(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

hmmm....kompornya ternyata belum padam benar nih :e-think: :mrgreen:

kalo cuman buat tarik2an/top speed, nampaknya santi saya "belum" butuh modul, secara habis p+p dulu (plus sedikit engine/ecu tuning), buat saya sudah lebih dari cukup. Putaran bawah ngisi, putaran atas pun napas masih panjang.... 145-150Kpj di gigi 5, putaran mesin hanya di angka 3500-3800an (jalan tol), jadi pedal gas masih sisa banyak...saya yakin (meski blom dicoba), kalo gas pol bisa kena 180-190kpj,.. menurut saya ini sudah lebih dari cukup kok... :mrgreen: tar malah bingung nge-rem nya :shrug:

lagian, santi saya GC-nya dah lumayan tinggi, mgkn sekitar 23-25 cm, ban gemuk velg langsing (235/75R15), jadi kalo lari diatas 150Kpj kok rasa-rasanya agak konyol hehehe....apalagi rem belakang masih drum/tromol

kalo untuk torsi/putaran bawah, sudah lolos fit&proper test, pernah bawa 2 bule dan 3 orang lokal ke bromo (jawa timur) dan ke dataran tinggi dieng (jawa tengah), di beberapa rute tanjakan masih ga nolak di kasi gigi 2/3.

mungkin kelemahannya kalo ga pake modul, IMHO:
1. Settingan mesin hanya 1 (santi saya mesinnya disetel galak nih, maximum power/torque... :e-think: )
2. Berhubung setelannya galak, kalo dipake dalkot (stop&go) emang ga nyaman
3. Efek berikutnya, bbm harus oktan tinggi (pertamaxplus)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Abu2 »

unichip + TM, insya Allah 3 poin kelemahan tsb, tersolusikan, tanpa mengurangi kelebihan2 yg telah didapat...segera hubungi installer dast*k terdekat di kota anda...ha.h.a.h.a.h.a..kayak sales gw neh..
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

Abu2 wrote:
benzz89 wrote: Setuju Bro Abu2....iya nih si Om Imsus blom pernah sih nyoba pasang module. Ga rugi deh bro... jamin :frm_tumbleft: pasti lebih maknyussss tuh si santi larinya, torsi jg lebih enak bro. PnP+Module emang yahuud deh...driving pleasure-nya emang beda bro :big_peace:
Bro Abu2 dastek TM-nya pasang di rev or sigma? Berapa-an bro harganya? Kayanya tidak semahal Unichip ya bro? Trus kalo untuk manual transmission apa aja kelebihannya bro? Torsi nambah ga? Untuk kondisi stop & go gimana efek-nya? Mohon pencerahannya bro Abu2. :thanks:
iya nih, mestinya, sesekali om imsus ini mampir di sigma, asik2 mekaniknya buat diajak ngobrol dan diskusi..
kalo pasang TM (650k) mesti install unichip (4500k). dan kendaraan harus udah TBW. torsi ama HP naik 10an bos, setelah dyno on wheel. Efeknya positif semua dah, kecuali untuk kantong, sedikit negatif.. :D
dan lebih asiknya, bisa bikin 5 mode sesuai kebutuhan. mau buat tarik2, mau untuk isi premium, mau stelan super irit..byk lah asiknya...terutama utk macet2an dan tarik2an...di 150an kpj msh ngisi dan cepat naik ke 185..pernah ane tulis deh disini dan di page sblmnya...
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=225

maaf OOT, ayo deh kembali ke om imsus...halah....kembali ke Santafe yg mau pasang Unichip dan TM.. :mrgreen:
Bro Abu2 setelah baca2 tulisan Anda di atas, sepertinya si santi tidak perlu dastek TM secara belum DBW. Dalam kondisi standard aja gas-nya sudah galak banget...harus sering2 main kopling kl lg merayap krn di gas dikit aja sdh mo lompat bawaan-nya.

Gimana Bro Imsus & master2 santi yg lainnya? betul ga pendapat saya? :e-whistle:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Abu2 »

benuulllllll....berarti forced induction bs jd alternatif.. :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

imsus2c wrote:hmmm....kompornya ternyata belum padam benar nih :e-think: :mrgreen:

kalo cuman buat tarik2an/top speed, nampaknya santi saya "belum" butuh modul, secara habis p+p dulu (plus sedikit engine/ecu tuning), buat saya sudah lebih dari cukup. Putaran bawah ngisi, putaran atas pun napas masih panjang.... 145-150Kpj di gigi 5, putaran mesin hanya di angka 3500-3800an (jalan tol), jadi pedal gas masih sisa banyak...saya yakin (meski blom dicoba), kalo gas pol bisa kena 180-190kpj,.. menurut saya ini sudah lebih dari cukup kok... :mrgreen: tar malah bingung nge-rem nya :shrug:

lagian, santi saya GC-nya dah lumayan tinggi, mgkn sekitar 23-25 cm, ban gemuk velg langsing (235/75R15), jadi kalo lari diatas 150Kpj kok rasa-rasanya agak konyol hehehe....apalagi rem belakang masih drum/tromol

kalo untuk torsi/putaran bawah, sudah lolos fit&proper test, pernah bawa 2 bule dan 3 orang lokal ke bromo (jawa timur) dan ke dataran tinggi dieng (jawa tengah), di beberapa rute tanjakan masih ga nolak di kasi gigi 2/3.

mungkin kelemahannya kalo ga pake modul, IMHO:
1. Settingan mesin hanya 1 (santi saya mesinnya disetel galak nih, maximum power/torque... :e-think: )
2. Berhubung setelannya galak, kalo dipake dalkot (stop&go) emang ga nyaman
3. Efek berikutnya, bbm harus oktan tinggi (pertamaxplus)
Tambah unichip aja dah cukup deh bro...Jamin pasti lebih mantaff :mrgreen: Tenaga & torsi so pasti lebih galak (lagi) tp "tidak liar" asal settingannya mantap ya bro.

Sampai saat ini sy msh blom re-tune krn settingan yg kemarin terasa masih enak bro, malah ada kepikiran nanti kl di re-tune bs lebih enak atau malah jd kurang hasil-nya. Pake dulu aja deh nanti kl ud up grade exhaust baru re-tune. :mrgreen:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

Abu2 wrote:benuulllllll....berarti forced induction bs jd alternatif.. :ngacir:
Turbo maksudnya???? pangen sih bro...lagi di pikirin (dana-nya) :weekk:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

klo ane pribadi tarikan bawah santiku sudah cukup galak walo masih standart, enak apalagi klo untuk nyalis ruang sempit masih bisa ngejooos dan sukses nyalipnya
ane masih puas dg santi, sebab klo ditambah TM unichip bisa lebih garang, bawaannya kaki gak mo lepas enjek gas mulu, cepat atau nyantai tergantung gaya nyetirnya
gw dah puas tuk smentara dg santi standartku
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

inoz wrote:klo ane pribadi tarikan bawah santiku sudah cukup galak walo masih standart, enak apalagi klo untuk nyalis ruang sempit masih bisa ngejooos dan sukses nyalipnya
ane masih puas dg santi, sebab klo ditambah TM unichip bisa lebih garang, bawaannya kaki gak mo lepas enjek gas mulu, cepat atau nyantai tergantung gaya nyetirnya
gw dah puas tuk smentara dg santi standartku
Sama Bro Inoz ...ane juga demikian.....pengaruh umur kale ya....???
:ungg: :ungg:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

wah....blom ada yg absen yah? :e-think:

mo report dikit, jumat (24 april 2009) kemarin ambil santi di bengkel. ternyata setelah di-diagnosa memang ada pergeseran torsi yg cukup besar....

gigi 2, rpm 2000-3000, mendadak torsi/tenaga ngedrop hilang, setelah putaran sampai 3000up, torsi langsung keluar maksimum,...bikin kaget karena tiba2 mobil menyentak sendiri tanpa menambah ijakan gas....
kata pak mekanik, ini mirip sensasi pake turbo, jadi saat turbo belum nge-boost, mesin terasa payah (lag)
wah....setelah pak mekanik bilang gini, malah saya tambah merasa belum perlu naikkin turbo nih, secara sudah tahu sensasi-nya :mrgreen:

sayangnya....proses penormalan ini belum selesai....tapi saya keburu mo pake santi buat pulkam ke semarang

yaa....akhirnya cuma tune up, setel throttle, ganti oli dan servis rem aja (ternyata kanvas rem belakang emang harus diganti :e-wall: )

saya bilang ke bengkel, 2-3 bulan lagi deh buat engine tuning/re-mapping....sekalian di interval ganti oli berikutnya

nampaknya, kesusahan belum berakhir :shrug: secara siklus jajan santi sudah masuk periodenya

selama perjalanan sby-mjk-solo-semarang, jalur pipa AC nge-blok jadi es batu....terpakasa harus service dan nampaknya perlu ganti thermoswitch-nya

nevertheless....I still love my Santi :cupss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

@ Bro Imsus:
Kok bs sich terjadi pereseran "kurva" torsi dengan sendirinya?? Bukannya pergeseran ini harus dilakukan secara maually pada ECU-nya? sudah gitu ya harus-nya tetap dong alias tidak bs berubah lg dengan sendirinya? Mohon pencerahan-nya bro.

Si santi setau saya pake "thermis" bukannya thermoswitch deh bro. Kalo thermis sih ga terlalu mahal secara saya pernah ganti jg tuh part. Tapi gejalanya malah terbalik yaitu AC jd tidak begitu dingin sebab kerja termis-nya sudah lemah, jd tidak bs mencapai 3-4 derajat celcius sebelum off lg ke 7-8 derajat C.

Sensasi torbo "beneran" ya jelas beda-lah bro ama "pergeseran kurva torsi"...yg satu sensasinya seperti di cium (dr belakang) ama angkot, sedangkan yg satu-nya lg sensasinya seperti di tabrak ama kontainer (dr belakang jg) :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote:@ Bro Imsus:
Kok bs sich terjadi pereseran "kurva" torsi dengan sendirinya?? Bukannya pergeseran ini harus dilakukan secara maually pada ECU-nya? sudah gitu ya harus-nya tetap dong alias tidak bs berubah lg dengan sendirinya? Mohon pencerahan-nya bro.

Si santi setau saya pake "thermis" bukannya thermoswitch deh bro. Kalo thermis sih ga terlalu mahal secara saya pernah ganti jg tuh part. Tapi gejalanya malah terbalik yaitu AC jd tidak begitu dingin sebab kerja termis-nya sudah lemah, jd tidak bs mencapai 3-4 derajat celcius sebelum off lg ke 7-8 derajat C.

Sensasi torbo "beneran" ya jelas beda-lah bro ama "pergeseran kurva torsi"...yg satu sensasinya seperti di cium (dr belakang) ama angkot, sedangkan yg satu-nya lg sensasinya seperti di tabrak ama kontainer (dr belakang jg) :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :big_peace:
betul bro, justru itu bengkel sempet bingung, kenapa torsi bisa bergeser....secara saya tidak pernah otak-atik itu mesin/ECU kecuali ke tempat dia. makanya sampe 4 hari mereka blom bisa tahu penyebabnya dan me"normal"kannya seperti settingan awal... nah, bengkelnya aja bingung apalagi saya...gelap deh :mrgreen: tapi kalo suatu saat besok bisa normal lagi dan jelas sebab musababnya, pasti sy report disini

hmm...ya bisa jadi tersangkanya si thermis ini, mgkn secara mekanik itu pake bahasa general/awam, dia bilang thermoswitch. maklum bro, mobil sy taruh di bengkel mobil di rumah (di semarang) tapi saya sekarang ada di tempat gawe (mojokerto), ya....komunikasi per telpon aja. moga2 cepet beres. kalo dinginnya sih masih menggigit kok, sampe2 saya jarang set temperatur di yg paling dingin...ga kuat dinginnya

masalah sensasi tadi, itu juga yg bilang bos mekaniknya sana, secara saya pribadi sih juga belum pernah mengalami nikmatnya bejek turbo :upss: :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah pada report masternya neh
klo AC santi masih normal aja seperti pernah direport sebelumnya, hanya saya ganti slang AC yg besar sebab bocor trus dibersiin alat yg di dashboard lalu sampe skarang masih maknyuuuss dinginnya, bahkan dingin banget
tapi ada gejala aneh nih skarang, kadang ndut2 an trutama klo gigi terlalu tinggi sementara speed rendah, dan klo dipaksa tenaga ngempos, jd turunin gigi baru bisa maknyooos.
ane gak tahu apa masih ada masalah kebocoran di kabel busi or coilnya, walo kemarin sih ditambal gitu, entah apa skarang dah copot gitu kena panas, lemnya leleh kali yaaa
yaaa gak tentu lah ndut2 annya, belum ke beres lagi seh. blum ada waktu dan doku nya haaa....
thanks bro benzz dan imsus
mana yg laen neh
:big_weee:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

Memang sudah menjadi kelemahan si santi yaitu electrically system-nya yg lebih "fragile" alias lebih gampang rapuh or durability-nya tidak sebaik dari produk2 jepun pd umum-nya...

IMHO terjadi-nya pergeseran kurva torsi pd santi bro Imsus sepertinya lebih banyak di sebabkan oleh problem pd electricity-nya jika di bandingkan dengan mechanically-nya. Secara piston baru saja di ganti + PnP jd secara mekanis seharusnya sdh "clear" tinggal sensor2-nya yg belum "di remajakan".

Demikian jg dgn santi saya yg akan menginjak kepala 8 th ini sepertinya sensor2 jg sdh waktu-nya di remajakan. Ada satu sensor yg sdh di ganti tp lupa namanya, kt mekanik Beres kl tidak di ganti mesin bisa tiba2 mati wkt lg jalan, jd yoo wiss ta ganti aja. Lumayan mahal jg sih... :drinking:

Untuk handling si santi emang ok banget meskipun agak limbung, posisi duduk jg sporty...mantaff, memang sayang tp jg benci dgn kelemahan si santi ini. Kemungkinan terbesar electrical-nya fragile adalah krn bawaan mesinnya si santi ini yg hot, lebih hot dari mobil2 yg sdh pernah saya pakai...jd tidak aneh kl pada regas kabel2-nya.

Ada suggest dimana tempat untuk peremajaan kabel2 yg bagus kualitasnya & jg berpengalaman? Apakah harus ke bengkel specialis mitsu? Blom tny sih ke bengkel tempat PnP secara itu bengkel kebanyakan selalu penuh dengan modifikasi yg berat2... :shrug: :thanks:
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

benzz89 wrote:Memang sudah menjadi kelemahan si santi yaitu electrically system-nya yg lebih "fragile" alias lebih gampang rapuh or durability-nya tidak sebaik dari produk2 jepun pd umum-nya...

IMHO terjadi-nya pergeseran kurva torsi pd santi bro Imsus sepertinya lebih banyak di sebabkan oleh problem pd electricity-nya jika di bandingkan dengan mechanically-nya. Secara piston baru saja di ganti + PnP jd secara mekanis seharusnya sdh "clear" tinggal sensor2-nya yg belum "di remajakan".

Demikian jg dgn santi saya yg akan menginjak kepala 8 th ini sepertinya sensor2 jg sdh waktu-nya di remajakan. Ada satu sensor yg sdh di ganti tp lupa namanya, kt mekanik Beres kl tidak di ganti mesin bisa tiba2 mati wkt lg jalan, jd yoo wiss ta ganti aja. Lumayan mahal jg sih... :drinking:

Untuk handling si santi emang ok banget meskipun agak limbung, posisi duduk jg sporty...mantaff, memang sayang tp jg benci dgn kelemahan si santi ini. Kemungkinan terbesar electrical-nya fragile adalah krn bawaan mesinnya si santi ini yg hot, lebih hot dari mobil2 yg sdh pernah saya pakai...jd tidak aneh kl pada regas kabel2-nya.

Ada suggest dimana tempat untuk peremajaan kabel2 yg bagus kualitasnya & jg berpengalaman? Apakah harus ke bengkel specialis mitsu? Blom tny sih ke bengkel tempat PnP secara itu bengkel kebanyakan selalu penuh dengan modifikasi yg berat2... :shrug: :thanks:

Bro Benzz mungkin yang dimaksud CKP ( Crankshaft position sensor ) kali ya...??
memang kalo sensor ini masalah/brekele....sisanti kalo dinyalain ga bakalan bisa nyala deh.

Untuk mengatasi kabel2 yang meneras/ deteroited...kalo santi saya sih semua kabel yg ada diruang mesin sudah diisolasi ulang dengan :
1. isolasi dari kain setelah itu
2. isolasi karet dan kemudian
3. flexible conduit/pembungkus kabel diganti dengan yang baru
penerjaan utuk semua ini saya kerjain sendiri ....beli isolasi karet + isolasi kainnya di AH lippo karawaci dan flexible conduitnya beli di jl. kisamaun....untuk ukurannya saya lupa tuh....tapi yang pasti gantinya ke yang lebih besar ....karena udah dibungkus dengan isolasi tambahan.

minggu kemaren saya juga pasang bounding/ grounding cable di 5 titik utama :
1. body mobil
2. ac/compressor
3. engine depan
4. engine belakang
5. dynamo ampare
tapi saya belum menemukan ECUnya ada dimana....mungkin dibawah steer kali ya....???
lagian kabelnya keburu habis....oh ya saya pake kabel yg ukuran 4mm sq.....!!

Hasil dari pemasangan isolasi dan bounding kabel...memang ngak terasa secara langsung...karena mungkin sebelumnya saya ngak merasakan sesuatu yg aneh di santi tercinta....hehehe

:big_smoking: :e-dance:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

wah...such a usefull info pak kuruma, :off_good_job: :thanks:

sepertinya perlu dicoba juga di santi saya, maklum, mungkin kondisinya sudah serupa ma santi bro benzz

btw, ECU nya emang dikabin (sepertinya emang dibawah setir juga :mrgreen: )
secara kalo lagi servis, pak mekanik selalu colokkin OBD2 scannernya ke colokkan yg menjulur dari bawah kolom setir, entah itu ECU ada disitu ato cuman colokkan/socket kabelnya aja, ga tahu pasti sih :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

@ bro Kuruma: thanks for the info, tp menurut saya justru kabel2 yg sdh kemakan usia rasanya percuma kalau cuma di ganti bungkus-nya doang...secara usia memang tidak bisa berbohong bro. Kl mau siip sepertinya memang harus di "remajakan" alias di ganti yg baru...IMHO yg bro :mrgreen: Nah setelah itu baru deh di bungkus se-rapat2-nya spy tidak kena panas-nya mesin si santi ini :e-whistle: Di santi sy jg sdh pasang ground calbe merek XCS bro, rasanya sih tidak terlalu efek, hanya usia aki jd lumayan panjang aja.

@ Bro Imsus: ECU si santi terletak persis di bawah centre cluster, krn wkt pasang module sy liat sendiri wkt instalasi-nya. Jadi kl air (banjir) sampai masuk kabin jgn lewat sampai ketinggian centre cluster ini bro...koit deh tuh si santi :mrgreen: Kl secara ketinggian sepertinya posisi air intake masih lebih tinggi di bandingkan dgn posisi ECU ini. Selang air intake jg model leher angsa jd kalau-pun sampai terhisap air (sedikit) masih bs tertolong tuh nyawa si santi. Asal jgn kebanyakan aja... kesedot jg tuh air ke mesin :mrgreen:

So far sih masih cukup puas dgn FC si santi secara rata2 dapat 1:7,5 (50% dalkot; 50% tol), 1:9,5 (25% dalkot; 75% tol) & 1:11,5/12,0 (100% tol) shell super extra. Bgm dgn santiers yg lain?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote:@ bro Kuruma: thanks for the info, tp menurut saya justru kabel2 yg sdh kemakan usia rasanya percuma kalau cuma di ganti bungkus-nya doang...secara usia memang tidak bisa berbohong bro. Kl mau siip sepertinya memang harus di "remajakan" alias di ganti yg baru...IMHO yg bro :mrgreen: Nah setelah itu baru deh di bungkus se-rapat2-nya spy tidak kena panas-nya mesin si santi ini :e-whistle: Di santi sy jg sdh pasang ground calbe merek XCS bro, rasanya sih tidak terlalu efek, hanya usia aki jd lumayan panjang aja.

@ Bro Imsus: ECU si santi terletak persis di bawah centre cluster, krn wkt pasang module sy liat sendiri wkt instalasi-nya. Jadi kl air (banjir) sampai masuk kabin jgn lewat sampai ketinggian centre cluster ini bro...koit deh tuh si santi :mrgreen: Kl secara ketinggian sepertinya posisi air intake masih lebih tinggi di bandingkan dgn posisi ECU ini. Selang air intake jg model leher angsa jd kalau-pun sampai terhisap air (sedikit) masih bs tertolong tuh nyawa si santi. Asal jgn kebanyakan aja... kesedot jg tuh air ke mesin :mrgreen:

So far sih masih cukup puas dgn FC si santi secara rata2 dapat 1:7,5 (50% dalkot; 50% tol), 1:9,5 (25% dalkot; 75% tol) & 1:11,5/12,0 (100% tol) shell super extra. Bgm dgn santiers yg lain?
bisa jadi letaknya memang disitu bro benzz, secara saya ga lihat langsung barangnya, hanya saya lihat mekanik kalo lagi cek, OBD2 ato laptopnya dicolokkin ke socket bawah kolom setir
masalah FC, masih seperti dulu, santi saya nampaknya yang paling haus :shrug:
full dalam kota (stop&go parah) dapetnya 1:6, kadang malah 1:5.5...gawat :frm_bang_head:
luar kota TANPA TOL (semarang-solo-mojokerto-surabaya), jadi anggapa aja dalkot tapi lancar, bisa 1:8, semuanya pake pertamaxplus :e-doh:
entah siapa yg salah....settingan mesin ato kaki kanan saya :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Bro Kuruma, ECU Santi letaknyaada dibawah kiri centre cluster, ato dibawah tombol2 AC sebelah kiri, kl bongkar ECu harus buka cover kirinya. Tepatnya seh sebelah bawah kanan laci.
Saya udah pernah liat org Beres buka covernya.
Image
Fly Like a Bird
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

@Bro Benzz....bener ga ada pengaruh yg signifikan deh...mungkin kabel mengabelnnya masih rada bagusan dikit kali...coba kalo udh bener2 rapuh...maka pengaruh noise dan sistem pengkabelan akan sangat dominan...jadi penambahan bounding/ grounding sistem akan terasa manfaatnya...cmiiw

@Bro Imsus....selama ini kalo saya pake non subsidi....memang yahud buanget dan perbedaan konsumsi nya ada pengaruh antara subsidi dan non subsidi....tapi ya itu tadi kontrolnya pake kaki....dan dijalan suasan adem..... :e-think: :e-pray:

@Bro Andra....wah kalo disitu posisinya rada sulitan juga ya bukanya....tapi entar tak coba deh buka2 disitu kalo udh dirumah lagi..... :thanks: :cupss:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

[quote="imsus2c
entah siapa yg salah....settingan mesin ato kaki kanan saya :mrgreen:[/quote]

Salah dua2 kali bro :mrgreen: Seperti yg bro Imsus inform sebelumnya bhw setelan CO si santi dibuat lebih "rich" yaa otomatis pasti lebih boros bro, memang sih mesin jd agak lebih stabil sehingga konsekuensi-nya berimbas pd kaki kanan yg jd "kurang sopan" IMHO ya bro... :big_peace:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

andra wrote:Bro Kuruma, ECU Santi letaknyaada dibawah kiri centre cluster, ato dibawah tombol2 AC sebelah kiri, kl bongkar ECu harus buka cover kirinya. Tepatnya seh sebelah bawah kanan laci.
Saya udah pernah liat org Beres buka covernya.
Tepat sekali bro Andra...disebelah kiri centre cluster bawah atau di sebelah kanan bawah laci, secara sambungan soket2-nya memang menghadap ke arah sini jd wkt pemasangan module cover sebelah kiri ini yg di buka ( atau dua2-nya yach lupa ) :thanks:
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Cuma satu kok covernya yg dibuka, bukanya gak susah kok, yang penting sabar ngebukanya aja.
Image
Fly Like a Bird
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah kok sepi yaaaa apa pada ikut nyepi di bali gitu
aahhh pengen sundul aja tuh

bro kuruma ane kesel banget ama samsat tangerang sampe saat ini belum beres juga tuh mutasi luar daerah
kmarin katanya masih di blokir di polda knp mereka gak kasih tahu, lalu ane terpaksa buka blokir sendiri, sebelum ke polda ame minta skalian pengantar tujk tulis mutasi di bpkd, katanya mestyi balik lagi dan nunggu lagi gleeee ameeeettt tuuuhhh
abis itu nunggu lagi tuk tulis di bpkb nya
kmarin jumat kesana belum beres katanya,
jadi sudah terhitung brp hari yaaa
masuk urus tuh tgl 26 pebruari 09, skarang dah 10 mei gila betul tuh, gak tahu tuh kayak perlu tulis surat pemcaba
emang kmarin pas buka blokir sekitar 3 mnt di polda dki, abis pemilik la beli pake kredit, begitu dilunasi leasingnya gak buka tuh blokir stnknya
cuaaaaappppeeeekkkk deh
:big_peace:
rabu kamis kmarin ane pulang kampung tapi gak sempet nengok bro imsus di japanan, abis waktunya mepet nyuri2 waktu di sela2 rapat di SBY
:big_smoking:
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Sepi banget neh, pada kemana yah ? :big_smoking:
Image
Fly Like a Bird
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

absen dulu....

baru malam ini pegang komputer+internetan, dari rabu minggu kemarin ada tugas luar kota, :drinking:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking