Turboman wrote: Thu Mar 28, 2019 9:02
dimasapri wrote:Turboman wrote: Thu Mar 28, 2019 7:25
saya udah pernah test lab boss ....oli 5W30 API CJ-4
juga di oil club.ru ada tuh hasil test lab Delvac LE 5W30 (CJ-4 juga)
keduanya angka ZDDP nya relatif rendah dibanding oli 5W40 API CI-4 spt Delvac1 misal
Tapi kalo si Kendall 10W30 API CK-4 dia angka antiwear nya cukup gede......sampe 1200 an ppm total
Kalo di oli2 API CI-4 yg generasi terakhir dan CJ-4 yg antiwear nya masi gede, saya melihat ada perubahan formulasi.....angka ZDDP agak dikurangi, tapi kadar Boron di-gede in atau pake senyawa Titanium spt Kendall (add nya mungkin dr Afton chem.) .........konon senyawa Boron & Titan is less toxic to emission devices (katanya)
ZDDP dianggap harmful to DPF & Catalyst
Kalo Amsoil MDD 5W30 saya belom nemu VOA / UOA nya
Coba dicermati lagi.
Setuju ZDDP turun karena phosphorus dibatasi.
Tapi antiwear bukan cuma ZDDP kan?
Masih banyak molekul anti wear lainnya yg digunakan.
Kalaupun Delvac LE lebih rendah antiwear nya dibandingkan Delvac 1, itu keputusan Mobil.
Bukan aturan dari API.
Karena API CK-4 tidak membatasi antiwear, yg dibatasi adalah phosphorus.
Itu 2 hal yg berbeda.
Jadi kita ngomongnya ZDDP turun, tapi antiwear belum tentu.
Tergantung produsen oli.
Yg pasti CK-4 tdk otomatis antiwear turun, karena Ck-4 tdk mewajibkan antiwear turun
wkwkwkwkwkw.........tahu bulat......tahu bulat......digoreng langsung.......
Btw saya sendiri lagi test oli 5W30 API CI-4 yg kadar antiwear under 1000 ppm (ZDDP dkk)......2KD kan flat tappet nih........nanti selepas 10.000 km ane mau test......mau liat wear metals nya
yaa kita liat aja dah.........moga2 wear metals tetap jauh di bawah ambang batas.........realita adalah yg paling valid
Btw pernah baca juga kalo Phosporous itu berfungsi sbg antiwear juga.......tapi ane belom paham detailnya gimana
mungkin ada yg bisa jelaskan ?
Wah parah ini...
Tahunan ngomong soal ZDDP tapi gak paham kalau ZDDP itu tersusun dari zinc & phosphorus?
P2S5 + 4 ROH → 2 (RO)2PS2H + H2S
2 (RO)2PS2H + ZnO → Zn[(S2P(OR)2]2 + H2O
P2S5 = phosphorus pentasulfide
A phosphate is a salt containing phosphorus.
Phosphorus is the raw element, found in several allotropic forms.
Phosphate is its oxoanion, which combines with metal cations to form salts called phosphates.
ZDDP = Zinc dialkyldithiophosphates.
Sebaiknya buka ulang lah apa itu CK-4/CJ-4.
Yg dibatasi adalah phosphorus, bukan ZDDP apalagi zinc.
Phosphorus dibatasi, otomatis ZDDP ngikut.
Yg dibatasi adalah zat pollutant bagi catalyst & dpf, dalam hal ini phosphorus dan sulfated ash.
API gak sesinting itu sampai membatasi additive antiwear.
Wong engine test nya saja justru makin banyak menambahkan batasan ketat atas perlindungan terhadap engine wear (ASTM D7422, ASTM D7484, ASTM D7468, ASTM D6750, ASTM D7549, & ASTM D5966).
Lebih dikit dan ringan syarat CI-4.
Emangnya additive antiwear cuma ZDDP saja?
Masih ada moly, boron, dan titanium.
Itu yg umum diketahui oleh orang awam.
Masih banyak additive "rahasia" yg menjadi previliege produsen oli.
Sebut saja C60 milik Bardahl.
Anti wear itu tidak sesederhana melihat kandungan additive zink, phosphorus, moly, boron, atau titanium saja.
Kalau produsen oli pakai antiwear agent yg gak umum, apa sampeyan bisa tau?
Selama oli tersebut lolos uji engine wear test (untuk CK-4: ASTM D7422, ASTM D7484, ASTM D7468, ASTM D6750, ASTM D7549, & ASTM D5966), artinya antiwear agent nya bekerja dgn sangat baik