Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
refund wrote:tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.
service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.
Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?
Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
Saya user mobil Nissan juga Om, Nissan Grand Livina tahun 2014 bermesin kode L11, yang sudah dual CVTC dengan transmisi CVT, pengalaman saya selama ini untuk 3 tahun masa warranty memang kita sebaiknya selalu service di beres tiap 10 ribu Km atau 6 bulan mana yang tercapai lebih dulu agar kalau selama masa warranty tsb ada yg mau kita claim seperti door trim kalau saya dulu, maka akan diganti dealer Nissan
tanpa biaya sepeserpun. Tapi setelah masa warranty berakhir maka kalau saya pribadi ya karena sudah sedikit mengerti tentang perawatan mobil ini maka kalau cuma untuk ganti oli mesin beserta filter oli mesinnya, saya selalu ganti oli dan filter nya di toko oli saja karena biayanya murah cuma 40 ribu doank dimana oli mesin dan filter oli mesin kita yg sediain. Dan selama ini kalau saya pribadi selalu pakai oli mesin 5W30 yg full synthetic dan selalu ganti filter olinya juga karena mobil saya selalu pakai premium ron 88 yg murah tanpa additive additive sampai sekarang dan terakhir ganti oli minggu lalu saya sudah coba oli mesin 0W30 yg lebih encer dan mobil saat dikendarai lebih enteng dan ngacir dan kedepan nya mungkin saya akan pakai oli mesin bagus yg lebih encer lagi 0W20.[emoji2]
Enak om pelihara Grand Livina bensin cukup premium dan Fuel Consumptionnya irit karena berat mobilnya yang proporsional dan not overweight.[emoji2]
refund wrote: Tue Oct 06, 2020 18:42
tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.
service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.
Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?
Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
Saya jg user XV 2010 km 100an lebih masih pake oli buntut 30 om, sekarang malah pake 0w30 hehe
refund wrote: Tue Oct 06, 2020 18:42
tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.
service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.
Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?
Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
kyknya SA beres nissan emg biasa blg gitu
dlu livina ane dibilang SA nya ga boleh isi oli 5w30, bisa ada problem di mesin, dipaksa isi mobil super 10w40. SA nya suka nakut2in org awam sptnya.
refund wrote: Tue Oct 06, 2020 18:42
tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.
service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.
Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?
Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
Saya jg user XV 2010 km 100an lebih masih pake oli buntut 30 om, sekarang malah pake 0w30 hehe
PTT 0w30 ya?
gmn feel nya om?
ane pake 0w30 di M15A kyknya biasa aja ya
kyk TQ9000 pas awal2 ganti. atau ane yg ga peka ini
refund wrote: Tue Oct 06, 2020 18:42
tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.
service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.
Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?
Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
Saya jg user XV 2010 km 100an lebih masih pake oli buntut 30 om, sekarang malah pake 0w30 hehe
PTT 0w30 ya?
gmn feel nya om?
ane pake 0w30 di M15A kyknya biasa aja ya
kyk TQ9000 pas awal2 ganti. atau ane yg ga peka ini
refund wrote: Tue Oct 06, 2020 18:42
tolong tanya ama suhu suhu di marih...
saya ada Grand Livina tua, tahun 2010... tiap hari cuma dipake nganter anak sekolah +-10km. jadi walau usia udah 10thn, tapi kilometer baru +-55rb.
service berkala selalu di beres, tiap kelipatan 10rb. saya rasa terlalu lama nunggu 10rb, jadi saya sengaja ke beres di kelipatan 5000km untuk ganti oli. Beres Nissan menekankan agar saya ganti oli di beres, jangan sembarang ganti oli di luar.
Apakah hal tersebut make sense? mobil2 saya yang lain, toyota, suzuki, Honda, selalu ganti oli di sembarang tempat, tidak pernah ada masalah. Tapi Nissan koq menekankan harus ganti oli di beres? apakah saya diakali?
Kemarin saya ganti oli di km55rb.
saya lihat, oli yang dipakai 10-40.
padahal selama 10 tahun ini, oli yh dipakai selalu 10-30.
saat saya tanyakan kenapa, jawabannya karena usia mobil sudah 10tahun, sebaiknya digunakan oli yg lebih kental. Saya agak kecewa dg jawaban itu, sebab walau usia mobil sudah 10thn, tapi km baru 55rb, dan kondisi sangat sehat.
Banyak sharing2 sama mantau di thread ini om, saya yakin byk dapet pencerahan kok omnya. Owner2 levina turun gunung semua kaya yg di atas saya. Itu omongan beres asal jeplak, tanyain aja PDS olinya nissan ada apa engga. Sy yakin dia ga paham/muter2 ngarahin ke oli nissan
sebetulnya penggunaan 10w40 di HR15 lebih utk safety dr penguapan oli yg berlebih. enjin resing kapasitas oli cuma 3L kl dipakai OCI 10k km pakai oli encer yg kurang bagus kualitas noack testnya bisa2 habis itu olinya. soalnya pernah ada yg pas saatnya ganti oli sisa tinggal 1 literan keluar dr oil pan. pengertiannya lebih baik pakai 10w40 tp olinya masih ada di akhir2 service life sebelum next oil change drpd pakai oli encer tp sebagian besar nguap bukan tak berbekas tp jg meninggalkan sludge n varnish.
krn harap maklum ga semua pengguna melek otomotif sehingga rajin ngecek level oli paling tdk setiap 1000 km. mayoritas cuma tau pakai. jd ambil amannya dikasih oli kentel spy ga banyak penguapan. mungkin beda cerita kl pakai oli encernya yg full synthetic kualitas bagus yg punya penguapan (noack test) bagus. dikasih oli encer yg bagus nan mahal pun komplen nantinya di kasir.
*bukan belain siapa2, bukan org beres. cuma pernah tau kasusnya.
Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 3:00
sebetulnya penggunaan 10w40 di HR15 lebih utk safety dr penguapan oli yg berlebih. enjin resing kapasitas oli cuma 3L kl dipakai OCI 10k km pakai oli encer yg kurang bagus kualitas noack testnya bisa2 habis itu olinya. soalnya pernah ada yg pas saatnya ganti oli sisa tinggal 1 literan keluar dr oil pan. pengertiannya lebih baik pakai 10w40 tp olinya masih ada di akhir2 service life sebelum next oil change drpd pakai oli encer tp sebagian besar nguap bukan tak berbekas tp jg meninggalkan sludge n varnish.
krn harap maklum ga semua pengguna melek otomotif sehingga rajin ngecek level oli paling tdk setiap 1000 km. mayoritas cuma tau pakai. jd ambil amannya dikasih oli kentel spy ga banyak penguapan. mungkin beda cerita kl pakai oli encernya yg full synthetic kualitas bagus yg punya penguapan (noack test) bagus. dikasih oli encer yg bagus nan mahal pun komplen nantinya di kasir.
*bukan belain siapa2, bukan org beres. cuma pernah tau kasusnya.
Seolah2 jadi dilema ya om ....
Dipakein oli kentel .... ga nguap tapi ngelitik makin menjadi2
Dipakein oli encer .... ga gitu ngelitik tp kudu rajin cek .....
Kalau om kompre liat, bisa ngeledek nih nanti "mobil kok bikin ga bisa tidur nyenyak"
Sebenernya pake oli 10-40 ga jamin penguapan minim jg seh
Dl di 2007 OGL HR15DE 1.5 XV 5 speed bbm always pertamak, saya perna pake oli FK pulse yg 10-40, eneos molyb 10-40, tingkat penguapan tetep aj tinggi kaya waktu pake NGO 10-30
Tp waktu pake Q8 5-30, penguapan berkurang jauh
Jdi yah sperti yg mbah rektor omnibus blg, smua tergantung kualitas dr itu oli sendiri
Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 3:00
sebetulnya penggunaan 10w40 di HR15 lebih utk safety dr penguapan oli yg berlebih. enjin resing kapasitas oli cuma 3L kl dipakai OCI 10k km pakai oli encer yg kurang bagus kualitas noack testnya bisa2 habis itu olinya. soalnya pernah ada yg pas saatnya ganti oli sisa tinggal 1 literan keluar dr oil pan. pengertiannya lebih baik pakai 10w40 tp olinya masih ada di akhir2 service life sebelum next oil change drpd pakai oli encer tp sebagian besar nguap bukan tak berbekas tp jg meninggalkan sludge n varnish.
krn harap maklum ga semua pengguna melek otomotif sehingga rajin ngecek level oli paling tdk setiap 1000 km. mayoritas cuma tau pakai. jd ambil amannya dikasih oli kentel spy ga banyak penguapan. mungkin beda cerita kl pakai oli encernya yg full synthetic kualitas bagus yg punya penguapan (noack test) bagus. dikasih oli encer yg bagus nan mahal pun komplen nantinya di kasir.
*bukan belain siapa2, bukan org beres. cuma pernah tau kasusnya.
tapi di pakein 10w40 jg gila2an nguapnya mbah.
11-12 sama pake w30. tetap top up oli di KM 2000an.
kapasitas max 3L, klo berkurang 200ml aja udh kerasa turunnya di dipstick. solusi sementara di livina ane sih pake w30 murah, ganti di 5rb km / 6 bulan dan top up setiap kurang.
DOHC wrote:Sebenernya pake oli 10-40 ga jamin penguapan minim jg seh
Dl di 2007 OGL HR15DE 1.5 XV 5 speed bbm always pertamak, saya perna pake oli FK pulse yg 10-40, eneos molyb 10-40, tingkat penguapan tetep aj tinggi kaya waktu pake NGO 10-30
Tp waktu pake Q8 5-30, penguapan berkurang jauh
Jdi yah sperti yg mbah rektor omnibus blg, smua tergantung kualitas dr itu oli sendiri
Jadi kesimpulannya mesin racing HR15DE itu wajib pakai oli keraton macam Q8 atau Amsoil yah. Pake 5W-30 lah normalnya meski ane yakin nglitiknya kemungkinan besar masih ada, ntah kalau dikasih Amsoil SS 0W-20 apakah penguapan & nglitiknya bisa solve sekaligus... bonus mobil lebih enteng & bbm lebih hemat.
sesame wrote: Tue Oct 06, 2020 5:17
Iya nih, kelas keraton, halaman keraton, sama luar keraton
Sudah dibahas PxLxT tapi ranking oli-nya lum kelihatan
Mo rangking apa ?
- Oli adalah subjektif, oli A dikatakan enak oleh si Badu, belum tentu dirasa enak oleh si Ali
- Promo & diskon sangat dinamis dari bulan ke bulan, spt biasa kan Konsumen "sangat memuja" merek2 yg bisa kasih potongan harga amat sgt besar
Sebetulnya kalo bicara kualitas tanpa permasalahkan harga, tentu oli2 kelas Keraton macam RP / RL / AMS Sign Series / Schaeffer / Q8 yg seri2 High end itu rata2 score nya bagus.......tapi kalo dijual dgn harga yg "Seharusnya" akankah rame2 diserbu ??
Oooo gitu ... kalau kualitas oli dibilang subjektif dah gak ada cerita deh, apabila habit belanja berdasarkan promo dan discount.
DOHC wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
Tp anehnya hal ini ga terjadi di enjin 1KR-UZ V8 di agya saya dan mbah marmut sehh om
Kapasitas oli jg imut2, dan kl kata mbah marmut perna ngukur katanya suhu coolant nya aj super tinggi jg
Tp saya pake oli 0-20 aj penguapan relatip minim
ya itu kan telu silinder mbah.
kl 4 silinder kopyokan crankshaft di oil pan lbh banyak bikin muncrat ke dinding silinder. tambah lagi yg beredar di oil gallery, ngambang di valve train, masup di CVTC. sisa di oil pan tinggal dikit banget, kesiram sm blowby gas krn tinggal dikit ya jd cepet menguap. apalagi pake tabung oksigen di intake nya.
ViPerRed wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
tapi di pakein 10w40 jg gila2an nguapnya mbah.
11-12 sama pake w30. tetap top up oli di KM 2000an.
kapasitas max 3L, klo berkurang 200ml aja udh kerasa turunnya di dipstick. solusi sementara di livina ane sih pake w30 murah, ganti di 5rb km / 6 bulan dan top up setiap kurang.
emang secara nalar seharusnya OCI ngga 10k km dgn kapasitas 3L pakai oli apapun. even pakai oli keraton 5w30 ane jg sangsi bisa tahan 10k tanpa top up di pertengahan.
dr jajaran amsoil aja (ane tandain stabilo merah) yg penguapan paling rendah itu yg 10w30 (ATM) di 4.1 gram/100g. bahkan lebih rendah dr sodaranya yg 0w40 (AZF) di 7.7 gram/100g.
diantara 0w30 vs 5w30 vs 10w30 aja udah beda2 pdhl sama buntut 30. demikian juga 0w20 vs 5w20.
cuma memang paham yg umum berlaku oli kental lebih tdk mudah menguap drpd yg encer. meskipun ga selalu bener. balik lagi, semua harus by data.
Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 3:21
semua krn seseorang yg bikin oil pan nya kekecilan
udah tau enjin resing panas hrsnya pakai dry sump system n kapasitas oli 8L.
Ntar dilema lg om .... "serpis lipindut/juki/epalince (eh evalia hr15de juga ndak ya, lupa) mahal ... masa harga oli doang total [cencored] ratus ribu sendiri" padahal karena 8L
DOHC wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
Tp anehnya hal ini ga terjadi di enjin 1KR-UZ V8 di agya saya dan mbah marmut sehh om
Kapasitas oli jg imut2, dan kl kata mbah marmut perna ngukur katanya suhu coolant nya aj super tinggi jg
Tp saya pake oli 0-20 aj penguapan relatip minim
ya itu kan telu silinder mbah.
kl 4 silinder kopyokan crankshaft di oil pan lbh banyak bikin muncrat ke dinding silinder. tambah lagi yg beredar di oil gallery, ngambang di valve train, masup di CVTC. sisa di oil pan tinggal dikit banget, kesiram sm blowby gas krn tinggal dikit ya jd cepet menguap. apalagi pake tabung oksigen di intake nya.
ViPerRed wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
tapi di pakein 10w40 jg gila2an nguapnya mbah.
11-12 sama pake w30. tetap top up oli di KM 2000an.
kapasitas max 3L, klo berkurang 200ml aja udh kerasa turunnya di dipstick. solusi sementara di livina ane sih pake w30 murah, ganti di 5rb km / 6 bulan dan top up setiap kurang.
emang secara nalar seharusnya OCI ngga 10k km dgn kapasitas 3L pakai oli apapun. even pakai oli keraton 5w30 ane jg sangsi bisa tahan 10k tanpa top up di pertengahan.
dr jajaran amsoil aja (ane tandain stabilo merah) yg penguapan paling rendah itu yg 10w30 (ATM) di 4.1 gram/100g. bahkan lebih rendah dr sodaranya yg 0w40 (AZF) di 7.7 gram/100g.
diantara 0w30 vs 5w30 vs 10w30 aja udah beda2 pdhl sama buntut 30. demikian juga 0w20 vs 5w20.
cuma memang paham yg umum berlaku oli kental lebih tdk mudah menguap drpd yg encer. meskipun ga selalu bener. balik lagi, semua harus by data.
Thank you om omnibus for data NOACK nya Amsoil, karena saya lagi pakai oil Amsoil Signature Series OW30. Data yg penting ini biar saya bisa monitor olinya tiap 1000/2000 Km, dan melihat data tsb saya juga akan siap siap top up deh kayaknya toh juga masih ada stock 3 botol oli Amsoilnya di rumah sekarang. Memang benar pakai oli mesin di mobil kalau di saya pribadi, kita memang harus siap top up kalau olinya sudah mepet di batas bawah dipstick saat di check agar batas olinya balik ke tengah antara batas atas dan bawahnya biar aman. Pengalaman selama ini even pakai oli full synthetic pun masih ada penguapan cuma porsinya beda beda di berbagai merk oli. Ada yang top up nya cukup banyak ada yang top up nya minim. As long as oli mesin di monitor, aman dan no sludge di saya selama ini. [emoji2]
Herman7103 wrote: Wed Oct 07, 2020 4:25
Thank you om omnibus for data NOACK nya Amsoil, karena saya lagi pakai oil Amsoil Signature Series OW30. Data yg penting ini biar saya bisa monitor olinya tiap 1000/2000 Km, dan melihat data tsb saya juga akan siap siap top up deh kayaknya toh juga masih ada stock 3 botol oli Amsoilnya di rumah sekarang. Memang benar pakai oli mesin di mobil kalau di saya pribadi, kita memang harus siap top up kalau olinya sudah mepet di batas bawah dipstick saat di check agar batas olinya balik ke tengah antara batas atas dan bawahnya biar aman. Pengalaman selama ini even pakai oli full synthetic pun masih ada penguapan cuma porsinya beda beda di berbagai merk oli. Ada yang top up nya cukup banyak ada yang top up nya minim. As long as oli mesin di monitor, aman dan no sludge di saya selama ini. [emoji2]
betul om, harus telaten ngecheck sebab kl sampai penguapannya parah sekali artinya ga cocok n kemungkinan hrs ganti tipe atau bahkan merk. krn yg 0w30 kebetulan paling tinggi diantara sodaranya.
nanti tlg kabarin brp kali top up nya sepanjang OCI pakai amsoil ss 0w30 ini di hr15. banyak yg penasaran pasti om.
Herman7103 wrote: Wed Oct 07, 2020 4:25
Thank you om omnibus for data NOACK nya Amsoil, karena saya lagi pakai oil Amsoil Signature Series OW30. Data yg penting ini biar saya bisa monitor olinya tiap 1000/2000 Km, dan melihat data tsb saya juga akan siap siap top up deh kayaknya toh juga masih ada stock 3 botol oli Amsoilnya di rumah sekarang. Memang benar pakai oli mesin di mobil kalau di saya pribadi, kita memang harus siap top up kalau olinya sudah mepet di batas bawah dipstick saat di check agar batas olinya balik ke tengah antara batas atas dan bawahnya biar aman. Pengalaman selama ini even pakai oli full synthetic pun masih ada penguapan cuma porsinya beda beda di berbagai merk oli. Ada yang top up nya cukup banyak ada yang top up nya minim. As long as oli mesin di monitor, aman dan no sludge di saya selama ini. [emoji2]
betul om, harus telaten ngecheck sebab kl sampai penguapannya parah sekali artinya ga cocok n kemungkinan hrs ganti tipe atau bahkan merk. krn yg 0w30 kebetulan paling tinggi diantara sodaranya.
nanti tlg kabarin brp kali top up nya sepanjang OCI pakai amsoil ss 0w30 ini di hr15. banyak yg penasaran pasti om.
Selama ini ane termasuk yg jarang ngecek deepstick
Jadi males sekalinya ngecek lha kok nggk turun2 level olinya
DOHC wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
Tp anehnya hal ini ga terjadi di enjin 1KR-UZ V8 di agya saya dan mbah marmut sehh om
Kapasitas oli jg imut2, dan kl kata mbah marmut perna ngukur katanya suhu coolant nya aj super tinggi jg
Tp saya pake oli 0-20 aj penguapan relatip minim
ya itu kan telu silinder mbah.
kl 4 silinder kopyokan crankshaft di oil pan lbh banyak bikin muncrat ke dinding silinder. tambah lagi yg beredar di oil gallery, ngambang di valve train, masup di CVTC. sisa di oil pan tinggal dikit banget, kesiram sm blowby gas krn tinggal dikit ya jd cepet menguap. apalagi pake tabung oksigen di intake nya.
ViPerRed wrote: Wed Oct 07, 2020 3:28
tapi di pakein 10w40 jg gila2an nguapnya mbah.
11-12 sama pake w30. tetap top up oli di KM 2000an.
kapasitas max 3L, klo berkurang 200ml aja udh kerasa turunnya di dipstick. solusi sementara di livina ane sih pake w30 murah, ganti di 5rb km / 6 bulan dan top up setiap kurang.
emang secara nalar seharusnya OCI ngga 10k km dgn kapasitas 3L pakai oli apapun. even pakai oli keraton 5w30 ane jg sangsi bisa tahan 10k tanpa top up di pertengahan.
dr jajaran amsoil aja (ane tandain stabilo merah) yg penguapan paling rendah itu yg 10w30 (ATM) di 4.1 gram/100g. bahkan lebih rendah dr sodaranya yg 0w40 (AZF) di 7.7 gram/100g.
diantara 0w30 vs 5w30 vs 10w30 aja udah beda2 pdhl sama buntut 30. demikian juga 0w20 vs 5w20.
cuma memang paham yg umum berlaku oli kental lebih tdk mudah menguap drpd yg encer. meskipun ga selalu bener. balik lagi, semua harus by data.
Tp ga smua enjin dgn kapasitas oli mini itu penguapan tinggi atau ga bisa OCI 10K seh mbah..
Tuh enjin L15 ahond, kapasitas cuman 3.5 liter... perna saya iseng hajar HGO biru ampe deket 10K km, pas d tap masi kluar 3 liter lebi dikit.. bahkan si 1KR-UZ V8 aj saya kasi fastron ijo kere hore 0-20, ta hajar ampe perna 8000 km cuman perlu top up ga ampe stengah liter slama interval 8000 km tsb
Ini HR15DE saya jg binggung knapa sebegitu haus oli... curiga saya kbnyakan ke blowby nya.. krn dr smua mobil yg perna ta perawanin, cuman doi yg plg meler intake manipol nya
Mungkin perlu ta pakein masker ama tabung oksigen kl, biar ga haus oli