Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

Suryaputra wrote: Thu Sep 01, 2022 9:33 Mbahhh suhu
Omnibus
DOHC
marmut
Barusan ganti CVTF Lio dgn cara kaya gini,
https://serayamotor.com/diskusi/viewtop ... 4#p1233794
tapi lucunya, setelah dilakukan ritual tsb, lendirnya baru gumoh (fluid level check) setelah dituang 3,9 liter an :mky_05:

___________________________________________________________________________________________________________


Btw bentuknya HCF2 durasi 18200 KM

Image

Pindah HCF2 -> Kyueit CVT Evo;
Impresi awal; Tes pindah dari N ke D, atau N ke R, gak pk rem, sentakan nya super halussss.

less jedug.
Q8 cvt evo kena berapa per liter om? Bisa dibisikin linknya, terutama seller yang packingnya aman/tidak bocor :big_childish:

Itu pake cara di link tsb habis 3.9 liter ya? Apakah bakal sama volume yg diperlukan buat HRV 1.8? Buat jaga2 sedia 5 liter cukup kali ya buat HRV saya :mky_01:
Present
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

daimler wrote: Thu Sep 01, 2022 11:07
Nah iya suhu, nubi pernah baca jg soal cons nya flushing ATF pakai mesin. Kalo tidak salah beres honda adalah salah satu yg nerapin drain n refill dan ga nyaranin flushing pakai mesin buat AT nya mereka #cmiiw
Di US sana memang honda tidak menyarankan flushing pake atf exchanger sih om,
Malah Honda US merilis article teknis / technical service bulletin bagaimana cara "flushing" mayoritas ATF di dalam AT transaxle nya

di bulletin berikut ini, tertulis januari 2008 dan menggunakan ATF Z1, maka saya berasumsi ini untuk unit 5AT honda, (crv re, jazz ge8, civic fd, freed gb, brio 1.3, crv rm, civic fb, accord cp, accord cr)

saya baca agak ribet sih caranya klo sendirian, saya prefer cara drain and refill, gunakan mobil spt biasa sampe gigi 5 lock up, pake selama seminggu lalu lalu drain and refill lagi, lakukan sebanyak 3x rasanya udah cukup mengganti 70% ATF yang lama dengan ATF yang baru :mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11263
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

ariswp wrote: Thu Sep 01, 2022 11:10
Suryaputra wrote: Thu Sep 01, 2022 9:33 Mbahhh suhu
Omnibus
DOHC
marmut
Barusan ganti CVTF Lio dgn cara kaya gini,
https://serayamotor.com/diskusi/viewtop ... 4#p1233794
tapi lucunya, setelah dilakukan ritual tsb, lendirnya baru gumoh (fluid level check) setelah dituang 3,9 liter an :mky_05:

___________________________________________________________________________________________________________


Btw bentuknya HCF2 durasi 18200 KM



Pindah HCF2 -> Kyueit CVT Evo;
Impresi awal; Tes pindah dari N ke D, atau N ke R, gak pk rem, sentakan nya super halussss.

less jedug.
Q8 cvt evo kena berapa per liter om? Bisa dibisikin linknya, terutama seller yang packingnya aman/tidak bocor :big_childish:

Itu pake cara di link tsb habis 3.9 liter ya? Apakah bakal sama volume yg diperlukan buat HRV 1.8? Buat jaga2 sedia 5 liter cukup kali ya buat HRV saya :mky_01:
Hmm coba cek manual book kapasitas brp mbah?
Mungkin beda kali ya krn kapasitas mesin jg kan beda yaa.

Link tak japri mbah
Last edited by Suryaputra on Thu Sep 01, 2022 11:38, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11263
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Thu Sep 01, 2022 10:50
Suryaputra wrote: Thu Sep 01, 2022 9:33 Mbahhh suhu
Omnibus
DOHC
marmut
Barusan ganti CVTF Lio dgn cara kaya gini,
https://serayamotor.com/diskusi/viewtop ... 4#p1233794
tapi lucunya, setelah dilakukan ritual tsb, lendirnya baru gumoh (fluid level check) setelah dituang 3,9 liter an :mky_05:

___________________________________________________________________________________________________________


Btw bentuknya HCF2 durasi 18200 KM


Pindah HCF2 -> Kyueit CVT Evo;
Impresi awal; Tes pindah dari N ke D, atau N ke R, gak pk rem, sentakan nya super halussss.

less jedug.
item amat ya 18rb :upss:

di drain plug ada magnet, dibersihin ga? banyak serbuk besi disitu. ga difoto ya mbah?

3.9 ya? kebanyakan sih tp ga banyak n ga bahaya. emang membingungkan prosedur level check ahond :mky_03:
exposure kamera,
msh ada warna coklat tuanya koq :mky_01:

Drain plug minim gram, dan dah dilap dielus" mbah
mungkin krn ganti tiap <20rb Km?

gaktau klo lifetime mbah :mky_03:


daimler wrote: Thu Sep 01, 2022 11:07 Kayanya dulu pernah baca ganti oli matic cara suhu turbo, pakai trik gerlong yg selang trans oil cooler dicopot, trs sambungin pake selang aquarium yg transparan gt. Habis itu mobilnya distarter nanti ATF nya kluar lewat selang itu, klo udah mulai ada gelembunng2nya di selangnya, matiin mesin. Kemudian fill n check levelnya.#cmiiw :big_peace:
Lbh aman drpd flushing klo ragu, dan lbh banyak oli ATF yg tersirkulasi baru drpd drain n refill. Nah gatau apakah bisa diterapkan di mbl2 yg pakai CVT
Suryaputra wrote: Fri Aug 12, 2022 14:26 -cut-
Hmm coba cek manual book mbah.
Di situ ada kapasitas ATF pan nya dan jenis ATF nya apa.

Ganti saja cukup klo interval 2 thn sekali atau 20rb Km.
Krn olinya circulate dgn yg fresh.

Sy ada baca" some article,
ATF dgn multi clutch dan TC (include CVT); itu baiknya jgn diflush pk mesin.

Karena klo diflush pk mesin:
- debris bisa nyangkut di dalam krn tekanan pk mesin
- debris dr kampas kopling itu buat bantu kampas koplingnya ngelock dan ngurangin selip.
Ujung2nya fuel efficiency dan transfer tenaga lbh efisien

Jd klo sy pikir, klo prefer mau bersih, dan ganti merk ATF, sistem drain and refill 2-3x aja.

Klo mbah omni bisa sampai 4x refill kayanya :ngacir:
Nah iya suhu, nubi pernah baca jg soal cons nya flushing ATF pakai mesin. Kalo tidak salah beres honda adalah salah satu yg nerapin drain n refill dan ga nyaranin flushing pakai mesin buat AT nya mereka #cmiiw
iya emg gak disaranin klo pk mesin, bisa kesumbat kotoran dlm valve bodynya.

dan girboks cvt ini gak ada ATF cooler nya.
Last edited by Suryaputra on Thu Sep 01, 2022 11:51, edited 6 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

DOHC wrote: Thu Sep 01, 2022 11:00

Kl dulu se piara hrv

Buka baut drain, ditinggal makan ketoprak, pas balik pasang baut drain, trus masupin 3.5 liter isi jerigen honda hcf2

Slama 130 rebu km dan 7 taon, gapapa seh ampe djual


ketoprak betawi apa cirebon mbah?
disini susah cari ketoprak betawi, kebanyakan cirebon....
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11263
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

dobel & deleted.
Last edited by Suryaputra on Thu Sep 01, 2022 11:45, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11263
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Btw dapat info dari ex-Staff divisi QC nya Pabrik Honda Karawang.

Manufaktur Girboks CVT Honda, sampai saat ini hanya dibuat di 2 negara:
1. Jepang
2. Indonesia: export ke >12 Negara

Jd CiBo yg dirakit di thailand, itu Girboks CVT nya dibuat di Honda Karawang.


*cmiiw
*disclaimer
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

marmut wrote: Thu Sep 01, 2022 11:28
DOHC wrote: Thu Sep 01, 2022 11:00

Kl dulu se piara hrv

Buka baut drain, ditinggal makan ketoprak, pas balik pasang baut drain, trus masupin 3.5 liter isi jerigen honda hcf2

Slama 130 rebu km dan 7 taon, gapapa seh ampe djual


ketoprak betawi apa cirebon mbah?
disini susah cari ketoprak betawi, kebanyakan cirebon....
Yg waktu itu kita orang blg mbah

Pake nya tahu kuning yg di goreng
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Thu Sep 01, 2022 11:28

dan girboks cvt ini gak ada ATF cooler nya.
Adanya atf warmer mbah

Itu posisi nya d atas baut check atf

Dalem nya ad filter kecil, murah itu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11263
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Hasil test lendir CVT Honda HCF2
18200 KM / <2thn
Mesin std pabrik no remap.

Pemakaian kadang gas pol
Tapi lbh banyak moderat driving conditions dgn kondisi medan naik turun domisili Bandung

Bbrp bulan ke belakang dah banyak eco mode, krn bbm mihil :mky_03:

Image

Image



IMHO, sy hindari ni HCF2 kecuali klo kepepet atau msh dalam masa garansi mobil.
Why?
- Visco 100 C drop sampai 5,6 (acceptable range di 6,xx ~ 7,xx mm2/s)
- Iron agak tinggi, meskipun di bbrp artikel dibilang masih normal untuk gearbox (skrg lg pakai Q8 cvt evo untuk dibandingin selama 2 thn ke depan gmn hsl testnya)

Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.

Emang kualitas nya pas pas an lendir genuine honda ini :big_dunno:

Gmn itu nasib girboks yg dibilang lifetime?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Sun Sep 04, 2022 2:22 Hasil test lendir CVT Honda HCF2
18200 KM / <2thn
Mesin std pabrik no remap.

Pemakaian kadang gas pol
Tapi lbh banyak moderat driving conditions dgn kondisi medan naik turun domisili Bandung

Bbrp bulan ke belakang dah banyak eco mode, krn bbm mihil :mky_03:

Image

Image



IMHO, sy hindari ni HCF2 kecuali klo kepepet atau msh dalam masa garansi mobil.
Why?
- Visco 100 C drop sampai 5,6 (acceptable range di 6,xx ~ 7,xx mm2/s)
- Iron agak tinggi, meskipun di bbrp artikel dibilang masih normal untuk gearbox (skrg lg pakai Q8 cvt evo untuk dibandingin selama 2 thn ke depan gmn hsl testnya)

Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.

Emang kualitas nya pas pas an lendir genuine honda ini :big_dunno:

Gmn itu nasib girboks yg dibilang lifetime?
Plot twist nya

Ga tau nya si kiu eit ga lebi baik drpd si hcf2 :big_biglaugh:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11581
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Sun Sep 04, 2022 2:22
Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.

sudah kuduga, hitam itu fe content nya tinggi. secara gear oil ga ada oksidasi dr pembakaran.

itu sering digeber rpm tinggi ala cvt meraung ya mbah?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11581
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Sep 04, 2022 3:21
Plot twist nya

Ga tau nya si kiu eit ga lebi baik drpd si hcf2 :big_biglaugh:
:mky_03: mana musti nunggu 2 taun lagi utk tau. sing sabar mbah. :big_weee:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11263
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sun Sep 04, 2022 3:31
DOHC wrote: Sun Sep 04, 2022 3:21
Plot twist nya

Ga tau nya si kiu eit ga lebi baik drpd si hcf2 :big_biglaugh:
:mky_03: mana musti nunggu 2 taun lagi utk tau. sing sabar mbah. :big_weee:
Semoga dipanjangkan umur

Itu plot twistnya coming in summer 2024 :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Sun Sep 04, 2022 3:43, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11263
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sun Sep 04, 2022 3:30
Suryaputra wrote: Sun Sep 04, 2022 2:22
Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.

sudah kuduga, hitam itu fe content nya tinggi. secara gear oil ga ada oksidasi dr pembakaran.

itu sering digeber rpm tinggi ala cvt meraung ya mbah?
Ya main rpm 4-5k mbah
Pas nanjak cipularang doang

Tp bbrp bulan ke belakang udh nggak, lbh eco lah
Bbm naik soalnya :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1626
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Sun Sep 04, 2022 2:22 Hasil test lendir CVT Honda HCF2
18200 KM / <2thn
Mesin std pabrik no remap.

Pemakaian kadang gas pol
Tapi lbh banyak moderat driving conditions dgn kondisi medan naik turun domisili Bandung

Bbrp bulan ke belakang dah banyak eco mode, krn bbm mihil :mky_03:

Image

Image



IMHO, sy hindari ni HCF2 kecuali klo kepepet atau msh dalam masa garansi mobil.
Why?
- Visco 100 C drop sampai 5,6 (acceptable range di 6,xx ~ 7,xx mm2/s)
- Iron agak tinggi, meskipun di bbrp artikel dibilang masih normal untuk gearbox (skrg lg pakai Q8 cvt evo untuk dibandingin selama 2 thn ke depan gmn hsl testnya)

Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.

Emang kualitas nya pas pas an lendir genuine honda ini :big_dunno:

Gmn itu nasib girboks yg dibilang lifetime?
Jazakumullahu khoiron, om Suryaputra atas hasil test lab nya.

emang harga ga boong ya :big_cry:

om SahabatQ8, berhubung harga bbm naik, belum ada rencana produknya bakal ada penyesuaian harga khan? :big_blushing:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11263
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Sun Sep 04, 2022 3:58
Suryaputra wrote: Sun Sep 04, 2022 2:22 Hasil test lendir CVT Honda HCF2
18200 KM / <2thn
Mesin std pabrik no remap.

Pemakaian kadang gas pol
Tapi lbh banyak moderat driving conditions dgn kondisi medan naik turun domisili Bandung

Bbrp bulan ke belakang dah banyak eco mode, krn bbm mihil :mky_03:

Image

Image



IMHO, sy hindari ni HCF2 kecuali klo kepepet atau msh dalam masa garansi mobil.
Why?
- Visco 100 C drop sampai 5,6 (acceptable range di 6,xx ~ 7,xx mm2/s)
- Iron agak tinggi, meskipun di bbrp artikel dibilang masih normal untuk gearbox (skrg lg pakai Q8 cvt evo untuk dibandingin selama 2 thn ke depan gmn hsl testnya)

Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.

Emang kualitas nya pas pas an lendir genuine honda ini :big_dunno:

Gmn itu nasib girboks yg dibilang lifetime?
Jazakumullahu khoiron, om Suryaputra atas hasil test lab nya.

emang harga ga boong ya :big_cry:

om SahabatQ8, berhubung harga bbm naik, belum ada rencana produknya bakal ada penyesuaian harga khan? :big_blushing:
Jazakallah Khair, mbah.

Ya sebetulnya gpp, klo pk 5 thn, buat bisnis, trus jual.
Tp klo mau pakai sampai 20 tahun, yahh find another better oil :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Sep 04, 2022 3:30
Suryaputra wrote: Sun Sep 04, 2022 2:22
Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.

sudah kuduga, hitam itu fe content nya tinggi. secara gear oil ga ada oksidasi dr pembakaran.

itu sering digeber rpm tinggi ala cvt meraung ya mbah?
Ga kbayang dulu hrv kita orang ud sbrapa tipis tu belt nya mbah

Ganti per 2 kl olmes (2 x 7000km) aj ud gelap warna nya

Mana nyetir hrv ga perna bsa kalem lg nginjek gas nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11581
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Sep 04, 2022 4:34
Omnibus wrote: Sun Sep 04, 2022 3:30
Suryaputra wrote: Sun Sep 04, 2022 2:22
Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.

sudah kuduga, hitam itu fe content nya tinggi. secara gear oil ga ada oksidasi dr pembakaran.

itu sering digeber rpm tinggi ala cvt meraung ya mbah?
Ga kbayang dulu hrv kita orang ud sbrapa tipis tu belt nya mbah

Ganti per 2 kl olmes (2 x 7000km) aj ud gelap warna nya

Mana nyetir hrv ga perna bsa kalem lg nginjek gas nya
kl ai belom lama ini narik pake gigi 2 nya, pas di rpm 5500 start bunyi kreeekk kreeekkk sambil mobil ga mau nambah cepet.
tp itu gara2 sebelumnya ai iseng buka check hole n oli keluar rada banyak. kirain overfill tp sptnya malah jd underfill. abis kejadian krek krek ai tambahin lg 250mL n ampe skrg msh fine2 aja, belom dites rpm >5000 lagi sih :upss: mudah2an krek2 gara2 sikit underfill doang dah.

hmm 15rb item yah. emang rencana 10rb mau ganti nih, msh seribu km lagi biar pas odo nya 20k jd ga bingung. skrg pemakaian 10k sih msh bening mbah.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

AbdulHakim wrote: Sun Sep 04, 2022 3:58
Suryaputra wrote: Sun Sep 04, 2022 2:22 Hasil test lendir CVT Honda HCF2
18200 KM / <2thn
Mesin std pabrik no remap.

Pemakaian kadang gas pol
Tapi lbh banyak moderat driving conditions dgn kondisi medan naik turun domisili Bandung

Bbrp bulan ke belakang dah banyak eco mode, krn bbm mihil :mky_03:

Image

Image



IMHO, sy hindari ni HCF2 kecuali klo kepepet atau msh dalam masa garansi mobil.
Why?
- Visco 100 C drop sampai 5,6 (acceptable range di 6,xx ~ 7,xx mm2/s)
- Iron agak tinggi, meskipun di bbrp artikel dibilang masih normal untuk gearbox (skrg lg pakai Q8 cvt evo untuk dibandingin selama 2 thn ke depan gmn hsl testnya)

Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.

Emang kualitas nya pas pas an lendir genuine honda ini :big_dunno:

Gmn itu nasib girboks yg dibilang lifetime?
Jazakumullahu khoiron, om Suryaputra atas hasil test lab nya.

emang harga ga boong ya :big_cry:

om SahabatQ8, berhubung harga bbm naik, belum ada rencana produknya bakal ada penyesuaian harga khan? :big_blushing:
Dari kantor belum ada rencana sih, hopefully bbm segini segini aja :big_cry:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Sep 04, 2022 4:45
DOHC wrote: Sun Sep 04, 2022 4:34
Omnibus wrote: Sun Sep 04, 2022 3:30

sudah kuduga, hitam itu fe content nya tinggi. secara gear oil ga ada oksidasi dr pembakaran.

itu sering digeber rpm tinggi ala cvt meraung ya mbah?
Ga kbayang dulu hrv kita orang ud sbrapa tipis tu belt nya mbah

Ganti per 2 kl olmes (2 x 7000km) aj ud gelap warna nya

Mana nyetir hrv ga perna bsa kalem lg nginjek gas nya
kl ai belom lama ini narik pake gigi 2 nya, pas di rpm 5500 start bunyi kreeekk kreeekkk sambil mobil ga mau nambah cepet.
tp itu gara2 sebelumnya ai iseng buka check hole n oli keluar rada banyak. kirain overfill tp sptnya malah jd underfill. abis kejadian krek krek ai tambahin lg 250mL n ampe skrg msh fine2 aja, belom dites rpm >5000 lagi sih :upss: mudah2an krek2 gara2 sikit underfill doang dah.

hmm 15rb item yah. emang rencana 10rb mau ganti nih, msh seribu km lagi biar pas odo nya 20k jd ga bingung. skrg pemakaian 10k sih msh bening mbah.
Kirain kita orang yg ud paling cepet ganti

Ternjata ad yg lebi cepet lg :upss:

Tp selama pemakaian dulu si hcf2 lmayan koq mbah ampe djual, tarikan tetep yahudd
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11581
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Sep 04, 2022 5:07
Kirain kita orang yg ud paling cepet ganti

Ternjata ad yg lebi cepet lg :upss:

Tp selama pemakaian dulu si hcf2 lmayan koq mbah ampe djual, tarikan tetep yahudd
emang ga bisa samsek utk spirited driving itu cvt. mau body kecil kaya njess jg tetep ga bisa. soalnya pas gigi rendah itu driving pulley dlm posisi small diameter (dan low clamping force) sementara driven pulley dlm posisi large diameter. nah si driving pulley krn small diameter maka contact area nya kecil, pas di high rpm n beban berat dia cenderung over-run (sampe ada sebutannya lho) jd belt nya slip dr pulley nya. pdhl kan paling enak geber di gigi 1, 2, 3 buat fun.
meskipun kayanya kondisi over-run di rpm tinggi msh lbh aman drpd over-run di tanjakan pas rpm rendah krn speed difference antara slipping pulley n belt nya relatif lebih kecil jd wear nya jg lbh kecil.

ai sampe udah ga mau lagi sama yg namanya cvt buat next nya mbah. mending m/t sekalian. emang different purpose sih. cvt mah buat commute alon2 cocoknya. :upss:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Sep 04, 2022 5:27
DOHC wrote: Sun Sep 04, 2022 5:07
Kirain kita orang yg ud paling cepet ganti

Ternjata ad yg lebi cepet lg :upss:

Tp selama pemakaian dulu si hcf2 lmayan koq mbah ampe djual, tarikan tetep yahudd
emang ga bisa samsek utk spirited driving itu cvt. mau body kecil kaya njess jg tetep ga bisa. soalnya pas gigi rendah itu driving pulley dlm posisi small diameter (dan low clamping force) sementara driven pulley dlm posisi large diameter. nah si driving pulley krn small diameter maka contact area nya kecil, pas di high rpm n beban berat dia cenderung over-run (sampe ada sebutannya lho) jd belt nya slip dr pulley nya. pdhl kan paling enak geber di gigi 1, 2, 3 buat fun.
meskipun kayanya kondisi over-run di rpm tinggi msh lbh aman drpd over-run di tanjakan pas rpm rendah krn speed difference antara slipping pulley n belt nya relatif lebih kecil jd wear nya jg lbh kecil.

ai sampe udah ga mau lagi sama yg namanya cvt buat next nya mbah. mending m/t sekalian. emang different purpose sih. cvt mah buat commute alon2 cocoknya. :upss:
Mending geared a/t mbah, biarpun jadul tp tetep lebi predictable
, less fuss, ama more durable, teknologi jadul dr taon 40an ga perna salah :upss:

Btw, soal cvt, ini kita orang stuju seh, bahkan di cc yg agak gedean jg tetep ga enak buat spirited driving

Btw m/t ? Cobain brio baru mbah, enak bener tu mobil, spirited driving pake itu seh uenak jiwa itu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11263
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sun Sep 04, 2022 5:27
DOHC wrote: Sun Sep 04, 2022 5:07
Kirain kita orang yg ud paling cepet ganti

Ternjata ad yg lebi cepet lg :upss:

Tp selama pemakaian dulu si hcf2 lmayan koq mbah ampe djual, tarikan tetep yahudd
emang ga bisa samsek utk spirited driving itu cvt. mau body kecil kaya njess jg tetep ga bisa. soalnya pas gigi rendah itu driving pulley dlm posisi small diameter (dan low clamping force) sementara driven pulley dlm posisi large diameter. nah si driving pulley krn small diameter maka contact area nya kecil, pas di high rpm n beban berat dia cenderung over-run (sampe ada sebutannya lho) jd belt nya slip dr pulley nya. pdhl kan paling enak geber di gigi 1, 2, 3 buat fun.
meskipun kayanya kondisi over-run di rpm tinggi msh lbh aman drpd over-run di tanjakan pas rpm rendah krn speed difference antara slipping pulley n belt nya relatif lebih kecil jd wear nya jg lbh kecil.

ai sampe udah ga mau lagi sama yg namanya cvt buat next nya mbah. mending m/t sekalian. emang different purpose sih. cvt mah buat commute alon2 cocoknya. :upss:
Yg ngeselin skrg hampir semua mobil baru sub 300jt dah CVT.
Krn ongkos produksi emang >50% lebih efisien dibanding geared at.

Ditambah produsen lomba irit jd makin makin" deh CVT di atas angin :upss:

4at robust tapi gak enak buat nanjak.
Rasio 1 ke 2 nya terlalu renggang.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11581
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Sun Sep 04, 2022 5:56
Omnibus wrote: Sun Sep 04, 2022 5:27
DOHC wrote: Sun Sep 04, 2022 5:07
Kirain kita orang yg ud paling cepet ganti

Ternjata ad yg lebi cepet lg :upss:

Tp selama pemakaian dulu si hcf2 lmayan koq mbah ampe djual, tarikan tetep yahudd
emang ga bisa samsek utk spirited driving itu cvt. mau body kecil kaya njess jg tetep ga bisa. soalnya pas gigi rendah itu driving pulley dlm posisi small diameter (dan low clamping force) sementara driven pulley dlm posisi large diameter. nah si driving pulley krn small diameter maka contact area nya kecil, pas di high rpm n beban berat dia cenderung over-run (sampe ada sebutannya lho) jd belt nya slip dr pulley nya. pdhl kan paling enak geber di gigi 1, 2, 3 buat fun.
meskipun kayanya kondisi over-run di rpm tinggi msh lbh aman drpd over-run di tanjakan pas rpm rendah krn speed difference antara slipping pulley n belt nya relatif lebih kecil jd wear nya jg lbh kecil.

ai sampe udah ga mau lagi sama yg namanya cvt buat next nya mbah. mending m/t sekalian. emang different purpose sih. cvt mah buat commute alon2 cocoknya. :upss:
Yg ngeselin skrg hampir semua mobil baru sub 300jt dah CVT.
Krn ongkos produksi emang >50% lebih efisien dibanding geared at.

Ditambah produsen lomba irit jd makin makin" deh CVT di atas angin :upss:

4at robust tapi gak enak buat nanjak.
Rasio 1 ke 2 nya terlalu renggang.
msh banyak mbah mobil baru yg non cvt. bajetnya aja yg musti dinaikin :upss: