c_adhi_k wrote:apa2an ininugroho bagor wrote:.............


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
c_adhi_k wrote:apa2an ininugroho bagor wrote:.............
Udah mau gosong om?nugroho bagor wrote:c_adhi_k wrote:apa2an ininugroho bagor wrote:.............di angkat aja om,biar gak tenggelem
Hansen wrote:kalo merek Power2000 gimana tuh...DOHC wrote:air aki abal2 kalo yg bro maksud itu merek apa bro... biar bisa dishare dimarih gt...Dino_lowrider wrote:
Air AKI : tidak semua air aki baik untuk radiator. Ane pernah mencoba memakai air aki abal2 , ternyata rata2 air aki abal2 diberi tambahan sedikit ASAM H2SO4 ( kandungan air accu Zuur ) walau konsentrasinya rendah. Secara sederhana coba rasakan air aki tersebut terasa agak kecut dan sedikit beruap/ bersoda. Ini sangat berbahaya bagi radiator dan engine. Hanya dalam waktu beberapa minggu membuat radiator rontok. Hati2. Untuk air aki kepala biru , ane kurang tahu , dan entah kenapa ane nggak yakin ya kalau itu benar2 destilasi ?? Karena ane pernah punya pengalaman buruk dengan air aki abal2 kaleee.... agak trauma hehehe....
Berhubung ane nggak sempat membeli air destilasi , ane pikir dengan air ac udah cukuplah , Apalagi udah ditambah coolant yang berkualitas baik. Walau nggak ideal tapi cukuplah apabila dibandingkan air tanah , mineral ,dan air aki abal2.
Mengenai air destilasi , kayaknya ada yang dijual di apotik ya?? Kalau ini ane yakin banget kualitasnya. Karena standartnya adalah standart untuk medic.
sejauh ini ane make air akir merek pafecta atau MF (murni formula)... denger2 dari tukang aki sehh yg bagus katanya merek tjap singa, cuman uda susah nyari nya...![]()
![]()
sebaiknya pake radiator coolant merk Toyota yg dijual di beres/dealer Toyota, warnanya shocking pink, harganya sekitar 95-100rb/gallon ... sy juga pake coolant Toyota utk mobil Pug 306 saya dan utk motor RR Daytona sayaPrast84 wrote:nah kalo gitu radiantor coolant yg recommended apa ya?soalnya saya pake mobil toyota dan apa bisa langsung isi coolant full tanpa campuran air diradiator???
om langsung tuang sajakan gak perlu dicampur atau kombinasi dengan air???JESKONENG wrote:sebaiknya pake radiator coolant merk Toyota yg dijual di beres/dealer Toyota, warnanya shocking pink, harganya sekitar 95-100rb/gallon ... sy juga pake coolant Toyota utk mobil Pug 306 saya dan utk motor RR Daytona sayaPrast84 wrote:nah kalo gitu radiantor coolant yg recommended apa ya?soalnya saya pake mobil toyota dan apa bisa langsung isi coolant full tanpa campuran air diradiator???
Masak om,saya kemarin habis nambah juga,juga ada kawan unit baru nambah juga,sudah ngolong g ada bocor tuhmontirangin wrote:ga wajar om pitbull..harusnya ga berkurang..kalo berkurang ada yg bocor
Secara teori kalau tidak pernah dibuka dan tidak ada yang bocor seharusnya memang tidak berkurang ya, systemnya kan close loop. Saat temperature naik sebagian akan expansi dan tekanan uapnya akan naik. Setelah dingin tekanan akan turun lagi karena vapournya akan condense lagi. Miriplah dengan close loopnya freon AC, kalau tidak ada yang bocor juga gak akan berkurang. Biasanya kalau tidak ada kebocoran radiator justru pada saat kita buka tutupnya/waktu ngecek dan masih kondisi pressurize itu sebagian uapnya keluar sehingga volumenya saat condense juga berkurang.DOHC wrote:rdiator berkurang ga wajar ??? yah wajar lahh berkurang...emang radiator itu isi nya benda padat ?? kl benda cair apalagi berupa air (mau campuran coolant atau kaga) dan dipanasin pasti menguap... itu tujuan ada nya radiator cap ama reservoir, dan makanya reservoir coolant pasti ada lobang hawa nya... basic logic...
oh my..![]()
![]()
btw kl nambahin, sebaik nya pas mesin dingin... kl masi panas itu pasti posisi air lg tinggi2 nya... tekanan lg tinggi2 nya shg coolant yg seharus nya ngalir dari atas ke bawah sirip radiator sbagian kedorong kluar via rads cap ke reservoir..
tp se close loop nya sistem radiator itu... pasti ada ruang udara nya om... itu lah sebab nya di tabung reservoir pasti ga dibkin rapet banget alias pasti ada lobang hawa nya... nahhh kl fluida dalam kondisi panas kan pasti dia mengeluarkan uap, dan kabur dari lobang hawa tsb, terlepas se rapet mungkin close loop dari si sistem radiator tsb... makanya, sdikit banyak pasti air radiator ada berkurang dan perlu ditambah... pengalaman dl mobil ane yg plg sering nambah itu livina... dr baru ampe dijual sbulan skali minimal nambah 100-200 cc coolant... paling jarang si ipah, 3-4 bulan baru nambah 100an cc .... cmiiw....Deasegara wrote:Secara teori kalau tidak pernah dibuka dan tidak ada yang bocor seharusnya memang tidak berkurang ya, systemnya kan close loop. Saat temperature naik sebagian akan expansi dan tekanan uapnya akan naik. Setelah dingin tekanan akan turun lagi karena vapournya akan condense lagi. Miriplah dengan close loopnya freon AC, kalau tidak ada yang bocor juga gak akan berkurang. Biasanya kalau tidak ada kebocoran radiator justru pada saat kita buka tutupnya/waktu ngecek dan masih kondisi pressurize itu sebagian uapnya keluar sehingga volumenya saat condense juga berkurang.DOHC wrote:rdiator berkurang ga wajar ??? yah wajar lahh berkurang...emang radiator itu isi nya benda padat ?? kl benda cair apalagi berupa air (mau campuran coolant atau kaga) dan dipanasin pasti menguap... itu tujuan ada nya radiator cap ama reservoir, dan makanya reservoir coolant pasti ada lobang hawa nya... basic logic...
oh my..![]()
![]()
btw kl nambahin, sebaik nya pas mesin dingin... kl masi panas itu pasti posisi air lg tinggi2 nya... tekanan lg tinggi2 nya shg coolant yg seharus nya ngalir dari atas ke bawah sirip radiator sbagian kedorong kluar via rads cap ke reservoir..
Sorry bro, betul saya lupa. Memang ada 2 type reservoir, fully pressurized dan vented. Yang saya sampaikan yang type fully pressurized, jadi tekanan sama dg yg didalam radiator dan tidak ada lobang ventnya dan sepertinya lebih awet, punya saya sudah 10 bulan belum berkurang levelnyaDOHC wrote:tp se close loop nya sistem radiator itu... pasti ada ruang udara nya om... itu lah sebab nya di tabung reservoir pasti ga dibkin rapet banget alias pasti ada lobang hawa nya... nahhh kl fluida dalam kondisi panas kan pasti dia mengeluarkan uap, dan kabur dari lobang hawa tsb, terlepas se rapet mungkin close loop dari si sistem radiator tsb... makanya, sdikit banyak pasti air radiator ada berkurang dan perlu ditambah... pengalaman dl mobil ane yg plg sering nambah itu livina... dr baru ampe dijual sbulan skali minimal nambah 100-200 cc coolant... paling jarang si ipah, 3-4 bulan baru nambah 100an cc .... cmiiw....Deasegara wrote:Secara teori kalau tidak pernah dibuka dan tidak ada yang bocor seharusnya memang tidak berkurang ya, systemnya kan close loop. Saat temperature naik sebagian akan expansi dan tekanan uapnya akan naik. Setelah dingin tekanan akan turun lagi karena vapournya akan condense lagi. Miriplah dengan close loopnya freon AC, kalau tidak ada yang bocor juga gak akan berkurang. Biasanya kalau tidak ada kebocoran radiator justru pada saat kita buka tutupnya/waktu ngecek dan masih kondisi pressurize itu sebagian uapnya keluar sehingga volumenya saat condense juga berkurang.DOHC wrote:rdiator berkurang ga wajar ??? yah wajar lahh berkurang...emang radiator itu isi nya benda padat ?? kl benda cair apalagi berupa air (mau campuran coolant atau kaga) dan dipanasin pasti menguap... itu tujuan ada nya radiator cap ama reservoir, dan makanya reservoir coolant pasti ada lobang hawa nya... basic logic...
oh my..![]()
![]()
btw kl nambahin, sebaik nya pas mesin dingin... kl masi panas itu pasti posisi air lg tinggi2 nya... tekanan lg tinggi2 nya shg coolant yg seharus nya ngalir dari atas ke bawah sirip radiator sbagian kedorong kluar via rads cap ke reservoir..
betul bahwa yang bikin berkarat adalah O2Atmaja wrote: Mon Jul 31, 2017 0:56 Jgn mudah tertipu, oleh pedagang, ada solusi murah, si pedagang kelimpungan, takut ga laku, padahal yg dijual barang merek luar negeri yg belinya pakai devisa.
Sekali lagi, air murni tidak dapat membuat logam berkarat. Yg menyebabkan karat/ oksidasi adalah reaksi O2 dgn logam.