Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by kunaskun »

azu wrote: Wed Dec 10, 2025 9:01 hahaha iya mbah, rencana ganti tap aja setiap 20/25rb, terus setiap 40/50rb buka karter ganti strainer filternya.

hanya kemarin saya penasaran aja sih sebenernya yg bikin suhu oli transmisi naik itu apa, ternyata penyebab utamanya ya kick down/putaran mesin tinggi ya.
nah kalau heavy load oke lah suhu naik, tapi kalau downhill gimana ya.
kalau macet memang suhu oli transmisi naik, tapi lebih karena dampak suhu coolant yg naik juga. pantesan dibilang kinerja transmisinya sangat bergantung pada tingkat kebersihan cooling system, karena bisa dibilang suhu coolant = suhu oli transmisi pada operasi normalnya.
nah ini dia, di DNGA WA-VE itu coolant aja kerjaannya udah sampe jadi cooler EGR, mesin On aja kayanya nyaris ga muter itu coolant, sampe mesin masuk suhu kerja baru sirkulasi. dan bertambah lagi kenapa ukuran radiator WA-VE + extra fan gede buat mobil seukuran gitu. karena kerja coolant ketambahan ya.

10 tahun lagi bengkel radiator bakalan hepi ni karena anggep agya WAVE itu mampet semua jalurnya jadi butuh jasa gorok2 radiator :mky_03:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Wed Dec 10, 2025 10:26 gak ada emg buntung mbah.
gak ada selang samsek nyambung ke coolant.

klo HRV emg nyambung ke coolant,
kasta nya beda.
prindavan vs global.
hahahahaha.

klo brio gen new, br nyambung ke coolant
ada selang karet nya.

maka dr itu ATF brio dan xpander,
ATF temp nya gak jauh beda = coolant temp
udh diukur pk OBD

blm prnh lewat dr 100C :mky_03:
:mky_06: :mky_06:
enjiner mobil ani2 kalah sama pickup sayur :mky_06:
DOHC wrote: Wed Dec 10, 2025 10:39 pantesan si domo rajin bener jelek2in mobilio d yutub nya

ga tau nya rontok emg gara2 ga d alirin coolant , jadi overheat
berarti domo bener dong mbah? :mky_04:

:ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27794
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

kunaskun wrote: Wed Dec 10, 2025 12:19
DOHC wrote: Wed Dec 10, 2025 10:39 pantesan si domo rajin bener jelek2in mobilio d yutub nya

ga tau nya rontok emg gara2 ga d alirin coolant , jadi overheat
berarti domo bener dong mbah? :mky_04:

:ngacir:
kita orang percaya nya gunung kawi, bukan nya dokter2an :mky_04: :mky_04:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27794
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

kunaskun wrote: Wed Dec 10, 2025 12:17
nah ini dia, di DNGA WA-VE itu coolant aja kerjaannya udah sampe jadi cooler EGR, mesin On aja kayanya nyaris ga muter itu coolant, sampe mesin masuk suhu kerja baru sirkulasi. dan bertambah lagi kenapa ukuran radiator WA-VE + extra fan gede buat mobil seukuran gitu. karena kerja coolant ketambahan ya.

10 tahun lagi bengkel radiator bakalan hepi ni karena anggep agya WAVE itu mampet semua jalurnya jadi butuh jasa gorok2 radiator :mky_03:
hebat jg skrg teknologi nya daihatsu ya, ud ampe EGR cooler sgala, ini biasanya lazim di mobil2 yurop

honda aj jarang2 egr nya di liwatin coolant

btw WA-VE ud blajar dari pendahulu nya, si KR family kali, radiator super imut, cuman dikasi fan satu pula, ud percis kaya jaman daihatsu ceria
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Wed Dec 10, 2025 12:19
Suryaputra wrote: Wed Dec 10, 2025 10:26 gak ada emg buntung mbah.
gak ada selang samsek nyambung ke coolant.

klo HRV emg nyambung ke coolant,
kasta nya beda.
prindavan vs global.
hahahahaha.

klo brio gen new, br nyambung ke coolant
ada selang karet nya.

maka dr itu ATF brio dan xpander,
ATF temp nya gak jauh beda = coolant temp
udh diukur pk OBD

blm prnh lewat dr 100C :mky_03:
:mky_06: :mky_06:
enjiner mobil ani2 kalah sama pickup sayur :mky_06:
DOHC wrote: Wed Dec 10, 2025 10:39 pantesan si domo rajin bener jelek2in mobilio d yutub nya

ga tau nya rontok emg gara2 ga d alirin coolant , jadi overheat
berarti domo bener dong mbah? :mky_04:

:ngacir:
Efisiensi :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by kunaskun »

DOHC wrote: Wed Dec 10, 2025 13:46 kita orang percaya nya gunung kawi, bukan nya dokter2an :mky_04: :mky_04:
:mky_02: :mky_02: :mky_02:
DOHC wrote: Wed Dec 10, 2025 13:51 hebat jg skrg teknologi nya daihatsu ya, ud ampe EGR cooler sgala, ini biasanya lazim di mobil2 yurop

honda aj jarang2 egr nya di liwatin coolant

btw WA-VE ud blajar dari pendahulu nya, si KR family kali, radiator super imut, cuman dikasi fan satu pula, ud percis kaya jaman daihatsu ceria
eh ternyata EGR cooler masih konvensional mbah, pake udara doang... :big_childish: :big_sorry:

https://www.mekanika.com.my/enjin-daiha ... ada-ativa/
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27794
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

kunaskun wrote: Thu Dec 11, 2025 6:51
DOHC wrote: Wed Dec 10, 2025 13:46 kita orang percaya nya gunung kawi, bukan nya dokter2an :mky_04: :mky_04:
:mky_02: :mky_02: :mky_02:
DOHC wrote: Wed Dec 10, 2025 13:51 hebat jg skrg teknologi nya daihatsu ya, ud ampe EGR cooler sgala, ini biasanya lazim di mobil2 yurop

honda aj jarang2 egr nya di liwatin coolant

btw WA-VE ud blajar dari pendahulu nya, si KR family kali, radiator super imut, cuman dikasi fan satu pula, ud percis kaya jaman daihatsu ceria
eh ternyata EGR cooler masih konvensional mbah, pake udara doang... :big_childish: :big_sorry:

https://www.mekanika.com.my/enjin-daiha ... ada-ativa/
tapi ilmu nya lmayan mbah,

kerana gas ekzos nya disejukan oleh sistem penyejuk (sepertinya aircon), terlebih kerana enjin ini mempunyai nisbah mampatan yang ckup tinggi.

dibanding egr nya honda,

walaupun sama mempunyai nisbah mampatan yang tinggi, tetapi enjin honda tidak mempunyai sistem penyejuk kitaran semula gas eksoz sama sekali
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by kunaskun »

DOHC wrote: Thu Dec 11, 2025 9:42 tapi ilmu nya lmayan mbah,

kerana gas ekzos nya disejukan oleh sistem penyejuk (sepertinya aircon), terlebih kerana enjin ini mempunyai nisbah mampatan yang ckup tinggi.

dibanding egr nya honda,

walaupun sama mempunyai nisbah mampatan yang tinggi, tetapi enjin honda tidak mempunyai sistem penyejuk kitaran semula gas eksoz sama sekali
wah saya sangat terkezut kezut mbah :mky_02: :mky_02:

ahond ngapain aja ya masa iya ga ada EGR di seri L15? part of cost reduction? :mky_06:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27794
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

kunaskun wrote: Thu Dec 11, 2025 13:36
DOHC wrote: Thu Dec 11, 2025 9:42 tapi ilmu nya lmayan mbah,

kerana gas ekzos nya disejukan oleh sistem penyejuk (sepertinya aircon), terlebih kerana enjin ini mempunyai nisbah mampatan yang ckup tinggi.

dibanding egr nya honda,

walaupun sama mempunyai nisbah mampatan yang tinggi, tetapi enjin honda tidak mempunyai sistem penyejuk kitaran semula gas eksoz sama sekali
wah saya sangat terkezut kezut mbah :mky_02: :mky_02:

ahond ngapain aja ya masa iya ga ada EGR di seri L15? part of cost reduction? :mky_06:
honda ada mbah, cuman ga seperti WA-VE yg mempunyai sistem penyejuk, padahal ahond terkenal enjin nya mempunyai nisbah mampatan yg tinggi, sama seperti WA-VE
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by kunaskun »

DOHC wrote: Thu Dec 11, 2025 13:39 honda ada mbah, cuman ga seperti WA-VE yg mempunyai sistem penyejuk, padahal ahond terkenal enjin nya mempunyai nisbah mampatan yg tinggi, sama seperti WA-VE
dan jenama honda also dikenali famous sebagai pengeluar enjin berprestasi tinggi ya mbah :mky_06:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27794
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

kunaskun wrote: Thu Dec 11, 2025 13:43
DOHC wrote: Thu Dec 11, 2025 13:39 honda ada mbah, cuman ga seperti WA-VE yg mempunyai sistem penyejuk, padahal ahond terkenal enjin nya mempunyai nisbah mampatan yg tinggi, sama seperti WA-VE
dan jenama honda also dikenali famous sebagai pengeluar enjin berprestasi tinggi ya mbah :mky_06:
ya
kuasa tinggi kerana mempunyai nisbah mampatan yg tinggi dan turbo :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: