Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
yanuarra wrote: Sat Apr 15, 2023 15:00
Hari ini ganti sobleker depan....
Persiapan... Copotin cowl duluu
IMG20230415083526.jpg
Karet supportnya yg lama udah cemet... Kita ganti juga
IMG_20230415_105432.jpg
Sdh terpasang tinggal kencengin bawah - atas
IMG_20230415_215912.jpg
Penasaran nie mbah, itu ngencengin baut dudukan shock depan pake TW segala, emang tau yaa brp torsi anjurannya?? Perasaan di manual book gda selengkap itu dehh penjelasannya
yanuarra wrote: Sat Apr 15, 2023 15:00
Hari ini ganti sobleker depan....
Persiapan... Copotin cowl duluu
IMG20230415083526.jpg
Karet supportnya yg lama udah cemet... Kita ganti juga
IMG_20230415_105432.jpg
Sdh terpasang tinggal kencengin bawah - atas
IMG_20230415_215912.jpg
Penasaran nie mbah, itu ngencengin baut dudukan shock depan pake TW segala, emang tau yaa brp torsi anjurannya?? Perasaan di manual book gda selengkap itu dehh penjelasannya
Iya pake TW karena tau persisnya mbah
ada kok di manual servicenya....
klo ga salah manual book = owner manual yah? Kalo iya brti ya bener ga lengkap. Soalnya isinya kan cuma perawatan sehari2 aja..
omnyanaira wrote: Tue May 30, 2023 13:49
Penasaran nie mbah, itu ngencengin baut dudukan shock depan pake TW segala, emang tau yaa brp torsi anjurannya?? Perasaan di manual book gda selengkap itu dehh penjelasannya
trus kalo ga pake alat ukur bernama torq wrench pakenya apa?
bagimana bisa tau tingkat kekencangan yg pas sesuai rekomen pabrik?
baut dudukan shock ada lebih dari 1, yakin tingkat kekencangan semua baut/murnya sama persis 1 dengan lainnya?
di part sebelum²nya sudah dijelaskan detail oleh guru saya, carilah Factory Service Manual atau Service Manual. apa yang ditanya, terjawap di FSM/Service Manual.
yanuarra wrote: Sat Apr 15, 2023 15:00
Hari ini ganti sobleker depan....
Persiapan... Copotin cowl duluu
IMG20230415083526.jpg
Karet supportnya yg lama udah cemet... Kita ganti juga
IMG_20230415_105432.jpg
Sdh terpasang tinggal kencengin bawah - atas
IMG_20230415_215912.jpg
Penasaran nie mbah, itu ngencengin baut dudukan shock depan pake TW segala, emang tau yaa brp torsi anjurannya?? Perasaan di manual book gda selengkap itu dehh penjelasannya
Om, kudu post hentul dulu sebiji disini spy bisa resmi dipanggil si Mbah
kl mau tau lebih detail mengenai nilai torsi setiap baut yg ada di mobil?
om kudu baca thread ini dari part 1 sampai skrg...
nanti bisa dibantu sama Suhu Aing aka alias Om COO @yanuarra u pemilihan hentul sesuai kualitas tp tidak merusak kantong belanja Bu Menkeu
Termasuk tips dan trik proses shipment yang aman dan nyaman dari radar pengawas udara di rumah
yanuarra wrote: Sat Apr 15, 2023 15:00
Hari ini ganti sobleker depan....
Persiapan... Copotin cowl duluu
IMG20230415083526.jpg
Karet supportnya yg lama udah cemet... Kita ganti juga
IMG_20230415_105432.jpg
Sdh terpasang tinggal kencengin bawah - atas
IMG_20230415_215912.jpg
Penasaran nie mbah, itu ngencengin baut dudukan shock depan pake TW segala, emang tau yaa brp torsi anjurannya?? Perasaan di manual book gda selengkap itu dehh penjelasannya
Om, kudu post hentul dulu sebiji disini spy bisa resmi dipanggil si Mbah
kl mau tau lebih detail mengenai nilai torsi setiap baut yg ada di mobil?
om kudu baca thread ini dari part 1 sampai skrg...
nanti bisa dibantu sama Suhu Aing aka alias Om COO @yanuarra u pemilihan hentul sesuai kualitas tp tidak merusak kantong belanja Bu Menkeu
Termasuk tips dan trik proses shipment yang aman dan nyaman dari radar pengawas udara di rumah
mbahh
klo air traffic controller selalu ada di rumah gimanaa?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Penasaran nie mbah, itu ngencengin baut dudukan shock depan pake TW segala, emang tau yaa brp torsi anjurannya?? Perasaan di manual book gda selengkap itu dehh penjelasannya
[/quote]
Iya pake TW karena tau persisnya mbah
ada kok di manual servicenya....
klo ga salah manual book = owner manual yah? Kalo iya brti ya bener ga lengkap. Soalnya isinya kan cuma perawatan sehari2 aja..
[/quote]
Iyaa di owner manual/manual book mobil yg skrg (XP) parah kga lengkap blast, kalah sama manual book mobil sebelumnya (Ertiga). Bahkan utk pengencangan torsi busi XP ga tercantum di manual book. Masa musti pake kira2 seh. Kan beda tenaga pengencangan nya abis makan sama sebelum makan
Kalo berkenan minta link seller yg jual FSM buat mobil xpander dong om
omnyanaira wrote: Tue May 30, 2023 13:49
Penasaran nie mbah, itu ngencengin baut dudukan shock depan pake TW segala, emang tau yaa brp torsi anjurannya?? Perasaan di manual book gda selengkap itu dehh penjelasannya
trus kalo ga pake alat ukur bernama torq wrench pakenya apa?
bagimana bisa tau tingkat kekencangan yg pas sesuai rekomen pabrik?
baut dudukan shock ada lebih dari 1, yakin tingkat kekencangan semua baut/murnya sama persis 1 dengan lainnya?
di part sebelum²nya sudah dijelaskan detail oleh guru saya, carilah Factory Service Manual atau Service Manual. apa yang ditanya, terjawap di FSM/Service Manual.
Yaa gitu dehh mbah. Pake kira2 aja kayak montir bengkel pada umumnya
Saya tau nya torsi buat ngencengin baut roda mobil kisaran 100-110 NM pke kunci torsi sellery
Pengennya sih beli FSM sesuai mobil nya Mbah cm blom tau seller yg rekomend
Biarpun saya bukan montir atau pemilik bengkel, cm seneng aja bisa ngerjain DIY mobil sendiri
omnyanaira wrote: Wed May 31, 2023 12:57
Yaa gitu dehh mbah. Pake kira2 aja kayak montir bengkel pada umumnya
Saya tau nya torsi buat ngencengin baut roda mobil kisaran 100-110 NM pke kunci torsi sellery
Pengennya sih beli FSM sesuai mobil nya Mbah cm blom tau seller yg rekomend
Biarpun saya bukan montir atau pemilik bengkel, cm seneng aja bisa ngerjain DIY mobil sendiri
yg pertama, saya nggak pantes dipanggil "mbah" krn saya ga punya ilmu apa2.
yg kedua, bisa gugling mengenai FSM atau Service Manual atau Manual Workshop. setau saya banyak yg gratisan ga perlu beli asalkan sabar mencari.
Iyaa di owner manual/manual book mobil yg skrg (XP) parah kga lengkap blast, kalah sama manual book mobil sebelumnya (Ertiga). Bahkan utk pengencangan torsi busi XP ga tercantum di manual book. Masa musti pake kira2 seh. Kan beda tenaga pengencangan nya abis makan sama sebelum makan
Kalo berkenan minta link seller yg jual FSM buat mobil xpander dong om
Buat dapat FSM bisa dicoba:
1. Googling cari PDFnya.
2. Search di tokped
Kira2 begitu om. Kalau link saya engga punya.. soalnya engga punya mobilnya jg..jd ga pernah cari..hehehe
yanuarra wrote: Mon May 29, 2023 8:29
Nubi habis ganti paking seal head cover, krn ada bocor di blkg. Klo ga dicari2 ya ga ketauan soale tersembunyi di blkg
IMG20230528080146.jpg
IMG20230528163919.jpg
mbah, klo ada yg ngepos jeroan bgitu di ldic pasti dibilang tambang emas..
sebenernya, begitu bagus ga ya? soalnya pasti rame.. ada yg blg bagus, karena pelumasnya nempel..
ada yg blg jelek, karena deterjennya kurang...
*ini nanya beneran..
yanuarra wrote: Mon May 29, 2023 8:29
Nubi habis ganti paking seal head cover, krn ada bocor di blkg. Klo ga dicari2 ya ga ketauan soale tersembunyi di blkg
IMG20230528080146.jpg
IMG20230528163919.jpg
mbah, klo ada yg ngepos jeroan bgitu di ldic pasti dibilang tambang emas..
sebenernya, begitu bagus ga ya? soalnya pasti rame.. ada yg blg bagus, karena pelumasnya nempel..
ada yg blg jelek, karena deterjennya kurang...
*ini nanya beneran..
Tambang emas itu mksdnya varnish.. Varnish itu lapisan tipis yg kebentuk krn olinya udah teroksidasi (oli sudah end of life tp masih dipake/telat ganti oli)..atau mgkin ada kontaminasi.. ada hubungannya jg sama suhu panas.. sebab lebih jelasnya krn apa mgkin bisa ditanyain di trit oli..hehe
Varnish ini sepengalaman nubi engga bisa dikerok yah krn ukurannya micron gitu sprtinya yah. Jd dia melekat, seperti logam di cat gold
Sebenernya engga bagus jg krn normalnya di mesin ga ada varnish. Nah reason ga bagusnya krn apa? Atau mengakibatkan apa? nah itu jg musti ditanyain di trit oli buat lebih jelasnya
Kalo menurut nubi sieh masih engga apa2 sepanjang enggak kebentuk sludge (lumpur oli). Varnish engga mengganggu perjalanan jg. Atau varnishnya di logam yg ga bergesekan.. ya engga efek knp2 jg di perjalanan..
Cuma ya varnish ini jd warning jg supaya jgn smpe kebentuk sludge kedepannya. Misal oci kita selama ini 10k.. yaa baiknya kurangi.. misal 5000-7000 aja..
Abis ganti door lock, setelah diagnosa/tebak2an. akakaka. nyari sparepart aslinya blm nemu, nemu yg kw. Tancapin aja dah. eh jalan, puji tuhan . Lumayan dpt point buat pembelian hentul lainnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra wrote: Mon May 29, 2023 8:29
Nubi habis ganti paking seal head cover, krn ada bocor di blkg. Klo ga dicari2 ya ga ketauan soale tersembunyi di blkg
IMG20230528080146.jpg
IMG20230528163919.jpg
mbah, klo ada yg ngepos jeroan bgitu di ldic pasti dibilang tambang emas..
sebenernya, begitu bagus ga ya? soalnya pasti rame.. ada yg blg bagus, karena pelumasnya nempel..
ada yg blg jelek, karena deterjennya kurang...
*ini nanya beneran..
Tambang emas itu mksdnya varnish.. Varnish itu lapisan tipis yg kebentuk krn olinya udah teroksidasi (oli sudah end of life tp masih dipake/telat ganti oli)..atau mgkin ada kontaminasi.. ada hubungannya jg sama suhu panas.. sebab lebih jelasnya krn apa mgkin bisa ditanyain di trit oli..hehe
Varnish ini sepengalaman nubi engga bisa dikerok yah krn ukurannya micron gitu sprtinya yah. Jd dia melekat, seperti logam di cat gold
Sebenernya engga bagus jg krn normalnya di mesin ga ada varnish. Nah reason ga bagusnya krn apa? Atau mengakibatkan apa? nah itu jg musti ditanyain di trit oli buat lebih jelasnya
Kalo menurut nubi sieh masih engga apa2 sepanjang enggak kebentuk sludge (lumpur oli). Varnish engga mengganggu perjalanan jg. Atau varnishnya di logam yg ga bergesekan.. ya engga efek knp2 jg di perjalanan..
Cuma ya varnish ini jd warning jg supaya jgn smpe kebentuk sludge kedepannya. Misal oci kita selama ini 10k.. yaa baiknya kurangi.. misal 5000-7000 aja..
Varnish ini klo dibiarkan, bahaya buat mesin.
Karena itu bukan cuman tambang emas yg bikin warna daleman mesin jadi keren, tp... itu lapisan tipis dan "lengket"
Varnish bisa bikin:
- korosi
- seal mesin rusak
- nyumbat filter oli
- bikin kerja mesin berat; karena klo udh timbul varnish, artinya di bagian bawah mesin (crankshaft, ring seher, dan bearing yg ada) mulai timbul sludge dan lengket.... Akibatnya bikin beban mesin nambah, dan biasanya ditandai suara ngelitik walau pakai bbm apapun.
- dan efek berantai
Klo udh varnish,
1. pakai oli full sintetis atau oli diesel kelas 150rb and up, dan masa gantinya diperpendek per 2-3rb KM + ganti filter oli tiap ganti oli
2. Lakukan sampai 3-4x ganti oli, dan cek lg apakah varnish berkurang? + test lab untuk ngecek engine wear nya seberapa parah
Varnish itu klo dibiarkan bs jadi kanker stadium 1 buat mesin
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mbah, klo ada yg ngepos jeroan bgitu di ldic pasti dibilang tambang emas..
sebenernya, begitu bagus ga ya? soalnya pasti rame.. ada yg blg bagus, karena pelumasnya nempel..
ada yg blg jelek, karena deterjennya kurang...
*ini nanya beneran..
Tambang emas itu mksdnya varnish.. Varnish itu lapisan tipis yg kebentuk krn olinya udah teroksidasi (oli sudah end of life tp masih dipake/telat ganti oli)..atau mgkin ada kontaminasi.. ada hubungannya jg sama suhu panas.. sebab lebih jelasnya krn apa mgkin bisa ditanyain di trit oli..hehe
Varnish ini sepengalaman nubi engga bisa dikerok yah krn ukurannya micron gitu sprtinya yah. Jd dia melekat, seperti logam di cat gold
Sebenernya engga bagus jg krn normalnya di mesin ga ada varnish. Nah reason ga bagusnya krn apa? Atau mengakibatkan apa? nah itu jg musti ditanyain di trit oli buat lebih jelasnya
Kalo menurut nubi sieh masih engga apa2 sepanjang enggak kebentuk sludge (lumpur oli). Varnish engga mengganggu perjalanan jg. Atau varnishnya di logam yg ga bergesekan.. ya engga efek knp2 jg di perjalanan..
Cuma ya varnish ini jd warning jg supaya jgn smpe kebentuk sludge kedepannya. Misal oci kita selama ini 10k.. yaa baiknya kurangi.. misal 5000-7000 aja..