Review New Hyundai Santa Fe 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by leiv »

madcat015 wrote:@bro leiv: garansi apa itu? Hando? Boyota? Batu makam?

@bro ricz: tambahin...

Manual 5 speed...

Lgs dah tuh momod nyari2 telp bursa mobkas Jkt... :upss:

garansi mesin utk Hyundai santa fe ini
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

@um leiv :
1,2 jt itu mencakup penggantian filter solar ndak ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Melihat trend para ATPM mencari profit dr biaya servis, maka kita sbg user sebelum servis ada baiknya menanyakan apa2 aja yg akan dilakukan + break down cost

Kalo mobil Diesel di charge biaya servis mahal ini jujur aja namanya mengada ada / dibuat2 krn pada prinsipnya mobil Diesel itu maintenance free / cuman ganti filter2 aja. purging sesekali aja.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by dubz »

Lah kalo mesin bensin bedanya apa sih...ya filter2 juga. Busi yahhh gak sering2 amat.

Kalo diesel Innova mungkin sedikit maintenance...kalo diesel BMW sih saya agak sangsi maintenance free :p...kecanggihan.
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by leiv »

Turboman wrote:@um leiv :
1,2 jt itu mencakup penggantian filter solar ndak ?
hanya ditulis jasa 1.2 juta, TETAPI ada lg biaya lain
183 ribu utk service kit-oil filter,
dan 372 ribu utk filter catridge

apakah ini yg dimaksud filter solar? kalo bener, berarti biayanya terpisah antara jasa servis dan filter solar
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

kayaknya yg 372 rb itu filter solar, tapi buat pastinya ditanyakan lagi aja ke bengkelnya.

dan utk segala penggantian parts, maka parts2 bekasnya harus dikasih kembali ke kita.

1,2 jt itu ngapain aja yah selain ganti filter solar dan ganti oli.....scr dari mesinnya sendiri kan gak perlu di apa2-in, apa termasuk bongkar dan bersihkan rem + purging juga ?

Well, customer perlu tahu detailnya juga "digebuk" gitu besar utk apa saja.

Jujur gak nyangka policy-nya H miring di Indo kayak begini........udah mau ngebalap BMW / MB aja nih si H miring buat urusan biaya servis

Just IMO
leiv wrote:
Turboman wrote:@um leiv :
1,2 jt itu mencakup penggantian filter solar ndak ?
hanya ditulis jasa 1.2 juta, TETAPI ada lg biaya lain
183 ribu utk service kit-oil filter,
dan 372 ribu utk filter catridge

apakah ini yg dimaksud filter solar? kalo bener, berarti biayanya terpisah antara jasa servis dan filter solar
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Belphegor »

Mahal juga ya service di bengkel resmi, gimana captiva ya yg filter solarnya 1.2 jt, btw memang tdk dpt free service ya om leiv? Cepet juga ya udah 20rb km :mrgreen:
Resale Value

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Resale Value »

Saat hadapi kasus macam gini, saran saya, jangan patah hati dulu. Let's put it into the proper perspective / proportion :



1. Jaman sekarang, beli mobil baru, apalagi yang udah lebih dari 400 juta, mana ada sih yang biaya servis / sparepartnya murah banget ?



2. Ingat pula BBM dah naik, dan juga udah sejak berapa bulan lalu UMR juga udah naik banyak, dari 1 jutaan jadi 2 jutaan kan ? Tapi saya setuju juga dengan kata Jokowi Ahok, para worker juga mau sejahtera, emang mau di budakin terus ? Jujur aja memang tinggal di Jakarta, dengan gaji dulu cuman 1 jutaan doang bisa ngapain ? Bisa miskin terus kan ? Kasihan juga.



3. Jadi jelas ongkos manpower, terutama di Jakarta, udah naik banyak. Jadi jangan harap servis 20,000 km gitu jasanya harap cuman misalnya 300,000. Ngak realistis.



4. Dan ingat pula, servis lipatan 10,000 km kan ngak tiap minggu, ngak tiap bulan. For most people jelas cuman 1-2 kali setahun doang.



Banding ama other costs yang JAUH lebih besar, misalnya beli BBM yang udah pasti habis 20 jutaan setahun, depresiasi yang juga udah pasti puluhan juta tiap tahun, ongkos jasa servis mah menurut saya adalah minor cost.



Meskipun ada saingan SUV lain yang misalnya ongkos jasa 20,000nya cuman 600,000 saja, is that such a big issue ? Jadi depending on yr mileage (tiap tahun servis 1 atau 2 kali), selisihnya toh cuman 600,000-1.2 juta TIAP TAHUN saja !



That's peanuts banding ongkos BBM, ongkos depresiasi kan ?



Belum mobil macam Santa Fe sudah hemat banyak, maksud saya, dengan 400 jutaan udah dapat banyak hal positive seperti mesin yang bagus, high performance, fitur yang lumayan banyak, irit dll....



Jadi bisa aja HMI chargenya agak tinggian banding ATPM lain untuk bisa aja recover some money back, karena jelas mereka untungnya jauh lebih kecil jual tiap Santa Fe banding tiap honda jual crv misalnya. Cuman bedanya toyota honda cuan gede jual tiap mobil, bisa aja HMI ambil untungnya gedean dikit untuk jasa gituan. Tapi mana yang lebih besar angkanya ?



Yang penting itu dia guys, selisih biaya jasa 600,000 - 1.2 juta TIAP TAHUN banding saingan, is that such a big deal banding udah dapat mobil bagus gini dengan harga cuman 400 jutaan ? CBU lagi.



Toh apakah biaya jasa servis fortuner, dakar, gituan 20,000 km apakah jaman sekarang bisa dapat cuman 600,000 ? Bisa pun, pula, sekali lagi, bedanya cuman worse case 600,000- 1.2 juta TIAP TAHUN, bukan tiap minggu atau tiap bulan.



Gue sih mending kena jasa servis mahalan dikit, dari pada beli mobil 400 jutaan, fiturnya dikit, mesin kuno, transmisi jadul 4 speed, less comfort dll....



Yang penting, masih make sense ngak ?



Silahkan nimbang overall, ngak cuman dari segi biaya jasa servis, tapi dari overall package dealnya. Mobilnya seperti ini, fitur, mesin, comfortnya seperti gitu, harganya sekian, banding ama saingannya, masih good deal ngak ?



Saya yakin sejak UMR naik tajam, biaya jasa servis di merek lain pasti naik juga !


leiv wrote:updated ANSF, abis service 20 ribu, biaya 2.7 juta (agak kaget jg, hehe), rinciannya:

jasa service 1.2 jt
service kit - oil filter 183 rb
filter air cleaner 134 rb
oli shell helix diesel HX-7 10w-40 9 btl @82 rb, total 738 rb
engine flush oil 60 rb.
:frm_tumbleft:
untuk masalah oli mesin tadi saya tanya apakah boleh bawa oli dari luar, katanya diperbolehkan asalkan spek oli tsb diatas spek dari oli yg tersedia di beres hyundai, next rencananya mau pake shell full syntetic aja, sesuai anjuran om Turbo.

review setelah pemakaian 20 rb km, msh spt santi yg dulu, gak ada keluhan2 berarti, masih ok aja
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ALX7 »

Ada solusi lain?
utk para suhu mungkin bisa share hal2 yg bisa DIY tanpa harus ke bengkel utk hal2 sepele spt ganti oli? ganti filter?
klo saya sih lebih suka DIY bukan karena bisa lebih hemat, tp adakala nya klo kita bisa DIY utk mobil tercinta selain menambah pengetahuan ttg mobil sendiri jg kita bisa atur kapan ganti ini itu sesuai waktu kita, tanpa harus mengikuti jadwal dr BeRes...

ato bisa share bengkel2 alternatif yg cukup handal dan terpercaya utk menangani mobil kita...?
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ALX7 »

Mau share dikit ttg mobil bokap yg pake habanjah,
baru 2 tahun, km blum 10.000 dalam arti masih gratis biaya servis di A2k
dibawa ke sana pulang2 dgn tagihan kurleb 1jt juga,
padahal klo saya cek, hal2 yg gak penting macam air utk wiper(wiper fluid), foaming air intake cleaner, brake cleaner, spooring and balancing, bohlam utk lampu senja (1pcs 25rb????), dll
worth it?

no offense for atoyot :big_peace:
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ALX7 »

ALX7 wrote:Mau share dikit ttg mobil bokap yg pake habanjah,
baru 2 tahun, km blum 10.000 dalam arti masih gratis biaya servis di A2k
dibawa ke sana pulang2 dgn tagihan kurleb 1jt juga,
padahal klo saya cek, hal2 yg gak penting macam air utk wiper(wiper fluid), foaming air intake cleaner, brake cleaner, spooring and balancing, bohlam utk lampu senja (1pcs 25rb????), dll
worth it?

no offense for atoyot :big_peace:
maaf klo salah kamar, tp dlm bbrp hal saya sejalan dgn yg om RV sampaikan...
thanks juga buat om liev udah share ttg biaya service nya... :off_good_job:
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by htannis »

gnki saya service 10 ribu panggil THS, gratis semua tuh, oli, filter, pengecekan sana sini, cuman 20 ribu buat tips mekanik sekalian suruh claim receiver alarm yg defect, suka gak connect, sebulan langsung dapet penggantian pdhl salesnya aja mau claim in customer nya udah 4 bulan gak dipanggil a2000 pluit :wkkk:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Memang sbg konsumen kita gak boleh "nrimo" aja.....krn skg policy ATPM udah mirip kayak "bisnis printer inkjet", konsumen yg mesti hati2 dan teliti

Kalo sy dulu D4 D selama masa garansi, ke BeRes hanya utk ganti oli dan minta cap semua check list di centangin.......alhasil cuman kena ongkos ganti oli aja....hehehehehe

R20A ane juga tiap 5000 Km ganti oli di BeRes dan tiap 10 rb minta check list di centangin......kena ongkos ganti oli aja.

2 mobil itu ke BeRes hanya selama masa garansi aja (3 tahun pertama)

Yg penting ngomong baik2 aza ama kepala bengkelnya.....xixixixiixxixi

ALX7 wrote:Mau share dikit ttg mobil bokap yg pake habanjah,
baru 2 tahun, km blum 10.000 dalam arti masih gratis biaya servis di A2k
dibawa ke sana pulang2 dgn tagihan kurleb 1jt juga,
padahal klo saya cek, hal2 yg gak penting macam air utk wiper(wiper fluid), foaming air intake cleaner, brake cleaner, spooring and balancing, bohlam utk lampu senja (1pcs 25rb????), dll
worth it?

no offense for atoyot :big_peace:
* Bukan ajakan Beli *
kiddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by kiddy »

Mobil saya grand vitara Selama service kayanya ga pernah Di atas 2,5 juta, tp mungkin kata Om rv Ada bener ya Santa Fe kan udah mobil canggih perawatan enggak boleh sembarangan musti extra hati2 Jd yg nanganin juga harus ahli...tp kalo cuma cek2 aja bisa d atas 1 juta... Wow juga....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Resale Value wrote:Saat hadapi kasus macam gini, saran saya, jangan patah hati dulu. Let's put it into the proper perspective / proportion :
1. Jaman sekarang, beli mobil baru, apalagi yang udah lebih dari 400 juta, mana ada sih yang biaya servis / sparepartnya murah banget ?
- CUT -
Abis posting.......di capture.....bawa ke kantor ATPM ybs. buat reimbuse

xixixixixixixixixixiixxi

Kaboorrrrrrrrrrrrr :ngacir: :ngacir: :ngacir:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Mobil Diesel intinya cuman ganti filter2 + Purging aja

BeRes-nya mestinya break down biaya jasa :
- Ongkos ganti pilter solar
- Ongkos ganti oli
- Ongkos purging
- Ongkos servis rem

Mesin Mobil mah disentuh secukupnya aja.....kelewat banyak diutak atik malah nanti yg gak rusak jadi ruksak ! :wkkk:
kiddy wrote:Mobil saya grand vitara Selama service kayanya ga pernah Di atas 2,5 juta, tp mungkin kata Om rv Ada bener ya Santa Fe kan udah mobil canggih perawatan enggak boleh sembarangan musti extra hati2 Jd yg nanganin juga harus ahli...tp kalo cuma cek2 aja bisa d atas 1 juta... Wow juga....
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by madcat015 »

Nubitol mencoba memberi informasi... moga2 berguna...

Untuk sebuah diler mobil, selain target jualan mobil, juga ada target incoming unit bengkel daaaaaan suku cadang...

Ada standar jumlah jam kerja bengkel dan jumlah income yg diberikan ATPM.

Misalnya sebuah mobil masuk ke bengkel utk ganti oli saja dengan masa pengerjaan max 1 jam. Tentu nya berbeda biaya dengan mobil yg heavy repair selama min 4 jam dan cek sana sini.

Dari ATPM punya standar biaya dan jam yg ga bs diutak atik utk tiap prosedur servis... kalaupun diler mw memberikan sesuatu bagi customer ybs, bisa dengan voucher, souvenir, atau apapun itu yg memiliki nilai tertentu.

O iya, satu lagi. Oli pun ditarget... harus habis sekian drum sebulan...

:capede:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ricz »

Turboman wrote:Mobil Diesel intinya cuman ganti filter2 + Purging aja

BeRes-nya mestinya break down biaya jasa :
- Ongkos ganti pilter solar
- Ongkos ganti oli
- Ongkos purging
- Ongkos servis rem

Mesin Mobil mah disentuh secukupnya aja.....kelewat banyak diutak atik malah nanti yg gak rusak jadi ruksak ! :wkkk:
Betul sekali om...

Power window Ipah gw bermasalah di sisi pengemudi, selalu bunyi gruuukkkk setiap dinaikkan, dibawa ke BeRes malah tambah parah...
Last edited by ricz on Tue Jul 09, 2013 8:10, edited 1 time in total.

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
liora
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Wed Apr 03, 2013 11:49

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by liora »

fortun sy cuma servis 1000km pertama doank..cuma ganti oli shell full synthetic sampe skrg 15000blom servis lg tapi mobil msh finefine aja kok. memang klo mesin diesel mah ga perlu otak atik macam macam.. spt kata om turbo nanti malah jd ga bener...
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by hitutbaw »

@Liev Kalo biaya service waktu 10,000 km berapa om liev? Beda jauh gak dgn 1.2 jt?
Resale Value

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Resale Value »

Saran saya gini deh yang masih ngak rela bayar ongkos jasa di beres. Namun, you better know what you are doing ! Karena kita bicara mobil beneran, untuk kasus Santi mobil yang nilainya 400 juta lebih. Don't kid yourself, jangan " Penny Wise, pound foolish ".



Ingat, ngak cuman Hyundai, saya yakin merek lain pun juga sama, jika konsumennya servis di luar bengkel resmi, dan to be fair untuk ATPM, kan mereka mana tau mobilnya di apain aja di luar bengkel resmi, jelas akibatnya adalah :



GARANSI HANGUS !




Dan kalau udah gitu, you are on your own ! Ada apa apa ngak bakal di ganti !


Worth it ngak ?!




Misalnya nanti ada berapa component mesin yang rusak karena bengkel third party kerjanya ngak benar, benar pun namanya juga bikinan manusia, anything can happen ! Total biaya yang perlu di keluarkan puluhan juta untuk perbaikinya, nah, saat itu, baru deh pikir :



APA ARTINYA SETAHUN cuman nombok +- 1 juta untuk pertahankan GARANSInya ?




Seperti ada orang yang ngak mau asuransi karena malas keluar biaya premi. Saat baik baik aja sih senang, hemat uang, tapi saat ada kasus, baru deh " Aduh, ngak asuransi ! "



turboman sih ngomongnya enteng, yea, mobil diesel cuman perlu ini itu doang. Ya kalau cuman ganti oli doang, purging gituan memang murah, tapi ingat : JIKA TERJADI APA APA kepada mobilnya saat masih dalam periode garansi, tapi karena TIDAK SERVIS / CHECK RUTIN di beres, ada apa apa, bengkelnya turboman misalnya mau gantiin ngak biaya kerusakannya ?



Saran saya adalah, mau save cost ginian yang toh kecil banding cost lain seperti BBM dan depresiasi, mau juga tunggu sampai periode garansinya dah habis !



Once again guys, sudah mampu beli mobil 400 juta lebih, serius, apakah keluar extra +- 1 juta setahun untuk PERTAHANKAN GARANSI begitu berat ?



Worth it ngak save +- 1 juta setahun tapi garansi terancam hilang, dan nanggung sendiri risiko jika nanti ada apa yang rusak, yang biayanya bisa at least puluhan juta jika yang kena component mahal ?


Like I said, jangan PENNYWISE, POUND FOOLISH !


Ngomong ngomong turboman punya bengkel yah ? Karena dia sering bahas hal yang detail mengenai mesin.




ALX7 wrote:Ada solusi lain?
utk para suhu mungkin bisa share hal2 yg bisa DIY tanpa harus ke bengkel utk hal2 sepele spt ganti oli? ganti filter?
klo saya sih lebih suka DIY bukan karena bisa lebih hemat, tp adakala nya klo kita bisa DIY utk mobil tercinta selain menambah pengetahuan ttg mobil sendiri jg kita bisa atur kapan ganti ini itu sesuai waktu kita, tanpa harus mengikuti jadwal dr BeRes...

ato bisa share bengkel2 alternatif yg cukup handal dan terpercaya utk menangani mobil kita...?
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by htannis »

kata sapa service di luar garansi angus? ane pake pjs cuman service 1000 sama 5000 doang di beres, abis itu kapok, gak beres kerjanya. toh shock bocor ane bisa claim kok, yah liat2 dulu lah, sama kepala bengkel nya baik2 aja, gak bakalan angus. ada pajero vgt jebol gara2 psg piggyback jg bisa diatur tuh claim nya, innova turbo jebol gara2 boost 1.3 bar jg ada, bisa di atur juga claim garansinya :wkkk:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ricz »

Yang penting "uang kopi" betul ga bos Hen? :mrgreen:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by htannis »

uang kopi dan rokok :big_weee:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by madcat015 »

Atau kenal kabeng dan kacab... :mrgreen:

Dijamin, pelayanan ekstra... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat: