azu wrote: Sun May 18, 2025 15:27
Oiya baru inget Vios NCP93 kalau abis cabut aki dia langsamnya turun ke 500an RPM, dipakai jalan 15menitan baru normal langsamnya

berarti itu idle learning manual ya? Soalnya di FSMnya ga ada penjelasan mengenai idle learning
makanya saya kalau lepas TB Vios utk dibersihin ga pernah cabut aki biar ga usah idle learning
Kalau di Nav1 sih cukup cabut fuse EFI MAIN dan ETCS minimal semenit, kemudian cek di scanner saat pedal gas diinjak full bacaannya diatas 60%. Biasanya langsung normal itu langsamnya ga kaya di Vios
di Nav1 ini kalau copot TB dalam kondisi negatif aki ga dicabut, malah abis dipasang itu stasionernya bisa di 1200-1500RPM meskipun kondisi mesin panas juga. Tapi setelah cabut fuse yg disebut di atas, langsung normal itu langsamnya
toyota, sepengalaman saya selama ini, biasa rpm nyangkut diatas 1200.
solusinya, lepas negatif aki, tunggu beberapa menit, pasang lg, tunggu beberapa menit lalu nyalakan kontak (koeo alias key on engine off), injak pedal gas sampai mentok perlahan lalu lepas perlahan, start mesin.
ada yg berhasil, ada yg musti beberapa kali proses, ada juga yg ga berhasil.
honda, reset manualnya juga musti lepas kabel negatif dan tunggu bbrp menit lalu pasang lagi.
setelah itu kontak, pastikan ac radio lampu² mati, start mesin dan tahan rpm di 2500 sampai kipas radiator nyala.
kalau sudah nyala, tahan dulu rpm beberapa menit lalu lepas pedal gas, biarin idle sampe kipas radiator nyala lagi.
ada yg langsung berhasil. ada yg musti ulang.
nissan, saya nggak inget dan nggak mau inget krn kombinasi antara on-off kontak dengan injek² pedal gas.
honda sama toyota untung²an pak. ada yg musti relearn tb, ada juga yg ngga perlu relearn.