Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
nicogeol wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 6:49
Halo Om semuanya,
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
UOA Oli Baru 26 Sep.JPG
UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
Kalo liat UOA terakhir, better pakai 7500km aja.
Ini shell ultra sp 0w20 kan? Bukan shell citu atau shell 0w20 versi bpjs?
Klo dr beres hyundai biasanya sih Ultra yaa
hahahah
Ultra aja gtu
apalagi bpjs nya
Kalo seri ultranya segini, makin ga worthed.
Untung awal februari sy beli q8 D1FE di sentra pelumas, sempat consider shu sp 0w20 krn harga sama 195rb perliter di Sentra..
nicogeol wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 6:49
Halo Om semuanya,
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
UOA Oli Baru 26 Sep.JPG
UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
Kalo liat UOA terakhir, better pakai 7500km aja.
Ini shell ultra sp 0w20 kan? Bukan shell citu atau shell 0w20 versi bpjs?
Nama besar yg populer pasang spanduk dimana-mana gak menjamin ya om
nicogeol wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 6:49
Halo Om semuanya,
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
UOA Oli Baru 26 Sep.JPG
UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
Kalo liat UOA terakhir, better pakai 7500km aja.
Ini shell ultra sp 0w20 kan? Bukan shell citu atau shell 0w20 versi bpjs?
Nama besar yg populer pasang spanduk dimana-mana gak menjamin ya om
Service & Marketing Promotionnya jago mbah
makanya perlu bayar lebih untuk itu dan masuk ke alam bawah sadar, jadi tersugesti "wih enak juga ya.. emang bagus"
tapi pas lihat data, not even better than produk lokal.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wondhhh wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 7:01
Halo om-om semua
Saya mau nanya mengenai oli untuk mobil saya CX5 2.5 2016, saat ini odo menunjukan 123.[cencored] km. Saat ini saya menggunakan PTT Evotec 0w-20 (non eco) yang saya ganti di 119.[cencored] km pada Januari 2024. Saya berencana untuk mengganti oli di 127.[cencored] km dan menggantinya di Toda atau Cakra motor (yang dekat dari rumah).
Saya membaca-baca dari seraya motor dan beberapa referensi dan mendapatkan beberapa pilihan untuk oli yang akan saya gunakan (budget saya <200rb/liter). Rencana saya ingin pakai 7-8.[cencored] km OCI
0W20
- stay di PTT Evotec 0w20 (so far ga ada keluhan tarikan masih aman getaran juga masih oke, tapi nanti bakal saya liat lagi pas sudah mendekati OCI)
- Motul H-Tech 0w20
- Idemitsu 0w20 (karena setau saya MGO menggunakan Idemitsu)
- TQ 9000 (harga lumayan miring, tapi saya baca beberapa oli ini termasuk oli yang berbuih, saya gatau akan berefek gimana ke mesin saya)
- Eneos SN 0w20 (harganya miring, untuk oli ini saya rencana di 6.[cencored] km interval ganti olinya)
- PTT Evotec eco (saya baca2 di thread seraya termasuk oke untuk oli eco, apakah oke di mesin 2500cc? interval 6.xxxkm)
5W30
- Liqui Moly Top Tec 5w30
- Liqui Moly Special Tec 5w30
- Q8 Special G Long Life Dexos 2
- Motul Specific 913D
- Mobil 1 5w30 Triple ACtion
- Total INEO
Kondisi mobil saat ini pada odo 119.[cencored] km tune up, bersihin katalitik, fuel pump clean, new fuel filter dan baru ganti coolant wurth. Untuk busi saya pakai Denso IXEH22TT. Bensin 95% Pertamax/BP92 (mana yang paling murah) 5% > Ron 95. Untuk rute yang saya pakai Bintaro-Depok 3-4 kali weekly 70% tol sisa non-tol dan juga 2-3 didalam interval ganti oli ke Jawa Tengah dengan kondisi mendaki dan turun gunung (daerah dieng) dengan load 2 orang dewasa dan bagasi full sampai baris kedua. Gaya bekendara saya stay di lowest rpm sebisa mungkin (<2000 RPM), paling sesekali mentokin sampe 3500 rpm buat nyalip. Kira-kira dari pilihan oli saya tersebut yang paling oke dengan kriteria saya yang mana ya? dan kalau ada oli yang menurut om-om lebih cocok dengan kriteria saya apa yaa? Terima kasih om-om semua. Maaf jika kepanjangan
Kalau budget 200rb ada Q8 om. Cek aja pake search, testimoni oli nya di page2 belakang banyak.
nicogeol wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 6:49
Halo Om semuanya,
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
UOA Oli Baru 26 Sep.JPG
UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
Kalo saya pribadi akan perpendek oci ke 6000-7000 km
nicogeol wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 6:49
Halo Om semuanya,
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
UOA Oli Baru 26 Sep.JPG
UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
ttg silikon (Si) yg agak tinggi hrs dikonsul ke bengkel yg merawat mobil itu. minta di tune up terutama ganti filter udara, cek sambungan saluran udara sampai ke throttle body (TB), dan sekalian pembersihan TB nya (kemungkinan besar sdh kotor). sebab di odo >20k km hrs melakukan itu.
nicogeol wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 6:49
Halo Om semuanya,
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
UOA Oli Baru 26 Sep.JPG
UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
ttg silikon (Si) yg agak tinggi hrs dikonsul ke bengkel yg merawat mobil itu. minta di tune up terutama ganti filter udara, cek sambungan saluran udara sampai ke throttle body (TB), dan sekalian pembersihan TB nya (kemungkinan besar sdh kotor). sebab di odo >20k km hrs melakukan itu.
Filter udaranya agak resing kayanya.
Jd agak free flow gtu mbah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: ↑Wed Apr 03, 2024 8:15
Selama pemakaian, pakai aditif RZ fuel cleaner habisin 2 botol.
klo dr hasil oil condition, better dan gak memberikan pengaruh spt waktu pakai Redline CFSC di kyukyu.
Melihat Ca nya yg tinggi, sptnya kurang cocok untuk mesin turbo bensin yaa.
Tipikal oli bensin bisa buat disel juga.
Aman buat (max) 10rb km / 1 tahun di mesin bensin dan diesel
Klo mesin diesel lbh bersahabat dgn TBN.
Suryaputra wrote: ↑Wed Apr 03, 2024 8:15
Selama pemakaian, pakai aditif RZ fuel cleaner habisin 2 botol.
klo dr hasil oil condition, better dan gak memberikan pengaruh spt waktu pakai Redline CFSC di kyukyu.
Melihat Ca nya yg tinggi, sptnya kurang cocok untuk mesin turbo bensin yaa.
Tipikal oli bensin bisa buat disel juga.
Aman buat (max) 10rb km / 1 tahun di mesin bensin dan diesel
Klo mesin diesel lbh bersahabat dgn TBN.
wondhhh wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 7:01
Halo om-om semua
Saya mau nanya mengenai oli untuk mobil saya CX5 2.5 2016, saat ini odo menunjukan 123.[cencored] km. Saat ini saya menggunakan PTT Evotec 0w-20 (non eco) yang saya ganti di 119.[cencored] km pada Januari 2024. Saya berencana untuk mengganti oli di 127.[cencored] km dan menggantinya di Toda atau Cakra motor (yang dekat dari rumah).
Saya membaca-baca dari seraya motor dan beberapa referensi dan mendapatkan beberapa pilihan untuk oli yang akan saya gunakan (budget saya <200rb/liter). Rencana saya ingin pakai 7-8.[cencored] km OCI
0W20
- stay di PTT Evotec 0w20 (so far ga ada keluhan tarikan masih aman getaran juga masih oke, tapi nanti bakal saya liat lagi pas sudah mendekati OCI)
- Motul H-Tech 0w20
- Idemitsu 0w20 (karena setau saya MGO menggunakan Idemitsu)
- TQ 9000 (harga lumayan miring, tapi saya baca beberapa oli ini termasuk oli yang berbuih, saya gatau akan berefek gimana ke mesin saya)
- Eneos SN 0w20 (harganya miring, untuk oli ini saya rencana di 6.[cencored] km interval ganti olinya)
- PTT Evotec eco (saya baca2 di thread seraya termasuk oke untuk oli eco, apakah oke di mesin 2500cc? interval 6.xxxkm)
5W30
- Liqui Moly Top Tec 5w30
- Liqui Moly Special Tec 5w30
- Q8 Special G Long Life Dexos 2
- Motul Specific 913D
- Mobil 1 5w30 Triple ACtion
- Total INEO
Kondisi mobil saat ini pada odo 119.[cencored] km tune up, bersihin katalitik, fuel pump clean, new fuel filter dan baru ganti coolant wurth. Untuk busi saya pakai Denso IXEH22TT. Bensin 95% Pertamax/BP92 (mana yang paling murah) 5% > Ron 95. Untuk rute yang saya pakai Bintaro-Depok 3-4 kali weekly 70% tol sisa non-tol dan juga 2-3 didalam interval ganti oli ke Jawa Tengah dengan kondisi mendaki dan turun gunung (daerah dieng) dengan load 2 orang dewasa dan bagasi full sampai baris kedua. Gaya bekendara saya stay di lowest rpm sebisa mungkin (<2000 RPM), paling sesekali mentokin sampe 3500 rpm buat nyalip. Kira-kira dari pilihan oli saya tersebut yang paling oke dengan kriteria saya yang mana ya? dan kalau ada oli yang menurut om-om lebih cocok dengan kriteria saya apa yaa? Terima kasih om-om semua. Maaf jika kepanjangan
Kalau budget 200rb ada Q8 om. Cek aja pake search, testimoni oli nya di page2 belakang banyak.
PTT nya gak cobain yang super synthetic?
Iya om, Q8 yang masih masuk di Q8 Special G Long Life Dexos 2. Sebenernya saya tertarik dengan oli ini karena dia dexos 2 dimana saya baca termasuk std yang oke. Tapi saya agak takut masukin 5w30 di mesin skyactiv, saya pernah si masukin w30 pas diberes simprug dan ngeliat malaysia genuine oil mereka pake Petronas Syntium 5w30. Masih oke ga ya om masukin 5w30 di mesin sky dengan pengunaan 70-30 tol (jorr) jalan raya dan sesekali long trip.
Buat PTT yang saya pake sekarang super synthetic evotec 0w20 om
wondhhh wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 7:01
Halo om-om semua
Saya mau nanya mengenai oli untuk mobil saya CX5 2.5 2016, saat ini odo menunjukan 123.[cencored] km. Saat ini saya menggunakan PTT Evotec 0w-20 (non eco) yang saya ganti di 119.[cencored] km pada Januari 2024. Saya berencana untuk mengganti oli di 127.[cencored] km dan menggantinya di Toda atau Cakra motor (yang dekat dari rumah).
Saya membaca-baca dari seraya motor dan beberapa referensi dan mendapatkan beberapa pilihan untuk oli yang akan saya gunakan (budget saya <200rb/liter). Rencana saya ingin pakai 7-8.[cencored] km OCI
0W20
- stay di PTT Evotec 0w20 (so far ga ada keluhan tarikan masih aman getaran juga masih oke, tapi nanti bakal saya liat lagi pas sudah mendekati OCI)
- Motul H-Tech 0w20
- Idemitsu 0w20 (karena setau saya MGO menggunakan Idemitsu)
- TQ 9000 (harga lumayan miring, tapi saya baca beberapa oli ini termasuk oli yang berbuih, saya gatau akan berefek gimana ke mesin saya)
- Eneos SN 0w20 (harganya miring, untuk oli ini saya rencana di 6.[cencored] km interval ganti olinya)
- PTT Evotec eco (saya baca2 di thread seraya termasuk oke untuk oli eco, apakah oke di mesin 2500cc? interval 6.xxxkm)
5W30
- Liqui Moly Top Tec 5w30
- Liqui Moly Special Tec 5w30
- Q8 Special G Long Life Dexos 2
- Motul Specific 913D
- Mobil 1 5w30 Triple ACtion
- Total INEO
Kondisi mobil saat ini pada odo 119.[cencored] km tune up, bersihin katalitik, fuel pump clean, new fuel filter dan baru ganti coolant wurth. Untuk busi saya pakai Denso IXEH22TT. Bensin 95% Pertamax/BP92 (mana yang paling murah) 5% > Ron 95. Untuk rute yang saya pakai Bintaro-Depok 3-4 kali weekly 70% tol sisa non-tol dan juga 2-3 didalam interval ganti oli ke Jawa Tengah dengan kondisi mendaki dan turun gunung (daerah dieng) dengan load 2 orang dewasa dan bagasi full sampai baris kedua. Gaya bekendara saya stay di lowest rpm sebisa mungkin (<2000 RPM), paling sesekali mentokin sampe 3500 rpm buat nyalip. Kira-kira dari pilihan oli saya tersebut yang paling oke dengan kriteria saya yang mana ya? dan kalau ada oli yang menurut om-om lebih cocok dengan kriteria saya apa yaa? Terima kasih om-om semua. Maaf jika kepanjangan
Kalau budget 200rb ada Q8 om. Cek aja pake search, testimoni oli nya di page2 belakang banyak.
PTT nya gak cobain yang super synthetic?
Iya om, Q8 yang masih masuk di Q8 Special G Long Life Dexos 2. Sebenernya saya tertarik dengan oli ini karena dia dexos 2 dimana saya baca termasuk std yang oke. Tapi saya agak takut masukin 5w30 di mesin skyactiv, saya pernah si masukin w30 pas diberes simprug dan ngeliat malaysia genuine oil mereka pake Petronas Syntium 5w30. Masih oke ga ya om masukin 5w30 di mesin sky dengan pengunaan 70-30 tol (jorr) jalan raya dan sesekali long trip.
Buat PTT yang saya pake sekarang super synthetic evotec 0w20 om
wondhhh wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 14:12
Iya om, Q8 yang masih masuk di Q8 Special G Long Life Dexos 2. Sebenernya saya tertarik dengan oli ini karena dia dexos 2 dimana saya baca termasuk std yang oke. Tapi saya agak takut masukin 5w30 di mesin skyactiv, saya pernah si masukin w30 pas diberes simprug dan ngeliat malaysia genuine oil mereka pake Petronas Syntium 5w30. Masih oke ga ya om masukin 5w30 di mesin sky dengan pengunaan 70-30 tol (jorr) jalan raya dan sesekali long trip.
Buat PTT yang saya pake sekarang super synthetic evotec 0w20 om
Budget di bawah 200rb kalo engine oil only mah pilihanya banyak bgt om...
Saya rasa kalo nyari yg dexos, dari yang paling murah kaya Acdelco (saya pernah pakai 2x waktu masih merk GMTech), Petronas syntium, Enoc (lagi pakai ini), Havoline, Adnoc star plus, bisa dipakai, Mazda skyactive pakai 5W30 saya rasa ga masalah kecuali tinggal di siberia/alaska.
Kalau budget 200rb ada Q8 om. Cek aja pake search, testimoni oli nya di page2 belakang banyak.
PTT nya gak cobain yang super synthetic?
Iya om, Q8 yang masih masuk di Q8 Special G Long Life Dexos 2. Sebenernya saya tertarik dengan oli ini karena dia dexos 2 dimana saya baca termasuk std yang oke. Tapi saya agak takut masukin 5w30 di mesin skyactiv, saya pernah si masukin w30 pas diberes simprug dan ngeliat malaysia genuine oil mereka pake Petronas Syntium 5w30. Masih oke ga ya om masukin 5w30 di mesin sky dengan pengunaan 70-30 tol (jorr) jalan raya dan sesekali long trip.
Buat PTT yang saya pake sekarang super synthetic evotec 0w20 om
wondhhh wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 14:12
Iya om, Q8 yang masih masuk di Q8 Special G Long Life Dexos 2. Sebenernya saya tertarik dengan oli ini karena dia dexos 2 dimana saya baca termasuk std yang oke. Tapi saya agak takut masukin 5w30 di mesin skyactiv, saya pernah si masukin w30 pas diberes simprug dan ngeliat malaysia genuine oil mereka pake Petronas Syntium 5w30. Masih oke ga ya om masukin 5w30 di mesin sky dengan pengunaan 70-30 tol (jorr) jalan raya dan sesekali long trip.
Buat PTT yang saya pake sekarang super synthetic evotec 0w20 om
Budget di bawah 200rb kalo engine oil only mah pilihanya banyak bgt om...
Saya rasa kalo nyari yg dexos, dari yang paling murah kaya Acdelco (saya pernah pakai 2x waktu masih merk GMTech), Petronas syntium, Enoc (lagi pakai ini), Havoline, Adnoc star plus, bisa dipakai, Mazda skyactive pakai 5W30 saya rasa ga masalah kecuali tinggal di siberia/alaska.
Iya om, Q8 yang masih masuk di Q8 Special G Long Life Dexos 2. Sebenernya saya tertarik dengan oli ini karena dia dexos 2 dimana saya baca termasuk std yang oke. Tapi saya agak takut masukin 5w30 di mesin skyactiv, saya pernah si masukin w30 pas diberes simprug dan ngeliat malaysia genuine oil mereka pake Petronas Syntium 5w30. Masih oke ga ya om masukin 5w30 di mesin sky dengan pengunaan 70-30 tol (jorr) jalan raya dan sesekali long trip.
Buat PTT yang saya pake sekarang super synthetic evotec 0w20 om
wondhhh wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 14:12
Iya om, Q8 yang masih masuk di Q8 Special G Long Life Dexos 2. Sebenernya saya tertarik dengan oli ini karena dia dexos 2 dimana saya baca termasuk std yang oke. Tapi saya agak takut masukin 5w30 di mesin skyactiv, saya pernah si masukin w30 pas diberes simprug dan ngeliat malaysia genuine oil mereka pake Petronas Syntium 5w30. Masih oke ga ya om masukin 5w30 di mesin sky dengan pengunaan 70-30 tol (jorr) jalan raya dan sesekali long trip.
Buat PTT yang saya pake sekarang super synthetic evotec 0w20 om
Budget di bawah 200rb kalo engine oil only mah pilihanya banyak bgt om...
Saya rasa kalo nyari yg dexos, dari yang paling murah kaya Acdelco (saya pernah pakai 2x waktu masih merk GMTech), Petronas syntium, Enoc (lagi pakai ini), Havoline, Adnoc star plus, bisa dipakai, Mazda skyactive pakai 5W30 saya rasa ga masalah kecuali tinggal di siberia/alaska.
Sependek yg ane baca ya, lspi itu sebenarnya belum begitu jelas penyebab utamanya, cuma salah satunya "di curigai" ada oli droplet yg masuk ke atas piston dan memicu mega detonation (lspi), selain itu ada faktor besar lain yg jg "dicurigai" yaitu soot, carbon yg membara sebelum spark, low quality fuel bahkan extream low ambient temperature.
Malah jarang d bahas apakah kandungan kalsium d oli kah yg menyebabkan nya....teori terkini skrg malah gak ada bukti bahwa calcium dlm oli main culpritnya. As long as oil droplet masuk k atas piston... potential menimbulkan lspi regardless kandungan kalsium nya. Justru Valvoline malah mengatakan klo buat mencegah lspi d rekomendasikan oli yg bisa memberikan "cool,lubricate, clean" buat cegah lspi. Ane liatnya oli2 yg bisa mencegah lspi justru oli2 yg mirip sama oli2 diesel, terutama d cleaning faktor nya. Dan 2nd rekomendasi nya suruh pake octane yg tinggi.
bener emang ambigu soal lspi. jaman dulu waktu oli masih api sj atau sl, jarang denger soal lspi (malah gak pernah denger kayaknya). padahal api service sj/sl kan seringnya high saps atau segalanya tinggi lah karena 'mengutamakan' proteksi mesin. kemudian jaman api sn/sn plus dan turbo, kok tiba2 ada istilah lspi ya..?? mungkin dulu jalan saya kurang jauh wkwkkwk
krn dulu belom lazim mesin cc kecil diturboin. cuma ada daisu charade turbo dan fiat uno turbo. lspi terjadinya di mesin spt itu. jd ruang bakar kecil tp tekanan silinder tinggi.
dulu ada mobil temen jazz yang diturboin. katanya kompresi mesin harus diturunkan dulu trus pasang turbo dan sejauh yang saya denger aman2 aja. apa karena mesin2 lspi ini karena kompresinya terlalu tinggi ya..?? tapi ya udah lah. cuma masih agak gak mudeng aja sih kok oli yang disalahin. sedangkan mesin2 turbo dulu pakai oli bukan api sp kayaknya gak pernah denger lspi. atau mungkin beda istilah kali ya
iwing wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 23:49
dulu ada mobil temen jazz yang diturboin. katanya kompresi mesin harus diturunkan dulu trus pasang turbo dan sejauh yang saya denger aman2 aja. apa karena mesin2 lspi ini karena kompresinya terlalu tinggi ya..?? tapi ya udah lah. cuma masih agak gak mudeng aja sih kok oli yang disalahin. sedangkan mesin2 turbo dulu pakai oli bukan api sp kayaknya gak pernah denger lspi. atau mungkin beda istilah kali ya
iya bener istilah baru. mungkin baru diteliti skrg penyebabnya. kl dulu taunya piston bolong dah gitu aja.
wondhhh wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 7:01
Halo om-om semua
Saya mau nanya mengenai oli untuk mobil saya CX5 2.5 2016, saat ini odo menunjukan 123.[cencored] km. Saat ini saya menggunakan PTT Evotec 0w-20 (non eco) yang saya ganti di 119.[cencored] km pada Januari 2024. Saya berencana untuk mengganti oli di 127.[cencored] km dan menggantinya di Toda atau Cakra motor (yang dekat dari rumah).
Saya membaca-baca dari seraya motor dan beberapa referensi dan mendapatkan beberapa pilihan untuk oli yang akan saya gunakan (budget saya <200rb/liter). Rencana saya ingin pakai 7-8.[cencored] km OCI
0W20
- stay di PTT Evotec 0w20 (so far ga ada keluhan tarikan masih aman getaran juga masih oke, tapi nanti bakal saya liat lagi pas sudah mendekati OCI)
- Motul H-Tech 0w20
- Idemitsu 0w20 (karena setau saya MGO menggunakan Idemitsu)
- TQ 9000 (harga lumayan miring, tapi saya baca beberapa oli ini termasuk oli yang berbuih, saya gatau akan berefek gimana ke mesin saya)
- Eneos SN 0w20 (harganya miring, untuk oli ini saya rencana di 6.[cencored] km interval ganti olinya)
- PTT Evotec eco (saya baca2 di thread seraya termasuk oke untuk oli eco, apakah oke di mesin 2500cc? interval 6.xxxkm)
5W30
- Liqui Moly Top Tec 5w30
- Liqui Moly Special Tec 5w30
- Q8 Special G Long Life Dexos 2
- Motul Specific 913D
- Mobil 1 5w30 Triple ACtion
- Total INEO
Kondisi mobil saat ini pada odo 119.[cencored] km tune up, bersihin katalitik, fuel pump clean, new fuel filter dan baru ganti coolant wurth. Untuk busi saya pakai Denso IXEH22TT. Bensin 95% Pertamax/BP92 (mana yang paling murah) 5% > Ron 95. Untuk rute yang saya pakai Bintaro-Depok 3-4 kali weekly 70% tol sisa non-tol dan juga 2-3 didalam interval ganti oli ke Jawa Tengah dengan kondisi mendaki dan turun gunung (daerah dieng) dengan load 2 orang dewasa dan bagasi full sampai baris kedua. Gaya bekendara saya stay di lowest rpm sebisa mungkin (<2000 RPM), paling sesekali mentokin sampe 3500 rpm buat nyalip. Kira-kira dari pilihan oli saya tersebut yang paling oke dengan kriteria saya yang mana ya? dan kalau ada oli yang menurut om-om lebih cocok dengan kriteria saya apa yaa? Terima kasih om-om semua. Maaf jika kepanjangan
Kalau budget 200rb ada Q8 om. Cek aja pake search, testimoni oli nya di page2 belakang banyak.
PTT nya gak cobain yang super synthetic?
Iya om, Q8 yang masih masuk di Q8 Special G Long Life Dexos 2. Sebenernya saya tertarik dengan oli ini karena dia dexos 2 dimana saya baca termasuk std yang oke. Tapi saya agak takut masukin 5w30 di mesin skyactiv, saya pernah si masukin w30 pas diberes simprug dan ngeliat malaysia genuine oil mereka pake Petronas Syntium 5w30. Masih oke ga ya om masukin 5w30 di mesin sky dengan pengunaan 70-30 tol (jorr) jalan raya dan sesekali long trip.
Buat PTT yang saya pake sekarang super synthetic evotec 0w20 om
Untuk Mazda Skyactive lebih cocok Q8 D1 kalo 5w30 , tapi lebih enak lagi sih pake Q8 D1 FE 0w20
wondhhh wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 7:01
Halo om-om semua
Saya mau nanya mengenai oli untuk mobil saya CX5 2.5 2016, saat ini odo menunjukan 123.[cencored] km. Saat ini saya menggunakan PTT Evotec 0w-20 (non eco) yang saya ganti di 119.[cencored] km pada Januari 2024. Saya berencana untuk mengganti oli di 127.[cencored] km dan menggantinya di Toda atau Cakra motor (yang dekat dari rumah).
Saya membaca-baca dari seraya motor dan beberapa referensi dan mendapatkan beberapa pilihan untuk oli yang akan saya gunakan (budget saya <200rb/liter). Rencana saya ingin pakai 7-8.[cencored] km OCI
0W20
- stay di PTT Evotec 0w20 (so far ga ada keluhan tarikan masih aman getaran juga masih oke, tapi nanti bakal saya liat lagi pas sudah mendekati OCI)
- Motul H-Tech 0w20
- Idemitsu 0w20 (karena setau saya MGO menggunakan Idemitsu)
- TQ 9000 (harga lumayan miring, tapi saya baca beberapa oli ini termasuk oli yang berbuih, saya gatau akan berefek gimana ke mesin saya)
- Eneos SN 0w20 (harganya miring, untuk oli ini saya rencana di 6.[cencored] km interval ganti olinya)
- PTT Evotec eco (saya baca2 di thread seraya termasuk oke untuk oli eco, apakah oke di mesin 2500cc? interval 6.xxxkm)
5W30
- Liqui Moly Top Tec 5w30
- Liqui Moly Special Tec 5w30
- Q8 Special G Long Life Dexos 2
- Motul Specific 913D
- Mobil 1 5w30 Triple ACtion
- Total INEO
Kondisi mobil saat ini pada odo 119.[cencored] km tune up, bersihin katalitik, fuel pump clean, new fuel filter dan baru ganti coolant wurth. Untuk busi saya pakai Denso IXEH22TT. Bensin 95% Pertamax/BP92 (mana yang paling murah) 5% > Ron 95. Untuk rute yang saya pakai Bintaro-Depok 3-4 kali weekly 70% tol sisa non-tol dan juga 2-3 didalam interval ganti oli ke Jawa Tengah dengan kondisi mendaki dan turun gunung (daerah dieng) dengan load 2 orang dewasa dan bagasi full sampai baris kedua. Gaya bekendara saya stay di lowest rpm sebisa mungkin (<2000 RPM), paling sesekali mentokin sampe 3500 rpm buat nyalip. Kira-kira dari pilihan oli saya tersebut yang paling oke dengan kriteria saya yang mana ya? dan kalau ada oli yang menurut om-om lebih cocok dengan kriteria saya apa yaa? Terima kasih om-om semua. Maaf jika kepanjangan
Kalau budget 200rb ada Q8 om. Cek aja pake search, testimoni oli nya di page2 belakang banyak.
PTT nya gak cobain yang super synthetic?
Iya om, Q8 yang masih masuk di Q8 Special G Long Life Dexos 2. Sebenernya saya tertarik dengan oli ini karena dia dexos 2 dimana saya baca termasuk std yang oke. Tapi saya agak takut masukin 5w30 di mesin skyactiv, saya pernah si masukin w30 pas diberes simprug dan ngeliat malaysia genuine oil mereka pake Petronas Syntium 5w30. Masih oke ga ya om masukin 5w30 di mesin sky dengan pengunaan 70-30 tol (jorr) jalan raya dan sesekali long trip.
Buat PTT yang saya pake sekarang super synthetic evotec 0w20 om
Kalau beli di official store, PTT yg super synth evotec ini harga per liter nya beda cuma 10-15rb an deh yaa sama Q8. Worth to try om kalo budget nya nyampe kesitu. Kalau saya mahh masih pake fastron gold (yang diskonan shop and drive pula) Saya pke HRV oli nya 5w30 kok. Nanti setelah fastron gold ini saya pasti cobain Q8 yang 0w20 + Fit oil filter kkwkwkwkw
iwing wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 23:49
dulu ada mobil temen jazz yang diturboin. katanya kompresi mesin harus diturunkan dulu trus pasang turbo dan sejauh yang saya denger aman2 aja. apa karena mesin2 lspi ini karena kompresinya terlalu tinggi ya..?? tapi ya udah lah. cuma masih agak gak mudeng aja sih kok oli yang disalahin. sedangkan mesin2 turbo dulu pakai oli bukan api sp kayaknya gak pernah denger lspi. atau mungkin beda istilah kali ya
iya bener istilah baru. mungkin baru diteliti skrg penyebabnya. kl dulu taunya piston bolong dah gitu aja.
jadi Resiko LSPI tuh artinya ini ya
gak usah diperbudak mobil mbah, gaspol nyender kanan mentokin aja.
rusak ganti baru ada rejekinya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: ↑Wed Apr 03, 2024 8:15
Selama pemakaian, pakai aditif RZ fuel cleaner habisin 2 botol.
klo dr hasil oil condition, better dan gak memberikan pengaruh spt waktu pakai Redline CFSC di kyukyu.
Melihat Ca nya yg tinggi, sptnya kurang cocok untuk mesin turbo bensin yaa.
Tipikal oli bensin bisa buat disel juga.
Aman buat (max) 10rb km / 1 tahun di mesin bensin dan diesel
Klo mesin diesel lbh bersahabat dgn TBN.
Motul ini saya beli dari Ozzie Motor, Bandung di Tokped *bukan ajakan beli
mbah bantu translate dong, itu metal wearnya normal?
thanks
belum kelar ini petualangan gw nyari oli 5w-30
Low wear Itungannya
10 ppm per 10rb km
or simply 1 ppm per seribu km
Klo kondisi endreyen jauh lbh besar, karena banyak gram metal rontok, karena proses sealing liner X ring seher di ruang bakar.
gak kaleng2 lah klo merk Motul, Q8, Amsoil, PTT, Pertamina.
Sikat aja merk tersebut, sesuai budget
kelamaan mikir pas udah mau beli udah pada tutup libur lebaran official storenya
lama banget buka kembalinya, rata2 di tanggal 15-16, sementara gerobak mau dipakai tempur dan oli e-pro blue vendor pertamina yg kontroversial itu udah mendekati 6k, pas cek official store cuma Total yg masih buka, dan pilihan jatuh ke TQ 9000 5w-30.
harga masih 11-12 dengan e-pro blue dari beres.
saw.PNG
masih penasaran dg oli ajaib yg dikasih data lab nya oleh mbah marmut, diliat dari clue2 yg dikasih ane udah prediksi merknya tapi masih belum yakin jg
oh iya mbah, berandai-andai kena jackpot oli palsu, biasanya varnish atau bahkan ngesludge itu di km berapa mulai terlihat?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
mbah bantu translate dong, itu metal wearnya normal?
thanks
belum kelar ini petualangan gw nyari oli 5w-30
Low wear Itungannya
10 ppm per 10rb km
or simply 1 ppm per seribu km
Klo kondisi endreyen jauh lbh besar, karena banyak gram metal rontok, karena proses sealing liner X ring seher di ruang bakar.
gak kaleng2 lah klo merk Motul, Q8, Amsoil, PTT, Pertamina.
Sikat aja merk tersebut, sesuai budget
kelamaan mikir pas udah mau beli udah pada tutup libur lebaran official storenya
lama banget buka kembalinya, rata2 di tanggal 15-16, sementara gerobak mau dipakai tempur dan oli e-pro blue vendor pertamina yg kontroversial itu udah mendekati 6k, pas cek official store cuma Total yg masih buka, dan pilihan jatuh ke TQ 9000 5w-30.
harga masih 11-12 dengan e-pro blue dari beres.
saw.PNG
masih penasaran dg oli ajaib yg dikasih data lab nya oleh mbah marmut, diliat dari clue2 yg dikasih ane udah prediksi merknya tapi masih belum yakin jg
oh iya mbah, berandai-andai kena jackpot oli palsu, biasanya varnish atau bahkan ngesludge itu di km berapa mulai terlihat?
wah amit2 kena oli palsu.
kena oli expired aja jg amit2
hahahah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Klo kondisi endreyen jauh lbh besar, karena banyak gram metal rontok, karena proses sealing liner X ring seher di ruang bakar.
gak kaleng2 lah klo merk Motul, Q8, Amsoil, PTT, Pertamina.
Sikat aja merk tersebut, sesuai budget
kelamaan mikir pas udah mau beli udah pada tutup libur lebaran official storenya
lama banget buka kembalinya, rata2 di tanggal 15-16, sementara gerobak mau dipakai tempur dan oli e-pro blue vendor pertamina yg kontroversial itu udah mendekati 6k, pas cek official store cuma Total yg masih buka, dan pilihan jatuh ke TQ 9000 5w-30.
harga masih 11-12 dengan e-pro blue dari beres.
saw.PNG
masih penasaran dg oli ajaib yg dikasih data lab nya oleh mbah marmut, diliat dari clue2 yg dikasih ane udah prediksi merknya tapi masih belum yakin jg
oh iya mbah, berandai-andai kena jackpot oli palsu, biasanya varnish atau bahkan ngesludge itu di km berapa mulai terlihat?
wah amit2 kena oli palsu.
kena oli expired aja jg amit2
hahahah
gw jadi penasaran sama si epro blue pertamina ini, biaya cek lab oli berapaan mbah?
melayani kirim sample gak? atau harus diantar langsung ke kantornya?