Forum spare parts part II

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Forum spare parts part II

Post by josomba »

saturday wrote: Wed Jan 15, 2025 2:21
marmut wrote: Tue Jan 14, 2025 15:20
saturday wrote: Tue Jan 14, 2025 11:06

Itu salah satu member sini beli G IVI B langsung datang ke toko kok 🤭


:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

btw yg keramik businya muter² sapa ya?

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Mbah satu itu yang kompresi mesin mobilnya tinggi 👍🏻
Hadirrrr, brisk p11 dah bisa muter2 sendiri di 1k+ KM pemakaian
:big_exellent: :big_exellent:
20250115_095539.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1604
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Forum spare parts part II

Post by t105erd »

mr_mytplx wrote: Wed Jan 15, 2025 2:54
marmut wrote: Tue Jan 14, 2025 9:06
coba aja iseng² beli genuine toyota di bengkel resmi, pas dibuka kardusnya tertera merk :

a i s i n
Beli kardus gambar logo toyota harga sejuta om? :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

DOHC wrote: Tue Jan 14, 2025 9:08
btw lg, aisin (yg aftermarket, bedain ama yg OEM punya), kadang cungkwo made loh water pump nya, kualitet nya ?? entahlah, blom tralu teruji
Kl di toko online yg ane liat kmrn ada yg aisin malay ama aisin japan om. yg japan lbh mahal 150rb an.
t105erd wrote: Tue Jan 14, 2025 10:30
saya malah pakai merk LKS om untuk waterpump 1NZ, gara2 di bengkelnya ga stok aisin, daripada berabe nanti waterpump udah bunyi2 yaudah pasang aja.

udah 2 tahun awet, padahal ga berharap banyak soalnya harganya cuma 250rb wkwk...
Sama om, ane jg yaris 1NZ.

Btw ud pernah ada pengalaman racksteer bermasalah om? di repair ato beli macem heiker atau bensco gt?
Alhamdulillah belum pernah dan jangan sampai om, kalo menurut saran temen2 sih mending beli aftermarket dari pada di repair. lha originalnya 7 juta wkwkwk.... :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum spare parts part II

Post by DOHC »

azu wrote: Tue Jan 14, 2025 14:30

Kayanya saya coba yg NPW deh mbah, lihat webnya juga lumayan meyakinkan. Kebetulan mereka ngeluarin untuk mesin ZR Toyota juga tipe T-168 :mky_01:


ohh kl beneran NPW, dan aseli nihon, lumayan itu

btw kl belt

kita orang malah lg pake gates punya d mobil2 kita orang, timing belt jg pake gates power belt

so far paling jauh di inofa, ud jalan 50 rebu dlm 5 taon masi awet

mitsuboshi malah rada parno, perna kejadian di batu makam lipindut dl, mendadak terkoyak2 pas lg macet2an
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Forum spare parts part II

Post by azu »

DOHC wrote: Wed Jan 15, 2025 8:55
azu wrote: Tue Jan 14, 2025 14:30

Kayanya saya coba yg NPW deh mbah, lihat webnya juga lumayan meyakinkan. Kebetulan mereka ngeluarin untuk mesin ZR Toyota juga tipe T-168 :mky_01:


ohh kl beneran NPW, dan aseli nihon, lumayan itu

btw kl belt

kita orang malah lg pake gates punya d mobil2 kita orang, timing belt jg pake gates power belt

so far paling jauh di inofa, ud jalan 50 rebu dlm 5 taon masi awet

mitsuboshi malah rada parno, perna kejadian di batu makam lipindut dl, mendadak terkoyak2 pas lg macet2an
Tadi tanya2 itu toko yg jual NPW, ga ada stok semua :mky_06:

Malah nawari GMB tapi dengan harga yg sama denga NPW padahal di toko lain GMB jauh dibawah NPW harganya, dikira kita orang ga ngarti harga barang kali :big_slap:

Kayanya mau cari GMB aja di Bandung sini deh soalnya susah itu cari NPW :big_childish:


Gates oke ya om? Saya lihat lebih murah lagi sih dari Mitsuboshi. Kalo ga salah OEMnya Ford juga pakai Gates
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum spare parts part II

Post by DOHC »

azu wrote: Wed Jan 15, 2025 9:48
DOHC wrote: Wed Jan 15, 2025 8:55
azu wrote: Tue Jan 14, 2025 14:30

Kayanya saya coba yg NPW deh mbah, lihat webnya juga lumayan meyakinkan. Kebetulan mereka ngeluarin untuk mesin ZR Toyota juga tipe T-168 :mky_01:


ohh kl beneran NPW, dan aseli nihon, lumayan itu

btw kl belt

kita orang malah lg pake gates punya d mobil2 kita orang, timing belt jg pake gates power belt

so far paling jauh di inofa, ud jalan 50 rebu dlm 5 taon masi awet

mitsuboshi malah rada parno, perna kejadian di batu makam lipindut dl, mendadak terkoyak2 pas lg macet2an
Tadi tanya2 itu toko yg jual NPW, ga ada stok semua :mky_06:

Malah nawari GMB tapi dengan harga yg sama denga NPW padahal di toko lain GMB jauh dibawah NPW harganya, dikira kita orang ga ngarti harga barang kali :big_slap:

Kayanya mau cari GMB aja di Bandung sini deh soalnya susah itu cari NPW :big_childish:


Gates oke ya om? Saya lihat lebih murah lagi sih dari Mitsuboshi. Kalo ga salah OEMnya Ford juga pakai Gates
NPW emg ud susah mbah, itu kan sperti yg kta orang blg, biasa utk mobil2 jadul, trutama yg non honda, wong honda aj mo cari yamada (aseli ya) ud susah banget

GMB jg bgus koq (kl aseli), biasa kl yg aseli di water pump nya ada cetakan timbul hurup GMB nya, dan finishing nya jg bagus rapi

GATES hanya oke utk urusan belt seh, terutama timing belt ya, tp kl utk klaher dan water pump, lupakan, mending buat sambit meong ama guk2 aj, barang sampah itu dia orang punya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Forum spare parts part II

Post by MSU »

20250116_055055.jpg
20250116_055042.jpg
20250116_055016.jpg
20250116_054958.jpg
Ntah barang ori / bukan
Dus tulis made in china
Fisik filter tulis made in japan & bahasa inggrisnya ada salah2 tulis jg
Fisik filter & dus sih cukup rapi buatannya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Forum spare parts part II

Post by b0ku »

josomba wrote: Wed Jan 15, 2025 2:57
saturday wrote: Wed Jan 15, 2025 2:21
marmut wrote: Tue Jan 14, 2025 15:20



:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

btw yg keramik businya muter² sapa ya?

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Mbah satu itu yang kompresi mesin mobilnya tinggi 👍🏻
Hadirrrr, brisk p11 dah bisa muter2 sendiri di 1k+ KM pemakaian
:big_exellent: :big_exellent:

20250115_095539.jpg
saya beli yang mahalnya tuh bukannya nambah kenceng malah mutung akhirnya ganti balik ke busi lama lebih ngebut :big_biglaugh:

gila itu busi saking eleknya lsg gak bisa spin mobil saya :big_bored:

akhirnya jadi rongsokan di rumah ad yang minat oe kasih gratis super low km gak sampe 1000 keknya :big_biglaugh:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Forum spare parts part II

Post by azu »

Akhirnya nemu yg jual NPW tapi di Semarang, gapapa lah cari merk GMB juga ternyata banyak yg ga ada stok :ungg:
IMG_20250119_220441.jpg

Secara penampakan build qualitynya bagus, mirip bgt yg bawaan mobilnya dan ada marking Made in Japan. Kalau yg bawaan mobil dari tulisannya sih buatan Aisin
IMG_20250119_220528.jpg
Pas dibuka ternyata waterpump yg bawaan seal bagian atasnya ada kaya rembesan coolant, mungkin ini juga yg menyebabkan reservoir suka berkurang tapi ga keliatan ada bocor.

Warna water pump dan area di blok mesin gelap, saya coba gosok2 pakai kain ga ngaruh.

Sepertinya karena owner sebelumnya sempat tidak pakai coolant, sampai pas saya beli langsung diganti coolant lagi. Tapi tidak ada tanda2 karat di area tersebut, mudah2 aman terus :mky_01:
IMG_20250119_220610.jpg
IMG_20250119_220840.jpg
Saya sikat pakai sikat gigi bekas itu groove tempat karet sealnya biar bersih, terus dicongkel pakai pick kecil diselipin kain untuk pastikan groovenya bersih. Sayang saya lupa foto setelah dibersihkan :mky_01:

Diakhiri dengan kuras coolant pakai TMO SLLC. Meskipun bisa aja gausah kuras, cukup top up coolant sejumlah yg keluar saat buka water pump. Terakhir kali kuras coolant setahun lalu pas baru beli mobil ini.
IMG_20250119_220723.jpg
Tadi habis sekitar 6 liter utk kuras coolant. Sedangkan tahun lalu pas kurasnya hanya buka drain radiator mah ga sampai 4 liter habisnya :big_think:



Btw kayanya salah thread ya bahas ini :big_slap:

Tapi kagok lanjutin pembahasan water pump aja gapapa yaa :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Haiqalesha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Forum spare parts part II

Post by Haiqalesha »

Punten, mau nanya dong om. Toko online sparepart trusted yang jual busi iridium ngk BKR5EIX-11 dimana ya ?
Di off.storenya kosong.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum spare parts part II

Post by DOHC »

azu wrote: Sun Jan 19, 2025 15:39 Akhirnya nemu yg jual NPW tapi di Semarang, gapapa lah cari merk GMB juga ternyata banyak yg ga ada stok :ungg:

IMG_20250119_220441.jpg


Secara penampakan build qualitynya bagus, mirip bgt yg bawaan mobilnya dan ada marking Made in Japan. Kalau yg bawaan mobil dari tulisannya sih buatan Aisin

IMG_20250119_220528.jpg

Pas dibuka ternyata waterpump yg bawaan seal bagian atasnya ada kaya rembesan coolant, mungkin ini juga yg menyebabkan reservoir suka berkurang tapi ga keliatan ada bocor.

Warna water pump dan area di blok mesin gelap, saya coba gosok2 pakai kain ga ngaruh.

Sepertinya karena owner sebelumnya sempat tidak pakai coolant, sampai pas saya beli langsung diganti coolant lagi. Tapi tidak ada tanda2 karat di area tersebut, mudah2 aman terus :mky_01:

IMG_20250119_220610.jpg

IMG_20250119_220840.jpg

Saya sikat pakai sikat gigi bekas itu groove tempat karet sealnya biar bersih, terus dicongkel pakai pick kecil diselipin kain untuk pastikan groovenya bersih. Sayang saya lupa foto setelah dibersihkan :mky_01:

Diakhiri dengan kuras coolant pakai TMO SLLC. Meskipun bisa aja gausah kuras, cukup top up coolant sejumlah yg keluar saat buka water pump. Terakhir kali kuras coolant setahun lalu pas baru beli mobil ini.

IMG_20250119_220723.jpg

Tadi habis sekitar 6 liter utk kuras coolant. Sedangkan tahun lalu pas kurasnya hanya buka drain radiator mah ga sampai 4 liter habisnya :big_think:



Btw kayanya salah thread ya bahas ini :big_slap:

Tapi kagok lanjutin pembahasan water pump aja gapapa yaa :big_peace:
numpang nimbrung mbah

itu rembesan yakin dari seal, atau dari weep hole di water pump nya? jarang2 water pump bawaan (dgn sil karet) bocor sikit2 dari situ, biasanya either ga bocor, atau rembes parah skalian

warna gelap gt biasa dari eletrolisis mbah, umum koq, ga bakal bsa ilang jg mo di gosok ampe atritis tangan.. makanya itu jg penting nya rajin ganti coolant, dan pake coolant yg sesuai spek mobil

btw

itu pake sil kertas, besi plaat, atau malah pake RTV ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Forum spare parts part II

Post by azu »

DOHC wrote: Sun Jan 19, 2025 23:49

numpang nimbrung mbah

itu rembesan yakin dari seal, atau dari weep hole di water pump nya? jarang2 water pump bawaan (dgn sil karet) bocor sikit2 dari situ, biasanya either ga bocor, atau rembes parah skalian

warna gelap gt biasa dari eletrolisis mbah, umum koq, ga bakal bsa ilang jg mo di gosok ampe atritis tangan.. makanya itu jg penting nya rajin ganti coolant, dan pake coolant yg sesuai spek mobil

btw

itu pake sil kertas, besi plaat, atau malah pake RTV ?
Kalau lihat foto di bagian mesinnya mbah, itu keliatan di bagian atas ada sedikit kerak yg rembes/tembus sedangkan di bagian lainnya mah bersih. Selain itu di groove tempat silnya yg bagian atas berkerak sedangkan yg bagian bawah bersih. Sebetulnya kalau dilihat dari bagian luar mah ga keliatan ada rembesan, ini baru keliatannya pas waterpump dibuka.

Makanya kemaren langsung saya kuras aja itu coolant, mumpung masih ada dua galon TMO SLLC juga di rumah, meskipun coolant sebelumnya paling baru jalan 20rb Km :big_biglaugh:

Silnya pakai karet aja mbah, silnya ada keliatan dikit di foto yg bandingin water pump lama dan baru :mky_01: dia ga pakai RTV sama sekali

Makanya saya berani ganti sendiri di rumah juga karena ga ribet gantinya, kalau pakai RTV kaya 1NZ agak peer juga itu bersihin bekas RTV lamanya.

Ditambah harga RTV yg Toyota lumayan 300ribuan setube, kalau yg equivalent dari Threebond kok saya belum nemu yg jual ya. Paling yg ada mendekati merk Permatex :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum spare parts part II

Post by DOHC »

azu wrote: Mon Jan 20, 2025 1:36
DOHC wrote: Sun Jan 19, 2025 23:49

numpang nimbrung mbah

itu rembesan yakin dari seal, atau dari weep hole di water pump nya? jarang2 water pump bawaan (dgn sil karet) bocor sikit2 dari situ, biasanya either ga bocor, atau rembes parah skalian

warna gelap gt biasa dari eletrolisis mbah, umum koq, ga bakal bsa ilang jg mo di gosok ampe atritis tangan.. makanya itu jg penting nya rajin ganti coolant, dan pake coolant yg sesuai spek mobil

btw

itu pake sil kertas, besi plaat, atau malah pake RTV ?
Kalau lihat foto di bagian mesinnya mbah, itu keliatan di bagian atas ada sedikit kerak yg rembes/tembus sedangkan di bagian lainnya mah bersih. Selain itu di groove tempat silnya yg bagian atas berkerak sedangkan yg bagian bawah bersih. Sebetulnya kalau dilihat dari bagian luar mah ga keliatan ada rembesan, ini baru keliatannya pas waterpump dibuka.

Makanya kemaren langsung saya kuras aja itu coolant, mumpung masih ada dua galon TMO SLLC juga di rumah, meskipun coolant sebelumnya paling baru jalan 20rb Km :big_biglaugh:

Silnya pakai karet aja mbah, silnya ada keliatan dikit di foto yg bandingin water pump lama dan baru :mky_01: dia ga pakai RTV sama sekali

Makanya saya berani ganti sendiri di rumah juga karena ga ribet gantinya, kalau pakai RTV kaya 1NZ agak peer juga itu bersihin bekas RTV lamanya.

Ditambah harga RTV yg Toyota lumayan 300ribuan setube, kalau yg equivalent dari Threebond kok saya belum nemu yg jual ya. Paling yg ada mendekati merk Permatex :mky_01:
copotin water pump mah itungan nya ud kuras total itu :mky_03: :mky_03:

sil nya karet yah, brani jg aisin, padahal di waterpump nya ga dikasi groove nya gt

kl waterpump sehh slama partnya aseli, pake RTV sekelas permatex (yg biru yah, bukan merah) jg ud ckup koq, asalkan masang baut2 nya di T O R S I sama rata, jamin deh ga bakal rembes bocor.

Monggo mampir tret hentul buat nanya2 mahluk dsana knapa, dan harus pake konci torsi apa :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Forum spare parts part II

Post by marmut »

azu wrote: Mon Jan 20, 2025 1:36

Ditambah harga RTV yg Toyota lumayan 300ribuan setube, kalau yg equivalent dari Threebond kok saya belum nemu yg jual ya. Paling yg ada mendekati merk Permatex :mky_01:


yg 300rb rupiah per tube bukan rtv, itu quick dry liquid gasket. hanya ada waktu (kalo nggak salah inget) 5 menit setelah dioles musti langsung pasang dan kencengin baut.
lewat dari itu musti ngulang lagi.

kalo lem rtv, setelah oles musti tunggu kering sentuh dulu (10-15 menit tergantung ambient temp.) baru bisa nempelin kedua barangnya. setelah nempelin pun nggak bisa langsung kencengin, musti tunggu lagi setidaknya 15-20 menit baru bisa dikencengin baut/murnya. dan baru bisa diisi oli/collant setelah kering sempurna sekitar 12 jam.

rtv = room temperature vulcanizing.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Forum spare parts part II

Post by azu »

DOHC wrote: Mon Jan 20, 2025 6:23

copotin water pump mah itungan nya ud kuras total itu :mky_03: :mky_03:

sil nya karet yah, brani jg aisin, padahal di waterpump nya ga dikasi groove nya gt

kl waterpump sehh slama partnya aseli, pake RTV sekelas permatex (yg biru yah, bukan merah) jg ud ckup koq, asalkan masang baut2 nya di T O R S I sama rata, jamin deh ga bakal rembes bocor.

Monggo mampir tret hentul buat nanya2 mahluk dsana knapa, dan harus pake konci torsi apa :mky_03: :mky_03: :mky_03:
hahaha iya mbah itu pas buka water pump langsung ngucur banyak, keliatannya sih semua coolant yg ada di mesin ikut keluar itu :big_biglaugh:


betul karet doang dan groovenya hanya ada di sisi mesin. tapi keretnya itu ada semacam jendul-jendulnya, jadi ketika ketekan waterpump keliatannya akan mengisi rongga-rongga yg ada. ini saya coba googling bentukannya
USZCZELKA-POMPY-WODY-TOYOTA-YARIS-AVENSIS-RAV-4-COROLLA-16271-37010-1ZR-2ZR.jpg

kemaren saya coba pasang pakai konci torsi murah aja sesuai dengan repair manual, ya mudah2an awet ga rembes aja :mky_01:

btw Permatex biru ini bisa untuk paking cover klep ga ya? tapi kasihnya ga sepanjang gasket karetnya, tapi sesuai dengan repair manual yg di bagian tidak terpasang gasket karet seperti yg dipananahin di gambar bawah
a165302.png


sama kemarin saya stel v belt coba sesuai dengan repair manual, tapi setiap stater nyalain itu ada berdecit. ini perlu distel lebih kencang? selain saat starter tidak ada decitan sih



marmut wrote: Mon Jan 20, 2025 6:46
azu wrote: Mon Jan 20, 2025 1:36

Ditambah harga RTV yg Toyota lumayan 300ribuan setube, kalau yg equivalent dari Threebond kok saya belum nemu yg jual ya. Paling yg ada mendekati merk Permatex :mky_01:


yg 300rb rupiah per tube bukan rtv, itu quick dry liquid gasket. hanya ada waktu (kalo nggak salah inget) 5 menit setelah dioles musti langsung pasang dan kencengin baut.
lewat dari itu musti ngulang lagi.

kalo lem rtv, setelah oles musti tunggu kering sentuh dulu (10-15 menit tergantung ambient temp.) baru bisa nempelin kedua barangnya. setelah nempelin pun nggak bisa langsung kencengin, musti tunggu lagi setidaknya 15-20 menit baru bisa dikencengin baut/murnya. dan baru bisa diisi oli/collant setelah kering sempurna sekitar 12 jam.

rtv = room temperature vulcanizing.
oiya betul itu Liquid Gasket, equivalentnya Threebond 1207B. saya cari Threebond itu juga harganya 300anribu :ungg:

apakah RTV bisa jadi substitusi dari liquid gasket mbah?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Forum spare parts part II

Post by marmut »

azu wrote: Mon Jan 20, 2025 8:47

oiya betul itu Liquid Gasket, equivalentnya Threebond 1207B. saya cari Threebond itu juga harganya 300anribu :ungg:

apakah RTV bisa jadi substitusi dari liquid gasket mbah?


rtv ya bagian dari liquid gasket. yg ngebedain rtv dan bukan rtv itu curing time aja.
mayoritas yg pake rtv ini ngga baca petunjuk jadi bolak balik bocor lagi dan malah nyalahin pihak lain (ya merk, ya permukaan logam nggak rata dll).

seinget saya gasket maker yg toyota bikinan threebond.

fyi, saya bukan mbah krn umur masih belia.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Forum spare parts part II

Post by marmut »

azu wrote: Mon Jan 20, 2025 8:47
btw Permatex biru ini bisa untuk paking cover klep ga ya? tapi kasihnya ga sepanjang gasket karetnya, tapi sesuai dengan repair manual yg di bagian tidak terpasang gasket karet seperti yg dipananahin di gambar bawah

a165302.png



sama kemarin saya stel v belt coba sesuai dengan repair manual, tapi setiap stater nyalain itu ada berdecit. ini perlu distel lebih kencang? selain saat starter tidak ada decitan sih





merk bebas pak, disesuaikan dgn keyakinan masing² aja.
saya biasa pake dextone atau threebond abu² krn odourless. dan kalo jarang pake apalagi sekali pake cuman sedikit², beli aja yg kecil kemasan 25 gram menghindari jengkel karena kering.
betul sekali untuk valve cover gasket umumnya ada 2-4 titik yg dioles sealer, bukan semuanya.
yg dioles itu biasa di sambungan antar logam (antara cyl. head dgn timing chain cover) dan pasti ada beda tinggi. 1 titik cukup sebutir biji jagung jgn kebanyakan.

belt berdecit biasa krn tension kurang. kalo kekencengan umumnya ada suara dengung.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Forum spare parts part II

Post by azu »

Siap kak (biar ngga manggil mbah), hatur nuhun masukannya :mky_02:



Nanti saya coba setting lagi tensionnya kalo gitu :big_grin:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Forum spare parts part II

Post by yogaecho »

Malam om,
Mau nanya klo misalnya engine mounting hanya karet/bushing nya aja yg rusak, boleh karetnya aja yg diganti atau tetap harus satu set dgn body mountingnya ya?
Klo ganti karet nya aja, apa bisa bertahan lama kyk ganti satu set? Soalnya klo harga bushingnya aja cuma 1/2 dari set mountingnya 😁

Boleh share om yg punya pengalaman ganti karet/bushing engine mounting nya. Makasih 🙏
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1604
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Forum spare parts part II

Post by t105erd »

yogaecho wrote: Wed Jan 29, 2025 15:33 Malam om,
Mau nanya klo misalnya engine mounting hanya karet/bushing nya aja yg rusak, boleh karetnya aja yg diganti atau tetap harus satu set dgn body mountingnya ya?
Klo ganti karet nya aja, apa bisa bertahan lama kyk ganti satu set? Soalnya klo harga bushingnya aja cuma 1/2 dari set mountingnya 😁

Boleh share om yg punya pengalaman ganti karet/bushing engine mounting nya. Makasih 🙏
Mobil apa pak?
karetnya doang berarti kaya masang bushing arm gitu yah? nanti karetnya masih bagus tapi lubang bushing nya udah longgar sama aja, mending 1 set sih baru semua, fits and tolerance sesuai standar pabrik.