Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Oom, stl di bbrp page sebelum ini kita diskusi kl kekentalan lihat dari buntutnya, terus 0W/5W/10W artinya apa ya berarti? Memang, stl saya lihat di pdsnya ptt 5-30 sama ptt 0-30 itu V100-nya mirip banget
angka didepan W (0W/5w/10W dst) itu kekentalan yg diukur di suhu 40 deg celcius
angka dibelakang W (xW-20. xW-30 dst) itu kekentalan yg diukur di suhu 100 deg celcius
untuk case PTT 5w30 vs 0w30 itu betul mereka sama persis untuk di suhu @100 deg celcius, berarti saat di tempratur 100 deg celcius mereka punya viskositas yg sama...
CMIIW
Cuman kok disini lbh ngacu ke buntutnya ya om kl V100nya beti2? Soalnya juga di umum beda sekian W aja beda harga juga. Mestinya V40 juga jd patokan penting
Untuk di Indonesia, Tetap yg jadi patokan adalah angka di belakang W.
x-W20, x-W30, dsb
Klo lihat UOA & VOA dari forum BITOG dan bbrp vendor oli.
Walaupun di Suhu Dingin, biasanya Oli 5w20, pasti lbh encer dibanding Oli 5w30.
dan begitu juga Oli 0W20, pasti lebih encer dibanding Oli 0W30.
Apalagi klo dah Operating Temp sekitar 90 - 100 deg C.
ini yg selalu jd patokan karena suhu kerja mobil di rentang tsb.
Jadi rentang viskositas di suhu 40 deg C dan 100 deg C, cenderung mengikuti viskositas angka di belakang W.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
168agp wrote:kondisi mesin seperti foto di bawah.
termasuk normal atau tidak?
papanja matic 2014
udah mulai ada varnish
flush pakai Schaeffer Neutra aja, masukkin je oli sekitar 500 km menjelang ganti oli
Itu artinya sdh mulai terbentuk lapisan lain ya om?
yg lapisan varnish itu bisa bertahan di suhu tinggi.
efeknya ke mesin apa om apakah berpotensi menyumbat sirkulasi oli dan potensi kerak di kemudian hari ya om?
168agp wrote:kondisi mesin seperti foto di bawah.
termasuk normal atau tidak?
papanja matic 2014
udah mulai ada varnish
flush pakai Schaeffer Neutra aja, masukkin je oli sekitar 500 km menjelang ganti oli
Itu artinya sdh mulai terbentuk lapisan lain ya om?
yg lapisan varnish itu bisa bertahan di suhu tinggi.
efeknya ke mesin apa om apakah berpotensi menyumbat sirkulasi oli dan potensi kerak di kemudian hari ya om?
ya ingat aja kalo HLA / Cam Phaser VVT itu lubang saluran oli nya kan kecil2
Om Turbo, mau nanya, untuk crv k24 matic, km60rb, 0-20 ada rekomen apa yah? say lihat ptt 0-20 eco, apakah bagus? bisa sampai brp km yah? selain ptt0-20 eco, ada apalg om? thx om turbo
Turboman wrote: Wed May 20, 2020 1:10
udah mulai ada varnish
flush pakai Schaeffer Neutra aja, masukkin je oli sekitar 500 km menjelang ganti oli
Itu artinya sdh mulai terbentuk lapisan lain ya om?
yg lapisan varnish itu bisa bertahan di suhu tinggi.
efeknya ke mesin apa om apakah berpotensi menyumbat sirkulasi oli dan potensi kerak di kemudian hari ya om?
ya ingat aja kalo HLA / Cam Phaser VVT itu lubang saluran oli nya kan kecil2
terutama yg HLA
Owh paham saya jd ada kemungkinan nutup lubang saluran oli kl mulai terbentuk vernish...
Engine NISSAN HR15/HR15DE apakah sama om lubang saluran olinya dibanding yg HLA itu?
168agp wrote: Tue May 19, 2020 22:22
kondisi mesin seperti foto di bawah.
termasuk normal atau tidak?
papanja matic 2014
sampai bisa warna emas gtu, biasa pk oli apa om ?
ganti tiap brp km / brp lama emang nya ?
Mobil 2nd om.
baru 3 bulan Makai.
saya foto waktu kmrn ganti karet seal cover.
KM saat ini 55 rb.
KM 55 ribu kok sdh ganti gasket cover engine om?
Ada keluhan kah sebelumnya misalkan ada tetesan oli atau oli berkurang banyak?
Atau emang cuma sekalian mau liat daleman aja makanya dibuka.
blloewy wrote:
Itu artinya sdh mulai terbentuk lapisan lain ya om?
yg lapisan varnish itu bisa bertahan di suhu tinggi.
efeknya ke mesin apa om apakah berpotensi menyumbat sirkulasi oli dan potensi kerak di kemudian hari ya om?
ya ingat aja kalo HLA / Cam Phaser VVT itu lubang saluran oli nya kan kecil2
terutama yg HLA
Owh paham saya jd ada kemungkinan nutup lubang saluran oli kl mulai terbentuk vernish...
Engine NISSAN HR15/HR15DE apakah sama om lubang saluran olinya dibanding yg HLA itu?
Enjin HR15DE itu ga pake HLA, tp ud cam phasing (cvtc)
Btw, enjin HR15 itu pake bucket shim, itu sekali2 coba buka cover head nya dan perhatiin seberapa rapet tuh bucket shim ama rumah nya, makanya ane liat mesin gt kasian aj dipakein oli biasa
sampai bisa warna emas gtu, biasa pk oli apa om ?
ganti tiap brp km / brp lama emang nya ?
Mobil 2nd om.
baru 3 bulan Makai.
saya foto waktu kmrn ganti karet seal cover.
KM saat ini 55 rb.
KM 55 ribu kok sdh ganti gasket cover engine om?
Ada keluhan kah sebelumnya misalkan ada tetesan oli atau oli berkurang banyak?
Atau emang cuma sekalian mau liat daleman aja makanya dibuka.
Turboman wrote: Wed May 20, 2020 1:39
ya ingat aja kalo HLA / Cam Phaser VVT itu lubang saluran oli nya kan kecil2
terutama yg HLA
Owh paham saya jd ada kemungkinan nutup lubang saluran oli kl mulai terbentuk vernish...
Engine NISSAN HR15/HR15DE apakah sama om lubang saluran olinya dibanding yg HLA itu?
Enjin HR15DE itu ga pake HLA, tp ud cam phasing (cvtc)
Btw, enjin HR15 itu pake bucket shim, itu sekali2 coba buka cover head nya dan perhatiin seberapa rapet tuh bucket shim ama rumah nya, makanya ane liat mesin gt kasian aj dipakein oli biasa
Siap om...jd makin paham skrg dan knp kita lbh baik invest di oli yg lbh baik demi reliability dan durability engine nya....
Arthur wrote:Om Turbo, mau nanya, untuk crv k24 matic, km60rb, 0-20 ada rekomen apa yah? say lihat ptt 0-20 eco, apakah bagus? bisa sampai brp km yah? selain ptt0-20 eco, ada apalg om? thx om turbo
Q8 - 0W20 yg Form Ultra tuh masi ada yg jual di bawah 150
scroll ke atas
PTT ECO 0W20 saya lagi test dah jalan 1500 km sejauh ini ya oke, harga juga murah
kalo yg di bawah 100 rb ya TQ 8000 - 0W20 (kelas ECO)
Enjin HR15DE itu ga pake HLA, tp ud cam phasing (cvtc)
Btw, enjin HR15 itu pake bucket shim, itu sekali2 coba buka cover head nya dan perhatiin seberapa rapet tuh bucket shim ama rumah nya, makanya ane liat mesin gt kasian aj dipakein oli biasa
Enjin HR15DE itu ga pake HLA, tp ud cam phasing (cvtc)
Btw, enjin HR15 itu pake bucket shim, itu sekali2 coba buka cover head nya dan perhatiin seberapa rapet tuh bucket shim ama rumah nya, makanya ane liat mesin gt kasian aj dipakein oli biasa
Om kalau mesin yang gampang panas apa mending pakai buntut 40? Saya ada t30 sekarang pakai 5w30 jalan 2300 nambah 200 ml. Masih termasuk normal ga?
Sama nanya y kalau q8 apa ada acdc ga om?