wolverine wrote:Salam kenal... setelah sekian lama baca-baca sampe page 45 ini, saya tertarik juga untuk memboyong ruby, biar jadi saudara barunya pulsar 200 saya.
sekalian mau nanya-nanya sedikit nih...
1. setiap motor pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Kalo kekurangan dari ruby ini apa aja sih mas bro? dan cara tisipasinya.
2. ban blkg max 135 ya? klo ban dpan max 120? diameternya brp?
3. tipe rantai ruby apa? 428h atau 520 o-ring atau apa?
4. olinya pake 1,4 liter ya? tingkat kekentalannya pake yg brp?
5. FC-nya rata-rata berapa? kalo pake premium masih aman kan?
6. tipe lampu/bohlam depan dan foglampnya apa?
7. berapa lama garansi mesin dan kelistrikannya?
8. kalo ganti knalpot freeflow adaresiko ke mesin gak? bagusnya ganti knalpot setelah brp km?
waduh.. jadi banyak ya pertanyaannya... hehehe...
-salam-
Silahkan Oom Wongcilik bantu jawab..
Sampai saat ini kilometer saya baru 50 miles, dan inilah pendapat pribadi saya. tidak ada yang ditutup-tutupi dan tidak ada yang dilebih-lebihkan. semua apa adanya
1. Kekurangan dan antisipasinya
-Mesin agak kasar: ganti oli yang bagus, maaf saya gak bisa nyebut merek karena itu menjadi pilihan masing2.
-Klo Ganti perseneling bunyi jledak-jleduk sampai rante menyentuh penutup rantai: saya minta tolong di setel aja sama mekaniknya supaya tidak jledak-jleduk lagi, rante juga agak dikencengin, setelan stut kopling dimaenin.
-Busa jok depan terlalu tipis dan busa jok belakang tebal tapi keras: ketempat tukang jok, ganti busa, ganti kulit, bentuk ulang sesuai keinginan.
-Shockbreker bikin klenger: Istri saya kapok dibonceng bro (saya 55kg, istri 50kg total beban 105kg masih keras juga). Sudah coba setel ke 2 tingkat di atas batas terendah tapi masih kurang enak. Nah yang ini bro wolverine bantu saya dunk cari in punya pulsar p200, hehehe..
-Jarum speedo bergerak tidak mulus: itu mah bisa jadi gigi nanas atas atau bawahnya ato kabel nya bermasalah, cek aja dulu, gompal ganti baru, pan masih waranti.
-tombol sein kiri dengan klakson bikin bingung: ini terjadi pada, karena saya selalu salah antara mau ngelakson malah mencet sein kiri: biasakan diri saja, lama2 juga biasa.
-tidak ada steker on/off lampu, lampu senja, foglamp: semua lampu utama, senja, foglamp langsung nyala ketika konci kontak di posisi ON. untuk yang ini bisa dimodif pengkabelan nya. rata-rata memanfaatkan steker engine cut off untuk menangani hal ini.
-suara knalpot terlalu sopan: bisa bobok atau bikin custom. after market? belum ada sayang...
-penunjuk isi bensin: nah lhoo.. ini nih gak ada. posisikan kran bensin ke bawah. kalo keatas itu RES (RESERVED untuk EMERGENCY, biasanya bisa dapet 10 kiloan buat nyari POM tapi aku belum ngalami sih.)
-rem depan kurang pakem: kata bro wongcilik ganti pake punya supra 125.
-Sidebag bawaan terlalu gothic, banyak paku-paku nya: Yaah.. itu mah masalah selera, copot aja kalo gak suka, ato bikin baru seperti punya bro Anggi.
-selalu diperhatikan orang pas lagi nyuci ditempat steam: Mas, punya dongkrak? Nggak mbak.. Kalo nomor HP pasti punya khaan?
2. pass
3. pass
4. Oli pakai 1400cc karena di mesin ada tandanya. Walaupun di buku panduan menyebut 1000cc tapi tetep pastikan oli berada sejajar garis atas, atau diantara garis atas dan garis bawah. kekentalan setau saya 20/50.
5. FC apa ya mas? Saya full tank pake PERTAMAX karena males ikutan antri PREMIUM. Tapi pake PREMIUM sih cukup kok. Konsumsi BBM belum itung karena sejak pertama datang aku kasih full tank belum habis-habis sampai sekarang (50miles). Oh iya, ati-ati kalo full tank karena bentuk tangki membulat dan tutup tanki tidak berada di posisi top (agak kebawah jadi nyisa'in ruang buat udara).
6. Tipe lampu, bohlam biasa, gak ngerti istilahnya apa. Head lamp katanya 35/35. Fog Lamp belum liat lagi.
7. Garansi? Kalo liat di buku ada kupon sampe 12 bulan. Saya rasa sih kembali ke after sales masing-masing dealer lah. Contoh nya CS Motor Jakarta (Pak Yakub) itu sangat welcome sekali kalo kita ada masalah (maaf bukan promosi). Bahkan ada yang pernah bermasalah langsung dipinjamkan sparepartnya, sedangkan sparepart yang bermasalah langsung dibawa ke pabrik buat di perbaiki/diganti.
8. Humm.. ada yang berpendapat, kalo masih masa inreyen jangan ganti knalpot diluar spek dulu. Saya sependapat dengan ini. Tapi dasar bandel, tetep aja saya pasang tuh knalpot racun buatan magetan, huehehehe..
Mohon maaf sekali yang sebesar-besarnya bila ada yang salah, tapi itulah pengalaman saya. Cuma sharing saja kok. Masalah pendapat saya ini menjadi bahan pertimbangan calon pemilik ruby ya monggo saja.
Mariiii...
