Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
asf010 wrote: Thu Mar 27, 2025 7:58
Mohon sarannya dong om om semua
Mobil saya all new livina yg masih torque conv.matic nya,rencana mau ganti oli matic,udah hampir 5 th belum ganti,dan km masih dibawah 30 ribu km
Sebaiknya langsung di flushing saja kah?
Rencana mau ganti antara
- mobil dextron vi atf
- motul atf vi
Atau adakah saran lain yg bisa ngurangin perpindahan nya yg agak lelet di all new livina atau xpander ini?
Sama 1 lagi om,kalau untuk oli cvt jazz gk5,belum lama ganti oli transmisi,posisi udah di 40 ribuan km nya,selama ini udah 3 kali ganti oli cvt nya,next apakah tetap diganti seperti biasa atau di flushing juga?
Terimakasih sebelumnya om om semua
imho setelah 10ribuan km jalan dengan mobil atf dexron vi lalu dibandingkan dengan aisin afw vi sebelumnya, saya merasa lebih enak di aisin (case di 5at honda)
Klo motul vi no comment, tapi harganya lebih premium ketimbang aisin yg hanya 120rb per liter atau mobil dexron yang 100rb per liter
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Uda beli oli mahal, kl rasanya ga enak, bo kam guan bos. Jd harus dienak2in rasanya (walau sebenernya ga ada beda / ga ad perubahan). Masa beli oli 300rb/L rasanya sama kyk oli 80rb/L? Rugi donk bos
kl beli oli mahal (misalnya kaya q8, kiyuet kiyueit itu), ga enak dan bo kam guan yah salah si user nya mbah, mau mau aj di cipua in ama sales, tau sendiri kan sales emg banyak cipua nya , oli mikrolet dibilang oli ferari
Drpd beli atf mahal2, lebih baik beli atf cooler. Proven u/ memperpanjang umur atf. Dipakai nyetir agresif cukup lama pun, minim gejala selip (ini kondisi pake oli atf murah meriah 100rban doank per liter)
Mobil sekarang atf coolernya jadi satu sama radiator bukan om? Kalo mobil saya ada tuh atf coolernya misah.
adri31 wrote: Sun Mar 23, 2025 6:50
mau tanya penggunaan oli gl5 untuk transmisi manual di mobil xenia 2022 (fwd). kalau melihat manual book, olinya 80w GL4.
Tetapi kalau mencari di pasaran, oli-oli bagus (full syn), semuanya GL5.
Apakah aman menggunakan oli GL5, di transmisi manual?
di mobil2 lama, setahuku ada gigi syncromesh berbahan kuningan yg tidak boleh pakai oli GL5. Tetapi bagaimana di mobil baru?
perkara gampang, murah plihan banyak,
bsa pake toyota atau daihatsu punya, GL4-sae 80 ad, murah di luaran ga ampe 50 rebu sliter, atau samperin beres toyota pesen yg GL4- SAE 75-85 jg bsa.. atau mampir beres batu makam (baca : nissan), atau wuling, mreka 2 2 an jg jual oli GL4 multigrade.. ganti per 20an rebu jg ud bagus, pasti shifting jg berasa enak..
ga usa lah itu pake yg mahal2 sgala buat girbok mobil biasa doank, dikibulin intuisi doank itu mah ama tukang sales2 oli ga modal
asf010 wrote: Thu Mar 27, 2025 7:58
Mohon sarannya dong om om semua
Mobil saya all new livina yg masih torque conv.matic nya,rencana mau ganti oli matic,udah hampir 5 th belum ganti,dan km masih dibawah 30 ribu km
Sebaiknya langsung di flushing saja kah?
Rencana mau ganti antara
- mobil dextron vi atf
- motul atf vi
Atau adakah saran lain yg bisa ngurangin perpindahan nya yg agak lelet di all new livina atau xpander ini?
Sama 1 lagi om,kalau untuk oli cvt jazz gk5,belum lama ganti oli transmisi,posisi udah di 40 ribuan km nya,selama ini udah 3 kali ganti oli cvt nya,next apakah tetap diganti seperti biasa atau di flushing juga?
Terimakasih sebelumnya om om semua
imho setelah 10ribuan km jalan dengan mobil atf dexron vi lalu dibandingkan dengan aisin afw vi sebelumnya, saya merasa lebih enak di aisin (case di 5at honda)
Klo motul vi no comment, tapi harganya lebih premium ketimbang aisin yg hanya 120rb per liter atau mobil dexron yang 100rb per liter
Yg aisin ada embel2 afw+ atau afw aja om?
Berarti 2 merk itu lebih affordable ya kira2 om?
Soalnya yg dari nissan dan mitsubishi lumayan jg harganya,tapi ya berasa lemot,kalau emang range harga segitu mending yg merk bagus sekalian kalo menurut saya yg mendang mending ini
asf010 wrote: Thu Mar 27, 2025 7:58
Mohon sarannya dong om om semua
Mobil saya all new livina yg masih torque conv.matic nya,rencana mau ganti oli matic,udah hampir 5 th belum ganti,dan km masih dibawah 30 ribu km
Sebaiknya langsung di flushing saja kah?
Rencana mau ganti antara
- mobil dextron vi atf
- motul atf vi
Atau adakah saran lain yg bisa ngurangin perpindahan nya yg agak lelet di all new livina atau xpander ini?
Sama 1 lagi om,kalau untuk oli cvt jazz gk5,belum lama ganti oli transmisi,posisi udah di 40 ribuan km nya,selama ini udah 3 kali ganti oli cvt nya,next apakah tetap diganti seperti biasa atau di flushing juga?
Terimakasih sebelumnya om om semua
imho setelah 10ribuan km jalan dengan mobil atf dexron vi lalu dibandingkan dengan aisin afw vi sebelumnya, saya merasa lebih enak di aisin (case di 5at honda)
Klo motul vi no comment, tapi harganya lebih premium ketimbang aisin yg hanya 120rb per liter atau mobil dexron yang 100rb per liter
Yg aisin ada embel2 afw+ atau afw aja om?
Berarti 2 merk itu lebih affordable ya kira2 om?
Soalnya yg dari nissan dan mitsubishi lumayan jg harganya,tapi ya berasa lemot,kalau emang range harga segitu mending yg merk bagus sekalian kalo menurut saya yg mendang mending ini
Oli atf aisin ada 3 setahu saya : afw biasa, afw+, sama afw vi
Saya pake yg afw vi (spek dexron vi)
Kalo misal harga bukan masalah coba aja om motul vi dan hasilnya di share disini
Harganya setara oli2 atf tier menengah atas macem q8 evo soalnya
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
imho setelah 10ribuan km jalan dengan mobil atf dexron vi lalu dibandingkan dengan aisin afw vi sebelumnya, saya merasa lebih enak di aisin (case di 5at honda)
Klo motul vi no comment, tapi harganya lebih premium ketimbang aisin yg hanya 120rb per liter atau mobil dexron yang 100rb per liter
Yg aisin ada embel2 afw+ atau afw aja om?
Berarti 2 merk itu lebih affordable ya kira2 om?
Soalnya yg dari nissan dan mitsubishi lumayan jg harganya,tapi ya berasa lemot,kalau emang range harga segitu mending yg merk bagus sekalian kalo menurut saya yg mendang mending ini
Oli atf aisin ada 3 setahu saya : afw biasa, afw+, sama afw vi
Saya pake yg afw vi (spek dexron vi)
Kalo misal harga bukan masalah coba aja om motul vi dan hasilnya di share disini
Harganya setara oli2 atf tier menengah atas macem q8 evo soalnya
Okeh, yg penting jangan lifetime aja
Tetap rutin ganti oli cvt, dan pastikan fill-in plug nya kencang karetnya
Klo mulai agak longgar, lgs ganti, bahaya klo copot, bs habis minyaknya
Berarti gk perlu ditambahin lagi sampe ngacur gitu om di level check nya ?
ya itu pilihan mbah.
krn untuk nunggu sampai tinggal netes, itu kan beli olinya kudu lebih.
walau nambah 200 ml, belinya tetap 1 liter
gak bisa ngecer
Omm kemaren ku sebelum berangkat mudik h-1 ku coba dong panasin dulu terus mainin transmisi , mesin mati kubuka level check kan belom netes ... Abis itu kutambhin kayany tuh 100 ml deh lah terus ngacur dong keluar ampe 200ml kira kira soalnya ada yang tumpah ke tanah .. jadi yang masuk di 3,9 liter dari total 4,1 liter tapi pelajaran bagi saya adalah jangan nyemprot brake cleaner dibawah mesin kena mata karna lupa pake kacamata
rifqioctavian wrote: Mon Mar 10, 2025 6:46
Berarti gk perlu ditambahin lagi sampe ngacur gitu om di level check nya ?
ya itu pilihan mbah.
krn untuk nunggu sampai tinggal netes, itu kan beli olinya kudu lebih.
walau nambah 200 ml, belinya tetap 1 liter
gak bisa ngecer
Omm kemaren ku sebelum berangkat mudik h-1 ku coba dong panasin dulu terus mainin transmisi , mesin mati kubuka level check kan belom netes ... Abis itu kutambhin kayany tuh 100 ml deh lah terus ngacur dong keluar ampe 200ml kira kira soalnya ada yang tumpah ke tanah .. jadi yang masuk di 3,9 liter dari total 4,1 liter tapi pelajaran bagi saya adalah jangan nyemprot brake cleaner dibawah mesin kena mata karna lupa pake kacamata
Wah mantep fine tuningnya.
Maximum udah itu.
Pk kacamata renang aja mbah, aman kedap
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
imho setelah 10ribuan km jalan dengan mobil atf dexron vi lalu dibandingkan dengan aisin afw vi sebelumnya, saya merasa lebih enak di aisin (case di 5at honda)
Klo motul vi no comment, tapi harganya lebih premium ketimbang aisin yg hanya 120rb per liter atau mobil dexron yang 100rb per liter
Yg aisin ada embel2 afw+ atau afw aja om?
Berarti 2 merk itu lebih affordable ya kira2 om?
Soalnya yg dari nissan dan mitsubishi lumayan jg harganya,tapi ya berasa lemot,kalau emang range harga segitu mending yg merk bagus sekalian kalo menurut saya yg mendang mending ini
Oli atf aisin ada 3 setahu saya : afw biasa, afw+, sama afw vi
Saya pake yg afw vi (spek dexron vi)
Kalo misal harga bukan masalah coba aja om motul vi dan hasilnya di share disini
Harganya setara oli2 atf tier menengah atas macem q8 evo soalnya
Siap om,ini dah mesen motul vi,masih otw dikirim ke jogja,nanti saya share disini hasilnya,mudah2an bisa ngobatin atau paling gak ngurangin lemotnya perpindahan matic all new livina ini nanti
Mau sedikit review,setelah menimbang2 antara mobil dexron vi,motul atf vi,dan aisin afw+, akhirnya mencoba beli motul atf vi
Kebutuhan untuk flushing sekitar 8 liter untuk di all new livina,waktu oli lama di "dorong" sama oli baru,keliatan item banget,walaupun jarak tempuh masih di 20 ribuan,tapi belum pernah ganti sekitar 4 tahun dari awal beli
Setelah dicoba keliling2 kota jogja beberapa hari ini,kalau dibandingkan sama oli bawaan yg mitsubishi ma1(kalau di buku petunjuk)untuk tarikan awal terasa biasa,gak ada perubahan signifikan
Perbedaan yg paling kerasa pas dibejek agak dalam gas nya,langsung spontan perpindahan gear nya,gak seperti oli bawaan yg seperti nahan dulu agak lama
Entah karena baru ganti oli setelah 4 tahun,atau memang karakter olinya seperti itu
asf010 wrote: Thu Apr 03, 2025 5:53
Mau sedikit review,setelah menimbang2 antara mobil dexron vi,motul atf vi,dan aisin afw+, akhirnya mencoba beli motul atf vi
Kebutuhan untuk flushing sekitar 8 liter untuk di all new livina,waktu oli lama di "dorong" sama oli baru,keliatan item banget,walaupun jarak tempuh masih di 20 ribuan,tapi belum pernah ganti sekitar 4 tahun dari awal beli
Setelah dicoba keliling2 kota jogja beberapa hari ini,kalau dibandingkan sama oli bawaan yg mitsubishi ma1(kalau di buku petunjuk)untuk tarikan awal terasa biasa,gak ada perubahan signifikan
Perbedaan yg paling kerasa pas dibejek agak dalam gas nya,langsung spontan perpindahan gear nya,gak seperti oli bawaan yg seperti nahan dulu agak lama
Entah karena baru ganti oli setelah 4 tahun,atau memang karakter olinya seperti itu
Faktor oli lamanya juga sudah near EOL jg Om.
ATF kalo baru ganti yg terasa sekali adalah heat resistantnya masih ok, habis macet2an atau habis hi rev kalo ATF baru performanya gak cepet belet..
Btw sudah fine tuning? Cek level fluidanya Om, jgn sampe kurang banyak atau kelebihan banyak..
asf010 wrote: Thu Apr 03, 2025 5:53
Mau sedikit review,setelah menimbang2 antara mobil dexron vi,motul atf vi,dan aisin afw+, akhirnya mencoba beli motul atf vi
Kebutuhan untuk flushing sekitar 8 liter untuk di all new livina,waktu oli lama di "dorong" sama oli baru,keliatan item banget,walaupun jarak tempuh masih di 20 ribuan,tapi belum pernah ganti sekitar 4 tahun dari awal beli
Setelah dicoba keliling2 kota jogja beberapa hari ini,kalau dibandingkan sama oli bawaan yg mitsubishi ma1(kalau di buku petunjuk)untuk tarikan awal terasa biasa,gak ada perubahan signifikan
Perbedaan yg paling kerasa pas dibejek agak dalam gas nya,langsung spontan perpindahan gear nya,gak seperti oli bawaan yg seperti nahan dulu agak lama
Entah karena baru ganti oli setelah 4 tahun,atau memang karakter olinya seperti itu
Faktor oli lamanya juga sudah near EOL jg Om.
ATF kalo baru ganti yg terasa sekali adalah heat resistantnya masih ok, habis macet2an atau habis hi rev kalo ATF baru performanya gak cepet belet..
Btw sudah fine tuning? Cek level fluidanya Om, jgn sampe kurang banyak atau kelebihan banyak..
Sepertinya sih kayak gitu om
Nanti dicoba lagi rute naik turun gunung di daerah bandara yogya,kalau selama ini kerasa banget leletnya naik turun gear kalo pas tanjakan2 panjang
Oke om,coba nanti saya coba pelajarin fine tuning nya,kayaknya di atas ada yg bahas fine tuning gitu
Harista wrote: Mon Apr 28, 2025 9:21
Permisi om om sekalian, newbie numpang tanya untuk oli matic dan gardan untuk gerobak avanza RWD 2019 kira2 apa ya?
Oli matic pake Toyota T-IV
Oli gardan pake 80w90 gl5 atau 75w90 gl5
Kalo di Q8 bisa pake Q8 Auto JK untuk transmisi.
Untuk gardan bisa pake T55 80w90 atau T65 75w90
Halo, saya rencana tap and refill 2x oli matic Harrier XU30 2.4 pake Aisin AFW+ 2x4lt. Oli gardan ada kah di Harrier ini? Kalo ada, sebaiknya diganti juga segera kah? Dan, ada rekomendasi oli yg cocok kah? Thank you!
ivancandinegara wrote: Mon Apr 28, 2025 9:55
Halo, saya rencana tap and refill 2x oli matic Harrier XU30 2.4 pake Aisin AFW+ 2x4lt. Oli gardan ada kah di Harrier ini? Kalo ada, sebaiknya diganti juga segera kah? Dan, ada rekomendasi oli yg cocok kah? Thank you!
Harriernya 2wd kan? Kalo yang 2WD FWD gak ada gardan. Kalo yang 4wd baru ada gardan belakang
sahabatq8 wrote: Mon Apr 28, 2025 10:43
Harriernya 2wd kan? Kalo yang 2WD FWD gak ada gardan. Kalo yang 4wd baru ada gardan belakang
Betul, 2WD. OK, noted!
Kalo utk mobil bekas 111k km baru angkut dan gak ada record maintenance matic, selain flushing (tap and refill 2x) apa sebaiknya ganti parts juga? Apa aja yah parts-nya? Thank you...
sahabatq8 wrote: Mon Apr 28, 2025 10:43
Harriernya 2wd kan? Kalo yang 2WD FWD gak ada gardan. Kalo yang 4wd baru ada gardan belakang
Betul, 2WD. OK, noted!
Kalo utk mobil bekas 111k km baru angkut dan gak ada record maintenance matic, selain flushing (tap and refill 2x) apa sebaiknya ganti parts juga? Apa aja yah parts-nya? Thank you...
Kalo parts maticnya seharusny sih sekalian ganti filter matic di carter paa ganti olinya.
Harrier suka masalah balance shaft biar tenang ganti aja (kalo saya sih ya)
Kalo sisanya sih ganti cairan aja coolant, minyak rem, selebihnya kalo gak ada keluhan gak perlu sih om.
sahabatq8 wrote: Tue Apr 29, 2025 2:19
Kalo parts maticnya seharusny sih sekalian ganti filter matic di carter paa ganti olinya.
Harrier suka masalah balance shaft biar tenang ganti aja (kalo saya sih ya)
Kalo sisanya sih ganti cairan aja coolant, minyak rem, selebihnya kalo gak ada keluhan gak perlu sih om.
OK, thanks om. Saya beli dulu filter oli matic + gasketnya.
Urutannya gini bener gak yah?
1. Oli matic lama keluar
2. Oli matic baru masuk (4 liter pertama)
3. Mainkan persneling
4. Oli matic keluar
5. Ganti filter dan gasket baru
6. Oli matic masuk (4 liter kedua)
sahabatq8 wrote: Tue Apr 29, 2025 2:19
Kalo parts maticnya seharusny sih sekalian ganti filter matic di carter paa ganti olinya.
Harrier suka masalah balance shaft biar tenang ganti aja (kalo saya sih ya)
Kalo sisanya sih ganti cairan aja coolant, minyak rem, selebihnya kalo gak ada keluhan gak perlu sih om.
OK, thanks om. Saya beli dulu filter oli matic + gasketnya.
Urutannya gini bener gak yah?
1. Oli matic lama keluar
2. Oli matic baru masuk (4 liter pertama)
3. Mainkan persneling
4. Oli matic keluar
5. Ganti filter dan gasket baru
6. Oli matic masuk (4 liter kedua)
Om saya mau tanya tentang perkurasan oli matic. Barusan saya liat diyoutub* ada salah satu pemilik bengkel mengatakan kalo beliau tidak menyarankan dilakukan kuras oli matic dgn cara diflushing, karena bisa menyebabkan matic jd jedug. Nah beliau menyarankan untuk dikuras secara manual. Pertanyaannya apakah kuras oli matic dengan cara di flushing ini beresiko ya? Saya jd bingung yg baik yg mana?
Harista wrote: Sat May 03, 2025 12:39
Om saya mau tanya tentang perkurasan oli matic. Barusan saya liat diyoutub* ada salah satu pemilik bengkel mengatakan kalo beliau tidak menyarankan dilakukan kuras oli matic dgn cara diflushing, karena bisa menyebabkan matic jd jedug. Nah beliau menyarankan untuk dikuras secara manual. Pertanyaannya apakah kuras oli matic dengan cara di flushing ini beresiko ya? Saya jd bingung yg baik yg mana?
Bebas mbah
Resiko ditanggung masing2.
Tp klo mau lowest risk... ganti manual tanpa mesin flush.
Atau sekalian ganti strainer matic, bongkar oil pan dan ganti packing seal.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri