Om lonesnake posisi surabaya ya? Mau nanya untuk bengkel yang bisa pasang ground cable untuk innova dimana ya? Apa bengkel2 yg disebut di atas bisa? Thanks in advancelonesnake wrote: Surabaya, ada GUT, Duta Jaya mobil, kedua2xnya pegang brand Dastek
Elysium Autotech, yang di kendangsari
Sebaikmya sebelum pasang datang ke semua tempat dan konsultasi, baru tentukan mana yang paling cocok dengan anda
Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Tue May 05, 2015 5:51
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
redsbright wrote:Om lonesnake posisi surabaya ya? Mau nanya untuk bengkel yang bisa pasang ground cable untuk innova dimana ya? Apa bengkel2 yg disebut di atas bisa? Thanks in advancelonesnake wrote: Surabaya, ada GUT, Duta Jaya mobil, kedua2xnya pegang brand Dastek
Elysium Autotech, yang di kendangsari
Sebaikmya sebelum pasang datang ke semua tempat dan konsultasi, baru tentukan mana yang paling cocok dengan anda
Bisa bro mestinya, tapi kalo masalah mereka ada stock apa tidak krang tahu ya bro
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Ikut gathering KIOC chapter Surabaya ajaredsbright wrote:Om lonesnake posisi surabaya ya? Mau nanya untuk bengkel yang bisa pasang ground cable untuk innova dimana ya? Apa bengkel2 yg disebut di atas bisa? Thanks in advancelonesnake wrote: Surabaya, ada GUT, Duta Jaya mobil, kedua2xnya pegang brand Dastek
Elysium Autotech, yang di kendangsari
Sebaikmya sebelum pasang datang ke semua tempat dan konsultasi, baru tentukan mana yang paling cocok dengan anda
Nanti Lurah KIOC - Chapter Sby akan memberi tutorial Ground cable scr DIY
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Hallo para Master di SM dan pembaca yang lain
Pada waktu beli Innova D4D matic thn 2012 December di Surabaya saya dapat voucher free parts.
Apakah yang beli di tahun 2012 sekitar december juga ada dapat voucher free parts?
Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah ini kebijakan dari pusat atau masing masing dealer?
2. Apakah termasuk part olie rem, olie gardan untuk jadwal perawatan 2 tahun atau 40.000 KM? karena tertulis di free part -->Item pekerjaan dan penggantian suku cadang sesuai buku warranty dan service berkala.
Di serice berkala KM 40,000 tertulis :
ganti minyak rem dan kopling
ganti olie gigi differential
artinya harusnya free yah ?
Pada waktu beli Innova D4D matic thn 2012 December di Surabaya saya dapat voucher free parts.
Apakah yang beli di tahun 2012 sekitar december juga ada dapat voucher free parts?
Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah ini kebijakan dari pusat atau masing masing dealer?
2. Apakah termasuk part olie rem, olie gardan untuk jadwal perawatan 2 tahun atau 40.000 KM? karena tertulis di free part -->Item pekerjaan dan penggantian suku cadang sesuai buku warranty dan service berkala.
Di serice berkala KM 40,000 tertulis :
ganti minyak rem dan kopling
ganti olie gigi differential
artinya harusnya free yah ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
saya sih free sampai sekarang.. juni besok voucher terakhir alias 50rb
tp kan gak termasuk spooring dan balancing, cuma item yg tertulis di buku service saja
tp kan gak termasuk spooring dan balancing, cuma item yg tertulis di buku service saja
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Om Nyoman, waktu servis 40,000 itu juga ganti minyak rem dan olie gardan ?NYoman wrote:saya sih free sampai sekarang.. juni besok voucher terakhir alias 50rb
tp kan gak termasuk spooring dan balancing, cuma item yg tertulis di buku service saja
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Sekedar update, tadi habis tanya ke bengkel servis auto 2000.
Voucher free parts dari 10,000 sampai 50,000 KM memang benar free semua part SESUAI yang ditulis di dalam servis berkala.
Misal KM 40,000 diharuskan ganti :
- olie
- filter olie
- minyak rem
- olie gardan
maka semua itu free.
Nah mungkin yang perlu kita ganti dan bayar sendiri yaitu olie power steering karena di servis berkala tulisanya cuma periksa bukan diganti.
Memang dipakai sampai 3 tahun atau 100,000 KM tidak akan rusak olie power steering. (masa garansi 3 thn atau 100,000 KM mana yang dicapai dahulu)
Tetapi yang namanya olie yah tiap 2 thn harusnya diganti. Sekali rusak power steering lumayan tuh bisa habis 10 jt an
TOYOTA voucher free partsnya hebat nih
biarpun kenyamanan mobilnya kalau sama sama baru masih lebih enak GL hahaha. 7 thn biasanya tidak akan rusak shock, tie road , bearing. Biasanya semua kaki kaki aman selama 7 tahun 
Voucher free parts dari 10,000 sampai 50,000 KM memang benar free semua part SESUAI yang ditulis di dalam servis berkala.
Misal KM 40,000 diharuskan ganti :
- olie
- filter olie
- minyak rem
- olie gardan
maka semua itu free.
Nah mungkin yang perlu kita ganti dan bayar sendiri yaitu olie power steering karena di servis berkala tulisanya cuma periksa bukan diganti.
Memang dipakai sampai 3 tahun atau 100,000 KM tidak akan rusak olie power steering. (masa garansi 3 thn atau 100,000 KM mana yang dicapai dahulu)
Tetapi yang namanya olie yah tiap 2 thn harusnya diganti. Sekali rusak power steering lumayan tuh bisa habis 10 jt an

TOYOTA voucher free partsnya hebat nih


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
haloo om, sorry saya baru balas saya jarang mampir mabes belakangan.. semua free asalkan tertulis di buku service, kebetulan odo saya baru 26rb bahkan stlh hampir 4th kemungkinan baru nyentuh 30-35rb hehee.. Innova saya yg satunya sudah berumur 8.5 tahun dan belum ada masalah berarti..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Wah sama persis nih KM nya. Saya juga 26.500 KM. Belinya thn 2012 akhir.NYoman wrote:haloo om, sorry saya baru balas saya jarang mampir mabes belakangan.. semua free asalkan tertulis di buku service, kebetulan odo saya baru 26rb bahkan stlh hampir 4th kemungkinan baru nyentuh 30-35rb hehee.. Innova saya yg satunya sudah berumur 8.5 tahun dan belum ada masalah berarti..
Kemarin habis ganti olie power steering dan olie garden (bayar sendiri tanpa pakai voucher), kemudian semprot saringan udara. Wah mobil tarikannya jadi lebih enak.
Rencana KM 30,000 (pakai voucher free parts) akan minta ganti olie transmisi dan rem, olie transmisi + olie rem bayar sendiri. Tetapi jasanya free

Nanti rencananya KM 40,000 (pakai voucher free parts) akan minta ganti olie power steering dan olie garden --> ini akan free karena tercantum di dalam servis berkala

Olie Transmisi, olie power steering, olie rem, olie garden ada baiknya ganti 2-3 thn om, terutama yang transmisi karena sekali rusak mahal betulinnya. Sebenarnya semuanya memang harus diganti di 2-3 thn

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Wah jangan2 bareng bleinya ya, plat saya juga 12.17
Saya gak ngikut KM sih, krn patokan saya dari bulan.. 10.000/6 bulan
Terakhir service bulan desember kemarin, ganti oli trans dan gardan tarikan berasa enak betul.. Saya semua ganti sesuai yang di buku sih jadi aman2 aja.. Bahkan kemarin cek filter solar juga masih bersih ga ada lendir dll, selama perawatan berkala teratur rasanya gak perlu khawatir
Saya gak ngikut KM sih, krn patokan saya dari bulan.. 10.000/6 bulan
Terakhir service bulan desember kemarin, ganti oli trans dan gardan tarikan berasa enak betul.. Saya semua ganti sesuai yang di buku sih jadi aman2 aja.. Bahkan kemarin cek filter solar juga masih bersih ga ada lendir dll, selama perawatan berkala teratur rasanya gak perlu khawatir
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Oh iya berarti servis 30,000 KM mau ganti :NYoman wrote:Wah jangan2 bareng bleinya ya, plat saya juga 12.17
Saya gak ngikut KM sih, krn patokan saya dari bulan.. 10.000/6 bulan
Terakhir service bulan desember kemarin, ganti oli trans dan gardan tarikan berasa enak betul.. Saya semua ganti sesuai yang di buku sih jadi aman2 aja.. Bahkan kemarin cek filter solar juga masih bersih ga ada lendir dll, selama perawatan berkala teratur rasanya gak perlu khawatir
filter solar --> 200 an --> injector kalau sampai problem juga mahal
filter udara free
filter olie free
olie mesin free
olie rem -->300 an --> Master rem juga mahal
olie transmisi --> 800 an --> apalagi ini paling mahal
2 thn memang waktunya ganti semua fluida
saya ikut KM, tiap interval 5,000 ganti olie mesin pakai TOYOTA

Nanti kalau lewat 4 thn dan sudah habis free part nya, baru ganti olie Castrol dan pakai 7-8 bulan

Rencana ini mobil karena mau pakai sendiri jangka panjang jadi dirawat yang bagus

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
up dulu ah sebelum trit ini tenggelam
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
om" mobil ane ipah d4d 2014 mau tanya mungkin udha kesekian kali ditanya sama yang lain cuma pas ane liat sepertinya belum terjawab dengan baik,
ane mau ganti DP buatan Budi Knalpot dan kebetulan lebih miring harganya dan apakah kualitasnya oke? untuk garansi toyota masih berlaku ga ya?
ane juga mau pasang knn tapi nanti begitu servis berkala paling ganti ke yang oem punya,

ane mau ganti DP buatan Budi Knalpot dan kebetulan lebih miring harganya dan apakah kualitasnya oke? untuk garansi toyota masih berlaku ga ya?
ane juga mau pasang knn tapi nanti begitu servis berkala paling ganti ke yang oem punya,
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Newbie bantu jawab tapi kalau mau puas ke Om Htaniss atau Om Turboman,Budi knalpot bagus kok menurut referensi anak2 KIOC ntar jangan lupa di wrap anri panas,saya pakai DP Kansai service aman2 aja,Toyota gak ributin soal KnN saya seeing bilang filter pakai KnN jangan di semprot angin dan jangan di buka dah aman kok Omdieselman228 wrote:om" mobil ane ipah d4d 2014 mau tanya mungkin udha kesekian kali ditanya sama yang lain cuma pas ane liat sepertinya belum terjawab dengan baik,![]()
ane mau ganti DP buatan Budi Knalpot dan kebetulan lebih miring harganya dan apakah kualitasnya oke? untuk garansi toyota masih berlaku ga ya?
ane juga mau pasang knn tapi nanti begitu servis berkala paling ganti ke yang oem punya,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
nugroho bagor wrote:Newbie bantu jawab tapi kalau mau puas ke Om Htaniss atau Om Turboman,Budi knalpot bagus kok menurut referensi anak2 KIOC ntar jangan lupa di wrap anri panas,saya pakai DP Kansai service aman2 aja,Toyota gak ributin soal KnN saya seeing bilang filter pakai KnN jangan di semprot angin dan jangan di buka dah aman kok Omdieselman228 wrote:om" mobil ane ipah d4d 2014 mau tanya mungkin udha kesekian kali ditanya sama yang lain cuma pas ane liat sepertinya belum terjawab dengan baik,![]()
ane mau ganti DP buatan Budi Knalpot dan kebetulan lebih miring harganya dan apakah kualitasnya oke? untuk garansi toyota masih berlaku ga ya?
ane juga mau pasang knn tapi nanti begitu servis berkala paling ganti ke yang oem punya,
kalau ganti DP gitu toyota ga ngeributin kan ya om? oh iya om kenapa mesti di wrap anti panas, emang bakal membara ya keliatan DPnya? thx om

2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Sy dulu ganti DP sejak KM 3000 & gak pernah ditanya2 di BeResdieselman228 wrote:
kalau ganti DP gitu toyota ga ngeributin kan ya om? oh iya om kenapa mesti di wrap anti panas, emang bakal membara ya keliatan DPnya? thx om
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Turboman wrote:Sy dulu ganti DP sejak KM 3000 & gak pernah ditanya2 di BeResdieselman228 wrote:
kalau ganti DP gitu toyota ga ngeributin kan ya om? oh iya om kenapa mesti di wrap anti panas, emang bakal membara ya keliatan DPnya? thx om
oke deh om turbo, sabtu ini langsung meluncur ganti DP

2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Jul 01, 2015 5:54
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Halo om turbo, mau nanya aja, baru ngambil kijang Innova G M/T Diesel keluaran tahun 2012. Ane gak terlalu faham dengan mesin mobil. pas dibuka sama temen yang emang suka ngoprek mobil dia bilang mesinnya udah ada turbonya. Dan udah baca - baca di forum bahwa memang ada turbonya ya yang keluaran tahun segitu.
Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timer
maklum sayang banget sama mobilnya jadi mau dirawat.
Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja
Makasih
Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timer

Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja

Makasih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Berhubung Om Turbo lagi sibuk.ane newbie bantu jawab ini di ipah butut saya ya om.saya pasang juga turbo timer buat peace of mind.kalo buru2 juga usah nunggu diemin dulu.harga kira2 1 jtan saat itupueweee wrote:Halo om turbo, mau nanya aja, baru ngambil kijang Innova G M/T Diesel keluaran tahun 2012. Ane gak terlalu faham dengan mesin mobil. pas dibuka sama temen yang emang suka ngoprek mobil dia bilang mesinnya udah ada turbonya. Dan udah baca - baca di forum bahwa memang ada turbonya ya yang keluaran tahun segitu.
Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timermaklum sayang banget sama mobilnya jadi mau dirawat.
Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja![]()
Makasih

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
gak usah pasang juga gpp kl masih std, egt ya gak bakalan tinggi kalau gak dinaikin boost nya atau gak dipasang piggyback
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
Ane ikutan bantu jawab yah, ane sih pasang turbo timer oem toyota beli si automania kalimalang 750an.pueweee wrote:Halo om turbo, mau nanya aja, baru ngambil kijang Innova G M/T Diesel keluaran tahun 2012. Ane gak terlalu faham dengan mesin mobil. pas dibuka sama temen yang emang suka ngoprek mobil dia bilang mesinnya udah ada turbonya. Dan udah baca - baca di forum bahwa memang ada turbonya ya yang keluaran tahun segitu.
Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timermaklum sayang banget sama mobilnya jadi mau dirawat.
Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja![]()
Makasih
Ngerawat ipah
Ganti oli bagus min semi synth
ganti oli transmisi gl4 atau gl5 tapi kalau ane sih gl4
gnti oli gardan mutlak gl5
filter solar rutin diganti, kalau ane 10-15rb km
racun solar (ane pake scheaffer diesel treat 2000)
purging 15-20 rb km
kalau mau blt mulai ganti filter udra free flow, ganti downpipe, pasang GC, tutup egr.
Berikutnya mngkn sesepuh ipah bs nambahin
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
saya baru ngambil ipah diesel juga, tapi belum dikirim sih mobilnya. kalo racun solar itu belinya di mana ,om ?dieselman228 wrote:Ane ikutan bantu jawab yah, ane sih pasang turbo timer oem toyota beli si automania kalimalang 750an.pueweee wrote:Halo om turbo, mau nanya aja, baru ngambil kijang Innova G M/T Diesel keluaran tahun 2012. Ane gak terlalu faham dengan mesin mobil. pas dibuka sama temen yang emang suka ngoprek mobil dia bilang mesinnya udah ada turbonya. Dan udah baca - baca di forum bahwa memang ada turbonya ya yang keluaran tahun segitu.
Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timermaklum sayang banget sama mobilnya jadi mau dirawat.
Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja![]()
Makasih
Ngerawat ipah
Ganti oli bagus min semi synth
ganti oli transmisi gl4 atau gl5 tapi kalau ane sih gl4
gnti oli gardan mutlak gl5
filter solar rutin diganti, kalau ane 10-15rb km
racun solar (ane pake scheaffer diesel treat 2000)
purging 15-20 rb km
kalau mau blt mulai ganti filter udra free flow, ganti downpipe, pasang GC, tutup egr.
Berikutnya mngkn sesepuh ipah bs nambahin
terus kan sekarang katanya kadar bahan bakar nabati di bio solar udah 15 %..gak masalah gitu buat ipah ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
kalo menurut newbie kayak ane, turbo timer gak penting2 amat selama pemakaian bener..pueweee wrote:Halo om turbo, mau nanya aja, baru ngambil kijang Innova G M/T Diesel keluaran tahun 2012. Ane gak terlalu faham dengan mesin mobil. pas dibuka sama temen yang emang suka ngoprek mobil dia bilang mesinnya udah ada turbonya. Dan udah baca - baca di forum bahwa memang ada turbonya ya yang keluaran tahun segitu.
Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timermaklum sayang banget sama mobilnya jadi mau dirawat.
Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja![]()
Makasih
tujuan turbo timer kan sebenernya untuk mengistirahatkan turbo.. kalo menurut logika nyubi kayak ane, dalam proses mematikan mesin kan kondisi mesin bisa dibilang sudah dalam keadaan idle. sebelum mematikan mesin, pastilah mobil sudah berjalan lambat, dan parkir. dan gak mungkin habis lari di tol tiba2 langsung mematikan mesin

palingan yang harus dihindari yaa sebelum mematikan mesin, mesin jangan di blayer2

Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D - PART 02
om.....barang itu yg jadi budak kita, bukan kita yg diperbudak barangpueweee wrote:Halo om turbo, mau nanya aja, baru ngambil kijang Innova G M/T Diesel keluaran tahun 2012. Ane gak terlalu faham dengan mesin mobil. pas dibuka sama temen yang emang suka ngoprek mobil dia bilang mesinnya udah ada turbonya. Dan udah baca - baca di forum bahwa memang ada turbonya ya yang keluaran tahun segitu.
Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timermaklum sayang banget sama mobilnya jadi mau dirawat.
Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja![]()
Makasih

Nih :
http://www.bankspower.com/techarticles/ ... -&-Fiction
MYTH #7
You have to let a turbo-diesel idle for two minutes before you shut it off.
FACT
This is a current myth that has a basis of fact stemming from many years ago. It also has a kernel of truth regarding today's turbocharged gasoline engines that operate at higher peak exhaust temperatures than turbo-diesels. In the early days of turbochargers, the turbo shaft was supported by a babbitt bearing that could seize, or even melt, if the engine was shut off immediately after sustained boost conditions where the turbocharger would "heat soak". A two minute cool down at idle allowed the turbocharger to dissipate any remaining spinning inertia, and the oil circulation cooled the bearing and prevented oil "coking" in the bearing area. Turbochargers haven't used babbitt bearings for over 30 years, and today's oils resist coking. Synthetic oils won't coke, period. With a turbocharged gas engine, it's still good insurance to let the engine idle for 30 seconds to a minute to allow the turbo or turbos to dissipate any inertia and to cool the bearing area to prevent oil coking, especially if the engine has been worked hard just prior to shut-down. Of course, using quality synthetic oil eliminates this potential coking problem.
Today's turbo-diesels are a different story. There is really no reason to "cool down" a turbo-diesel these days, but you won't hurt anything by doing it either. You can still find people who swear you have to do it, but the myth is fading. Maybe they just like to sit and listen to the radio.
IMO :
Simple-nya sih gini aja
Anda suka naik bukit / gunung / hauling beban berat gak ?
Kalo iya maka pasang TT.....kalo enggak ya gak perlu
kalau habis lari kenceng cukup nyetir santai 5 - 10 menit sebelum parkir agar suhu oli mesin kembali normal (ke 82 - 85 deg C), then saat parkir cukup tunggu 10 detik trus matikan mesin.
Intinya saat shutdown, EGT mesti di bawah 250 deg C (lower is better) dan oli mesin dalam suhu normal (D4 D normalnya di 82 - 85 deg C)
Ini yang ane study dengan bantuan EGT & Oil temp meter.
Kesimpulan :
Jadi yang paling perlu Turbo Timer itu sebetulnya :
TRUK & BUS dengan mesin Turbo
nah jika anda punya truk / bus yg Turbo Diesel, buruan deh pasang TT
* Bukan ajakan Beli *