2014 Subaru Forester
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Mon Apr 07, 2014 2:30
Re: 2014 Subaru Forester
Kalau begitu mending gak ikut di-remap dong yah...hanya apa ada efek negatif gak ..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sun Apr 06, 2008 0:37
Re: 2014 Subaru Forester
umJordy# iya nih, surat dari MI jkrta datang duluan, terus 2 hari baru sempet ke bengkel, nah pas udh slsai di update software eh, subaru sby telfon ngasih tau ttg hal itu, owalahhh, wis telat massss,...heheeee...
umJunior# kl ga ikutan update ntar takutnya ilang deh garansinya....
btw berarti bau ga enak itu kenapa ya? kmrn kok ya lupa ga nanya waktu di bengkel..
ada hubungan ama oli mesin kah?
iya nih um haristk, kok lama ga muncul....
umJunior# kl ga ikutan update ntar takutnya ilang deh garansinya....
btw berarti bau ga enak itu kenapa ya? kmrn kok ya lupa ga nanya waktu di bengkel..
ada hubungan ama oli mesin kah?
iya nih um haristk, kok lama ga muncul....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
- Location: Jakarta
Re: 2014 Subaru Forester
wah hebat juga MI indonesia, campaign update software sampe di telpon. Dulu waktu vw kayaknya gak ada, harus nanya2 atau memang bertepatan pas service.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
- Location: Jakarta
Re: 2014 Subaru Forester
btw, FYI forester bagian dari
"Top Gear’s Top Five Utility SUVs" : http://www.topgear.com/uk/car-news/top- ... 2014-08-13
ps : mantep juga duster juga masuk
"Top Gear’s Top Five Utility SUVs" : http://www.topgear.com/uk/car-news/top- ... 2014-08-13
ps : mantep juga duster juga masuk
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Mon Apr 07, 2014 2:30
Re: 2014 Subaru Forester
Barusan pergi ke Beres Harmoni krn dapat surat recall..setelah dicek ternyata mobil saya sdh upgraded ke 92 dari pertama kali delivery..so rupanya ada beberapa Subie yg sdh upgraded saat PDi..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Mon Apr 07, 2014 2:30
Re: 2014 Subaru Forester
Jordy507 wrote:HP jadi bekurang ya. Pantesan hbs remap di Dealer Alsut, jadi males injek Gas Spido di bawah 60 km larinya tadi apa gara2 berat ya. Bbrp minggu test kec spido pakai apl android beda 10 km lebih lambat. Di XT 120km di andro 110km. Baru tahu juga lampu rem sebelah kanan paling bawah ada lampu tambahan, klu fog lamp di nyalalain. Bantu buat hujan deras, tapi yg kiri gak ada bohlamya, yg nyala kanan aj.
Setuju pak Jordy, saya juga merasa XT ini actual speed lower than speedometer, sempat merasa kok 120km/jam seperti 100km/jam yah dan 100km/jam serasa 80km/jam, ternyata ada juga yang merasa sama..lega deh..'masalah bersama' (sebelum ini pake Accord 3.5, okok aja tuh )
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: 2014 Subaru Forester
berarti speedonya ga di calibrate dgn bener dong?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Wed Oct 02, 2013 12:56
Re: 2014 Subaru Forester
Malam Om Junior, saya pakai aplikasi dr android gratisan jadi tidak bisa percaya 100% . Cuma di tes pakai mobil lain, hasilnya sama dengan aplikasi di Android. Media2 otomotif pakai Racelogic untuk acuanya. Malah pernah di mobil lain yg saya pakai beda di Tripnya, bedanya sampai 600meter padahal satu ATPM beda type. Padahal jalanya lurus jarang tikungan sama tanjakan dan turunan, jadi sebelum sampai tujuan di reset ke 0 pas lampu merah sampa tujuan 19.6km mobil lain 20.2km.Junior wrote: Setuju pak Jordy, saya juga merasa XT ini actual speed lower than speedometer, sempat merasa kok 120km/jam seperti 100km/jam yah dan 100km/jam serasa 80km/jam, ternyata ada juga yang merasa sama..lega deh..'masalah bersama' (sebelum ini pake Accord 3.5, okok aja tuh )
sumber : http://iwanbanaran.com/2014/08/03/kompi ... -otomotif/
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: 2014 Subaru Forester
yaa ada apa yaa, ada yang nyari ?
kalo Forester XT, teman klub juga pada diturunin HP ama Torsinya biar bisa minum bensin sini...soale pas temen2 yang punya Fozzy baru pada dibawa buat di cek di spesialis subby, pada gelitik/knocking semua unitnya..padahal pada minum ron95 V-Power, akhirnya empu bengkel sounding ke MI untuk turunin tenaga si Fozzy..setelah berkali2 sounding dan STi standar juga pada ikutan jebol (piston bye-bye) gara2 bensin sini..akhirnya MI mau ambil tindakan untuk remap ulang ECU Fozzy, kalo gak salah bro chris pernah share disini deh mengenai hal yang ada grup FB klub Subaru I-SPEC..ini dia ane copas ulang
btw, speedometer mobil kan pasti bacaannya dibawah gps asli, kalo gak salah pernah baca dmn gitu, itu emang disengaja karena unsur safety..
kalo Forester XT, teman klub juga pada diturunin HP ama Torsinya biar bisa minum bensin sini...soale pas temen2 yang punya Fozzy baru pada dibawa buat di cek di spesialis subby, pada gelitik/knocking semua unitnya..padahal pada minum ron95 V-Power, akhirnya empu bengkel sounding ke MI untuk turunin tenaga si Fozzy..setelah berkali2 sounding dan STi standar juga pada ikutan jebol (piston bye-bye) gara2 bensin sini..akhirnya MI mau ambil tindakan untuk remap ulang ECU Fozzy, kalo gak salah bro chris pernah share disini deh mengenai hal yang ada grup FB klub Subaru I-SPEC..ini dia ane copas ulang
dari salah satu sesepuh I-SPEC yang make Impreza WRX 1994 dan mobilnya masih perkasa sampe sekarangintinya semua mobil STI yg di indo udah pasti knocking. Semua jenis yg pernah kita ketemuin, and kita colok laptop, liat hasilnya semua knocking. So far gak ada yg gak knocking. Termasuk Forester paling baru juga sama. ECU std subaru itu very powerfull and smart sebenernya. kondisi std di dalamnya ada 36 - 38 mapping kalo gak salah. Dia akan terus berusaha mengkoreksi mana yg paling cocok buat si mobil. kalo pun gak ada yg cocok, dia bisa adjust sendiri gimana bikin bener nya. jadi kalo mobil knocking, tiba2 setelah beberapa lama gak knocking lagi, belom tentu karna nemu bensin bagus or karna pake oktan booster etc... bisa aja si ecu coba koreksi terus mana paling bagus. resultnya ilang knocking, tapi.... si mobil jadi boyo. makanya sering org tanya, kok mobil sy gak se kenceng pas baru keluar dari showroom? karna si ecu udah koreksi cari paling "aman" gimana....
problem utama STI 2.5 itu fragile pistons. Beda sama semua JDM 2.0 yg std nya udah pake forged pistons. mobil kalo mau aman jgn di mod. itu pun gak menjamin. banyak di luaran kondisi std pun ringland piston itu tetep masalah utama. biang kerok nya pembakaran itu problem nomor 1. semua yg berhubungan. bensin dan oxygen. penggantian forged piston sama conrod pun kalo pembakaran gak di bebenah sama juga. kita dah pernah nemu kok customer pake forged piston CP ama rod tetep aja leleh sampe bolong 2 pistonnya, gara2 knocking. jadi sering yg kejadian itu problem nya, org beli STI udah berasa punya "Man of Steel" car, langsung di mod, ganti catless downpipe, langsung pasang boost cont, etc etc.. downpipe tanpa cat flow nya lebih bagus karna gak ada hambatan, tp selenoid std itu kurang bagus, makanya pasti timbul boost spike, gak heran spike itu bisa sampe 0.5, baru dia turun lagi pelan2. jadi kalo si mobil dah knocking, tiba2 spike jauh, si piston jadi korban. begitu juga kalo org pasang boost cont tp ecu msh std, biasa kita gak anjurkan. kalo pun si owner maksa, kita bisa cuma naikin 0.2 bar dari std max!!! itu pun sembari kita test di atas dyno and musti ada boost gauge. jadi kalo mau pasang catlles harus punya BOOST Controller, mau pasang Boost Controller harus ECU di proper tuned. Kira2 gitu. ini MUTLAK. kalo mau lebih "AMAN". Di tambah weather di Indo tuh extreme panas. HKS Jepang aja pas berkunjung, kita bilang mau beli oli HKS yg proper asli buat subaru, kekentalan 32 aja dia bilang gak suggest karna liat weather nya. DI suruh tetep pake yg 55 an. Padahal kalo kita order kan tambahan order buat mereka. tp mereka gak anjurin
btw, speedometer mobil kan pasti bacaannya dibawah gps asli, kalo gak salah pernah baca dmn gitu, itu emang disengaja karena unsur safety..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
- Location: Jakarta
Re: 2014 Subaru Forester
jadi sepertinya remap ecu untuk forester ini buat memundurkan setting pengapian supaya mengurangi knocking ya?..
wajar aja kalo gt tenaganya menurun.
wajar aja kalo gt tenaganya menurun.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: 2014 Subaru Forester
Bro haris, apakah forester gen3 dengan EJ25 punya masalah yang sama dengan BBM indo?haristk7 wrote:yaa ada apa yaa, ada yang nyari ?
kalo Forester XT, teman klub juga pada diturunin HP ama Torsinya biar bisa minum bensin sini...soale pas temen2 yang punya Fozzy baru pada dibawa buat di cek di spesialis subby, pada gelitik/knocking semua unitnya..padahal pada minum ron95 V-Power, akhirnya empu bengkel sounding ke MI untuk turunin tenaga si Fozzy..setelah berkali2 sounding dan STi standar juga pada ikutan jebol (piston bye-bye) gara2 bensin sini..akhirnya MI mau ambil tindakan untuk remap ulang ECU Fozzy, kalo gak salah bro chris pernah share disini deh mengenai hal yang ada grup FB klub Subaru I-SPEC..ini dia ane copas ulang
dari salah satu sesepuh I-SPEC yang make Impreza WRX 1994 dan mobilnya masih perkasa sampe sekarangintinya semua mobil STI yg di indo udah pasti knocking. Semua jenis yg pernah kita ketemuin, and kita colok laptop, liat hasilnya semua knocking. So far gak ada yg gak knocking. Termasuk Forester paling baru juga sama. ECU std subaru itu very powerfull and smart sebenernya. kondisi std di dalamnya ada 36 - 38 mapping kalo gak salah. Dia akan terus berusaha mengkoreksi mana yg paling cocok buat si mobil. kalo pun gak ada yg cocok, dia bisa adjust sendiri gimana bikin bener nya. jadi kalo mobil knocking, tiba2 setelah beberapa lama gak knocking lagi, belom tentu karna nemu bensin bagus or karna pake oktan booster etc... bisa aja si ecu coba koreksi terus mana paling bagus. resultnya ilang knocking, tapi.... si mobil jadi boyo. makanya sering org tanya, kok mobil sy gak se kenceng pas baru keluar dari showroom? karna si ecu udah koreksi cari paling "aman" gimana....
problem utama STI 2.5 itu fragile pistons. Beda sama semua JDM 2.0 yg std nya udah pake forged pistons. mobil kalo mau aman jgn di mod. itu pun gak menjamin. banyak di luaran kondisi std pun ringland piston itu tetep masalah utama. biang kerok nya pembakaran itu problem nomor 1. semua yg berhubungan. bensin dan oxygen. penggantian forged piston sama conrod pun kalo pembakaran gak di bebenah sama juga. kita dah pernah nemu kok customer pake forged piston CP ama rod tetep aja leleh sampe bolong 2 pistonnya, gara2 knocking. jadi sering yg kejadian itu problem nya, org beli STI udah berasa punya "Man of Steel" car, langsung di mod, ganti catless downpipe, langsung pasang boost cont, etc etc.. downpipe tanpa cat flow nya lebih bagus karna gak ada hambatan, tp selenoid std itu kurang bagus, makanya pasti timbul boost spike, gak heran spike itu bisa sampe 0.5, baru dia turun lagi pelan2. jadi kalo si mobil dah knocking, tiba2 spike jauh, si piston jadi korban. begitu juga kalo org pasang boost cont tp ecu msh std, biasa kita gak anjurkan. kalo pun si owner maksa, kita bisa cuma naikin 0.2 bar dari std max!!! itu pun sembari kita test di atas dyno and musti ada boost gauge. jadi kalo mau pasang catlles harus punya BOOST Controller, mau pasang Boost Controller harus ECU di proper tuned. Kira2 gitu. ini MUTLAK. kalo mau lebih "AMAN". Di tambah weather di Indo tuh extreme panas. HKS Jepang aja pas berkunjung, kita bilang mau beli oli HKS yg proper asli buat subaru, kekentalan 32 aja dia bilang gak suggest karna liat weather nya. DI suruh tetep pake yg 55 an. Padahal kalo kita order kan tambahan order buat mereka. tp mereka gak anjurin
btw, speedometer mobil kan pasti bacaannya dibawah gps asli, kalo gak salah pernah baca dmn gitu, itu emang disengaja karena unsur safety..
Sabtu lalu saya servis 10rb di BeRes AlSut, waktu itu saya minta tolong sama SA untuk cek apakah pernah terjadi knocking di mobil saya. Kata si SA bagus...dan...kalo terjadi knocking akan nyala lampu engine. Nah Forester baru aja gak pake nyala itu lampu, masa iya forester jadul bisa nyala, saya jadi agak ragu.
Apalagi gen3 saya itu saya experimen dengan premium + minyak urut Om, mohon pencerahan soal mesin Ej25 dan BBM kita.
makasih sebelumnya.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Wed Dec 04, 2013 9:10
Re: 2014 Subaru Forester
hasilnya selama ini pake premium+minyak urut gmn om? kalo hasilnya bagus sy jadi pengen ikut cobain jugaecco wrote:Bro haris, apakah forester gen3 dengan EJ25 punya masalah yang sama dengan BBM indo?haristk7 wrote:yaa ada apa yaa, ada yang nyari ?
kalo Forester XT, teman klub juga pada diturunin HP ama Torsinya biar bisa minum bensin sini...soale pas temen2 yang punya Fozzy baru pada dibawa buat di cek di spesialis subby, pada gelitik/knocking semua unitnya..padahal pada minum ron95 V-Power, akhirnya empu bengkel sounding ke MI untuk turunin tenaga si Fozzy..setelah berkali2 sounding dan STi standar juga pada ikutan jebol (piston bye-bye) gara2 bensin sini..akhirnya MI mau ambil tindakan untuk remap ulang ECU Fozzy, kalo gak salah bro chris pernah share disini deh mengenai hal yang ada grup FB klub Subaru I-SPEC..ini dia ane copas ulang
dari salah satu sesepuh I-SPEC yang make Impreza WRX 1994 dan mobilnya masih perkasa sampe sekarangintinya semua mobil STI yg di indo udah pasti knocking. Semua jenis yg pernah kita ketemuin, and kita colok laptop, liat hasilnya semua knocking. So far gak ada yg gak knocking. Termasuk Forester paling baru juga sama. ECU std subaru itu very powerfull and smart sebenernya. kondisi std di dalamnya ada 36 - 38 mapping kalo gak salah. Dia akan terus berusaha mengkoreksi mana yg paling cocok buat si mobil. kalo pun gak ada yg cocok, dia bisa adjust sendiri gimana bikin bener nya. jadi kalo mobil knocking, tiba2 setelah beberapa lama gak knocking lagi, belom tentu karna nemu bensin bagus or karna pake oktan booster etc... bisa aja si ecu coba koreksi terus mana paling bagus. resultnya ilang knocking, tapi.... si mobil jadi boyo. makanya sering org tanya, kok mobil sy gak se kenceng pas baru keluar dari showroom? karna si ecu udah koreksi cari paling "aman" gimana....
problem utama STI 2.5 itu fragile pistons. Beda sama semua JDM 2.0 yg std nya udah pake forged pistons. mobil kalo mau aman jgn di mod. itu pun gak menjamin. banyak di luaran kondisi std pun ringland piston itu tetep masalah utama. biang kerok nya pembakaran itu problem nomor 1. semua yg berhubungan. bensin dan oxygen. penggantian forged piston sama conrod pun kalo pembakaran gak di bebenah sama juga. kita dah pernah nemu kok customer pake forged piston CP ama rod tetep aja leleh sampe bolong 2 pistonnya, gara2 knocking. jadi sering yg kejadian itu problem nya, org beli STI udah berasa punya "Man of Steel" car, langsung di mod, ganti catless downpipe, langsung pasang boost cont, etc etc.. downpipe tanpa cat flow nya lebih bagus karna gak ada hambatan, tp selenoid std itu kurang bagus, makanya pasti timbul boost spike, gak heran spike itu bisa sampe 0.5, baru dia turun lagi pelan2. jadi kalo si mobil dah knocking, tiba2 spike jauh, si piston jadi korban. begitu juga kalo org pasang boost cont tp ecu msh std, biasa kita gak anjurkan. kalo pun si owner maksa, kita bisa cuma naikin 0.2 bar dari std max!!! itu pun sembari kita test di atas dyno and musti ada boost gauge. jadi kalo mau pasang catlles harus punya BOOST Controller, mau pasang Boost Controller harus ECU di proper tuned. Kira2 gitu. ini MUTLAK. kalo mau lebih "AMAN". Di tambah weather di Indo tuh extreme panas. HKS Jepang aja pas berkunjung, kita bilang mau beli oli HKS yg proper asli buat subaru, kekentalan 32 aja dia bilang gak suggest karna liat weather nya. DI suruh tetep pake yg 55 an. Padahal kalo kita order kan tambahan order buat mereka. tp mereka gak anjurin
btw, speedometer mobil kan pasti bacaannya dibawah gps asli, kalo gak salah pernah baca dmn gitu, itu emang disengaja karena unsur safety..
Sabtu lalu saya servis 10rb di BeRes AlSut, waktu itu saya minta tolong sama SA untuk cek apakah pernah terjadi knocking di mobil saya. Kata si SA bagus...dan...kalo terjadi knocking akan nyala lampu engine. Nah Forester baru aja gak pake nyala itu lampu, masa iya forester jadul bisa nyala, saya jadi agak ragu.
Apalagi gen3 saya itu saya experimen dengan premium + minyak urut Om, mohon pencerahan soal mesin Ej25 dan BBM kita.
makasih sebelumnya.
seharusnya sih selama ngga kedengeran knocking aman yah menurut sy.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: 2014 Subaru Forester
coba liat ini dulu om..
http://www.youtube.com/watch?v=zKxJfXfD6mg
yaa..EJ25, apalagi EJ25 Turbo...itu sih sangat tidak disarankan untuk diisi premium ya, itu sama aja kayak ngasi minum STi bukan pake ron95 (which is udah gelitik), tapi udah ngasi ron88/ron90..dalam jangka waktu tertentu bisa kaput itu mesin..
semua mesin Subaru baik turbo dan non turbo itu udah haram untuk minum premium walaupun dikasi octane booster..udah ada kejadian kurang mengenakan di Impreza, Fozzy, dan Legacy temen..
http://www.youtube.com/watch?v=zKxJfXfD6mg
yaa..EJ25, apalagi EJ25 Turbo...itu sih sangat tidak disarankan untuk diisi premium ya, itu sama aja kayak ngasi minum STi bukan pake ron95 (which is udah gelitik), tapi udah ngasi ron88/ron90..dalam jangka waktu tertentu bisa kaput itu mesin..
semua mesin Subaru baik turbo dan non turbo itu udah haram untuk minum premium walaupun dikasi octane booster..udah ada kejadian kurang mengenakan di Impreza, Fozzy, dan Legacy temen..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: 2014 Subaru Forester
Om Dre, sejauh ini saya udah coba sekitar 3bln gak terdengar nglitik yah...dan kuping saya termasuk yang sensi sama suara.
Thanks Om haris atas infonya, kyknya perjalanan testing minyak urut harus segera berakhir.
Lucunya, saya pakai vpower boros bgt, rata2 1:7, rute pendek2.
Pakai premium + minyak urut bisa 1:8 rata2. Aneh kan. Bedanya vpower suara mesin terdengar lbh halus.
Thanks Om haris atas infonya, kyknya perjalanan testing minyak urut harus segera berakhir.
Lucunya, saya pakai vpower boros bgt, rata2 1:7, rute pendek2.
Pakai premium + minyak urut bisa 1:8 rata2. Aneh kan. Bedanya vpower suara mesin terdengar lbh halus.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Mon Apr 07, 2014 2:30
Re: 2014 Subaru Forester
Saya pake Fozzy gen 4 baru 3 bulan..pake RON 92 dan 95 terasa sekali bedanya..pake 95 jauuuh lebih enteng ..tapi soal ngelitik menurut orang bengkel tidak terdengar oleh telinga hanya bisa di detect oleh scanner..CMIIW
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
- Location: Jakarta
Re: 2014 Subaru Forester
setuju yg dibilang um haristk, mesin2 turbo udah gak bisa pake ron 95 kebawah sama sekali. Walaupun sales bilang bisa pake pertamax, tapi untuk jangka panjang gak bagus. Mesin yg non turbo juga gak bisa pake ron 90 kebawah.
Menurut ane, knocking di mesin2 turbo emang gak akan terdengar, soalnya udah ada knocking sensor.
Fungsi knocking sensor ini untuk memundurkan timing pengapian jika terjadi knocking. Akibat jangka panjang yaitu penumpukan karbon yg berlebih diruang bakar.
Efeknya, busi iridium jadi cepet rusak, kompresi menurun (penumpukan karbon di katup masuk dan buang) dan tersumbatnya injector (direct injection).
Mesin subaru rata2 punya rasio kompresi 10.5, jadi memang cocok menggunakan busi iridium yg lebih dingin.
FYI, busi iridium ini gak murah, 1 buah nya bisa ratusan ribu harganya
Menurut ane, knocking di mesin2 turbo emang gak akan terdengar, soalnya udah ada knocking sensor.
Fungsi knocking sensor ini untuk memundurkan timing pengapian jika terjadi knocking. Akibat jangka panjang yaitu penumpukan karbon yg berlebih diruang bakar.
Efeknya, busi iridium jadi cepet rusak, kompresi menurun (penumpukan karbon di katup masuk dan buang) dan tersumbatnya injector (direct injection).
Mesin subaru rata2 punya rasio kompresi 10.5, jadi memang cocok menggunakan busi iridium yg lebih dingin.
FYI, busi iridium ini gak murah, 1 buah nya bisa ratusan ribu harganya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: 2014 Subaru Forester
om diveblues..masih ada lumayan banyak yg alphard, mercedes, lexus rx yg pakai premium lho.. nah kalo billang jangka panjang ga bagus maksudnya rusak, mungkin ada org 5 tahun udah panjang , ada juga lebih dari 10thn itu baru panjang.
jadi rada2 susah comparenya..
mungkin intinya, yg dipikiran kita harus seperti asuransi..
kalo kita punya mercedes tipe apa aja baru, kalo sanggup dgn mudah beli satu lagi, ya gpp isi premium..kalo belinya empot2an setengah mati, ya jgn coba2 deh ..
jadi rada2 susah comparenya..
mungkin intinya, yg dipikiran kita harus seperti asuransi..
kalo kita punya mercedes tipe apa aja baru, kalo sanggup dgn mudah beli satu lagi, ya gpp isi premium..kalo belinya empot2an setengah mati, ya jgn coba2 deh ..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: 2014 Subaru Forester
Forester Gen3 kompresinya 8.4, gak tau jadi brp kalo turbo aktif. Kalo istri yg bawa, bisa dibilang turbo gak pernah aktif karena gak sampe 2500rpm, mungkin ini juga yg bikin gen3 saya blom berasa lemot karena pakai premios campur myk urut...isi premium doang sih gak pernah, ngeri he he he. Tiap bbrp waktu, saya tuang redline cfsc 1/2 botol campur vpower buat bersih2...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
- Location: Jakarta
Re: 2014 Subaru Forester
sebenernya sih gak langsung rusak, apalagi untuk mesin2 Natural Aspirated (NA), kemungkinan rusak cukup lama, paling performa mesin menurun dan mesin jadi boros bensin. Kalo pake busi iridium, penumpukan karbon di busi bikin mesin jalannya pincang dan ajrut2an.montirangin wrote:om diveblues..masih ada lumayan banyak yg alphard, mercedes, lexus rx yg pakai premium lho.. nah kalo billang jangka panjang ga bagus maksudnya rusak, mungkin ada org 5 tahun udah panjang , ada juga lebih dari 10thn itu baru panjang.
jadi rada2 susah comparenya..
mungkin intinya, yg dipikiran kita harus seperti asuransi..
kalo kita punya mercedes tipe apa aja baru, kalo sanggup dgn mudah beli satu lagi, ya gpp isi premium..kalo belinya empot2an setengah mati, ya jgn coba2 deh ..
Tapi untuk mesin performa tinggi dengan induksi (turbo), kerusakannya lebih cepat. Ya itu tadi, penumpukan karbon bikin knocking makin parah, akhirnya piston jebol.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: 2014 Subaru Forester
iya om diveblues..yg turbo memang lebiih rawan..makanya kalo yg turbo mending jgn
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: 2014 Subaru Forester
Tanya dong, kan XV bakal ada versi STI tuh...nah klo forester 2.5xt mau upgrade jadi sti kira2 butuh duit brp dan di mana yg kerjain yah?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: 2014 Subaru Forester
@om ecco
beli partsnya mungkin bisa lewat online, kalo udah dateng bisa minta pasang di BeRes..
paling hanya bodykit dan suspensi/strut bar yang bisa diaplikasikan..soalnya kan Forester tS (STi) 3rd gen transmisinya pake E-5AT
beli partsnya mungkin bisa lewat online, kalo udah dateng bisa minta pasang di BeRes..
paling hanya bodykit dan suspensi/strut bar yang bisa diaplikasikan..soalnya kan Forester tS (STi) 3rd gen transmisinya pake E-5AT
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: 2014 Subaru Forester
Waduh, cuman bodykit dan suspensi kurang menarik yah. Saya pengen supaya performa ikuy naik.haristk7 wrote:@om ecco
beli partsnya mungkin bisa lewat online, kalo udah dateng bisa minta pasang di BeRes..
paling hanya bodykit dan suspensi/strut bar yang bisa diaplikasikan..soalnya kan Forester tS (STi) 3rd gen transmisinya pake E-5AT
Ej25 setau saya juga dipakai di wrx dan tenaga 265hp...nah di Gen3 saya cuman 224, maksud hati pengen bisa ke 265 juga yg seharusnya tidak melampaui spek pabrikan tapi pakai part ori subaru
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: 2014 Subaru Forester
kalo yang JDM spec sih Forester tS nya sampe 260hp @6000rpm dan 347nm of torque @2800-4800rpm
http://www.sti.jp/product/previousmodel ... terts.html
http://www.sti.jp/product/previousmodel ... terts.html
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: 2014 Subaru Forester
Wah keren...nasib gak dapatbdi Indonesia...haristk7 wrote:kalo yang JDM spec sih Forester tS nya sampe 260hp @6000rpm dan 347nm of torque @2800-4800rpm
http://www.sti.jp/product/previousmodel ... terts.html
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi