Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Minta rekomendasi oli buat yaris donk KM sudah 89,000
Sekarang pake Q8 Long Life 5W-30 , rute harian PP kurang lebih 15 KM. kecuali weekend suka PP Jakarta- Bandung.
5 liter butuhnya jadi pake 2 liter Valvoline Full Syn 5w30 @80rb dicampur 3 liter Amsoil OE 5w30.
Durasi pemakaian kira2 1 tahun kedepan.
Emang apa rasanya om olinya dicampur campur???
Petnah baca dimana gt om, ga masalah kok oli dicampur. Apalg kalo viskositasnya sama. Dari dulu mobil ane misal perlu 4 liter lebih, biasa beli 1 galon, kalo kurang biasa campurin oli sisa2, minta sama yang punya bengkel. Hehehe.
Ini nyampur juga 100% faktor ekonomi om. Yang Valvo kan cuma 80rb tapi sisa 2 botol, jadi terpaksa 3 botol terakhir ambil 5w30 yang paling murah berikutnya.
Secara feeling rasanya gimana om? Pernah di tes lab ga om? Saya pernah kepikira gitu soalnya sering beli oli yg stoknya abis..kalau ga ganti mubazir waktunya kalau dignti pake yg lain langung gimana gitu
dieselman228 wrote:
Emang apa rasanya om olinya dicampur campur???
Petnah baca dimana gt om, ga masalah kok oli dicampur. Apalg kalo viskositasnya sama. Dari dulu mobil ane misal perlu 4 liter lebih, biasa beli 1 galon, kalo kurang biasa campurin oli sisa2, minta sama yang punya bengkel. Hehehe.
Ini nyampur juga 100% faktor ekonomi om. Yang Valvo kan cuma 80rb tapi sisa 2 botol, jadi terpaksa 3 botol terakhir ambil 5w30 yang paling murah berikutnya.
Secara feeling rasanya gimana om? Pernah di tes lab ga om? Saya pernah kepikira gitu soalnya sering beli oli yg stoknya abis..kalau ga ganti mubazir waktunya kalau dignti pake yg lain langung gimana gitu
Ga ada apa2 sih om, apalgi ane jg bukan orang yg sensitif soal oli.
Soalnya sayang sih mobil cuma jalan 1500-2000km selama setaon.
Saya baru mendapay Yaris tahun 2007 matic. Dengan kilometer lelah di atas 120.000 dan Senin besok, mobilnya datang. Saya pingin langsung ganti oli mesin dan transmisi.
Pemilik sebelumnya memakai Shell HX7, tetapi saya baca di manual book, yang direkomendasikan oli 5W-30. Nah, untuk kilometer seperti itu,lebih baik saya stuck ke 10w-40 tapi dengab oli TMO, atau lebih baik 5W-30 TMO?
Tetapi, jika ada saran lain seperti lebih baik Motul 5w-30 atau yang lain, silahkan monggo.
padmalotus wrote:Untuk Turboman dan kawan-kawan sekalian,
Saya baru mendapay Yaris tahun 2007 matic. Dengan kilometer lelah di atas 120.000 dan Senin besok, mobilnya datang. Saya pingin langsung ganti oli mesin dan transmisi.
Pemilik sebelumnya memakai Shell HX7, tetapi saya baca di manual book, yang direkomendasikan oli 5W-30. Nah, untuk kilometer seperti itu,lebih baik saya stuck ke 10w-40 tapi dengab oli TMO, atau lebih baik 5W-30 TMO?
Tetapi, jika ada saran lain seperti lebih baik Motul 5w-30 atau yang lain, silahkan monggo.
Terima kasih.
Bantu jawab om, kalo ane sih suka pake 5w30 ya. Ipah ane taun 2004 130rb km jg pake 5w30. Penguapan masih minim. Buat sehari2 lebih cocok jg, lebih enteng yg berakibat positif buat konsumsi bbm.
sintoni wrote:
Bantu jawab om, kalo ane sih suka pake 5w30 ya. Ipah ane taun 2004 130rb km jg pake 5w30. Penguapan masih minim. Buat sehari2 lebih cocok jg, lebih enteng yg berakibat positif buat konsumsi bbm.
Ganti 7500km/9 bulan sekali om.
Wah enak kalau dari awal sudah diberi oli yang bagus, nah ini Yaris saya pakai 10w-40 oleh pemilik sebelumnya, dan ini saya jadi galau mau ganti oli yang bagus tapi karena pemakaian mobil uang sudah lama, yang katanya orang forum sebelah, kalau mobil capek, harus diberi oli yang lebih kental supaya awet. Akhirnya tambah bingung harus diberi oli yang mana antara 10w-40 dan 5w-30. Maklum, mobil pertama jadi kepingin bisa merawat sampai lama pakainya.
Dan mobil ini pun nanti dipakai istri buat kerja PP 20km dan di Surabaya yang masih jarang macet total.
sintoni wrote:
Bantu jawab om, kalo ane sih suka pake 5w30 ya. Ipah ane taun 2004 130rb km jg pake 5w30. Penguapan masih minim. Buat sehari2 lebih cocok jg, lebih enteng yg berakibat positif buat konsumsi bbm.
Ganti 7500km/9 bulan sekali om.
Wah enak kalau dari awal sudah diberi oli yang bagus, nah ini Yaris saya pakai 10w-40 oleh pemilik sebelumnya, dan ini saya jadi galau mau ganti oli yang bagus tapi karena pemakaian mobil uang sudah lama, yang katanya orang forum sebelah, kalau mobil capek, harus diberi oli yang lebih kental supaya awet. Akhirnya tambah bingung harus diberi oli yang mana antara 10w-40 dan 5w-30. Maklum, mobil pertama jadi kepingin bisa merawat sampai lama pakainya.
Dan mobil ini pun nanti dipakai istri buat kerja PP 20km dan di Surabaya yang masih jarang macet total.
Ga juga lah om. Dulu ipah ane jg minumnya 10w40, secara dulu 5w30 masih mahal buat ane. Apalg dulu ga ngerti kelebihan pake oli encer.
Ane malah pake mobil ini di kalimantan yang mahal jarang macet.
padmalotus wrote:
Wah enak kalau dari awal sudah diberi oli yang bagus, nah ini Yaris saya pakai 10w-40 oleh pemilik sebelumnya, dan ini saya jadi galau mau ganti oli yang bagus tapi karena pemakaian mobil uang sudah lama, yang katanya orang forum sebelah, kalau mobil capek, harus diberi oli yang lebih kental supaya awet. Akhirnya tambah bingung harus diberi oli yang mana antara 10w-40 dan 5w-30. Maklum, mobil pertama jadi kepingin bisa merawat sampai lama pakainya.
Dan mobil ini pun nanti dipakai istri buat kerja PP 20km dan di Surabaya yang masih jarang macet total.
5W30 adakah kekentalan maximum utk mesin Gasoline NA
Turboman wrote:5W30 adakah kekentalan maximum utk mesin Gasoline NA
Test aja lgs 5W30.......
NA ini maksudnya natural aspirated ya?
Oke om Turboman, akan pakai 5w-30 langsung. Ada rekomendasi merk 5w-30? Habis tanya ke Toyota, TMO segalon 560.000, bila ada merk lain yang lebih baik dengan harga di atas tapi tidak terlalu jauh atau sepantaran dengan TMO?
Turboman wrote:5W30 adakah kekentalan maximum utk mesin Gasoline NA
Test aja lgs 5W30.......
NA ini maksudnya natural aspirated ya?
Oke om Turboman, akan pakai 5w-30 langsung. Ada rekomendasi merk 5w-30? Habis tanya ke Toyota, TMO segalon 560.000, bila ada merk lain yang lebih baik dengan harga di atas tapi tidak terlalu jauh atau sepantaran dengan TMO?
5W30 mah buanyak buanget skg pilihan di pasaran um
yg termurah dari Suzuki Genuine Oil yg cman 60 rebuan / L sampe Royal Purple yg hampir 300 rb / L
Motul H Tec / Kendall GT-1 semi synth ....boleh dicoba
om Turboman, saya kemarin lihat civic saya sedang di setel klep.
ternyata oli amzoil ini sepertinya gak kuat dipakai lebih dari 10rb.
sekarang sudah di angka 12rb km (7 bulan). tiap 5rb km ganti filter.
jadi sudah ganti filter ke 2.
saya rencana tetap mau pakai hingga 15rb.
apakah om turbo mau patungan untuk check kondisi oli nya di lab?
saya merasakan mesin masih cukup ok.
Kent wrote:om Turboman, saya kemarin lihat civic saya sedang di setel klep.
ternyata oli amzoil ini sepertinya gak kuat dipakai lebih dari 10rb.
sekarang sudah di angka 12rb km (7 bulan). tiap 5rb km ganti filter.
jadi sudah ganti filter ke 2.
saya rencana tetap mau pakai hingga 15rb.
apakah om turbo mau patungan untuk check kondisi oli nya di lab?
saya merasakan mesin masih cukup ok.
Yg type apa ?
yg 0W20 sih jangan kelewat jauh
kalo buntut 30 boleh hajar jauh
saya sih planning akan uji lab sebuah oli 0w20....tapi bukan si Ams
Kent wrote:om Turboman, saya kemarin lihat civic saya sedang di setel klep.
ternyata oli amzoil ini sepertinya gak kuat dipakai lebih dari 10rb.
sekarang sudah di angka 12rb km (7 bulan). tiap 5rb km ganti filter.
jadi sudah ganti filter ke 2.
saya rencana tetap mau pakai hingga 15rb.
apakah om turbo mau patungan untuk check kondisi oli nya di lab?
saya merasakan mesin masih cukup ok.
Kurang kuatnya gmn om?
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..
Turboman wrote:5W30 adakah kekentalan maximum utk mesin Gasoline NA
Test aja lgs 5W30.......
NA ini maksudnya natural aspirated ya?
Oke om Turboman, akan pakai 5w-30 langsung. Ada rekomendasi merk 5w-30? Habis tanya ke Toyota, TMO segalon 560.000, bila ada merk lain yang lebih baik dengan harga di atas tapi tidak terlalu jauh atau sepantaran dengan TMO?
5W30 mah buanyak buanget skg pilihan di pasaran um
yg termurah dari Suzuki Genuine Oil yg cman 60 rebuan / L sampe Royal Purple yg hampir 300 rb / L
Motul H Tec / Kendall GT-1 semi synth ....boleh dicoba
Ini perlu diflush enggak ya? Secara sebelumnya 10-40 terus sama pemilik yang lama. Saat ini pemakaian 120.000 km
Kalau TMO 5-30 itu masih belum synthetic ya on Turboman? Sepertinya akan pakai TMO dulu.
Jambangan wrote:Pake shell hx8 cepat nguap haha..
Bener kata om imsus
Next ga ga akan pake oli ini lagi
Kemaren liat HX8 ini udah berubah ya codenya dr SM > SN.. Harga naek dikit... Yang om coba yg mana om? Pengen coba HX8 yg SN jg nih klo bagus, mengingat harganya masih manusiawi...
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..
Jambangan wrote:Pake shell hx8 cepat nguap haha..
Bener kata om imsus
Next ga ga akan pake oli ini lagi
Kemaren liat HX8 ini udah berubah ya codenya dr SM > SN.. Harga naek dikit... Yang om coba yg mana om? Pengen coba HX8 yg SN jg nih klo bagus, mengingat harganya masih manusiawi...
Yg API SL om yg kemasan lama
Dicoba aja om
Kalo ane mau balik ke motul lagi kyknya atau nyoba kendall gt-1 5-30
Kemarin All New Sirion 2015 ganti oli di Km 5000 . kondisinya mobil tarikan mulai berat , mesin mulai ngelitik halus ( padahal bbm pakai pertamax+ dari awal baru datang ) , maticnya kurang responsif , akhirnya tanpa pikir panjang , gak perlu nunggu rekomendasi 10.000 Km ganti oli dari manual book , ane langsung ke Beres Daihatsu pd cabe, ganti oli pakai " Castrol Magnatec 5W-30 A5 " ( 163.000 / liter ) plus ganti filter oli ( 35.000 ) . selesai ganti oli jalan pulang jadi kaget , ini mobil ngacir banget sampai saya masuk ke pompa bensin shell untuk ngecek tekanan angin ban ( takutnya di tambah angin dibengkel jadi tarikan enteng ) , tapi ternyata setelah di cek tekanan angin tetep sama dengan sebelumnya di 30 psi, jadi kesimpulannya entengnya tarikan mobil memang karena pengaruh dari pergantian oli 5w-30 nya si Castrol Prof A5 ... Ngelitiknya juga bersih hilang sama sekali . Bensin tetep lanjut pakai Pertamax + ....
Jadi emang sebetulnya periode pergantian oli juga ndak bisa di patok dari jumlah Km atau periode bulan ya om Turbo , tergantung juga dari cara pemakaian dan situasi lalulintas yg kita lewati setiap hari .. Soalnya jalur kerja ane daru rumah sampai kantor termasuk jalur error banget ,
Nah pertanyaan saya biasanya Oli type apakah yg ada di dalam mesin mobil yg baru dirakit dari pabrik , kok mereka bisa rekomendasikan sampai pergantian oli pertama di Km 10.000 .
Sementara yg saya rasakan kemarin di km 5000 an aja dah babak belur rasanya .
burungpipit wrote:
Nah pertanyaan saya biasanya Oli type apakah yg ada di dalam mesin mobil yg baru dirakit dari pabrik , kok mereka bisa rekomendasikan sampai pergantian oli pertama di Km 10.000 .
Sementara yg saya rasakan kemarin di km 5000 an aja dah babak belur rasanya .
Ya makanya kita percaya yg real real aja
kalo saya sih malah pernah juga keluar dr showroom oli mesin bawaan pabrik lgs sy buang
ada top-up oli juga,
tapi gk banyak, seluruh mobil saya sepertinya tidak ada penguapan dari dulu.
top-up pun hanya sekitar 150-200cc untuk ganti filter.
disini susah attach gambar ya, mau tunjukin kualitas oli amz nya.
(tp secara feels msh sangat ok oli nya, hanya saya lihat hitam2 coklat2 oli nya)
jika saya flush dengan oli diesel, saya ada stock Q5 5W40 dan Motul Tekma 15w40.
apakah tidak terlalu kental?
karena dulu saya pernah isi oli shell ultra yang 5w40 itu super berat (pdha 50% dari full di dipstick).
dulu teman pernah pakai motul racing 0w20 300V di vios.
mantap sekali, bisa pakai 15rb. tapi harga mengerikan ditoda (600an rb per 2liter).
Turboman wrote:
Kalo selama ini 10W40 yg dipake bagus dan ganti dalam range wajar dr segi Km & bulan, gak perlu di flush2.....
Buang oli lama, tuang oli Mesran super 1 L utk dorong oli lama......udah gak netes lagi tutup baut karter, tuang oli baru
Kalo mau flush yg paling bagus =
Masukkin ol Diesel yg API CF - CI-4, pake 2000 Km then buang....itu flush terbaik buat mesin
ini sepertinya pemilik yang lama memakai Shell Helix H7, dan sepertinya rangenya wajar. Entah cuma pemanis aja atau tidak, katanya ganti olinya sih lancar.
Rencana mau ganti diberes karena mau ganti gasket cover value. Sekalian ganti oli mesin dan transmisi. Sementara pakai TMO 5w-30 gpp ya om Turboman? Tapi dengan harga segitu sama Motul 5W-30 bagus mana ya? sebab perliternya terpaut 30ribu rupiah lebih mahal Motul.