Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ariswp »

asf010 wrote: Thu Mar 27, 2025 7:58 Mohon sarannya dong om om semua
Mobil saya all new livina yg masih torque conv.matic nya,rencana mau ganti oli matic,udah hampir 5 th belum ganti,dan km masih dibawah 30 ribu km
Sebaiknya langsung di flushing saja kah?
Rencana mau ganti antara
- mobil dextron vi atf
- motul atf vi
Atau adakah saran lain yg bisa ngurangin perpindahan nya yg agak lelet di all new livina atau xpander ini?

Sama 1 lagi om,kalau untuk oli cvt jazz gk5,belum lama ganti oli transmisi,posisi udah di 40 ribuan km nya,selama ini udah 3 kali ganti oli cvt nya,next apakah tetap diganti seperti biasa atau di flushing juga?
Terimakasih sebelumnya om om semua
imho setelah 10ribuan km jalan dengan mobil atf dexron vi lalu dibandingkan dengan aisin afw vi sebelumnya, saya merasa lebih enak di aisin (case di 5at honda)

Klo motul vi no comment, tapi harganya lebih premium ketimbang aisin yg hanya 120rb per liter atau mobil dexron yang 100rb per liter
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

t105erd

Post by t105erd »

2kdpelan wrote: Mon Mar 24, 2025 3:22
DOHC wrote: Mon Mar 24, 2025 0:48
2kdpelan wrote: Sun Mar 23, 2025 12:59

Uda beli oli mahal, kl rasanya ga enak, bo kam guan bos. Jd harus dienak2in rasanya (walau sebenernya ga ada beda / ga ad perubahan). Masa beli oli 300rb/L rasanya sama kyk oli 80rb/L? Rugi donk bos :big_biglaugh:
kl beli oli mahal (misalnya kaya q8, kiyuet kiyueit itu), ga enak dan bo kam guan yah salah si user nya mbah, mau mau aj di cipua in ama sales, tau sendiri kan sales emg banyak cipua nya , oli mikrolet dibilang oli ferari
Drpd beli atf mahal2, lebih baik beli atf cooler. Proven u/ memperpanjang umur atf. Dipakai nyetir agresif cukup lama pun, minim gejala selip (ini kondisi pake oli atf murah meriah 100rban doank per liter)
Mobil sekarang atf coolernya jadi satu sama radiator bukan om? Kalo mobil saya ada tuh atf coolernya misah.
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by adri31 »

terima kasih atas saran2nya. akhir kemarin ganti pakai oli transmisi shell, harganya murah :big_smile]
DOHC wrote: Sun Mar 23, 2025 8:08
adri31 wrote: Sun Mar 23, 2025 6:50 mau tanya penggunaan oli gl5 untuk transmisi manual di mobil xenia 2022 (fwd). kalau melihat manual book, olinya 80w GL4.
Tetapi kalau mencari di pasaran, oli-oli bagus (full syn), semuanya GL5.
Apakah aman menggunakan oli GL5, di transmisi manual?
di mobil2 lama, setahuku ada gigi syncromesh berbahan kuningan yg tidak boleh pakai oli GL5. Tetapi bagaimana di mobil baru?
perkara gampang, murah plihan banyak,

bsa pake toyota atau daihatsu punya, GL4-sae 80 ad, murah di luaran ga ampe 50 rebu sliter, atau samperin beres toyota pesen yg GL4- SAE 75-85 jg bsa.. atau mampir beres batu makam (baca : nissan), atau wuling, mreka 2 2 an jg jual oli GL4 multigrade.. ganti per 20an rebu jg ud bagus, pasti shifting jg berasa enak..

ga usa lah itu pake yg mahal2 sgala buat girbok mobil biasa doank, dikibulin intuisi doank itu mah ama tukang sales2 oli ga modal
asf010
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Aug 03, 2020 11:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by asf010 »

ariswp wrote: Thu Mar 27, 2025 11:57
asf010 wrote: Thu Mar 27, 2025 7:58 Mohon sarannya dong om om semua
Mobil saya all new livina yg masih torque conv.matic nya,rencana mau ganti oli matic,udah hampir 5 th belum ganti,dan km masih dibawah 30 ribu km
Sebaiknya langsung di flushing saja kah?
Rencana mau ganti antara
- mobil dextron vi atf
- motul atf vi
Atau adakah saran lain yg bisa ngurangin perpindahan nya yg agak lelet di all new livina atau xpander ini?

Sama 1 lagi om,kalau untuk oli cvt jazz gk5,belum lama ganti oli transmisi,posisi udah di 40 ribuan km nya,selama ini udah 3 kali ganti oli cvt nya,next apakah tetap diganti seperti biasa atau di flushing juga?
Terimakasih sebelumnya om om semua
imho setelah 10ribuan km jalan dengan mobil atf dexron vi lalu dibandingkan dengan aisin afw vi sebelumnya, saya merasa lebih enak di aisin (case di 5at honda)

Klo motul vi no comment, tapi harganya lebih premium ketimbang aisin yg hanya 120rb per liter atau mobil dexron yang 100rb per liter
Yg aisin ada embel2 afw+ atau afw aja om?
Berarti 2 merk itu lebih affordable ya kira2 om?
Soalnya yg dari nissan dan mitsubishi lumayan jg harganya,tapi ya berasa lemot,kalau emang range harga segitu mending yg merk bagus sekalian kalo menurut saya yg mendang mending ini :big_childish:
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ariswp »

asf010 wrote: Thu Mar 27, 2025 15:36
ariswp wrote: Thu Mar 27, 2025 11:57
asf010 wrote: Thu Mar 27, 2025 7:58 Mohon sarannya dong om om semua
Mobil saya all new livina yg masih torque conv.matic nya,rencana mau ganti oli matic,udah hampir 5 th belum ganti,dan km masih dibawah 30 ribu km
Sebaiknya langsung di flushing saja kah?
Rencana mau ganti antara
- mobil dextron vi atf
- motul atf vi
Atau adakah saran lain yg bisa ngurangin perpindahan nya yg agak lelet di all new livina atau xpander ini?

Sama 1 lagi om,kalau untuk oli cvt jazz gk5,belum lama ganti oli transmisi,posisi udah di 40 ribuan km nya,selama ini udah 3 kali ganti oli cvt nya,next apakah tetap diganti seperti biasa atau di flushing juga?
Terimakasih sebelumnya om om semua
imho setelah 10ribuan km jalan dengan mobil atf dexron vi lalu dibandingkan dengan aisin afw vi sebelumnya, saya merasa lebih enak di aisin (case di 5at honda)

Klo motul vi no comment, tapi harganya lebih premium ketimbang aisin yg hanya 120rb per liter atau mobil dexron yang 100rb per liter
Yg aisin ada embel2 afw+ atau afw aja om?
Berarti 2 merk itu lebih affordable ya kira2 om?
Soalnya yg dari nissan dan mitsubishi lumayan jg harganya,tapi ya berasa lemot,kalau emang range harga segitu mending yg merk bagus sekalian kalo menurut saya yg mendang mending ini :big_childish:
Oli atf aisin ada 3 setahu saya : afw biasa, afw+, sama afw vi
Saya pake yg afw vi (spek dexron vi)
Kalo misal harga bukan masalah coba aja om motul vi dan hasilnya di share disini :big_peace:
Harganya setara oli2 atf tier menengah atas macem q8 evo soalnya
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by TUFF Stough »

ariswp wrote: Fri Mar 28, 2025 0:05
asf010 wrote: Thu Mar 27, 2025 15:36
ariswp wrote: Thu Mar 27, 2025 11:57

imho setelah 10ribuan km jalan dengan mobil atf dexron vi lalu dibandingkan dengan aisin afw vi sebelumnya, saya merasa lebih enak di aisin (case di 5at honda)

Klo motul vi no comment, tapi harganya lebih premium ketimbang aisin yg hanya 120rb per liter atau mobil dexron yang 100rb per liter
Yg aisin ada embel2 afw+ atau afw aja om?
Berarti 2 merk itu lebih affordable ya kira2 om?
Soalnya yg dari nissan dan mitsubishi lumayan jg harganya,tapi ya berasa lemot,kalau emang range harga segitu mending yg merk bagus sekalian kalo menurut saya yg mendang mending ini :big_childish:
Oli atf aisin ada 3 setahu saya : afw biasa, afw+, sama afw vi
Saya pake yg afw vi (spek dexron vi)
Kalo misal harga bukan masalah coba aja om motul vi dan hasilnya di share disini :big_peace:
Harganya setara oli2 atf tier menengah atas macem q8 evo soalnya
nice info. :big_exellent:

berarti bisa buat at tipe tc juga ya?
rifqioctavian
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Dec 21, 2021 14:47

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by rifqioctavian »

Suryaputra wrote: Mon Mar 10, 2025 7:58
rifqioctavian wrote: Mon Mar 10, 2025 6:46
Suryaputra wrote: Mon Mar 10, 2025 5:48

Okeh, yg penting jangan lifetime aja
Tetap rutin ganti oli cvt, dan pastikan fill-in plug nya kencang karetnya

Klo mulai agak longgar, lgs ganti, bahaya klo copot, bs habis minyaknya :mky_03:
Berarti gk perlu ditambahin lagi sampe ngacur gitu om di level check nya ?
ya itu pilihan mbah.

krn untuk nunggu sampai tinggal netes, itu kan beli olinya kudu lebih.

walau nambah 200 ml, belinya tetap 1 liter
gak bisa ngecer :big_biglaugh:
Omm kemaren ku sebelum berangkat mudik h-1 ku coba dong panasin dulu terus mainin transmisi , mesin mati kubuka level check kan belom netes ... Abis itu kutambhin kayany tuh 100 ml deh lah terus ngacur dong keluar ampe 200ml kira kira soalnya ada yang tumpah ke tanah .. jadi yang masuk di 3,9 liter dari total 4,1 liter :big_biglaugh: tapi pelajaran bagi saya adalah jangan nyemprot brake cleaner dibawah mesin kena mata karna lupa pake kacamata :big_cry:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

rifqioctavian wrote: Sat Mar 29, 2025 6:15
Suryaputra wrote: Mon Mar 10, 2025 7:58
rifqioctavian wrote: Mon Mar 10, 2025 6:46
Berarti gk perlu ditambahin lagi sampe ngacur gitu om di level check nya ?
ya itu pilihan mbah.

krn untuk nunggu sampai tinggal netes, itu kan beli olinya kudu lebih.

walau nambah 200 ml, belinya tetap 1 liter
gak bisa ngecer :big_biglaugh:
Omm kemaren ku sebelum berangkat mudik h-1 ku coba dong panasin dulu terus mainin transmisi , mesin mati kubuka level check kan belom netes ... Abis itu kutambhin kayany tuh 100 ml deh lah terus ngacur dong keluar ampe 200ml kira kira soalnya ada yang tumpah ke tanah .. jadi yang masuk di 3,9 liter dari total 4,1 liter :big_biglaugh: tapi pelajaran bagi saya adalah jangan nyemprot brake cleaner dibawah mesin kena mata karna lupa pake kacamata :big_cry:
Wah mantep fine tuningnya.
Maximum udah itu.

Pk kacamata renang aja mbah, aman kedap :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Opeakkk »

Gerlong on progress di L10 :big_peace:
Ga sabar fine tuning
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
asf010
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Aug 03, 2020 11:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by asf010 »

ariswp wrote: Fri Mar 28, 2025 0:05
asf010 wrote: Thu Mar 27, 2025 15:36
ariswp wrote: Thu Mar 27, 2025 11:57

imho setelah 10ribuan km jalan dengan mobil atf dexron vi lalu dibandingkan dengan aisin afw vi sebelumnya, saya merasa lebih enak di aisin (case di 5at honda)

Klo motul vi no comment, tapi harganya lebih premium ketimbang aisin yg hanya 120rb per liter atau mobil dexron yang 100rb per liter
Yg aisin ada embel2 afw+ atau afw aja om?
Berarti 2 merk itu lebih affordable ya kira2 om?
Soalnya yg dari nissan dan mitsubishi lumayan jg harganya,tapi ya berasa lemot,kalau emang range harga segitu mending yg merk bagus sekalian kalo menurut saya yg mendang mending ini :big_childish:
Oli atf aisin ada 3 setahu saya : afw biasa, afw+, sama afw vi
Saya pake yg afw vi (spek dexron vi)
Kalo misal harga bukan masalah coba aja om motul vi dan hasilnya di share disini :big_peace:
Harganya setara oli2 atf tier menengah atas macem q8 evo soalnya
Siap om,ini dah mesen motul vi,masih otw dikirim ke jogja,nanti saya share disini hasilnya,mudah2an bisa ngobatin atau paling gak ngurangin lemotnya perpindahan matic all new livina ini nanti
asf010
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Aug 03, 2020 11:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by asf010 »

Mau sedikit review,setelah menimbang2 antara mobil dexron vi,motul atf vi,dan aisin afw+, akhirnya mencoba beli motul atf vi
Kebutuhan untuk flushing sekitar 8 liter untuk di all new livina,waktu oli lama di "dorong" sama oli baru,keliatan item banget,walaupun jarak tempuh masih di 20 ribuan,tapi belum pernah ganti sekitar 4 tahun dari awal beli
Setelah dicoba keliling2 kota jogja beberapa hari ini,kalau dibandingkan sama oli bawaan yg mitsubishi ma1(kalau di buku petunjuk)untuk tarikan awal terasa biasa,gak ada perubahan signifikan
Perbedaan yg paling kerasa pas dibejek agak dalam gas nya,langsung spontan perpindahan gear nya,gak seperti oli bawaan yg seperti nahan dulu agak lama
Entah karena baru ganti oli setelah 4 tahun,atau memang karakter olinya seperti itu
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

asf010 wrote: Thu Apr 03, 2025 5:53 Mau sedikit review,setelah menimbang2 antara mobil dexron vi,motul atf vi,dan aisin afw+, akhirnya mencoba beli motul atf vi
Kebutuhan untuk flushing sekitar 8 liter untuk di all new livina,waktu oli lama di "dorong" sama oli baru,keliatan item banget,walaupun jarak tempuh masih di 20 ribuan,tapi belum pernah ganti sekitar 4 tahun dari awal beli
Setelah dicoba keliling2 kota jogja beberapa hari ini,kalau dibandingkan sama oli bawaan yg mitsubishi ma1(kalau di buku petunjuk)untuk tarikan awal terasa biasa,gak ada perubahan signifikan
Perbedaan yg paling kerasa pas dibejek agak dalam gas nya,langsung spontan perpindahan gear nya,gak seperti oli bawaan yg seperti nahan dulu agak lama
Entah karena baru ganti oli setelah 4 tahun,atau memang karakter olinya seperti itu

Faktor oli lamanya juga sudah near EOL jg Om.
ATF kalo baru ganti yg terasa sekali adalah heat resistantnya masih ok, habis macet2an atau habis hi rev kalo ATF baru performanya gak cepet belet..
Btw sudah fine tuning? Cek level fluidanya Om, jgn sampe kurang banyak atau kelebihan banyak..
asf010
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Aug 03, 2020 11:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by asf010 »

Chr1stm1 wrote: Thu Apr 03, 2025 6:48
asf010 wrote: Thu Apr 03, 2025 5:53 Mau sedikit review,setelah menimbang2 antara mobil dexron vi,motul atf vi,dan aisin afw+, akhirnya mencoba beli motul atf vi
Kebutuhan untuk flushing sekitar 8 liter untuk di all new livina,waktu oli lama di "dorong" sama oli baru,keliatan item banget,walaupun jarak tempuh masih di 20 ribuan,tapi belum pernah ganti sekitar 4 tahun dari awal beli
Setelah dicoba keliling2 kota jogja beberapa hari ini,kalau dibandingkan sama oli bawaan yg mitsubishi ma1(kalau di buku petunjuk)untuk tarikan awal terasa biasa,gak ada perubahan signifikan
Perbedaan yg paling kerasa pas dibejek agak dalam gas nya,langsung spontan perpindahan gear nya,gak seperti oli bawaan yg seperti nahan dulu agak lama
Entah karena baru ganti oli setelah 4 tahun,atau memang karakter olinya seperti itu

Faktor oli lamanya juga sudah near EOL jg Om.
ATF kalo baru ganti yg terasa sekali adalah heat resistantnya masih ok, habis macet2an atau habis hi rev kalo ATF baru performanya gak cepet belet..
Btw sudah fine tuning? Cek level fluidanya Om, jgn sampe kurang banyak atau kelebihan banyak..
Sepertinya sih kayak gitu om
Nanti dicoba lagi rute naik turun gunung di daerah bandara yogya,kalau selama ini kerasa banget leletnya naik turun gear kalo pas tanjakan2 panjang
Oke om,coba nanti saya coba pelajarin fine tuning nya,kayaknya di atas ada yg bahas fine tuning gitu
Harista
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Apr 09, 2025 4:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Harista »

Permisi om om sekalian, newbie numpang tanya untuk oli matic dan gardan untuk gerobak avanza RWD 2019 kira2 apa ya?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Harista wrote: Mon Apr 28, 2025 9:21 Permisi om om sekalian, newbie numpang tanya untuk oli matic dan gardan untuk gerobak avanza RWD 2019 kira2 apa ya?
Oli matic pake Toyota T-IV
Oli gardan pake 80w90 gl5 atau 75w90 gl5

Kalo di Q8 bisa pake Q8 Auto JK untuk transmisi.
Untuk gardan bisa pake T55 80w90 atau T65 75w90
ivancandinegara
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Apr 05, 2025 1:27
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CX-5

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ivancandinegara »

Halo, saya rencana tap and refill 2x oli matic Harrier XU30 2.4 pake Aisin AFW+ 2x4lt. Oli gardan ada kah di Harrier ini? Kalo ada, sebaiknya diganti juga segera kah? Dan, ada rekomendasi oli yg cocok kah? Thank you!
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

ivancandinegara wrote: Mon Apr 28, 2025 9:55 Halo, saya rencana tap and refill 2x oli matic Harrier XU30 2.4 pake Aisin AFW+ 2x4lt. Oli gardan ada kah di Harrier ini? Kalo ada, sebaiknya diganti juga segera kah? Dan, ada rekomendasi oli yg cocok kah? Thank you!
Harriernya 2wd kan? Kalo yang 2WD FWD gak ada gardan. Kalo yang 4wd baru ada gardan belakang
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 829
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

Opeakkk wrote: Sun Mar 30, 2025 7:16 Gerlong on progress di L10 :big_peace:
Ga sabar fine tuning
Gerlong atau drain and refill berapa kali ? Yang baru pakai oli apa bang ?
ivancandinegara
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Apr 05, 2025 1:27
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CX-5

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ivancandinegara »

sahabatq8 wrote: Mon Apr 28, 2025 10:43 Harriernya 2wd kan? Kalo yang 2WD FWD gak ada gardan. Kalo yang 4wd baru ada gardan belakang
Betul, 2WD. OK, noted!

Kalo utk mobil bekas 111k km baru angkut dan gak ada record maintenance matic, selain flushing (tap and refill 2x) apa sebaiknya ganti parts juga? Apa aja yah parts-nya? Thank you...
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

ivancandinegara wrote: Tue Apr 29, 2025 1:41
sahabatq8 wrote: Mon Apr 28, 2025 10:43 Harriernya 2wd kan? Kalo yang 2WD FWD gak ada gardan. Kalo yang 4wd baru ada gardan belakang
Betul, 2WD. OK, noted!

Kalo utk mobil bekas 111k km baru angkut dan gak ada record maintenance matic, selain flushing (tap and refill 2x) apa sebaiknya ganti parts juga? Apa aja yah parts-nya? Thank you...
Kalo parts maticnya seharusny sih sekalian ganti filter matic di carter paa ganti olinya.

Harrier suka masalah balance shaft biar tenang ganti aja (kalo saya sih ya)
Kalo sisanya sih ganti cairan aja coolant, minyak rem, selebihnya kalo gak ada keluhan gak perlu sih om.
ivancandinegara
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Apr 05, 2025 1:27
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CX-5

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ivancandinegara »

sahabatq8 wrote: Tue Apr 29, 2025 2:19 Kalo parts maticnya seharusny sih sekalian ganti filter matic di carter paa ganti olinya.

Harrier suka masalah balance shaft biar tenang ganti aja (kalo saya sih ya)
Kalo sisanya sih ganti cairan aja coolant, minyak rem, selebihnya kalo gak ada keluhan gak perlu sih om.
OK, thanks om. Saya beli dulu filter oli matic + gasketnya.

Urutannya gini bener gak yah?

1. Oli matic lama keluar
2. Oli matic baru masuk (4 liter pertama)
3. Mainkan persneling
4. Oli matic keluar
5. Ganti filter dan gasket baru
6. Oli matic masuk (4 liter kedua)
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

ivancandinegara wrote: Tue Apr 29, 2025 3:11
sahabatq8 wrote: Tue Apr 29, 2025 2:19 Kalo parts maticnya seharusny sih sekalian ganti filter matic di carter paa ganti olinya.

Harrier suka masalah balance shaft biar tenang ganti aja (kalo saya sih ya)
Kalo sisanya sih ganti cairan aja coolant, minyak rem, selebihnya kalo gak ada keluhan gak perlu sih om.
OK, thanks om. Saya beli dulu filter oli matic + gasketnya.

Urutannya gini bener gak yah?

1. Oli matic lama keluar
2. Oli matic baru masuk (4 liter pertama)
3. Mainkan persneling
4. Oli matic keluar
5. Ganti filter dan gasket baru
6. Oli matic masuk (4 liter kedua)
Cukup seharusnya
Harista
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Apr 09, 2025 4:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Harista »

Om saya mau tanya tentang perkurasan oli matic. Barusan saya liat diyoutub* ada salah satu pemilik bengkel mengatakan kalo beliau tidak menyarankan dilakukan kuras oli matic dgn cara diflushing, karena bisa menyebabkan matic jd jedug. Nah beliau menyarankan untuk dikuras secara manual. Pertanyaannya apakah kuras oli matic dengan cara di flushing ini beresiko ya? Saya jd bingung yg baik yg mana?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Harista wrote: Sat May 03, 2025 12:39 Om saya mau tanya tentang perkurasan oli matic. Barusan saya liat diyoutub* ada salah satu pemilik bengkel mengatakan kalo beliau tidak menyarankan dilakukan kuras oli matic dgn cara diflushing, karena bisa menyebabkan matic jd jedug. Nah beliau menyarankan untuk dikuras secara manual. Pertanyaannya apakah kuras oli matic dengan cara di flushing ini beresiko ya? Saya jd bingung yg baik yg mana?
Bebas mbah
Resiko ditanggung masing2.

Tp klo mau lowest risk... ganti manual tanpa mesin flush.
Atau sekalian ganti strainer matic, bongkar oil pan dan ganti packing seal.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri