Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Mon Aug 01, 2022 9:28
Relay palsu kita orang beli goban mbah
Asem tuh
Padahal kl beli yg minangsuang made, paling cuman noban saban
Btw relay ad umur ga seh mbah ?
number of contact om biasanya ratednya.....
Jadi relay awet kalau kontak on dan on lama sampai selesai, relay yang ga awet ya yang kontak on off on off....
Lama2 muncul kerak karbon juga di contactornya yang dibunderin ama mbah marmut, kadang dibersihin bisa ok lagi (kere hore)
DOHC wrote: Mon Aug 01, 2022 9:28
Relay palsu kita orang beli goban mbah
Asem tuh
Padahal kl beli yg minangsuang made, paling cuman noban saban
Btw relay ad umur ga seh mbah ?
number of contact om biasanya ratednya.....
Jadi relay awet kalau kontak on dan on lama sampai selesai, relay yang ga awet ya yang kontak on off on off....
Lama2 muncul kerak karbon juga di contactornya yang dibunderin ama mbah marmut, kadang dibersihin bisa ok lagi (kere hore)
regards,
singachu
Kl gt yg awet berarti cuman relay headlamp ama ECU management doank donk mbah
Kl relay motor fan, apalagi klakson umurnya justru paling pendek
Kl relay motor fan, apalagi klakson umurnya justru paling pendek
bisa iya, bisa enggak.
taun 97-98 silam saya pernah liat mazda capella '76 masih pakai relay dan flasher sen merk toshiba wicis itu relay dan flasher bawaan mobil.
21 taun umur relay dan masih berfungsi normal (saat itu).
kalo relay nggak awet, pasti pake bahan murah dan harganya juga murah.
kalo relay awet, yang biasanya relay bawaan mobil/genuine part, umumnya pake bahan kwaliteit tinggi dan harganya tinggi juga.
DOHC wrote: Mon Aug 01, 2022 9:28
Relay palsu kita orang beli goban mbah
Asem tuh
Padahal kl beli yg minangsuang made, paling cuman noban saban
Btw relay ad umur ga seh mbah ?
number of contact om biasanya ratednya.....
Jadi relay awet kalau kontak on dan on lama sampai selesai, relay yang ga awet ya yang kontak on off on off....
Lama2 muncul kerak karbon juga di contactornya yang dibunderin ama mbah marmut, kadang dibersihin bisa ok lagi (kere hore)
regards,
singachu
Kl gt yg awet berarti cuman relay headlamp ama ECU management doank donk mbah
Kl relay motor fan, apalagi klakson umurnya justru paling pendek
ttg ecu nih, which is the reason kenapa mersi taro ecu nya di atas mesin yg disebut ecu panggang. ya krn di yurop sono kl winter biar ga lembab jadinya dipanasin sama hawa panas mesin, maksudnya spy lbh awet. begitu dipake di negara tropis jd masalah. wkwkwk
jd sebetulnya ga ada one solution fits all itu kecuali ..... DOHC Genuine Oil ..... one oil for all problems
Kl relay motor fan, apalagi klakson umurnya justru paling pendek
bisa iya, bisa enggak.
taun 97-98 silam saya pernah liat mazda capella '76 masih pakai relay dan flasher sen merk toshiba wicis itu relay dan flasher bawaan mobil.
21 taun umur relay dan masih berfungsi normal (saat itu).
kalo relay nggak awet, pasti pake bahan murah dan harganya juga murah.
kalo relay awet, yang biasanya relay bawaan mobil/genuine part, umumnya pake bahan kwaliteit tinggi dan harganya tinggi juga.
Neruga sehh
Dulu piara inofa, akte lahir 2006 ampe 2021 aj belom perna ganti relay samsek
Jadi relay awet kalau kontak on dan on lama sampai selesai, relay yang ga awet ya yang kontak on off on off....
Lama2 muncul kerak karbon juga di contactornya yang dibunderin ama mbah marmut, kadang dibersihin bisa ok lagi (kere hore)
regards,
singachu
Kl gt yg awet berarti cuman relay headlamp ama ECU management doank donk mbah
Kl relay motor fan, apalagi klakson umurnya justru paling pendek
ttg ecu nih, which is the reason kenapa mersi taro ecu nya di atas mesin yg disebut ecu panggang. ya krn di yurop sono kl winter biar ga lembab jadinya dipanasin sama hawa panas mesin, maksudnya spy lbh awet. begitu dipake di negara tropis jd masalah. wkwkwk
jd sebetulnya ga ada one solution fits all itu kecuali ..... DOHC Genuine Oil ..... one oil for all problems
Nahh bahas ECU panggang, kita orang justru dr dulu kpikiran apa gara2 kena geteran lgs dr mesin yah, makanya pd tewas
Soalnya kl soal panas, lah itu ECU mobil2 laen jg d enjin bey, sempit2 dan panas lg.. palagi ecu 1KR-JZGTE, ud panas, ketutupan aki nyempil, plus masi kena hawa panas terus2an dtembak lgs dr motor fan
Kl gt yg awet berarti cuman relay headlamp ama ECU management doank donk mbah
Kl relay motor fan, apalagi klakson umurnya justru paling pendek
ttg ecu nih, which is the reason kenapa mersi taro ecu nya di atas mesin yg disebut ecu panggang. ya krn di yurop sono kl winter biar ga lembab jadinya dipanasin sama hawa panas mesin, maksudnya spy lbh awet. begitu dipake di negara tropis jd masalah. wkwkwk
jd sebetulnya ga ada one solution fits all itu kecuali ..... DOHC Genuine Oil ..... one oil for all problems
Nahh bahas ECU panggang, kita orang justru dr dulu kpikiran apa gara2 kena geteran lgs dr mesin yah, makanya pd tewas
Soalnya kl soal panas, lah itu ECU mobil2 laen jg d enjin bey, sempit2 dan panas lg.. palagi ecu 1KR-JZGTE, ud panas, ketutupan aki nyempil, plus masi kena hawa panas terus2an dtembak lgs dr motor fan
rusak krn geter kan krn rapuh kena panas terus. kayanya kl suhu ambien kaya di benua biru ga secepat disini kali rapuhnya, jd misal disini cuma tahan 10 taun disana mungkin 20 thn. mungkin lho mbah namanya juga asal ngecap
Kl gt yg awet berarti cuman relay headlamp ama ECU management doank donk mbah
Kl relay motor fan, apalagi klakson umurnya justru paling pendek
ttg ecu nih, which is the reason kenapa mersi taro ecu nya di atas mesin yg disebut ecu panggang. ya krn di yurop sono kl winter biar ga lembab jadinya dipanasin sama hawa panas mesin, maksudnya spy lbh awet. begitu dipake di negara tropis jd masalah. wkwkwk
jd sebetulnya ga ada one solution fits all itu kecuali ..... DOHC Genuine Oil ..... one oil for all problems
Nahh bahas ECU panggang, kita orang justru dr dulu kpikiran apa gara2 kena geteran lgs dr mesin yah, makanya pd tewas
Soalnya kl soal panas, lah itu ECU mobil2 laen jg d enjin bey, sempit2 dan panas lg.. palagi ecu 1KR-JZGTE, ud panas, ketutupan aki nyempil, plus masi kena hawa panas terus2an dtembak lgs dr motor fan
kalo soal elektronik gak bisa pasti mbah..,kadang pakai sebentar bisa rusak juga..,karena namanya elektronik banyak komponen2 kecil dan rentan rusak..,apa lagi ada arus kejut..,kalo protek gak berfungsi bagus , bisa jebol ke IC langsung..
ttg ecu nih, which is the reason kenapa mersi taro ecu nya di atas mesin yg disebut ecu panggang. ya krn di yurop sono kl winter biar ga lembab jadinya dipanasin sama hawa panas mesin, maksudnya spy lbh awet. begitu dipake di negara tropis jd masalah. wkwkwk
jd sebetulnya ga ada one solution fits all itu kecuali ..... DOHC Genuine Oil ..... one oil for all problems
Nahh bahas ECU panggang, kita orang justru dr dulu kpikiran apa gara2 kena geteran lgs dr mesin yah, makanya pd tewas
Soalnya kl soal panas, lah itu ECU mobil2 laen jg d enjin bey, sempit2 dan panas lg.. palagi ecu 1KR-JZGTE, ud panas, ketutupan aki nyempil, plus masi kena hawa panas terus2an dtembak lgs dr motor fan
rusak krn geter kan krn rapuh kena panas terus. kayanya kl suhu ambien kaya di benua biru ga secepat disini kali rapuhnya, jd misal disini cuma tahan 10 taun disana mungkin 20 thn. mungkin lho mbah namanya juga asal ngecap
Nerugaa
Orang sana suhu baru 30 derajat aj ud kaya ikan kehabisan aer
Lah kita orang dsini aj suhu 40 masi dempet dempetan malingin, ehh kerja maksutnya di pasar asemregez
Omnibus wrote: Wed Aug 03, 2022 4:43
ttg ecu nih, which is the reason kenapa mersi taro ecu nya di atas mesin yg disebut ecu panggang. ya krn di yurop sono kl winter biar ga lembab jadinya dipanasin sama hawa panas mesin, maksudnya spy lbh awet. begitu dipake di negara tropis jd masalah. wkwkwk
jd sebetulnya ga ada one solution fits all itu kecuali ..... DOHC Genuine Oil ..... one oil for all problems
lha ecu panggang ini yang aku bingung kenapa kok ditaro sana, kirain efisiensi buat menghemat kabel karena sensor2 yang berkaitan ama ecu kan kebanyakan di area mesin
DOHC wrote:
kl seandainya denso, trus ud ber relay tp masi naek turun (aku benci fikiranku) suaranya, alamat musti bkin kerusuhan di fabriek honda karawang tuh
Kalo klakson sudah pakai relay tambahan, berarti output relay bawaan mobil yang harusnya ke klakson cuma jadi pancingan relay tambahan Mbah? Kalo udah tambah relay tapi masih naik turun, apa relay tambahan nya yang gak bagus yaa? Dah coba tambah relay gak mempan ilang bunyi naik turunnya, malu ama klakson angin nya tayo
Kl ud ber relay seh kita orang ga saranin tandem ama aftermarket lg ya krn biasanya ud ckup ngangkat, contohnya inofa punya yg masi pake relay denso made in nippon aseli, kenceng lantang dan konsisten
Kl naek turun jangan2 bsa jg karena dr alternator nya ad cut off nya kaya kata mbah masas atau mbah kun kl ga sala
Tp di agya kita orang (ga dikasi relay samsek dr bawaan), ud kita orang pasangin relay aftermarket sendiri, bunyi nya mantep koq ga naek turun
Ane tandem relay aftermarket soale dah naik aki ke ns60 sama tambah grounding masih naik turun klaksonnya mbah.. mana avxen dual vvti ini pelit relay… semobil cuma 3 relay yang keliatan mata, sisanya entah integrated jadi 1 atau malah disimpen di dalem fuse blok(bcm)
Padahal beli klakson part number inofa jadul di beres tapi ya masih gak stabil
DOHC wrote: Sun Jul 31, 2022 8:35
wahh raiz mbah ud dpt yg revisi yah titik2 weld spot nya
rocky mbah, raize ngeri serpisnya ngeri mesti ke nasmoco..
btw knapa jd makin pelit relay yah si daitoyo, ampun deh ampe sgitu dsunat nya
pdahal d agya ayla aj walaupun pake yg made in minangsuang, tp masi ckup banyak loh, bahkan yg di balik glove box jg, ga pake integrated relay sgala
dibalik glovebox barusan cuma ada satu relay.
relay minangsuang itu cuma kepake 5 biji di Rocky WA-VE: starter assy, foglamp, headlamp dimmer, security horn (bukan front horn ya), extra fan. harga per pcs di web daihatsu: 54 ribu, cek di online mulai dari 15 rebu kayanya mesti bongkar katalog innova lama nih buat pesen tu spare part ke auto2000, di luaran si 99% KW
relay integration itu harganya lumayan mbah 500 ribuan di web daihatsu. canggih juga nih benda, segitu banyak fungsi electrical dijadiin satu kotak, trouble shoot gampang: ada electrical error, ganti satu set
90987-T2001
Relay biru bawaan innova lama made in jepin mbah… harga 565k di beres
DOHC wrote: Sun Jul 31, 2022 8:35
wahh raiz mbah ud dpt yg revisi yah titik2 weld spot nya
rocky mbah, raize ngeri serpisnya ngeri mesti ke nasmoco..
btw knapa jd makin pelit relay yah si daitoyo, ampun deh ampe sgitu dsunat nya
pdahal d agya ayla aj walaupun pake yg made in minangsuang, tp masi ckup banyak loh, bahkan yg di balik glove box jg, ga pake integrated relay sgala
dibalik glovebox barusan cuma ada satu relay.
relay minangsuang itu cuma kepake 5 biji di Rocky WA-VE: starter assy, foglamp, headlamp dimmer, security horn (bukan front horn ya), extra fan. harga per pcs di web daihatsu: 54 ribu, cek di online mulai dari 15 rebu kayanya mesti bongkar katalog innova lama nih buat pesen tu spare part ke auto2000, di luaran si 99% KW
relay integration itu harganya lumayan mbah 500 ribuan di web daihatsu. canggih juga nih benda, segitu banyak fungsi electrical dijadiin satu kotak, trouble shoot gampang: ada electrical error, ganti satu set
Nanti kl ud ktemu part number ama harga nya tlg kabarin d marih ya mbah
zzzprince wrote: Fri Jul 29, 2022 6:59Di kolong dashboard cuma ada relay foglamp om.. itupun kosong karna bawaan mobil belum ada
Jangan2 relaynya jadi 1 sama fuse block assy ya
Nah itu ga tau, aku belum sampe ubek2 kelistrikan pansah sih, soalnya masih ngeri2 sedap soal BCM.
Pernah nambah lampu kolong bawah jok 3 baris aku kasih, trus kabel aku mau ngikut lampu plafon jadi bisa di buat mode door/off/on ngikut selector lampu plafon. Enak2 ngerjain itu semua lampu tau2 mati semua, aku cek pakai avo ga ada listrik semua padahal fuse ga putus. Begitu di ACC normal lagi. Ternyata semua dikontrol ama BCM, misal kita lupa nyalakan lampu plafon atau radio tanpa mesin hidup, bbrp menit ama BCM dimatikan, mungkin mode biar ga tekor akinya dianggap kita kelupaan matiin.
Soal klakson, aku ganti pakai denso yang socket to socket ga otak atik relay. Socketnya sudah yang 2 kabel dan sudah ada 2 klakson, jadi tinggal cabut colok socket yang ada aja, klaksonnnya beli yang socketan / single terminal juga.
ini suaranya :
regards,
singachu
Ternyata gak ane doang yang ngalamin kaget pas utak atik mobil
Itu fitur dah ada semenjak ane utak atik lcgc wagon toyodai. Agak kaget mobil harga 13x brand new punya fitur gituan. Terus dia bisa matiin lampu depan kalo kontak dah dicabut, terus kita buka pintu. Cuma mesti hati2 ganti lampu rem, soalnya bcm nya rada sensitif, pengalaman ganti lampu rem abal2 nyala indikator abs nya
zzzprince wrote: Sat Jul 30, 2022 16:58
Kalo klakson sudah pakai relay tambahan, berarti output relay bawaan mobil yang harusnya ke klakson cuma jadi pancingan relay tambahan Mbah? Kalo udah tambah relay tapi masih naik turun, apa relay tambahan nya yang gak bagus yaa? Dah coba tambah relay gak mempan ilang bunyi naik turunnya, malu ama klakson angin nya tayo
Kl ud ber relay seh kita orang ga saranin tandem ama aftermarket lg ya krn biasanya ud ckup ngangkat, contohnya inofa punya yg masi pake relay denso made in nippon aseli, kenceng lantang dan konsisten
Kl naek turun jangan2 bsa jg karena dr alternator nya ad cut off nya kaya kata mbah masas atau mbah kun kl ga sala
Tp di agya kita orang (ga dikasi relay samsek dr bawaan), ud kita orang pasangin relay aftermarket sendiri, bunyi nya mantep koq ga naek turun
Ane tandem relay aftermarket soale dah naik aki ke ns60 sama tambah grounding masih naik turun klaksonnya mbah.. mana avxen dual vvti ini pelit relay… semobil cuma 3 relay yang keliatan mata, sisanya entah integrated jadi 1 atau malah disimpen di dalem fuse blok(bcm)
Padahal beli klakson part number inofa jadul di beres tapi ya masih gak stabil
kl d agya saya seh sejak dipakein relay aftermarket malah jd sembuh klakson naek turun nya (kcuali kl di pencet di bagian tertentu aj)
avxen masi mending dikasi relay integrated mbah, lah itu agya ayla 1000 cc lebi pelit lagi paket hemat nya, klakson ga dipakein relay samsek, sinting, mentang2 cuman dikasi sebiji doank klakson nya
DOHC wrote: Sun Jul 31, 2022 8:35
wahh raiz mbah ud dpt yg revisi yah titik2 weld spot nya
rocky mbah, raize ngeri serpisnya ngeri mesti ke nasmoco..
btw knapa jd makin pelit relay yah si daitoyo, ampun deh ampe sgitu dsunat nya
pdahal d agya ayla aj walaupun pake yg made in minangsuang, tp masi ckup banyak loh, bahkan yg di balik glove box jg, ga pake integrated relay sgala
dibalik glovebox barusan cuma ada satu relay.
relay minangsuang itu cuma kepake 5 biji di Rocky WA-VE: starter assy, foglamp, headlamp dimmer, security horn (bukan front horn ya), extra fan. harga per pcs di web daihatsu: 54 ribu, cek di online mulai dari 15 rebu kayanya mesti bongkar katalog innova lama nih buat pesen tu spare part ke auto2000, di luaran si 99% KW
relay integration itu harganya lumayan mbah 500 ribuan di web daihatsu. canggih juga nih benda, segitu banyak fungsi electrical dijadiin satu kotak, trouble shoot gampang: ada electrical error, ganti satu set
90987-T2001
Relay biru bawaan innova lama made in jepin mbah… harga 565k di beres
rocky mbah, raize ngeri serpisnya ngeri mesti ke nasmoco..
dibalik glovebox barusan cuma ada satu relay.
relay minangsuang itu cuma kepake 5 biji di Rocky WA-VE: starter assy, foglamp, headlamp dimmer, security horn (bukan front horn ya), extra fan. harga per pcs di web daihatsu: 54 ribu, cek di online mulai dari 15 rebu kayanya mesti bongkar katalog innova lama nih buat pesen tu spare part ke auto2000, di luaran si 99% KW
relay integration itu harganya lumayan mbah 500 ribuan di web daihatsu. canggih juga nih benda, segitu banyak fungsi electrical dijadiin satu kotak, trouble shoot gampang: ada electrical error, ganti satu set
Nanti kl ud ktemu part number ama harga nya tlg kabarin d marih ya mbah
Pengen beli jg
90987-T2001 harga 565rb mbah
ajegile 565 rebu
kl gt mending beli yg minangsuang made punya aj di beres yah, kl ga salah cuman 50-60an rebu doank kan sebiji
zzzprince wrote: Thu Aug 04, 2022 12:19
Ane tandem relay aftermarket soale dah naik aki ke ns60 sama tambah grounding masih naik turun klaksonnya mbah.. mana avxen dual vvti ini pelit relay… semobil cuma 3 relay yang keliatan mata, sisanya entah integrated jadi 1 atau malah disimpen di dalem fuse blok(bcm)
Padahal beli klakson part number inofa jadul di beres tapi ya masih gak stabil
eh, ane kok ga ada kendala ama suara klakson ya ?
Mbah punya yang bawaannya sudah 2 klakson atau 1 klakson ?
aki ku malah masih bawaan 35 Ah dari taon 2019 sampe skrg blom ganti. Masih kenceng klaksonnya dan stabil
zzzprince wrote: Thu Aug 04, 2022 12:27
Ternyata gak ane doang yang ngalamin kaget pas utak atik mobil
Itu fitur dah ada semenjak ane utak atik lcgc wagon toyodai. Agak kaget mobil harga 13x brand new punya fitur gituan. Terus dia bisa matiin lampu depan kalo kontak dah dicabut, terus kita buka pintu. Cuma mesti hati2 ganti lampu rem, soalnya bcm nya rada sensitif, pengalaman ganti lampu rem abal2 nyala indikator abs nya
Nah kalau ganti lampu rem/belakang sejak baca2 di grup ipah dsb kejadian seperti yang mbah bilang,
makanya udah ga pingin otak atik lampu belakang, btw di aerio aku juga ga ganti lampu belakang, dan semua lampunya mari original pabrik lho, awet juga ya padahal lampu pijar. (lampu depan tapi udah pada putus).
Termasuk kontak ACC lupa matikan bisa mati sendiri ( model start stop engine )
zzzprince wrote: Thu Aug 04, 2022 12:15
Kira kira mana yang palsu mbah?
Kanan palsu, namanya juga cuma nebak.
Kiri banyak goresan kayanya bawaan mobil aslinya.
Biarpun goresan sptnya kualitas plastik hitamnya lebih flexible(lebih banyak campuran karet)
Omnibus wrote: Tue Aug 02, 2022 7:19
naitu ... sy ama temen juga bahas itu knp di lampu ga beda. sebetulnya mungkin beda juga mbah cuma lampu itu bicara kecepatan cahaya (3x10^8 m/s) vs kecepatan suara (340 m/s) jadinya yg cahaya less noticeable, sementara kl yg suara kedengeran ke kuping kita.
gara2 itu relay utk klakson wajib yg bagusan punya (baca: paling bagus) terutama yg kupingnya ocd.
ah iya bener juga ya. belum lagi faktor subyektif ya.
DOHC wrote: Tue Aug 02, 2022 8:10
Nahh kl relay ke lampu efek nya emg ga lgs tp lama2 ad efek koq
Itu batok lampu inofa kita orang ud jd korban, lama2 yg bagian reflektor nya bsa timbul pelangi, trus d mika nya jd kuar retak alusss sikit2.. padahal bohlam nya tetep bawaan
dulu di innova 2005 aman mbah sampe 5 tahun lebih, batok lampu jadul emang lebih tahan banting dan murah segede gitu cuma 600 ribuan.
Btw lg, krn penasaran, coba utek2, ternjata rata2 utk headlamp oleh fabriekan ud dikasi relay yg 24 volt, mungkin ini jg kl yg bkin relay tambahan utk headlamp jd sia2
saya selama ini mikir bukannya karena common part saja? pake stok yg ada aja
singachu wrote: Thu Aug 04, 2022 3:58
lha ecu panggang ini yang aku bingung kenapa kok ditaro sana, kirain efisiensi buat menghemat kabel karena sensor2 yang berkaitan ama ecu kan kebanyakan di area mesin
regards,
singachu
dari segi elektro: ngurangin delay mbah karena nambah jarak berarti ada tambahan delay
dari segi mekanikal: gampang desainnya karena kabel ga jauh2 amat
dari segi finance: bener mbah jadi extra cuan