentukan rapat tidaknya saringan itu dr merk filter nya. Lain dgn filter bensin/solar yg beda2 konstruksinya.
Just for info, dr list yg saya dapatkan filter oli Pajero sport 2,5 diesel bisa subtitusi dgn L300D & Kuda D (part no MD069782).[/quote]
kalo untuk produk lokal, yang banyak dijumpai dipasaran merk S*kur* dan Un*on, elemennya yang lebih rapat/halus yang mana ya om ? (dengan pemikiran nubie semakin halus/rapat, semakin baik menyaring partikel-partikel)
atau ada rekomendasi merk lain yang okey ?
Saya jg nubie om, tp coba bnt jawab ya.
Minyak rem gak boleh dicampur antara DOT3 & DOT4. Myk rem merah dgn putih jg gak blh dicampur. Fatal kl smp menggumpal, master rem bisa macet.
Istilah netral maksudnya bisa dicampur minyak rem sesama DOT, sesama warna, blh beda merk. CMIIW.
Kalo filter tidak semata dr kerapatan saringannya. Kualitas material jg sangat berpengaruh. Untuk merk2 yg beredar dipasaran konstruksinya gmn krg memperhatikan om, jd gak bisa bantu jawab.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today