Serba Serbi Busi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Serba Serbi Busi
Para suhu mohon masukannya.
Busi baru dipakai sekitar 800Km dalam sebulan. Sebelum ganti busi ganti juga karet gasket cover head karena sempat rembes ke koil, dan carbon cleaning ruang bakar.
Kalau lihat di businya kondisinya ada hitam seperti oli kebakar dan ulirnya ada yg basah, kemudian kepala busi warnanya putih seperti setelan terlalu kering atau kepanasan.
Apakah heat range businya harus ganti ke busi dingin? Kemudian bekas seperti oli kebakar dan ulir basah itu biasanya kenapa ya? Untuk penguapan oli masih minim lah ya utk mesin 140ribu Km. Dalam 4000 Km paling turun dari 3/4 jadi 1/2 di dipstick. Busi yg dipakai NGK BKR5EGP di 1NZ-FE dgn BBM selalu V Power.
Busi baru dipakai sekitar 800Km dalam sebulan. Sebelum ganti busi ganti juga karet gasket cover head karena sempat rembes ke koil, dan carbon cleaning ruang bakar.
Kalau lihat di businya kondisinya ada hitam seperti oli kebakar dan ulirnya ada yg basah, kemudian kepala busi warnanya putih seperti setelan terlalu kering atau kepanasan.
Apakah heat range businya harus ganti ke busi dingin? Kemudian bekas seperti oli kebakar dan ulir basah itu biasanya kenapa ya? Untuk penguapan oli masih minim lah ya utk mesin 140ribu Km. Dalam 4000 Km paling turun dari 3/4 jadi 1/2 di dipstick. Busi yg dipakai NGK BKR5EGP di 1NZ-FE dgn BBM selalu V Power.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1842
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Serba Serbi Busi
Suhu..mohon pencerahan
Utk kijang 7K-E...busi non standard sy cek ada 3 macam..platinum, iridium & terakhir ada yg tipe TT.
Nah platinum vs TT lbh recommended mana & lifetime kira2 di brp km...kl ga salah kedua jenis ini harganya mirip (30rb-an)
Utk kijang 7K-E...busi non standard sy cek ada 3 macam..platinum, iridium & terakhir ada yg tipe TT.
Nah platinum vs TT lbh recommended mana & lifetime kira2 di brp km...kl ga salah kedua jenis ini harganya mirip (30rb-an)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
dugaan nubi sotoy,
nampak ngga pernah RPM tinggi atau lebih sering jarak deket sepertinya.
info lebih lanjut coba sambat suhu abah shifu mahaguru Omnibus yang pandai membaca komik, koran, busi, raut wajah, garis tangan, bola kristal, bola golf, dll.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11781
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Busi
kl sy lihatnya normal sih busi itu. yg hitam di flat portion dekat ulir itu normal yg penting elektoda negatif dan positif, ceramic insulator bersih.azu wrote: Mon Jan 18, 2021 9:39 -------
Apakah heat range businya harus ganti ke busi dingin? Kemudian bekas seperti oli kebakar dan ulir basah itu biasanya kenapa ya? Untuk penguapan oli masih minim lah ya utk mesin 140ribu Km. Dalam 4000 Km paling turun dari 3/4 jadi 1/2 di dipstick. Busi yg dipakai NGK BKR5EGP di 1NZ-FE dgn BBM selalu V Power.
IMG_20210117_145526.jpgIMG_20210117_145500.jpgIMG_20210117_145937.jpg
ada sedikit carbon di pangkal elektroda negatif, sy setuju sm mbah marmut itu krn kurang geber (atau terlalu sering idle nyalain ac di parkiran, kena macet, panasin mobil di garasi, dsb) jd businya kurang mencapai suhu self cleaning (approx. 450C) meski itu baru sedikit.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11781
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Busi
TT atau Twin Tip itu versi lebih mahalnya daripada iridium. kl iridium hanya elektroda positif (jarumnya) yg terbuat dr iridium. sedangkan di TT selain elektroda positifnya iridium (atau platinum - Platinum TT) elektroda negatifnya jg ada pentolan terbuat dr platinum (sisanya nickel). advantagesnya lebih lama masa pakainya (paling lama dr semua tipe busi).MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 10:32 Suhu..mohon pencerahan
Utk kijang 7K-E...busi non standard sy cek ada 3 macam..platinum, iridium & terakhir ada yg tipe TT.
Nah platinum vs TT lbh recommended mana & lifetime kira2 di brp km...kl ga salah kedua jenis ini harganya mirip (30rb-an)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Serba Serbi Busi
Hatur nuhun om marmut dan om omni.
Ya memang betul analisanya, 2 minggu lalu sempet langsam doang utk ac selama 3 jam dan commute dari rumah ke kantor juga deket banget cuma 2Km sekali jalan ditambah kalo pulang ketemu lampu merah jahanam Soetta-Buahbatu [emoji16]
Berarti harus sering dipake hi rev ya, tapi lewat tol palingan cuma seminggu 2 kali
Ya memang betul analisanya, 2 minggu lalu sempet langsam doang utk ac selama 3 jam dan commute dari rumah ke kantor juga deket banget cuma 2Km sekali jalan ditambah kalo pulang ketemu lampu merah jahanam Soetta-Buahbatu [emoji16]
Berarti harus sering dipake hi rev ya, tapi lewat tol palingan cuma seminggu 2 kali
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11781
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Busi
sami2 kang .... urang bandung oge geningan.azu wrote: Mon Jan 18, 2021 14:15 Hatur nuhun om marmut dan om omni.
Ya memang betul analisanya, 2 minggu lalu sempet langsam doang utk ac selama 3 jam dan commute dari rumah ke kantor juga deket banget cuma 2Km sekali jalan ditambah kalo pulang ketemu lampu merah jahanam Soetta-Buahbatu [emoji16]
Berarti harus sering dipake hi rev ya, tapi lewat tol palingan cuma seminggu 2 kali

wah dipake langsam ac 3 jam? teu nanaon kang mending gentos busi drpd ka pa na san .....

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27643
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
TT jg ad versi kerehore nya mbahOmnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 12:10TT atau Twin Tip itu versi lebih mahalnya daripada iridium. kl iridium hanya elektroda positif (jarumnya) yg terbuat dr iridium. sedangkan di TT selain elektroda positifnya iridium (atau platinum - Platinum TT) elektroda negatifnya jg ada pentolan terbuat dr platinum (sisanya nickel). advantagesnya lebih lama masa pakainya (paling lama dr semua tipe busi).MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 10:32 Suhu..mohon pencerahan
Utk kijang 7K-E...busi non standard sy cek ada 3 macam..platinum, iridium & terakhir ada yg tipe TT.
Nah platinum vs TT lbh recommended mana & lifetime kira2 di brp km...kl ga salah kedua jenis ini harganya mirip (30rb-an)
![]()
Yg nikel TT, dl itu busi pilihan saya buat si AN40, sesuai petunjuk bapak... ehh petunjuk mods hansen
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11781
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Busi
oh gitu mbah .... yg 30 rb itu TT nickel?DOHC wrote: Mon Jan 18, 2021 16:56TT jg ad versi kerehore nya mbahOmnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 12:10TT atau Twin Tip itu versi lebih mahalnya daripada iridium. kl iridium hanya elektroda positif (jarumnya) yg terbuat dr iridium. sedangkan di TT selain elektroda positifnya iridium (atau platinum - Platinum TT) elektroda negatifnya jg ada pentolan terbuat dr platinum (sisanya nickel). advantagesnya lebih lama masa pakainya (paling lama dr semua tipe busi).MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 10:32 Suhu..mohon pencerahan
Utk kijang 7K-E...busi non standard sy cek ada 3 macam..platinum, iridium & terakhir ada yg tipe TT.
Nah platinum vs TT lbh recommended mana & lifetime kira2 di brp km...kl ga salah kedua jenis ini harganya mirip (30rb-an)
![]()
Yg nikel TT, dl itu busi pilihan saya buat si AN40, sesuai petunjuk bapak... ehh petunjuk mods hansen
cari ahh ..... ehh ngga mbah he he he engga ....
ane pamit dulu mbah, belom pegang pulpen kan?
*kabooeeerrrr
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11781
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Busi
ehem .... numpang tanya mbah. kl yg ini,
TT nickel
TT platinum
atau
TT iridium mbah?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1842
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Serba Serbi Busi
nah bener...yang sy maksud jg versi kerehore ini...DOHC wrote: Mon Jan 18, 2021 16:56TT jg ad versi kerehore nya mbahOmnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 12:10TT atau Twin Tip itu versi lebih mahalnya daripada iridium. kl iridium hanya elektroda positif (jarumnya) yg terbuat dr iridium. sedangkan di TT selain elektroda positifnya iridium (atau platinum - Platinum TT) elektroda negatifnya jg ada pentolan terbuat dr platinum (sisanya nickel). advantagesnya lebih lama masa pakainya (paling lama dr semua tipe busi).MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 10:32 Suhu..mohon pencerahan
Utk kijang 7K-E...busi non standard sy cek ada 3 macam..platinum, iridium & terakhir ada yg tipe TT.
Nah platinum vs TT lbh recommended mana & lifetime kira2 di brp km...kl ga salah kedua jenis ini harganya mirip (30rb-an)
![]()
Yg nikel TT, dl itu busi pilihan saya buat si AN40, sesuai petunjuk bapak... ehh petunjuk mods hansen
kl di 7K-E jadinya kode W16TT....cuma maksudnya better pake platinum atau nickel TT ini karena harga juga mirip
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27643
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
Tenang mbahOmnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 20:19oh gitu mbah .... yg 30 rb itu TT nickel?DOHC wrote: Mon Jan 18, 2021 16:56TT jg ad versi kerehore nya mbahOmnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 12:10
TT atau Twin Tip itu versi lebih mahalnya daripada iridium. kl iridium hanya elektroda positif (jarumnya) yg terbuat dr iridium. sedangkan di TT selain elektroda positifnya iridium (atau platinum - Platinum TT) elektroda negatifnya jg ada pentolan terbuat dr platinum (sisanya nickel). advantagesnya lebih lama masa pakainya (paling lama dr semua tipe busi).
![]()
Yg nikel TT, dl itu busi pilihan saya buat si AN40, sesuai petunjuk bapak... ehh petunjuk mods hansen
cari ahh ..... ehh ngga mbah he he he engga ....
ane pamit dulu mbah, belom pegang pulpen kan?
*kabooeeerrrr
Ga bakal dicatet, pulpen ud d buang smua dr meja saya
* tp bakal diketik di notepad

Anuuuuuuu
Saya jg binggung mbah
Musti konsultasi ama ahlinya, si mbah gerasi 69
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27643
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
2 2 nya ga jelek koq mbahMSU wrote: Mon Jan 18, 2021 23:40nah bener...yang sy maksud jg versi kerehore ini...DOHC wrote: Mon Jan 18, 2021 16:56TT jg ad versi kerehore nya mbahOmnibus wrote: Mon Jan 18, 2021 12:10
TT atau Twin Tip itu versi lebih mahalnya daripada iridium. kl iridium hanya elektroda positif (jarumnya) yg terbuat dr iridium. sedangkan di TT selain elektroda positifnya iridium (atau platinum - Platinum TT) elektroda negatifnya jg ada pentolan terbuat dr platinum (sisanya nickel). advantagesnya lebih lama masa pakainya (paling lama dr semua tipe busi).
![]()
Yg nikel TT, dl itu busi pilihan saya buat si AN40, sesuai petunjuk bapak... ehh petunjuk mods hansen
kl di 7K-E jadinya kode W16TT....cuma maksudnya better pake platinum atau nickel TT ini karena harga juga mirip
Yg nikel TT itu made in nihon loh, dan kualitas finishing nya bagaikan bumi dan jupiter bedanya dbanding nikel standard yg lokal
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 23:40
nah bener...yang sy maksud jg versi kerehore ini...
kl di 7K-E jadinya kode W16TT....cuma maksudnya better pake platinum atau nickel TT ini karena harga juga mirip
7K-E?
ngapain ganti busi? nggak penting. lebih baik tuker camshaft dengan durasi yang lebih tinggi dan naikin kompresi. itu sudah cukup buat harian.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
DOHC wrote: Tue Jan 19, 2021 2:12
Anuuuuuuu
Saya jg binggung mbah
Musti konsultasi ama ahlinya, si mbah gerasi 69
menurut penerawangan nubi, kok itu seperti kurang makan ya.... pandangan matanya kosong seperti belum gajian 3 bulan.
next ....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1842
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Serba Serbi Busi
aduh jangan mbah...sy penggemar pertalite...mobil juga dipake bini...bahaya kalo toel gas njengat mbah..marmut wrote: Tue Jan 19, 2021 2:33MSU wrote: Mon Jan 18, 2021 23:40
nah bener...yang sy maksud jg versi kerehore ini...
kl di 7K-E jadinya kode W16TT....cuma maksudnya better pake platinum atau nickel TT ini karena harga juga mirip
7K-E?
ngapain ganti busi? nggak penting. lebih baik tuker camshaft dengan durasi yang lebih tinggi dan naikin kompresi. itu sudah cukup buat harian.
sebelumnya udah pake platinum karena sy males ganti2 per 20rb km mbah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Serba Serbi Busi
Kalau busi ada rekomendasi ganti based on tahun ngga ya?
Saya ganti tiap 3tahun tapi km paling baru 8000-10,000.
Saya ganti tiap 3tahun tapi km paling baru 8000-10,000.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
MSU wrote: Tue Jan 19, 2021 4:17
aduh jangan mbah...sy penggemar pertalite...mobil juga dipake bini...bahaya kalo toel gas njengat mbah..
sebelumnya udah pake platinum karena sy males ganti2 per 20rb km mbah
justru itu mbah, seri K toyota itu dikasih ron 88 masih ketinggian banget, mustinya ron 50 kayanya.
cylinder head dipapas habis aja masih belum ngelitik dikasih pertalite. ayolah lepas head aja, gampang kok..... itu mesin enak apalagi klep udah stainless steel panjang umur dijamin awet. paling valve stem sama seal-nya aja yang musti ganti.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11781
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Busi
busi sebaiknya jangan males buat ganti n jgn kelamaan. paling ga hrs dilepas pasang kadang2. takutnya ......
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Serba Serbi Busi
Mbah jangan kaya iklan2 di web dong suka clickbaitOmnibus wrote: Tue Jan 19, 2021 4:48 busi sebaiknya jangan males buat ganti n jgn kelamaan. paling ga hrs dilepas pasang kadang2. takutnya ......

ayo lanjutin mbah
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
Dat510 wrote: Tue Jan 19, 2021 4:26 Kalau busi ada rekomendasi ganti based on tahun ngga ya?
Saya ganti tiap 3tahun tapi km paling baru 8000-10,000.
berdasarkan pengalaman pribadi dengan busi copper, makin jarang mobil dipake, makin cepet umur busi.
dulu seminggu cuman 1~2× jalan dengan jarak total nggak sampe 15 KM, umur busi hanya 4~5 bulan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11781
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Busi

.......... kerak carbon yg terlalu lama jd spt ulirnya di las ke ulir yg ada di cyl head. nyabutnya setengah mati nanti. sering kejadian di mesin diesel utk injector, ngebukanya susah krn sdh ke las mati sm tumpukan carbon.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Serba Serbi Busi
Waduh seriusan mbah? umur nya jadi pendek banget gtu. Saya jalan seminggu sekali min 50 km. Busi nya iridium si, BOSCH FGR7DQP.marmut wrote: Tue Jan 19, 2021 5:10Dat510 wrote: Tue Jan 19, 2021 4:26 Kalau busi ada rekomendasi ganti based on tahun ngga ya?
Saya ganti tiap 3tahun tapi km paling baru 8000-10,000.
berdasarkan pengalaman pribadi dengan busi copper, makin jarang mobil dipake, makin cepet umur busi.
dulu seminggu cuman 1~2× jalan dengan jarak total nggak sampe 15 KM, umur busi hanya 4~5 bulan.
Hoo.. okela sabtu ini kita isi liburan dengan buka2 busi.Omnibus wrote: Tue Jan 19, 2021 5:26
.......... kerak carbon yg terlalu lama jd spt ulirnya di las ke ulir yg ada di cyl head. nyabutnya setengah mati nanti. sering kejadian di mesin diesel utk injector, ngebukanya susah krn sdh ke las mati sm tumpukan carbon.
Terima kasih ilmunya mbah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
Dat510 wrote: Tue Jan 19, 2021 6:18
Waduh seriusan mbah? umur nya jadi pendek banget gtu. Saya jalan seminggu sekali min 50 km. Busi nya iridium si, BOSCH FGR7DQP.
serius lah.... nulis di forum masa ga serius....
tapi ya itu tadi, pengalaman pribadi di mobil sendiri dengan busi copper.
entah dengan mobil lainnya....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
Dat510 wrote: Tue Jan 19, 2021 6:18
Hoo.. okela sabtu ini kita isi liburan dengan buka2 busi.
Terima kasih ilmunya mbah.
torq wrench-nya sudah ada? pake socket 16mm kan? 18~22 n.m lho......

