Kijang Innova D-4D - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Kijang Innova D-4D
Lapor punya hopeng ane ipah g 12 ud g ad, yg 09 2 unit ada ccnya, punya ane dw 05 g ad cc tp msh patah, jd galau ui, ganti opo ora, apa kita urunan beli d budi aja y, nti pasang bengkel knalpot sby, wkwk. Pak nyoman maybe bs ksh foto DP nya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Kijang Innova D-4D
Saya punya D4D G a/t desember 2012 gak ada gembungan alias gak ada cc tuh
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D
nah lho, punya saya kok masih ada CC ya?
ipah D4D G M/T masih ada gembungan..
ipah D4D G M/T masih ada gembungan..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
Gak usah pusing mau DP ada CC or engga, DP yg tanpa CC aja diganti DP nya SAKI / Budi kerasa beda
Justru yg dapat DP ber CC harusnya bersyukur krn element CC itu terbuat dr unsur logam mahal spt Palladium dll.
Kalo mau ganti DP sesuaikan budget aja, DP di pasaran ada aneka merek dengan aneka harga, tinggal sesuaikan budget, yg penting cari yg di bagian bawah ada bracket-nya dan kalau bisa yg pas keluar Turbo gak lgs nekuk turun ke bawah at least ada lurusanya dikit atau melengkung landai spt modelnya Budi punya.
Justru yg dapat DP ber CC harusnya bersyukur krn element CC itu terbuat dr unsur logam mahal spt Palladium dll.
Kalo mau ganti DP sesuaikan budget aja, DP di pasaran ada aneka merek dengan aneka harga, tinggal sesuaikan budget, yg penting cari yg di bagian bawah ada bracket-nya dan kalau bisa yg pas keluar Turbo gak lgs nekuk turun ke bawah at least ada lurusanya dikit atau melengkung landai spt modelnya Budi punya.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2347
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kijang Innova D-4D
diatas 2010 sudah tidak ada lagi Catalytic converter
http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/ ... an-Kencang
http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/ ... an-Kencang
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
Padahal kalau aja pabrikan mau berkorban dikit pasangin Cat Conv yg free flow (jumlah element per square inch-nya lebih sedikit) maka harusnya aplikasi CC di Diesel modern gak akan bikin problem, gak akan bikin mampat, juga mestinya Cat Conv yg free flow scr basic cost harganya bisa lebih murah krn volume logam mahal yg digunakan lebih sedikit.
Penempatan cat Conv yg baik mestinya kayak di KD-FTV VN Turbo, di pipa tengahnya yg lurus.
IMO & CMIIW
Penempatan cat Conv yg baik mestinya kayak di KD-FTV VN Turbo, di pipa tengahnya yg lurus.
IMO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Kijang Innova D-4D
Siap pak komandan, lanjutkanNN
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D
iya sih, berhubung ternyata CC nya mengganggu performa mobil itu sendiri, cukup di sayangkan..mahal2 justru kalau rusak memberatkan konsumen (walau konsumen yg di salahkan karena menggunakan bahan bakar yg tidak sesuai, yg sebetulnya juga salah pemerintah)Turboman wrote:Gak usah pusing mau DP ada CC or engga, DP yg tanpa CC aja diganti DP nya SAKI / Budi kerasa beda
Justru yg dapat DP ber CC harusnya bersyukur krn element CC itu terbuat dr unsur logam mahal spt Palladium dll.
Kalo mau ganti DP sesuaikan budget aja, DP di pasaran ada aneka merek dengan aneka harga, tinggal sesuaikan budget, yg penting cari yg di bagian bawah ada bracket-nya dan kalau bisa yg pas keluar Turbo gak lgs nekuk turun ke bawah at least ada lurusanya dikit atau melengkung landai spt modelnya Budi punya.
kalau DP sudah pasti ganti saya, tapi masih cari2 yg bagus..antara Budi Knalpot dengan Kansai baik mana?
@om Xous ini foto DP nya om, sori baru foto
oh iya, baru aja dapet barang yang satu ini
ternyata isinya banyak juga ya, hampir seliter cuy..
baru tahu car apakai setelah ngitung2 sesuai petunjuk om turboman
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Kijang Innova D-4D
@nyoman, busyet dah, ente jgn2 dpt ipah enjin prod lama neh pas dulu d stop jualan krn solar kita jaat(subsidi d lawan), dr penampakannya itu DP ori sehhh. Komplain k auto 2 ribu aja, takutnya ad permainan oknum neh. IMHO.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D
kebetulan saya dapetnya dari sales toyota yg ternyata SM'ers juga.. (mike_honda)
baru tau ternyata dapat CC, soalnya ngeliat punya teman ternyata gak ada CC di DP nya..masa saya dapat batch lama nih..
baru tau ternyata dapat CC, soalnya ngeliat punya teman ternyata gak ada CC di DP nya..masa saya dapat batch lama nih..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Kijang Innova D-4D
@nyoman, y coba ente bicara dgn kacab auto2 ribu tmp ente ngambil d dampingi bro mike. Minta penjelasan dia, knp hal ini terjadi. Tmn sy lbh lucu lg dulu jaman GL baru keluar, sampe rumah, d dapati cat pintu dpn kiri sisi bawahnya cacat model gelembung, maybe krn proses pengecatan tdk sempurna, mbl 2 hari umure, lsg d ajak gegeran, dgn ngotot tmn sy minta ganti pintu gress bukan cat ulang, akirna mereka copot pintu mbl baru yg ada d dealer. Sekedar sharing aja. Tp klo bro nyoman no problem, y sdh. Toh mau ganti DP budi/kansai, Kobong mode on.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D
sebetulnya no problemo selama CC tidak rusak dalam waktu singkat..karena keputusan toyota untuk memberikan DP tanpa CC pada tahun 2007 keatas sudah tepat, tapi kenapa masih di pasang CC.. Mau sih ganti DP, ada yg mau bisikin harganya buat di surabaya..Xous wrote:@nyoman, y coba ente bicara dgn kacab auto2 ribu tmp ente ngambil d dampingi bro mike. Minta penjelasan dia, knp hal ini terjadi. Tmn sy lbh lucu lg dulu jaman GL baru keluar, sampe rumah, d dapati cat pintu dpn kiri sisi bawahnya cacat model gelembung, maybe krn proses pengecatan tdk sempurna, mbl 2 hari umure, lsg d ajak gegeran, dgn ngotot tmn sy minta ganti pintu gress bukan cat ulang, akirna mereka copot pintu mbl baru yg ada d dealer. Sekedar sharing aja. Tp klo bro nyoman no problem, y sdh. Toh mau ganti DP budi/kansai,
Kobong mode on.
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Kijang Innova D-4D
di sebelah ada yg jual finalgear ipah AT konon katanya klw di pasang di ipah MT, bisa naikin topspeed karna rationya lebih high
menurut yg jual FG AT 41:11 *1:3.7* dan yg MT 43:11 *1:3.9* harganya 2.8jt........
kyanya menarik.......
cuma gw itung2nya via
http://www.grimmjeeper.com/gears.html
g signifikan euy bedanya 3.9 ke 3.7 cuma nurunin 100-200rpm aja. dgn ganti ban yg lebih besar malah lebih signifikan nurunin rpm/nambah topspeed... terlepas dri akurat tdknya tu web yah.
ada yg punya pengalaman?
ipah ban pling besar ukuran brp yah yg langsung masuk dan g ngosot?
menurut yg jual FG AT 41:11 *1:3.7* dan yg MT 43:11 *1:3.9* harganya 2.8jt........
kyanya menarik.......
cuma gw itung2nya via
http://www.grimmjeeper.com/gears.html
g signifikan euy bedanya 3.9 ke 3.7 cuma nurunin 100-200rpm aja. dgn ganti ban yg lebih besar malah lebih signifikan nurunin rpm/nambah topspeed... terlepas dri akurat tdknya tu web yah.
ada yg punya pengalaman?
ipah ban pling besar ukuran brp yah yg langsung masuk dan g ngosot?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
CC itu adanya justru sejak 2007 hingga 2010 pertengahan, tapi di GNKI ada lagi walo ada juga yg tanpa CCNYoman wrote:
sebetulnya no problemo selama CC tidak rusak dalam waktu singkat..karena keputusan toyota untuk memberikan DP tanpa CC pada tahun 2007 keatas sudah tepat, tapi kenapa masih di pasang CC.. Mau sih ganti DP, ada yg mau bisikin harganya buat di surabaya..
Bersyukur yg dapat CC krn harga CC itu mahal lhoo sebetulnya, disimpan aja di kotak, siapa tahu 10 tahun lagi harganya tambah mahal krn harga komoditas REM (rare earth metal) makin lama makin mahal
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Kijang Innova D-4D
Berarti yg d alami bos nyoman, no problemo dunk, kan yg sy kahawatirkan, beliau dpt ipah Gress tp with DP sisa masa lampau jaman ipah diesel diskontinue. Kan g cengli omm.
@nyoman, ente jd jubir k budi ajak, pesan+ongkir k sby brp duit, nti ane ikutan wis pesan, kansai harganya menyayat hati. wkwk.
@nyoman, ente jd jubir k budi ajak, pesan+ongkir k sby brp duit, nti ane ikutan wis pesan, kansai harganya menyayat hati. wkwk.
Turboman wrote:CC itu adanya justru sejak 2007 hingga 2010 pertengahan, tapi di GNKI ada lagi walo ada juga yg tanpa CCNYoman wrote:
sebetulnya no problemo selama CC tidak rusak dalam waktu singkat..karena keputusan toyota untuk memberikan DP tanpa CC pada tahun 2007 keatas sudah tepat, tapi kenapa masih di pasang CC.. Mau sih ganti DP, ada yg mau bisikin harganya buat di surabaya..
Bersyukur yg dapat CC krn harga CC itu mahal lhoo sebetulnya, disimpan aja di kotak, siapa tahu 10 tahun lagi harganya tambah mahal krn harga komoditas REM (rare earth metal) makin lama makin mahal
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
FYI :Xous wrote:Berarti yg d alami bos nyoman, no problemo dunk, kan yg sy kahawatirkan, beliau dpt ipah Gress tp with DP sisa masa lampau jaman ipah diesel diskontinue. Kan g cengli omm.
Ipah D4 D th 04 - 06 akhir itu gak ada CC nya om
CC mulai sejak medio 2007 sampe sekitar medio 2010
hati2 jangan tebalik infonya.
Indikasi yg lebih mudah dilihat aja SCV nya, kalo udah pake SCV model panjang berarti itu buatan tahun baru, kalo SCV pendek berarti keluaran 2008 or backwards. Lalu soket pada EDU-nya, kalao udah sistem 3 soket berarti itu buatan akhir 2010 or newer, kalo 2 soket itu medio 2010 or backwards.
Tapi paling akurat adalah nomor batch mesin, buat detailnya mesti tanya orang TAM, mana kode yg menandakan tahun produksi.
Kalo mesin D4 D mestinya gak mungkin lah sisa tahun lama, wong itu mesin demand-nya sgt tinggi, dulu pabrik mesin Diesel Toyota di Thai sampai empot2-an memenuhi ordernya, sampai akhirnya th 2011 (kalo ga salah) mrk expand tuk ningkatin kapasitas produksi. CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D
Innova diesel A/T baru, perasaan suaranya lebih kasar dari suara yang M/T dulu waktu masih baru.
KM masih 180. Mau saya ganti olienya dengan Castrol Magnatec(olie resmi dari Astra).
Rencana tiap bulan cuma berjalan tidak lebih dari 500 KM, alias kalau 6 bulan= 3.000 KM.
Adakah pendapat teman disini oli apa yang lebih efisien mengingat pemakain tiap bulan cuma sekitar 500 KM dan diganti tiap berapa bulan?
KM masih 180. Mau saya ganti olienya dengan Castrol Magnatec(olie resmi dari Astra).
Rencana tiap bulan cuma berjalan tidak lebih dari 500 KM, alias kalau 6 bulan= 3.000 KM.
Adakah pendapat teman disini oli apa yang lebih efisien mengingat pemakain tiap bulan cuma sekitar 500 KM dan diganti tiap berapa bulan?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D
@om turbo
SCV itu apa ya om? hhe =P dan EDU itu apa toh, saya gak mudeng
@om prof
masa sih, mobil saya M/T baru malah kerasa kayak panther suaranya skrg ini? pantat saya geli belakangan ini karena getaran kecil masuk ke kabin terutama saat idle.. kayaknya harus cepat2 ganti olie nih, suaranya juga termasuk kasar buat saya yg pernah naik pajero dan innova 2010..
kalau oli biasanya sih 3 bulan sekali, kalau ngikut beres ya 6 bulan/10rb km..
magnatec itu kualitasnya bagus juga asal jgn telat ganti tiap 3 bulan - 4 bulan sekali, kalau gak mau mahal2 sih shell helix itu katanya bagus juga per liter sekitar 80rb, elf juga ga begitu mahal dan bagus.. ada yg bagus motul for CRDi, tapi harganya se jirigen 4lt 500rb cuy..
SCV itu apa ya om? hhe =P dan EDU itu apa toh, saya gak mudeng
@om prof
masa sih, mobil saya M/T baru malah kerasa kayak panther suaranya skrg ini? pantat saya geli belakangan ini karena getaran kecil masuk ke kabin terutama saat idle.. kayaknya harus cepat2 ganti olie nih, suaranya juga termasuk kasar buat saya yg pernah naik pajero dan innova 2010..
kalau oli biasanya sih 3 bulan sekali, kalau ngikut beres ya 6 bulan/10rb km..
magnatec itu kualitasnya bagus juga asal jgn telat ganti tiap 3 bulan - 4 bulan sekali, kalau gak mau mahal2 sih shell helix itu katanya bagus juga per liter sekitar 80rb, elf juga ga begitu mahal dan bagus.. ada yg bagus motul for CRDi, tapi harganya se jirigen 4lt 500rb cuy..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D
@Nyoman :
waduh Magnatec 3-4 bulan sekali ganti.
Padahal sebulan pakai max 500 KM x 4 bulan artinya cuma 2.000 KM ganti ?
Padahal dulu Grand Livina pakai 6 bulan x 500 KM = 3.000 KM ganti.
Ada yang pernah pakai Magnatec sampai 6 bulan ? apakah masih bagus kualitas olienya ?
waduh Magnatec 3-4 bulan sekali ganti.
Padahal sebulan pakai max 500 KM x 4 bulan artinya cuma 2.000 KM ganti ?
Padahal dulu Grand Livina pakai 6 bulan x 500 KM = 3.000 KM ganti.
Ada yang pernah pakai Magnatec sampai 6 bulan ? apakah masih bagus kualitas olienya ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D
pernah pakai sih magnatec, tapi di bensin ya..
pemakaian tiap hari kurang lebih 20km dalam waktu 3-4 bulan an.. warnanya sudah lumayan pekat tuh.. pernah di coba sampai 5000an sekitar 6 bulanan, itu udah berbusa dikit..
pemakaian tiap hari kurang lebih 20km dalam waktu 3-4 bulan an.. warnanya sudah lumayan pekat tuh.. pernah di coba sampai 5000an sekitar 6 bulanan, itu udah berbusa dikit..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Kijang Innova D-4D
@suhu turbo, klo soket EDU tuh yg d bwh setir y? yg buat colokan scanner y? trus SCV ini apa y? fungsi n letak, ane buta klo komponen satu ini
@nyoman, sekedar sharing, ane pake shell malah dulu jaman bw si ipah bensin, sampe 120k no problem enjinnya, cm g ikut dosis si beres, ane per 5ribu. Awalnya castrol jg tp iseng ganti shell, ane rasakan responsif pake si shell, selingkuhlah gua dulu.
@pro, Klo mbl jalannya dikit/jarang pake, imho mending yg bagus skalian, maen aja k webnya om turbo, d sana byk klo yg kelas mid-high. Klo ipah ane krn operasional malah pake 15w40, cm narget per 4500 ganti maklum budget oriented soalnya kapasitas olinya byk
@nyoman, sekedar sharing, ane pake shell malah dulu jaman bw si ipah bensin, sampe 120k no problem enjinnya, cm g ikut dosis si beres, ane per 5ribu. Awalnya castrol jg tp iseng ganti shell, ane rasakan responsif pake si shell, selingkuhlah gua dulu.
@pro, Klo mbl jalannya dikit/jarang pake, imho mending yg bagus skalian, maen aja k webnya om turbo, d sana byk klo yg kelas mid-high. Klo ipah ane krn operasional malah pake 15w40, cm narget per 4500 ganti maklum budget oriented soalnya kapasitas olinya byk
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 147
- Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01
Re: Kijang Innova D-4D
Kalo nurut bro turboman, mending hindari oli yg api SM/CF buat mesin diesel. Ane pake Motul CRDi 105rb/liternya, kesannya bagus...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D
@Om TurboXous wrote:@suhu turbo, klo soket EDU tuh yg d bwh setir y? yg buat colokan scanner y? trus SCV ini apa y? fungsi n letak, ane buta klo komponen satu ini
@nyoman, sekedar sharing, ane pake shell malah dulu jaman bw si ipah bensin, sampe 120k no problem enjinnya, cm g ikut dosis si beres, ane per 5ribu. Awalnya castrol jg tp iseng ganti shell, ane rasakan responsif pake si shell, selingkuhlah gua dulu.
@pro, Klo mbl jalannya dikit/jarang pake, imho mending yg bagus skalian, maen aja k webnya om turbo, d sana byk klo yg kelas mid-high. Klo ipah ane krn operasional malah pake 15w40, cm narget per 4500 ganti maklum budget oriented soalnya kapasitas olinya byk
Shell Helix yang cukup bagus untuk diesel apa yah ?
rencana saya pakai cuma 6 bulan atau 5.000 KM, mana yang dicapai dahulu akan saya ganti.
@Om Xous
Website om turbo apa yah ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Kijang Innova D-4D
ikut nimbrung nih yaa...
baru ganti oli pk shell hx7 api sn/cf buat fortue diesel... sebelum nya pake castrol magnatec sebenernya sih baru 3 bulanan n jln 4000km.. tadi saya cek oli nya sih emg ud item banget yah tapi pas saya pegang oli nya "loh kok msh bagus yah" daya lumas nya kaya msh tinggi gt tapi yah emg ud niat ganti siih jd ya lanjuut aja deh...
trus pas saya nuang oli shell hx7 nya kok ada bau2an gt yah? sedangkan castrol yg bekas n baru ga ad bau kaya gtu..
klo tmn2 yg laen jg ad bau2an gt ga yah?
baru ganti oli pk shell hx7 api sn/cf buat fortue diesel... sebelum nya pake castrol magnatec sebenernya sih baru 3 bulanan n jln 4000km.. tadi saya cek oli nya sih emg ud item banget yah tapi pas saya pegang oli nya "loh kok msh bagus yah" daya lumas nya kaya msh tinggi gt tapi yah emg ud niat ganti siih jd ya lanjuut aja deh...
trus pas saya nuang oli shell hx7 nya kok ada bau2an gt yah? sedangkan castrol yg bekas n baru ga ad bau kaya gtu..
klo tmn2 yg laen jg ad bau2an gt ga yah?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D
Shell itu bagus kok, cuma saya yg jarang liat..dulu pake castrol begitu soalnya baru 3000 itu sudah item, cuma bener daya lumasnya masih cukup baik cuma kalau di teruskan sampai 10Rb ya gak tega ngelihatnya..Xous wrote:@suhu turbo, klo soket EDU tuh yg d bwh setir y? yg buat colokan scanner y? trus SCV ini apa y? fungsi n letak, ane buta klo komponen satu ini
@nyoman, sekedar sharing, ane pake shell malah dulu jaman bw si ipah bensin, sampe 120k no problem enjinnya, cm g ikut dosis si beres, ane per 5ribu. Awalnya castrol jg tp iseng ganti shell, ane rasakan responsif pake si shell, selingkuhlah gua dulu.
shel nya yg di pakai yg mana om? boleh coba nih ntar setelah 5000km..oh iya, shell spirax yg GL-4 dan GL-5 per liter skrg berapa ya?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)