Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Herman7103 »

refund wrote:tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.

service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.

Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?

Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
Saya user mobil Nissan juga Om, Nissan Grand Livina tahun 2014 bermesin kode L11, yang sudah dual CVTC dengan transmisi CVT, pengalaman saya selama ini untuk 3 tahun masa warranty memang kita sebaiknya selalu service di beres tiap 10 ribu Km atau 6 bulan mana yang tercapai lebih dulu agar kalau selama masa warranty tsb ada yg mau kita claim seperti door trim kalau saya dulu, maka akan diganti dealer Nissan
tanpa biaya sepeserpun. Tapi setelah masa warranty berakhir maka kalau saya pribadi ya karena sudah sedikit mengerti tentang perawatan mobil ini maka kalau cuma untuk ganti oli mesin beserta filter oli mesinnya, saya selalu ganti oli dan filter nya di toko oli saja karena biayanya murah cuma 40 ribu doank dimana oli mesin dan filter oli mesin kita yg sediain. Dan selama ini kalau saya pribadi selalu pakai oli mesin 5W30 yg full synthetic dan selalu ganti filter olinya juga karena mobil saya selalu pakai premium ron 88 yg murah tanpa additive additive sampai sekarang dan terakhir ganti oli minggu lalu saya sudah coba oli mesin 0W30 yg lebih encer dan mobil saat dikendarai lebih enteng dan ngacir dan kedepan nya mungkin saya akan pakai oli mesin bagus yg lebih encer lagi 0W20.[emoji2]
Enak om pelihara Grand Livina bensin cukup premium dan Fuel Consumptionnya irit karena berat mobilnya yang proporsional dan not overweight.[emoji2]
:glodak:
HR15DE 2014
draxx13
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by draxx13 »

refund wrote: Tue Oct 06, 2020 18:42 tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.

service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.

Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?

Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
Saya jg user XV 2010 km 100an lebih masih pake oli buntut 30 om, sekarang malah pake 0w30 hehe
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

refund wrote: Tue Oct 06, 2020 18:42 tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.

service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.

Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?

Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
kyknya SA beres nissan emg biasa blg gitu
dlu livina ane dibilang SA nya ga boleh isi oli 5w30, bisa ada problem di mesin, dipaksa isi mobil super 10w40. SA nya suka nakut2in org awam sptnya.

skrg lg make fastron 10w30. aman2 aja
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

draxx13 wrote: Wed Oct 07, 2020 1:14
refund wrote: Tue Oct 06, 2020 18:42 tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.

service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.

Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?

Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
Saya jg user XV 2010 km 100an lebih masih pake oli buntut 30 om, sekarang malah pake 0w30 hehe
PTT 0w30 ya?
gmn feel nya om?

ane pake 0w30 di M15A kyknya biasa aja ya
kyk TQ9000 pas awal2 ganti. atau ane yg ga peka ini
draxx13
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by draxx13 »

ViPerRed wrote: Wed Oct 07, 2020 2:00
draxx13 wrote: Wed Oct 07, 2020 1:14
refund wrote: Tue Oct 06, 2020 18:42 tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.

service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.

Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?

Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
Saya jg user XV 2010 km 100an lebih masih pake oli buntut 30 om, sekarang malah pake 0w30 hehe
PTT 0w30 ya?
gmn feel nya om?

ane pake 0w30 di M15A kyknya biasa aja ya
kyk TQ9000 pas awal2 ganti. atau ane yg ga peka ini
Iya om rasanya mirip2 sih
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

refund wrote: Tue Oct 06, 2020 18:42 tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.

service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.

Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?

Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
Banyak sharing2 sama mantau di thread ini om, saya yakin byk dapet pencerahan kok omnya. Owner2 levina turun gunung semua kaya yg di atas saya. Itu omongan beres asal jeplak, tanyain aja PDS olinya nissan ada apa engga. Sy yakin dia ga paham/muter2 ngarahin ke oli nissan :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

sebetulnya penggunaan 10w40 di HR15 lebih utk safety dr penguapan oli yg berlebih. enjin resing kapasitas oli cuma 3L kl dipakai OCI 10k km pakai oli encer yg kurang bagus kualitas noack testnya bisa2 habis itu olinya. soalnya pernah ada yg pas saatnya ganti oli sisa tinggal 1 literan keluar dr oil pan. pengertiannya lebih baik pakai 10w40 tp olinya masih ada di akhir2 service life sebelum next oil change drpd pakai oli encer tp sebagian besar nguap bukan tak berbekas tp jg meninggalkan sludge n varnish.

krn harap maklum ga semua pengguna melek otomotif sehingga rajin ngecek level oli paling tdk setiap 1000 km. mayoritas cuma tau pakai. jd ambil amannya dikasih oli kentel spy ga banyak penguapan. mungkin beda cerita kl pakai oli encernya yg full synthetic kualitas bagus yg punya penguapan (noack test) bagus. dikasih oli encer yg bagus nan mahal pun komplen nantinya di kasir.


*bukan belain siapa2, bukan org beres. cuma pernah tau kasusnya.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by josomba »

Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 3:00 sebetulnya penggunaan 10w40 di HR15 lebih utk safety dr penguapan oli yg berlebih. enjin resing kapasitas oli cuma 3L kl dipakai OCI 10k km pakai oli encer yg kurang bagus kualitas noack testnya bisa2 habis itu olinya. soalnya pernah ada yg pas saatnya ganti oli sisa tinggal 1 literan keluar dr oil pan. pengertiannya lebih baik pakai 10w40 tp olinya masih ada di akhir2 service life sebelum next oil change drpd pakai oli encer tp sebagian besar nguap bukan tak berbekas tp jg meninggalkan sludge n varnish.

krn harap maklum ga semua pengguna melek otomotif sehingga rajin ngecek level oli paling tdk setiap 1000 km. mayoritas cuma tau pakai. jd ambil amannya dikasih oli kentel spy ga banyak penguapan. mungkin beda cerita kl pakai oli encernya yg full synthetic kualitas bagus yg punya penguapan (noack test) bagus. dikasih oli encer yg bagus nan mahal pun komplen nantinya di kasir.


*bukan belain siapa2, bukan org beres. cuma pernah tau kasusnya.
Seolah2 jadi dilema ya om .... :big_biglaugh:

Dipakein oli kentel .... ga nguap tapi ngelitik makin menjadi2

Dipakein oli encer .... ga gitu ngelitik tp kudu rajin cek .....


Kalau om kompre liat, bisa ngeledek nih nanti :big_biglaugh: "mobil kok bikin ga bisa tidur nyenyak" :ungg:
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

josomba wrote: Wed Oct 07, 2020 3:14
Seolah2 jadi dilema ya om .... :big_biglaugh:

Dipakein oli kentel .... ga nguap tapi ngelitik makin menjadi2

Dipakein oli encer .... ga gitu ngelitik tp kudu rajin cek .....


Kalau om kompre liat, bisa ngeledek nih nanti :big_biglaugh: "mobil kok bikin ga bisa tidur nyenyak" :ungg:
semua krn seseorang yg bikin oil pan nya kekecilan :big_bored:

udah tau enjin resing panas hrsnya pakai dry sump system n kapasitas oli 8L. :big_grin:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Sebenernya pake oli 10-40 ga jamin penguapan minim jg seh

Dl di 2007 OGL HR15DE 1.5 XV 5 speed bbm always pertamak, saya perna pake oli FK pulse yg 10-40, eneos molyb 10-40, tingkat penguapan tetep aj tinggi kaya waktu pake NGO 10-30

Tp waktu pake Q8 5-30, penguapan berkurang jauh

Jdi yah sperti yg mbah rektor omnibus blg, smua tergantung kualitas dr itu oli sendiri
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 3:21
josomba wrote: Wed Oct 07, 2020 3:14
Seolah2 jadi dilema ya om .... :big_biglaugh:

Dipakein oli kentel .... ga nguap tapi ngelitik makin menjadi2

Dipakein oli encer .... ga gitu ngelitik tp kudu rajin cek .....


Kalau om kompre liat, bisa ngeledek nih nanti :big_biglaugh: "mobil kok bikin ga bisa tidur nyenyak" :ungg:
semua krn seseorang yg bikin oil pan nya kekecilan :big_bored:

udah tau enjin resing panas hrsnya pakai dry sump system n kapasitas oli 8L. :big_grin:
Tp anehnya hal ini ga terjadi di enjin 1KR-UZ V8 di agya saya dan mbah marmut sehh om

Kapasitas oli jg imut2, dan kl kata mbah marmut perna ngukur katanya suhu coolant nya aj super tinggi jg

Tp saya pake oli 0-20 aj penguapan relatip minim
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 3:00 sebetulnya penggunaan 10w40 di HR15 lebih utk safety dr penguapan oli yg berlebih. enjin resing kapasitas oli cuma 3L kl dipakai OCI 10k km pakai oli encer yg kurang bagus kualitas noack testnya bisa2 habis itu olinya. soalnya pernah ada yg pas saatnya ganti oli sisa tinggal 1 literan keluar dr oil pan. pengertiannya lebih baik pakai 10w40 tp olinya masih ada di akhir2 service life sebelum next oil change drpd pakai oli encer tp sebagian besar nguap bukan tak berbekas tp jg meninggalkan sludge n varnish.

krn harap maklum ga semua pengguna melek otomotif sehingga rajin ngecek level oli paling tdk setiap 1000 km. mayoritas cuma tau pakai. jd ambil amannya dikasih oli kentel spy ga banyak penguapan. mungkin beda cerita kl pakai oli encernya yg full synthetic kualitas bagus yg punya penguapan (noack test) bagus. dikasih oli encer yg bagus nan mahal pun komplen nantinya di kasir.


*bukan belain siapa2, bukan org beres. cuma pernah tau kasusnya.
tapi di pakein 10w40 jg gila2an nguapnya mbah.
11-12 sama pake w30. tetap top up oli di KM 2000an.
kapasitas max 3L, klo berkurang 200ml aja udh kerasa turunnya di dipstick. solusi sementara di livina ane sih pake w30 murah, ganti di 5rb km / 6 bulan dan top up setiap kurang.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

DOHC wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 3:21
josomba wrote: Wed Oct 07, 2020 3:14
Seolah2 jadi dilema ya om .... :big_biglaugh:

Dipakein oli kentel .... ga nguap tapi ngelitik makin menjadi2

Dipakein oli encer .... ga gitu ngelitik tp kudu rajin cek .....


Kalau om kompre liat, bisa ngeledek nih nanti :big_biglaugh: "mobil kok bikin ga bisa tidur nyenyak" :ungg:
semua krn seseorang yg bikin oil pan nya kekecilan :big_bored:

udah tau enjin resing panas hrsnya pakai dry sump system n kapasitas oli 8L. :big_grin:
Tp anehnya hal ini ga terjadi di enjin 1KR-UZ V8 di agya saya dan mbah marmut sehh om

Kapasitas oli jg imut2, dan kl kata mbah marmut perna ngukur katanya suhu coolant nya aj super tinggi jg

Tp saya pake oli 0-20 aj penguapan relatip minim
1kr V8 nya kurang resiinngg om
no ngelitik, no party..

apa kabar klo HR15 di isi 0w20 eco ya.. jd penasaran
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

ViPerRed wrote: Wed Oct 07, 2020 3:31
DOHC wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 3:21

semua krn seseorang yg bikin oil pan nya kekecilan :big_bored:

udah tau enjin resing panas hrsnya pakai dry sump system n kapasitas oli 8L. :big_grin:
Tp anehnya hal ini ga terjadi di enjin 1KR-UZ V8 di agya saya dan mbah marmut sehh om

Kapasitas oli jg imut2, dan kl kata mbah marmut perna ngukur katanya suhu coolant nya aj super tinggi jg

Tp saya pake oli 0-20 aj penguapan relatip minim
1kr V8 nya kurang resiinngg om
no ngelitik, no party..

apa kabar klo HR15 di isi 0w20 eco ya.. jd penasaran
Ngelitik jg donk om.. cuman ketutup ama geter2 dan nguuunnggg 3 silinder nya aj

Ehhh, dah saya tekankan berkali2.. HR15DE itu enjin resing, turunan ji ti ar itu... haram oli murah2.. wajip oli keraton
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by benzz89 »


DOHC wrote:Sebenernya pake oli 10-40 ga jamin penguapan minim jg seh

Dl di 2007 OGL HR15DE 1.5 XV 5 speed bbm always pertamak, saya perna pake oli FK pulse yg 10-40, eneos molyb 10-40, tingkat penguapan tetep aj tinggi kaya waktu pake NGO 10-30

Tp waktu pake Q8 5-30, penguapan berkurang jauh

Jdi yah sperti yg mbah rektor omnibus blg, smua tergantung kualitas dr itu oli sendiri
Jadi kesimpulannya mesin racing HR15DE itu wajib pakai oli keraton macam Q8 atau Amsoil yah. Pake 5W-30 lah normalnya meski ane yakin nglitiknya kemungkinan besar masih ada, ntah kalau dikasih Amsoil SS 0W-20 apakah penguapan & nglitiknya bisa solve sekaligus... bonus mobil lebih enteng & bbm lebih hemat.
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Or4cle »

Turboman wrote: Tue Oct 06, 2020 9:47
Or4cle wrote:
sesame wrote: Tue Oct 06, 2020 5:17
Iya nih, kelas keraton, halaman keraton, sama luar keraton :big_weee:
Sudah dibahas PxLxT tapi ranking oli-nya lum kelihatan :big_weee:
Mo rangking apa ?

- Oli adalah subjektif, oli A dikatakan enak oleh si Badu, belum tentu dirasa enak oleh si Ali

- Promo & diskon sangat dinamis dari bulan ke bulan, spt biasa kan Konsumen "sangat memuja" merek2 yg bisa kasih potongan harga amat sgt besar

Sebetulnya kalo bicara kualitas tanpa permasalahkan harga, tentu oli2 kelas Keraton macam RP / RL / AMS Sign Series / Schaeffer / Q8 yg seri2 High end itu rata2 score nya bagus.......tapi kalo dijual dgn harga yg "Seharusnya" akankah rame2 diserbu ??
Oooo gitu ... kalau kualitas oli dibilang subjektif dah gak ada cerita deh, apabila habit belanja berdasarkan promo dan discount.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
Tp anehnya hal ini ga terjadi di enjin 1KR-UZ V8 di agya saya dan mbah marmut sehh om

Kapasitas oli jg imut2, dan kl kata mbah marmut perna ngukur katanya suhu coolant nya aj super tinggi jg

Tp saya pake oli 0-20 aj penguapan relatip minim
ya itu kan telu silinder mbah.

kl 4 silinder kopyokan crankshaft di oil pan lbh banyak bikin muncrat ke dinding silinder. tambah lagi yg beredar di oil gallery, ngambang di valve train, masup di CVTC. sisa di oil pan tinggal dikit banget, kesiram sm blowby gas krn tinggal dikit ya jd cepet menguap. apalagi pake tabung oksigen di intake nya. :weekk:
ViPerRed wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
tapi di pakein 10w40 jg gila2an nguapnya mbah.
11-12 sama pake w30. tetap top up oli di KM 2000an.
kapasitas max 3L, klo berkurang 200ml aja udh kerasa turunnya di dipstick. solusi sementara di livina ane sih pake w30 murah, ganti di 5rb km / 6 bulan dan top up setiap kurang.
emang secara nalar seharusnya OCI ngga 10k km dgn kapasitas 3L pakai oli apapun. even pakai oli keraton 5w30 ane jg sangsi bisa tahan 10k tanpa top up di pertengahan.

dr jajaran amsoil aja (ane tandain stabilo merah) yg penguapan paling rendah itu yg 10w30 (ATM) di 4.1 gram/100g. bahkan lebih rendah dr sodaranya yg 0w40 (AZF) di 7.7 gram/100g.
diantara 0w30 vs 5w30 vs 10w30 aja udah beda2 pdhl sama buntut 30. demikian juga 0w20 vs 5w20.

cuma memang paham yg umum berlaku oli kental lebih tdk mudah menguap drpd yg encer. meskipun ga selalu bener. balik lagi, semua harus by data.

Screenshot_20201007_104754_com.google.android.apps.docs~2.jpg
source: amsoil.com
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by josomba »

Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 3:21 semua krn seseorang yg bikin oil pan nya kekecilan :big_bored:

udah tau enjin resing panas hrsnya pakai dry sump system n kapasitas oli 8L. :big_grin:
Ntar dilema lg om .... "serpis lipindut/juki/epalince (eh evalia hr15de juga ndak ya, lupa) mahal ... masa harga oli doang total [cencored] ratus ribu sendiri" padahal karena 8L :big_biglaugh:
Image
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Herman7103 »

Omnibus wrote:
DOHC wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
Tp anehnya hal ini ga terjadi di enjin 1KR-UZ V8 di agya saya dan mbah marmut sehh om

Kapasitas oli jg imut2, dan kl kata mbah marmut perna ngukur katanya suhu coolant nya aj super tinggi jg

Tp saya pake oli 0-20 aj penguapan relatip minim
ya itu kan telu silinder mbah.

kl 4 silinder kopyokan crankshaft di oil pan lbh banyak bikin muncrat ke dinding silinder. tambah lagi yg beredar di oil gallery, ngambang di valve train, masup di CVTC. sisa di oil pan tinggal dikit banget, kesiram sm blowby gas krn tinggal dikit ya jd cepet menguap. apalagi pake tabung oksigen di intake nya. :weekk:
ViPerRed wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
tapi di pakein 10w40 jg gila2an nguapnya mbah.
11-12 sama pake w30. tetap top up oli di KM 2000an.
kapasitas max 3L, klo berkurang 200ml aja udh kerasa turunnya di dipstick. solusi sementara di livina ane sih pake w30 murah, ganti di 5rb km / 6 bulan dan top up setiap kurang.
emang secara nalar seharusnya OCI ngga 10k km dgn kapasitas 3L pakai oli apapun. even pakai oli keraton 5w30 ane jg sangsi bisa tahan 10k tanpa top up di pertengahan.

dr jajaran amsoil aja (ane tandain stabilo merah) yg penguapan paling rendah itu yg 10w30 (ATM) di 4.1 gram/100g. bahkan lebih rendah dr sodaranya yg 0w40 (AZF) di 7.7 gram/100g.
diantara 0w30 vs 5w30 vs 10w30 aja udah beda2 pdhl sama buntut 30. demikian juga 0w20 vs 5w20.

cuma memang paham yg umum berlaku oli kental lebih tdk mudah menguap drpd yg encer. meskipun ga selalu bener. balik lagi, semua harus by data.

Screenshot_20201007_104754_com.google.android.apps.docs~2.jpg
source: amsoil.com
Thank you om omnibus for data NOACK nya Amsoil, karena saya lagi pakai oil Amsoil Signature Series OW30. Data yg penting ini biar saya bisa monitor olinya tiap 1000/2000 Km, dan melihat data tsb saya juga akan siap siap top up deh kayaknya toh juga masih ada stock 3 botol oli Amsoilnya di rumah sekarang. Memang benar pakai oli mesin di mobil kalau di saya pribadi, kita memang harus siap top up kalau olinya sudah mepet di batas bawah dipstick saat di check agar batas olinya balik ke tengah antara batas atas dan bawahnya biar aman. Pengalaman selama ini even pakai oli full synthetic pun masih ada penguapan cuma porsinya beda beda di berbagai merk oli. Ada yang top up nya cukup banyak ada yang top up nya minim. As long as oli mesin di monitor, aman dan no sludge di saya selama ini. [emoji2]
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

Herman7103 wrote: Wed Oct 07, 2020 4:25 Thank you om omnibus for data NOACK nya Amsoil, karena saya lagi pakai oil Amsoil Signature Series OW30. Data yg penting ini biar saya bisa monitor olinya tiap 1000/2000 Km, dan melihat data tsb saya juga akan siap siap top up deh kayaknya toh juga masih ada stock 3 botol oli Amsoilnya di rumah sekarang. Memang benar pakai oli mesin di mobil kalau di saya pribadi, kita memang harus siap top up kalau olinya sudah mepet di batas bawah dipstick saat di check agar batas olinya balik ke tengah antara batas atas dan bawahnya biar aman. Pengalaman selama ini even pakai oli full synthetic pun masih ada penguapan cuma porsinya beda beda di berbagai merk oli. Ada yang top up nya cukup banyak ada yang top up nya minim. As long as oli mesin di monitor, aman dan no sludge di saya selama ini. [emoji2]
betul om, harus telaten ngecheck sebab kl sampai penguapannya parah sekali artinya ga cocok n kemungkinan hrs ganti tipe atau bahkan merk. krn yg 0w30 kebetulan paling tinggi diantara sodaranya.

nanti tlg kabarin brp kali top up nya sepanjang OCI pakai amsoil ss 0w30 ini di hr15. banyak yg penasaran pasti om.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 4:54
Herman7103 wrote: Wed Oct 07, 2020 4:25 Thank you om omnibus for data NOACK nya Amsoil, karena saya lagi pakai oil Amsoil Signature Series OW30. Data yg penting ini biar saya bisa monitor olinya tiap 1000/2000 Km, dan melihat data tsb saya juga akan siap siap top up deh kayaknya toh juga masih ada stock 3 botol oli Amsoilnya di rumah sekarang. Memang benar pakai oli mesin di mobil kalau di saya pribadi, kita memang harus siap top up kalau olinya sudah mepet di batas bawah dipstick saat di check agar batas olinya balik ke tengah antara batas atas dan bawahnya biar aman. Pengalaman selama ini even pakai oli full synthetic pun masih ada penguapan cuma porsinya beda beda di berbagai merk oli. Ada yang top up nya cukup banyak ada yang top up nya minim. As long as oli mesin di monitor, aman dan no sludge di saya selama ini. [emoji2]
betul om, harus telaten ngecheck sebab kl sampai penguapannya parah sekali artinya ga cocok n kemungkinan hrs ganti tipe atau bahkan merk. krn yg 0w30 kebetulan paling tinggi diantara sodaranya.

nanti tlg kabarin brp kali top up nya sepanjang OCI pakai amsoil ss 0w30 ini di hr15. banyak yg penasaran pasti om.
Selama ini ane termasuk yg jarang ngecek deepstick :big_cry:
Jadi males sekalinya ngecek lha kok nggk turun2 level olinya :mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: Wed Oct 07, 2020 5:15
Selama ini ane termasuk yg jarang ngecek deepstick :big_cry:
Jadi males sekalinya ngecek lha kok nggk turun2 level olinya :mky_03:
naini .... sombong sekali dirimu :big_biglaugh: :big_exellent:

mbah dohc n mbah marmut, mohon dgn sangat kl nyatronin rumah mbah dekan dibuka drain plug nya diem2, sedikit aja.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by sintoni »

Kalau ane lebih suka mepet2 batas bawah daripada mepet batas atas, rasanya lebih ringan.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 3:58
DOHC wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
Tp anehnya hal ini ga terjadi di enjin 1KR-UZ V8 di agya saya dan mbah marmut sehh om

Kapasitas oli jg imut2, dan kl kata mbah marmut perna ngukur katanya suhu coolant nya aj super tinggi jg

Tp saya pake oli 0-20 aj penguapan relatip minim
ya itu kan telu silinder mbah.

kl 4 silinder kopyokan crankshaft di oil pan lbh banyak bikin muncrat ke dinding silinder. tambah lagi yg beredar di oil gallery, ngambang di valve train, masup di CVTC. sisa di oil pan tinggal dikit banget, kesiram sm blowby gas krn tinggal dikit ya jd cepet menguap. apalagi pake tabung oksigen di intake nya. :weekk:
ViPerRed wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
tapi di pakein 10w40 jg gila2an nguapnya mbah.
11-12 sama pake w30. tetap top up oli di KM 2000an.
kapasitas max 3L, klo berkurang 200ml aja udh kerasa turunnya di dipstick. solusi sementara di livina ane sih pake w30 murah, ganti di 5rb km / 6 bulan dan top up setiap kurang.
emang secara nalar seharusnya OCI ngga 10k km dgn kapasitas 3L pakai oli apapun. even pakai oli keraton 5w30 ane jg sangsi bisa tahan 10k tanpa top up di pertengahan.

dr jajaran amsoil aja (ane tandain stabilo merah) yg penguapan paling rendah itu yg 10w30 (ATM) di 4.1 gram/100g. bahkan lebih rendah dr sodaranya yg 0w40 (AZF) di 7.7 gram/100g.
diantara 0w30 vs 5w30 vs 10w30 aja udah beda2 pdhl sama buntut 30. demikian juga 0w20 vs 5w20.

cuma memang paham yg umum berlaku oli kental lebih tdk mudah menguap drpd yg encer. meskipun ga selalu bener. balik lagi, semua harus by data.


Screenshot_20201007_104754_com.google.android.apps.docs~2.jpg

source: amsoil.com
Tp ga smua enjin dgn kapasitas oli mini itu penguapan tinggi atau ga bisa OCI 10K seh mbah..

Tuh enjin L15 ahond, kapasitas cuman 3.5 liter... perna saya iseng hajar HGO biru ampe deket 10K km, pas d tap masi kluar 3 liter lebi dikit.. bahkan si 1KR-UZ V8 aj saya kasi fastron ijo kere hore 0-20, ta hajar ampe perna 8000 km cuman perlu top up ga ampe stengah liter slama interval 8000 km tsb

Ini HR15DE saya jg binggung knapa sebegitu haus oli... curiga saya kbnyakan ke blowby nya.. krn dr smua mobil yg perna ta perawanin, cuman doi yg plg meler intake manipol nya

Mungkin perlu ta pakein masker ama tabung oksigen kl, biar ga haus oli
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

sintoni wrote: Wed Oct 07, 2020 6:16 Kalau ane lebih suka mepet2 batas bawah daripada mepet batas atas, rasanya lebih ringan.

Ati2 mbah, kelewat dikit ntar pas nanjak parkiran mall, atau kl lg hard cornering ntar bisa oil starvation loh.. apalagi kl vvti nya ampe masup angin

:upss:
Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 5:19
yanuarra wrote: Wed Oct 07, 2020 5:15
Selama ini ane termasuk yg jarang ngecek deepstick :big_cry:
Jadi males sekalinya ngecek lha kok nggk turun2 level olinya :mky_03:
naini .... sombong sekali dirimu :big_biglaugh: :big_exellent:

mbah dohc n mbah marmut, mohon dgn sangat kl nyatronin rumah mbah dekan dibuka drain plug nya diem2, sedikit aja.
Ta santronin itu koleksi stahlwille nya, biar ga bisa buka tuh baut drain slamanya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: