Hadirrrr, brisk p11 dah bisa muter2 sendiri di 1k+ KM pemakaian


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Hadirrrr, brisk p11 dah bisa muter2 sendiri di 1k+ KM pemakaian
Alhamdulillah belum pernah dan jangan sampai om, kalo menurut saran temen2 sih mending beli aftermarket dari pada di repair. lha originalnya 7 juta wkwkwk....mr_mytplx wrote: Wed Jan 15, 2025 2:54Beli kardus gambar logo toyota harga sejuta om?marmut wrote: Tue Jan 14, 2025 9:06
coba aja iseng² beli genuine toyota di bengkel resmi, pas dibuka kardusnya tertera merk :
a i s i n![]()
![]()
![]()
Kl di toko online yg ane liat kmrn ada yg aisin malay ama aisin japan om. yg japan lbh mahal 150rb an.DOHC wrote: Tue Jan 14, 2025 9:08
btw lg, aisin (yg aftermarket, bedain ama yg OEM punya), kadang cungkwo made loh water pump nya, kualitet nya ?? entahlah, blom tralu teruji
Sama om, ane jg yaris 1NZ.t105erd wrote: Tue Jan 14, 2025 10:30
saya malah pakai merk LKS om untuk waterpump 1NZ, gara2 di bengkelnya ga stok aisin, daripada berabe nanti waterpump udah bunyi2 yaudah pasang aja.
udah 2 tahun awet, padahal ga berharap banyak soalnya harganya cuma 250rb wkwk...
Btw ud pernah ada pengalaman racksteer bermasalah om? di repair ato beli macem heiker atau bensco gt?
ohh kl beneran NPW, dan aseli nihon, lumayan ituazu wrote: Tue Jan 14, 2025 14:30
Kayanya saya coba yg NPW deh mbah, lihat webnya juga lumayan meyakinkan. Kebetulan mereka ngeluarin untuk mesin ZR Toyota juga tipe T-168
Tadi tanya2 itu toko yg jual NPW, ga ada stok semuaDOHC wrote: Wed Jan 15, 2025 8:55ohh kl beneran NPW, dan aseli nihon, lumayan ituazu wrote: Tue Jan 14, 2025 14:30
Kayanya saya coba yg NPW deh mbah, lihat webnya juga lumayan meyakinkan. Kebetulan mereka ngeluarin untuk mesin ZR Toyota juga tipe T-168
btw kl belt
kita orang malah lg pake gates punya d mobil2 kita orang, timing belt jg pake gates power belt
so far paling jauh di inofa, ud jalan 50 rebu dlm 5 taon masi awet
mitsuboshi malah rada parno, perna kejadian di batu makam lipindut dl, mendadak terkoyak2 pas lg macet2an
NPW emg ud susah mbah, itu kan sperti yg kta orang blg, biasa utk mobil2 jadul, trutama yg non honda, wong honda aj mo cari yamada (aseli ya) ud susah bangetazu wrote: Wed Jan 15, 2025 9:48Tadi tanya2 itu toko yg jual NPW, ga ada stok semuaDOHC wrote: Wed Jan 15, 2025 8:55ohh kl beneran NPW, dan aseli nihon, lumayan ituazu wrote: Tue Jan 14, 2025 14:30
Kayanya saya coba yg NPW deh mbah, lihat webnya juga lumayan meyakinkan. Kebetulan mereka ngeluarin untuk mesin ZR Toyota juga tipe T-168
btw kl belt
kita orang malah lg pake gates punya d mobil2 kita orang, timing belt jg pake gates power belt
so far paling jauh di inofa, ud jalan 50 rebu dlm 5 taon masi awet
mitsuboshi malah rada parno, perna kejadian di batu makam lipindut dl, mendadak terkoyak2 pas lg macet2an
Malah nawari GMB tapi dengan harga yg sama denga NPW padahal di toko lain GMB jauh dibawah NPW harganya, dikira kita orang ga ngarti harga barang kali![]()
Kayanya mau cari GMB aja di Bandung sini deh soalnya susah itu cari NPW
Gates oke ya om? Saya lihat lebih murah lagi sih dari Mitsuboshi. Kalo ga salah OEMnya Ford juga pakai Gates
saya beli yang mahalnya tuh bukannya nambah kenceng malah mutung akhirnya ganti balik ke busi lama lebih ngebut
numpang nimbrung mbahazu wrote: Sun Jan 19, 2025 15:39 Akhirnya nemu yg jual NPW tapi di Semarang, gapapa lah cari merk GMB juga ternyata banyak yg ga ada stok
IMG_20250119_220441.jpg
Secara penampakan build qualitynya bagus, mirip bgt yg bawaan mobilnya dan ada marking Made in Japan. Kalau yg bawaan mobil dari tulisannya sih buatan Aisin
IMG_20250119_220528.jpg
Pas dibuka ternyata waterpump yg bawaan seal bagian atasnya ada kaya rembesan coolant, mungkin ini juga yg menyebabkan reservoir suka berkurang tapi ga keliatan ada bocor.
Warna water pump dan area di blok mesin gelap, saya coba gosok2 pakai kain ga ngaruh.
Sepertinya karena owner sebelumnya sempat tidak pakai coolant, sampai pas saya beli langsung diganti coolant lagi. Tapi tidak ada tanda2 karat di area tersebut, mudah2 aman terus![]()
IMG_20250119_220610.jpg
IMG_20250119_220840.jpg
Saya sikat pakai sikat gigi bekas itu groove tempat karet sealnya biar bersih, terus dicongkel pakai pick kecil diselipin kain untuk pastikan groovenya bersih. Sayang saya lupa foto setelah dibersihkan
Diakhiri dengan kuras coolant pakai TMO SLLC. Meskipun bisa aja gausah kuras, cukup top up coolant sejumlah yg keluar saat buka water pump. Terakhir kali kuras coolant setahun lalu pas baru beli mobil ini.
IMG_20250119_220723.jpg
Tadi habis sekitar 6 liter utk kuras coolant. Sedangkan tahun lalu pas kurasnya hanya buka drain radiator mah ga sampai 4 liter habisnya
Btw kayanya salah thread ya bahas ini
Tapi kagok lanjutin pembahasan water pump aja gapapa yaa![]()
Kalau lihat foto di bagian mesinnya mbah, itu keliatan di bagian atas ada sedikit kerak yg rembes/tembus sedangkan di bagian lainnya mah bersih. Selain itu di groove tempat silnya yg bagian atas berkerak sedangkan yg bagian bawah bersih. Sebetulnya kalau dilihat dari bagian luar mah ga keliatan ada rembesan, ini baru keliatannya pas waterpump dibuka.DOHC wrote: Sun Jan 19, 2025 23:49
numpang nimbrung mbah
itu rembesan yakin dari seal, atau dari weep hole di water pump nya? jarang2 water pump bawaan (dgn sil karet) bocor sikit2 dari situ, biasanya either ga bocor, atau rembes parah skalian
warna gelap gt biasa dari eletrolisis mbah, umum koq, ga bakal bsa ilang jg mo di gosok ampe atritis tangan.. makanya itu jg penting nya rajin ganti coolant, dan pake coolant yg sesuai spek mobil
btw
itu pake sil kertas, besi plaat, atau malah pake RTV ?
copotin water pump mah itungan nya ud kuras total ituazu wrote: Mon Jan 20, 2025 1:36Kalau lihat foto di bagian mesinnya mbah, itu keliatan di bagian atas ada sedikit kerak yg rembes/tembus sedangkan di bagian lainnya mah bersih. Selain itu di groove tempat silnya yg bagian atas berkerak sedangkan yg bagian bawah bersih. Sebetulnya kalau dilihat dari bagian luar mah ga keliatan ada rembesan, ini baru keliatannya pas waterpump dibuka.DOHC wrote: Sun Jan 19, 2025 23:49
numpang nimbrung mbah
itu rembesan yakin dari seal, atau dari weep hole di water pump nya? jarang2 water pump bawaan (dgn sil karet) bocor sikit2 dari situ, biasanya either ga bocor, atau rembes parah skalian
warna gelap gt biasa dari eletrolisis mbah, umum koq, ga bakal bsa ilang jg mo di gosok ampe atritis tangan.. makanya itu jg penting nya rajin ganti coolant, dan pake coolant yg sesuai spek mobil
btw
itu pake sil kertas, besi plaat, atau malah pake RTV ?
Makanya kemaren langsung saya kuras aja itu coolant, mumpung masih ada dua galon TMO SLLC juga di rumah, meskipun coolant sebelumnya paling baru jalan 20rb Km
Silnya pakai karet aja mbah, silnya ada keliatan dikit di foto yg bandingin water pump lama dan barudia ga pakai RTV sama sekali
Makanya saya berani ganti sendiri di rumah juga karena ga ribet gantinya, kalau pakai RTV kaya 1NZ agak peer juga itu bersihin bekas RTV lamanya.
Ditambah harga RTV yg Toyota lumayan 300ribuan setube, kalau yg equivalent dari Threebond kok saya belum nemu yg jual ya. Paling yg ada mendekati merk Permatex![]()
azu wrote: Mon Jan 20, 2025 1:36
Ditambah harga RTV yg Toyota lumayan 300ribuan setube, kalau yg equivalent dari Threebond kok saya belum nemu yg jual ya. Paling yg ada mendekati merk Permatex![]()
hahaha iya mbah itu pas buka water pump langsung ngucur banyak, keliatannya sih semua coolant yg ada di mesin ikut keluar ituDOHC wrote: Mon Jan 20, 2025 6:23
copotin water pump mah itungan nya ud kuras total itu![]()
![]()
sil nya karet yah, brani jg aisin, padahal di waterpump nya ga dikasi groove nya gt
kl waterpump sehh slama partnya aseli, pake RTV sekelas permatex (yg biru yah, bukan merah) jg ud ckup koq, asalkan masang baut2 nya di T O R S I sama rata, jamin deh ga bakal rembes bocor.
Monggo mampir tret hentul buat nanya2 mahluk dsana knapa, dan harus pake konci torsi apa![]()
![]()
![]()
oiya betul itu Liquid Gasket, equivalentnya Threebond 1207B. saya cari Threebond itu juga harganya 300anribumarmut wrote: Mon Jan 20, 2025 6:46azu wrote: Mon Jan 20, 2025 1:36
Ditambah harga RTV yg Toyota lumayan 300ribuan setube, kalau yg equivalent dari Threebond kok saya belum nemu yg jual ya. Paling yg ada mendekati merk Permatex![]()
yg 300rb rupiah per tube bukan rtv, itu quick dry liquid gasket. hanya ada waktu (kalo nggak salah inget) 5 menit setelah dioles musti langsung pasang dan kencengin baut.
lewat dari itu musti ngulang lagi.
kalo lem rtv, setelah oles musti tunggu kering sentuh dulu (10-15 menit tergantung ambient temp.) baru bisa nempelin kedua barangnya. setelah nempelin pun nggak bisa langsung kencengin, musti tunggu lagi setidaknya 15-20 menit baru bisa dikencengin baut/murnya. dan baru bisa diisi oli/collant setelah kering sempurna sekitar 12 jam.
rtv = room temperature vulcanizing.
azu wrote: Mon Jan 20, 2025 8:47
oiya betul itu Liquid Gasket, equivalentnya Threebond 1207B. saya cari Threebond itu juga harganya 300anribu![]()
apakah RTV bisa jadi substitusi dari liquid gasket mbah?
azu wrote: Mon Jan 20, 2025 8:47
btw Permatex biru ini bisa untuk paking cover klep ga ya? tapi kasihnya ga sepanjang gasket karetnya, tapi sesuai dengan repair manual yg di bagian tidak terpasang gasket karet seperti yg dipananahin di gambar bawah
a165302.png
sama kemarin saya stel v belt coba sesuai dengan repair manual, tapi setiap stater nyalain itu ada berdecit. ini perlu distel lebih kencang? selain saat starter tidak ada decitan sih
Mobil apa pak?yogaecho wrote: Wed Jan 29, 2025 15:33 Malam om,
Mau nanya klo misalnya engine mounting hanya karet/bushing nya aja yg rusak, boleh karetnya aja yg diganti atau tetap harus satu set dgn body mountingnya ya?
Klo ganti karet nya aja, apa bisa bertahan lama kyk ganti satu set? Soalnya klo harga bushingnya aja cuma 1/2 dari set mountingnya
Boleh share om yg punya pengalaman ganti karet/bushing engine mounting nya. Makasih![]()