marmut wrote: Sat Dec 05, 2020 10:52
DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 16:06
mbah
mo nyambung nanya lg donk ttg topic head gasket yg tempo hari
kl kata mbah kan slama head ga melengkung, enjin ga overheat, ganti gasket ga perlu di bubut head ama blok lg kan, asal dibersihin surface mate nya gapapa
nahh kl gt perlu ga ta semprot cat cooper yg biasa buat gasket itu lg ? biar lebi "tebel" gt lapisan sealer nya
trus kl ud perna buka head gt, perlu ga ganti jg baut2 head nya ?
makasi..
cat cooper yang kaya gimana ya, ngga mudeng saya....
kalo pasang head gasket, biasanya saya liat dulu kondisi permukaan head sama blok yang akan ketemu plus si head gasketnya sendiri.
kalau head gasket-nya nggak meyakinkan, misal hawatir barang palsu, boleh pake liquid gasket macem indian head atau versachem punya kaya gini ;
20201205_173505.jpg
lho.... kok malah ini yang nongol? salah gambar. maapkeun. itu insert head yang baru aja dateng tadi pagi. salah pajang. maap sodara sekalian....
maksutnya yang ini :
20201205_173541.jpg
atau bisa juga dioles grease tipis rata. kenapa dioles grease? saya juga mau bertanya kepada sang mahaguru mbah shifu the mighty
Omnibus.
atau, bisa juga langsung pasang head gasket-nya.
baut head kalo mau aman ya beli baru saja. apalagi kalo mesinnya udah cukup berumur.
mesin 5K? mumpung head turun, papas abis aja head-nya sampe coakan yang ngadep ke distributor ilang.
udah selesai skir klep? selamat ya..... nyekir klep stainless itu sesuatu lho...... telapak tangan gatelan sebulan lebih ga ilang.
cihh.. ketidaksengajaan yg disengaja kutengok
si cooper spray gasket kaYA yg ini mbah
https://www.permatex.com/products/gaske ... p-sealant/
hoo kali ini servis trun head nya bukan saya yg kerjain mbah.. kebetulan pundak ama punggung masi keseleo gara2 maen futsal minggu lalu, kl ga seh pengen jg coba2 turun head sendiri, nonton2 yutub kayanya gampang.. jadi nya manggil montir tembak langganan.. head td ga dipapas mbah, cuman ta suru persis sperti saran si mbah dl, di bersihin aj sisa2 gasket lama, dan tadi emg ta liat masi bagus sehh mating surface si head ama enjin blok
head gasket jg akhirnya ga dpakein apa2.. beli baru lgs pasang plek..
baut head td jg akhirnya beli baru, murah lah 8 biji kl ga salah ga ampe cepeceng, entah buatan mana
nahhh soal skir klep, td sehh ta liat montirnya pake kompon yg emg special buat skir klep (mirip ama yg mbah perna posting dl), cuman doi masi pake cara manual, ga pake alat yg canggih, jd nya yahh rada lama.. skir klep bgt aj 2 jem baru klaar
td pas nyala kayanya aman seh, radiator ga ad gelembung2 aneh, knalpot pas di blayer2 jg aman.. trus skrg mobil nya lg ngaso, besok subuh lgs bertugas laga pantura.. mudah2an ga meledug
