@ bro Frandika
Tentang ongkos repair switch indikator tekanan oli mesin, saya agak lupa nilainya, tetapi yang saya inget sih angka 1/3nya harga baru.
Tentang ganti master kopling panther, makasih infonya...cuman kalau sekarang belum kepikiran untuk ganti, masih kepuyengan mikirin nasib kebo.
@ bro Riadi,
info dari temannya tentang substitusi switch indikator tekanan oli mesin dari mobil merk lain boleh tuh bro dipastiin aja, pasti bermanfaat.
@ bro Okta,
setuju tuh tentang komentar bro Frandika, masih aman temperatur segitu.
@ bro Riadi, @ bro TumisKeris dan @ bro Okta,
iya nih saya sudah cobain kirim email kosong ke
[email protected], dan sudah dapat balasan email, tetapi krn sifat saya yang cenderung seneng gaptek menjadikan saya kesulitan untuk masuk lebih dalam...

...jadinya belum dapat deh petuah yang sakti dari para suhu.
@ all blazerians yang mengikuti perkembangan penyakit mobil saya, inilah laporan terkininya...mudah2an gak ada yang bilang

...
Hari ini kebetulan saya harus ke Sby urusan nyangkul. Saya berani2kan bawa Montera saya sekalian untuk tes juga (separuh perjalanan +/- 60 KM). Ternyata sampai juga di Sby tanpa gangguan yang berarti, hanya RPM yang naik turun posisi 500-1.000 pada saat idle mengikuti irama AC.
Karena penasaran, mobil langsung saya masukin ke beres S*N M***R. Kali ini terpaksa saya melanggar prinsip saya
kalau bisa ngirit kenapa tidak?, saya tune up dengan biaya 230rb, padahal sebelumnya saya dapat info dari teman cuma 120rb....memang bener bro, biaya di beres nggak beres....
Kepada teknisinya saya sampaikan keluhan saya, dan hasil setelah repair sebagai berikut :
* Berdasarkan cek dengan scanner, ternyata jarum indikator RPM mobil sudah tidak normal. Jarum di mobil menunjuk angka 600, tetapi di scanner 850...

...
* Demikian pula indikator temperatur, di mobil jarum menunjuk angka 80 sedangkan di scanner 90....

...
* Indikator MESIN RUSAK sudah tidak nyala lagi (berarti kembali normal), kata mas teknisi yang menjelaskan dengan terburu-buru : itu karena sudah diset/dibersihkan sehingga memori kerusakan sudah dihapus...(gak mudeng aku)
* Scanner tidak ada pembacaan indikator tekanan oli, jadi tidak diketahui apakah ada masalah di sistim distribusi oli mesin...gawat...
* Indikator CHECK GAUGE masih nyala di RPM rendah, kata mas teknisi...ini yang tidak kuharapkan...katanya : METAL MESIN SUDAH KENA MAS!!! ...

...

...

...

...

...

...

....BIAYANYA SEKITAR 7JT, DUIT SEMUA....

...

...

...

....
Dia lanjutkan lagi : "kalau indikator tekanan oli sampai turun di warna merah dan indikator CHECK GAUGE nyala, maka semua teknisi di sini dari depan sampai belakang pasti akan vonis begitu mas..."....

... maksoed loe....

...
Masih lanjut lagi :"Ini kalau pagi saat start awal pasti terdengar suara tek..tek..tek..gitu mas".
Wah waktu denger omongannya yang terakhir ini, saya kok merasa plong ya, soalnya tadi pagi saya waktu manasin mobil tidak mendengar bunyi itu. Mas Bengkel swasta sayapun sabtu malam yll juga bilang kalau suara mesin halus.
Ya sudah, saya putuskan untuk bawa pulang mobil saya. Setelah keluar dari bengkel dan menyelesaikan urusan cangkulan, saya pacu mobil pulang. Melewati bypass Krian, jalanan padat, mobil hanya sempat pol di 100 kpj krn banyak hambatan. Saya rasakan tarikan lebih enak dan mesin lebih stabil, tidak sebagaimana saat berangkat. Tetapi tetap saja indikator CHECK GAUGE nyala saat RPM rendah.
Nyampe rumah ndak ada masalah, ya sudah...kesimpulan saya mesin mobil gak kenapa-kenapa tetapi semua indikatornya yang ngaco...ngaconya sebabnya apa juga belum tahu sih...tapi konsentrasi ke depan saya harus perbaiki semua indikator tersebut karena penting.
Sekarang pekerjaan saya adalah nembus milis blazer_montera...

...

...

...mohon doanya semoga berhasil.