1 Liter BBM bisa berapa KM - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Wed Nov 26, 2008 23:17
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
Toyota Yaris type S manual 1:8 (pakai premium) dan Honda CRV 2.0. matic 1:9 (pakai shell super extra)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Jan 26, 2011 9:39
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
Peot?? Sorry ya gw ga mau offense.ak4ng wrote:itu yg ngeden lipina peot,, FWD!!!! kalo apanja sih nanjak=kuat datar lurus=ngacir,,,
so... g pernah bikin sy malu aplg udh diklaksonin+dimaki2 karna ngalangin jalan,,
Itu karena gw blon kebiasa aja sama karakter mesin & transmisi ATnya. Setelah familiar dgn pake kick down, ngacir aja tuh...
Dalkot 1:12, lukot 1:15
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
RWD, kalo mau masuk tikungan dengan cepat, cukup turun persneling 1 step untuk dapet engine brake dikit, kalo nikung ke kiri, ambil dari kanan, bejek aja gas langsung! Malah stabil! Masuk tikungan buat RWD cuman turun gas , malah limbung.
Kalo FWD masuk tikungan malah ngegas....siapin formulir klaim asuransi ajah!
Kalo FWD masuk tikungan malah ngegas....siapin formulir klaim asuransi ajah!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Jan 26, 2011 9:39
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
kok yah bangga banget ya sama RWD.... masing2 kan punya kelebihan & kekurangannya... takdirnya RWD cenderung understeer menjelang apex, klo FWD cenderung oversteer keluar apex.VanzMatic wrote:RWD, kalo mau masuk tikungan dengan cepat, cukup turun persneling 1 step untuk dapet engine brake dikit, kalo nikung ke kiri, ambil dari kanan, bejek aja gas langsung! Malah stabil! Masuk tikungan buat RWD cuman turun gas , malah limbung.
Kalo FWD masuk tikungan malah ngegas....siapin formulir klaim asuransi ajah!
lagian gw pake mobil bukan buat kebut2an kok. klo mau belok kiri ya ambil jalur kiri, bukan ambil jalur kanan kayak orang gemblung ga tau aturan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
Hehee....ngga gitu maksut ane, oom.... bukan kebut2an, tapi menjaga momen inersia agar kelembaman benda seprti tubuh manusia engga miring ke kanan waktu belok kiri atw sebaliknya. Kalo pas 'lintasan' sepi, ane bisa pakai manuver parabolik kayak gitu...mau menikung ke kiri, ambil kanan dulu sebagai sisi terluar. Begitu sampai 'titik' awal parabolik, rpm ditahan di 3500, stir belok dikit, pedal gas langsung injek lagi. Nikmat bener ngalahin FWD di tikungan kalau kyk gitu.noinx wrote:kok yah bangga banget ya sama RWD.... masing2 kan punya kelebihan & kekurangannya... takdirnya RWD cenderung understeer menjelang apex, klo FWD cenderung oversteer keluar apex.VanzMatic wrote:RWD, kalo mau masuk tikungan dengan cepat, cukup turun persneling 1 step untuk dapet engine brake dikit, kalo nikung ke kiri, ambil dari kanan, bejek aja gas langsung! Malah stabil! Masuk tikungan buat RWD cuman turun gas , malah limbung.
Kalo FWD masuk tikungan malah ngegas....siapin formulir klaim asuransi ajah!
lagian gw pake mobil bukan buat kebut2an kok. klo mau belok kiri ya ambil jalur kiri, bukan ambil jalur kanan kayak orang gemblung ga tau aturan
Awalnya seperti terkesan early brake, tapi begitu FWD baru ngerem, kita udah lewat jauh....
*belom blajar ngedrift pake Habanja* matik sih....
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2347
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
keren banget cara belok nya euy. Ajarin donk tekniknya, kalau perlu thread tersendiri.
kalau matic bukannya tinggal injek rem dan gas pas belok ya ?
kalau matic bukannya tinggal injek rem dan gas pas belok ya ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
Kalo matik, kudu liat rpm oom... Kalo pas mau belok, rpm jangan >3000rpm. Turunin dikit dengan early brake, lepas brake, tuas matik digeser ke posisi tiga, belokin stir, langsung injek gas.... Itu kalo tikungannya datar.ilhami wrote:keren banget cara belok nya euy. Ajarin donk tekniknya, kalau perlu thread tersendiri.
kalau matic bukannya tinggal injek rem dan gas pas belok ya ?
Kalo tikungannya manurung....eh.... menurun, cukup injek rem, ecu langsung nurunin gear ke posisi 3. Selanjutnya sama...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
mantap sekali VM ni,,,,VanzMatic wrote:Hehee....ngga gitu maksut ane, oom.... bukan kebut2an, tapi menjaga momen inersia agar kelembaman benda seprti tubuh manusia engga miring ke kanan waktu belok kiri atw sebaliknya. Kalo pas 'lintasan' sepi, ane bisa pakai manuver parabolik kayak gitu...mau menikung ke kiri, ambil kanan dulu sebagai sisi terluar. Begitu sampai 'titik' awal parabolik, rpm ditahan di 3500, stir belok dikit, pedal gas langsung injek lagi. Nikmat bener ngalahin FWD di tikungan kalau kyk gitu.noinx wrote:kok yah bangga banget ya sama RWD.... masing2 kan punya kelebihan & kekurangannya... takdirnya RWD cenderung understeer menjelang apex, klo FWD cenderung oversteer keluar apex.VanzMatic wrote:RWD, kalo mau masuk tikungan dengan cepat, cukup turun persneling 1 step untuk dapet engine brake dikit, kalo nikung ke kiri, ambil dari kanan, bejek aja gas langsung! Malah stabil! Masuk tikungan buat RWD cuman turun gas , malah limbung.
Kalo FWD masuk tikungan malah ngegas....siapin formulir klaim asuransi ajah!
lagian gw pake mobil bukan buat kebut2an kok. klo mau belok kiri ya ambil jalur kiri, bukan ambil jalur kanan kayak orang gemblung ga tau aturan
Awalnya seperti terkesan early brake, tapi begitu FWD baru ngerem, kita udah lewat jauh....
*belom blajar ngedrift pake Habanja* matik sih....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
nggg... ecu itu siapa oom? wah curiga nih...VanzMatic wrote:Kalo matik, kudu liat rpm oom... Kalo pas mau belok, rpm jangan >3000rpm. Turunin dikit dengan early brake, lepas brake, tuas matik digeser ke posisi tiga, belokin stir, langsung injek gas.... Itu kalo tikungannya datar.ilhami wrote:keren banget cara belok nya euy. Ajarin donk tekniknya, kalau perlu thread tersendiri.
kalau matic bukannya tinggal injek rem dan gas pas belok ya ?
Kalo tikungannya manurung....eh.... menurun, cukup injek rem, ecu langsung nurunin gear ke posisi 3. Selanjutnya sama...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
eeeeeeeeee cucurut,,,,,,,,,
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
wkwkwkwkwkwk!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
keliatan siapa yg maling teriak malingak4ng wrote:sekedar ingin tau,,, bagaimana cara momod menangani yg oot??????????? banyak bener yg oot akhir ini,,,,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
ENTE!!!!!!!!!!!
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
tuh makanya kang... jangan oot! ente sih duluan oot kan...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
hihihihihi... yg lain pasti nggak buta lah
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
momod koq oot???????
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
OOT?
kayaknya ndak ya Sen
masih dalam taraf normal lah postingan Mod di atas
kayaknya ndak ya Sen
masih dalam taraf normal lah postingan Mod di atas
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
ak4ng wrote:eeeeeeeeee cucurut,,,,,,,,,
keliatan sih siapa yg OOT, bahkan bisa dibilang nge-junkak4ng wrote:
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
ak4ng wrote:eeeeeeeeee cucurut,,,,,,,,,
sudah nge-junk, masih berani komplain begini pula di Moderator Call Zone :ak4ng wrote:
ak4ng wrote:sekedar ingin tau,,, bagaimana cara momod menangani yg oot??????????? banyak bener yg oot akhir ini,,,,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
duh, udah ah, yuk balek topik...
GV 2007 manual 2000cc, sutandar kadang2 P88 kadang P92
dalkot medan, avg 8km/l
GV 2007 manual 2000cc, sutandar kadang2 P88 kadang P92
dalkot medan, avg 8km/l
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
honda jazz 2010, shell super, rute dalam kota, 1:10.4
Permisii .............................
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Sat Dec 22, 2007 15:14
Re: 1 Liter BBM bisa berapa KM
Interesting! kayaknya bro ini udah banyak nyoba mobil nih... di share dong bro, mobil fwd apa aja, sekalian dengan fc nya juga biar ngga oot (sambil lirik momod ). Btw mobil saya kalau ngga salah sih fwd, tapi cenderung oversteer tuh, salah satunya pas dulu waktu panasan ngga dikasih nyalip/dihalang-halangin ama mobil rwd (udah lelet ngga ngasih lewat lagi ), akhirnya kesalip juga pas gigi 3 lari 130 km/h tapi langsung disambut tikungan +/- 110 an derajat tuh (kayaknya tuh mobil lelet paling2 lari 100 km/h tapi udah ngerem / downshift a bit early), saya mah ngga ngerem cuma lepas gas aja dan belokin steer pas berat mobil udah kerasa mulai pindah ke depan (pas lepas gas), dan otomatis oversteer tuh, lurusin jalan mobil dengan countersteering, hit the accel pedal again once it ready (nanggung oper ke gigi 2 soalnya masih lari 90 km/h masuk ke gigi 2 toh juga gigi 2 mentoknya 100 km/h), alhasil sih si rwd yang lelet, bandel dan ngga nyadar diri itu ketinggalan, ngga tahu karena kejut lihat fwd masuk tikungan ngga ngerem, atau emang driver nya can't keep up. Tapi dulu pernah bandingin untuk tikungan tajam (<= 90 derajat) di daerah pegunungan, quick steering dan tambah diinjak gasnya malah masuk sempurna di jalurnya lho, kalau ngga salah speed masuk tikungan itu 40 s/d 60 speed dan waktu exitnya relatif faster +/- 10 s/d 20 km/h tergantung tajamnya tikungan. Pas dicobain lepas gas eh malah agak molor dikit keluar.VanzMatic wrote:Hehee....ngga gitu maksut ane, oom.... bukan kebut2an, tapi menjaga momen inersia agar kelembaman benda seprti tubuh manusia engga miring ke kanan waktu belok kiri atw sebaliknya. Kalo pas 'lintasan' sepi, ane bisa pakai manuver parabolik kayak gitu...mau menikung ke kiri, ambil kanan dulu sebagai sisi terluar. Begitu sampai 'titik' awal parabolik, rpm ditahan di 3500, stir belok dikit, pedal gas langsung injek lagi. Nikmat bener ngalahin FWD di tikungan kalau kyk gitu.noinx wrote:kok yah bangga banget ya sama RWD.... masing2 kan punya kelebihan & kekurangannya... takdirnya RWD cenderung understeer menjelang apex, klo FWD cenderung oversteer keluar apex.VanzMatic wrote:RWD, kalo mau masuk tikungan dengan cepat, cukup turun persneling 1 step untuk dapet engine brake dikit, kalo nikung ke kiri, ambil dari kanan, bejek aja gas langsung! Malah stabil! Masuk tikungan buat RWD cuman turun gas , malah limbung.
Kalo FWD masuk tikungan malah ngegas....siapin formulir klaim asuransi ajah!
lagian gw pake mobil bukan buat kebut2an kok. klo mau belok kiri ya ambil jalur kiri, bukan ambil jalur kanan kayak orang gemblung ga tau aturan
Awalnya seperti terkesan early brake, tapi begitu FWD baru ngerem, kita udah lewat jauh....
*belom blajar ngedrift pake Habanja* matik sih....
Btw, mobil saya std semua cuman kalau ngga salah dibandingin ama mobil yang sama, kayaknya camber nya lebih negatif baik depan maupun belakang (dimana di mobil saya belakang lebih negatif cambernya dari depan, don't know why) tapi tire wear relatif normal sih. Any comment?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27188
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof