Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Pindah HCF2 -> Kyueit CVT Evo;
Impresi awal; Tes pindah dari N ke D, atau N ke R, gak pk rem, sentakan nya super halussss.
less jedug.
Q8 cvt evo kena berapa per liter om? Bisa dibisikin linknya, terutama seller yang packingnya aman/tidak bocor
Itu pake cara di link tsb habis 3.9 liter ya? Apakah bakal sama volume yg diperlukan buat HRV 1.8? Buat jaga2 sedia 5 liter cukup kali ya buat HRV saya
Present
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
daimler wrote: ↑Thu Sep 01, 2022 11:07
Nah iya suhu, nubi pernah baca jg soal cons nya flushing ATF pakai mesin. Kalo tidak salah beres honda adalah salah satu yg nerapin drain n refill dan ga nyaranin flushing pakai mesin buat AT nya mereka #cmiiw
Di US sana memang honda tidak menyarankan flushing pake atf exchanger sih om,
Malah Honda US merilis article teknis / technical service bulletin bagaimana cara "flushing" mayoritas ATF di dalam AT transaxle nya
di bulletin berikut ini, tertulis januari 2008 dan menggunakan ATF Z1, maka saya berasumsi ini untuk unit 5AT honda, (crv re, jazz ge8, civic fd, freed gb, brio 1.3, crv rm, civic fb, accord cp, accord cr)
saya baca agak ribet sih caranya klo sendirian, saya prefer cara drain and refill, gunakan mobil spt biasa sampe gigi 5 lock up, pake selama seminggu lalu lalu drain and refill lagi, lakukan sebanyak 3x rasanya udah cukup mengganti 70% ATF yang lama dengan ATF yang baru
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Pindah HCF2 -> Kyueit CVT Evo;
Impresi awal; Tes pindah dari N ke D, atau N ke R, gak pk rem, sentakan nya super halussss.
less jedug.
Q8 cvt evo kena berapa per liter om? Bisa dibisikin linknya, terutama seller yang packingnya aman/tidak bocor
Itu pake cara di link tsb habis 3.9 liter ya? Apakah bakal sama volume yg diperlukan buat HRV 1.8? Buat jaga2 sedia 5 liter cukup kali ya buat HRV saya
Hmm coba cek manual book kapasitas brp mbah?
Mungkin beda kali ya krn kapasitas mesin jg kan beda yaa.
Link tak japri mbah
Last edited by Suryaputra on Thu Sep 01, 2022 11:38, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Pindah HCF2 -> Kyueit CVT Evo;
Impresi awal; Tes pindah dari N ke D, atau N ke R, gak pk rem, sentakan nya super halussss.
less jedug.
item amat ya 18rb
di drain plug ada magnet, dibersihin ga? banyak serbuk besi disitu. ga difoto ya mbah?
3.9 ya? kebanyakan sih tp ga banyak n ga bahaya. emang membingungkan prosedur level check ahond
exposure kamera,
msh ada warna coklat tuanya koq
Drain plug minim gram, dan dah dilap dielus" mbah
mungkin krn ganti tiap <20rb Km?
gaktau klo lifetime mbah
daimler wrote: ↑Thu Sep 01, 2022 11:07
Kayanya dulu pernah baca ganti oli matic cara suhu turbo, pakai trik gerlong yg selang trans oil cooler dicopot, trs sambungin pake selang aquarium yg transparan gt. Habis itu mobilnya distarter nanti ATF nya kluar lewat selang itu, klo udah mulai ada gelembunng2nya di selangnya, matiin mesin. Kemudian fill n check levelnya.#cmiiw
Lbh aman drpd flushing klo ragu, dan lbh banyak oli ATF yg tersirkulasi baru drpd drain n refill. Nah gatau apakah bisa diterapkan di mbl2 yg pakai CVT
Suryaputra wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 14:26
-cut-
Hmm coba cek manual book mbah.
Di situ ada kapasitas ATF pan nya dan jenis ATF nya apa.
Ganti saja cukup klo interval 2 thn sekali atau 20rb Km.
Krn olinya circulate dgn yg fresh.
Sy ada baca" some article,
ATF dgn multi clutch dan TC (include CVT); itu baiknya jgn diflush pk mesin.
Karena klo diflush pk mesin:
- debris bisa nyangkut di dalam krn tekanan pk mesin
- debris dr kampas kopling itu buat bantu kampas koplingnya ngelock dan ngurangin selip.
Ujung2nya fuel efficiency dan transfer tenaga lbh efisien
Jd klo sy pikir, klo prefer mau bersih, dan ganti merk ATF, sistem drain and refill 2-3x aja.
Klo mbah omni bisa sampai 4x refill kayanya
Nah iya suhu, nubi pernah baca jg soal cons nya flushing ATF pakai mesin. Kalo tidak salah beres honda adalah salah satu yg nerapin drain n refill dan ga nyaranin flushing pakai mesin buat AT nya mereka #cmiiw
iya emg gak disaranin klo pk mesin, bisa kesumbat kotoran dlm valve bodynya.
dan girboks cvt ini gak ada ATF cooler nya.
Last edited by Suryaputra on Thu Sep 01, 2022 11:51, edited 6 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Hasil test lendir CVT Honda HCF2
18200 KM / <2thn
Mesin std pabrik no remap.
Pemakaian kadang gas pol
Tapi lbh banyak moderat driving conditions dgn kondisi medan naik turun domisili Bandung
Bbrp bulan ke belakang dah banyak eco mode, krn bbm mihil
IMHO, sy hindari ni HCF2 kecuali klo kepepet atau msh dalam masa garansi mobil.
Why?
- Visco 100 C drop sampai 5,6 (acceptable range di 6,xx ~ 7,xx mm2/s)
- Iron agak tinggi, meskipun di bbrp artikel dibilang masih normal untuk gearbox (skrg lg pakai Q8 cvt evo untuk dibandingin selama 2 thn ke depan gmn hsl testnya)
Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.
Emang kualitas nya pas pas an lendir genuine honda ini
Gmn itu nasib girboks yg dibilang lifetime?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: ↑Sun Sep 04, 2022 2:22
Hasil test lendir CVT Honda HCF2
18200 KM / <2thn
Mesin std pabrik no remap.
Pemakaian kadang gas pol
Tapi lbh banyak moderat driving conditions dgn kondisi medan naik turun domisili Bandung
Bbrp bulan ke belakang dah banyak eco mode, krn bbm mihil
IMHO, sy hindari ni HCF2 kecuali klo kepepet atau msh dalam masa garansi mobil.
Why?
- Visco 100 C drop sampai 5,6 (acceptable range di 6,xx ~ 7,xx mm2/s)
- Iron agak tinggi, meskipun di bbrp artikel dibilang masih normal untuk gearbox (skrg lg pakai Q8 cvt evo untuk dibandingin selama 2 thn ke depan gmn hsl testnya)
Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.
Emang kualitas nya pas pas an lendir genuine honda ini
Suryaputra wrote: ↑Sun Sep 04, 2022 2:22
Hasil test lendir CVT Honda HCF2
18200 KM / <2thn
Mesin std pabrik no remap.
Pemakaian kadang gas pol
Tapi lbh banyak moderat driving conditions dgn kondisi medan naik turun domisili Bandung
Bbrp bulan ke belakang dah banyak eco mode, krn bbm mihil
IMHO, sy hindari ni HCF2 kecuali klo kepepet atau msh dalam masa garansi mobil.
Why?
- Visco 100 C drop sampai 5,6 (acceptable range di 6,xx ~ 7,xx mm2/s)
- Iron agak tinggi, meskipun di bbrp artikel dibilang masih normal untuk gearbox (skrg lg pakai Q8 cvt evo untuk dibandingin selama 2 thn ke depan gmn hsl testnya)
Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.
Emang kualitas nya pas pas an lendir genuine honda ini
Gmn itu nasib girboks yg dibilang lifetime?
Jazakumullahu khoiron, om Suryaputra atas hasil test lab nya.
emang harga ga boong ya
om SahabatQ8, berhubung harga bbm naik, belum ada rencana produknya bakal ada penyesuaian harga khan?
Suryaputra wrote: ↑Sun Sep 04, 2022 2:22
Hasil test lendir CVT Honda HCF2
18200 KM / <2thn
Mesin std pabrik no remap.
Pemakaian kadang gas pol
Tapi lbh banyak moderat driving conditions dgn kondisi medan naik turun domisili Bandung
Bbrp bulan ke belakang dah banyak eco mode, krn bbm mihil
IMHO, sy hindari ni HCF2 kecuali klo kepepet atau msh dalam masa garansi mobil.
Why?
- Visco 100 C drop sampai 5,6 (acceptable range di 6,xx ~ 7,xx mm2/s)
- Iron agak tinggi, meskipun di bbrp artikel dibilang masih normal untuk gearbox (skrg lg pakai Q8 cvt evo untuk dibandingin selama 2 thn ke depan gmn hsl testnya)
Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.
Emang kualitas nya pas pas an lendir genuine honda ini
Gmn itu nasib girboks yg dibilang lifetime?
Jazakumullahu khoiron, om Suryaputra atas hasil test lab nya.
emang harga ga boong ya
om SahabatQ8, berhubung harga bbm naik, belum ada rencana produknya bakal ada penyesuaian harga khan?
Jazakallah Khair, mbah.
Ya sebetulnya gpp, klo pk 5 thn, buat bisnis, trus jual.
Tp klo mau pakai sampai 20 tahun, yahh find another better oil
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: ↑Sun Sep 04, 2022 2:22
Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.
sudah kuduga, hitam itu fe content nya tinggi. secara gear oil ga ada oksidasi dr pembakaran.
itu sering digeber rpm tinggi ala cvt meraung ya mbah?
Ga kbayang dulu hrv kita orang ud sbrapa tipis tu belt nya mbah
Ganti per 2 kl olmes (2 x 7000km) aj ud gelap warna nya
Mana nyetir hrv ga perna bsa kalem lg nginjek gas nya
kl ai belom lama ini narik pake gigi 2 nya, pas di rpm 5500 start bunyi kreeekk kreeekkk sambil mobil ga mau nambah cepet.
tp itu gara2 sebelumnya ai iseng buka check hole n oli keluar rada banyak. kirain overfill tp sptnya malah jd underfill. abis kejadian krek krek ai tambahin lg 250mL n ampe skrg msh fine2 aja, belom dites rpm >5000 lagi sih mudah2an krek2 gara2 sikit underfill doang dah.
hmm 15rb item yah. emang rencana 10rb mau ganti nih, msh seribu km lagi biar pas odo nya 20k jd ga bingung. skrg pemakaian 10k sih msh bening mbah.
Suryaputra wrote: ↑Sun Sep 04, 2022 2:22
Hasil test lendir CVT Honda HCF2
18200 KM / <2thn
Mesin std pabrik no remap.
Pemakaian kadang gas pol
Tapi lbh banyak moderat driving conditions dgn kondisi medan naik turun domisili Bandung
Bbrp bulan ke belakang dah banyak eco mode, krn bbm mihil
IMHO, sy hindari ni HCF2 kecuali klo kepepet atau msh dalam masa garansi mobil.
Why?
- Visco 100 C drop sampai 5,6 (acceptable range di 6,xx ~ 7,xx mm2/s)
- Iron agak tinggi, meskipun di bbrp artikel dibilang masih normal untuk gearbox (skrg lg pakai Q8 cvt evo untuk dibandingin selama 2 thn ke depan gmn hsl testnya)
Iron di cvt berarti di bagian pulley dan belt nya.
Emang kualitas nya pas pas an lendir genuine honda ini
Gmn itu nasib girboks yg dibilang lifetime?
Jazakumullahu khoiron, om Suryaputra atas hasil test lab nya.
emang harga ga boong ya
om SahabatQ8, berhubung harga bbm naik, belum ada rencana produknya bakal ada penyesuaian harga khan?
Dari kantor belum ada rencana sih, hopefully bbm segini segini aja
sudah kuduga, hitam itu fe content nya tinggi. secara gear oil ga ada oksidasi dr pembakaran.
itu sering digeber rpm tinggi ala cvt meraung ya mbah?
Ga kbayang dulu hrv kita orang ud sbrapa tipis tu belt nya mbah
Ganti per 2 kl olmes (2 x 7000km) aj ud gelap warna nya
Mana nyetir hrv ga perna bsa kalem lg nginjek gas nya
kl ai belom lama ini narik pake gigi 2 nya, pas di rpm 5500 start bunyi kreeekk kreeekkk sambil mobil ga mau nambah cepet.
tp itu gara2 sebelumnya ai iseng buka check hole n oli keluar rada banyak. kirain overfill tp sptnya malah jd underfill. abis kejadian krek krek ai tambahin lg 250mL n ampe skrg msh fine2 aja, belom dites rpm >5000 lagi sih mudah2an krek2 gara2 sikit underfill doang dah.
hmm 15rb item yah. emang rencana 10rb mau ganti nih, msh seribu km lagi biar pas odo nya 20k jd ga bingung. skrg pemakaian 10k sih msh bening mbah.
Kirain kita orang yg ud paling cepet ganti
Ternjata ad yg lebi cepet lg
Tp selama pemakaian dulu si hcf2 lmayan koq mbah ampe djual, tarikan tetep yahudd
DOHC wrote: ↑Sun Sep 04, 2022 5:07
Kirain kita orang yg ud paling cepet ganti
Ternjata ad yg lebi cepet lg
Tp selama pemakaian dulu si hcf2 lmayan koq mbah ampe djual, tarikan tetep yahudd
emang ga bisa samsek utk spirited driving itu cvt. mau body kecil kaya njess jg tetep ga bisa. soalnya pas gigi rendah itu driving pulley dlm posisi small diameter (dan low clamping force) sementara driven pulley dlm posisi large diameter. nah si driving pulley krn small diameter maka contact area nya kecil, pas di high rpm n beban berat dia cenderung over-run (sampe ada sebutannya lho) jd belt nya slip dr pulley nya. pdhl kan paling enak geber di gigi 1, 2, 3 buat fun.
meskipun kayanya kondisi over-run di rpm tinggi msh lbh aman drpd over-run di tanjakan pas rpm rendah krn speed difference antara slipping pulley n belt nya relatif lebih kecil jd wear nya jg lbh kecil.
ai sampe udah ga mau lagi sama yg namanya cvt buat next nya mbah. mending m/t sekalian. emang different purpose sih. cvt mah buat commute alon2 cocoknya.
DOHC wrote: ↑Sun Sep 04, 2022 5:07
Kirain kita orang yg ud paling cepet ganti
Ternjata ad yg lebi cepet lg
Tp selama pemakaian dulu si hcf2 lmayan koq mbah ampe djual, tarikan tetep yahudd
emang ga bisa samsek utk spirited driving itu cvt. mau body kecil kaya njess jg tetep ga bisa. soalnya pas gigi rendah itu driving pulley dlm posisi small diameter (dan low clamping force) sementara driven pulley dlm posisi large diameter. nah si driving pulley krn small diameter maka contact area nya kecil, pas di high rpm n beban berat dia cenderung over-run (sampe ada sebutannya lho) jd belt nya slip dr pulley nya. pdhl kan paling enak geber di gigi 1, 2, 3 buat fun.
meskipun kayanya kondisi over-run di rpm tinggi msh lbh aman drpd over-run di tanjakan pas rpm rendah krn speed difference antara slipping pulley n belt nya relatif lebih kecil jd wear nya jg lbh kecil.
ai sampe udah ga mau lagi sama yg namanya cvt buat next nya mbah. mending m/t sekalian. emang different purpose sih. cvt mah buat commute alon2 cocoknya.
Mending geared a/t mbah, biarpun jadul tp tetep lebi predictable
, less fuss, ama more durable, teknologi jadul dr taon 40an ga perna salah
Btw, soal cvt, ini kita orang stuju seh, bahkan di cc yg agak gedean jg tetep ga enak buat spirited driving
Btw m/t ? Cobain brio baru mbah, enak bener tu mobil, spirited driving pake itu seh uenak jiwa itu
DOHC wrote: ↑Sun Sep 04, 2022 5:07
Kirain kita orang yg ud paling cepet ganti
Ternjata ad yg lebi cepet lg
Tp selama pemakaian dulu si hcf2 lmayan koq mbah ampe djual, tarikan tetep yahudd
emang ga bisa samsek utk spirited driving itu cvt. mau body kecil kaya njess jg tetep ga bisa. soalnya pas gigi rendah itu driving pulley dlm posisi small diameter (dan low clamping force) sementara driven pulley dlm posisi large diameter. nah si driving pulley krn small diameter maka contact area nya kecil, pas di high rpm n beban berat dia cenderung over-run (sampe ada sebutannya lho) jd belt nya slip dr pulley nya. pdhl kan paling enak geber di gigi 1, 2, 3 buat fun.
meskipun kayanya kondisi over-run di rpm tinggi msh lbh aman drpd over-run di tanjakan pas rpm rendah krn speed difference antara slipping pulley n belt nya relatif lebih kecil jd wear nya jg lbh kecil.
ai sampe udah ga mau lagi sama yg namanya cvt buat next nya mbah. mending m/t sekalian. emang different purpose sih. cvt mah buat commute alon2 cocoknya.
Yg ngeselin skrg hampir semua mobil baru sub 300jt dah CVT.
Krn ongkos produksi emang >50% lebih efisien dibanding geared at.
Ditambah produsen lomba irit jd makin makin" deh CVT di atas angin
4at robust tapi gak enak buat nanjak.
Rasio 1 ke 2 nya terlalu renggang.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC wrote: ↑Sun Sep 04, 2022 5:07
Kirain kita orang yg ud paling cepet ganti
Ternjata ad yg lebi cepet lg
Tp selama pemakaian dulu si hcf2 lmayan koq mbah ampe djual, tarikan tetep yahudd
emang ga bisa samsek utk spirited driving itu cvt. mau body kecil kaya njess jg tetep ga bisa. soalnya pas gigi rendah itu driving pulley dlm posisi small diameter (dan low clamping force) sementara driven pulley dlm posisi large diameter. nah si driving pulley krn small diameter maka contact area nya kecil, pas di high rpm n beban berat dia cenderung over-run (sampe ada sebutannya lho) jd belt nya slip dr pulley nya. pdhl kan paling enak geber di gigi 1, 2, 3 buat fun.
meskipun kayanya kondisi over-run di rpm tinggi msh lbh aman drpd over-run di tanjakan pas rpm rendah krn speed difference antara slipping pulley n belt nya relatif lebih kecil jd wear nya jg lbh kecil.
ai sampe udah ga mau lagi sama yg namanya cvt buat next nya mbah. mending m/t sekalian. emang different purpose sih. cvt mah buat commute alon2 cocoknya.
Yg ngeselin skrg hampir semua mobil baru sub 300jt dah CVT.
Krn ongkos produksi emang >50% lebih efisien dibanding geared at.
Ditambah produsen lomba irit jd makin makin" deh CVT di atas angin
4at robust tapi gak enak buat nanjak.
Rasio 1 ke 2 nya terlalu renggang.
msh banyak mbah mobil baru yg non cvt. bajetnya aja yg musti dinaikin