Udah pasti tahun depan. Cuman bulan kapan saya ngak tau. Best guess mungkin IIMS 2012 ? Tergantung juga progress upgrade kapasitas pabrik Nissan di Cikampek saat ini kena delay ngak. Karena jika upgrade mereka kena delay, bisa saja NV200 delay.
Karena sekarang mereka udah full capacity. Lihat aja Juke. Saat launch ordernya aja bulan pertama udah +-4000, tapi deliverynya cuman mampu 1000an sebulan belakangan ini. Sampai antriannya panjang.
Ini yang bikin orang nyindir " kok cuman laku segitu ? Belum bisa masuk top 10 ? ". Padahal mereka ngak tau, bukan kustomernya kurang banyak, tapi kapasitas produksinya udah mentok. Seperti restoran udah penuh bangkunya, gimana mau lebih ramai lagi ?
1 lagi point penting : Mobil van sliding door ginian, vs pintu engsel, salah jika hanggap lebar interiornya sama, kalau lebar exteriornya pun sama. Contoh :
Lebar Grand Livina 1690 mm exteriornya. Serena juga 1695 mm. Beda cuman 5 mm doang. Apakah lebar dalamnya sama ? Yang sudah pernah duduk di dalam 2 mobil ini, akan sadar, beda jauh !
Kok bisa ? Kan sama sama +-1695 mm. Menurut saya, ini karena
1. Bentuk badan GL lebih bulat. Jadi dari bawah ke atas lebih banyak curvenya. Memang bikin lebih cakep, tapi akibatnya, interior space otomatis lebih sempit. Seperti ruang bulat vs pure kotak, ruang bulat lebih kecil meskipun lebarnya sama.
Itulah kenapa mobil yang paling lega di Indonesia saat ini semuanya kotak yang katanya " hancur " bentuknya : alphard (hancur juga ternyata tampangnya yah ?), Serena, Elgrand, H1, luxio, Caravel dll.
2. Sliding door ngak ada side trim yang nonggol +- 8 centi ke dalam, seperti mobil pintu engsel. Call it side door armrest ? Yang ada tombol switch untuk buka kaca itu. Kalau NV200, seperti mayoritas sliding door, ngak ada trim yang nonggol masuk banyak. Jadi lebih lega.
Itu trim kiri kanan yang masuk, satu sisi ambil tempat sekitar 8 centi, jadi kiri kanan udah nyita space lebar 16 cm. Jadi mobil seperti GL, avanza yang pintu engsel, interiornya aja udah keambil ruang lebar 160 mm. Mobil sliding door dikit sekali yang kemakan side armrest gitu.
Jadi 1695 mmnya NV200 lebar interiornya bisa saja setara dengan mobil pintu engsel yang lebih besar dimensi extnya. Karena saya ingat, duduk di captain seat Serena, lihat celah antara 2 captain seat, jelas sisa space masih banyak untuk 1 orang dewasa lagi.
Ruang kepala juga pengaruh sense of space. Atap rendah kesannya sempit. Atap tinggi kesannya lega. Yang pernah masuk ke dalam Renault Kangoo pasti tau, tu mobil kan kecil, tapi karena atapnya tinggi banget, masuk langsung berasa lega interiornya.
Jika ada yang ingin lihat, dan kebetulan ke Eropa atau China selain Jepang, sudah bisa lihat NV200 ini. Sayang saya cuman lihat versi 5 seaternya doang, ngak ada waktu untuk hunting versi 7 seatnya.
All I can say is NV200 ini ruang interiornya nyaris sama ama Serena (lah lebarnya aja sama, bentuknya mirip, NV malah lebih tinggi, cuman panjangnya lebih pendek +- 16 centi. Head room lebih lega (Serena tingginya 1815 vs NV 1855 mm).
Berikut saya akan cari laporan test drive versi 7 seatnya dari Eropa, plus berapa photo lagi.