Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Biar sekalian ..... extensionnya um ..... soalnya di mobil owe yg 1 bisa lgsg TW + bit (eh bener kan mbah marmut bilang kepala socket-nya itu?) tapi itu pun mepet bener ama body mobil. Di mobil atu lg kudu pake extension 3" dulu, kalau ndak, kepentok palang peleknya ....
josomba wrote: Fri Dec 11, 2020 5:55
Biar sekalian ..... extensionnya um ..... soalnya di mobil owe yg 1 bisa lgsg TW + bit (eh bener kan mbah marmut bilang kepala socket-nya itu?) tapi itu pun mepet bener ama body mobil. Di mobil atu lg kudu pake extension 3" dulu, kalau ndak, kepentok palang peleknya ....
kang, eta.... trelekna, digemukin biar senyap. ga bunyi treeleek... treeeleeek.... kalo lagi ngencengin.
Taufiq6210 wrote: Fri Dec 11, 2020 6:04
Wah udah banyak yang punya TW ya... mbah warektor DOHC belum minat beli nih?
beliau tetap tegar pendirian, kunci palang + pipa 2 meter + karung pasir 10 kg diujung.
kalo masih kurang, pake pipa 5 meter + karung pasir 20 kg diujung.
Dat510 wrote: Fri Dec 11, 2020 3:46
Mbah si toptul ternyata 35mm S nya. Dlu yang mbah marmut & mbah omnibus belajar itung2an ada di part 1 ya klo ngga salah.
Mesti ubak2..
coba iseng set di torsi maksimum 130 n.m, trus buat kencengin mur/baut as roda.
pecah ngga tu ratchetnya..... kan pernyataan mereka lifetime warranty.
josomba wrote: Fri Dec 11, 2020 5:55
Biar sekalian ..... extensionnya um ..... soalnya di mobil owe yg 1 bisa lgsg TW + bit (eh bener kan mbah marmut bilang kepala socket-nya itu?) tapi itu pun mepet bener ama body mobil. Di mobil atu lg kudu pake extension 3" dulu, kalau ndak, kepentok palang peleknya ....
kang, eta.... trelekna, digemukin biar senyap. ga bunyi treeleek... treeeleeek.... kalo lagi ngencengin.
Demmmmm ........ Kata trelek terdengar lg .... eh terbaca lg
Dat510 wrote: Fri Dec 11, 2020 3:46
Mbah si toptul ternyata 35mm S nya. Dlu yang mbah marmut & mbah omnibus belajar itung2an ada di part 1 ya klo ngga salah.
Mesti ubak2..
coba iseng set di torsi maksimum 130 n.m, trus buat kencengin mur/baut as roda.
pecah ngga tu ratchetnya..... kan pernyataan mereka lifetime warranty.
Kemarin saya test set di 120 mbah, kalo based on hitung2an rumus, real torque yg saya put +- 123 Nm, masih aman si.
Tapi saya jadi bingung, kok feel nya enteng banget yah buat nyampe 120 Nm, biasa pake kunci palang sampe keringetan ngencengin nya.
Apa emang begitu mbah?
Biar sekalian ..... extensionnya um ..... soalnya di mobil owe yg 1 bisa lgsg TW + bit (eh bener kan mbah marmut bilang kepala socket-nya itu?) tapi itu pun mepet bener ama body mobil. Di mobil atu lg kudu pake extension 3" dulu, kalau ndak, kepentok palang peleknya ....
betul mbah, kl utk roda harus pakai extension 2" atau 3". kalau 5" kepanjangan, malah ga enak megang TW nya ntar.
blloewy wrote: Fri Dec 11, 2020 5:30
Mbah Shifu Plop ama Mbah Warektor Marmut...
Nanya dung u ceklek2 gt kl model begini apakah cukup?
JTC-1203 : 1/2" Dr. , Rentang Torsi 28~210NM/20.7~154.9FT/LB
Paling u ngencengin baut ban doang di lipindut senilai 118 Nm..
coba diliat dan dipertimbangken lagi, ada :
- jtc 1203
- sata 96311
- jtc 4936
yang jtc 4936 kalo ngga salah liat, square drive-nya bisa dibalik seperti britool, jadi penyimpangannya tetep 3% untuk drat kiri.
dipilih dipilih yang tork wrens yang tork wrens..... sayang baut, sayang baut.....
Mbah...mbok ksh opsi itu yg masuk kantong gt lho
itu dua lagi di bawah 1203 harganya 2x lipet
itu JTC 1203 tinggal pake kepala shock biasa aja khan? kagak model macem stahlwille yg harga socket bit nya dpt si JTC 1203 x 2
blloewy wrote: Fri Dec 11, 2020 7:26
itu JTC 1203 tinggal pake kepala shock biasa aja khan? kagak model macem stahlwille yg harga socket bit nya dpt si JTC 1203 x 2
tul.
1203 tinggal beliin deepwall socket aja udah bisa langsung pake. atau beli extension sekalian yang 3" buat persiapan.
sekedar info,
buat yang pengen torq wrench kecil (s/d 25 n.m) rasa stahlwille, di monotaro ada tuh cuma 400ribuan.
ratchet insert-nya harga promo 110ribu.
ada open end insert juga tapi terbatas pilihannya.
marmut wrote: Fri Dec 11, 2020 8:15
sekedar info,
buat yang pengen torq wrench kecil (s/d 25 n.m) rasa stahlwille, di monotaro ada tuh cuma 400ribuan.
ratchet insert-nya harga promo 110ribu.
ada open end insert juga tapi terbatas pilihannya.
Dat510 wrote: Fri Dec 11, 2020 3:46
Mbah si toptul ternyata 35mm S nya. Dlu yang mbah marmut & mbah omnibus belajar itung2an ada di part 1 ya klo ngga salah.
Mesti ubak2..
coba iseng set di torsi maksimum 130 n.m, trus buat kencengin mur/baut as roda.
pecah ngga tu ratchetnya..... kan pernyataan mereka lifetime warranty.
Kemarin saya test set di 120 mbah, kalo based on hitung2an rumus, real torque yg saya put +- 123 Nm, masih aman si.
Tapi saya jadi bingung, kok feel nya enteng banget yah buat nyampe 120 Nm, biasa pake kunci palang sampe keringetan ngencengin nya.
Apa emang begitu mbah?
Karena penasaran dan mengganggu pikiran, barusan saya test.
Coba buka baut roda pake kunci roda bawaan (sebelumnya dikencengin pake kunci palang), tarik2, dorong2, teken2 pake tangan ngga kebuka2. Baru bisa kebuka setelah saya berdiri di kunci roda (beneran berdiri tanpa ada kaki yg menyentuh lantai) + sedikit hentakan, berat badan saya 72 kg, + hentakan tarolah jadi total 75 kg.
Panjang kunci rodanya 23 cm, maka dengan rumus N x m = 75 kg x 10 x 0.23 = 172.5 N.m torsi yang diperlukan untuk membuka roda, jadi selama ini kayanya overtighten.
Abis itu test kencengin pake TW di 120 Nm, terus buka pake kunci roda standard, berhasil terbuka, butuh narik2 & neken2 juga tapi berhasil.
kemaren sempet tambal ban di toko ban BTS. ada mobil masuk itu buka bautnya pake pipe extension 1m, mekaniknya kayak sambil gelayutan bunyinya ngeeeekkkkkkkkkkk...
TW kayaknya perlu dibawa kalau perjalanan jauh, jaga2 ketemu kang tambal ban model inject tinggal bilang, permisi saya kencengin sendiri ya.
coba iseng set di torsi maksimum 130 n.m, trus buat kencengin mur/baut as roda.
pecah ngga tu ratchetnya..... kan pernyataan mereka lifetime warranty.
Kemarin saya test set di 120 mbah, kalo based on hitung2an rumus, real torque yg saya put +- 123 Nm, masih aman si.
Tapi saya jadi bingung, kok feel nya enteng banget yah buat nyampe 120 Nm, biasa pake kunci palang sampe keringetan ngencengin nya.
Apa emang begitu mbah?
Karena penasaran dan mengganggu pikiran, barusan saya test.
Coba buka baut roda pake kunci roda bawaan (sebelumnya dikencengin pake kunci palang), tarik2, dorong2, teken2 pake tangan ngga kebuka2. Baru bisa kebuka setelah saya berdiri di kunci roda (beneran berdiri tanpa ada kaki yg menyentuh lantai) + sedikit hentakan, berat badan saya 72 kg, + hentakan tarolah jadi total 75 kg.
Panjang kunci rodanya 23 cm, maka dengan rumus N x m = 75 kg x 10 x 0.23 = 172.5 N.m torsi yang diperlukan untuk membuka roda, jadi selama ini kayanya overtighten.
Abis itu test kencengin pake TW di 120 Nm, terus buka pake kunci roda standard, berhasil terbuka, butuh narik2 & neken2 juga tapi berhasil.
sekalian kapan lalu lihat youtube test2 TW. menurut yutuber nya, ketika membuka itu rata2 80% dari tightening torque. (dia buktikan juga torque nya pake digital).
jd kalau pake itungan itu, torque nya ketika dipasang 216Nm om. Bisa jadi lebih, karena sedikit hentakan itu sulit ngkurnya, kalau di engineering dynamic load min lebihannya 50% atau 1.5 safety factor.
coba iseng set di torsi maksimum 130 n.m, trus buat kencengin mur/baut as roda.
pecah ngga tu ratchetnya..... kan pernyataan mereka lifetime warranty.
Kemarin saya test set di 120 mbah, kalo based on hitung2an rumus, real torque yg saya put +- 123 Nm, masih aman si.
Tapi saya jadi bingung, kok feel nya enteng banget yah buat nyampe 120 Nm, biasa pake kunci palang sampe keringetan ngencengin nya.
Apa emang begitu mbah?
Karena penasaran dan mengganggu pikiran, barusan saya test.
Coba buka baut roda pake kunci roda bawaan (sebelumnya dikencengin pake kunci palang), tarik2, dorong2, teken2 pake tangan ngga kebuka2. Baru bisa kebuka setelah saya berdiri di kunci roda (beneran berdiri tanpa ada kaki yg menyentuh lantai) + sedikit hentakan, berat badan saya 72 kg, + hentakan tarolah jadi total 75 kg.
Panjang kunci rodanya 23 cm, maka dengan rumus N x m = 75 kg x 10 x 0.23 = 172.5 N.m torsi yang diperlukan untuk membuka roda, jadi selama ini kayanya overtighten.
Abis itu test kencengin pake TW di 120 Nm, terus buka pake kunci roda standard, berhasil terbuka, butuh narik2 & neken2 juga tapi berhasil.
Taufiq6210 wrote: Fri Dec 11, 2020 6:04
Wah udah banyak yang punya TW ya... mbah warektor DOHC belum minat beli nih?
beliau tetap tegar pendirian, kunci palang + pipa 2 meter + karung pasir 10 kg diujung.
kalo masih kurang, pake pipa 5 meter + karung pasir 20 kg diujung.
Taufiq6210 wrote: Fri Dec 11, 2020 6:04
Wah udah banyak yang punya TW ya... mbah warektor DOHC belum minat beli nih?
belom
bener kata si mbah marmut, cuman beda nya bukan pake karung pasir, tp manggil 2 anak kurus ceking buat narik pipa besinya ampe ngeeek ngeekk
indeskey wrote: Fri Dec 11, 2020 9:14
kemaren sempet tambal ban di toko ban BTS. ada mobil masuk itu buka bautnya pake pipe extension 1m, mekaniknya kayak sambil gelayutan bunyinya ngeeeekkkkkkkkkkk...
TW kayaknya perlu dibawa kalau perjalanan jauh, jaga2 ketemu kang tambal ban model inject tinggal bilang, permisi saya kencengin sendiri ya.
Yang sering kekencengan si pengalaman saya di tempat balancing yg pake impact wrench gtu om. Mobil saya kemarin sempet dikencengin kayanya sampe 1000 Nm, wkwk, bukanya butuh injek2, tarik2, getok2, tendang2 sampe punggung pada sakit.
Sama kadang tukang2 tambel / bengkel yg ngencenginnya pake pipa2 gitu.
Itu saya pake kunci palang hand tighten aja bisa over torque lumayan banyak, apalagi pake metode2 diatas.
indeskey wrote: Fri Dec 11, 2020 9:23
sekalian kapan lalu lihat youtube test2 TW. menurut yutuber nya, ketika membuka itu rata2 80% dari tightening torque. (dia buktikan juga torque nya pake digital).
jd kalau pake itungan itu, torque nya ketika dipasang 216Nm om. Bisa jadi lebih, karena sedikit hentakan itu sulit ngkurnya, kalau di engineering dynamic load min lebihannya 50% atau 1.5 safety factor.
Barusan saya ukur pake timbangan, bacaan waktu sambil hentak sekitar 78-79 Kg. Klo based on rumus & teori di Yutube yg on lihat ya sekitar 227 Nm ngencenginnya (tanpa consider klo hentakan itu adalah dynamic load). Kuat juga yah tangan saya.. wkwk
marmut wrote: Fri Dec 11, 2020 8:15
sekedar info,
buat yang pengen torq wrench kecil (s/d 25 n.m) rasa stahlwille, di monotaro ada tuh cuma 400ribuan.
ratchet insert-nya harga promo 110ribu.
ada open end insert juga tapi terbatas pilihannya.