BLAZER masih worthed gak? - Part 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

paparafi
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jul 29, 2008 3:12

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by paparafi »

riadi33b wrote:
frandika wrote:@bro riadi33b
lho bukannya bro sendiri yg blg itu normal (saat ksh comment kebo saya FC 1:7 dalkot) :mrgreen:
udah pernah pake mygreenoil ga bro? saya ada 2 botol blm brani nyobain :oops:
kali aja dari 1: 7 ===> 1:10 kan mantafff.... :cupss:

oh iya mo tanya accu utk kebo emank type nya beda dgn accu boil japan ya?
ada tau kisaran harganya? please pencerahannya ya brothers... :thanks:
maksudnya utk pembenaran bro, 3 bulan yll pernah coba mygreenoil tapi gak kerasa bedanya pake apa gak pake, gw komplain ke penjualnya jawabanya kl utk dalkot emang gak ada bedanya coba aja utk luar kota baru kerasa ngiritnya weks........ :e-doh:, gak beli lg tuh .
kl soal accu mau mobil jepun apa europe gak dibeda2in ko bro, mengenai harga gw pernah posting masalah ini coba buka2 kehalaman sebelumnya.

@bro hanblaze emang servise nya dimana ? coba aja buka injektor sekalian aja minta dibersihkan toh gak seberapa ko ongkosnya waktu itu gw yg minta dibuka trus bersih2 cuman kena ongkos 60rb, buat hilangin rasa penasaran aja bro.
dear All,
saya baru make Chevy Blazer 04, kira-2 1 bulanlah... baru dapet udah bingung, si kebo mogok di rumah.. ternyata bensinnya habis.. hehe.. (padahal indikator masih 1/3 tangki kra-2).. ngisi FULL TANK langsung nangis nih kantong.. habis 55 ltr bro.. hehehe.. :e-wall:
setelah ganti oli dll.. belum sempat check ke BD sih.. alhamdulilah indikator Oli masih seperti yg bro semua tulis.. kisaran 250 up... dan lebih alhamdulilah lagi.. setelah make dalkot dan FULL AC secara TOTAL konsumsi bensin 1:9 bro... jadi tambah sayang sm si BLAZY.. :cupss:
cuma pengin ganti ban nih ke ukuran 235/70.. bawaan nih kebo masih ory 255/75... ada yg pernah make DUNLOP nggak nih ? mau share aja selama make merk itu.. (rencana sy mo ganti Dunlop atau GY Wrangler AT..)

thanks for all... pencerahan di milis ini sungguh meracuni hidupku.. hehe... :e-dance: :off_team:
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by frandika »

berarti belom abis tu bensinnya bro.. kalo abis full tank nya 68 ltr (dijamin makin nangis dahh :mrgreen: )
dunlop grandtrek AT1 inpo bro riadi33b kena sktr 700rb lbh (lupa tepatnya brp), nah yg GY wrangler gue jg lg cr inpo neh..
kalo GT savero beneran deh keknya ga cucok :glodak:
-------#BIC-701#--------
paparafi
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jul 29, 2008 3:12

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by paparafi »

frandika wrote:berarti belom abis tu bensinnya bro.. kalo abis full tank nya 68 ltr (dijamin makin nangis dahh :mrgreen: )
dunlop grandtrek AT1 inpo bro riadi33b kena sktr 700rb lbh (lupa tepatnya brp), nah yg GY wrangler gue jg lg cr inpo neh..
kalo GT savero beneran deh keknya ga cucok :glodak:
dear Bro Frandika...
thanks infonya.. emang sih belum habis bgt.. sepertinya kalau bensin di tank udah segitu, nggak mau idup nih kebo.. :e-wall: kayak nggak mau nyedot tuh pompa bensin... minta info dong dr semua bro yg udah pengalaman (om tumis, bro uch.. ada komentar nggak...) thanks sebelumnya...

Ban Wrangler AT 235/70 udah dapet info nih.. dapat harga lama masih 700-an per ban (udah sm BALANCING).. lg ngumpulin uang, biar lebaran TAMBAH mantaff kalo buat mudik ke SBY-NGALAM... :ngacir: :ngacir:

salam Irawan :thanks:
User avatar
asepkadek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by asepkadek »

percis sama, minggu lalu siBoyot ga mo distater,(bensin -/+ di garis ke-3), ternyata eh ternyata gara2 posisinya nungging ke depan (kontur carport di rumah agak menanjak). posisi fuel pump kan ada di belakang tangki, dan tengki blazer lumayan panjang, jadi saat dia nunggging bensin ada didepan tengki jd ka kehisap sama F/P. Bener banget tips yg jangan biarin tangki sampe kosong banget, selain memperpanjang umur F/P, dan menghemat bensin dgn mengurangi penguapan pd saat pengisian, tapi juga mencegah pada posisi miring ke depan bensin tdk terhisap. Dari itu sekarang, nambah dari sisain bensin di 1/4 ke 1/2 lebih.......baru deh tenang. Dan yg pasti harus bongkar/diratain carport-nya.
Nah kalo lagi turunan tajam terus bensin sudah mo tipis bisa2 mogok juga ga????????? :e-think:
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by uch »

Itu bisa mogok Kang. Tapi tunggu sebentar hidup lagi. Langsung bejek deh biar bensin lari ke belakang. Ntar kalo turunan bisa mati lagi. Biasanya sih kalo cuman Jabotabek, bisa 3-4 kali mati sebelum nyampe pom bensin.

@paparafi
Kalau mau dibenerin harus ganti sender yg di fuel pump Pak. Nggak tau tuh berapa. Tapi biasanya di negeri blazer itu sudah "acceptable dan mangapable" alias diterima dan dimaafkan.... :D :D . Karena kondisi baru pun, jarum indikator itu nggak pernah presisi kecual full tank. Maklum, tangki blazer itu lumayan panjang (75 liter), jadi level permukaan minyak nggak stabil. Posisi mobil berubah, jarum indikator juga berubah.
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by riadi33b »

sebaiknya memang tangki bensin jangan sampe terlalu kosong, selain efek2 yg udah disebut diatas efek lain tangki jd cepat timbul korosi akibat udara yg terlalu banyak ditangki,mobil mogok saat bensin posisi resv. ibarat sumur yg sudah mulai kering spt musim kemarau bro2 semua tentu pernah mengalami yg namanya tekor air, trus pengalaman ganti pompa bensin tnyt model baru pelampungnya beda dng yg lama, isi pulteng tapi indikator jarum gak sampe mentok kanan, trus yg bikin GR pergerakan jarumnya tuh gak spt waktu msh pake pompa bensin model lama, udah pake keliling2 ni kebo ko jarum gak gerak2 ya bikin gw happy aja kirain ni kebo udah nurut sama penunggangnya gak mau belok2 kl liat pompa bensin tyt itu cuman tipuan belaka bro........pas diminumin baru ketauan tnyt prilakunya tetep gak berobah spt dulu :mrgreen:.
ST .
paparafi
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jul 29, 2008 3:12

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by paparafi »

uch wrote:Itu bisa mogok Kang. Tapi tunggu sebentar hidup lagi. Langsung bejek deh biar bensin lari ke belakang. Ntar kalo turunan bisa mati lagi. Biasanya sih kalo cuman Jabotabek, bisa 3-4 kali mati sebelum nyampe pom bensin.

@paparafi
Kalau mau dibenerin harus ganti sender yg di fuel pump Pak. Nggak tau tuh berapa. Tapi biasanya di negeri blazer itu sudah "acceptable dan mangapable" alias diterima dan dimaafkan.... :D :D . Karena kondisi baru pun, jarum indikator itu nggak pernah presisi kecual full tank. Maklum, tangki blazer itu lumayan panjang (75 liter), jadi level permukaan minyak nggak stabil. Posisi mobil berubah, jarum indikator juga berubah.
wah.. semakin banyak pencerahan... thanks for all comment...
emang waktu itu posisi kebo lg nungging jd ngadat deh... anyway jd tau jg nih posisi fuel pump... :thanks: sekalian tips-2 buat nyelametin fuel pump... emang sih sekarang bensin nggak akan dibiarin kosong, habis takut juga kalo mogok di jalan... kan berat atuh kalo mo nge-dorong... :capede:

oh iya, buat all blazerian di bekasi kalo ngumpul-2 biasanya di mana ya.. minta petunjuk, barangkali ada waktu jd bisa ikutan kumpul-2...

thanks all...

salam-irawan
pagi-2 mo ngopi dulu.. mumpung belum bel kantor... :angel:
faryndatama
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Jul 09, 2008 3:09

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by faryndatama »

ooms,
bekalangan ini khan lagi heboh pemakaian air yg konon (jangan dibalik bacanya!) bisa bikin kompresi ruang bakar jadi naik, kalau gak salah namanya "water injection" , air yg berwujud moist di semprot ke ruang bakar.
ada kebo yang pernah nyoba? penasaran aja nih, soalnya dulu waktu masih pake pug, pernah iseng2 dipasang
satu lagi oom, klo benerin motor electric mirror kira2 berapa ya? kaca spion kebo saya ngambek, gak mau "folding" & gak bisa di adjust :capede:

thx ya ooms!
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by riadi33b »

faryndatama wrote:ooms,
bekalangan ini khan lagi heboh pemakaian air yg konon (jangan dibalik bacanya!) bisa bikin kompresi ruang bakar jadi naik, kalau gak salah namanya "water injection" , air yg berwujud moist di semprot ke ruang bakar.
ada kebo yang pernah nyoba? penasaran aja nih, soalnya dulu waktu masih pake pug, pernah iseng2 dipasang
satu lagi oom, klo benerin motor electric mirror kira2 berapa ya? kaca spion kebo saya ngambek, gak mau "folding" & gak bisa di adjust :capede:

thx ya ooms!
gw jg awam masalah water injection tapi secara ilmu fisika udara yg dingin molekul nya lebih padat dari udara yg panas kadar O2 nya tentu lbh banyak kyknya itu yg menyebabkan pembakaran jd lbh sempurna, coba aja kl bawa mobil abis ujan pasti tarikan terasa lbh ringan, mungkin ada yg bisa jelaskan lg secara lbh rinci lg.
spion yg 4X4 maksudnya bro utk motor elektrik gak mau folding & gak bisa adjust coba cek kabel powernya dulu mungkin bermasalah, kl masalah mekanik kyknya jarang terjadi tuh wong dihajar sama spion panther aja msh bisa balik lg ko :mrgreen: .
ST .
paparafi
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jul 29, 2008 3:12

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by paparafi »

gw jg awam masalah water injection tapi secara ilmu fisika udara yg dingin molekul nya lebih padat dari udara yg panas kadar O2 nya tentu lbh banyak kyknya itu yg menyebabkan pembakaran jd lbh sempurna, coba aja kl bawa mobil abis ujan pasti tarikan terasa lbh ringan, mungkin ada yg bisa jelaskan lg secara lbh rinci lg.
spion yg 4X4 maksudnya bro utk motor elektrik gak mau folding & gak bisa adjust coba cek kabel powernya dulu mungkin bermasalah, kl masalah mekanik kyknya jarang terjadi tuh wong dihajar sama spion panther aja msh bisa balik lg ko :mrgreen: .[/quote]

sebenarnya sy jg pengin nyobain bro... cuma masih milih-2 product yg bagus buat si kebo.. sekalian masih liat-2 pengalaman temen-2 yg make... ternyata belum ada... :e-wall:

tp kalo ada yg udah pernah nyobain.. keep sharing ya... :e-dance:

thanks, irawan
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by uch »

Kalo saya sih ikut yg ada dasar ilmunya aja. Water injection itu versi murah dari intercooler (pake komplitnya turbo intercooler). Dengan asumsi "water" nya harus tetap dingin. PERFORMANCE MUNGKIN BISA NAIK naik tapi bahan bakar TIDAK LEBIH IRIT. Seberapa besar performance naik, nah itu tuh yg tanda tanya. Kalau signifikan, harusnya intercooler yg dijual mahal itu udah hilang dari pasaran dan diganti water injection.... :D :D

Cara kerja nya simple aja, sensor mendeteksi udara dingin dan memerintahkan injector menyemprot gasoline lebih banyak. Karena seperti yg udah disebut bro's semua, udara dingin memiliki kandungan oksigen yg lebih banyak. Untuk mempertahankan AFR (Air Fuel Ratio) ideal, berarti porsi "Fuel" nya juga harus ditingkatkan. Karena gasoline nya lebih banyak, ledakan juga lebih kuat dan mobil lebih bertenaga. Kira2 segitu doang yg gw tau.
faryndatama
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Jul 09, 2008 3:09

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by faryndatama »

waktu di pasang di pug gak sempet buat perbandingan teknis, cuma secara subyektif ada tambahan tenaga.

spion 4x4 tuh yang sperti apa om? yang sekarang nangkring di kebo saya namanya spion 4x4 ya? standardnya di blazer LT brazilian style (CMIIW) ya? maklumlah...namanya baru kecemplung di kubangan kebo gara-gara keasyikan baca "BLAZER masih worthed gak?"
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by GTR »

bukannya fungsi water injection itu seperti disini:
http://saft7.com/?p=144
http://saft7.com/?p=149
User avatar
hanblaze
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Sun Apr 06, 2008 16:50

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by hanblaze »

setau ane water injection tuh menyemprotkan air..bener-bener air ke ruang bakar, untuk takaran tertentu emang katanya dapat meningkatkan kinerja mesin, ane perbah coba di twincam ane akhir tahun lalu tapi gagal malah jadi brebet..
selengkapnya bisa di perhatiin di www.shaft7.com disitu diulas habis water injection dari stage 1 sampai 3, atau di tabloit otomotif tahun 2004 silam edisi ke berapa ane lupa cari aja di search enggine-nya www.oto-online.com
User avatar
hanblaze
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Sun Apr 06, 2008 16:50

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by hanblaze »

@bro gtr
pernah cona yah...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by GTR »

blm pernah, mau, tapi looks weird...
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by riadi33b »

faryndatama wrote: spion 4x4 tuh yang sperti apa om? yang sekarang nangkring di kebo saya namanya spion 4x4 ya? standardnya di blazer LT brazilian style (CMIIW) ya? maklumlah...namanya baru kecemplung di kubangan kebo gara-gara keasyikan baca "BLAZER masih worthed gak?"
spion 4X4 ya spion yg dipasang di kebo 4X4 ini kasta paling tinggi diantara habitat kebo yg ada diatas bumi nusantara ini , gw pasang spion ini gara2 racun yg ditebar sama salah satu suhu perkeboan yg aktif ditrhead ini :mrgreen: , utk bro uch,bro tumis , bro pohansip gw ucapin selamat jalan selamat sampe tujuan semoga bisa kumpul lg dithread yg kita cintai ini , semoga sukses acara pilketum BIC nya tinggal nunggu sharing nya aja .......kyknya kampanye heboh begitu tuh....sampe ada KPU nya segala :mrgreen: .
ST .
User avatar
asepkadek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by asepkadek »

selamat jalan buat rombongan BIC Jambore Jogja, semoga semuanya lancar dan sukses buat RBA-pilketum, jaya selalu BIC for the 7th years, tambah solid dan makin banyak kegiatan & touringnya :off_team:
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
bobblazie
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jul 05, 2008 3:29

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by bobblazie »

bro2 blazier, gw udah pernah coba WAI (water injection) dimobil mpv, memang tarikan lbh kenceng/ringan cuman berabe aja tiap hari / minimal tiap minggu kudu ngisi air pada penampungannya karena kl habis alatnya jd ga berguna, terus seringkali alatnya pada bocor (mungkin karena alatnya sangat sederhana), dan yg terutama kita harus merogoh kocek buat beli air accu cukup banyak buat alat ini (ga boleh pake air biasa nantinya mesin kita bisa karatan), begitu setahu gw
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by riadi33b »

@ bro bobblazie & bro's all : ngomongin soal air accu gw selama ini gak pernah beli air accu (botol biru) cara yg gw lakukan tampung dijerigen tetesan air dari AC dirumah / kantor, trus tuang kebotol bekas air mineral tentunya dengan disaring dulu spy debu renik2 gak ikut masuk dgn menggunakan kapas atau kain majun (yg buat poles2 body mobil ) mau buat isi accu atau tambahan buat radiator jg oke , sebab itu sama dengan air suling atau aquades cuma hati2 cara nyimpenya nanti dikira air mineral beneran trus diminum :mrgreen: .
ST .
paparafi
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jul 29, 2008 3:12

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by paparafi »

GTR wrote:bukannya fungsi water injection itu seperti disini:
http://saft7.com/?p=144
http://saft7.com/?p=149
artikelnya cukup menarik bro... thanks for sharing...
tinggal keberanian buat nyobain di kebo...
faryndatama
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Jul 09, 2008 3:09

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by faryndatama »

waktu dulu pasang WI di pug, saya pakai air mineral, ambil seliter dari gallon kalau lagi males malah pake aer keran aja, so far waktu bongkar mesin untuk polish porting semua kliatan baik2 aja.
FYI, dulu juga saya pakai additive (beli di pro motor simprug) hasil risetnya MB, awalnya banyak masalah knocking di MB, sampel BBM indonesia dikirim ke Jerman & kesimpulannya MB ngeluarin additive untuk bantu naikin qualitas BBM
nanti kalau sempet beli saya share detailnya disini.

thx.
bobblazie
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jul 05, 2008 3:29

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by bobblazie »

@ bro riadi33b, tapi tetep aja ribet ya bro, makanya saya cuman pake sebulan udah gitu langsung dilepas & digudangkan deh, sekarang saya pake additive aja seperti mygreen oil rasanya mirip WAI kayanya sich bro, (baru pake 2botol 20ml)tq
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by riadi33b »

untuk WAI blm pernah pake , trus yg model magnet dijepit diselang bensin temen pernah pasang dikebonya katanya gak ada pengaruh ke FC padahal harganya lumayan bunyi tuh utk magnet begitu doang :mrgreen: , MGO udah coba juga gak ada pengaruh ke FC dikebo gw, mungkin bro frandika bisa kasih laporan pandangan mata yg udah coba MGO dikebonya .
ST .
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by frandika »

testimoni pake MGO di kebo selama 2 botol pertama:
- mesin lebih halus (tp ga tau jg karena saya abis ganti oli seh :mrgreen: )
- FC belom keliatan efeknya
- emisi gas buang belom cek
- ruang bakar lebih bersih belom cek jg
hehehe... maap belom bisa laporan lebih banyak neh, secara trial baru 2 botol sedangkan rekomendasi dari MGO digunakan sekitar 3-4 botol berturut-turut baru kerasa efeknya (trial cost = 25k X 4 botol = 100k :mrgreen: )
-------#BIC-701#--------