2010 Toyota 4Runner

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

silahkan baca dulu dunk tulisan saya yang diatas... biar lebih jelas tentang pandangan saya.

pasti UDA MALES nih bacanya uda panjang banget.....

Landcruiser 200 bukan layak siksa? 100 juga bukan? Tuh banyak di Afrika, Middle East lalu lalang di padang pasir, di pake di medan perang, pasukan PBB. kalo mau SUV jadul doang yg dianggep tough, pake LC hardtop aja...simpel kan tuh :P Professional review juga bilang dia layak siksa dan reliable...so, percaya ama siapa ya hmmmm
saya tidak TINGGAL DI AFRIKA DAN MIDDLE EAST.

dan SM ini forum INDONESIA saya berasumsi sebagian besar tinggal di indonesia.

udah brp kli gw bilang.
SAYA TIDAK BILANG LC100-200 TIDAK LAYAK SIKSA. PLEASE BACA DULU TULISAN SAYA diatas. Terlebih di ALAM AFRIKA dan TIMUR TENGAH yang pasti BEDA dengan INDONESIA. kalau saya tinggal di ARAB/AFRIKA kemungkinan SAYA AKAN MILIH HUMMER (kalau Kebeli) tampa ragu dan MELUPAKAN SUV RIGID karena konstruksinya SESUAI DENGAN ALAM gurun d ARAB atw sabana d afrika.yang tidak butuh flexybilitas suspensi tinggi dan jalur yg jahat ke kaki2 kaya di indonesia, mestinya kta BANGGA punya alam yg jadi dambaan adventurer mancanegara.

LC100-200 n HUMMER pasti bisa masuk dan keluar ke trek extrim indonesia sekalipun spek bawaannya sudah lebih dri cukup klw tdk peduli body, maka tinggal ganti ban. namun yang perlu di tanya apakah akan lewat dgn mulus?waktu dan score yang di dapat akan lebih baik dari yang rigid axle? setelah finish dan di pakai turun beberapa kli setelah 1thn banyak mana komponen kaki2 yang rusak?brp harga yang anda keluarkan untuk beli sparepart?
Kalo udah LC 200 di bilang bukan SUV tough...ya sudah saya mau bilang apa lagi. Patrol baru juga nggak dong, Pajero baru juga nggak, Range Rover juga nggak, Hummer juga nggak. Maap aja saya gak percaya, tapi ya silahkan pake LC/Jeep thn bahlak terus....bebas2 saja kan :mrgreen:
PATROL ITU LADDER + RIGID,

dan saat ini saya memang akan menggunakan SUV BAHEULA untuk kebutuhan SUV Tangguh !(karena cuma ini yg kebeli dan memang realible)
dan ANDA LUPA BUKAN SUV BAHEULA SAJA yg bisa saya bilang TANGGUH seperti JK,DEFENDER,PATROL,JIMNY WIDE n CARRIBIAN,Gclass dan LANDCRUISER 70 serta LANDCRUISER 105(lc100 d atas masih masuk bearti ini juga boleh) ini SUV MODERN KAN? sayang kaga kebeli...... :frm_bang_head:

tolong BACA ini jgn di lewat.
saya BUKAN berarti tidak akan PAKAI mobil yang TIDAK termasuk tangguh!! mimpi saya ingin punya captiva VCDi untuk d pakai harian karena dalam hal ini saya TIDAK butuh SUV TANGGUH tapi butuh SUV NYAMAN nan kenceng, dan pajero gen 3 untuk turing bersama keluarga karena saya butuh SUV KENCANG NYAMAN IRIT LEGA dan 4x4, walau saya tahu dlm kriteria saya 2 mobil ini tidak masuk, dan d kriteria saya PS lebih mendekati dari paj Gen3 namun performa,value,kenyamanan gen3 lebih baik dan tdk membutuhkan flexybilitas sebuah IFS, maka tidak ragu saya prefer gen3. dan satu lagi sebuah toyota supra khusus bwat ngebut atw minimal sedan fr pke 2jz-gte deh...

SUV TANGGUH,SUV MEWAH, SUV KOTA, SUV KECIL dll ITU HAL YANG BEDA! jangan di campur adukkan. PARBIKNYA JUGA TAHU HAL ini, Begitu JUGA REVIEWER!

saya TAHU ladder pling kuat, dimana-mana di tulis begitu termasuk di benak saya. tapi saya ingin melihat dari sudut lain yang justru tidak KONVENSIONAL,saya ingin BERDISKUSI kemungkinan bahwa sistem MODERN yg d cap lemah masih bisa di buat sekuat sistem KONVENSIONAL dan tentu saja apa yg saya pikirkan tidak akan di tulis reviewer bebas. dan bila apa yang saya pikirkan salah apalagi mustahil tolong terangkan. agar kita bisa sama-sama maju tidak TERJEBAK dipemikiran KONVENSIOANAL karena artikel-artikel luar yang ditulis orang luar,klw kita bisa lebih maju dari orang luar lalu KENAPA mesti DIHAMBAT?.

kalau ANDA bisa MENERIMA teknologi LADDER yang KONVENSIONAL karena KEKUATANnya namun KALAH di sisi KENYAMANAN. lalu MENGAPA anda TIDAK BISA MENERIMA RIGID AXLE yang JUGA KONVENSIOANAL dan UNGGUL dri segi Kekuatan dan FLEXYBILITAS namun LEMAH di HANDLING dan Kenyamanan??

KALAU MEMANG IFS/FISS bisa di buat seFLEXYBEL RIGID silahkan tunjukan, seperti saya berusaha menunjukan bahwa menggunakan sasis monokok BUKAN harga MATI untuk APLIKASI offroad.

kalau seandainya suatu saat nanti AXLE PORTAL sudah makin terjangkau saya tidak akan fanatic d rigid, klw bisa dapat lebih knp tdak beralih ke PORTAL?



thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:saya TAHU ladder pling kuat, dimana-mana di tulis begitu termasuk di benak saya. tapi saya ingin melihat dari sudut lain yang justru tidak KONVENSIONAL,saya ingin BERDISKUSI kemungkinan bahwa sistem MODERN yg d cap lemah masih bisa di buat sekuat sistem KONVENSIONAL dan tentu saja apa yg saya pikirkan tidak akan di tulis reviewer bebas. dan bila apa yang saya pikirkan salah apalagi mustahil tolong terangkan. agar kita bisa sama-sama maju tidak TERJEBAK dipemikiran KONVENSIOANAL karena artikel-artikel luar yang ditulis orang luar,klw kita bisa lebih maju dari orang luar lalu KENAPA mesti DIHAMBAT?.

kalau ANDA bisa MENERIMA teknologi LADDER yang KONVENSIONAL karena KEKUATANnya namun KALAH di sisi KENYAMANAN. lalu MENGAPA anda TIDAK BISA MENERIMA RIGID AXLE yang JUGA KONVENSIOANAL dan UNGGUL dri segi Kekuatan dan FLEXYBILITAS namun LEMAH di HANDLING dan Kenyamanan??
Ya sudah kalo sudah tau ladder paling kuat - dr atas juga saya pengen sampai ke conclusion ini :D

Nah skrg dimana saya tidak terima rigid axle lebih kuat? Mau saya kutip tulisan saya dr atas apa mau cari sendiri :D
Fortunerman wrote:Ada advantage memakai independent suspension, dan saya akui rigid lebih kuat. Boleh kembali ke diskusi konstruksi chasis?
Yang saya bilang, walaupun LC jaman skrg pake setengah independent - tetap overall SUV tangguh...sama kaya Pajero juga begitu. All independent suspension pun bisa dipake di heavy duty SUV (Pajero). Dan Nissan Patrol gosipnya akan independent generasi berikut...tp baru gosip. Tapi bukan ini topiknya kan? Apa mau bahas seluruh komponen sebuah SUV?

Yang saya baca, ladder frame is better suited buat heavy duty use (tuh banyak sumbernya) - bener toh? Terus saya nanya, apa sudah bisa pure unibody di pake di heavy duty SUV...kalo saya liat yg terkenal terrrrr-badak, seperti Wrangler, Cherokee/Grand Cherokee, Land Rover Defender/Discovery/RR, G-Class, Patrol, Landcruiser, Pajero - masih pake ladder frame atau unibody campur frame di bawahnya.
Last edited by FortunerMan on Thu Oct 01, 2009 12:34, edited 1 time in total.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:it's a matter how the engineer designed the structures...
bisa aja monokok lebih kuat. seperti pernah di bahas, di kendaraan khusus yang bukan SUV, seperti tank dan panser, mereka pake plat baja tebal sebagai body dan chassis.. plat ini bahkan lebih tebal daripada chassis SUV "tangguh"..
SETUJU om monokok bukan harga mati masih bisa di reinforce walau g lewat cara nempelin ladder dkolong.

masalahnya di harga dan material karena akan butuh lebih banyak lagi material yg kuat.
sebenernya bukan issue besar apakah monokok atau ladder.. saat ini mungkin yang favorite untuk tangguh masih pake ladder.. tapi beberapa pabrikan mulai pake hibrid antara monokok dan ladder... walau ane masih nganggap hibrid ini masih monokok karena body menempel dekat dengan kerangkanya..
SIP mantap dah om maskopat!! ane jd biggest fan deh... hehehe
yang serius off roader masih belum mau pake air suspenssion dan FISS di kendaraannya.. sekarang.. entah 10 tahun lagi ketika teknologi yang kuat makin lebih murah..
masalah utama IFS/FISS itu di flexybelitasnya yg berpengaruh ke performa dan daya jelajah, klw kekuatan lewat material yg kuat bisa selesai, sparepart asal yg punya dompetnya tebel juga ga di hitung hehehe
lihat aja di RR, disco, pajero.. pajero deh yang ane tahu.. gen 1 masih pake full rigid.. gen 2 IFS, gen 3 dan 4 udah FISS.. engineer mitsu mungkin sudah memperhitungkan kekuatan struktur gen 3, 4 vs gen 1.. tapi kompensasinya dengan biaya yang lebih mahal di pembuatan dan perawatan.
klw Paj sih dri gen 1 uda IFS om Willys mitsubishi yang rigid.. mungkin ini sebapnya dia bikin pajero sport yah? IFS dan tdk butuh struktur teknologi dan konstruksi se mahal gen3 n 4 yah?
kita gak tahu 10,20 tahun ke depan.. mungkin SUV "tangguh" ini akan pake full monokok, air suspenssion.. teknologi material masih berkembang koq.. tapi mungkin yang ladder dan full rigid akan sangat lebih tangguh...
dan mungkin aja 50 thn lg mobil uda terbang semua...... waduh hobby ku ilang deh... iya klw gw masih ada...
structure engineering itu kan tentang penghematan biaya vs kebutuhan akan kekuatan struktur... kalau tanpa ada penghematan biaya, akan lebih mudah lagi membuat struktur yang amat sangat super tangguh.. :mrgreen: :mrgreen:
sip bngt deh... di tambah lagi kemudahan pengembangan dan research saat akan ganti mobil atau buat mobil lain yg kembaran platform dgn low cost, klw unibody semua pasti jadi sulit dan highcost lagi.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

jalu wrote:foto LC diatas kok ban nya masih nggantung...? suspensi masih sutandar ya ? :e-think:
Image

ini kelemahan independen yg saya garis bawahi om... minim artikulasi/flex
FortunerMan wrote:Kenapa merambat ke suspension system? Gak tau :D
knp merambat ke suspensi?
semenjak di mulai penggunaan kata TANGGUH yang blm jelas kriterianya seperti apa.

lalu menanyakan knp saya tidak bisa mengakui LC100-200 except 105 dan HUMMER H1-H3 bukan mobil tangguh.
kemudian om FM menayakan dan membandingkan JAGO n TANGGUH mana HUMMER dgn JK.

lalu saya beri VIDEO kelemahan TERBESAR HUMMER H1 yang bisa di GULINGKAN dgn 1 ORANG. dan tidak cocok di ALAM INDONESIA terCINTA ini.
saya jawab kelemahannya dri SUSPENSINYA yang FISS.

sekalian gambar LC100 d atas juga contoh kelemahan terbesarnya yang IFS.

dan tidak ADA MASALAH DI SASISNYA.

masuk lah ke BAB SUSPENSI.
dan saya di bilang skeptis anti hummer konvensional fanatic demennya jip baheula doang bla-bla.... pusing...

padahal gw ingin mencoba menelaah sejauh mana teknologi modern seperti unibody bisa dikembangkan. dan menjauhi pikiran konvensioanal yg tidak perlu.serta mencoba memberi solusi barangkali ada yang ingin membuat SUV unibodynya lebih kokoh.

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:
FortunerMan wrote:Kenapa merambat ke suspension system? Gak tau :D
knp merambat ke suspensi?
semenjak di mulai penggunaan kata TANGGUH yang blm jelas kriterianya seperti apa.

lalu menanyakan knp saya tidak bisa mengakui LC100-200 except 105 dan HUMMER H1-H3 bukan mobil tangguh.
kemudian om FM menayakan dan membandingkan JAGO n TANGGUH mana HUMMER dgn JK.

lalu saya beri VIDEO kelemahan TERBESAR HUMMER H1 yang bisa di GULINGKAN dgn 1 ORANG. dan tidak cocok di ALAM INDONESIA terCINTA ini.
saya jawab kelemahannya dri SUSPENSINYA yang FISS.

sekalian gambar LC100 d atas juga contoh kelemahan terbesarnya yang IFS.

dan tidak ADA MASALAH DI SASISNYA.

masuk lah ke BAB SUSPENSI.
dan saya di bilang skeptis anti hummer konvensional fanatic demennya jip baheula doang bla-bla.... pusing...

padahal gw ingin mencoba menelaah sejauh mana teknologi modern seperti unibody bisa dikembangkan. dan menjauhi pikiran konvensioanal yg tidak perlu.serta mencoba memberi solusi barangkali ada yang ingin membuat SUV unibodynya lebih kokoh.

thx
:beer:
Sejak awal yg di bicarakan ttg kenapa 4Runner dan Toyota ngotot pake ladder frame di SUV tangguhnya...yg baru baru pun. Yg di bicarakan bukan SUV jaman bahulak. Kereta kuda lebih simple lagi kalo mau ngomongin yang dulu dulu.

Trus dibilang Landcruiser 200 bukan SUV tangguh - ya saya tinggal ke professional review saja - beres. Gak perlu kasi opini saya. Trus Hummer di bilang bukan tough - saya balik ke professional review saja...di adu H3 lawan Wrangler....sama tangguhnya...jadi dimana letak tidak tangguhnya? Youtube adalah media bebas, isinya tidak dipertanggungjawabkan ke siapapun asal tidak melanggar hukum. Emang bro billy pernah nyobain hancur2in LC 200 atau Hummer sendiri....tapi anda percaya semua yg di youtube? saya lebih percaya professional review - kalo bisa banyak professional review.

Kalo kembali ke topik chassis, LC dan Hummer pake sistem konstruksi TERtangguh buat heavy duty use - ladder frame. Komponen2 lainnya...ya diskusi lain.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

FortunerMan wrote:
billyd1773dz wrote:saya TAHU ladder pling kuat, dimana-mana di tulis begitu termasuk di benak saya. tapi saya ingin melihat dari sudut lain yang justru tidak KONVENSIONAL,saya ingin BERDISKUSI kemungkinan bahwa sistem MODERN yg d cap lemah masih bisa di buat sekuat sistem KONVENSIONAL dan tentu saja apa yg saya pikirkan tidak akan di tulis reviewer bebas. dan bila apa yang saya pikirkan salah apalagi mustahil tolong terangkan. agar kita bisa sama-sama maju tidak TERJEBAK dipemikiran KONVENSIOANAL karena artikel-artikel luar yang ditulis orang luar,klw kita bisa lebih maju dari orang luar lalu KENAPA mesti DIHAMBAT?.

kalau ANDA bisa MENERIMA teknologi LADDER yang KONVENSIONAL karena KEKUATANnya namun KALAH di sisi KENYAMANAN. lalu MENGAPA anda TIDAK BISA MENERIMA RIGID AXLE yang JUGA KONVENSIOANAL dan UNGGUL dri segi Kekuatan dan FLEXYBILITAS namun LEMAH di HANDLING dan Kenyamanan??
Ya sudah kalo sudah tau ladder paling kuat - dr atas juga saya pengen sampai ke conclusion ini :D

Nah skrg dimana saya tidak terima rigid axle lebih kuat? Mau saya kutip tulisan saya dr atas apa mau cari sendiri :D
Fortunerman wrote:Ada advantage memakai independent suspension, dan saya akui rigid lebih kuat. Boleh kembali ke diskusi konstruksi chasis?
Yang saya bilang, walaupun LC jaman skrg pake setengah independent - tetap overall SUV tangguh...sama kaya Pajero juga begitu. All independent suspension pun bisa dipake di heavy duty SUV (Pajero). Dan Nissan Patrol gosipnya akan independent generasi berikut...tp baru gosip. Tapi bukan ini topiknya kan? Apa mau bahas seluruh komponen sebuah SUV?

Yang saya baca, ladder frame is better suited buat heavy duty use (tuh banyak sumbernya) - bener toh? Terus saya nanya, apa sudah bisa pure unibody di pake di heavy duty SUV...kalo saya liat yg terkenal terrrrr-badak, seperti Wrangler, Cherokee/Grand Cherokee, Land Rover Defender/Discovery/RR, G-Class, Patrol, Landcruiser, Pajero - masih pake ladder frame atau unibody campur frame di bawahnya.
iya om... mungkin klw secara garis besar genk suv mewah itu mungkin cukup tangguh secara komponen karena dgn harganya pasti tdk pke komponen sembarangan, tpi tdk cukup tangguh secara performa dan kostruksi di habitatnya. and I mean in indonesia.

pure unibody klw toareg Q7 dll masuk katagori SUV tangguhnya om FM maka bisa jadi ini pure unibody tangguh yg om cari-cari...
mereka tdk mengexpos dan memberi "nama" rangkanya karena konstruksinya tdk menonjolkan bentuk atw terobosan baru kya disco3 tapi mengembangkan monokok dgn material dan konstruksi yg jauh lebih baik dan juga mahal. sehingga tdk bisa menarik media untuk di exposed

klw om ingin pure unibody kuat dalam bentuk mobil "beneran" saya tidak bisa membuktikan apa2.
tapi klw dlmbentuk jip kompetisi mungkin kerjaan temen sya ini bisa jd contoh.
Image
sebuah XJ tubular yg di bangun dari halfcut "bangkai" XJ,kondisinya uda lumayan "parah" sehingga tulang bagian kolongnya yg mirip ladder uda tdk layak pakai lalu d kupas habis kemudian d sambung rangka tubular baru d reinforce dgn plat. sedangkan bagian yg di luar body murni tubular frame yang saling memperkuat dari dasar hingga ke bagian atap.

ini masih setengah jadi gw juga dulu debat sma yg bikin persis kya disini.. knp ga ngambil sasis FJ40 atau "emang kuat cuma pake pipa kecil gini?" dia jelasin dan memang masuk akal juga sih.

hal yg bikin gw ragu...... kyanya bakal berat depan nih.. hehehe :e-think:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:
FortunerMan wrote:
billyd1773dz wrote:saya TAHU ladder pling kuat, dimana-mana di tulis begitu termasuk di benak saya. tapi saya ingin melihat dari sudut lain yang justru tidak KONVENSIONAL,saya ingin BERDISKUSI kemungkinan bahwa sistem MODERN yg d cap lemah masih bisa di buat sekuat sistem KONVENSIONAL dan tentu saja apa yg saya pikirkan tidak akan di tulis reviewer bebas. dan bila apa yang saya pikirkan salah apalagi mustahil tolong terangkan. agar kita bisa sama-sama maju tidak TERJEBAK dipemikiran KONVENSIOANAL karena artikel-artikel luar yang ditulis orang luar,klw kita bisa lebih maju dari orang luar lalu KENAPA mesti DIHAMBAT?.

kalau ANDA bisa MENERIMA teknologi LADDER yang KONVENSIONAL karena KEKUATANnya namun KALAH di sisi KENYAMANAN. lalu MENGAPA anda TIDAK BISA MENERIMA RIGID AXLE yang JUGA KONVENSIOANAL dan UNGGUL dri segi Kekuatan dan FLEXYBILITAS namun LEMAH di HANDLING dan Kenyamanan??
Ya sudah kalo sudah tau ladder paling kuat - dr atas juga saya pengen sampai ke conclusion ini :D

Nah skrg dimana saya tidak terima rigid axle lebih kuat? Mau saya kutip tulisan saya dr atas apa mau cari sendiri :D
Fortunerman wrote:Ada advantage memakai independent suspension, dan saya akui rigid lebih kuat. Boleh kembali ke diskusi konstruksi chasis?
Yang saya bilang, walaupun LC jaman skrg pake setengah independent - tetap overall SUV tangguh...sama kaya Pajero juga begitu. All independent suspension pun bisa dipake di heavy duty SUV (Pajero). Dan Nissan Patrol gosipnya akan independent generasi berikut...tp baru gosip. Tapi bukan ini topiknya kan? Apa mau bahas seluruh komponen sebuah SUV?

Yang saya baca, ladder frame is better suited buat heavy duty use (tuh banyak sumbernya) - bener toh? Terus saya nanya, apa sudah bisa pure unibody di pake di heavy duty SUV...kalo saya liat yg terkenal terrrrr-badak, seperti Wrangler, Cherokee/Grand Cherokee, Land Rover Defender/Discovery/RR, G-Class, Patrol, Landcruiser, Pajero - masih pake ladder frame atau unibody campur frame di bawahnya.
iya om... mungkin klw secara garis besar genk suv mewah itu mungkin cukup tangguh secara komponen karena dgn harganya pasti tdk pke komponen sembarangan, tpi tdk cukup tangguh secara performa dan kostruksi di habitatnya. and I mean in indonesia.

pure unibody klw toareg Q7 dll masuk katagori SUV tangguhnya om FM maka bisa jadi ini pure unibody tangguh yg om cari-cari...
mereka tdk mengexpos dan memberi "nama" rangkanya karena konstruksinya tdk menonjolkan bentuk atw terobosan baru kya disco3 tapi mengembangkan monokok dgn material dan konstruksi yg jauh lebih baik dan juga mahal. sehingga tdk bisa menarik media untuk di exposed

klw om ingin pure unibody kuat dalam bentuk mobil "beneran" saya tidak bisa membuktikan apa2.
tapi klw dlmbentuk jip kompetisi mungkin kerjaan temen sya ini bisa jd contoh.
Image
sebuah XJ tubular yg di bangun dari halfcut "bangkai" XJ,kondisinya uda lumayan "parah" sehingga tulang bagian kolongnya yg mirip ladder uda tdk layak pakai lalu d kupas habis kemudian d sambung rangka tubular baru d reinforce dgn plat. sedangkan bagian yg di luar body murni tubular frame yang saling memperkuat dari dasar hingga ke bagian atap.

ini masih setengah jadi gw juga dulu debat sma yg bikin persis kya disini.. knp ga ngambil sasis FJ40 atau "emang kuat cuma pake pipa kecil gini?" dia jelasin dan memang masuk akal juga sih.

hal yg bikin gw ragu...... kyanya bakal berat depan nih.. hehehe :e-think:
Nah itu dia Touareg susah sekali nyari infonya, gak dikasi nama sistemnya kaya Jeep dgn uniframe dan LR dgn IBF nya. Dr depan kan saya nanya...apa Touareg ini jawabannya? Betul kan? Cherokee bukan...Discovery bukan...Pajero bukan...tapi masih banyak kandidat lain buat di selidiki...GL-Class, M-Class generasi kedua, Audi Q7, Cayenne.

Kalo kompetisi saya gak tau...kompetisi udah lain permainannya. Kalo budget selangit...terbang ke bulan pun bisa. Saya ngomongin yang standar2 aja. Masa sampe ke F-1 kita omongin...saya juga gak ngerti :D
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

billyd1773dz wrote: klw om ingin pure unibody kuat dalam bentuk mobil "beneran" saya tidak bisa membuktikan apa2.
tapi klw dlmbentuk jip kompetisi mungkin kerjaan temen sya ini bisa jd contoh.
Image
sebuah XJ tubular yg di bangun dari halfcut "bangkai" XJ,kondisinya uda lumayan "parah" sehingga tulang bagian kolongnya yg mirip ladder uda tdk layak pakai lalu d kupas habis kemudian d sambung rangka tubular baru d reinforce dgn plat. sedangkan bagian yg di luar body murni tubular frame yang saling memperkuat dari dasar hingga ke bagian atap.

ini masih setengah jadi gw juga dulu debat sma yg bikin persis kya disini.. knp ga ngambil sasis FJ40 atau "emang kuat cuma pake pipa kecil gini?" dia jelasin dan memang masuk akal juga sih.

hal yg bikin gw ragu...... kyanya bakal berat depan nih.. hehehe :e-think:
Tubular frame diatas bikinnya di bengkel Om Daniel ya ? :e-think:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

FortunerMan wrote: Sejak awal yg di bicarakan ttg kenapa 4Runner dan Toyota ngotot pake ladder frame di SUV tangguhnya...yg baru baru pun. Yg di bicarakan bukan SUV jaman bahulak. Kereta kuda lebih simple lagi kalo mau ngomongin yang dulu dulu.

Trus dibilang Landcruiser 200 bukan SUV tangguh - ya saya tinggal ke professional review saja - beres. Gak perlu kasi opini saya. Trus Hummer di bilang bukan tough - saya balik ke professional review saja...di adu H3 lawan Wrangler....sama tangguhnya...jadi dimana letak tidak tangguhnya? Youtube adalah media bebas, isinya tidak dipertanggungjawabkan ke siapapun asal tidak melanggar hukum. Emang bro billy pernah nyobain hancur2in LC 200 atau Hummer sendiri....tapi anda percaya semua yg di youtube? saya lebih percaya professional review - kalo bisa banyak professional review.

Kalo kembali ke topik chassis, LC dan Hummer pake sistem konstruksi TERtangguh buat heavy duty use - ladder frame. Komponen2 lainnya...ya diskusi lain.
knp balik lgi kesini bos...

kan uda di jelasi kriteria tangguh saya mungkin atau pasti beda dgn reviewer disana. dan sudah saya jelasin kenapa tidak bisa saya bilang tangguh.

Hummer vs JK di bilang sama "tangguh" atau mungkin lebih cocok "offroad capable" (karena disini tester tdk bisa membuktikan kekuatan komponen) dgn JK, karena saya yakin JK blm sampai LIMIT dalam pengetesan. klw di siksa di tempat yg lebih berat lagi hingga JK nyerah dan saya bilang nyerah hingga tdk bisa jalan atau terjadi mechanical breakdown maka Hummer akan 1 level lebih dulu nyerah atw terjadi mechanical break down d banding JK.

terlebih kalau JK dan hummer dalam kondisi modifikasi berat namun WAJIB tetap mempertahan kan kosntruksi standar pabrik. rigid tetap rigid ifs pun tetap ifs. maka JK bisa melaju hingga 3 level lebih jauh dri hummer terutama KALAU DI trek INDONESIA atau trek ROCKCrawling khas d AS apa lgi klw HUMMER itu H1. dan Hummer JUGA bisa lebih CEPAT dari JK kalau d UJI d GURUN atau trek BAJA khas AS HUMMER H1 malah bisa lebih cepat lg disini.

tester akhirnya bilang "sama" karena keduanya jago di 2 TEMPAT yang berbeda.
sayangnya d INDONESIA TIDAK ADA GURUN atw pun Trek yg mirip balap BAJA.

dan namanya tester tidak boleh melihat aspek offroad capabilty saja,Comfort handling kualiatas kabin pasti d hitung, padahal dlm aspek ini JK kalah dri hummer H2/H3 walau bgtu hasil dari duelnya tetap "sama"

dan pastinya saya juga TIDAK maksa HARUS percaya kpd apapun dunk itu HAK tiap orang

tapi saya jg TIDAK mau di paksa percaya, tampa argumen yg bisa di terima,harus kritis donk...

membaca review saja tidak cukup... terlalu percaya youtube juga jelek,
kalau saya selalu berusaha seperti ini, klw kurang atau salah mohon di koreksi.
first baca SPESIFIKASI TEKNIS KENDARAAN "talent n behavior" setiap konstruksi, perdalam fungsi tiap konstruksi kelemahan kelibihan limit dan spesialisasi market segment sebuah kendaraan.

then read a REVIEW telaah perdalam pikirkan secara LOGIKA, apa yg di tulis, periksa situasi pengujian, latar blkang penguji,kredibilitas media, dan metode mereka menguji sesuai dgn yang kita ingin tahu atau tidak, dan sudah sesuaikah dgn limit "talent n behavior" spek kendaraan itu?

last for makesure, dengarkan komen user sebanyak2nya sekali lagi PIKIRKAN secara logika masuk akal tidak, ada peluang HOAX atau rekayasa tidak,kesalahan apa yg dilakukan si user hingga berkomen seperti itu lalu cari solusi dan penyebap (klw ada) cara nyari comen user juga banyak d internet ini dari YOUTUBE hingga SERAYAMOTOR ini juga salah satu medianya.

setelah mantap baru buat kesimpulan itu pun dgn melibatkan bukti2 dan argumen yg ada.

saya mungkin salah dalam meberi pendapat, dan mohon kita sama2 memberi koreksi.

sulit klw sudah membericarakan ketangguhan tampa menyinggung kaki dan suspensi. karena kedua hal ini sangat berpengaruh apa lgi klw sudah

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

jalu wrote:
billyd1773dz wrote: klw om ingin pure unibody kuat dalam bentuk mobil "beneran" saya tidak bisa membuktikan apa2.
tapi klw dlmbentuk jip kompetisi mungkin kerjaan temen sya ini bisa jd contoh.
Image
sebuah XJ tubular yg di bangun dari halfcut "bangkai" XJ,kondisinya uda lumayan "parah" sehingga tulang bagian kolongnya yg mirip ladder uda tdk layak pakai lalu d kupas habis kemudian d sambung rangka tubular baru d reinforce dgn plat. sedangkan bagian yg di luar body murni tubular frame yang saling memperkuat dari dasar hingga ke bagian atap.

ini masih setengah jadi gw juga dulu debat sma yg bikin persis kya disini.. knp ga ngambil sasis FJ40 atau "emang kuat cuma pake pipa kecil gini?" dia jelasin dan memang masuk akal juga sih.

hal yg bikin gw ragu...... kyanya bakal berat depan nih.. hehehe :e-think:
Tubular frame diatas bikinnya di bengkel Om Daniel ya ? :e-think:
daniel z 4xfadwork?

oh bukan om.. buatan om tom quadra ini sih..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

Kesimpulan saya, kalo bicara chassis - dan setelah baca2 dari berbagai sumber - ladder frame sampai hari ini tetap konstruksi yg TERkuat untuk heavy duty on and off road use. Ini bukan opini saya...ini baca2 aja.

Tidak heran Toyota masih ngotot pake ladder frame untuk SUV2 tangguhnya, dan 4Runner baru ini contohnya. Kedepannya bagaimana, ya tunggu saja perkembangannya.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

agathos wrote:hehe seru nih diskusi-nya, gak mau manas2-in cumang mau nambahin info aja, kalo bahkan LC100 series (specifically yang diesel 1HD-FT) independent suspension-nya bermasalah untuk hard off-roading tapi harusnya sudah teratasi di 200 series. Its not really a major issue for in-town use. info ini di quote dari https://www.mynrma.com.au/cps/rde/xchg/ ... d_test.htm. as an addition waktu itu juga pernah ngobrol sama pak iwan sugi dari 4x4 spesialis di tanjung duren, dia juga attest kalo banyak LC100 series kalo di ajak offorad agak keras bermasalah dengan independent-suspension-nya :p to solve this problem, many people opted to reinforce the 100 series independent suspension atau bahkan konversi ke rigid axle. the same problem is also seen in australia and was a topic at LCooL and Ih8Mud.

untuk nambahin komentar bos billy, saya setuju kalo mau melihat ketangguhan SUV harus lihat kondisi dan peruntukan juga dari kendaraan SUV tersebut. LC 100, range rover memang tangguh dan kuat untuk soft-medium off-road/terrain tapi untuk hard terrain mungkin tidak esp. untuk test jangka panjang. plus gizmo dan gadged-nya juga bisa jadi problematic untuk hard use, just for a second imagine... kalo lagi hill climbing tiba2 air suspension-nya rusak atau ada electrical malfunction (i.e. hill decent control - it happened to a friend freelander 2 once) that would constitute a problem wouldn't it,, not to say bahwa sebuah SUV tanpa elektronik dan fitur lux gak mungkin rusak pada saat hard event, tapi in my personal opinion, less electronic and less gadget mean less things to break as simple as that, dan justru semakin mudah di perbaiki semakin baik suatu SUV untuk medan tangguh/hard terrain :) contoh paling sederhana adalah hi-lux yang di test sama top-gear, setelah tenggelam di laut dengan modal cleaner obeng dan tang bisa start lagi mobinya wouldn't that what you will call tough. coba LC100 atau bahkan 105 kaya punya gw di rendem di laut kaya gitu langsung koit deh heheheheh :)

LC-100 series yang banyak di pake oleh militer, UN dan oil company pun sebenernya adalah LC105 series dengan solid axle dan versi paling standard tanpa gadged dan gizmo yang aneh2 seperti active height control/air-sus atau HDC, again simplicity matters here.

as for every generation of LC, memang harus di-akuin bahwa LC tangguh but there is also a subjectivity in that opinion, it generalized all LC's, sementara diantara penggemar LC sendiri pun terdapat banyak differences of opinion. for the smallest example ada yang mengatakan bahwa LC 100 IFS tidak lagi setangguh LC 80 karena sudah tidak pakai Rigid Axle. to a certain extent this is true, i.e. cases of breaking IFS in LC-100.

all in all, baik LC 100/105, LC 200, RR maupun touareg, X5 are all capable car and tough/ tanggung for any use both in town, and medium offroad, tapi kalo hard-offroad, i wouldn't vouch for them without any modification and tweak or even pemeretelan gadged dan gizmo. tapi kalo jeeP CJ/TJ/YJ, 70 series, atau defender hehehe I'll take them anywhere :D

g dulu pernah baca di thread Ih8Mud/Lcool bahwa banyak orang2 yang mencopot Air sus mereka di LC100 just for the sake going hard off-road, they just don't want the hassle of it breaking down in the middle of the road.

tapi boss billy tanya dunks kan Humvee H1 juga independent tuh, tapi kok kayaknya gak ada matinya yah di pake buat hard offroad baahkan perang di irak :p kayaknya reinforce IFS-nya gila2an yah tuh

well thats just my oppinion sih :ungg:
setubuh pisan om..... tpi selemah-lemahnya IFS LC100 tetep lebih kuat IFSnya dari SUV yg levelnya dbawahnya kok...(ex sportage,taft,vitara dll ) terlebih fiss hehehe

klw Humvee masalahnya bukan di durability om(toh klw pun rusak kena granat atw apa sparepartnya langsung dateng duitnya dr budget US-ARMY) tpi d suspension flex. d gurun sih tdk bgtu perlu dan lebih perlu highgroundclearence spesialisnya FISS ini sih... maka amrik selama perang d timteng pakai HUMVEE. kalau perangnya mau di negara lain yg beda iklim saya yakin mobilnya di ganti.. skrng mulai produksi jeep wrangler J8 versi militer ntah bwat perang dimana.... :shrug:

seperti dulu di vietname pertama2 bawa Utility sebuah SUV MONOKOK FISS tampa Low Gir pertama yang d bawa perang.. hasilnya mobilnya sih ga rusak.. tpi di kasih waktu beberapa menit/jam saat patroli klw tdk kembali di nyatakan hilang atau stuck ntah dimana karena tdk cocoknya konstruksi fiss di dataran tropis, stelah itu semua utility di tarik dan di tukar kembali jeep willys.
(pernah baca d majalah jip)
& ane jg pernah diajak temen oprut dia pke utility...emang seru banget dahh... hehehe

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

Cara ngetesnya gini aja - anggap semua komponen lain sama, dr suspensi sampe tutup pentil ban. Bahan semua sama/se-level - yg beda hanya sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody. Mana yang lebih kuat buat heavy duty on and off road use.

Kalo ngalor ngidul sampe suspensi trus ban trus simple/tidak simple gak ada ujungnya. malah nyambung ke lokalisasi...Indonesia vs padang pasir Afrika. Tidak ada yg mempertanyakan ini. Ladder frame di Afrika sama aja ladder frame di Indonesia.

Yang di perdebatkan kan sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody, all other things being equal - mana yg lebih cocok buat heavy duty use. Jadi jangan besi di Cayenne di adu sama ladder frame di Kijang kapsul. All other things being equal - sistem konstruksi mana yg lebih cocok buat heavy duty use.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

GTR wrote: bro bil, kalo liat cuma buat wara wiri gitu; umumnya blazer/escudo dgn CRV, bisa2 masih lebih 'badak' si CRV.

IMO, material & teknologi tinggi juga sangat berperan. Kebanyakan SUV monokok misal harier / CRV pun, sudah direinforced dgn bahan2 & teknologi khusus untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen pada umumnya;
dgn kombinasikan porsi high/higher/highest-strenght tensile steel dan laser/plasma/MAG weld lebih banyak, cara ini untuk membuatnya lebih ringan tentu juga dgn konsekuensi2 cost material.
bukan just seperti fortuner lepas ladder, lantas 'standard steel & spot weld body' tersebut langsung dipasang ke suspensi.

Daripada sifat keunggulan longitudinal torsional bend seperti body-on-frame; sebagai trade-off ini, umumnya monokok yg rigid juga mempunyai sifat keunggulan terhadap torsi transversal karena keseluruhan rangkaian struktur dirancang saling berhubungan seolah lebih menyatu.

Salah satu contoh Monokok yg pernah dibikin sangat2 rigid paling tidak pada jaman itu (tapi jadi sangat mahal, konon cost produksi masih jauh lebih tinggi dari setiap harga jual),
lagi2 oleh porsche di 959 yg essentially adalah mobil sport, tapi sekaligus offroad capable. 1986, 959 turun nearly identic dgn production model termasuk suspensi dan AWD kecuali beda mesin; menang dgn posisi 1,2, & 5 di paris-dakar (& ke-3 kalo mobil ke-4 tidak dipake sebagai service car 2 mobil pertama).
waw, jd memang bisa kan, sebuah monokok d buat sangat kuat, walau akibatnya harga akan membengkak karena material dan teknik pengerjaan sudah extraordinary.

klw dri yg saya baca, memang rata suv monokok, crv forester dll sudah mereinforce tulang d body tujuannya untuk jd crumplezone yg meredam energi saat tabrakan, dan untuk itu justru di buat lentur.

dri pemahaman saya disini jadi serba salah juga, untuk menahan impact energi saat tabrakan maka rangka harus lentur sehingga bisa menyerap energi.

sedangkan untuk kebutuhan heavy duty n oprut justru harus di buat lebih kaku keras/rigid agar saat d gunakan d jalan ancur terkena guncangan terus menerus metalnya agar tdk mudah lelah dan kemudian break/bengkok.

lalu pd kasus porsche bearti dia bisa bikin monokok yg rigid safe dan sempat masuk jalur produksi, mungkin skrng cayenne jg pke kontruksi ini.

someday will this technology become cheap?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:
GTR wrote: bro bil, kalo liat cuma buat wara wiri gitu; umumnya blazer/escudo dgn CRV, bisa2 masih lebih 'badak' si CRV.

IMO, material & teknologi tinggi juga sangat berperan. Kebanyakan SUV monokok misal harier / CRV pun, sudah direinforced dgn bahan2 & teknologi khusus untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen pada umumnya;
dgn kombinasikan porsi high/higher/highest-strenght tensile steel dan laser/plasma/MAG weld lebih banyak, cara ini untuk membuatnya lebih ringan tentu juga dgn konsekuensi2 cost material.
bukan just seperti fortuner lepas ladder, lantas 'standard steel & spot weld body' tersebut langsung dipasang ke suspensi.

Daripada sifat keunggulan longitudinal torsional bend seperti body-on-frame; sebagai trade-off ini, umumnya monokok yg rigid juga mempunyai sifat keunggulan terhadap torsi transversal karena keseluruhan rangkaian struktur dirancang saling berhubungan seolah lebih menyatu.

Salah satu contoh Monokok yg pernah dibikin sangat2 rigid paling tidak pada jaman itu (tapi jadi sangat mahal, konon cost produksi masih jauh lebih tinggi dari setiap harga jual),
lagi2 oleh porsche di 959 yg essentially adalah mobil sport, tapi sekaligus offroad capable. 1986, 959 turun nearly identic dgn production model termasuk suspensi dan AWD kecuali beda mesin; menang dgn posisi 1,2, & 5 di paris-dakar (& ke-3 kalo mobil ke-4 tidak dipake sebagai service car 2 mobil pertama).
waw, jd memang bisa kan, sebuah monokok d buat sangat kuat, walau akibatnya harga akan membengkak karena material dan teknik pengerjaan sudah extraordinary.

klw dri yg saya baca, memang rata suv monokok, crv forester dll sudah mereinforce tulang d body tujuannya untuk jd crumplezone yg meredam energi saat tabrakan, dan untuk itu justru di buat lentur.

dri pemahaman saya disini jadi serba salah juga, untuk menahan impact energi saat tabrakan maka rangka harus lentur sehingga bisa menyerap energi.

sedangkan untuk kebutuhan heavy duty n oprut justru harus di buat lebih kaku keras/rigid agar saat d gunakan d jalan ancur terkena guncangan terus menerus metalnya agar tdk mudah lelah dan kemudian break/bengkok.

lalu pd kasus porsche bearti dia bisa bikin monokok yg rigid safe dan sempat masuk jalur produksi, mungkin skrng cayenne jg pke kontruksi ini.

someday will this technology become cheap?

:beer:
Makanya saya bilang seperti diatas, tes dengan level bahan/cost yang setara.....

Cara ngetesnya gini aja - anggap semua komponen lain sama, dr suspensi sampe tutup pentil ban. Bahan semua sama/se-level - yg beda hanya sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody. Mana yang lebih kuat buat heavy duty on and off road use.

Yang di perdebatkan kan sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody, all other things being equal - mana yg lebih cocok buat heavy duty use. Jadi jangan besi di Porsche di adu sama ladder frame di Kijang kapsul. All other things being equal - sistem konstruksi mana yg lebih cocok buat heavy duty use.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:klw om ingin pure unibody kuat dalam bentuk mobil "beneran" saya tidak bisa membuktikan apa2.
tapi klw dlmbentuk jip kompetisi mungkin kerjaan temen sya ini bisa jd contoh.
Image
sebuah XJ tubular yg di bangun dari halfcut "bangkai" XJ,kondisinya uda lumayan "parah" sehingga tulang bagian kolongnya yg mirip ladder uda tdk layak pakai lalu d kupas habis kemudian d sambung rangka tubular baru d reinforce dgn plat. sedangkan bagian yg di luar body murni tubular frame yang saling memperkuat dari dasar hingga ke bagian atap.

ini masih setengah jadi gw juga dulu debat sma yg bikin persis kya disini.. knp ga ngambil sasis FJ40 atau "emang kuat cuma pake pipa kecil gini?" dia jelasin dan memang masuk akal juga sih.

hal yg bikin gw ragu...... kyanya bakal berat depan nih.. hehehe :e-think:
ane percaya om bil.. struktur tubular yang ente sebut, tapi kalo bahasa orang sononya bilang space frame.. struktur seperti ini dipake di jembatan baja, atap kanopi bentang luas...
dan satu lagi, spaceframe ini emang ringan dan kuat.. cuman satu kelemahannya... pintunya sempit... :mrgreen: :mrgreen:

masalah berat depan, di belakang tinggal dipasangi karung pasir 2 kwintal.. :big_slap:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

FortunerMan wrote: Yang saya baca, ladder frame is better suited buat heavy duty use (tuh banyak sumbernya) - bener toh? Terus saya nanya, apa sudah bisa pure unibody di pake di heavy duty SUV...kalo saya liat yg terkenal terrrrr-badak, seperti Wrangler, Cherokee/Grand Cherokee, Land Rover Defender/Discovery/RR, G-Class, Patrol, Landcruiser, Pajero - masih pake ladder frame atau unibody campur frame di bawahnya.
yang ditanya SUV sih.. coba bukan SUV, ada tuh kendaraan yang pake sasis monokok yang lebih tough daripada truk ladder.. :e-whistle: :e-whistle:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

FortunerMan wrote:Cara ngetesnya gini aja - anggap semua komponen lain sama, dr suspensi sampe tutup pentil ban. Bahan semua sama/se-level - yg beda hanya sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody. Mana yang lebih kuat buat heavy duty on and off road use.

Kalo ngalor ngidul sampe suspensi trus ban trus simple/tidak simple gak ada ujungnya. malah nyambung ke lokalisasi...Indonesia vs padang pasir Afrika. Tidak ada yg mempertanyakan ini. Ladder frame di Afrika sama aja ladder frame di Indonesia.

Yang di perdebatkan kan sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody, all other things being equal - mana yg lebih cocok buat heavy duty use. Jadi jangan besi di Cayenne di adu sama ladder frame di Kijang kapsul. All other things being equal - sistem konstruksi mana yg lebih cocok buat heavy duty use.
klw semuanya sama yang satu ladder yang satu pureunibody.

maka.....
heavy duty use angkat beban narik beban of course ladder is the winner no doubt of it

offroad use it will be equal... top grade ladder vs top grade unibody will have the same durabilty.(kec bilangnya ladder kijang vs monokok taruna jelas kijang lah) and offroad need both heavyduty durabilty n Safe structure.

and safety monokok is the winner, coz setiap pilar dan rangka body will be work as chasis, aman saat terbalik crumplezone bisa lebih mudah di buat dan d sebar, menyerap benturan lebih baik dan klw kecelakaan g ada cerita sasis lepas dri body.

i think it's equal...
dan tentu saja bukan bearti ladder gak aman dan monokok tidak kuat narik beban...
ini sih tinggal pinter2 pabriknya aja.

keduanya punya kelebihan d sisi yg berbeda, heavyduty atau safety.
then which side you choose?
its depend on what we need i guess


thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:
maskopat wrote:it's a matter how the engineer designed the structures...
bisa aja monokok lebih kuat. seperti pernah di bahas, di kendaraan khusus yang bukan SUV, seperti tank dan panser, mereka pake plat baja tebal sebagai body dan chassis.. plat ini bahkan lebih tebal daripada chassis SUV "tangguh"..
SETUJU om monokok bukan harga mati masih bisa di reinforce walau g lewat cara nempelin ladder dkolong.

masalahnya di harga dan material karena akan butuh lebih banyak lagi material yg kuat.
sebenernya bukan issue besar apakah monokok atau ladder.. saat ini mungkin yang favorite untuk tangguh masih pake ladder.. tapi beberapa pabrikan mulai pake hibrid antara monokok dan ladder... walau ane masih nganggap hibrid ini masih monokok karena body menempel dekat dengan kerangkanya..
SIP mantap dah om maskopat!! ane jd biggest fan deh... hehehe
yang serius off roader masih belum mau pake air suspenssion dan FISS di kendaraannya.. sekarang.. entah 10 tahun lagi ketika teknologi yang kuat makin lebih murah..
masalah utama IFS/FISS itu di flexybelitasnya yg berpengaruh ke performa dan daya jelajah, klw kekuatan lewat material yg kuat bisa selesai, sparepart asal yg punya dompetnya tebel juga ga di hitung hehehe
lihat aja di RR, disco, pajero.. pajero deh yang ane tahu.. gen 1 masih pake full rigid.. gen 2 IFS, gen 3 dan 4 udah FISS.. engineer mitsu mungkin sudah memperhitungkan kekuatan struktur gen 3, 4 vs gen 1.. tapi kompensasinya dengan biaya yang lebih mahal di pembuatan dan perawatan.
klw Paj sih dri gen 1 uda IFS om Willys mitsubishi yang rigid.. mungkin ini sebapnya dia bikin pajero sport yah? IFS dan tdk butuh struktur teknologi dan konstruksi se mahal gen3 n 4 yah?
kita gak tahu 10,20 tahun ke depan.. mungkin SUV "tangguh" ini akan pake full monokok, air suspenssion.. teknologi material masih berkembang koq.. tapi mungkin yang ladder dan full rigid akan sangat lebih tangguh...
dan mungkin aja 50 thn lg mobil uda terbang semua...... waduh hobby ku ilang deh... iya klw gw masih ada...
structure engineering itu kan tentang penghematan biaya vs kebutuhan akan kekuatan struktur... kalau tanpa ada penghematan biaya, akan lebih mudah lagi membuat struktur yang amat sangat super tangguh.. :mrgreen: :mrgreen:
sip bngt deh... di tambah lagi kemudahan pengembangan dan research saat akan ganti mobil atau buat mobil lain yg kembaran platform dgn low cost, klw unibody semua pasti jadi sulit dan highcost lagi.

:beer:
thanks om bil...
:thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
ane percaya om bil.. struktur tubular yang ente sebut, tapi kalo bahasa orang sononya bilang space frame.. struktur seperti ini dipake di jembatan baja, atap kanopi bentang luas...
dan satu lagi, spaceframe ini emang ringan dan kuat.. cuman satu kelemahannya... pintunya sempit... :mrgreen: :mrgreen:

masalah berat depan, di belakang tinggal dipasangi karung pasir 2 kwintal.. :big_slap:
hehehe rencananya sihhh.. mau di kasih barbel and se set alat pitnes tu d blkng...tpi karung pasir juga boleh tuhh.. sekalian biar ngecilin badan drivernya.. biar gampang keluar masukk.. wkekkeke


thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:
FortunerMan wrote:Cara ngetesnya gini aja - anggap semua komponen lain sama, dr suspensi sampe tutup pentil ban. Bahan semua sama/se-level - yg beda hanya sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody. Mana yang lebih kuat buat heavy duty on and off road use.

Kalo ngalor ngidul sampe suspensi trus ban trus simple/tidak simple gak ada ujungnya. malah nyambung ke lokalisasi...Indonesia vs padang pasir Afrika. Tidak ada yg mempertanyakan ini. Ladder frame di Afrika sama aja ladder frame di Indonesia.

Yang di perdebatkan kan sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody, all other things being equal - mana yg lebih cocok buat heavy duty use. Jadi jangan besi di Cayenne di adu sama ladder frame di Kijang kapsul. All other things being equal - sistem konstruksi mana yg lebih cocok buat heavy duty use.
klw semuanya sama yang satu ladder yang satu pureunibody.

maka.....
heavy duty use angkat beban narik beban of course ladder is the winner no doubt of it

offroad use it will be equal... top grade ladder vs top grade unibody will have the same durabilty.(kec bilangnya ladder kijang vs monokok taruna jelas kijang lah) and offroad need both heavyduty durabilty n Safe structure.

and safety monokok is the winner, coz setiap pilar dan rangka body will be work as chasis, aman saat terbalik crumplezone bisa lebih mudah di buat dan d sebar, menyerap benturan lebih baik dan klw kecelakaan g ada cerita sasis lepas dri body.

i think it's equal...
dan tentu saja bukan bearti ladder gak aman dan monokok tidak kuat narik beban...
ini sih tinggal pinter2 pabriknya aja.

keduanya punya kelebihan d sisi yg berbeda, heavyduty atau safety.
then which side you choose?
its depend on what we need i guess


thx
:beer:
Kan dari depan udah dinyatakan untuk kebutuhan heavy duty - on road dan off road :P towing, off roading, jalanan hancur bertubi tubi.

Gak ada yg mempermasalahkan safety, sudah tau monokok unggul. Gak ada yg mempermasalahkan agility, sudah tau juga siapa yg unggul.

Saya tidak bilang hanya top grade materials lho, tapi all levels of material..secara equal. OK bahan top grade bisa equal, skrg misalnya besi level kijang kapsul, ladder frame vs unibody murni - gimana?
Last edited by FortunerMan on Thu Oct 01, 2009 15:08, edited 1 time in total.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by zweifellos »

hmmm...saya masih bingung ini dengan unibody. kalo unibody ini berarti itu body ga ada tempat "nempelin"nya ya?

kalo memang mo membandingkan ladder frame dengan unibody mungkin mesti juga dilihat bahan, berat, dll (karakteristik konstruksi) yang sama dari keduanya sehingga didapat perbandingan yang fair (jadi ntar tinggal murni perbandingan bentuk nya saja dengan variable/sifat2 dari keduanya sudah sama)?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

kalo konstruksi kayak gini apa disebutnya, unibody kah ? :e-think:

Image
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

FortunerMan wrote:
billyd1773dz wrote:
FortunerMan wrote:Cara ngetesnya gini aja - anggap semua komponen lain sama, dr suspensi sampe tutup pentil ban. Bahan semua sama/se-level - yg beda hanya sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody. Mana yang lebih kuat buat heavy duty on and off road use.

Kalo ngalor ngidul sampe suspensi trus ban trus simple/tidak simple gak ada ujungnya. malah nyambung ke lokalisasi...Indonesia vs padang pasir Afrika. Tidak ada yg mempertanyakan ini. Ladder frame di Afrika sama aja ladder frame di Indonesia.

Yang di perdebatkan kan sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody, all other things being equal - mana yg lebih cocok buat heavy duty use. Jadi jangan besi di Cayenne di adu sama ladder frame di Kijang kapsul. All other things being equal - sistem konstruksi mana yg lebih cocok buat heavy duty use.
klw semuanya sama yang satu ladder yang satu pureunibody.

maka.....
heavy duty use angkat beban narik beban of course ladder is the winner no doubt of it

offroad use it will be equal... top grade ladder vs top grade unibody will have the same durabilty.(kec bilangnya ladder kijang vs monokok taruna jelas kijang lah) and offroad need both heavyduty durabilty n Safe structure.

and safety monokok is the winner, coz setiap pilar dan rangka body will be work as chasis, aman saat terbalik crumplezone bisa lebih mudah di buat dan d sebar, menyerap benturan lebih baik dan klw kecelakaan g ada cerita sasis lepas dri body.

i think it's equal...
dan tentu saja bukan bearti ladder gak aman dan monokok tidak kuat narik beban...
ini sih tinggal pinter2 pabriknya aja.

keduanya punya kelebihan d sisi yg berbeda, heavyduty atau safety.
then which side you choose?
its depend on what we need i guess


thx
:beer:
Kan dari depan udah dinyatakan untuk kebutuhan heavy duty - on road dan off road :P towing, off roading, jalanan hancur bertubi tubi.

Gak ada yg mempermasalahkan safety, sudah tau monokok unggul. Gak ada yg mempermasalahkan agility, sudah tau juga siapa yg unggul.

Saya tidak bilang hanya top grade materials lho, tapi all levels of material..secara equal. OK bahan top grade bisa equal, skrg misalnya besi level kijang kapsul, ladder frame vs unibody murni - gimana?
duh....

klw saya balik post d atas jd gini gmn om?

Gak ada yg mempermasalahkan safety, sudah tau monokok unggul. Gak ada yg mempermasalahkan agility, sudah tau juga siapa yg unggul.
Gak ada yg mempermasalahkan Towing capacity, sudah tau ladder unggul. Gak ada yg mempermasalahkan heavy duty, sudah tau juga siapa yg unggul.
sudah jelas kan?

anda dan saya sudah tahu jawabanya begtu juga teman-teman yang membaca post ini dan post sebelumnya,

:beer:

btw
cilaka pisan uy, klw oprut ga mempermasalahkan safety
Last edited by billyd1773dz on Thu Oct 01, 2009 15:39, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by zweifellos »

kayanya yang merah itu ladder frame nya om, tapi ga tau lah pastinya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.