MAZDA CX-7 2.5L

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by campoeran »

maap om leon tyt udah buka thrid ask cx7 ya. br baca2
reviewnya kagak ada nih
sekalian post disini donk

belinya yg gt atau yg biasa om?
2nd rownya gimana? sempitnya kebangeten gak sih.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by AD74YA »

up up up
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
peter79
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by peter79 »

CX-7 sudah dipasang BOV HKS SSQV 3.
Sebenernya BOV itu adalah membuang angin dari turbo, agar tekanan pada turbo tidak berlebihan, sehingga turbo tidak mudah jebol.
Tapi ada yg bilang, BOV u/ Mesin Turbo yg besar, kalo Turbo kecil kaya yg di CX-7, malahan bikin turbo itu bekerja lebih berat karena angin yg ada kebuang, sehingga turbo mesti bekerja lebih keras.
Manakah yg benar? Mohon pencerahannya, apakah CX-7 perlu tidak pasang BOV, thks...
leonheart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by leonheart »

campoeran wrote:maap om leon tyt udah buka thrid ask cx7 ya. br baca2
reviewnya kagak ada nih
sekalian post disini donk

belinya yg gt atau yg biasa om?
2nd rownya gimana? sempitnya kebangeten gak sih.

Belum sempet review pak, masih agak repot :big_peace:

Beli yang GT, nanggung kalo beli yang biasa.
2nd row sempit tapi oke, dibanding harrier sempit, dibanding CRV xtrail gak sebrapa beda.
leonheart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by leonheart »

AD74YA wrote:up up up
Pak mau klarifikasi yang di ruang sebelah, lupa saya ruang yang mana.

Ternyata material dashboard cx7 memang hard plastic semua, cuma door trim aja yang empuk2 itemnya. Cukup mengecewakan, harrier dashboardnya sudah empuk2 semua... Sempet menyesal sedikit.
Sampai saya minggu lalu coba testdrive Hyundai Tucson baru (290jt OTR, separo harga CX), dan all new crv, baru kecewa saya agak hilang. Interiornya Hyundai parah, kasar abis. CRV juga gak istimewa. Sekarang baru kerasa lagi kalo interior cx7 masih termasuk sangat OK, walau dashboard gak se empuk harrier. :big_peace:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by AD74YA »

peter79 wrote:CX-7 sudah dipasang BOV HKS SSQV 3.
Sebenernya BOV itu adalah membuang angin dari turbo, agar tekanan pada turbo tidak berlebihan, sehingga turbo tidak mudah jebol.
Tapi ada yg bilang, BOV u/ Mesin Turbo yg besar, kalo Turbo kecil kaya yg di CX-7, malahan bikin turbo itu bekerja lebih berat karena angin yg ada kebuang, sehingga turbo mesti bekerja lebih keras.
Manakah yg benar? Mohon pencerahannya, apakah CX-7 perlu tidak pasang BOV, thks...
BOV, atau untuk member yang belum tau, adalah Blow-off Valve fungsi utamanya adalah; meringankan tekanan udara yang masuk ke intake dengan disalurkan kembali keruang mesin, untuk terbuang atau tersedot kembali ke intake.

Untuk CX7 sudah ada release/relief valve sebelum turbonya yang jalurnya ke arah bawah ruang mesin, desain seperti ini agar udara yang terbuang dari relief valve secara partial (sebagian) ada yang terhisap kembali ke turbo. Engineer Mazda pasti sudah memperhitungkan untuk efisiensi+performa maksimal jadi sebenernya nggak butuh tambahan apa2..

Penambahan BOV aftermarket bisa berakibat mesin kekurangan udara, sehingga tarikan menjadi berat. kecuali BOV aftermarketnya memang khusus replacement untuk CX7.. nah saya kurang tau BOV HKS SSQV khusus untuk CX7 atau universal?
leonheart wrote:
AD74YA wrote:up up up
Pak mau klarifikasi yang di ruang sebelah, lupa saya ruang yang mana.

Ternyata material dashboard cx7 memang hard plastic semua, cuma door trim aja yang empuk2 itemnya. Cukup mengecewakan, harrier dashboardnya sudah empuk2 semua... Sempet menyesal sedikit.
Sampai saya minggu lalu coba testdrive Hyundai Tucson baru (290jt OTR, separo harga CX), dan all new crv, baru kecewa saya agak hilang. Interiornya Hyundai parah, kasar abis. CRV juga gak istimewa. Sekarang baru kerasa lagi kalo interior cx7 masih termasuk sangat OK, walau dashboard gak se empuk harrier. :big_peace:
Pak pak.. sejak kapan saya jadi bapak2... masih anak muda saya ini pak leo hehehehe

santai saja pak.. terimakasih sudah klarifikasi..
:mrgreen:
leonheart wrote:
campoeran wrote:maap om leon tyt udah buka thrid ask cx7 ya. br baca2
reviewnya kagak ada nih
sekalian post disini donk

belinya yg gt atau yg biasa om?
2nd rownya gimana? sempitnya kebangeten gak sih.

Belum sempet review pak, masih agak repot :big_peace:

Beli yang GT, nanggung kalo beli yang biasa.
2nd row sempit tapi oke, dibanding harrier sempit, dibanding CRV xtrail gak sebrapa beda.
Fotooooo uploaadd... :upss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
peter79
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by peter79 »

AD74YA wrote:
BOV, atau untuk member yang belum tau, adalah Blow-off Valve fungsi utamanya adalah; meringankan tekanan udara yang masuk ke intake dengan disalurkan kembali keruang mesin, untuk terbuang atau tersedot kembali ke intake.

Untuk CX7 sudah ada release/relief valve sebelum turbonya yang jalurnya ke arah bawah ruang mesin, desain seperti ini agar udara yang terbuang dari relief valve secara partial (sebagian) ada yang terhisap kembali ke turbo. Engineer Mazda pasti sudah memperhitungkan untuk efisiensi+performa maksimal jadi sebenernya nggak butuh tambahan apa2..

Penambahan BOV aftermarket bisa berakibat mesin kekurangan udara, sehingga tarikan menjadi berat. kecuali BOV aftermarketnya memang khusus replacement untuk CX7.. nah saya kurang tau BOV HKS SSQV khusus untuk CX7 atau universal?
Thks bro atas jawabannya. SSQV 3 yg universal. Kalo parts asli yg dari mazda, hanya terbuat dari plastik, katanya yg jual stainless lebih awet (HKS BOV) selain tentu menghasilkan suara encus2 yg keren bagi yg suka :ngacir:

Tarikan yg bro maksud apakah setelah udara yg direlease oleh BOV karena kita angkat gas? Jadi ketika kita injak gas, kerja mesin lebih berat?
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by AD74YA »

peter79 wrote: Thks bro atas jawabannya. SSQV 3 yg universal. Kalo parts asli yg dari mazda, hanya terbuat dari plastik, katanya yg jual stainless lebih awet (HKS BOV) selain tentu menghasilkan suara encus2 yg keren bagi yg suka :ngacir:

Tarikan yg bro maksud apakah setelah udara yg direlease oleh BOV karena kita angkat gas? Jadi ketika kita injak gas, kerja mesin lebih berat?
Wajar saja oom kalau bov mazda terbuat dari palstic.. Pertama karena memang tekanan turbo tidak besar, kedua agar mesin tetap hening..

Mau stainless atau plastik kalo sesui dengan spesifikasi pasti sama2 awet..

Kerja bov kalau nggak salah katupnya nutup kalau angkat gas bukannya? Terbuka kalau injek gas? Apa kebalik yah?.. Yang jelas penggunaan bov yg tidak tepat bisa mengakibatkan mobil turbo seperti orang tenggelam.. Mau nafas susah, harus struggle dulu untuk dapat udara

Cmiiw
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
peter79
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by peter79 »

AD74YA wrote:
peter79 wrote: Thks bro atas jawabannya. SSQV 3 yg universal. Kalo parts asli yg dari mazda, hanya terbuat dari plastik, katanya yg jual stainless lebih awet (HKS BOV) selain tentu menghasilkan suara encus2 yg keren bagi yg suka :ngacir:

Tarikan yg bro maksud apakah setelah udara yg direlease oleh BOV karena kita angkat gas? Jadi ketika kita injak gas, kerja mesin lebih berat?
Wajar saja oom kalau bov mazda terbuat dari palstic.. Pertama karena memang tekanan turbo tidak besar, kedua agar mesin tetap hening..

Mau stainless atau plastik kalo sesui dengan spesifikasi pasti sama2 awet..

Kerja bov kalau nggak salah katupnya nutup kalau angkat gas bukannya? Terbuka kalau injek gas? Apa kebalik yah?.. Yang jelas penggunaan bov yg tidak tepat bisa mengakibatkan mobil turbo seperti orang tenggelam.. Mau nafas susah, harus struggle dulu untuk dapat udara

Cmiiw
Katup kebuka kalo saat gas diangkat, mengeluarkan tekanan udara yg berlebih.
Jadi pas gas diinjek penuh saat akselerasi, katup tertutup, jadi tidak membuat mesin kekurangan udara.
Saya tidak merasakan perbedaan apa2 sebelum dan sesudah pasang Bov, yg ada hanya suara angin aja yg keluar.
Cuma anehnya ada mekanik yg bilang kinerja mesin tambah berat...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by AD74YA »

peter79 wrote:
AD74YA wrote:
peter79 wrote: Thks bro atas jawabannya. SSQV 3 yg universal. Kalo parts asli yg dari mazda, hanya terbuat dari plastik, katanya yg jual stainless lebih awet (HKS BOV) selain tentu menghasilkan suara encus2 yg keren bagi yg suka :ngacir:

Tarikan yg bro maksud apakah setelah udara yg direlease oleh BOV karena kita angkat gas? Jadi ketika kita injak gas, kerja mesin lebih berat?
Wajar saja oom kalau bov mazda terbuat dari palstic.. Pertama karena memang tekanan turbo tidak besar, kedua agar mesin tetap hening..

Mau stainless atau plastik kalo sesui dengan spesifikasi pasti sama2 awet..

Kerja bov kalau nggak salah katupnya nutup kalau angkat gas bukannya? Terbuka kalau injek gas? Apa kebalik yah?.. Yang jelas penggunaan bov yg tidak tepat bisa mengakibatkan mobil turbo seperti orang tenggelam.. Mau nafas susah, harus struggle dulu untuk dapat udara

Cmiiw
Katup kebuka kalo saat gas diangkat, mengeluarkan tekanan udara yg berlebih.
Jadi pas gas diinjek penuh saat akselerasi, katup tertutup, jadi tidak membuat mesin kekurangan udara.
Saya tidak merasakan perbedaan apa2 sebelum dan sesudah pasang Bov, yg ada hanya suara angin aja yg keluar.
Cuma anehnya ada mekanik yg bilang kinerja mesin tambah berat...
nah kalo gitu berarti hitungannya pas oom... iya seperti yang saya bilang, kalau blow off nya terlalu besar, malah kekurangan udara pasokan ke turbonya.. makanya jadi berat.. begitu kira2..

CMIIW

ngerasa ada peningkatan performa ngga?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
peter79
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by peter79 »

AD74YA wrote:
ngerasa ada peningkatan performa ngga?
Setelah dipasang BOV, juga ada ganti replacement filter K&N.
Kalo dibanding standard blm diapa2in , terasa lebih bertenaga pasang BOV dan Filter K&N.
Terutama di puteran bawahnya...
leonheart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by leonheart »

Hahaha, bro mohon pencerahannya. Ganti filter k&n filter apa? Berapa duit buat cx7? Apa terasa peningkatan performa nya?

Dulu jaman2 SMP pernah ganti filter, busi + kabel, dll. Waktu jaman pake cielo. Sudah lupa semua, sudah lama gak modif. Hahaha.

Apalagi bro tambahan murah meriah yg meningkatkan performa? Yang gak perlu bongkar2 jeroan mesin terlalu banyak.
peter79
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by peter79 »

leonheart wrote:Hahaha, bro mohon pencerahannya. Ganti filter k&n filter apa? Berapa duit buat cx7? Apa terasa peningkatan performa nya?

Dulu jaman2 SMP pernah ganti filter, busi + kabel, dll. Waktu jaman pake cielo. Sudah lupa semua, sudah lama gak modif. Hahaha.

Apalagi bro tambahan murah meriah yg meningkatkan performa? Yang gak perlu bongkar2 jeroan mesin terlalu banyak.
Replacement filter bro... Harga 800 rb, beli di CK Motor Sport.
Kalo CX-7 nga ada yg murah meriah kalo nambahin peforma :big_slap:
Mau tune ECU aja, ECU harus dicopotin, dikirim ke jepang u/ ditune...
Paling kalo mau ganti down pipe, sama exhaust pipe, mahal juga kayanya...
Standard aja udah cukup lah, ganti replacement filter aja :big_peace:
leonheart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by leonheart »

peter79 wrote:
leonheart wrote:Hahaha, bro mohon pencerahannya. Ganti filter k&n filter apa? Berapa duit buat cx7? Apa terasa peningkatan performa nya?

Dulu jaman2 SMP pernah ganti filter, busi + kabel, dll. Waktu jaman pake cielo. Sudah lupa semua, sudah lama gak modif. Hahaha.

Apalagi bro tambahan murah meriah yg meningkatkan performa? Yang gak perlu bongkar2 jeroan mesin terlalu banyak.
Replacement filter bro... Harga 800 rb, beli di CK Motor Sport.
Kalo CX-7 nga ada yg murah meriah kalo nambahin peforma :big_slap:
Mau tune ECU aja, ECU harus dicopotin, dikirim ke jepang u/ ditune...
Paling kalo mau ganti down pipe, sama exhaust pipe, mahal juga kayanya...
Standard aja udah cukup lah, ganti replacement filter aja :big_peace:

800rb itu filter k&n bro? Tenaga beda seberapa kira2?
Mau murah kok minta tenaga nambah banyak :big_slap:
peter79
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by peter79 »

leonheart wrote: 800rb itu filter k&n bro? Tenaga beda seberapa kira2?
Mau murah kok minta tenaga nambah banyak :big_slap:
Kira-kira 3-5 HP aja...
Namo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Nov 23, 2010 9:56

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by Namo »

Mengenai BOV, saya mau coba share pengalaman sedikit, kalao tidak salah SSQV 3 itu sdh ada pengatur katup bukaannya. Dites saja kalo terlalu besar dibukanya, ketika digas full lalu dilepas gasnya, mbl akan seperti akan mati mesin. Saya sih kurang ngerti pengoperasiannya, tapi selama kondisi mbl ok dan hanya terdapat perbedaan ncus2, harusnya tdk apa2 yah. CMIIW. Tq.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by poeticmind »

peter79 wrote:
leonheart wrote: 800rb itu filter k&n bro? Tenaga beda seberapa kira2?
Mau murah kok minta tenaga nambah banyak :big_slap:
Kira-kira 3-5 HP aja...
ga sampe segitu lah oom... :mrgreen:
Image
peter79
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by peter79 »

poeticmind wrote:
peter79 wrote:
leonheart wrote: 800rb itu filter k&n bro? Tenaga beda seberapa kira2?
Mau murah kok minta tenaga nambah banyak :big_slap:
Kira-kira 3-5 HP aja...
ga sampe segitu lah oom... :mrgreen:
Nga tau deh pastinya. Yg jual klaim civic aja naik 3 hp...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by AD74YA »

Kalau filternya masih model replacement, dan yang d replace kondisinya masih bagus.. nggak akan ada penambahan tenaga sih sejauh ilmu per-filteran yang saya tau :mrgreen:

CMIIW ya suhu2...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by poeticmind »

HP sih harusnya ada naik sekitar 0,sekian... hanya yg sangat terasa adalah nafas nya lebih panjang. itu diclaim oleh sementara orang seperti 'naek HPnya sekian...' .
dengan catatan, setelah ganti filter tidak instan langsung terasa, butuh waktu buat otak mobil ngebaca dan menyesuaikan..kecuali mobil yg masih berkarburator.
Image
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by henz155 »

gays ane maw nanya,bnr y cx7 mesin 2.3 turbo charged ya???
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by ZombiEE »

henz155 wrote:guys ane maw nanya,bnr y cx7 mesin 2.3 turbo charged ya???
Bener master....and one of the highly regarded four bangers,,,,unlike first gen qr25de US built....‎​‎​Ђεђεђε :D Ђεђεђε™
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by henz155 »

mksdny apa jem??my english so bad.
Image
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by henz155 »

klo bnr da turbo bs buet supaya cuitsessss,gt donk???keren y.jd pingin,trus ane maw nanya klo cx9 ma cx7 bgsan mana y klo dr mesin.terutama performa,
Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: MAZDA CX-7 2.5L

Post by AD74YA »

henz155 wrote:klo bnr da turbo bs buet supaya cuitsessss,gt donk???keren y.jd pingin,trus ane maw nanya klo cx9 ma cx7 bgsan mana y klo dr mesin.terutama performa,
Waduh.... Garasi ente makin penuh aja dengan kehadiran CX7 dan CX9 ya oom..

Selamat-selamat.... Ayo makan2..... :off_good_job:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...