Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kaptenslow wrote:Siang om turbo.. Maaf oot.. Mau nanya oli transmisi. Untuk jenis ATF-MV, apakah ada referensi oli yg bagus? Sudah waktunya mengganti oli transmisi..
Nanya ke oli di kebon jeruk, stok sementara cuma ada top1. Mohon pencerahannya....
Thanks in advance om..
ATF-MV itu mobilnya apa om
Mobilnya mazda 6 tahun 2010 om.. Agak bingung pas browse baca di forum2 luar.
Turboman wrote:Kalo dr browse2 singkat, viskositas ATF MV itu sgt mirip spt Dexron III dan JWS 3309
7,3 dan 33 Cst......100 dan 40 deg C nya
See Mazda Dexelia ATF MV
Liat di web Amsoil ATF dan Redline D4 mereka claim bisa utk MV
Trus katanya MV punya anti shudder additive di atas JWS 3309 ?
Kalo gitu bisa pake Redline D4 sbg alternative
Redline D4 yah.... Oke lah, jadi tidak ragu lagi. Kemarin sore ada coba bel ke gr*ha, mereka bilang redline tidak menyatakan compatible dengan mazda 6, jadi saya diminta untuk mastiin lagi.
Denger itu jadi ciut sendiri om.
Soalnya pas baca di forum mazdanya, kalo salah pakai jenis atf, tranny terancam rusak dalam kurun 1taon sejak penggantian oli.... Alamaak..
Bikin dag dig dug dhueeer ajah itu postingan...
Thanks om turbo!
Matic mobil2 Jepun itu ga jauh2 dr buatan AW or Jatco
Dan para pembuat matic juga mereka punya kesepakatan dengan badan pembuat std JASO utk std ATF nya
Pabrik sih boleh ngomong do re mi fa sol la si do supaya user pake oli bikinannya, tapi kita sebagai user ya harus kembangkan Nalar juga........
Pada matic dgn sistem slip lock itu kan dia butuh ATF yg ada friction modifier aja.....rata2 matic modern mobil Jepun th 2004 ke atas udah sistem slip lock........paling beda merek mobil ya beda kadar friction modifiernya, ada yg minta sedikit lebih banyak, ada yg minta normal, dan itu bedanya tipis2 aja
Yg penting viskositas ATF nya sama dan juga mengandung zat friction modifier yg cukup.
Makanya di pasaran banyak ATF Universal yg bisa masuk berbagai standar ATF macam2 merek mobil
Tadi saya liat buku manual MU-X dikatakan MUX boleh pake oli mesin 5W30 utk iklim tropis asal olinya genuine Isuzu dan bukan oli merek di luar Isuzu gen oil........ane hanya tertawa saja dalam hati
Wah,menarik banget diskusi nya.. skalian tanya om turbo,ane pake agya,pmakaian daily. Baru 3 bulan udah skitar 3300an km.. traffic yah kdg mct kadang gak.. tol jarang2.. bagus nya pake oli apa ya? Ane tertarik kendall 5-30 yg semi synthetic. Kmarin di toda harga 108rb/1 quartz. Atau ad alternatif lain? Budget max 120rb per liter..
azure wrote:Wah,menarik banget diskusi nya.. skalian tanya om turbo,ane pake agya,pmakaian daily. Baru 3 bulan udah skitar 3300an km.. traffic yah kdg mct kadang gak.. tol jarang2.. bagus nya pake oli apa ya? Ane tertarik kendall 5-30 yg semi synthetic. Kmarin di toda harga 108rb/1 quartz. Atau ad alternatif lain? Budget max 120rb per liter..
bebas si.....5W30 banyak pilihan skg
Cuman krn dia flat tappet, jadi pilihlah yg API SL or SN or yg meet MB 229.3 / 229.5
Oli aral 5w-30 untuk CX5 2.0 ok gk? Atau ada rekomendasi lainnya?
Thanks ya
Forget 5W30
Go for 0W20
ASM kalo bisa
Kalo ngga ya Mobil1 / Mazda GE 0W20 atau Toyota TMO 0W20 (oli OEM ganti per 7 bulan utk amannya)
Mblnya lebih sering short distance driving dan sering kena macet. Apakah ttp pakai 0W20?
Mobil1 0W20 brp ya harganya? Klo oli oem bisa bikin sludge kn ya
Baca di manual booknya cx5 katanya outside US & Canada, direkomendasikan 5W30
oli apapun biar kata sekelas amsoil royal purple kl diganti nya telat banget yahh rawan bkin sludge... tp kl rutin sesuai rekomendasi dan kondisi pemakaian, mau pake mesran super jg ga bkal bkin sludge...
oli honda ane sering pake koq di mobil2 ane dl (ipah, apanja, GE8, lipina), dan smua nya ud perna dibuka enjin head, no sludge watsoever... bahkan warna aluminium nya aj kliatan jelas, ga ktutup ama warna kecoklatan.... cuman emg kl utk kategori oli OEM, feeling ane oli ahond ini yg agak kurang enak durability nya scara butt o meter.. enakan masda atau nissan punya.. imho
Bro ane mw tanya, mobil Ertiga 2014 M/T
rencana mw ganti oli transmisi dg yg bgusan, nah, kalau diganti yg lbh encer efeknya ap ya???
sekarang kyknya standar 75w90, kalau ganti dg Red Line MT85 efeknya bagaimana ya??
D4 ATF itu GL4 jga ya??, bsa dipakai di manual jga ya??
susah masuknya sih kalau ganti gigi 1 ke 2 sma R
Fastron Gold bsa di pakai di diesel juga kah??
soalnya sekarang pakai ini, rencana fortuner VNT mw tak pakein juga
Fastron Gold vs Redline 5w30 enak mana yah??:big_childish:
DOHC wrote:oli apapun biar kata sekelas amsoil royal purple kl diganti nya telat banget yahh rawan bkin sludge... tp kl rutin sesuai rekomendasi dan kondisi pemakaian, mau pake mesran super jg ga bkal bkin sludge...
oli honda ane sering pake koq di mobil2 ane dl (ipah, apanja, GE8, lipina), dan smua nya ud perna dibuka enjin head, no sludge watsoever... bahkan warna aluminium nya aj kliatan jelas, ga ktutup ama warna kecoklatan.... cuman emg kl utk kategori oli OEM, feeling ane oli ahond ini yg agak kurang enak durability nya scara butt o meter.. enakan masda atau nissan punya.. imho
Iya om dohc
Maksudnya durability atas oli oem
Karena dulu vios ane olinya menggunakan tgmo fully synthetic, dan gnti sebelum 6 bulan / max penggunaan 9rb km. tapi ketika dicek, tetep aja masih ada sludge
Makanya penggunaan oli oem ingin dihindari semaksimal mungkin
kodokk wrote:
Mblnya lebih sering short distance driving dan sering kena macet. Apakah ttp pakai 0W20?
Mobil1 0W20 brp ya harganya? Klo oli oem bisa bikin sludge kn ya
Baca di manual booknya cx5 katanya outside US & Canada, direkomendasikan 5W30
Pls advice om turbo
Thanks
NAH ini dia
JUSTRU kalo sering repeated short trip, lebih cocok pakai oli se encer mungkin
Karena mesin sering mati - hidup, juga dimana suhu oli belum benar2 optimal mobil udah sampai tujuan
kalau misalnya sering long distance trip & high RPM, maka saya lebih sarankan buntut 30
Dracoantoni wrote:Bro ane mw tanya, mobil Ertiga 2014 M/T
rencana mw ganti oli transmisi dg yg bgusan, nah, kalau diganti yg lbh encer efeknya ap ya???
sekarang kyknya standar 75w90, kalau ganti dg Red Line MT85 efeknya bagaimana ya??
D4 ATF itu GL4 jga ya??, bsa dipakai di manual jga ya??
susah masuknya sih kalau ganti gigi 1 ke 2 sma R
Fastron Gold bsa di pakai di diesel juga kah??
soalnya sekarang pakai ini, rencana fortuner VNT mw tak pakein juga
Fastron Gold vs Redline 5w30 enak mana yah??:big_childish:
Mesin 2KD-FTV nggak gitu cocok dengan oli 5W30....penguapan oli jadi agak tinggi
Kecuali 5W30 yg meet MB 229.5 yah masih bisa dimana HTHS 3.5
Tapi yg paling aman sih buntut 40 dah.....biar 0W40 juga okey
Dracoantoni wrote:Bro ane mw tanya, mobil Ertiga 2014 M/T
rencana mw ganti oli transmisi dg yg bgusan, nah, kalau diganti yg lbh encer efeknya ap ya???
sekarang kyknya standar 75w90, kalau ganti dg Red Line MT85 efeknya bagaimana ya??
D4 ATF itu GL4 jga ya??, bsa dipakai di manual jga ya??
susah masuknya sih kalau ganti gigi 1 ke 2 sma R
Fastron Gold bsa di pakai di diesel juga kah??
soalnya sekarang pakai ini, rencana fortuner VNT mw tak pakein juga
Fastron Gold vs Redline 5w30 enak mana yah??:big_childish:
Mesin 2KD-FTV nggak gitu cocok dengan oli 5W30....penguapan oli jadi agak tinggi
Kecuali 5W30 yg meet MB 229.5 yah masih bisa dimana HTHS 3.5
Tapi yg paling aman sih buntut 40 dah.....biar 0W40 juga okey
oli ap bro yg pas dg 0w40??
untuk transmisi Manual ertiga bsa pke D4 ATF??
cara biar lbh halus shiftingnya di gimanain ya??
susah masuk gigi 1 - 2 sama R
Dracoantoni wrote:
oli ap bro yg pas dg 0w40??
untuk transmisi Manual ertiga bsa pke D4 ATF??
cara biar lbh halus shiftingnya di gimanain ya??
susah masuk gigi 1 - 2 sama R
Itu R3 kalo koplingnya hidrolik, coba ganti minyak koplingnya dulu
Kalo spec nya 75W90 pake aja Redline MT 90
0W40 = Mobil 1......di Graha ada tuh yg harga 145 rb / L (kalo belom naek)
Dracoantoni wrote:
oli ap bro yg pas dg 0w40??
untuk transmisi Manual ertiga bsa pke D4 ATF??
cara biar lbh halus shiftingnya di gimanain ya??
susah masuk gigi 1 - 2 sama R
Itu R3 kalo koplingnya hidrolik, coba ganti minyak koplingnya dulu
Kalo spec nya 75W90 pake aja Redline MT 90
0W40 = Mobil 1......di Graha ada tuh yg harga 145 rb / L (kalo belom naek)
minyak hidroliknya ya bro??
pke ap nih enaknya??
bru pertama kali punya yg pke kopling hidrolik
TGMO yg full syn berarti yg botol hijau kan yah ?? kl ga salah itu kan isi nya fastron gold... lmayan tuh oli...
aneh jg yahh bsa ampe bkin sludge... ane pake oli oem honda yg harganya aj dibawah tgmo (apalagi kl beli di luaran, lebi murah dari hx7 atau magnatec malah) pas buka enjin head bersih banget... kmaren2 pas bukan timing cover si ipah jg bersih, cuman ada sludge minimal banget di deket oil strainer nya...
kodokk wrote:
DOHC wrote:oli apapun biar kata sekelas amsoil royal purple kl diganti nya telat banget yahh rawan bkin sludge... tp kl rutin sesuai rekomendasi dan kondisi pemakaian, mau pake mesran super jg ga bkal bkin sludge...
oli honda ane sering pake koq di mobil2 ane dl (ipah, apanja, GE8, lipina), dan smua nya ud perna dibuka enjin head, no sludge watsoever... bahkan warna aluminium nya aj kliatan jelas, ga ktutup ama warna kecoklatan.... cuman emg kl utk kategori oli OEM, feeling ane oli ahond ini yg agak kurang enak durability nya scara butt o meter.. enakan masda atau nissan punya.. imho
Iya om dohc
Maksudnya durability atas oli oem
Karena dulu vios ane olinya menggunakan tgmo fully synthetic, dan gnti sebelum 6 bulan / max penggunaan 9rb km. tapi ketika dicek, tetep aja masih ada sludge
Makanya penggunaan oli oem ingin dihindari semaksimal mungkin
azure wrote:Wah,menarik banget diskusi nya.. skalian tanya om turbo,ane pake agya,pmakaian daily. Baru 3 bulan udah skitar 3300an km.. traffic yah kdg mct kadang gak.. tol jarang2.. bagus nya pake oli apa ya? Ane tertarik kendall 5-30 yg semi synthetic. Kmarin di toda harga 108rb/1 quartz. Atau ad alternatif lain? Budget max 120rb per liter..
bebas si.....5W30 banyak pilihan skg
Cuman krn dia flat tappet, jadi pilihlah yg API SL or SN or yg meet MB 229.3 / 229.5
om turbo.. ane cb pake kendall dl deh..
Oh ya,kalo untuk oli transmisi,kbtulan ane matic,perlu ganti tiap brp km ya? 20.000 km? Ane agak ragu ikutin manual book berhubung d jkt gk bs di prediksi traffic di jkt..
Om Turbo, saya pakai Mobilio 2014 matic CVT, untuk oli mesin pakai AMS 0w-20. Pemakaian mobil sudah 1.5 tahun. Yang mau ditanyakan, oli2 apa saja yang wajib diganti "selain" oli mesin. Karena oli mesin sudah cocok dng AMS. Dan kira2 diganti ketika Odometer brp yah? Merk oli bebas harga tidak menjadi masalah. Tapi klo ada yg value for money its better... Thanks before...
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..
lzn wrote:om Turbo, mau tanya kalau oli mesin spin diesel apa yang rekom untuk high drain? (oem pakai q8, drain setiap 15 rb)
pemakaian full bio solar, pola perawatan cuma:
5000 ke -1 dan ke -2 tuang 1 kaleng liquid moly ke tangki waktu indikator bbm nyala, dan dipakai sejauh 40 km
5000 ke -3 tuangin crc 4 oz dengan diisi full bio.
Kalau saya pingin mengganti dengan setiap 5000 km full dex kira" yang mana lebih bagus menurut om turbo?
Arteezy wrote:Om Turbo, saya pakai Mobilio 2014 matic CVT, untuk oli mesin pakai AMS 0w-20. Pemakaian mobil sudah 1.5 tahun. Yang mau ditanyakan, oli2 apa saja yang wajib diganti "selain" oli mesin. Karena oli mesin sudah cocok dng AMS. Dan kira2 diganti ketika Odometer brp yah? Merk oli bebas harga tidak menjadi masalah. Tapi klo ada yg value for money its better... Thanks before...
Mobil fwd mah cuman oli mesin dan transmisi doang
ganti oli CVT refer ke buku manual aja
Kalo oli mesin sih si ASM 0W20 yg harga promo di Graha ya udah paling value 4 money dah.......kalo udah ga promo yaa baru cari oli lain