All About Pulsar - Part 06

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Tners
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by Tners »

darkwolf wrote:@ Tners
motor ane juga di kasi very lube di lubang businya ,coba liat di gambar waktu itu businya kan dicabut keliatan kan dari gambar , kalo lubang busi terbuka
oiyah, ga perhatiin.
koz perhatiinya cman dia masukin ke lobang karter.

my bad.
^^

kalo karbon uda tebel, dia biasanya asepnya putih pekat.
nah, kalo punya bro putih tipis.
berarti masi bersih banget ruang bakarnya.
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
donodomo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Sep 21, 2008 2:20

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by donodomo »

darkwolf wrote:Kebetulan waktu ane ngantri pasang , ada scorpio yang lagi di carbon clean dengan very lube ini , waktu digeber2 motornya , asapnya hitam pekat , yang menandakan motornya kotor sekali , sayangnya waktu itu ane ga foto , soalnya lagi bicara serius dengan mas Hendry , tapi prosesnya ane liat sendiri

sedangkan ketika motor ane di kasi very lube itu , cuma keluar asap putih yang tipis sekali , menandakan motor ane bersih ga ada kerak2nya sama sekali
Kepikiran nih Bro,

Kalau sudah pakai XADO, yah jangan pakai yang lain, takutnya seal yang dibuat XADO tidak akan tahan kalau dipakai juga flush engine.

Begitu pula cairan pembersih ruang bakar eg. DCS akan melarutkan proteksi XADO di ring piston.

Barangkali bisa diceritakan aliran prosesnya yang mana duluan.. misalnya sebelum diberikan XADO, lebih baik engine flush, lalu masukan olie murah dulu, nyalakan stasioner setengah jam (tanpa beban), sekalian DCS, kemudian olie diganti, dan baru masuk olie yang kualitas baik plus XADO.

Masuk akal nggak yah? Aku kalau pakai DCS biasanya juga langsung ganti olie karena suka nggak suka cairan DCS ada yang merambat melalui ring piston ke carter olie.. sehingga kinerja olie jadi berkurang...
donodomo.multiply.com
ym. dodonomo
darkwolf
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Jun 18, 2008 16:40

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by darkwolf »

Prosesnya sesuai gambar itu kok bro dono jadi pertama punya ane di kasi very lube itu , tujuannya ( ini kata mas Hendry loo) buat bersihin kerak2 dan kotoran yang ada di mesin agar nanti pada saat di kasi Xado lapisan yang dilapisi ama Xado Moto itu lapisan yang bersih gitu :big_peace:
darkwolf
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Jun 18, 2008 16:40

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by darkwolf »

Oya lupa nambahin juga , sebelum di carbon clean tadi oli ane juga diganti dengan oli Amsoil 20/50
Surz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Aug 24, 2008 15:46

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by Surz »

@darkwolf :

Wait and see aja dhe ..

nunggu racun nya berhasil ga nih .. :big_weee:
donodomo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Sep 21, 2008 2:20

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by donodomo »

darkwolf wrote:
donodomo wrote:Mo sharing 2 kali pulsar ku ke puncak.. kok pergi full pulang tinggal setengah

Jadi mikir.. apa aku harus diet yah..?

Kalian gimana? sharing dong..?
Total jaraknya brapa kilo bro Dono pulang pergi ke puncak ??
eh berapa ya.. start dari blok m jak sel... berapa yah?
donodomo.multiply.com
ym. dodonomo
darkwolf
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Jun 18, 2008 16:40

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by darkwolf »

Bro Dono ane dari jakarta selatan lewat pasar minggu ke bogor lanjut ke puncak kira2 nyampek 80 kiloan deh , bolak balik 160 an bro waktu itu ane dah itung2 ane cuman abis bensin 3 liter lebih dikit
User avatar
Tners
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by Tners »

darkwolf wrote:Oya lupa nambahin juga , sebelum di carbon clean tadi oli ane juga diganti dengan oli Amsoil 20/50
pas engine flush juga udah pake amsoil???
:e-think: :e-think: :off_no:
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
donodomo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Sep 21, 2008 2:20

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by donodomo »

darkwolf wrote:Bro Dono ane dari jakarta selatan lewat pasar minggu ke bogor lanjut ke puncak kira2 nyampek 80 kiloan deh , bolak balik 160 an bro waktu itu ane dah itung2 ane cuman abis bensin 3 liter lebih dikit
iya yah... itung lah naik turun cimacan - puncak pas dll.. totalnya 215km, emang jauh tapi kan nggak sampai habis setengah
donodomo.multiply.com
ym. dodonomo
darkwolf
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Jun 18, 2008 16:40

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by darkwolf »

mungkin kebanyakan pake engine break bro Dono , soalnya kan naik turun jalannya , engine break itu juga bikin boros bensin looo
darkwolf
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Jun 18, 2008 16:40

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by darkwolf »

Tners wrote:
darkwolf wrote:Oya lupa nambahin juga , sebelum di carbon clean tadi oli ane juga diganti dengan oli Amsoil 20/50
pas engine flush juga udah pake amsoil???
:e-think: :e-think: :off_no:
salahkah urutannya???
User avatar
Tners
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by Tners »

iya bro.
ketika mesin di engine flush, itu ga boleh digas2, palagi dijalankan.
karena obat di engine flush itu merusak karakter oli tersebut.
engine flush itu mengikis kerak, tapi karakter oli dibuat supaya ga melicinkan bagian yg akan dikikis oleh obat tsb.

bro dono ajah menganjurkan seperti ini :
Barangkali bisa diceritakan aliran prosesnya yang mana duluan.. misalnya sebelum diberikan XADO, lebih baik engine flush, lalu masukan olie murah dulu, nyalakan stasioner setengah jam (tanpa beban), sekalian DCS, kemudian olie diganti, dan baru masuk olie yang kualitas baik plus XADO.
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
darkwolf
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Jun 18, 2008 16:40

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by darkwolf »

hmm gitu ya bro Tners , apa gw salah inget ya?? :ungg:

yah gw cuman nurutin aturan dari mas Martin kalo gw salah ngasi informasi nanti gw tanyain lagi ama mas Martin biar lebih jelas and ga rancu :big_peace:
donodomo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Sep 21, 2008 2:20

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by donodomo »

darkwolf wrote:hmm gitu ya bro Tners , apa gw salah inget ya?? :ungg:

yah gw cuman nurutin aturan dari mas Martin kalo gw salah ngasi informasi nanti gw tanyain lagi ama mas Martin biar lebih jelas and ga rancu :big_peace:

bro darkwolf

aku bolak balik ke hal sebelumnya

di brosur tertulis very lube dimasukan via lobang busi --> udah oke
kok difoto pertama dimasukan ke lobang oli? --> malpraktek?
donodomo.multiply.com
ym. dodonomo
donodomo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Sep 21, 2008 2:20

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by donodomo »

donodomo wrote:
darkwolf wrote:hmm gitu ya bro Tners , apa gw salah inget ya?? :ungg:

yah gw cuman nurutin aturan dari mas Martin kalo gw salah ngasi informasi nanti gw tanyain lagi ama mas Martin biar lebih jelas and ga rancu :big_peace:

bro darkwolf

aku bolak balik ke hal sebelumnya

di brosur tertulis very lube dimasukan via lobang busi --> udah oke
kok difoto pertama dimasukan ke lobang oli? --> malpraktek?
Eh aku salah liat.. very lube bisa dibrosurnya bisa dipakai di ruang bakar (via lubang busi) dan kerter olie (via lubang olie).. baru sekali aku tau ada produk seperti ini.... :big_slap:
donodomo.multiply.com
ym. dodonomo
User avatar
Tners
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by Tners »

bisa bro.
sebagai engine flush juga.
liat di cara penggunaan untuk engine flush deh.

nah, ini yg gw binggung.
dia engine flush setelah penggantian oli ke amsoil 20/50.
jadi sampe skarang tetep digunakan oli stb.
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
Ijunk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Jul 18, 2008 8:55

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by Ijunk »

waduh!!!....kalo bener tuh engine flush lom dikeluarin......bisa gawat tuh......hihihihi....cek lagi yaa bro darkwolf....tapi pada dasarnya mesin pulsar tuh kuat banget.....maren2 di mj ngeliat pulsar 150 serpis karena agak kasar.....bongkar blok mesin....ternyata oli cuma tinggal beberapa tetes!!.....rantai keteng dan bagian mesin dibagian atas ampe dah berkarat semua...keriiing!!, seher dah baret karena sama sekali ga kena oli, camshaft abis....tpi kok masih bisa jalan yaa???
Arutemisha
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 345
Joined: Tue Sep 16, 2008 11:54

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by Arutemisha »

Itu Magic namanya....huehehehehehe....
NORIVAL ENERGY FUEL ENHANCER, cukup 2 tetes per liter BBM anda mendapat IRIT, PERFORMA MANTAP SPONTAN, PERAWATAN RUANG BAKAR. www.mynorival.com.
jawara
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Sat May 10, 2008 17:29
Location: Bandung

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by jawara »

wahhhhhh................mulai rame nih..............asiiiiikkkkkkkkkkk

selamat deh....semuanya .........udah pada pulang dari puncaknya............walopun kagak zero accident, tp full lagi kagak kenapa napa..........

@aru
jadikan pengalaman dan ilmu tuk mengenal mesin dan medan jalan ,.........hhehee,........
KEEP SAFETY RIDING FOREVER

[email protected]
Surz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Aug 24, 2008 15:46

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by Surz »

Ijunk wrote:waduh!!!....kalo bener tuh engine flush lom dikeluarin......bisa gawat tuh......hihihihi....cek lagi yaa bro darkwolf....tapi pada dasarnya mesin pulsar tuh kuat banget.....maren2 di mj ngeliat pulsar 150 serpis karena agak kasar.....bongkar blok mesin....ternyata oli cuma tinggal beberapa tetes!!.....rantai keteng dan bagian mesin dibagian atas ampe dah berkarat semua...keriiing!!, seher dah baret karena sama sekali ga kena oli, camshaft abis....tpi kok masih bisa jalan yaa???
PULSAR EMANG JAGOAN :big_peace:
Surz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Aug 24, 2008 15:46

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by Surz »

ada yg bisa menjelaskan mengenai Engine Brake ?

apaan tuh?/

gmn kerjanya |?? :big_weee:
User avatar
Tners
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by Tners »

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =25&t=9175

ini ada artikelnya.

tp, secara mudah.
kita ngerem dengan bantuan mesin.
cara simple ngetes adanya enginebrake :
pas ngegas, langsung tutup gas tanpa tarik kopling.
motor pasti makin pelan perlahan2 kan?
itu engine brake.
masih ada lagi variasi2nya.
sambil turunin gigi, belok sambil enginebrake,dll
guna engine brake ini sangat berguna saat hujan, belokan kecepatan tinggi dan turunan yg extreme.
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by JESKONENG »

Engine brake itu cara pengereman / pengurangan kecepatan tapi dengan bantuan putaran mesin setelah oper gigi ke lebih rendah lalu kopling dilepas dan gas juga ditutup... untuk kondisi jalan licin/menurun, teknik pengereman "engine brake" sangat lebih aman dibandingkan dengan menetralkan gigi atau menarik tuas kopling sambil hanya mengandalkan rem dalam menghindari resiko selip atau ban kehilangan traksi (daya cengkeram) pada permukaan jalan yang licin... dengan teknik engine brake, sekaligus memperingan kerja perangkat rem (cukup digunakan sedikit2 aja) sehingga rem tidak cepat panas (suhu terlalu panas dapat mengurangi kinerja rem) dan membuat awet perangkat kampas rem...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by hanx13 »

Kayaknya pada sukses neh PraTuringnya,,, Congrats...:beer:


Btw,,, ane ada beberapa data penting buat P200 kita & P180 jg,,, ntar bisa dimasukin di web baru PRIDES...



eniwei,,,, Masih nunggu datengnya HCS... :D

td malem Tes run pake koil XP ama BT2, kog rasanya sama aja,,,hehehe... pa setting CDI ane gak cocok buat koil ini yah,,?? soalnya kemaren waktu bikin kurva, pake koil std...
Image
XtraOrdinary
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Wed Jul 30, 2008 9:15

Re: All About Pulsar - Part 06

Post by XtraOrdinary »

@ blackjack
bro, baut bintangnya maren sepaket 20rb kan???ane ga salah kan bro???....tinggal 1 neh buat bang altops....

@ funkademics
ente avatar ente ga bro???itu anaknya Brig. Jend lho...

Teredan : Haryo -- dateng siang sendirian, sore uda pulang...sendirian juga...
Terkagumi : Tetsu -- logistik yg sangat bertanggung jawab....ampe bawa kompor buat masakin aer panas....uda gto subuh2 uda pulang ke cibinong
Terdapetpelajaran : Aru -- abis jatoh uda naek nih skill mengemudinya...
Teriseng : Wolverine -- siang datang....malam pulang...mayan...iseng2 dari sukabumi.....
Terngaco : Okep -- yg ini uda ga bisa diungkapkan dengan kata2 deh....
Terbahaya : Wenk -- naro badan segede gto di tengah2 jalur orang.....ckckckc....g aja ngeri liatnya.....
Termabuk : Pipin -- ampe jatoh dr kasur....
Terbang : Dono -- "Ijunk, TELAAAAAAT!!!!!"
Terdiam : Matikonyol -- mulutnya terkunci rapat gara2 ga dikasi ngayak pasir ama Okep....hahahha...becanda...
Terlamban : Mouse555 -- Ijunk ama bro Ito ampe stress nunggunya....untung pulangnya uda nambah skill nya....
Jual xado, coil racing, electronic bosster -->> 0818 07 KRISNA / 929 888 76