Review New Hyundai Santa Fe 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Sun May 03, 2009 7:09
- Location: MINE IS TWO !
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Kekurangan nya:
-Aksesoris ( nyaris) tidak ada
-Tdk ada autolock
-Baris ketiga lebih sempit dari ctv /fortuner
- filter udara KN tdk ada yg jual disini
- ban mudah berdecit di belokan dan tanjakan
- sunroof gampang jamuran / waterspot
-Aksesoris ( nyaris) tidak ada
-Tdk ada autolock
-Baris ketiga lebih sempit dari ctv /fortuner
- filter udara KN tdk ada yg jual disini
- ban mudah berdecit di belokan dan tanjakan
- sunroof gampang jamuran / waterspot
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Wed Feb 13, 2013 8:34
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
tambahan kekurangannya:
1. Grip stir kurang enak ya, gimana gitu sampai saat ini msh susah ketemu posisi yg pas, apa krn terlalu gemuk itu stir
2. Speakers ancur seancur ancurnya deh, msh mending innova
3. HID kurang terang dan sinarnya kurang tebal
1. Grip stir kurang enak ya, gimana gitu sampai saat ini msh susah ketemu posisi yg pas, apa krn terlalu gemuk itu stir
2. Speakers ancur seancur ancurnya deh, msh mending innova
3. HID kurang terang dan sinarnya kurang tebal
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
sepertinya banyak PR yg harus dibenahi ma Hyundai Indonesia kalau mau Santa Fe nya booming penjualannya..


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
yg 4X2 fitur2-nya kelewat basic, harga juga gak murah, sementara brand image belum kuat
Btw kalo soal :
- sempitnya 3rd row seat
SUV compact gini yah rata rata 3rd row seatnya sempit
- Filter K&N
Ini sih complaint-nya ke Distro K&N donk mestinya........gimana ya
Btw kalo soal :
- sempitnya 3rd row seat
SUV compact gini yah rata rata 3rd row seatnya sempit
- Filter K&N
Ini sih complaint-nya ke Distro K&N donk mestinya........gimana ya

* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Mon Sep 14, 2009 5:26
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
aye dah td keduanya omola_comoesta wrote:bro tanya bro, yang udah TD santi and C*5 2.5..gimana tuh perbedaan powernya sehari2?..kerasa kah?handlingnya jauh ta sama Cx?..pngn apa gabungin fitur CX ke santi kwkakaakkwkwkwkwkw..ada kontrol traksi, sensor dll
btw, yg pake santi gimana ya tuh ngerawat sunroof gitu besar?..klo berjamur/water spot ituloh yg repot kacanya
and also owner santi gen sebelumnya, gimana kualitasnya si santi so far?hehehe..mengingat ini kan salah satu topline-nya hyundai, kadan org bilang mobil korea g kuat dalemannya
#berharap santi 2wd bisa berganti HU dan speedo-nya jad yg seperti 4wd
thanks before
klo soal performa dan irit meneng santi..
Handling, fitur, ICE, SAFETY jelas cx yg menang

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Masa santi lebih irit dr cx 5 om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Ke jakarta-bandung-jakarta, pergi full throttle, pulang konstan 120-140 aja. Masih bisa dapet 1:17 om. Tombol eco jg offBelphegor wrote:Masa santi lebih irit dr cx 5 om?
Irit banget lah..
*bukan sales hyundai, cuma emang pakai aja
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Sun May 03, 2009 7:09
- Location: MINE IS TWO !
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Yang aku suka dari santa fe :
- radius putar minimalis 5.45m. Crv 2012 dan captiva 2013 5.65. Pengemudi dgn mobil panjang diata2s 4,6 m pasti mengerti repotnya di U turn dan parkir tempat sempit.
- jok baris ke2 bisa maju mundur max 27.5 cm. Bonus bisa di miringkan 120 derajat.
- blower AC ada di kanan-kiri, baris 1, 2 dan 3. Bonus auto climate, dual control + tombol on /off baris ke 3 di dashboard
- spion otomatis lipat dan buka sendiri, bonus lampu LED kecil dibawah spion kanan kiri nyala sebentar berguna di tempat gelap.
- AT halus, responsive, pintar dan engine brake kuat dibandingkan fortuner,captiva pajero
- jok baris 2, tonjolan kanan kiri penyangga kiri kanan punggung. Mobil umumnya hanya satu sisi yg dekat pintu . Yg aku liat dan tahu sama di mazda cx9 , audi q5 dan bmw x5.
Bukan sales hyundai, pemakai ex captiva, crv, fortuner dan pajero
- radius putar minimalis 5.45m. Crv 2012 dan captiva 2013 5.65. Pengemudi dgn mobil panjang diata2s 4,6 m pasti mengerti repotnya di U turn dan parkir tempat sempit.
- jok baris ke2 bisa maju mundur max 27.5 cm. Bonus bisa di miringkan 120 derajat.
- blower AC ada di kanan-kiri, baris 1, 2 dan 3. Bonus auto climate, dual control + tombol on /off baris ke 3 di dashboard
- spion otomatis lipat dan buka sendiri, bonus lampu LED kecil dibawah spion kanan kiri nyala sebentar berguna di tempat gelap.
- AT halus, responsive, pintar dan engine brake kuat dibandingkan fortuner,captiva pajero
- jok baris 2, tonjolan kanan kiri penyangga kiri kanan punggung. Mobil umumnya hanya satu sisi yg dekat pintu . Yg aku liat dan tahu sama di mazda cx9 , audi q5 dan bmw x5.
Bukan sales hyundai, pemakai ex captiva, crv, fortuner dan pajero
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
waktu itu ada pemakai santi baru, cek nitrogen di bengkel, isi 1 ban, ketakutan bener buat bayar 2500/ban, mekanik bilang isi 1, dia blg gak kok, gak isi, terus main jalan, ane heran kok takut bener yah bayar 2500 doang
*pemilik bengkel nya
*pemilik bengkel nya
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Hahaha
Kadang2 org memang keterlaluan...mampu beli mobil mahal, bayar nitro 2500 aja ga mau...mau gratis ya isi di pom bensin dong...kan pemilik bengkel butuh modal buat beli nitro
Kadang2 org memang keterlaluan...mampu beli mobil mahal, bayar nitro 2500 aja ga mau...mau gratis ya isi di pom bensin dong...kan pemilik bengkel butuh modal buat beli nitro
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
emang banyak orang kaya yg makin aneh..
buat beli barang milyaran bisa tapi buat bayar yg kecil2 kaga bisa..

buat beli barang milyaran bisa tapi buat bayar yg kecil2 kaga bisa..


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Bila melihat cerita om sting berarti rekan yg dulu TD Santi en merasa AT nya bolot, ada kemungkinan mobil tsb aki-nya baru dipasang atau Odo-nya masih kecil or Learning Process TCU nya Santi agak lamasting wrote: - AT halus, responsive, pintar dan engine brake kuat dibandingkan fortuner,captiva pajero
Memang soal learning process TCU ini beda beda pada tiap mobil, ada yg cepat adaptasi, ada yg butuh proses bbrp hari
Salah 1 contoh adalah Everest TDCi, teman saya cerita kalau sehabis re-tune Piggyback mobilnya butuh bbrp hari sampai kinerja matic-nya benar2 selaras dgn Power-nya yg baru, TCU-nya Evie TDCi emang rada aneh, tapi setelah setting-nya "In" wah jangan coba coba......402 M udah terbukti masuk sub 17 detik
ECU dan TCU adaptif thd driving character kita, coba aja deh suatu mobil selama berminggu2 tiap hari dibawa nyantai / macet DalKot, sekali dibawa ngebut keluar kota saat2 awal pasti akan terasa aneh dulu
Atau kalau mobil yg sering dibawa agressive driving, saat kita TD pasti lgs terasa gesit
Tips spy mobil terasa gesit saat TD :
- Dlm posisi kunci kontak OFF, tekan pedal gas sampe mentok
- Putar2 kunci kontak dr OFF ke ON (jangan sampe mesin idup) then balik lgi ke OFF then ke ON lagi bolak balik scr cepat minimal 10X
Abis itu silakan TD
Selamat mencoba
keterangan :
TCU = Transmission Control Unit atau sering disebut juga TCM
Ada mobil yg TCU nya menyatu dgn ECU, ada juga yg terpisah
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Wah berarti benar kata beberapa mechanic, kata mereka kalo bawa mobil baru dari pelabuhan ke dealer di tol pasti digeber duluan ama mereka. Alasan mereka supaya terekam di memory ECU/TCU sehingga nantinya waktu digeber customer TCU sdh gak lemot lagi.Turboman wrote:Bila melihat cerita om sting berarti rekan yg dulu TD Santi en merasa AT nya bolot, ada kemungkinan mobil tsb aki-nya baru dipasang atau Odo-nya masih kecil or Learning Process TCU nya Santi agak lamasting wrote: - AT halus, responsive, pintar dan engine brake kuat dibandingkan fortuner,captiva pajero
Memang soal learning process TCU ini beda beda pada tiap mobil, ada yg cepat adaptasi, ada yg butuh proses bbrp hari
Salah 1 contoh adalah Everest TDCi, teman saya cerita kalau sehabis re-tune Piggyback mobilnya butuh bbrp hari sampai kinerja matic-nya benar2 selaras dgn Power-nya yg baru, TCU-nya Evie TDCi emang rada aneh, tapi setelah setting-nya "In" wah jangan coba coba......402 M udah terbukti masuk sub 17 detik
ECU dan TCU adaptif thd driving character kita, coba aja deh suatu mobil selama berminggu2 tiap hari dibawa nyantai / macet DalKot, sekali dibawa ngebut keluar kota saat2 awal pasti akan terasa aneh dulu
Atau kalau mobil yg sering dibawa agressive driving, saat kita TD pasti lgs terasa gesit
Tips spy mobil terasa gesit saat TD :
- Dlm posisi kunci kontak OFF, tekan pedal gas sampe mentok
- Putar2 kunci kontak dr OFF ke ON (jangan sampe mesin idup) then balik lgi ke OFF then ke ON lagi bolak balik scr cepat minimal 10X
Abis itu silakan TD
Selamat mencoba
keterangan :
TCU = Transmission Control Unit atau sering disebut juga TCM
Ada mobil yg TCU nya menyatu dgn ECU, ada juga yg terpisah
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
O kalo itu namanya aji mumpung....kapan lagi bisa nikmatin mobil2 yg rk gak sanggup beliDeasegara wrote: Wah berarti benar kata beberapa mechanic, kata mereka kalo bawa mobil baru dari pelabuhan ke dealer di tol pasti digeber duluan ama mereka. Alasan mereka supaya terekam di memory ECU/TCU sehingga nantinya waktu digeber customer TCU sdh gak lemot lagi.
Kalo sy sih gak suka tuh......malah kalo perlu mobil dibawa aja pake mobil gendong ke showroom
Yg ngelatih ECU / TCU ya kita lah sebagai pembeli.......
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Turboman wrote:
O kalo itu namanya aji mumpung....kapan lagi bisa nikmatin mobil2 yg rk gak sanggup beli
Kalo sy sih gak suka tuh......malah kalo perlu mobil dibawa aja pake mobil gendong ke showroom
Yg ngelatih ECU / TCU ya kita lah sebagai pembeli.......
setuju om,
kl ga bisa digendong, biasanya saya ambil sendiri mobilnya di dealer.


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Secara kita yg beli memang sayang ya buat mesin kalo digeber, tapi secara teorinya om Turbo benar TCU sdh terlatih buat ngebut, gak perlu latihan lagi.xtr40rd1n4rym4n wrote:Turboman wrote:
O kalo itu namanya aji mumpung....kapan lagi bisa nikmatin mobil2 yg rk gak sanggup beli
Kalo sy sih gak suka tuh......malah kalo perlu mobil dibawa aja pake mobil gendong ke showroom
Yg ngelatih ECU / TCU ya kita lah sebagai pembeli.......
setuju om,
kl ga bisa digendong, biasanya saya ambil sendiri mobilnya di dealer.
![]()
Digendong/disayang-sayang....


Habis dibuat ngompreng trus digendong sendiri dari diler kerumah, disayang-sayang ....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Deasegara wrote: Secara kita yg beli memang sayang ya buat mesin kalo digeber, tapi secara teorinya om Turbo benar TCU sdh terlatih buat ngebut, gak perlu latihan lagi.
Digendong/disayang-sayang....![]()
padahal sdh digeber dibuat trek-trekan sama sopir bahkan dibuat ngompreng. Supir plat putih suka nawarin dari JKT- Palembang- Jambi-Padang. Kalo mau ke Padang coba aja nongkrong di rumah makan dekat simpang tiga di Jambi. Banyak plat putih disitu berbagai brand, ngompreng bayarnya murah lagi naik mobil masih kinyis-kinyis.
Habis dibuat ngompreng trus digendong sendiri dari diler kerumah, disayang-sayang ....![]()
Tapi kalo dikota besar mungkin gak begitu ya...kan jaraknya dekat, paling digeber aja di tol.



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Itu fakta om, kalo gak percaya coba aja nongkrong disitu, atau bisa juga di ferry penyeberangan Merak-Bakauni, pasti banyak yang nawarin omprengan dg mobil masih gres-kinyis-kinyis jok masih terbungkus plastic....xi..xi...xiii....xtr40rd1n4rym4n wrote:Deasegara wrote: Secara kita yg beli memang sayang ya buat mesin kalo digeber, tapi secara teorinya om Turbo benar TCU sdh terlatih buat ngebut, gak perlu latihan lagi.
Digendong/disayang-sayang....![]()
padahal sdh digeber dibuat trek-trekan sama sopir bahkan dibuat ngompreng. Supir plat putih suka nawarin dari JKT- Palembang- Jambi-Padang. Kalo mau ke Padang coba aja nongkrong di rumah makan dekat simpang tiga di Jambi. Banyak plat putih disitu berbagai brand, ngompreng bayarnya murah lagi naik mobil masih kinyis-kinyis.
Habis dibuat ngompreng trus digendong sendiri dari diler kerumah, disayang-sayang ....![]()
Tapi kalo dikota besar mungkin gak begitu ya...kan jaraknya dekat, paling digeber aja di tol.
![]()
![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Yup, yg ane denger juga begitu, kalo orang beli mobil di Palembang msalnya, odometer biasanya dah 200 Km sekian
Kalo sy misalnya tinggal di Palembang mending :
- Deal dgn showroom di Jkt, tapi nanti minta pelat NoPol utk tujuan di kota kita
- Sewa truk gendong buat bawa si mobil
Kalo sy misalnya tinggal di Palembang mending :
- Deal dgn showroom di Jkt, tapi nanti minta pelat NoPol utk tujuan di kota kita
- Sewa truk gendong buat bawa si mobil
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
bukan ga percaya om, cuman tercengang bengong aja mau komentar apa.Deasegara wrote: Itu fakta om, kalo gak percaya coba aja nongkrong disitu, atau bisa juga di ferry penyeberangan Merak-Bakauni, pasti banyak yang nawarin omprengan dg mobil masih gres-kinyis-kinyis jok masih terbungkus plastic....xi..xi...xiii....
mungkin bisa dijadikan alternatif buat review sebelum beli boil, secara biasanya test drive terbatas cuman bbrp km aja, kl ini beratus2 km dengan trek jalan yg berbeda2..



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Ya gitulah om, dulu saya terima odo juga sdh 174 km...tapi sampai sekarang hampir 2 tahun km > 30rb kondisi masih OK, masih fit, padahal selalu saya siksa sering main kickdown di redline......xtr40rd1n4rym4n wrote:bukan ga percaya om, cuman tercengang bengong aja mau komentar apa.Deasegara wrote: Itu fakta om, kalo gak percaya coba aja nongkrong disitu, atau bisa juga di ferry penyeberangan Merak-Bakauni, pasti banyak yang nawarin omprengan dg mobil masih gres-kinyis-kinyis jok masih terbungkus plastic....xi..xi...xiii....
mungkin bisa dijadikan alternatif buat review sebelum beli boil, secara biasanya test drive terbatas cuman bbrp km aja, kl ini beratus2 km dengan trek jalan yg berbeda2..
![]()
![]()
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Thu Mar 31, 2011 15:56
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
@Om Turboman, mau nanya
Ane setelah 10rb km full Shell dari baru, kepengen nyoba DEX.
Yang ane bingung, kenapa tambah berat yah ? Biasa pake Shell figure di MID bermain di 8.0/100 - 8.3/100. Begitu pake DEX, kagak lewat dari 10.0/100.
Ane tipe yang ngurut gas, jadi berasa banget nginjek gas harus lebih dalem.
Tapi begitu ketemu jalan kosong, langsung digeber ke 4000rpm (italian tuneup), langsung enak lagi setelah itu.
Kebetulan pas kemaren ngisi lagi pas jadwalnya isi racun CRC 150ml.
Secara teori kan DEX + racun CRC seharusnya lebih bagus dari Shell kan ?
Apakah Shell + CRC + DEX gak cocok ?
Atau kebetulan dapet DEX "basi", saya ngisi di Artha Gading.
Thanks for the advice
Ane setelah 10rb km full Shell dari baru, kepengen nyoba DEX.
Yang ane bingung, kenapa tambah berat yah ? Biasa pake Shell figure di MID bermain di 8.0/100 - 8.3/100. Begitu pake DEX, kagak lewat dari 10.0/100.
Ane tipe yang ngurut gas, jadi berasa banget nginjek gas harus lebih dalem.
Tapi begitu ketemu jalan kosong, langsung digeber ke 4000rpm (italian tuneup), langsung enak lagi setelah itu.
Kebetulan pas kemaren ngisi lagi pas jadwalnya isi racun CRC 150ml.
Secara teori kan DEX + racun CRC seharusnya lebih bagus dari Shell kan ?
Apakah Shell + CRC + DEX gak cocok ?
Atau kebetulan dapet DEX "basi", saya ngisi di Artha Gading.
Thanks for the advice
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
beberapa page sebelumnya saya pernah baca mengenai tangan driver yg kesetrum kecil saat byr tol, nah ternyata terakhir2 ini saya udah mengalaminya beberapa kali, malah saat ambil tiket parkir kalo gak sengaja kesenggol box tiketnya tangan saya kesetrum, penyebabnya dan solusinya apa ya?
thanks buat info nya.
btw thanks bung Liora yg kmrn upload emblem after marketnya, Kereeen cuuy
thanks buat info nya.
btw thanks bung Liora yg kmrn upload emblem after marketnya, Kereeen cuuy
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Kadang kualitas DEX antar SPBU juga bisa beda2.....sy juga pernah ngalamin isi DEX yg suara mesin agak kasar spt Biosolar & tarikannya kalah dgn BioSolar + racun.
Jujur ngomong sih, idealnya DEX juga dikasih racun, tapi ya cukup sesekali aja, misalnya 3X isi full tenk baru kasih racun sekali.
Jujur ngomong sih, idealnya DEX juga dikasih racun, tapi ya cukup sesekali aja, misalnya 3X isi full tenk baru kasih racun sekali.
Henry Kurniawan wrote:@Om Turboman, mau nanya
Ane setelah 10rb km full Shell dari baru, kepengen nyoba DEX.
Yang ane bingung, kenapa tambah berat yah ? Biasa pake Shell figure di MID bermain di 8.0/100 - 8.3/100. Begitu pake DEX, kagak lewat dari 10.0/100.
Ane tipe yang ngurut gas, jadi berasa banget nginjek gas harus lebih dalem.
Tapi begitu ketemu jalan kosong, langsung digeber ke 4000rpm (italian tuneup), langsung enak lagi setelah itu.
Kebetulan pas kemaren ngisi lagi pas jadwalnya isi racun CRC 150ml.
Secara teori kan DEX + racun CRC seharusnya lebih bagus dari Shell kan ?
Apakah Shell + CRC + DEX gak cocok ?
Atau kebetulan dapet DEX "basi", saya ngisi di Artha Gading.
Thanks for the advice
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Mungkin ada beda muatan elektron-neutron antara box dan mobil/kita sehingga ketika tangan kita mendekat/menyentuh box akan timbul loncatan muatan dari yg muatanya tinggi ke rendah. Untuk mencegah harus disamakan dulu muatanya dengan dipasang bonding cable/wire. Setelah dibonding muatan akan sama dan tdk nyetrum lagi.leiv wrote:beberapa page sebelumnya saya pernah baca mengenai tangan driver yg kesetrum kecil saat byr tol, nah ternyata terakhir2 ini saya udah mengalaminya beberapa kali, malah saat ambil tiket parkir kalo gak sengaja kesenggol box tiketnya tangan saya kesetrum, penyebabnya dan solusinya apa ya?
thanks buat info nya.
btw thanks bung Liora yg kmrn upload emblem after marketnya, Kereeen cuuy
Kalau mau aman bawa aja kabel yg biasa untuk jumper aki, connect ujungnya ke bagian metal body mobil kita dan ujungnya di connect ke box, setelah itu pasti gak ada loncatan/perpindahan muatan lagi karena sdh sama. Case nya sama dengan waktu isi bbm, seharusnya sebelum ujung nozle menyentuh body mobil, bonding cable harus dipasang dulu.