Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

redsbright
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 05, 2015 5:51

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by redsbright »

lonesnake wrote: Surabaya, ada GUT, Duta Jaya mobil, kedua2xnya pegang brand Dastek

Elysium Autotech, yang di kendangsari

Sebaikmya sebelum pasang datang ke semua tempat dan konsultasi, baru tentukan mana yang paling cocok dengan anda
Om lonesnake posisi surabaya ya? Mau nanya untuk bengkel yang bisa pasang ground cable untuk innova dimana ya? Apa bengkel2 yg disebut di atas bisa? Thanks in advance
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by lonesnake »

redsbright wrote:
lonesnake wrote: Surabaya, ada GUT, Duta Jaya mobil, kedua2xnya pegang brand Dastek

Elysium Autotech, yang di kendangsari

Sebaikmya sebelum pasang datang ke semua tempat dan konsultasi, baru tentukan mana yang paling cocok dengan anda
Om lonesnake posisi surabaya ya? Mau nanya untuk bengkel yang bisa pasang ground cable untuk innova dimana ya? Apa bengkel2 yg disebut di atas bisa? Thanks in advance

Bisa bro mestinya, tapi kalo masalah mereka ada stock apa tidak krang tahu ya bro
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Turboman »

redsbright wrote:
lonesnake wrote: Surabaya, ada GUT, Duta Jaya mobil, kedua2xnya pegang brand Dastek

Elysium Autotech, yang di kendangsari

Sebaikmya sebelum pasang datang ke semua tempat dan konsultasi, baru tentukan mana yang paling cocok dengan anda
Om lonesnake posisi surabaya ya? Mau nanya untuk bengkel yang bisa pasang ground cable untuk innova dimana ya? Apa bengkel2 yg disebut di atas bisa? Thanks in advance
Ikut gathering KIOC chapter Surabaya aja

Nanti Lurah KIOC - Chapter Sby akan memberi tutorial Ground cable scr DIY
* Bukan ajakan Beli *
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Profith83 »

Hallo para Master di SM dan pembaca yang lain

Pada waktu beli Innova D4D matic thn 2012 December di Surabaya saya dapat voucher free parts.
Apakah yang beli di tahun 2012 sekitar december juga ada dapat voucher free parts?
Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah ini kebijakan dari pusat atau masing masing dealer?
2. Apakah termasuk part olie rem, olie gardan untuk jadwal perawatan 2 tahun atau 40.000 KM? karena tertulis di free part -->Item pekerjaan dan penggantian suku cadang sesuai buku warranty dan service berkala.

Di serice berkala KM 40,000 tertulis :
ganti minyak rem dan kopling
ganti olie gigi differential

artinya harusnya free yah ?
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by NYoman »

saya sih free sampai sekarang.. juni besok voucher terakhir alias 50rb
tp kan gak termasuk spooring dan balancing, cuma item yg tertulis di buku service saja
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Profith83 »

NYoman wrote:saya sih free sampai sekarang.. juni besok voucher terakhir alias 50rb
tp kan gak termasuk spooring dan balancing, cuma item yg tertulis di buku service saja
Om Nyoman, waktu servis 40,000 itu juga ganti minyak rem dan olie gardan ?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Profith83 »

Sekedar update, tadi habis tanya ke bengkel servis auto 2000.
Voucher free parts dari 10,000 sampai 50,000 KM memang benar free semua part SESUAI yang ditulis di dalam servis berkala.

Misal KM 40,000 diharuskan ganti :
- olie
- filter olie
- minyak rem
- olie gardan

maka semua itu free.

Nah mungkin yang perlu kita ganti dan bayar sendiri yaitu olie power steering karena di servis berkala tulisanya cuma periksa bukan diganti.

Memang dipakai sampai 3 tahun atau 100,000 KM tidak akan rusak olie power steering. (masa garansi 3 thn atau 100,000 KM mana yang dicapai dahulu)
Tetapi yang namanya olie yah tiap 2 thn harusnya diganti. Sekali rusak power steering lumayan tuh bisa habis 10 jt an :)

TOYOTA voucher free partsnya hebat nih :big_okay: biarpun kenyamanan mobilnya kalau sama sama baru masih lebih enak GL hahaha. 7 thn biasanya tidak akan rusak shock, tie road , bearing. Biasanya semua kaki kaki aman selama 7 tahun :big_exellent:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by NYoman »

haloo om, sorry saya baru balas saya jarang mampir mabes belakangan.. semua free asalkan tertulis di buku service, kebetulan odo saya baru 26rb bahkan stlh hampir 4th kemungkinan baru nyentuh 30-35rb hehee.. Innova saya yg satunya sudah berumur 8.5 tahun dan belum ada masalah berarti..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Profith83 »

NYoman wrote:haloo om, sorry saya baru balas saya jarang mampir mabes belakangan.. semua free asalkan tertulis di buku service, kebetulan odo saya baru 26rb bahkan stlh hampir 4th kemungkinan baru nyentuh 30-35rb hehee.. Innova saya yg satunya sudah berumur 8.5 tahun dan belum ada masalah berarti..
Wah sama persis nih KM nya. Saya juga 26.500 KM. Belinya thn 2012 akhir.
Kemarin habis ganti olie power steering dan olie garden (bayar sendiri tanpa pakai voucher), kemudian semprot saringan udara. Wah mobil tarikannya jadi lebih enak.

Rencana KM 30,000 (pakai voucher free parts) akan minta ganti olie transmisi dan rem, olie transmisi + olie rem bayar sendiri. Tetapi jasanya free :)

Nanti rencananya KM 40,000 (pakai voucher free parts) akan minta ganti olie power steering dan olie garden --> ini akan free karena tercantum di dalam servis berkala :D

Olie Transmisi, olie power steering, olie rem, olie garden ada baiknya ganti 2-3 thn om, terutama yang transmisi karena sekali rusak mahal betulinnya. Sebenarnya semuanya memang harus diganti di 2-3 thn :) karena kalau rusak bisa habis diatas 5 jt an
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by NYoman »

Wah jangan2 bareng bleinya ya, plat saya juga 12.17
Saya gak ngikut KM sih, krn patokan saya dari bulan.. 10.000/6 bulan
Terakhir service bulan desember kemarin, ganti oli trans dan gardan tarikan berasa enak betul.. Saya semua ganti sesuai yang di buku sih jadi aman2 aja.. Bahkan kemarin cek filter solar juga masih bersih ga ada lendir dll, selama perawatan berkala teratur rasanya gak perlu khawatir
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Profith83 »

NYoman wrote:Wah jangan2 bareng bleinya ya, plat saya juga 12.17
Saya gak ngikut KM sih, krn patokan saya dari bulan.. 10.000/6 bulan
Terakhir service bulan desember kemarin, ganti oli trans dan gardan tarikan berasa enak betul.. Saya semua ganti sesuai yang di buku sih jadi aman2 aja.. Bahkan kemarin cek filter solar juga masih bersih ga ada lendir dll, selama perawatan berkala teratur rasanya gak perlu khawatir
Oh iya berarti servis 30,000 KM mau ganti :
filter solar --> 200 an --> injector kalau sampai problem juga mahal
filter udara free
filter olie free
olie mesin free
olie rem -->300 an --> Master rem juga mahal
olie transmisi --> 800 an --> apalagi ini paling mahal

2 thn memang waktunya ganti semua fluida
saya ikut KM, tiap interval 5,000 ganti olie mesin pakai TOYOTA :) 5,000 KM kira kira tiap 5-6 bulan, soalnya cuma dikit pemakaian.

Nanti kalau lewat 4 thn dan sudah habis free part nya, baru ganti olie Castrol dan pakai 7-8 bulan :D
Rencana ini mobil karena mau pakai sendiri jangka panjang jadi dirawat yang bagus :big_okay:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by htannis »

up dulu ah sebelum trit ini tenggelam
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by dieselman228 »

om" mobil ane ipah d4d 2014 mau tanya mungkin udha kesekian kali ditanya sama yang lain cuma pas ane liat sepertinya belum terjawab dengan baik, :big_slap:
ane mau ganti DP buatan Budi Knalpot dan kebetulan lebih miring harganya dan apakah kualitasnya oke? untuk garansi toyota masih berlaku ga ya?
ane juga mau pasang knn tapi nanti begitu servis berkala paling ganti ke yang oem punya,
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by nugroho bagor »

dieselman228 wrote:om" mobil ane ipah d4d 2014 mau tanya mungkin udha kesekian kali ditanya sama yang lain cuma pas ane liat sepertinya belum terjawab dengan baik, :big_slap:
ane mau ganti DP buatan Budi Knalpot dan kebetulan lebih miring harganya dan apakah kualitasnya oke? untuk garansi toyota masih berlaku ga ya?
ane juga mau pasang knn tapi nanti begitu servis berkala paling ganti ke yang oem punya,
Newbie bantu jawab tapi kalau mau puas ke Om Htaniss atau Om Turboman,Budi knalpot bagus kok menurut referensi anak2 KIOC ntar jangan lupa di wrap anri panas,saya pakai DP Kansai service aman2 aja,Toyota gak ributin soal KnN saya seeing bilang filter pakai KnN jangan di semprot angin dan jangan di buka dah aman kok Om
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by dieselman228 »

nugroho bagor wrote:
dieselman228 wrote:om" mobil ane ipah d4d 2014 mau tanya mungkin udha kesekian kali ditanya sama yang lain cuma pas ane liat sepertinya belum terjawab dengan baik, :big_slap:
ane mau ganti DP buatan Budi Knalpot dan kebetulan lebih miring harganya dan apakah kualitasnya oke? untuk garansi toyota masih berlaku ga ya?
ane juga mau pasang knn tapi nanti begitu servis berkala paling ganti ke yang oem punya,
Newbie bantu jawab tapi kalau mau puas ke Om Htaniss atau Om Turboman,Budi knalpot bagus kok menurut referensi anak2 KIOC ntar jangan lupa di wrap anri panas,saya pakai DP Kansai service aman2 aja,Toyota gak ributin soal KnN saya seeing bilang filter pakai KnN jangan di semprot angin dan jangan di buka dah aman kok Om

kalau ganti DP gitu toyota ga ngeributin kan ya om? oh iya om kenapa mesti di wrap anti panas, emang bakal membara ya keliatan DPnya? thx om :mky_01:
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Turboman »

dieselman228 wrote:

kalau ganti DP gitu toyota ga ngeributin kan ya om? oh iya om kenapa mesti di wrap anti panas, emang bakal membara ya keliatan DPnya? thx om :mky_01:
Sy dulu ganti DP sejak KM 3000 & gak pernah ditanya2 di BeRes
* Bukan ajakan Beli *
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by dieselman228 »

Turboman wrote:
dieselman228 wrote:

kalau ganti DP gitu toyota ga ngeributin kan ya om? oh iya om kenapa mesti di wrap anti panas, emang bakal membara ya keliatan DPnya? thx om :mky_01:
Sy dulu ganti DP sejak KM 3000 & gak pernah ditanya2 di BeRes

oke deh om turbo, sabtu ini langsung meluncur ganti DP :big_okay:
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by htannis »

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
pueweee
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Jul 01, 2015 5:54

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by pueweee »

Halo om turbo, mau nanya aja, baru ngambil kijang Innova G M/T Diesel keluaran tahun 2012. Ane gak terlalu faham dengan mesin mobil. pas dibuka sama temen yang emang suka ngoprek mobil dia bilang mesinnya udah ada turbonya. Dan udah baca - baca di forum bahwa memang ada turbonya ya yang keluaran tahun segitu.

Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timer :) maklum sayang banget sama mobilnya jadi mau dirawat.

Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja :D

Makasih
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by nugroho bagor »

pueweee wrote:Halo om turbo, mau nanya aja, baru ngambil kijang Innova G M/T Diesel keluaran tahun 2012. Ane gak terlalu faham dengan mesin mobil. pas dibuka sama temen yang emang suka ngoprek mobil dia bilang mesinnya udah ada turbonya. Dan udah baca - baca di forum bahwa memang ada turbonya ya yang keluaran tahun segitu.

Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timer :) maklum sayang banget sama mobilnya jadi mau dirawat.

Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja :D

Makasih
Berhubung Om Turbo lagi sibuk.ane newbie bantu jawab ini di ipah butut saya ya om.saya pasang juga turbo timer buat peace of mind.kalo buru2 juga usah nunggu diemin dulu.harga kira2 1 jtan saat itu :thanks:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by htannis »

gak usah pasang juga gpp kl masih std, egt ya gak bakalan tinggi kalau gak dinaikin boost nya atau gak dipasang piggyback
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by dieselman228 »

pueweee wrote:Halo om turbo, mau nanya aja, baru ngambil kijang Innova G M/T Diesel keluaran tahun 2012. Ane gak terlalu faham dengan mesin mobil. pas dibuka sama temen yang emang suka ngoprek mobil dia bilang mesinnya udah ada turbonya. Dan udah baca - baca di forum bahwa memang ada turbonya ya yang keluaran tahun segitu.

Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timer :) maklum sayang banget sama mobilnya jadi mau dirawat.

Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja :D

Makasih
Ane ikutan bantu jawab yah, ane sih pasang turbo timer oem toyota beli si automania kalimalang 750an.

Ngerawat ipah
Ganti oli bagus min semi synth
ganti oli transmisi gl4 atau gl5 tapi kalau ane sih gl4
gnti oli gardan mutlak gl5
filter solar rutin diganti, kalau ane 10-15rb km
racun solar (ane pake scheaffer diesel treat 2000)
purging 15-20 rb km
kalau mau blt mulai ganti filter udra free flow, ganti downpipe, pasang GC, tutup egr.

Berikutnya mngkn sesepuh ipah bs nambahin
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by vipere »

dieselman228 wrote:
pueweee wrote:Halo om turbo, mau nanya aja, baru ngambil kijang Innova G M/T Diesel keluaran tahun 2012. Ane gak terlalu faham dengan mesin mobil. pas dibuka sama temen yang emang suka ngoprek mobil dia bilang mesinnya udah ada turbonya. Dan udah baca - baca di forum bahwa memang ada turbonya ya yang keluaran tahun segitu.

Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timer :) maklum sayang banget sama mobilnya jadi mau dirawat.

Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja :D

Makasih
Ane ikutan bantu jawab yah, ane sih pasang turbo timer oem toyota beli si automania kalimalang 750an.

Ngerawat ipah
Ganti oli bagus min semi synth
ganti oli transmisi gl4 atau gl5 tapi kalau ane sih gl4
gnti oli gardan mutlak gl5
filter solar rutin diganti, kalau ane 10-15rb km
racun solar (ane pake scheaffer diesel treat 2000)
purging 15-20 rb km
kalau mau blt mulai ganti filter udra free flow, ganti downpipe, pasang GC, tutup egr.

Berikutnya mngkn sesepuh ipah bs nambahin
saya baru ngambil ipah diesel juga, tapi belum dikirim sih mobilnya. kalo racun solar itu belinya di mana ,om ?
terus kan sekarang katanya kadar bahan bakar nabati di bio solar udah 15 %..gak masalah gitu buat ipah ?
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Rakean »

pueweee wrote:Halo om turbo, mau nanya aja, baru ngambil kijang Innova G M/T Diesel keluaran tahun 2012. Ane gak terlalu faham dengan mesin mobil. pas dibuka sama temen yang emang suka ngoprek mobil dia bilang mesinnya udah ada turbonya. Dan udah baca - baca di forum bahwa memang ada turbonya ya yang keluaran tahun segitu.

Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timer :) maklum sayang banget sama mobilnya jadi mau dirawat.

Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja :D

Makasih
kalo menurut newbie kayak ane, turbo timer gak penting2 amat selama pemakaian bener..

tujuan turbo timer kan sebenernya untuk mengistirahatkan turbo.. kalo menurut logika nyubi kayak ane, dalam proses mematikan mesin kan kondisi mesin bisa dibilang sudah dalam keadaan idle. sebelum mematikan mesin, pastilah mobil sudah berjalan lambat, dan parkir. dan gak mungkin habis lari di tol tiba2 langsung mematikan mesin :mky_01:

palingan yang harus dihindari yaa sebelum mematikan mesin, mesin jangan di blayer2 :mky_08:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D - PART 02

Post by Turboman »

pueweee wrote:Halo om turbo, mau nanya aja, baru ngambil kijang Innova G M/T Diesel keluaran tahun 2012. Ane gak terlalu faham dengan mesin mobil. pas dibuka sama temen yang emang suka ngoprek mobil dia bilang mesinnya udah ada turbonya. Dan udah baca - baca di forum bahwa memang ada turbonya ya yang keluaran tahun segitu.

Nah temen ane ini rekomendasiin pake turbo timer, sekarang sih setiap mau matiin ane diemin dl 30 detik sampe 1 menit berdasarkan rekomendasi. Nah, gitu aja udah cukup atau musti pasang turbo timer :) maklum sayang banget sama mobilnya jadi mau dirawat.

Trus yang penting buat ngerawat mobil ini apa aja ya om? yang utama aja :D

Makasih
om.....barang itu yg jadi budak kita, bukan kita yg diperbudak barang
:wkkk:

Nih :
http://www.bankspower.com/techarticles/ ... -&-Fiction

MYTH #7

You have to let a turbo-diesel idle for two minutes before you shut it off.


FACT

This is a current myth that has a basis of fact stemming from many years ago. It also has a kernel of truth regarding today's turbocharged gasoline engines that operate at higher peak exhaust temperatures than turbo-diesels. In the early days of turbochargers, the turbo shaft was supported by a babbitt bearing that could seize, or even melt, if the engine was shut off immediately after sustained boost conditions where the turbocharger would "heat soak". A two minute cool down at idle allowed the turbocharger to dissipate any remaining spinning inertia, and the oil circulation cooled the bearing and prevented oil "coking" in the bearing area. Turbochargers haven't used babbitt bearings for over 30 years, and today's oils resist coking. Synthetic oils won't coke, period. With a turbocharged gas engine, it's still good insurance to let the engine idle for 30 seconds to a minute to allow the turbo or turbos to dissipate any inertia and to cool the bearing area to prevent oil coking, especially if the engine has been worked hard just prior to shut-down. Of course, using quality synthetic oil eliminates this potential coking problem.

Today's turbo-diesels are a different story. There is really no reason to "cool down" a turbo-diesel these days, but you won't hurt anything by doing it either. You can still find people who swear you have to do it, but the myth is fading. Maybe they just like to sit and listen to the radio.


IMO :
Simple-nya sih gini aja

Anda suka naik bukit / gunung / hauling beban berat gak ?

Kalo iya maka pasang TT.....kalo enggak ya gak perlu

kalau habis lari kenceng cukup nyetir santai 5 - 10 menit sebelum parkir agar suhu oli mesin kembali normal (ke 82 - 85 deg C), then saat parkir cukup tunggu 10 detik trus matikan mesin.

Intinya saat shutdown, EGT mesti di bawah 250 deg C (lower is better) dan oli mesin dalam suhu normal (D4 D normalnya di 82 - 85 deg C)

Ini yang ane study dengan bantuan EGT & Oil temp meter.

Kesimpulan :
Jadi yang paling perlu Turbo Timer itu sebetulnya :

TRUK & BUS dengan mesin Turbo

nah jika anda punya truk / bus yg Turbo Diesel, buruan deh pasang TT
* Bukan ajakan Beli *