klo emg niat utk membatasi konsumsi BBM subsidi, bikin aturan yg jelas & bener2 dijalanin di lapangan. jgn kyk skrg, aturan gk tegas trus tau2 barangnya langka. antara beneran langka ato sengaja dibikin langka

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
angkanya dalam kilo liter memang gede pertalite, tapi bagaimana dgn angka nominal subsidinya? mengingat subsidi biosolar itu rasionya berlipat dari pertalite, rupiahnya per liter jadi gede.Zaxis wrote: Sat Aug 03, 2024 7:09
Untuk diketahui, kuota penyaluran Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) yakni Pertalite (RON 90) pada 2024 ini ditetapkan sebesar 31,7 juta kilo liter. Sementara kuota Solar subsidi ditetapkan 17,8 juta kilo liter. Artinya kebutuhan Pertalite mencapai dua kali lipat dari Solar.
https://nasional.kontan.co.id/news/subs ... -terdampak
Dah bener sekalian dilarang semua untuk mobil pribadi khusus plat kuning dan R2 aja
Biar ga ada yg ngiri2
Roadmap masa depan (buat negara third world) keknya bakal bgitu sih omBibieight wrote: Sat Aug 03, 2024 6:09 Kalo ngomong logika ya, bukan ngomong pemain siapa, batasin BBM geser ke EV si masuk akal. BBM porsi impornya dah segede gaban, bayarnya pake dolar pula. Lha EV kan sumbernya dari PLTU, PLTU-nya makan batu bara, batu bara digali sendiri, meskipun diekspor, tetep kena DMO 25%.
Yg perlu dipikirin tinggal jaga impor batere-nya aja supaya ndak boncos2 amat ke cadev.
Tapi ini omongan logika kelas warkop yak, kalo ngomong pemain ya![]()
![]()
![]()
Sebenernya mo pemerintah bikin aturan kayak apapun bakalan tetep ada celah bwat jualan bbm secara ilegal. Paling bener emang di “premium”kan. Dibikin langka, lama2 habis ga ada stok lg.lexnic wrote: Mon Aug 05, 2024 3:25 terserah pemerintah deh hahaha. lagian bikin aturan pembatasan gk tegas samsek, ujung2nya malah orang2 makin cari2 cara utk beli BBM subsidi secara ilegal.
klo emg niat utk membatasi konsumsi BBM subsidi, bikin aturan yg jelas & bener2 dijalanin di lapangan. jgn kyk skrg, aturan gk tegas trus tau2 barangnya langka. antara beneran langka ato sengaja dibikin langka![]()
Perlu cek data, brp persen yg tinggal di:KielConstantine wrote: Mon Aug 05, 2024 5:01Roadmap masa depan (buat negara third world) keknya bakal bgitu sih omBibieight wrote: Sat Aug 03, 2024 6:09 Kalo ngomong logika ya, bukan ngomong pemain siapa, batasin BBM geser ke EV si masuk akal. BBM porsi impornya dah segede gaban, bayarnya pake dolar pula. Lha EV kan sumbernya dari PLTU, PLTU-nya makan batu bara, batu bara digali sendiri, meskipun diekspor, tetep kena DMO 25%.
Yg perlu dipikirin tinggal jaga impor batere-nya aja supaya ndak boncos2 amat ke cadev.
Tapi ini omongan logika kelas warkop yak, kalo ngomong pemain ya![]()
![]()
![]()
Subsidi bbm dicabut habis. Jadi ibarat yg masih punya (dan niat pelihara) mobil ICE ya buat kalangan hobbyists, enthusiast. Atau golongan orang mampu yg bs purchase bahan bakar sesuai standart harga pasar global
Trus kelas2 bawahnya nya yg masih berjuang hidup, ya mau ga mau pake mobcin mobcin colok listrik stop kontak rumah. Kalo perlu pake sepeda motor listrik jg. Supaya operational cost (beban hidup) murah wkwkwk
Miriss mmang tapi mo gimana lagi lah
Om rubble mana nih biasa seru bahas bginian![]()
maksudnya kelas menengah kali omKielConstantine wrote: Mon Aug 05, 2024 5:01 Roadmap masa depan (buat negara third world) keknya bakal bgitu sih om
Subsidi bbm dicabut habis. Jadi ibarat yg masih punya (dan niat pelihara) mobil ICE ya buat kalangan hobbyists, enthusiast. Atau golongan orang mampu yg bs purchase bahan bakar sesuai standart harga pasar global
Trus kelas2 bawahnya nya yg masih berjuang hidup, ya mau ga mau pake mobcin mobcin colok listrik stop kontak rumah. Kalo perlu pake sepeda motor listrik jg. Supaya operational cost (beban hidup) murah wkwkwk
Miriss mmang tapi mo gimana lagi lah
Om rubble mana nih biasa seru bahas bginian![]()
hybrid sama aja om orang kere mana yang mau beli mobil punya resiko benerin puluhan jutaSuryaputra wrote: Mon Aug 05, 2024 5:24 Perlu cek data, brp persen yg tinggal di:
- Rumah kontrak
- Kost
- Dinas
(Itu gak bs asal upgrade mcb / naik daya)
- Rumah keluarga / sendiri
- Apartment
- dan lainnya.
Belum lg habit berkendaranya suka road trip atau nggak, mudik gmn, ada mobil utama gak yg bisa diandalkan?..
Balik lg ke infrastruktur nya feasible atau nggak.
Klo SDA sih melimpah yaa.
Ngisi di spklu?...
Gak semua orang ahli dan suka experimen spt mbah bibie.
Klo si mbah itu sih super user![]()
Tapi layak jd tontonan sih antara EV, Hybrid dan ICE.
Most likely, ICE murni punya potensi akan tergantikan oleh Hybrid.
Klo EV (at least proven sampai saat ini), paling jd mobil kedua (untuk org yg pny duit lebih dan no issue dgn ketersediaan daya listrik di rumah)![]()
Keknya di undur lagi jd oktober bulan depanPembatasan BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024,
Catat! Ini Kriteria Mobil yang Bisa Beli Pertalite dan Solar
Pemerintah saat ini sedang berusaha membatasi penggunaan BBM Subsidi seperti Solar dan Pertalite pada kendaraan.
Pembatasan ini dilakukan untuk memastikan penyaluran BBM Subsidi tepat sasaran dan memenuhi kebutuhan energi masyarakat.
Mobil dengan CC di atas 1.400 tidak dapat menggunakan BBM Subsidi Pertalite atau Solar.
Sedangkan, kendaraan dengan kapasitas mesin di bawah 1.400 CC dapat memperoleh BBM subsidi Pertalite atau Solar di SPBU Pertamina.
Daftar kendaraan roda empat yang masih dapat mengonsumsi BBM Subsidi :
1. Suzuki Ignis
2. Suzuki Espreso
3. Toyota Agya
4. Toyota Calya
5. Toyota Raize
6. Toyota Avanza 1.3
7. Daihatsu Ayla
8. Daihatsu Sigra
9. Daihatsu Rocky
10. Daihatsu Xenia 1.3
11. Daihatsu Sirion
12. Mitsubishi Mirage
13. Honda Brio
14. Kia Seltos 1.3
15. Wuling Formo
16. Nissan Kicks e-Power
17. Nissan Magnite 999 cc
Source: https://radarbogor.jawapos.com/nasional ... -dan-solar
ya ngerti lah mbah knp ga rame
Ga update ini, CLA 200 ma A200 ga masukKielConstantine wrote: Tue Sep 03, 2024 9:32Keknya di undur lagi jd oktober bulan depanPembatasan BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024,
Catat! Ini Kriteria Mobil yang Bisa Beli Pertalite dan Solar
Pemerintah saat ini sedang berusaha membatasi penggunaan BBM Subsidi seperti Solar dan Pertalite pada kendaraan.
Pembatasan ini dilakukan untuk memastikan penyaluran BBM Subsidi tepat sasaran dan memenuhi kebutuhan energi masyarakat.
Mobil dengan CC di atas 1.400 tidak dapat menggunakan BBM Subsidi Pertalite atau Solar.
Sedangkan, kendaraan dengan kapasitas mesin di bawah 1.400 CC dapat memperoleh BBM subsidi Pertalite atau Solar di SPBU Pertamina.
Daftar kendaraan roda empat yang masih dapat mengonsumsi BBM Subsidi :
1. Suzuki Ignis
2. Suzuki Espreso
3. Toyota Agya
4. Toyota Calya
5. Toyota Raize
6. Toyota Avanza 1.3
7. Daihatsu Ayla
8. Daihatsu Sigra
9. Daihatsu Rocky
10. Daihatsu Xenia 1.3
11. Daihatsu Sirion
12. Mitsubishi Mirage
13. Honda Brio
14. Kia Seltos 1.3
15. Wuling Formo
16. Nissan Kicks e-Power
17. Nissan Magnite 999 cc
Source: https://radarbogor.jawapos.com/nasional ... -dan-solar
Itupun kg tau lah beneran apa mundur lg. Kan ngelola negara kek ngelola warung![]()
yakin nih pembatasannya berdasarkan cc mesin? bener2 speechless sama logika berpikirnyaKielConstantine wrote: Tue Sep 03, 2024 9:32Keknya di undur lagi jd oktober bulan depanPembatasan BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024,
Catat! Ini Kriteria Mobil yang Bisa Beli Pertalite dan Solar
Pemerintah saat ini sedang berusaha membatasi penggunaan BBM Subsidi seperti Solar dan Pertalite pada kendaraan.
Pembatasan ini dilakukan untuk memastikan penyaluran BBM Subsidi tepat sasaran dan memenuhi kebutuhan energi masyarakat.
Mobil dengan CC di atas 1.400 tidak dapat menggunakan BBM Subsidi Pertalite atau Solar.
Sedangkan, kendaraan dengan kapasitas mesin di bawah 1.400 CC dapat memperoleh BBM subsidi Pertalite atau Solar di SPBU Pertamina.
Daftar kendaraan roda empat yang masih dapat mengonsumsi BBM Subsidi :
1. Suzuki Ignis
2. Suzuki Espreso
3. Toyota Agya
4. Toyota Calya
5. Toyota Raize
6. Toyota Avanza 1.3
7. Daihatsu Ayla
8. Daihatsu Sigra
9. Daihatsu Rocky
10. Daihatsu Xenia 1.3
11. Daihatsu Sirion
12. Mitsubishi Mirage
13. Honda Brio
14. Kia Seltos 1.3
15. Wuling Formo
16. Nissan Kicks e-Power
17. Nissan Magnite 999 cc
Source: https://radarbogor.jawapos.com/nasional ... -dan-solar
Itupun kg tau lah beneran apa mundur lg. Kan ngelola negara kek ngelola warung![]()
Klo mau ideal dr tiering biaya PKB harusnyalexnic wrote: Wed Sep 04, 2024 4:58yakin nih pembatasannya berdasarkan cc mesin? bener2 speechless sama logika berpikirnyaKielConstantine wrote: Tue Sep 03, 2024 9:32Keknya di undur lagi jd oktober bulan depanPembatasan BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024,
Catat! Ini Kriteria Mobil yang Bisa Beli Pertalite dan Solar
Pemerintah saat ini sedang berusaha membatasi penggunaan BBM Subsidi seperti Solar dan Pertalite pada kendaraan.
Pembatasan ini dilakukan untuk memastikan penyaluran BBM Subsidi tepat sasaran dan memenuhi kebutuhan energi masyarakat.
Mobil dengan CC di atas 1.400 tidak dapat menggunakan BBM Subsidi Pertalite atau Solar.
Sedangkan, kendaraan dengan kapasitas mesin di bawah 1.400 CC dapat memperoleh BBM subsidi Pertalite atau Solar di SPBU Pertamina.
Daftar kendaraan roda empat yang masih dapat mengonsumsi BBM Subsidi :
1. Suzuki Ignis
2. Suzuki Espreso
3. Toyota Agya
4. Toyota Calya
5. Toyota Raize
6. Toyota Avanza 1.3
7. Daihatsu Ayla
8. Daihatsu Sigra
9. Daihatsu Rocky
10. Daihatsu Xenia 1.3
11. Daihatsu Sirion
12. Mitsubishi Mirage
13. Honda Brio
14. Kia Seltos 1.3
15. Wuling Formo
16. Nissan Kicks e-Power
17. Nissan Magnite 999 cc
Source: https://radarbogor.jawapos.com/nasional ... -dan-solar
Itupun kg tau lah beneran apa mundur lg. Kan ngelola negara kek ngelola warung![]()
![]()
![]()
MASALAH sebenernya takut mobil baru gak laku padahal butuh waktu 5-10 thn buat mobil turun dratis pkbnyaSuryaputra wrote: Wed Sep 04, 2024 5:01 Klo mau ideal dr tiering biaya PKB harusnya
Paling make sense![]()
susah om, pola pikirnya trlalu unikSuryaputra wrote: Wed Sep 04, 2024 5:01Klo mau ideal dr tiering biaya PKB harusnyalexnic wrote: Wed Sep 04, 2024 4:58yakin nih pembatasannya berdasarkan cc mesin? bener2 speechless sama logika berpikirnyaKielConstantine wrote: Tue Sep 03, 2024 9:32
Keknya di undur lagi jd oktober bulan depan
Itupun kg tau lah beneran apa mundur lg. Kan ngelola negara kek ngelola warung![]()
![]()
![]()
Paling make sense![]()
tapi mslhnya, uji kir buat kendaraan niaga & komersial dsini kurang ketat.b0ku wrote: Wed Sep 04, 2024 5:08 --CUT--
subisidi tuh ke mobil2x niaga dan komersil......... kalo kayak taxi grab ya aplikasinya aja yang dikasih insetif biar murah
gak masalah om yang penting tepat sasaran gak peduli itu mobil orang kere pake atau itu mobil ancur itu kan urusan lembaga laen kek dishub sama polisi, bagusnya kek thailand buat dorong orang jadi petani di subsidilah double cabin dan pickup, dan disini pickup musti KIR kir itu repot jadi yang beli yang bener2x butuh semualexnic wrote: Wed Sep 04, 2024 6:34
tapi mslhnya, uji kir buat kendaraan niaga & komersial dsini kurang ketat.![]()
Nganu Om, kalau KIR benar benar dilaksanakan sesuai dengan peruntukan dan ketentuannya. Akan sangat bagus untuk keselamatan kendaraan di jalan raya dari sisi alat transportasi umumnya. Tapi kalau hanya jadi lahan bisnis, ya ujung ujungnya hanya sebagai cost tambahan para pencari rupiah dari usaha transportasi.b0ku wrote: Wed Sep 04, 2024 6:48gak masalah om yang penting tepat sasaran gak peduli itu mobil orang kere pake atau itu mobil ancur itu kan urusan lembaga laen kek dishub sama polisi, bagusnya kek thailand buat dorong orang jadi petani di subsidilah double cabin dan pickup, dan disini pickup musti KIR kir itu repot jadi yang beli yang bener2x butuh semualexnic wrote: Wed Sep 04, 2024 6:34
tapi mslhnya, uji kir buat kendaraan niaga & komersial dsini kurang ketat.![]()
![]()
disini makannya double cabin kagak laku om soalnya males urus kir pada![]()
gak tau ni rangga liat aja seberapa kuat pasarnya buat jadi maenan![]()
ya masalahnya KIR itu ud pernah nyoba belom om ngantrinya ampun dehYaS wrote: Wed Sep 04, 2024 8:40
Nganu Om, kalau KIR benar benar dilaksanakan sesuai dengan peruntukan dan ketentuannya. Akan sangat bagus untuk keselamatan kendaraan di jalan raya dari sisi alat transportasi umumnya. Tapi kalau hanya jadi lahan bisnis, ya ujung ujungnya hanya sebagai cost tambahan para pencari rupiah dari usaha transportasi.
Kalau semua mabil untuk angkutan umum, baik barang atau penumpang, wajib memakai plat kuning, seharusnya KIR hanya untuk plat kuning saja, dan kalau ada mobil pick up atau double cabin plat hitam, tidak boleh digunakan sebagai jasa komersil apapun.
Saya malah berangan angan seandainya KIR diberlakukan untuk semua jenis kendaraan dan dilaksanakan sesuai ketentuannya, bakalan lebih aman jalan raya kita. Sekarang banyak sekali saya temui motor tanpa lampu belakang, mobil dengan lampu rem mati, lampu sign yang diganti warna biru atau ungu, membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.
tapi ya gimana, wong sekarang mobil dan motor tanpa plat nomor saja bebas berkeliaran, mobil priibadi dengan tet tot wiu wiu, lamu strobo juga masih banyak berkeliaran, ditambah lampu sorot yang amat sangat menyilaukan jadi tambah trend tanpa ada tindakan dari Polantas.
Akhirnya hanya bisa ngedumel di mari...
kalo saya, pas dapat qr itu sy print & laminating om...AbdulHakim wrote: Thu Sep 26, 2024 6:20 Ada yang tau kenapa tampilan QR Code jadi seperti ini dan gmn solusinya?
Capture.JPG
itu di konoha atau wakanda gak om? kalo di Indo systemnya prudent, ga ada error-error kayak gituMSU wrote: Thu Sep 26, 2024 6:33kalo saya, pas dapat qr itu sy print & laminating om...AbdulHakim wrote: Thu Sep 26, 2024 6:20 Ada yang tau kenapa tampilan QR Code jadi seperti ini dan gmn solusinya?
Capture.JPG
biar ga ribet pas isi bensin...
cm btw belakangan kayaknya database pertamina suka error...kadang mnrt petugas hasil scan di alat mrk terdisplaynya mobil sy pake solar, padahal sebelumnya scan qr bener isi-nya bensin
mirip2 di negara kerajaan huhuhaha jg katanya gtuAbdulHakim wrote: Thu Sep 26, 2024 6:37itu di konoha atau wakanda gak om? kalo di Indo systemnya prudent, ga ada error-error kayak gituMSU wrote: Thu Sep 26, 2024 6:33kalo saya, pas dapat qr itu sy print & laminating om...AbdulHakim wrote: Thu Sep 26, 2024 6:20 Ada yang tau kenapa tampilan QR Code jadi seperti ini dan gmn solusinya?
Capture.JPG
biar ga ribet pas isi bensin...
cm btw belakangan kayaknya database pertamina suka error...kadang mnrt petugas hasil scan di alat mrk terdisplaynya mobil sy pake solar, padahal sebelumnya scan qr bener isi-nya bensin![]()
yang bikin aturan KIR di wakanda itu kayaknya birokrat yang nggak pernah turun lapangan. bayangin sekarang bak custom aja nggak bisa KIR. padahal tinggal bikin aturan aja kalo custom bolehnya pake bahan a b c d, speknya seberapa. saya tiap mau KIR sampe harus bongkar pasang palangan karena dianggep nggak sesuai spesifikasi pabrik, repot bener makan waktu.YaS wrote: Wed Sep 04, 2024 8:40
Nganu Om, kalau KIR benar benar dilaksanakan sesuai dengan peruntukan dan ketentuannya. Akan sangat bagus untuk keselamatan kendaraan di jalan raya dari sisi alat transportasi umumnya. Tapi kalau hanya jadi lahan bisnis, ya ujung ujungnya hanya sebagai cost tambahan para pencari rupiah dari usaha transportasi.
Kalau semua mobil untuk angkutan umum, baik barang atau penumpang, wajib memakai plat kuning, seharusnya KIR hanya untuk plat kuning saja, dan kalau ada mobil pick up atau double cabin plat hitam, tidak boleh digunakan sebagai jasa komersil apapun.
Saya malah berangan angan seandainya KIR diberlakukan untuk semua jenis kendaraan dan dilaksanakan sesuai ketentuannya, bakalan lebih aman jalan raya kita. Sekarang banyak sekali saya temui motor tanpa lampu belakang, mobil dengan lampu rem mati, lampu sign yang diganti warna biru atau ungu, membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.
tapi ya gimana, wong sekarang mobil dan motor tanpa plat nomor saja bebas berkeliaran, mobil pribadi dengan tet tot wiu wiu, lampu strobo juga masih banyak berkeliaran, ditambah lampu sorot yang amat sangat menyilaukan jadi tambah trend tanpa ada tindakan dari Polantas.
Akhirnya hanya bisa ngedumel di mari...