MAZDA CX-7 2.5L
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: MAZDA CX-7 2.5L
maap om leon tyt udah buka thrid ask cx7 ya. br baca2
reviewnya kagak ada nih
sekalian post disini donk
belinya yg gt atau yg biasa om?
2nd rownya gimana? sempitnya kebangeten gak sih.
reviewnya kagak ada nih
sekalian post disini donk
belinya yg gt atau yg biasa om?
2nd rownya gimana? sempitnya kebangeten gak sih.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: MAZDA CX-7 2.5L
CX-7 sudah dipasang BOV HKS SSQV 3.
Sebenernya BOV itu adalah membuang angin dari turbo, agar tekanan pada turbo tidak berlebihan, sehingga turbo tidak mudah jebol.
Tapi ada yg bilang, BOV u/ Mesin Turbo yg besar, kalo Turbo kecil kaya yg di CX-7, malahan bikin turbo itu bekerja lebih berat karena angin yg ada kebuang, sehingga turbo mesti bekerja lebih keras.
Manakah yg benar? Mohon pencerahannya, apakah CX-7 perlu tidak pasang BOV, thks...
Sebenernya BOV itu adalah membuang angin dari turbo, agar tekanan pada turbo tidak berlebihan, sehingga turbo tidak mudah jebol.
Tapi ada yg bilang, BOV u/ Mesin Turbo yg besar, kalo Turbo kecil kaya yg di CX-7, malahan bikin turbo itu bekerja lebih berat karena angin yg ada kebuang, sehingga turbo mesti bekerja lebih keras.
Manakah yg benar? Mohon pencerahannya, apakah CX-7 perlu tidak pasang BOV, thks...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22
Re: MAZDA CX-7 2.5L
campoeran wrote:maap om leon tyt udah buka thrid ask cx7 ya. br baca2
reviewnya kagak ada nih
sekalian post disini donk
belinya yg gt atau yg biasa om?
2nd rownya gimana? sempitnya kebangeten gak sih.
Belum sempet review pak, masih agak repot

Beli yang GT, nanggung kalo beli yang biasa.
2nd row sempit tapi oke, dibanding harrier sempit, dibanding CRV xtrail gak sebrapa beda.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Pak mau klarifikasi yang di ruang sebelah, lupa saya ruang yang mana.AD74YA wrote:up up up
Ternyata material dashboard cx7 memang hard plastic semua, cuma door trim aja yang empuk2 itemnya. Cukup mengecewakan, harrier dashboardnya sudah empuk2 semua... Sempet menyesal sedikit.
Sampai saya minggu lalu coba testdrive Hyundai Tucson baru (290jt OTR, separo harga CX), dan all new crv, baru kecewa saya agak hilang. Interiornya Hyundai parah, kasar abis. CRV juga gak istimewa. Sekarang baru kerasa lagi kalo interior cx7 masih termasuk sangat OK, walau dashboard gak se empuk harrier.

-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: MAZDA CX-7 2.5L
BOV, atau untuk member yang belum tau, adalah Blow-off Valve fungsi utamanya adalah; meringankan tekanan udara yang masuk ke intake dengan disalurkan kembali keruang mesin, untuk terbuang atau tersedot kembali ke intake.peter79 wrote:CX-7 sudah dipasang BOV HKS SSQV 3.
Sebenernya BOV itu adalah membuang angin dari turbo, agar tekanan pada turbo tidak berlebihan, sehingga turbo tidak mudah jebol.
Tapi ada yg bilang, BOV u/ Mesin Turbo yg besar, kalo Turbo kecil kaya yg di CX-7, malahan bikin turbo itu bekerja lebih berat karena angin yg ada kebuang, sehingga turbo mesti bekerja lebih keras.
Manakah yg benar? Mohon pencerahannya, apakah CX-7 perlu tidak pasang BOV, thks...
Untuk CX7 sudah ada release/relief valve sebelum turbonya yang jalurnya ke arah bawah ruang mesin, desain seperti ini agar udara yang terbuang dari relief valve secara partial (sebagian) ada yang terhisap kembali ke turbo. Engineer Mazda pasti sudah memperhitungkan untuk efisiensi+performa maksimal jadi sebenernya nggak butuh tambahan apa2..
Penambahan BOV aftermarket bisa berakibat mesin kekurangan udara, sehingga tarikan menjadi berat. kecuali BOV aftermarketnya memang khusus replacement untuk CX7.. nah saya kurang tau BOV HKS SSQV khusus untuk CX7 atau universal?
Pak pak.. sejak kapan saya jadi bapak2... masih anak muda saya ini pak leo heheheheleonheart wrote:Pak mau klarifikasi yang di ruang sebelah, lupa saya ruang yang mana.AD74YA wrote:up up up
Ternyata material dashboard cx7 memang hard plastic semua, cuma door trim aja yang empuk2 itemnya. Cukup mengecewakan, harrier dashboardnya sudah empuk2 semua... Sempet menyesal sedikit.
Sampai saya minggu lalu coba testdrive Hyundai Tucson baru (290jt OTR, separo harga CX), dan all new crv, baru kecewa saya agak hilang. Interiornya Hyundai parah, kasar abis. CRV juga gak istimewa. Sekarang baru kerasa lagi kalo interior cx7 masih termasuk sangat OK, walau dashboard gak se empuk harrier.
santai saja pak.. terimakasih sudah klarifikasi..

Fotooooo uploaadd...leonheart wrote:campoeran wrote:maap om leon tyt udah buka thrid ask cx7 ya. br baca2
reviewnya kagak ada nih
sekalian post disini donk
belinya yg gt atau yg biasa om?
2nd rownya gimana? sempitnya kebangeten gak sih.
Belum sempet review pak, masih agak repot![]()
Beli yang GT, nanggung kalo beli yang biasa.
2nd row sempit tapi oke, dibanding harrier sempit, dibanding CRV xtrail gak sebrapa beda.

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Thks bro atas jawabannya. SSQV 3 yg universal. Kalo parts asli yg dari mazda, hanya terbuat dari plastik, katanya yg jual stainless lebih awet (HKS BOV) selain tentu menghasilkan suara encus2 yg keren bagi yg sukaAD74YA wrote:
BOV, atau untuk member yang belum tau, adalah Blow-off Valve fungsi utamanya adalah; meringankan tekanan udara yang masuk ke intake dengan disalurkan kembali keruang mesin, untuk terbuang atau tersedot kembali ke intake.
Untuk CX7 sudah ada release/relief valve sebelum turbonya yang jalurnya ke arah bawah ruang mesin, desain seperti ini agar udara yang terbuang dari relief valve secara partial (sebagian) ada yang terhisap kembali ke turbo. Engineer Mazda pasti sudah memperhitungkan untuk efisiensi+performa maksimal jadi sebenernya nggak butuh tambahan apa2..
Penambahan BOV aftermarket bisa berakibat mesin kekurangan udara, sehingga tarikan menjadi berat. kecuali BOV aftermarketnya memang khusus replacement untuk CX7.. nah saya kurang tau BOV HKS SSQV khusus untuk CX7 atau universal?

Tarikan yg bro maksud apakah setelah udara yg direlease oleh BOV karena kita angkat gas? Jadi ketika kita injak gas, kerja mesin lebih berat?
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Wajar saja oom kalau bov mazda terbuat dari palstic.. Pertama karena memang tekanan turbo tidak besar, kedua agar mesin tetap hening..peter79 wrote: Thks bro atas jawabannya. SSQV 3 yg universal. Kalo parts asli yg dari mazda, hanya terbuat dari plastik, katanya yg jual stainless lebih awet (HKS BOV) selain tentu menghasilkan suara encus2 yg keren bagi yg suka![]()
Tarikan yg bro maksud apakah setelah udara yg direlease oleh BOV karena kita angkat gas? Jadi ketika kita injak gas, kerja mesin lebih berat?
Mau stainless atau plastik kalo sesui dengan spesifikasi pasti sama2 awet..
Kerja bov kalau nggak salah katupnya nutup kalau angkat gas bukannya? Terbuka kalau injek gas? Apa kebalik yah?.. Yang jelas penggunaan bov yg tidak tepat bisa mengakibatkan mobil turbo seperti orang tenggelam.. Mau nafas susah, harus struggle dulu untuk dapat udara
Cmiiw
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Katup kebuka kalo saat gas diangkat, mengeluarkan tekanan udara yg berlebih.AD74YA wrote:Wajar saja oom kalau bov mazda terbuat dari palstic.. Pertama karena memang tekanan turbo tidak besar, kedua agar mesin tetap hening..peter79 wrote: Thks bro atas jawabannya. SSQV 3 yg universal. Kalo parts asli yg dari mazda, hanya terbuat dari plastik, katanya yg jual stainless lebih awet (HKS BOV) selain tentu menghasilkan suara encus2 yg keren bagi yg suka![]()
Tarikan yg bro maksud apakah setelah udara yg direlease oleh BOV karena kita angkat gas? Jadi ketika kita injak gas, kerja mesin lebih berat?
Mau stainless atau plastik kalo sesui dengan spesifikasi pasti sama2 awet..
Kerja bov kalau nggak salah katupnya nutup kalau angkat gas bukannya? Terbuka kalau injek gas? Apa kebalik yah?.. Yang jelas penggunaan bov yg tidak tepat bisa mengakibatkan mobil turbo seperti orang tenggelam.. Mau nafas susah, harus struggle dulu untuk dapat udara
Cmiiw
Jadi pas gas diinjek penuh saat akselerasi, katup tertutup, jadi tidak membuat mesin kekurangan udara.
Saya tidak merasakan perbedaan apa2 sebelum dan sesudah pasang Bov, yg ada hanya suara angin aja yg keluar.
Cuma anehnya ada mekanik yg bilang kinerja mesin tambah berat...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: MAZDA CX-7 2.5L
nah kalo gitu berarti hitungannya pas oom... iya seperti yang saya bilang, kalau blow off nya terlalu besar, malah kekurangan udara pasokan ke turbonya.. makanya jadi berat.. begitu kira2..peter79 wrote:Katup kebuka kalo saat gas diangkat, mengeluarkan tekanan udara yg berlebih.AD74YA wrote:Wajar saja oom kalau bov mazda terbuat dari palstic.. Pertama karena memang tekanan turbo tidak besar, kedua agar mesin tetap hening..peter79 wrote: Thks bro atas jawabannya. SSQV 3 yg universal. Kalo parts asli yg dari mazda, hanya terbuat dari plastik, katanya yg jual stainless lebih awet (HKS BOV) selain tentu menghasilkan suara encus2 yg keren bagi yg suka![]()
Tarikan yg bro maksud apakah setelah udara yg direlease oleh BOV karena kita angkat gas? Jadi ketika kita injak gas, kerja mesin lebih berat?
Mau stainless atau plastik kalo sesui dengan spesifikasi pasti sama2 awet..
Kerja bov kalau nggak salah katupnya nutup kalau angkat gas bukannya? Terbuka kalau injek gas? Apa kebalik yah?.. Yang jelas penggunaan bov yg tidak tepat bisa mengakibatkan mobil turbo seperti orang tenggelam.. Mau nafas susah, harus struggle dulu untuk dapat udara
Cmiiw
Jadi pas gas diinjek penuh saat akselerasi, katup tertutup, jadi tidak membuat mesin kekurangan udara.
Saya tidak merasakan perbedaan apa2 sebelum dan sesudah pasang Bov, yg ada hanya suara angin aja yg keluar.
Cuma anehnya ada mekanik yg bilang kinerja mesin tambah berat...
CMIIW
ngerasa ada peningkatan performa ngga?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Setelah dipasang BOV, juga ada ganti replacement filter K&N.AD74YA wrote:
ngerasa ada peningkatan performa ngga?
Kalo dibanding standard blm diapa2in , terasa lebih bertenaga pasang BOV dan Filter K&N.
Terutama di puteran bawahnya...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Hahaha, bro mohon pencerahannya. Ganti filter k&n filter apa? Berapa duit buat cx7? Apa terasa peningkatan performa nya?
Dulu jaman2 SMP pernah ganti filter, busi + kabel, dll. Waktu jaman pake cielo. Sudah lupa semua, sudah lama gak modif. Hahaha.
Apalagi bro tambahan murah meriah yg meningkatkan performa? Yang gak perlu bongkar2 jeroan mesin terlalu banyak.
Dulu jaman2 SMP pernah ganti filter, busi + kabel, dll. Waktu jaman pake cielo. Sudah lupa semua, sudah lama gak modif. Hahaha.
Apalagi bro tambahan murah meriah yg meningkatkan performa? Yang gak perlu bongkar2 jeroan mesin terlalu banyak.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Replacement filter bro... Harga 800 rb, beli di CK Motor Sport.leonheart wrote:Hahaha, bro mohon pencerahannya. Ganti filter k&n filter apa? Berapa duit buat cx7? Apa terasa peningkatan performa nya?
Dulu jaman2 SMP pernah ganti filter, busi + kabel, dll. Waktu jaman pake cielo. Sudah lupa semua, sudah lama gak modif. Hahaha.
Apalagi bro tambahan murah meriah yg meningkatkan performa? Yang gak perlu bongkar2 jeroan mesin terlalu banyak.
Kalo CX-7 nga ada yg murah meriah kalo nambahin peforma

Mau tune ECU aja, ECU harus dicopotin, dikirim ke jepang u/ ditune...
Paling kalo mau ganti down pipe, sama exhaust pipe, mahal juga kayanya...
Standard aja udah cukup lah, ganti replacement filter aja

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22
Re: MAZDA CX-7 2.5L
peter79 wrote:Replacement filter bro... Harga 800 rb, beli di CK Motor Sport.leonheart wrote:Hahaha, bro mohon pencerahannya. Ganti filter k&n filter apa? Berapa duit buat cx7? Apa terasa peningkatan performa nya?
Dulu jaman2 SMP pernah ganti filter, busi + kabel, dll. Waktu jaman pake cielo. Sudah lupa semua, sudah lama gak modif. Hahaha.
Apalagi bro tambahan murah meriah yg meningkatkan performa? Yang gak perlu bongkar2 jeroan mesin terlalu banyak.
Kalo CX-7 nga ada yg murah meriah kalo nambahin peforma![]()
Mau tune ECU aja, ECU harus dicopotin, dikirim ke jepang u/ ditune...
Paling kalo mau ganti down pipe, sama exhaust pipe, mahal juga kayanya...
Standard aja udah cukup lah, ganti replacement filter aja
800rb itu filter k&n bro? Tenaga beda seberapa kira2?
Mau murah kok minta tenaga nambah banyak

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Kira-kira 3-5 HP aja...leonheart wrote: 800rb itu filter k&n bro? Tenaga beda seberapa kira2?
Mau murah kok minta tenaga nambah banyak
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Tue Nov 23, 2010 9:56
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Mengenai BOV, saya mau coba share pengalaman sedikit, kalao tidak salah SSQV 3 itu sdh ada pengatur katup bukaannya. Dites saja kalo terlalu besar dibukanya, ketika digas full lalu dilepas gasnya, mbl akan seperti akan mati mesin. Saya sih kurang ngerti pengoperasiannya, tapi selama kondisi mbl ok dan hanya terdapat perbedaan ncus2, harusnya tdk apa2 yah. CMIIW. Tq.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: MAZDA CX-7 2.5L
ga sampe segitu lah oom...peter79 wrote:Kira-kira 3-5 HP aja...leonheart wrote: 800rb itu filter k&n bro? Tenaga beda seberapa kira2?
Mau murah kok minta tenaga nambah banyak


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Nga tau deh pastinya. Yg jual klaim civic aja naik 3 hp...poeticmind wrote:ga sampe segitu lah oom...peter79 wrote:Kira-kira 3-5 HP aja...leonheart wrote: 800rb itu filter k&n bro? Tenaga beda seberapa kira2?
Mau murah kok minta tenaga nambah banyak
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Kalau filternya masih model replacement, dan yang d replace kondisinya masih bagus.. nggak akan ada penambahan tenaga sih sejauh ilmu per-filteran yang saya tau
CMIIW ya suhu2...

CMIIW ya suhu2...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: MAZDA CX-7 2.5L
HP sih harusnya ada naik sekitar 0,sekian... hanya yg sangat terasa adalah nafas nya lebih panjang. itu diclaim oleh sementara orang seperti 'naek HPnya sekian...' .
dengan catatan, setelah ganti filter tidak instan langsung terasa, butuh waktu buat otak mobil ngebaca dan menyesuaikan..kecuali mobil yg masih berkarburator.
dengan catatan, setelah ganti filter tidak instan langsung terasa, butuh waktu buat otak mobil ngebaca dan menyesuaikan..kecuali mobil yg masih berkarburator.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Bener master....and one of the highly regarded four bangers,,,,unlike first gen qr25de US built....Ђεђεђεhenz155 wrote:guys ane maw nanya,bnr y cx7 mesin 2.3 turbo charged ya???

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
Re: MAZDA CX-7 2.5L
klo bnr da turbo bs buet supaya cuitsessss,gt donk???keren y.jd pingin,trus ane maw nanya klo cx9 ma cx7 bgsan mana y klo dr mesin.terutama performa,

-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: MAZDA CX-7 2.5L
Waduh.... Garasi ente makin penuh aja dengan kehadiran CX7 dan CX9 ya oom..henz155 wrote:klo bnr da turbo bs buet supaya cuitsessss,gt donk???keren y.jd pingin,trus ane maw nanya klo cx9 ma cx7 bgsan mana y klo dr mesin.terutama performa,
Selamat-selamat.... Ayo makan2.....

Anda sudah TEST DRIVE belum?...