Car Detailing Lounge - Part 03

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by vim »

Abu2 wrote:aih..kinclongnya...sedaap bener...
itu yg butuh curing produk apa Bro Vim? quick wax?
jadi gini bro abu2, setelah pake NXT TechWax, saya layer lagi keesokkan harinya pake QuickWax (curing pertama).
Setelah itu curing kedua ditunggu satu malem biar pada meresap dan liat kalo2 masih ada sisa wax di buff lagi, baru nongol tuh wet-looknya. :) kalo di salon2 gimana bisa wet-look ya kalo instan?
Abu2 wrote: @ all..
Noda ini hilang setalah di gosok pake scratch X (padahal untuk bagian2 lain gak ada noda air yg muncul). sering2 pake scratch X serem juga :D.
Padahal paling lama , cuma 1 hari aku biarkan kondisi mmobil gak terawat setelah kena hujan, dan udah diantisipasi selalu di buka kap mesin setibanya dirumah (jika habis kena hujan)

Nah, kondisi sedikit menyebalkan mengingat di bagian body lain tidak ada noda air. Hanya di kap mesin. hiks...
bro abu2, mungkin ini water beading kali. Kalo sering pake NXT itu kan synthetic dan sifatnya sealant jadi dia akan seperti lem yang meng-cover lapisan dibawahnya termasuk sisa air. kemungkinan waktu lagi wax ada butiran air yang ikut jadi dia nempel di dalam. untuk membersihkan jangan pake scratchx, lagi pula scratchx sayang kalo cuma untuk butiran air. Kalo mau rada mahal sedikit pake CleanerWax, tapi kalo mau coba yang murah tapi cukup sakti pake turtleWax Tar & Bug Remover. Tapi kalo dia masih ada didalam lapisan wax NXT, harus pake cleanerwax dulu alias waxnya musti dirontokin dulu. Mungkin penggunaan NXt-nya harus dijarangkan, inget lho sifatnya sealant. :)

mungkin demikian ya kalo menurut saya. scratchx kan sifatnya ada cuttingnya juga, makanya hilang :) tapi ya itu selain tidak boleh lebih dari maksimal 8 pass (kata teorinya) juga mengerikan buat kantong ....:)
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by Abu2 »

@Nes : hmmm...iya, gw blm coba pake clay...

mana lebih abrasive, clay ato SX yah?
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by nescafe »

abrasive buat clear coat? scratchX..

kalau clay khan cm mengangkat kotoran yg tak nampak, coba dulu pakai clay.. :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by vim »

Abu2 wrote:@Nes : hmmm...iya, gw blm coba pake clay...

mana lebih abrasive, clay ato SX yah?
clay setahu saya ngga abrasive ya?
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by Abu2 »

vim wrote:
Abu2 wrote:@Nes : hmmm...iya, gw blm coba pake clay...

mana lebih abrasive, clay ato SX yah?
clay setahu saya ngga abrasive ya?
SX katanya gak abrasive jg jika pake tangan..tp gak tau jg deh..makanya mohon saran dan ingpo dari teman2 disini..ntar gw coba pake clay deh, bisa ilang ato ngga itu noda . Tp tunggu noda air nya mucul dulu.. :D, sejauh ini dah ilang nodanya ...he.he.h.eh
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by nescafe »

hmm.. gw doakan biar water spotnya muncul, jd bisa langsung praktek.. :e-pray:

............ :ngacir:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by Abu2 »

vim wrote: bro abu2, mungkin ini water beading kali. Kalo sering pake NXT itu kan synthetic dan sifatnya sealant jadi dia akan seperti lem yang meng-cover lapisan dibawahnya termasuk sisa air. kemungkinan waktu lagi wax ada butiran air yang ikut jadi dia nempel di dalam. untuk membersihkan jangan pake scratchx, lagi pula scratchx sayang kalo cuma untuk butiran air. Kalo mau rada mahal sedikit pake CleanerWax, tapi kalo mau coba yang murah tapi cukup sakti pake turtleWax Tar & Bug Remover. Tapi kalo dia masih ada didalam lapisan wax NXT, harus pake cleanerwax dulu alias waxnya musti dirontokin dulu. Mungkin penggunaan NXt-nya harus dijarangkan, inget lho sifatnya sealant. :)

mungkin demikian ya kalo menurut saya. scratchx kan sifatnya ada cuttingnya juga, makanya hilang :) tapi ya itu selain tidak boleh lebih dari maksimal 8 pass (kata teorinya) juga mengerikan buat kantong ....:)
bener jg yah Bro..masuk akal...
cleanerwax "ibu2" ada sih di rumah, BTR tarminator jg ada....ahh...knapa gak gw cobain pake itudulu yah...ahh...dasar.gw ini...

kalo mengenai adanya air yg tertinggal , mudah2n dah gw pastiin gak ada yg tertinggal. dan noda air tersebut di yakini dari air hujan, ataupun mgkn cipratan ntah dari mana mana gitu...

yoowes deh, ntar kalo kena ujan lagi hari ini, ntar di coba2 lagi, deh ilanginnya pake obat selain SX..
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by vim »

Abu2 wrote:
vim wrote: bro abu2, mungkin ini water beading kali. Kalo sering pake NXT itu kan synthetic dan sifatnya sealant jadi dia akan seperti lem yang meng-cover lapisan dibawahnya termasuk sisa air. kemungkinan waktu lagi wax ada butiran air yang ikut jadi dia nempel di dalam. untuk membersihkan jangan pake scratchx, lagi pula scratchx sayang kalo cuma untuk butiran air. Kalo mau rada mahal sedikit pake CleanerWax, tapi kalo mau coba yang murah tapi cukup sakti pake turtleWax Tar & Bug Remover. Tapi kalo dia masih ada didalam lapisan wax NXT, harus pake cleanerwax dulu alias waxnya musti dirontokin dulu. Mungkin penggunaan NXt-nya harus dijarangkan, inget lho sifatnya sealant. :)

mungkin demikian ya kalo menurut saya. scratchx kan sifatnya ada cuttingnya juga, makanya hilang :) tapi ya itu selain tidak boleh lebih dari maksimal 8 pass (kata teorinya) juga mengerikan buat kantong ....:)
bener jg yah Bro..masuk akal...
cleanerwax "ibu2" ada sih di rumah, BTR tarminator jg ada....ahh...knapa gak gw cobain pake itudulu yah...ahh...dasar.gw ini...

kalo mengenai adanya air yg tertinggal , mudah2n dah gw pastiin gak ada yg tertinggal. dan noda air tersebut di yakini dari air hujan, ataupun mgkn cipratan ntah dari mana mana gitu...

yoowes deh, ntar kalo kena ujan lagi hari ini, ntar di coba2 lagi, deh ilanginnya pake obat selain SX..
he..he.. saya pernah ngalamin jg hal ini, mungkin karena waxnya blm cure tiba2 kena bintik air hujan padahal kecil karena dia mengering jadi besar (ketarik ke dalam kali jadi membesar) hee.h..
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by Abu2 »

tp waiittt...

sejauh ini, per hari minggu kemarin, kap mesin dah mulus bersih...dan diyakini gak ada waterspot lagi. Pengerjaan nya SX+ NXT2.0+UQD..
dan sampai td pagi masih bersih dan muyussss
nah, harusnya jika hari ini ato besok, kena hujan ato cipratan dari mana2 gitu, logikanya waterspot harusnya gampang untuk di hilangkan, bukan begitu?
mudah2 doa elo terkabul nes...gw pingin liat kondisinya.

(asal jgn ada perubahan struktur kimia atas clearcoat (clearcoat melunak) aja akibat pemakaian obat2an poles...amit2 jabang bayi jangan deh)
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by nescafe »

nah, perlu pembuktian mas :D

sebelum pakai SX, coba di clay dulu.. baru kembali ke langkah SX + Nxt 2.0 + UQD.. :frm_tumbright:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by Abu2 »

sejauh ini untuk bagian body yg lain gak ada masalah dgn waterspot , mgkn mnrt gw ada efek lain thd NXT yg di timbulkan sebagai akibat panas dari balik kap mesin..
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by vim »

Abu2 wrote:sejauh ini untuk bagian body yg lain gak ada masalah dgn waterspot , mgkn mnrt gw ada efek lain thd NXT yg di timbulkan sebagai akibat panas dari balik kap mesin..
memangnya waktu nge-wax lagi dalam keadaan body panas ya bro?
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by Abu2 »

vim wrote:
Abu2 wrote:sejauh ini untuk bagian body yg lain gak ada masalah dgn waterspot , mgkn mnrt gw ada efek lain thd NXT yg di timbulkan sebagai akibat panas dari balik kap mesin..
memangnya waktu nge-wax lagi dalam keadaan body panas ya bro?
gak pernah Bos, selalu dipastikan sebelum nyuci dan moles , body mobil dalam keadaan dingin...siap untuk dipoles..
User avatar
gioprivatemove
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by gioprivatemove »

Abu2 wrote:aih..kinclongnya...sedaap bener...
itu yg butuh curing produk apa Bro Vim? quick wax?


@ all..
mau curhat nih..
berhubung musin hujan telah tiba..aku seperti nya menghadapi maslah yg sedikit serius nih..
khusus untuk bagian kap mesin dan spakbor, noda2 air, terlihat begitu cepat munculnya (di bagian yg lain tidak ada), dan sangat susah di hilang kan. padahal khusus di bagian tersebut, rutin pake NXT2.0+UQD..Hal ini diperkirakan karena panas yg datang dari bagian dalam sebagai akibat panas dari ruang mesin (padahal panasnya ya normal2 aja).
udah 3x nyuci mobil, selalu tersisa noda air di kap mesin dan spakbor yg setelah dicuci tidak mau hilang. Noda ini hilang setalah di gosok pake scratch X (padahal untuk bagian2 lain gak ada noda air yg muncul). sering2 pake scratch X serem juga :D.
Padahal paling lama , cuma 1 hari aku biarkan kondisi mmobil gak terawat setelah kena hujan, dan udah diantisipasi selalu di buka kap mesin setibanya dirumah (jika habis kena hujan)

Nah, kondisi sedikit menyebalkan mengingat di bagian body lain tidak ada noda air. Hanya di kap mesin. hiks...

Mohon saran dan pencerahan,
Sejauh ini pake scratch X cukup puas, tp ya itu, serem aja sering2, Serem ngikisnya, serem juga SX nya cepat abis..huahuahauauah

any comment? mari diskusi (jika ada ygn perlu didiskusikan) :D
Nah, sekarang gw mau tanya nih, pake wax apa? uda saatnya turunin 915 bos...
Cara terbaik ngurangin waterspot ya dibloting sehabis kena hujan. pake chamois aja, asal magnesium dan calcium yg ada di air keserap ama chamois.
Seandainya kita uda kasih wax bagus dan tetap ada waterspot ya biarkan saja, itu waterspot hanya nempel di layer wax kok, jadi nanti saat dibersihkan dengan AIO/Polish masih sangat-2 mudah.
pake scratch X sering-2 gak papa kok (asal gak mikir cepet abis). Pake mothers cleaner wax itu juga bisa kok bos abu2. jgn khawatir...

nescafe wrote:
gioprivatemove wrote:HMMMM... :e-naughty:
ane mana berlebih? oh pake mothers wekekek, lumayan lah murmer (kalo pas disc).
Gmn nih gathering asbos?
lho... :big_slap:

hmm, di rumah pak gio? hayuk ajah.. :off_good:
Hayuk... tp jgn minggu ini, ada kerjaan. hehehe

@vim
wah uda aktif nih, seru deh pembicaraannya dgn abu2 dan nes. ane numpang lewat aja ya, gak enak ganggu. wekekekek.
915? :drinking:
Failure is just another stepping stone to success.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by nescafe »

@gio: ahh, master ini.. ikutan ngobrol donk, sekalian nurunin ilmunya.. :mrgreen:

klo saya kelebihannya cm satu, kelebihan lemak.. wkwkwkw.. :mrgreen:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by Abu2 »

gioprivatemove wrote: Nah, sekarang gw mau tanya nih, pake wax apa? uda saatnya turunin 915 bos...
Cara terbaik ngurangin waterspot ya dibloting sehabis kena hujan. pake chamois aja, asal magnesium dan calcium yg ada di air keserap ama chamois.
Seandainya kita uda kasih wax bagus dan tetap ada waterspot ya biarkan saja, itu waterspot hanya nempel di layer wax kok, jadi nanti saat dibersihkan dengan AIO/Polish masih sangat-2 mudah.
pake scratch X sering-2 gak papa kok (asal gak mikir cepet abis). Pake mothers cleaner wax itu juga bisa kok bos abu2. jgn khawatir...


@vim
wah uda aktif nih, seru deh pembicaraannya dgn abu2 dan nes. ane numpang lewat aja ya, gak enak ganggu. wekekekek.
915? :drinking:
Waxnya?, ya pake NXT lah ..915 blm saatnya bos..waktunya belum tepat...hiahiahaahaai

memang sepertinya itu waterspot nongkrong di layer waxnya , karena agak2 gampang ilangnya kalo pake SX, tp gak ilang kalo di lap seperti biasa. (tp kalo di selain kap mesin, gampang ilangnya)
Mudah2an, pake CW jg bisa ilang..

Kadang boil abis kena ujan, gak gw bersiihn bos, karena yg pake bini, tau nya kena ujan ya pas gw pulang kantor.. :D sukur kalo ujan terus, masih lembab, kalo tiba2 cuaca panas terik . mengering lah itu air di mobil...he.he.he.h.e.

Mohon pak guru bisa memantau pembicaraan kami jika2 ada yg keluar dari jalurnya.. :frm_salut: :frm_salut:
User avatar
gioprivatemove
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by gioprivatemove »

wakakka, kalau gw asalnya lemak. hihhihii, doyannya sapi ceper guling asal bali.
itu uda di share. tau deh bos abu2 mau dengerin apa enggak??? :shrug:
Failure is just another stepping stone to success.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by maxx »

nescafe wrote:@gio: ahh, master ini.. ikutan ngobrol donk, sekalian nurunin ilmunya.. :mrgreen:

klo saya kelebihannya cm satu, kelebihan lemak.. wkwkwkw.. :mrgreen:
sama satu lagi nes kelebihkan lo... nyegir kuda saat di foto :P ............ :ngacir:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
gioprivatemove
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by gioprivatemove »

weleh... kok jadi pak guru? katanya mau diskusi. sekarang disuruh mantau aja. yah... dikucilin nih gw. :smilecolros:

makanya, kap mesin pakein 915. + rajin QD abis nyuci. wekekekek.
Failure is just another stepping stone to success.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by Abu2 »

ahh...pak guru sensi amat...lagi banyak2 nya yah :big_weee:
ya memantau sambil diskusi.....hiahaiaihiahaiahha

niatnya sebelum pake 915, kudu ngerjain dari awal lagi

cuci sunlight+clay+SX+CW+CL68+915......panjang bener...makanya lagi nyari2 waktu yg tepat....gitu bos Guru.....
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by maxx »

gioprivatemove wrote:weleh... kok jadi pak guru? katanya mau diskusi. sekarang disuruh mantau aja. yah... dikucilin nih gw. :smilecolros:

makanya, kap mesin pakein 915. + rajin QD abis nyuci. wekekekek.
Susah nih baca teori terus di thread ... guru-nya harus praktekin langsung scr live.. baru kita ngerti deh he he he...

jadi kopdar poles memolesnya kapan neh gio???
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by nescafe »

Abu2 wrote:ahh...pak guru sensi amat...lagi banyak2 nya yah :big_weee:
ya memantau sambil diskusi.....hiahaiaihiahaiahha

niatnya sebelum pake 915, kudu ngerjain dari awal lagi

cuci sunlight+clay+SX+CW+CL68+915......panjang bener...makanya lagi nyari2 waktu yg tepat....gitu bos Guru.....

ahh.. mantap nih mas abu2, ayo buruan, ditunggu reviewnya.. :off_team:

kalo perlu, gw bantuin dah.. :frm_salut:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by nescafe »

gioprivatemove wrote:wakakka, kalau gw asalnya lemak. hihhihii, doyannya sapi ceper guling asal bali.
itu uda di share. tau deh bos abu2 mau dengerin apa enggak??? :shrug:
off the record buat mas abu2, lgpula beliau lg sibuk nyari waktu buat mempraktekan juruis2nya itu.. :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by Abu2 »

quote dari pakbos guru gio di hapal di dalem kepala (bukan luar kepal yah) :big_smoking:
User avatar
gioprivatemove
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44

Re: Car Detailing Lounge - Part 03

Post by gioprivatemove »

tau nih si asbos... gw juga mau nih ketemu ama bos-2 sm.
Failure is just another stepping stone to success.