Koleksi hand tools [Part 13]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11819
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sun May 18, 2025 10:23
azu wrote: Sun May 18, 2025 9:49
Yg perlu reset TB/idle learning tuh mobil apa aja ya mbah? Kalo jepangan yg saya tau sih Honda ya


honda, nissan, toyota sejauh ini yg saya tau.

sebetulnya bisa idle learning tanpa scanner dan tutorialnya banyak di yutup, tp menurut saya pribadi, repot lah cara² kaya gitu.
kl di scanner ngana TB sdh kelar learning vs belum dilearning kebaca ngga?
di scanner sy ada tandanya (honda. kl merk lain belom coba). itupun setelah scanner di update software nya.

kenapa sy tanya. ya utk menjawab pertanyaan jij di japri. :big_grin:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11904
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sun May 18, 2025 12:22

kl di scanner ngana TB sdh kelar learning vs belum dilearning kebaca ngga?
di scanner sy ada tandanya (honda. kl merk lain belom coba). itupun setelah scanner di update software nya.

kenapa sy tanya. ya utk menjawab pertanyaan jij di japri. :big_grin:


ngga ada.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11819
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sun May 18, 2025 13:12
Omnibus wrote: Sun May 18, 2025 12:22

kl di scanner ngana TB sdh kelar learning vs belum dilearning kebaca ngga?
di scanner sy ada tandanya (honda. kl merk lain belom coba). itupun setelah scanner di update software nya.

kenapa sy tanya. ya utk menjawab pertanyaan jij di japri. :big_grin:


ngga ada.
ada kali ah. masa ga ada.

belom ketemu aja. bulan depan lah ketemunya. :mky_03:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1117
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by azu »

marmut wrote: Sun May 18, 2025 10:23
azu wrote: Sun May 18, 2025 9:49
Yg perlu reset TB/idle learning tuh mobil apa aja ya mbah? Kalo jepangan yg saya tau sih Honda ya


honda, nissan, toyota sejauh ini yg saya tau.

sebetulnya bisa idle learning tanpa scanner dan tutorialnya banyak di yutup, tp menurut saya pribadi, repot lah cara² kaya gitu.
Oiya baru inget Vios NCP93 kalau abis cabut aki dia langsamnya turun ke 500an RPM, dipakai jalan 15menitan baru normal langsamnya :mky_01: berarti itu idle learning manual ya? Soalnya di FSMnya ga ada penjelasan mengenai idle learning :mky_01:

makanya saya kalau lepas TB Vios utk dibersihin ga pernah cabut aki biar ga usah idle learning :ungg:


Kalau di Nav1 sih cukup cabut fuse EFI MAIN dan ETCS minimal semenit, kemudian cek di scanner saat pedal gas diinjak full bacaannya diatas 60%. Biasanya langsung normal itu langsamnya ga kaya di Vios :mky_01:

di Nav1 ini kalau copot TB dalam kondisi negatif aki ga dicabut, malah abis dipasang itu stasionernya bisa di 1200-1500RPM meskipun kondisi mesin panas juga. Tapi setelah cabut fuse yg disebut di atas, langsung normal itu langsamnya :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11904
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sun May 18, 2025 14:31

ada kali ah. masa ga ada.

belom ketemu aja. bulan depan lah ketemunya. :mky_03:




ma'lum amatiran kang.... nyolok aja masih suka terbalik.

:mky_01:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11904
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

azu wrote: Sun May 18, 2025 15:27

Oiya baru inget Vios NCP93 kalau abis cabut aki dia langsamnya turun ke 500an RPM, dipakai jalan 15menitan baru normal langsamnya :mky_01: berarti itu idle learning manual ya? Soalnya di FSMnya ga ada penjelasan mengenai idle learning :mky_01:

makanya saya kalau lepas TB Vios utk dibersihin ga pernah cabut aki biar ga usah idle learning :ungg:


Kalau di Nav1 sih cukup cabut fuse EFI MAIN dan ETCS minimal semenit, kemudian cek di scanner saat pedal gas diinjak full bacaannya diatas 60%. Biasanya langsung normal itu langsamnya ga kaya di Vios :mky_01:

di Nav1 ini kalau copot TB dalam kondisi negatif aki ga dicabut, malah abis dipasang itu stasionernya bisa di 1200-1500RPM meskipun kondisi mesin panas juga. Tapi setelah cabut fuse yg disebut di atas, langsung normal itu langsamnya :mky_01:


toyota, sepengalaman saya selama ini, biasa rpm nyangkut diatas 1200.
solusinya, lepas negatif aki, tunggu beberapa menit, pasang lg, tunggu beberapa menit lalu nyalakan kontak (koeo alias key on engine off), injak pedal gas sampai mentok perlahan lalu lepas perlahan, start mesin.

ada yg berhasil, ada yg musti beberapa kali proses, ada juga yg ga berhasil.

honda, reset manualnya juga musti lepas kabel negatif dan tunggu bbrp menit lalu pasang lagi.
setelah itu kontak, pastikan ac radio lampu² mati, start mesin dan tahan rpm di 2500 sampai kipas radiator nyala.
kalau sudah nyala, tahan dulu rpm beberapa menit lalu lepas pedal gas, biarin idle sampe kipas radiator nyala lagi.
ada yg langsung berhasil. ada yg musti ulang.

nissan, saya nggak inget dan nggak mau inget krn kombinasi antara on-off kontak dengan injek² pedal gas.

honda sama toyota untung²an pak. ada yg musti relearn tb, ada juga yg ngga perlu relearn.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11819
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sun May 18, 2025 15:54
Omnibus wrote: Sun May 18, 2025 14:31

ada kali ah. masa ga ada.

belom ketemu aja. bulan depan lah ketemunya. :mky_03:




ma'lum amatiran kang.... nyolok aja masih suka terbalik.

:mky_01:
jangan dong, masa ngana lupa ... wot sama doggy aja kan ga sama arah nyoloknya. emang pernah kebalik?

:mky_03:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Sun May 18, 2025 5:46
cybrid wrote: Sat May 17, 2025 2:03

Ud pernah coba scanner apa aja neh mbah?
merk Launch seinget saya modelnya banyak banget kan. Yang ini kelebihannya apa?

Saya punya Launch juga soalnya. Tp banyak modul yg ga kompatibelnya (smartcard honda jadul ga bisa diprogram salah satunya)




punya konnwei kw808, masih aktip sampe skr.
kemampuannya ya light scanning aja sama matiin c.e.l.
trus ada dongle bluetooth yg kaya gini,



Screenshot_20250518_124120.jpg



buat sambung ke aplikasi car scanner, sz viewer, sama car gauge pro.

skr udh ga kepake lg si dongle sama kw808.

kelebihan launch ini? jujurly saya cuman butuh reset TB/idle learning.



20250518_123137.jpg
20250518_123158.jpg



fitur lainnya kaya brake reset sama bleeding belum cobain.
Cobain fitur2nya mbah XD, trus kasi review di sini.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

BTW mau tanya dounk. Berhubung saya baru pegang mobil turbo (sebelomnya NA only)
Kalau sampe piping ada bocor ngeceknya gimana ya?
Ada bunyi desis pas boost, jadi agak susah buat cari posisi bocornya.
Mobi saya crv turbo. Apes banget pas tadi ngebut di mbz tiba2 DTC, pas dicek ada DTC P0299 (under boost) dan jadi ada suara desis pas mid rpm.
Thanks
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11904
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

cybrid wrote: Mon May 19, 2025 2:32 BTW mau tanya dounk. Berhubung saya baru pegang mobil turbo (sebelomnya NA only)
Kalau sampe piping ada bocor ngeceknya gimana ya?
Ada bunyi desis pas boost, jadi agak susah buat cari posisi bocornya.
Mobi saya crv turbo. Apes banget pas tadi ngebut di mbz tiba2 DTC, pas dicek ada DTC P0299 (under boost) dan jadi ada suara desis pas mid rpm.
Thanks


kalo nggak salah inget ada 3 pipa fleksibel yg di klem dan rawan lepas kalo masangnya nggak bener.

1. di sisi kanan mobil, bawahnya tabung reservoir radiator. lokasinya sempit banget dan musti sabar ngerjainnya. kalo perlu tabung reservoir digeser dulu supaya rada gampang kerjanya.
2. dibawahnya airbox 1 pipa fleksibel dari intercooler menuju TB.
3. yg nempel ke TB 1 pipa fleksibel bentuknya L pendek.

itu semua di klem (total ada 6 klem) dan musti di torsi sekitar 5-6 nm. kurang dari itu, resiko nyoplok.
dan buat yg nomer 1 ada kemungkinan musti lepas bemper buat akses ke klem yg di bawah.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Mon May 19, 2025 2:54
cybrid wrote: Mon May 19, 2025 2:32 BTW mau tanya dounk. Berhubung saya baru pegang mobil turbo (sebelomnya NA only)
Kalau sampe piping ada bocor ngeceknya gimana ya?
Ada bunyi desis pas boost, jadi agak susah buat cari posisi bocornya.
Mobi saya crv turbo. Apes banget pas tadi ngebut di mbz tiba2 DTC, pas dicek ada DTC P0299 (under boost) dan jadi ada suara desis pas mid rpm.
Thanks


kalo nggak salah inget ada 3 pipa fleksibel yg di klem dan rawan lepas kalo masangnya nggak bener.

1. di sisi kanan mobil, bawahnya tabung reservoir radiator. lokasinya sempit banget dan musti sabar ngerjainnya. kalo perlu tabung reservoir digeser dulu supaya rada gampang kerjanya.
2. dibawahnya airbox 1 pipa fleksibel dari intercooler menuju TB.
3. yg nempel ke TB 1 pipa fleksibel bentuknya L pendek.

itu semua di klem (total ada 6 klem) dan musti di torsi sekitar 5-6 nm. kurang dari itu, resiko nyoplok.
dan buat yg nomer 1 ada kemungkinan musti lepas bemper buat akses ke klem yg di bawah.
Klo sampai lepas pasti ada bunyi terus kan ya?
Ini cuma bunyi pas boostnya ud mulai isi. Lgs desis mayan kenceng di sisi kiri mobil. untuk yg posisi di atas keliatannya ga ada klem yang lepas seh. Tapi nanti coba saya kencengin ulang pake kunci momen deh.

BTW untuk pipa2 plastik uda pernah ngalamin retak? atau masalah kebanyakan cuma di hose yg ga kenceng ya?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11819
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

cybrid wrote: Mon May 19, 2025 3:02
Klo sampai lepas pasti ada bunyi terus kan ya?
Ini cuma bunyi pas boostnya ud mulai isi. Lgs desis mayan kenceng di sisi kiri mobil. untuk yg posisi di atas keliatannya ga ada klem yang lepas seh. Tapi nanti coba saya kencengin ulang pake kunci momen deh.

BTW untuk pipa2 plastik uda pernah ngalamin retak? atau masalah kebanyakan cuma di hose yg ga kenceng ya?
kl mobil berhenti digas 2000-3000 rpm ga ada bunyinya? apa ga bisa sambil dibantu gas org lain sambil dicek sepanjang piping. kl ga bisa by hand atau visual, bantu dgn asap rokok ditiupin ke tiap area, yg asapnya kedorong berarti disitu bocornya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11904
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Mon May 19, 2025 3:36

kl mobil berhenti digas 2000-3000 rpm ga ada bunyinya? apa ga bisa sambil dibantu gas org lain sambil dicek sepanjang piping. kl ga bisa by hand atau visual, bantu dgn asap rokok ditiupin ke tiap area, yg asapnya kedorong berarti disitu bocornya.


L15 turbo hanya spooling turbonya kalo transmisi masuk D.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11904
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

cybrid wrote: Mon May 19, 2025 3:02
Klo sampai lepas pasti ada bunyi terus kan ya?
Ini cuma bunyi pas boostnya ud mulai isi. Lgs desis mayan kenceng di sisi kiri mobil. untuk yg posisi di atas keliatannya ga ada klem yang lepas seh. Tapi nanti coba saya kencengin ulang pake kunci momen deh.

BTW untuk pipa2 plastik uda pernah ngalamin retak? atau masalah kebanyakan cuma di hose yg ga kenceng ya?


kalo sampe lepas ya masuk limp mode.

coba aja diperiksa dulu klem²nya.

spt yg akang guru diatas sampaiken, tes pake asap jika memungkinkan.

*kalo ada kasus gini suka ngayal punya smoke tester :big_bored:

btw coba cek selang vakum di bagian belakang intake, selangnya sebesar kelingking dan belok², itu paling sering kempot dan/ atau sobek. sering sekali kejadian.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Mon May 19, 2025 4:07
cybrid wrote: Mon May 19, 2025 3:02
Klo sampai lepas pasti ada bunyi terus kan ya?
Ini cuma bunyi pas boostnya ud mulai isi. Lgs desis mayan kenceng di sisi kiri mobil. untuk yg posisi di atas keliatannya ga ada klem yang lepas seh. Tapi nanti coba saya kencengin ulang pake kunci momen deh.

BTW untuk pipa2 plastik uda pernah ngalamin retak? atau masalah kebanyakan cuma di hose yg ga kenceng ya?


kalo sampe lepas ya masuk limp mode.

coba aja diperiksa dulu klem²nya.

spt yg akang guru diatas sampaiken, tes pake asap jika memungkinkan.

*kalo ada kasus gini suka ngayal punya smoke tester :big_bored:

btw coba cek selang vakum di bagian belakang intake, selangnya sebesar kelingking dan belok², itu paling sering kempot dan/ atau sobek. sering sekali kejadian.
Iya, saya mau coba bongkar semua pipa yg di sisi kiri ntar sorean. sambil cek retakan/sobekan. Moga2 cuma kendor seh.....
Smoke tester ga punya :big_biglaugh:
Jarang kepake klo cuma buat benerin mobil sendiri seh

Selang PCV ya? Udah saya ganti itu. Tapi pas itu kempot n sobek sama sekali ga bikin underboost.....Cuma berisik aja
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11904
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

cybrid wrote: Mon May 19, 2025 4:24
Iya, saya mau coba bongkar semua pipa yg di sisi kiri ntar sorean. sambil cek retakan/sobekan. Moga2 cuma kendor seh.....
Smoke tester ga punya :big_biglaugh:
Jarang kepake klo cuma buat benerin mobil sendiri seh

Selang PCV ya? Udah saya ganti itu. Tapi pas itu kempot n sobek sama sekali ga bikin underboost.....Cuma berisik aja



lepasin aki sama airbox biar enak.

deket rumah ada warung? rokok sebatang bisa jd "budget smoke tester".

:big_smoking:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

Omnibus wrote: Mon May 19, 2025 3:36
cybrid wrote: Mon May 19, 2025 3:02
Klo sampai lepas pasti ada bunyi terus kan ya?
Ini cuma bunyi pas boostnya ud mulai isi. Lgs desis mayan kenceng di sisi kiri mobil. untuk yg posisi di atas keliatannya ga ada klem yang lepas seh. Tapi nanti coba saya kencengin ulang pake kunci momen deh.

BTW untuk pipa2 plastik uda pernah ngalamin retak? atau masalah kebanyakan cuma di hose yg ga kenceng ya?
kl mobil berhenti digas 2000-3000 rpm ga ada bunyinya? apa ga bisa sambil dibantu gas org lain sambil dicek sepanjang piping. kl ga bisa by hand atau visual, bantu dgn asap rokok ditiupin ke tiap area, yg asapnya kedorong berarti disitu bocornya.
Sayangnya no boost klo ga masuk gigi :big_biglaugh:
Jadi zong klo cuma gas2 aja.
Ini aja baru kedengeran suara bocor pas ud mulai ngisi boostnya. Pas awal seh ngga.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Mon May 19, 2025 4:28
cybrid wrote: Mon May 19, 2025 4:24
Iya, saya mau coba bongkar semua pipa yg di sisi kiri ntar sorean. sambil cek retakan/sobekan. Moga2 cuma kendor seh.....
Smoke tester ga punya :big_biglaugh:
Jarang kepake klo cuma buat benerin mobil sendiri seh

Selang PCV ya? Udah saya ganti itu. Tapi pas itu kempot n sobek sama sekali ga bikin underboost.....Cuma berisik aja



lepasin aki sama airbox biar enak.

deket rumah ada warung? rokok sebatang bisa jd "budget smoke tester".

:big_smoking:
Airbox seh pasti dicabut. Ga susah ini.
Yang merepotkan tu bumper aja.
BTW aki ngehalangin yg masuk ke TB bukan ya? Agak lupa saya sama layoutnya

Eh tar, sori mbah, mau tanya. Itu rokok diapain ya buat cek bocornya?

Sama mau tanya, saya ada mesin fogging (Beli pas zaman covid :big_grin:)
Yang diisi pake glycerine. Ini bisa dipake/ngga ya buat cari bocor :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11904
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

cybrid wrote: Mon May 19, 2025 4:30
Airbox seh pasti dicabut. Ga susah ini.
Yang merepotkan tu bumper aja.
BTW aki ngehalangin yg masuk ke TB bukan ya? Agak lupa saya sama layoutnya

Eh tar, sori mbah, mau tanya. Itu rokok diapain ya buat cek bocornya?

Sama mau tanya, saya ada mesin fogging (Beli pas zaman covid :big_grin:)
Yang diisi pake glycerine. Ini bisa dipake/ngga ya buat cari bocor :big_biglaugh:



broer, ngana yg punya mobilnya malah ga inget. kita orang ga punya mobilnya malah inget lay out.....

:glodak:

rokok? tanya sama yg suruh noh.... akang
Omnibus
:big_biglaugh:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Mon May 19, 2025 4:49
cybrid wrote: Mon May 19, 2025 4:30
Airbox seh pasti dicabut. Ga susah ini.
Yang merepotkan tu bumper aja.
BTW aki ngehalangin yg masuk ke TB bukan ya? Agak lupa saya sama layoutnya

Eh tar, sori mbah, mau tanya. Itu rokok diapain ya buat cek bocornya?

Sama mau tanya, saya ada mesin fogging (Beli pas zaman covid :big_grin:)
Yang diisi pake glycerine. Ini bisa dipake/ngga ya buat cari bocor :big_biglaugh:



broer, ngana yg punya mobilnya malah ga inget. kita orang ga punya mobilnya malah inget lay out.....

:glodak:

rokok? tanya sama yg suruh noh.... akang
Omnibus
:big_biglaugh:
Kan saya jarang buka engine bay klo ga ada problem :big_biglaugh:
Saya lom lama pakenya jd masi lom familiar :upss:
Masalah menyebalkan yg pertama ini. Sampe keluar DTC.

Tadi sekilas saya coba pegang dari atas si selangnya masi kepegang tanpa bongkar aki.
Tapi ya baru bener2 ketauan kalau nanti ud bongkar seh :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11819
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Mon May 19, 2025 4:07 ......
*kalo ada kasus gini suka ngayal punya smoke tester :big_bored:

kan ngana punya itu bokor kemenyan. diberdayakan aja tuh :mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11819
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Mon May 19, 2025 4:49
rokok? tanya sama yg suruh noh.... akang
Omnibus
:big_biglaugh:
ya ga jadi, org ga ngeboost. hrs diakalin gmn caranya spy ngeboost pas diagnostic. kl 2gd mah aing tau cara workaround nya. idle aja ga usah digas bisa ngeboost utk diagnostic mode.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by saturday »

cybrid wrote: Mon May 19, 2025 3:02
BTW untuk pipa2 plastik uda pernah ngalamin retak? atau masalah kebanyakan cuma di hose yg ga kenceng ya?
IMG_20250519_144624.jpg
💀🥀 selang box filter udara ke throttle body.
IMG_20250519_144654.jpg
Akhir pekan iseng bypass coolant throttle body. Tujuannya supaya throttle body tidak kena panas dari coolant dengan harapan mengurangi heat soak.

Eh selang udaranya putus.

Untung ada toko spareparts Honda andalan dekat rumah yang bisa kirim parts saat itu juga...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

saturday wrote: Mon May 19, 2025 7:49
cybrid wrote: Mon May 19, 2025 3:02
BTW untuk pipa2 plastik uda pernah ngalamin retak? atau masalah kebanyakan cuma di hose yg ga kenceng ya?
IMG_20250519_144624.jpg

💀🥀 selang box filter udara ke throttle body.

IMG_20250519_144654.jpg

Akhir pekan iseng bypass coolant throttle body. Tujuannya supaya throttle body tidak kena panas dari coolant dengan harapan mengurangi heat soak.

Eh selang udaranya putus.

Untung ada toko spareparts Honda andalan dekat rumah yang bisa kirim parts saat itu juga...
Maksud saya sesama user honda 1500cc turbo seh. Soalnya pakai plastik keras + selang2 yang mayan tebel buat intake turbonya.
Penasaran saya kekuatannya segimana n paling sering bocor di mana.

Kalau yg NA emg penyakitnya itu selang filter udara ke TB langganan sobek. Cuma kalau dari pengalaman saya banyakan sobeknya di bagian nempel ke TB (pernah ngalamin di genio, crv gen 2, rb1; langganan sobek pas di bagian nempel ke TB)
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1117
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by azu »

marmut wrote: Sun May 18, 2025 16:07
azu wrote: Sun May 18, 2025 15:27

Oiya baru inget Vios NCP93 kalau abis cabut aki dia langsamnya turun ke 500an RPM, dipakai jalan 15menitan baru normal langsamnya :mky_01: berarti itu idle learning manual ya? Soalnya di FSMnya ga ada penjelasan mengenai idle learning :mky_01:

makanya saya kalau lepas TB Vios utk dibersihin ga pernah cabut aki biar ga usah idle learning :ungg:


Kalau di Nav1 sih cukup cabut fuse EFI MAIN dan ETCS minimal semenit, kemudian cek di scanner saat pedal gas diinjak full bacaannya diatas 60%. Biasanya langsung normal itu langsamnya ga kaya di Vios :mky_01:

di Nav1 ini kalau copot TB dalam kondisi negatif aki ga dicabut, malah abis dipasang itu stasionernya bisa di 1200-1500RPM meskipun kondisi mesin panas juga. Tapi setelah cabut fuse yg disebut di atas, langsung normal itu langsamnya :mky_01:


toyota, sepengalaman saya selama ini, biasa rpm nyangkut diatas 1200.
solusinya, lepas negatif aki, tunggu beberapa menit, pasang lg, tunggu beberapa menit lalu nyalakan kontak (koeo alias key on engine off), injak pedal gas sampai mentok perlahan lalu lepas perlahan, start mesin.

ada yg berhasil, ada yg musti beberapa kali proses, ada juga yg ga berhasil.

honda, reset manualnya juga musti lepas kabel negatif dan tunggu bbrp menit lalu pasang lagi.
setelah itu kontak, pastikan ac radio lampu² mati, start mesin dan tahan rpm di 2500 sampai kipas radiator nyala.
kalau sudah nyala, tahan dulu rpm beberapa menit lalu lepas pedal gas, biarin idle sampe kipas radiator nyala lagi.
ada yg langsung berhasil. ada yg musti ulang.

nissan, saya nggak inget dan nggak mau inget krn kombinasi antara on-off kontak dengan injek² pedal gas.

honda sama toyota untung²an pak. ada yg musti relearn tb, ada juga yg ngga perlu relearn.
kalo di FSM Yaris Lele yg pakai 1NZ juga malah ada itu prosedur initialization TB
Initialization TB Yaris Lele.jpg
Malah setelah cabut dan pasang aki gaboleh injek dulu pedal gas :mky_01:


untuk Nav1 karena akses GSICnya udah ga ada paling saya liat punya Rav4 yang sama2 pakai 3ZR-FAE aja
Initialization TB 3ZR.jpg
dan sama juga ternyata habis cabut fuse tidak boleh injak pedal gas


untuk Honda bener itu cara om Marmut kalau lihat di FSMnya Jazz GE
tb cleaning jazz ge.jpg
idle learn Jazz GE.jpg
cuman pegel juga ya itu injekin gas biar 3000rpm sampai kipas nyala atau ECT di 90C :mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.