Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by maskopat »

VanzMatic wrote:Well, kalau saya, karena menurut saya, mustahil saya bisa mendapatkan / beli lagi macam mobil murah yg saya miliki sekarang, walaupun saya membeli merk jepangan, tapi saya ngga ada rencana untuk menjualnya. Saya berencana untuk memeliharanya selama mungkin, sehati-hati mungkin. Karena itu, sy mencari yg secara desain sreg di hati, mudah kompromi kalau kantong si empunya sedang kempes, terbukti tdak bikin kantong jebol selama memelihara, yaa dari ongkos ngerawatnyaa, wong ongkos serpis rutin 500-600rb aja udah kerasa kok, belum lagi buat pajak tahunannya.. Daya tahan, yaa kalau belum terbukti memiliki daya tahan, lantas bagaimana saya bisa mendapatkan kembali ganti uang saya yg terlanjur beli, kalu ternyata tidak memiliki daya tahan yang baik?? Apa ngga malah bikin tambah jebol kantong sy...?

Kenyataannya sy ini bukan termasuk masy Indonesia yg berkecukupan.. wong utk premi asuransi kendr aja belum ada post anggarannya.. Premi asuransi kecelakaan diri aja udah lama saya lepas. ya itu tadi, masih harus banyak kompromi dengan post2 pengluaran yang jauuuh lebih pokok: Makan, minum, operasional rumah dan harian, dan yang utama, sekolah anak2 serta menabung.

Mudahan rejeki selalu bertambah yaa, jadi bisa lebih longgar untuk pos pengeluaran lain.. :e-pray:

Maaf supir truk ngelantur kelamaan... Balik cek tangki solar ah...
:big_peace:
aamiin.... :e-pray:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by maskopat »

vote42ner wrote:Amin..smoga smua members SM biru selalu di berkati oleh Tuhan..
semoga member ijo ngasih bantuan materi ke member biru... :e-pray:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by toyotaman »

Untuk honda, saya temukan angka produksi mereka agustus 2011, juga sudah lebih normal banding maret saat tsunami :

http://world.honda.com/news/2011/c11083 ... index.html

Bulan agustus mereka lepaskan total 206,727 atau setahun sekitar 2.48 juta mobil.


Untuk Nissan, July 11 mereka lepaskan total 388,680 atau sekitar 4,66 juta mobil di jadikan satu tahun (jika di hanggap bulan tsunami maret - june produksinya mirip ama bulan July, supaya lebih fair kalau di banding ama angka GM, VW, Hyundai gitu yang ngak kena tsunami).


Dan trend penjualan Nissan juga naik terus seperti Hyundai / Kia. Bisa jadi tembus 5 juta akhir tahun kalau di annualised.


Angka produksi biasanya dekat ama penjualan. Buktinya bulan July Nissan jual total 378,879 mobil, nyaris sama ama angka produksi sebanyak 388,680.


http://www.nissan-global.com/EN/NEWS/20 ... -01-e.html

Partnernya Renault juga lumayan sebenernya. Mau di cap rating rendah ama jd power / CR, 6 bulan pertama 2011 mereka jual total 1.4 juta mobil, atau sekitar 2.8 juta untuk tahun 2011.

http://www.just-auto.com/news/renault-s ... 12557.aspx


Jadi menarik kan ? honda dapat rating tinggi, Renault rating rendah. Buktinya seluruh dunia, total volume Renault malah lebih besar dikit banding honda (di annualised pakai bulan agustus, di mana level produksi honda udah mendekati normal paska tsunami).


Jadi total penjualan Group Nissan / Renault untuk tahun 2011 di perkirakan sekitar 4.66 + 2.8 = 7.46 juta mobil. Angka yang ngak kecil. Kalau di jadikan satu group, malah group ini masuk top 3. Penjualannya ngak beda jauh amat banding GM dan VW.


Cuman ada orang bilang seharusnya di pisah. Ini terserah. Menurut saya, ngak salah di gabung, seperti Hyundai dan Kia kan udah satu group, toyota dan dai sudah satu group, wong CEO Renault dan Nissan sama satu orang.
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by BADAK »

maskopat wrote:
vote42ner wrote:Amin..smoga smua members SM biru selalu di berkati oleh Tuhan..
semoga member ijo ngasih bantuan materi ke member biru... :e-pray:
Member SM ijo disini kyk nya cmn pak Abu & om NG doang :upss:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by toyotaman »

Saya kumpulkan data Agustus atau July 11 dulu, supaya tau size masing masing pemain seperti apa bulan agustus tahun ini. Masalah growth rate banding tahun lalu nyusul. One at a time.


Yang udah pasti, Hyun Kia grownya cepat di mana mana seperti cell kanker (kecuali negara minor seperti Indonesia). Apalagi di Amrik, China, ngeri man, para CEO pabrik mobil Jepang dalam hati pasti ngak nyaman....


Projected sales 2011 mereka sangat mungkin mencapai 6 jutaan. Ingat, saya pakai bulan agustus, tapi mereka kan lagi accelerate salesnya. Ini dari merek yang 10 tahun lalu di mana mana di tertawakan ! Mereka sudah banyak berubah !

VanzMatic wrote:
toyotaman wrote:Data paling up to date : Bulan Agustus 2011 :

Hyundai jual 307,320 seluruh dunia bulan Agustus 2011.

http://worldwide.hyundai.com/company-ov ... istNum=293

Kia juga ternyata galak, seluruh dunia dia jual 197,695 mobil di bulan Agustus.

http://www.4-traders.com/news/Kia-Motor ... 785496/Wed



Hyundai dan Kia kan sekarang satu Group, seperti toyota dan daihatsu. Jadi di jadikan satu, bulan Agustus mereka jual 307,320 + 197,695 = 505,015 bulan Agustus.


Kalau di jadiin satu tahun, mereka jual 6,060,180 mobil ! Dan trend mereka kan tumbuh terus, ngak stabil tiap bulan. Jadi bisa nanti akhir tahun 2011 pasti dengan gampang mereka jual lebih dari 6 juta mobil !



6 juta lebih ! Bukan angka yang kecil !


-cut-
Walaupun satu grup macam Avania, toh data penjualan duet Avania ini engga dijadikan satu kan? Lebih baik bicara real data saja sudah cukup kita tau pergerakan duet HyunKia ini.

Satu lagi, tolong ya, kalau data bulan Agustus 2011, jangan dikalikan dengan 12 bulan untuk memprediksi pertumbuhan setaun.. Setau saya, untuk memprediksi ekspektasi pertumbuhan penjualan, dicompare dengan data penjualan bulan Agustus 2010, dari situ kita bisa lihat, prediksi ke depan untuk setahun. Terlalu dini dan sangat tidak mendasar kalau kita katakan untuk duabelas bulan ke depan diprediksi sekian ribu unit bulan ini dikalikan 12 bulan.

kalau om toyotaman punya data penjualan hyunkia (masing-masing, alias tidak digabung) pada bulan Agustus 2010, kita bisa prediksikan estimasi penjualan paling optimis untuk bulan Agustus 2012.

:big_peace:
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by abrof »

Sedikit OOT tapi masih nyerempet2..minggu lalu seminggu di Gorontalo....ternyata banyak perubahan pasar otomotif.....tadinya (tahun lalu) hanya bisa liat merk Toyota-Daihatsu, Suzuki, Phanter. Sekarang Nissan, Honda dah seliweran ternyata Nissan dah buka dealer/beres...yang lucu banyak banget Honda...tapi yang jual hanya showroom gak resmi...jadi beres masih ke Manado (420km jaraknya, ditempuh 8-9 jam)....padahal seluruh line-up berseliweran mulai Jazz sampai Odyssey....ternyata Honda tetep dibeli orang karena modelnya...gak ada beres terdekat tetep dibeli....Halo HPM gak liat peluang?

Hyundai pun sudah ada....tapi beres di Manado pun gak ada........walau tidak sebanyak merk Jepang di atas....saya cuman liat AtoZ, sama Verna...
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by toyotaman »

Tapi yang bikin saya paling kagum sebenernya adalah VW. Kenapa ? Di antara pabrik mobil yang gede gede, VW lah yang selalu di cap rating " super rendah " ama jd power, CR gitu. Ngak pernah VW di kasih rating yang bagus. Malah ratingnya mendekati bottom.


VW seperti anak tirinya para lembaga rating agency, selalu di kasih 1 bintang doang gitu.


Cuman lihat fakta di lapangan di bulan July 2011 :


http://www.chinapost.com.tw/business/co ... eports.htm


July mereka seluruh dunia jual 665,600 mobil, atau annualised sekitar nyaris 8 juta ! Jadi saat ini VW di sebut world no.2, di belakang General Motors yang sekitar 9 juta.


Hows that untuk perusahaan mobil yang ngak pernah di pandang bagus ama para rating agency, Moodys nya dunia otomotif jd power dan CR ? Not bad menurut saya !


Kecuali yakin itu 8 juta konsumen VW setahun bodoh, mau beli mobil bobrok....Ngak dengarkan kata jd power gitu....Justru saya lebih terkesan ama prestasi VW yang bisa lawan GRAVITASI handicap low rating.


Di banding seperti merek honda yang sering di bantu, di kasih rating amat tinggi, sebelum tsunami pun ternyata level salesnya honda ngak sampai setengahnya VW. Kalau gini, mau ngomong apa lagi mengenai rating gituan ?


Di banding para raksasa, jelas penjualan Hyundai / Kia di level sekitar 6 juta bukan hal yang bisa di tertawakan lagi.
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by VanzMatic »

toyotaman wrote:Untuk honda, saya temukan angka produksi mereka agustus 2011, juga sudah lebih normal banding maret saat tsunami :

http://world.honda.com/news/2011/c11083 ... index.html

Bulan agustus mereka lepaskan total 206,727 atau setahun sekitar 2.48 juta mobil.


Untuk Nissan, July 11 mereka lepaskan total 388,680 atau sekitar 4,66 juta mobil di jadikan satu tahun (jika di hanggap bulan tsunami maret - june produksinya mirip ama bulan July, supaya lebih fair kalau di banding ama angka GM, VW, Hyundai gitu yang ngak kena tsunami).


Dan trend penjualan Nissan juga naik terus seperti Hyundai / Kia. Bisa jadi tembus 5 juta akhir tahun kalau di annualised.


Angka produksi biasanya dekat ama penjualan. Buktinya bulan July Nissan jual total 378,879 mobil, nyaris sama ama angka produksi sebanyak 388,680.


http://www.nissan-global.com/EN/NEWS/20 ... -01-e.html

Partnernya Renault juga lumayan sebenernya. Mau di cap rating rendah ama jd power / CR, 6 bulan pertama 2011 mereka jual total 1.4 juta mobil, atau sekitar 2.8 juta untuk tahun 2011.

http://www.just-auto.com/news/renault-s ... 12557.aspx


Jadi menarik kan ? honda dapat rating tinggi, Renault rating rendah. Buktinya seluruh dunia, total volume Renault malah lebih besar dikit banding honda (di annualised pakai bulan agustus, di mana level produksi honda udah mendekati normal paska tsunami).


Jadi total penjualan Group Nissan / Renault untuk tahun 2011 di perkirakan sekitar 4.66 + 2.8 = 7.46 juta mobil. Angka yang ngak kecil. Kalau di jadikan satu group, malah group ini masuk top 3. Penjualannya ngak beda jauh amat banding GM dan VW.


Cuman ada orang bilang seharusnya di pisah. Ini terserah. Menurut saya, ngak salah di gabung, seperti Hyundai dan Kia kan udah satu group, toyota dan dai sudah satu group, wong CEO Renault dan Nissan sama satu orang.
Alaa, tinggal bilang aja kalo ANE yang bilang gitu, ya kan?? :mky_03:

Walaupun beda merk dan satu grup, IMO, segment konsumennya berbeda. Sama seperti AvaNia. Bahkan untuk merk yang berbeda benua tapi satu grup seperti Renault Nissan, segmentasinya beda, jadi lebih bijaksana apabila data dipisah. Karena menyangkut performance masing2 perusahaan dalam suatu group of company. Data penjualan Avanza dan Xenia menurut Gaikindo, juga dipisah khan?

Performance perusahaan ke depan itu PASTI diukur berdasarkan prestasi bulan yang sama pada periode sebelumnya, sehingga perusahaan bisa ancang2 menentukan berapa ekspektasi biaya, laba, bla bla bla sampai kepada deviden.

Kalau bung Toyotaman belum memiliki data pasti bulan agustus 2010, silakan ditelusur lagi.


*sory, terlalu OOT, balik ke pool, gosok bersihin kampas rem*
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Abu2 »

BADAK wrote:
maskopat wrote:
vote42ner wrote:Amin..smoga smua members SM biru selalu di berkati oleh Tuhan..
semoga member ijo ngasih bantuan materi ke member biru... :e-pray:
Member SM ijo disini kyk nya cmn pak Abu & om NG doang :upss:

SM Ijo apaan seh? :e-think:
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by toyotaman »

Nah, itu yang saya bilang, di Indonesia, sebenernya, faktor utama adalah selain harga, tampang, design, juga apakah konsumen percaya ngak ama mutu mereknya ?


Kalau percaya, beresnya dikit pun, agak jauh pun orang tetap beli kok. Karena mereka pikir, toh yakin ngak bakal sering rusak, jarang ke beres, asal gue suka, ngak masalah beresnya lebih dikit.


Sebaliknya, kalau belum percaya ama mutunya, mau beresnya ada 300 pun percuma, ngak bakal di beli. Cuman ada batasnya sih, jangan sampai beresnya cuman ada 5 gitu seluruh Indonesia. Dan di banyak kota besar ngak ada beres kan juga ngeri.


Nanti ada apa apa di Jawa tengah misalnya, bantuan lama sekali. Misalnya mogok di Banyumas, di Semarang kalau ngak ada beres, di Solo, Jogja juga ngak ada, aje gile artinya harus nunggu bantuan dari Jakarta yang amat jauh ! Atau Surabaya !


Tapi Hyundai / Kia ngak separah gitu kok. Seperti saya udah list, mereka di hampir semua kota strategis minimal ada satu beres yang siap bantu. Mereka sudah ada 28 beres saat ini, not bad dan cukup untuk sales mereka yang masih kecil saat ini.


Contoh merek yang udah mati karena juga beresnya bisa di hitung pakai jari tangan ya seperti Daiwoo, Sangyong gitu, beresnya di Jakarta aja saya ngak tau di mana ? Kalau udah kasus gini, di kasih pun mobilnya akan langsung coba di jual ! Ngak bakal di pakai !


Karena kalau stuck di Jawa, wah, akan harus nunggu 3 jam atau lebih kali sebelum ada bantuan. Itu kalau tau beresnya di mana dan telponnya.


abrof wrote:Sedikit OOT tapi masih nyerempet2..minggu lalu seminggu di Gorontalo....ternyata banyak perubahan pasar otomotif.....tadinya (tahun lalu) hanya bisa liat merk Toyota-Daihatsu, Suzuki, Phanter. Sekarang Nissan, Honda dah seliweran ternyata Nissan dah buka dealer/beres...yang lucu banyak banget Honda...tapi yang jual hanya showroom gak resmi...jadi beres masih ke Manado (420km jaraknya, ditempuh 8-9 jam)....padahal seluruh line-up berseliweran mulai Jazz sampai Odyssey....ternyata Honda tetep dibeli orang karena modelnya...gak ada beres terdekat tetep dibeli....Halo HPM gak liat peluang?

Hyundai pun sudah ada....tapi beres di Manado pun gak ada........walau tidak sebanyak merk Jepang di atas....saya cuman liat AtoZ, sama Verna...
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Nightster Guy »

BADAK wrote:
maskopat wrote:
vote42ner wrote:Amin..smoga smua members SM biru selalu di berkati oleh Tuhan..
semoga member ijo ngasih bantuan materi ke member biru... :e-pray:
Member SM ijo disini kyk nya cmn pak Abu & om NG doang :upss:
ImageImageImageImage
toyotaman wrote:Saya kumpulkan data Agustus atau July 11 dulu, supaya tau size masing masing pemain seperti apa bulan agustus tahun ini. Masalah growth rate banding tahun lalu nyusul. One at a time.

- CUT -

Projected sales 2011 mereka sangat mungkin mencapai 6 jutaan. Ingat, saya pakai bulan agustus, tapi mereka kan lagi accelerate salesnya. Ini dari merek yang 10 tahun lalu di mana mana di tertawakan ! Mereka sudah banyak berubah !

- CUT -
Y, di beberapa film Hollywood, Hyundai jadi bahan ejekan hehehe.... Kesannya mobil bulukan gak kelas abal2. Well, Koreans, bangsa yang cepat (dan mau) belajar keras.

Pasar Indo yang kurang lebih penyerapan 600K ++ unit setaun (CMIIW) ini masak iya blom cukup dianggap potensial y ama Korea? Tapi memang masih kalah ketimbang Thai y?
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by VanzMatic »

toyotaman wrote:Nah, itu yang saya bilang, di Indonesia, sebenernya, faktor utama adalah selain harga, tampang, design, juga apakah konsumen percaya ngak ama mutu mereknya ?


Kalau percaya, beresnya dikit pun, agak jauh pun orang tetap beli kok. Karena mereka pikir, toh yakin ngak bakal sering rusak, jarang ke beres, asal gue suka, ngak masalah beresnya lebih dikit. -cut-
Karena jawaban om Toyotaman meng-quote om abrof, secara pembahasan, relevan lah om TM, karena apa?
abrof wrote:Sedikit OOT tapi masih nyerempet2..minggu lalu seminggu di Gorontalo....ternyata banyak perubahan pasar otomotif.....tadinya (tahun lalu) hanya bisa liat merk Toyota-Daihatsu, Suzuki, Phanter. Sekarang Nissan, Honda dah seliweran ternyata Nissan dah buka dealer/beres...yang lucu banyak banget Honda...tapi yang jual hanya showroom gak resmi...jadi beres masih ke Manado (420km jaraknya, ditempuh 8-9 jam)....padahal seluruh line-up berseliweran mulai Jazz sampai Odyssey....ternyata Honda tetep dibeli orang karena modelnya...gak ada beres terdekat tetep dibeli....Halo HPM gak liat peluang?

Hyundai pun sudah ada....tapi beres di Manado pun gak ada........walau tidak sebanyak merk Jepang di atas....saya cuman liat AtoZ, sama Verna...
ya, karena nama Honda, merk yang udah cukup bangkotan di Indonesia, dan mungkin beberapa orang yang pernah memakai Nissan jaman dulunya (jaman Cefiro, apalagi sekarang didukung dengan naik pamornya Cefiro sebagai mobil bahan untuk drifting, shg orang bicara lagi brand Nissan yang sempat mati suri)
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by toyotaman »

Selama ini saya rasa banyak orang agak salah kaprah ama pusat Hyundai. Kirain mereka ogah banget ama Indonesia. Tapi coba kita pelajari line-up lengkap mereka seluruh dunia saat ini lagi :


http://worldwide.hyundai.com/Showroom/all-models.html


Coba, andai kata kita masing masing adalah Chung Mong Koo, boss Hyundai. Udah tau Indonesia volume paling gede adalah MPV dan SUV range harga 150-200 juta. Sedan ngak ada yang volumenya berarti meskipun merek Jepang pun.


Sekarang coba pilih dari collection Hyundai yang sudah bisa di CKD saat ini. Mau pilih yang mana lagi untuk Indonesia ? H1 sudah. Tucson katanya sudah juga.


Class sedan / hatchback 2 baris, saya rasa OUT deh. Wong Jepang aja susah, kecuali cakep banget seperti jazz. Itupun mau lawan jazz / Juke sulit.


Jadi tinggal class MPV dan SUV yang ada peluang. Dan di class ini mereka tinggal ada :

MPV : Cuman ada H1 ! Saya aja baru tau dan kaget ! Dan ini sudah di CKD. Dan 350-400 jt udah ngak bisa lebih murah lagi.


SUV : Tinggal VeraCruz, dan ini SUV mahal, mau lawan Jepang sulit !


Itulah kenapa saya rasa Hyundai ngak ada pilihan lain kecuali Tucson dan Santa Fe CKD. Kalau ix20, itu jelas adalah hatchback lagi.


Jadi kendala utama Hyundai adalah BELUM ADA MPV murah ! SUV murah Tucson sudah di jual, dan buktinya responsnya lumayan katanya. Padahal 300 jt. Apalagi kalau ada MPV Hyundai 3 baris 150-200 jt ?


Seperti dulu bintang Hyundai kan si Trajet MPV itu ?


Saya rasa Mukiat Sutikno, mantan Presdir GMI, ngak sadar kali, meskipun Hyundai pusat kuat, tapi untuk di Indonesia, dia akan pusing nanti gimana mau naikin sales di Indonesia, karena seluruh koleksi Hyundai TIDAK ADA 1 MPV murah pun !


Mau beg pusat terus, pusat juga paling reply " Sorry, saat ini kita belum ada MPV murah ! "


Masih mending tetap di GM kali, udah mau keluarin MPV 3 baris murah ngak lama lagi. Lebih ada peluang. Maybe dia seharusnya jangan tinggalkan GMI dulu, kecuali internal memang ada masalah yang bikin ngak betah di GMI....


Jadi HMI sejago apapun, pakai advice Hermawan Kartajaya dengan tariff mahal pun, tanpa MPV murah, percuma, ngak bisa gerak saat ini. Sad but true. Dan bukan salah HMI juga. Pusat belum kirim senjata yang cocok.


Tapi saya rasa, Santa Fe 7 seater kalau di CKD, harga turun ke sekitar 310 juta lumayan ada peluang kali yah ?
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by vote42ner »

maskopat wrote:
vote42ner wrote:Amin..smoga smua members SM biru selalu di berkati oleh Tuhan..
semoga member ijo ngasih bantuan materi ke member biru... :e-pray:
beneran mau????? :mky_02:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Nightster Guy »

Weleh. Berarti bisa dibilang udah kartu mati nih, sementara. Wonk memang lineup nya gak ada, mo diapain y? Justru yang itulah yang paling dibutuhin market Indo saat ini, MPV murah 7 seater. Murahnya di level psikologis max 200 jeti.

Kalo SUV 7 seater dijual seharga kepala 300 kecil (andaikan bisa), IMHO peluang laku besar ada, terutama buat kaum urban commuter.
Das Beste oder nichts.
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by toyotaman »

Betul. Ibaratnya Nissan, honda gitu punya kartu as, Hyundai sepintar apa pun saat ini cuman ada kartu biasa. 2 wajik, 4 spade gitu.


NO CHANCE. Apakah Mukiat Sutikno tidak sadar hal ini ? Takutnya dia nanti di HMI ngak bisa naikin penjualan banyak, jadi ngak happy lagi di sono, padahal bukan salah dia. Penasaran juga sih kenapa dia mau tinggalkan GMI. Padahal saat ini mau bangkitkan HMI juga sulit dengan senjata terbatas sekarang.


Dan selama daya beli Indonesia masih ngak tinggi, selama orang Indonesia suka ramai ramai, selama pajak sedan tinggi, Indonesia akan selalu maunya MPV / SUV 3 baris 150-200 jt.


SELALU. Liat aja kasus Livina XR. Grand Livina kan laku banget. Begitu bokongnya, kursi baris 3nya di POTONG, langsung penjualannya ambles. Padahal lebih murah !


Phenomena ini mungkin cuman ada di Indonesia aja kali. Suka banget ama kursi baris 3, termasuk saya !


Orang Nissan pusat mungkin saat racik Livina XR, mereka ngak duga begitu pentingnya baris 3 di pasar mobil Indonesia. Ngak nyangka saudara kembar, tapi yang punya bokong extra long dengan kursi extra nasipnya jauh lebih bagus.


Andai kata avanza baris 3nya juga di potong habis, volumenya juga akan melorot banyak kali....Sama dengan innova. Dulu dengar mau keluar versi 5 seater, tapi toyota sadar kali percuma, jadi ngak jadi terus....



Nightster Guy wrote:Weleh. Berarti bisa dibilang udah kartu mati nih, sementara. Wonk memang lineup nya gak ada, mo diapain y? Justru yang itulah yang paling dibutuhin market Indo saat ini, MPV murah 7 seater. Murahnya di level psikologis max 200 jeti.

Kalo SUV 7 seater dijual seharga kepala 300 kecil (andaikan bisa), IMHO peluang laku besar ada, terutama buat kaum urban commuter.
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Abu2 »

om TM,
entah gimana caranya, bisa ndak bilangin ke NIssan agar nissan keluarin Xtrail versi 3 baris,
bukan hanya versi peslip sana sini :off_no:

gak kebayang jika CRV tiba2 ngeluncuri "all all new new crv" nya, yg konon gosipnya ada baris ketiga :shrug:
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by toyotaman »

Wah, itu kalau ada mobil impian saya juga tuh ! Cuman yang saya tau, bikin satu model baru bukan mahal lagi tapi SUPER MAHAL !


Bahkan mau rakit mobil di Indonesia seperti Nissan Pathfinder 3 baris itu aja juga no chance, karena induk plantnya ada di Eropa. Mau jadiin Indonesia jadi mother plant Pathfinder juga ngak feasible, kecuali volumenya sangat besar. Investasinya sangat besar.


Mereka terpaksa pilih dari berapa model yang di sebut " Global models " yang bisa adaptasi ke pabrik di manca negara, seperti X-Trail, Juke, March gitu yang ada di mana mana. Ngak perlu mother plant gitu.


Kalau seperti Serena C25, Lafesta, Pathfinder, Elgrand gituan yang bukan global model, jangan harap deh. Tapi dengar kabar Serena C26 di jadiin global model lagi, jadi nanti akan di CKD di Indonesia, dan juga Malaysia, negara lain....


Tapi NV200 not bad kok. Cuman kalah gagah aja ama SUV.


Abu2 wrote:om TM,
entah gimana caranya, bisa ndak bilangin ke NIssan agar nissan keluarin Xtrail versi 3 baris,
bukan hanya versi peslip sana sini :off_no:
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Turboman »

Selamat datang kembali :e-clap:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by VanzMatic »

Yap, saya juga ngejalanin sampingan bisnis mlm, yang mana temen SD saya sudah mencapai CR-V nya sebagai bonus. Waktu itu, saya belom tau, kayak gimana CR-V gen3. Saya begitu pengin ngejar. Begitu saya tau hanya 5 seater...oh nooooo........!!!! Mending saya ngejar bonus ke luar negeri aja deh! Trus saya liat tetangga pakai X-trail, saya cari tau kayak gimana X-trail itu...? Walaaaah tetep sami mawon 2 baris..!!

no... no... and no..

Reality
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Turboman »

toyotaman wrote: Tapi saya rasa, Santa Fe 7 seater kalau di CKD, harga turun ke sekitar 310 juta lumayan ada peluang kali yah ?
Agree, Santa Fe kalo dibuat affordable dan CRDi-nya bisa minum SoBus + parts mudah en affordable bisa rame
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by imsus2c »

Nightster Guy wrote:Jelas, Korea sudah belajar banyak sekarang. Masih pada inget kan gimana ugly nya desain Hyundai Coupe yang pernah masuk dulu, juga Hyundai Santa Fe gen I yang bulet2 GJ itu.

Well, dunia makin 'menyempit', siapapun, dalam kapasitas sebagai person yang mau terus mengeksplorasi diri, yang mana dalam hal ini the Koreans harus kita akui sebagai pribadi2 dengan etos dan etik kerja yang LUAR BIASA, akan mampu menyejajarkan diri dengan designer bangsa lain yang udah (jauh) lebih lama dikenal sebagai gudangnya designer.

Welcome, (South) Koreans.
cuma ada 2 kemungkinan atas desain itu; benci atau cinta :mrgreen: tidak bisa ditengahnya, alias memang bukan selera umum

aneh memang kalo bukan dibilang udik, bahkan di komunitas santier itu sendiri, mayoritas lebih suka dengan desain generasi 1 :e-think:

sampe pernah ada yg komentar, bagaimana kalo bikin gen baru lagi dengan body gen 1 tapi mesin pakai Hyundai R-diesel atau setidaknya jika yg bensin, sama dengan yg dipakai di generasi sekarang
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by VanzMatic »

imsus2c wrote:
Nightster Guy wrote:Jelas, Korea sudah belajar banyak sekarang. Masih pada inget kan gimana ugly nya desain Hyundai Coupe yang pernah masuk dulu, juga Hyundai Santa Fe gen I yang bulet2 GJ itu.

Well, dunia makin 'menyempit', siapapun, dalam kapasitas sebagai person yang mau terus mengeksplorasi diri, yang mana dalam hal ini the Koreans harus kita akui sebagai pribadi2 dengan etos dan etik kerja yang LUAR BIASA, akan mampu menyejajarkan diri dengan designer bangsa lain yang udah (jauh) lebih lama dikenal sebagai gudangnya designer.

Welcome, (South) Koreans.
cuma ada 2 kemungkinan atas desain itu; benci atau cinta :mrgreen: tidak bisa ditengahnya, alias memang bukan selera umum

aneh memang kalo bukan dibilang udik, bahkan di komunitas santier itu sendiri, mayoritas lebih suka dengan desain generasi 1 :e-think:

sampe pernah ada yg komentar, bagaimana kalo bikin gen baru lagi dengan body gen 1 tapi mesin pakai Hyundai R-diesel atau setidaknya jika yg bensin, sama dengan yg dipakai di generasi sekarang

Ini ya? CMIIW..
Image

IMO, kesan sedetik, kekuatan desain gen1 ini ada pada grill radiator yang menyerupai airscoop sehingga menimbulkan kesan sangar. Mungkinkah bahasa desain ini yang digandrungi Santier? :shrug: :shrug:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by imsus2c »

VanzMatic wrote:
imsus2c wrote:
Nightster Guy wrote:Jelas, Korea sudah belajar banyak sekarang. Masih pada inget kan gimana ugly nya desain Hyundai Coupe yang pernah masuk dulu, juga Hyundai Santa Fe gen I yang bulet2 GJ itu.

Well, dunia makin 'menyempit', siapapun, dalam kapasitas sebagai person yang mau terus mengeksplorasi diri, yang mana dalam hal ini the Koreans harus kita akui sebagai pribadi2 dengan etos dan etik kerja yang LUAR BIASA, akan mampu menyejajarkan diri dengan designer bangsa lain yang udah (jauh) lebih lama dikenal sebagai gudangnya designer.

Welcome, (South) Koreans.
cuma ada 2 kemungkinan atas desain itu; benci atau cinta :mrgreen: tidak bisa ditengahnya, alias memang bukan selera umum

aneh memang kalo bukan dibilang udik, bahkan di komunitas santier itu sendiri, mayoritas lebih suka dengan desain generasi 1 :e-think:

sampe pernah ada yg komentar, bagaimana kalo bikin gen baru lagi dengan body gen 1 tapi mesin pakai Hyundai R-diesel atau setidaknya jika yg bensin, sama dengan yg dipakai di generasi sekarang

Ini ya? CMIIW..
Image

IMO, kesan sedetik, kekuatan desain gen1 ini ada pada grill radiator yang menyerupai airscoop sehingga menimbulkan kesan sangar. Mungkinkah bahasa desain ini yang digandrungi Santier? :shrug: :shrug:
kalo ada yg bilang sih, bulet2nya itu lho yg bikin eksotis dan aneh gitu :mky_03:

meskipun ga setara dan bisa dibilang lebay buat ngebandingin, coba aja perhatikan juga porsche cayene, sama juga bulet2 gitu :mky_01:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Turboman »

imsus2c wrote: sampe pernah ada yg komentar, bagaimana kalo bikin gen baru lagi dengan body gen 1 tapi mesin pakai Hyundai R-diesel atau setidaknya jika yg bensin, sama dengan yg dipakai di generasi sekarang
Wah sleeper dah tuh......ban - pelk standard juga misalnya, tapi shock ganti (pake HB atau Bilstein + Sway Bar / Underbrace) brake pad ganti juga, mesin pake 2200 cc CRDi R Spec 192 Bhp + A/T 6 speed + Piggyback + Exhaust free flow

Seru dah
* Bukan ajakan Beli *