Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
azu wrote: Wed Dec 10, 2025 9:01
hahaha iya mbah, rencana ganti tap aja setiap 20/25rb, terus setiap 40/50rb buka karter ganti strainer filternya.
hanya kemarin saya penasaran aja sih sebenernya yg bikin suhu oli transmisi naik itu apa, ternyata penyebab utamanya ya kick down/putaran mesin tinggi ya.
nah kalau heavy load oke lah suhu naik, tapi kalau downhill gimana ya.
kalau macet memang suhu oli transmisi naik, tapi lebih karena dampak suhu coolant yg naik juga. pantesan dibilang kinerja transmisinya sangat bergantung pada tingkat kebersihan cooling system, karena bisa dibilang suhu coolant = suhu oli transmisi pada operasi normalnya.
nah ini dia, di DNGA WA-VE itu coolant aja kerjaannya udah sampe jadi cooler EGR, mesin On aja kayanya nyaris ga muter itu coolant, sampe mesin masuk suhu kerja baru sirkulasi. dan bertambah lagi kenapa ukuran radiator WA-VE + extra fan gede buat mobil seukuran gitu. karena kerja coolant ketambahan ya.
10 tahun lagi bengkel radiator bakalan hepi ni karena anggep agya WAVE itu mampet semua jalurnya jadi butuh jasa gorok2 radiator
kunaskun wrote: Wed Dec 10, 2025 12:17
nah ini dia, di DNGA WA-VE itu coolant aja kerjaannya udah sampe jadi cooler EGR, mesin On aja kayanya nyaris ga muter itu coolant, sampe mesin masuk suhu kerja baru sirkulasi. dan bertambah lagi kenapa ukuran radiator WA-VE + extra fan gede buat mobil seukuran gitu. karena kerja coolant ketambahan ya.
10 tahun lagi bengkel radiator bakalan hepi ni karena anggep agya WAVE itu mampet semua jalurnya jadi butuh jasa gorok2 radiator
hebat jg skrg teknologi nya daihatsu ya, ud ampe EGR cooler sgala, ini biasanya lazim di mobil2 yurop
honda aj jarang2 egr nya di liwatin coolant
btw WA-VE ud blajar dari pendahulu nya, si KR family kali, radiator super imut, cuman dikasi fan satu pula, ud percis kaya jaman daihatsu ceria
DOHC wrote: Thu Dec 11, 2025 9:42
tapi ilmu nya lmayan mbah,
kerana gas ekzos nya disejukan oleh sistem penyejuk (sepertinya aircon), terlebih kerana enjin ini mempunyai nisbah mampatan yang ckup tinggi.
dibanding egr nya honda,
walaupun sama mempunyai nisbah mampatan yang tinggi, tetapi enjin honda tidak mempunyai sistem penyejuk kitaran semula gas eksoz sama sekali
wah saya sangat terkezut kezut mbah
ahond ngapain aja ya masa iya ga ada EGR di seri L15? part of cost reduction?
honda ada mbah, cuman ga seperti WA-VE yg mempunyai sistem penyejuk, padahal ahond terkenal enjin nya mempunyai nisbah mampatan yg tinggi, sama seperti WA-VE
DOHC wrote: Thu Dec 11, 2025 13:39
honda ada mbah, cuman ga seperti WA-VE yg mempunyai sistem penyejuk, padahal ahond terkenal enjin nya mempunyai nisbah mampatan yg tinggi, sama seperti WA-VE
dan jenama honda also dikenali famous sebagai pengeluar enjin berprestasi tinggi ya mbah
DOHC wrote: Thu Dec 11, 2025 13:39
honda ada mbah, cuman ga seperti WA-VE yg mempunyai sistem penyejuk, padahal ahond terkenal enjin nya mempunyai nisbah mampatan yg tinggi, sama seperti WA-VE
dan jenama honda also dikenali famous sebagai pengeluar enjin berprestasi tinggi ya mbah
ya
kuasa tinggi kerana mempunyai nisbah mampatan yg tinggi dan turbo