Yg udah dapet Livina absen disiniii.........

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

johnlegend wrote:btw, mo tulis FC lagi.. huahuahua.. moga2 kaga ada yg eneg liat tulisan ttg FC gw yah..

GL saya minum 1:9 buat dalkot.. soal nya saya coba FULL throttle.. hehehe.. max speed ngga tinggi2 banget.. tp dari 0-70kmh yg sering dibejek abis.. ternyata ngga selemot yg gw kira.. hohoho.. yg penting pas kickdown nya.. *seperti yg pak ichsan bilang..*

mmh.. stability nya boleh.. cuman gw takut ama visibility nya.. sudut kiri.. ama sudut kanan.. kadang ketutup pilar A.. jd pas belok kecepatan tinggi rada dag dig dug.. takut ada sepeda yg nyelonong..

pa lagi kaca film nya uda gelaaappp kl malem..

ada yg ngerasa posisi pilar ngganggu visibility kaga nih?
hehehe.. kalo pilar A sih saya udah biasa macam jazz pak, jadi ngga terlalu ganggu buat saya. btw kaca film depan saya jg 30% pake spektrum, dan anehnya masih clear banget loh walau malem. saya yang pake kacamata aja ngga ngerasa sulit liat. saya masih penasaran ingin pake premium nih, cuman dari tahun lalu bensin belum abis2.
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

mmh.. saya kebiasa pake crv.. terbiasa SUV pak.. visibility nya emang beda yah..

huehuehue.. abis nya kaga perna dipake gitu pak..
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

johnlegend wrote:
huehuehue.. iya pak.. ini mobil dipake buat kerja.. kadang kl keluar kota angkut barang2.. trus bawa orang2.. kotor semua gt.. *termasuk clean freak.. huehuehue* bangku depan ngga mentok k belakang pak.. tp cukup mundur kok.. kl jok depan terlalu mundur banget.. pinggang bisa sakit.. kan cape nahan nya..

btw, kl ditatak'in bantal ngga kerasa sakit.. berarti posisi tempat duduk pak ichsan mungkin kurang tegak.. coba diadjust lagi pak.. *sorry neh kl gw sok tahu.. hehehe*
wahh kalo masih buat angkut2 barang dan 1:9 dalkot mah irit pak. soal bangku, saya kalau nyetir livina emang ngga rebah kok pak. nahh itu, kalo bangku livina ngga saya mundurin banget sampe mentok, kaki saya di gas & rem jadi ngegantung sekali rasanya, malah pegel.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

ups sori dari minggu lalu maksudnya.
ichsan_n wrote:
johnlegend wrote:btw, mo tulis FC lagi.. huahuahua.. moga2 kaga ada yg eneg liat tulisan ttg FC gw yah..

GL saya minum 1:9 buat dalkot.. soal nya saya coba FULL throttle.. hehehe.. max speed ngga tinggi2 banget.. tp dari 0-70kmh yg sering dibejek abis.. ternyata ngga selemot yg gw kira.. hohoho.. yg penting pas kickdown nya.. *seperti yg pak ichsan bilang..*

mmh.. stability nya boleh.. cuman gw takut ama visibility nya.. sudut kiri.. ama sudut kanan.. kadang ketutup pilar A.. jd pas belok kecepatan tinggi rada dag dig dug.. takut ada sepeda yg nyelonong..

pa lagi kaca film nya uda gelaaappp kl malem..

ada yg ngerasa posisi pilar ngganggu visibility kaga nih?
hehehe.. kalo pilar A sih saya udah biasa macam jazz pak, jadi ngga terlalu ganggu buat saya. btw kaca film depan saya jg 30% pake spektrum, dan anehnya masih clear banget loh walau malem. saya yang pake kacamata aja ngga ngerasa sulit liat. saya masih penasaran ingin pake premium nih, cuman dari tahun lalu bensin belum abis2.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

BTw ini livina kok mesinnya panas banget yahhh??? itu apa radiatornya ngga sanggup dinginin panas mesinnya yah? emang sih tampaknya lucu, tapi siapa tahu aja emang ada kejadian mobil baru mogok karena kepanasan.. udah ada yang pernah liat livina mogok ngga? ahahahaha!! kelewatan banget kalo sampe ada mah. hahahah... and kalo sampe ada pun... pastinya akhir2nya pengemudinya jg yang musti diintrospeksi. Sebagai pengendara jangan lalai untuk mengecek isi radiator setiap kali mau jalan.. hauahhahahaha.. hehehehehhe.. klasikkk dee... kaya masalah FC AT
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

pak Ichsan, kayaknya mobilnya bermasalah deh.
Mobil saya sekarang sudah tidak bau lagi pak. Seperti yang sudah saya perkirakan sebelumnya. Dan belum pernah bau gosong itu masuk ke kabin. Dulu waktu pemakaian pertama tercium sih di moncong mobil. Sekarang sudah tidak ada lagi.

ichsan_n wrote:BTw ini livina kok mesinnya panas banget yahhh??? itu apa radiatornya ngga sanggup dinginin panas mesinnya yah? emang sih tampaknya lucu, tapi siapa tahu aja emang ada kejadian mobil baru mogok karena kepanasan.. udah ada yang pernah liat livina mogok ngga? ahahahaha!! kelewatan banget kalo sampe ada mah. hahahah... and kalo sampe ada pun... pastinya akhir2nya pengemudinya jg yang musti diintrospeksi. Sebagai pengendara jangan lalai untuk mengecek isi radiator setiap kali mau jalan.. hauahhahahaha.. hehehehehhe.. klasikkk dee... kaya masalah FC AT
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

ohh ngga pak, saya takutnya lama kelamaaan malah radiatornya yang kemakan.. pengalaman di gallant.. pada jebol radiator melulu penyakitnya saking ini mobil hawanya panas banget. kalo bau gosong saya jg sudah hilang.. kecuali kemarin saja muncul lagi dari roda belakang akibat lagi coba2 kickdown-rem-kickdown-rem ditol.
gunawan98 wrote:pak Ichsan, kayaknya mobilnya bermasalah deh.
Mobil saya sekarang sudah tidak bau lagi pak. Seperti yang sudah saya perkirakan sebelumnya. Dan belum pernah bau gosong itu masuk ke kabin. Dulu waktu pemakaian pertama tercium sih di moncong mobil. Sekarang sudah tidak ada lagi.

ichsan_n wrote:BTw ini livina kok mesinnya panas banget yahhh??? itu apa radiatornya ngga sanggup dinginin panas mesinnya yah? emang sih tampaknya lucu, tapi siapa tahu aja emang ada kejadian mobil baru mogok karena kepanasan.. udah ada yang pernah liat livina mogok ngga? ahahahaha!! kelewatan banget kalo sampe ada mah. hahahah... and kalo sampe ada pun... pastinya akhir2nya pengemudinya jg yang musti diintrospeksi. Sebagai pengendara jangan lalai untuk mengecek isi radiator setiap kali mau jalan.. hauahhahahaha.. hehehehehhe.. klasikkk dee... kaya masalah FC AT
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

di milis livina ada yang lihat GL dibuka kapnya di puncak tuh. apa gara2 radiator yak?

ichsan_n wrote:BTw ini livina kok mesinnya panas banget yahhh??? itu apa radiatornya ngga sanggup dinginin panas mesinnya yah? emang sih tampaknya lucu, tapi siapa tahu aja emang ada kejadian mobil baru mogok karena kepanasan.. udah ada yang pernah liat livina mogok ngga? ahahahaha!! kelewatan banget kalo sampe ada mah. hahahah... and kalo sampe ada pun... pastinya akhir2nya pengemudinya jg yang musti diintrospeksi. Sebagai pengendara jangan lalai untuk mengecek isi radiator setiap kali mau jalan.. hauahhahahaha.. hehehehehhe.. klasikkk dee... kaya masalah FC AT
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Yup.. dari sharing yg saya amati .. rata2 u/ perjalanan jauh (luarkota) rata2 FC GL1.8 1:12-14 stnya sdh bisa dijadikan acuan.
Tapi u/ dalkot sangat amat bervariasi tergantung Kota apa. Kalo diJakarta yg memang selalu lewati jalur padat merayap FC GL jadi 1:8-9 sedangkan untuk route kombinasi Tol dan Dalkot.. FC GL jadi 1:9-12.

Anak milist ada sharing sama gw sewaktu dia pasang jok di toko gw .. GLnya 1.5AT 80% pakai rute daerah Klp Gading - Sunter .. FCnya 1:8++ .. ga sampe 1:9, perlu diketahui saja.. Jl boulevard Raya - Kelapa gading.. selalu padat apalagi kalo jam pergi-pulang kantor, situasi jalan drastis berubah, jl. boulevard raya dari ujung ke ujung sekitar 3-4KM kalo sepi(baca: Jlnan kosong) bisa ditempuh dg jalan santai cuma 5 menit, .. tp kalo lagi padat.. terutama saat weekend.. bisa 30menit. Selain itu dia juga tempuh jalur Klp Gdg - Sunter..harus lewati jl. Bypass .. yg memang terkenal selalu macet- cet-cet.... dijalur tersebut kalo lagi padat bgt u/ putar balik di jl.Bypass aja bisa 20-30 menit... padahal Sunter-Klp Gading tidak smp
10KM... tp kalo lagi padat bisa 45menit-1jam baru sampe .. sedangkan kalo jalan benar kosong/lengang.. Sunter-Gading dpt ditempuh dg
driving santai dlm waktu 10-15menit.

IMHO.. u/ yg punya GL dan pakai di kota JKT terus terutama jalur padat.. jgn hope to much bisa dpt lebih dari 1:10 .. krn bisa dapat 1:9++ aja udah bagus.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

ichsan_n wrote:
johnlegend wrote:
huehuehue.. iya pak.. ini mobil dipake buat kerja.. kadang kl keluar kota angkut barang2.. trus bawa orang2.. kotor semua gt.. *termasuk clean freak.. huehuehue* bangku depan ngga mentok k belakang pak.. tp cukup mundur kok.. kl jok depan terlalu mundur banget.. pinggang bisa sakit.. kan cape nahan nya..

btw, kl ditatak'in bantal ngga kerasa sakit.. berarti posisi tempat duduk pak ichsan mungkin kurang tegak.. coba diadjust lagi pak.. *sorry neh kl gw sok tahu.. hehehe*
wahh kalo masih buat angkut2 barang dan 1:9 dalkot mah irit pak. soal bangku, saya kalau nyetir livina emang ngga rebah kok pak. nahh itu, kalo bangku livina ngga saya mundurin banget sampe mentok, kaki saya di gas & rem jadi ngegantung sekali rasanya, malah pegel.
mmh.. yg 1:9 itu pas saya buat kebut2an pak.. mmh.. dari daerah araya-darmo hill yg biasa nya 40mnt dipangkas jadi 12-13menit.. huehuehue.. malem2 sepi.. bhejeg abis.. kebetulan jalan2 pada uda bnyk yg diaspal.. huehuehue..
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

pak gun.. FC GL bapak gimana nih? review donk..
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Sdh pernah gw sharing deh soal mesin Nissan HR15DE dan MR18DE .. ini type mesin ULEV .. yg membutuhkan panas tinggi u/ menekan kadar racun pembuangan .. semua mesin ULEV.. operating temp 90-100 derajat celcius.... bukan mobil GL aja... apalagi mesin SULEV yg operating tem bisa >100 derajat celcius... CMIIW.
Kalo berdiri didepan mobil pasti dengar kipas radiator yg bunyinya kuenceng itu?.. nah itu salah satu u/ memaintain operatinng temp mesin yg panas.
Kalo lagi piknik.. bawa wajan aja.. buka kap motor.. bisa goreng2 deh... :lol:

Air radiator berkurang sementara ini diprediksikan krn mobil nya masih baru .. ada udara yg terjebak dalam jalur sirkulasi pendingin... ada yg share juga setelah ditambah beberapa kali.. sdh tidak berkurang lg.
ichsan_n wrote:ohh ngga pak, saya takutnya lama kelamaaan malah radiatornya yang kemakan.. pengalaman di gallant.. pada jebol radiator melulu penyakitnya saking ini mobil hawanya panas banget. kalo bau gosong saya jg sudah hilang.. kecuali kemarin saja muncul lagi dari roda belakang akibat lagi coba2 kickdown-rem-kickdown-rem ditol.
gunawan98 wrote:pak Ichsan, kayaknya mobilnya bermasalah deh.
Mobil saya sekarang sudah tidak bau lagi pak. Seperti yang sudah saya perkirakan sebelumnya. Dan belum pernah bau gosong itu masuk ke kabin. Dulu waktu pemakaian pertama tercium sih di moncong mobil. Sekarang sudah tidak ada lagi.

ichsan_n wrote:BTw ini livina kok mesinnya panas banget yahhh??? itu apa radiatornya ngga sanggup dinginin panas mesinnya yah? emang sih tampaknya lucu, tapi siapa tahu aja emang ada kejadian mobil baru mogok karena kepanasan.. udah ada yang pernah liat livina mogok ngga? ahahahaha!! kelewatan banget kalo sampe ada mah. hahahah... and kalo sampe ada pun... pastinya akhir2nya pengemudinya jg yang musti diintrospeksi. Sebagai pengendara jangan lalai untuk mengecek isi radiator setiap kali mau jalan.. hauahhahahaha.. hehehehehhe.. klasikkk dee... kaya masalah FC AT
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

johnlegend wrote:pak gun.. FC GL bapak gimana nih? review donk..
bensinnya belom habis-habis sih...:D:D:D

mungkin kalo lihat rate nya kayak gini, mungkin minggu depan baru bisa diisi lagi..:D:D
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

kl ngga abis2 berarti termasuk irit? ato kaga perna dipake2 nih?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

wah, kalo kyk gini brarti sama donk kyk Grandis gw, soalnya ini suara fan-nya kuenceng amir...uda kyk suara wkt berdiri di depan pesawat, trus mesinnya puanas kale ampe pernah gw observe waktu jam 11 pagi sehabis dipake, supir gw taro Grandisnya ke dalem garasi indoor yang bebas panas matahari, trus malemnya skitar jam 7 gitu gw pegang kap mesinnya, wah, masih hangat2 gitu, blon dingin, apalagi kalo elu taro tangan loe di atas celah2 kap mesinnya, terasa deh hawa panasnya kluar...padahal mercy gw aja keknya 4 jam gitu aja udah dingin tuh...

keknya ini mesinnya kyk galant yg si ichsan bilang, kalo mesinnya puanas bgt... :onfire:
Image
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Yup.. itu ciri2 mesin ULEV.. operating temp-nya tinggi u/ neken racun gas buang.
Hansen wrote:wah, kalo kyk gini brarti sama donk kyk Grandis gw, soalnya ini suara fan-nya kuenceng amir...uda kyk suara wkt berdiri di depan pesawat, trus mesinnya puanas kale ampe pernah gw observe waktu jam 11 pagi sehabis dipake, supir gw taro Grandisnya ke dalem garasi indoor yang bebas panas matahari, trus malemnya skitar jam 7 gitu gw pegang kap mesinnya, wah, masih hangat2 gitu, blon dingin, apalagi kalo elu taro tangan loe di atas celah2 kap mesinnya, terasa deh hawa panasnya kluar...padahal mercy gw aja keknya 4 jam gitu aja udah dingin tuh...

keknya ini mesinnya kyk galant yg si ichsan bilang, kalo mesinnya puanas bgt... :onfire:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

maxx wrote:Yup.. itu ciri2 mesin ULEV.. operating temp-nya tinggi u/ neken racun gas buang.
Hansen wrote:wah, kalo kyk gini brarti sama donk kyk Grandis gw, soalnya ini suara fan-nya kuenceng amir...uda kyk suara wkt berdiri di depan pesawat, trus mesinnya puanas kale ampe pernah gw observe waktu jam 11 pagi sehabis dipake, supir gw taro Grandisnya ke dalem garasi indoor yang bebas panas matahari, trus malemnya skitar jam 7 gitu gw pegang kap mesinnya, wah, masih hangat2 gitu, blon dingin, apalagi kalo elu taro tangan loe di atas celah2 kap mesinnya, terasa deh hawa panasnya kluar...padahal mercy gw aja keknya 4 jam gitu aja udah dingin tuh...

keknya ini mesinnya kyk galant yg si ichsan bilang, kalo mesinnya puanas bgt... :onfire:
yg gw observe, kalo mesinnya lagi dingin, asap dari knalpotnya bau skali, tapi kalo mesinnya udah panas, asap dari knalpotnya udah gak berbau...


mungkin betul yg elu bilang...ciri2 mesin ULET, eh ULEV maksudnya... :e-clap: :e-clap: :e-clap:
Image
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

johnlegend wrote:kl ngga abis2 berarti termasuk irit? ato kaga perna dipake2 nih?
bukan irit... dipake u/ jarak pendek aja.. antar anak kesekolah pulang pergi. sehari paling juga 25 km.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

IMHO.. u/ mobil yg jarang dipakai kalo itung FC musti masukan variable penguapan bensin.. u/ Pertamax/shell/petromax.. nguapnya lebih bnayak dibanding premium.

Udah paling bener kalo mo itung FC mesin.. isi full sebelum jln dipom bensinl pasti pas smp luber, set odometer, pergi keluar kota (jalan2) .. pulangnya langsung isi lagi di pom dan station filler yg sama smp luber... langsung itu den tuh .. KM odometer dibagi jumlah bensin yg diisi kedua kalinya.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Hansen wrote: mungkin betul yg elu bilang...ciri2 mesin ULET, eh ULEV maksudnya... :e-clap: :e-clap: :e-clap:
HUAHAHAHAHA... udah2 sen, kita mending duduk2 aje sambil
Image ama masak :popcorn: didepan kap mesin livina.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

johnlegend wrote:kl ngga abis2 berarti termasuk irit? ato kaga perna dipake2 nih?
hehehhe... itu mah livina gw pak jhon kalo jarang dipake.. btw walau nguap kan ngga mungkin sampe signifikan begitu maxx berkurangnya. kalau ukur luar kota artinya itu ukuran bensin luar kota donk? maxx terus itu yang mogok dipuncak, beneran mogok apa lagi mojok? ada yang nimpalin ngga? hhh... semoga livina jangan kaya renault deh.. gw takutnya kalo mesin terlalu panas, pengaruh ke umur komponen2 elektrical.. jadi suka ngaco and rusak semenjak kena panas tinggi mulu.
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

maxx wrote:IMHO.. u/ mobil yg jarang dipakai kalo itung FC musti masukan variable penguapan bensin.. u/ Pertamax/shell/petromax.. nguapnya lebih bnayak dibanding premium.

Udah paling bener kalo mo itung FC mesin.. isi full sebelum jln dipom bensinl pasti pas smp luber, set odometer, pergi keluar kota (jalan2) .. pulangnya langsung isi lagi di pom dan station filler yg sama smp luber... langsung itu den tuh .. KM odometer dibagi jumlah bensin yg diisi kedua kalinya.
itu jadinya kan FC luar kota. Metode pengukuran gw sama, isi bensin penuh, entar di kalo habis diisi lagi. Penguapan bensin mungkin terjadi, tapi kalo sampe separah yang maxx tulis, mending ga usah pake mobil aja... :D:D:D

kan tangki ada tutupnya (bertekanan lagi).. Biar ga dipake sebulan paling juga menguap ga sampe 0.1 liter. Toh mobil saya bukan jarang dipake. Dipake tiap hari, cuman jaraknya pendek. BTW, kemaren saya cek, secara visual, indicator sudah hampir 1/2, tapi km cuman 159. Hmm... ada beberapa kemungkinan:
1. Ini mobil emang ga seirit yang gw bayangkan (walau jauh lebih irit dari taruna).
2. Istri saya cara nyetirnya tidak efisien. Ini sudah saya utarakan sebelumnya. Saya bisa kompensasikan.
3. Indikator bensin tidak linier. Ini kan pernah diutarakan juga.
4. Pemakaian Premium JUSTRU lebih hemat dari Pertamax+
5. Faktor uji coba dalam masa < 1000km (kemungkinan di set di factory u/ masa < 1000km dibuat agak boros supaya mobil tidak terlalu panas). Mungkin aja sistem pelumasan blom lancar. Semisal perawan tuh kan masih seret gitu loh :D:D:D............. wakaka. (asli ngakak gw)...

OOT juga. Taruna saya tuh kalo dalkot, disetir sama istri.. paling juga 1:7-7.5. Tapi saya pernah uji keluar kota, ke bali, bisa sampe 1:12+. Jadi FC antara dalkot dan luar kota MEMANG bisa berbeda jauh (dan lumrah), terutama u/ mobil cc kecil. Nah berhubung livina ini emang mayoritas dipake di dalam kota, ya wajarlah buat saya u/ mengabaikan FC luar kota.
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

FYI:
gubraks wrote:Info dari milis sebelah, dari sales guide, kayaknya fuel consumption kalo pake premium sih expect for the worse aja:
di jalan jakarta yg penuh macet :
1.5 MT 1:8.5
1.8 MT 1:7
Luar kota speed rata2 100km/jam:
1.5 MT 1:15.5
1.8 MT 1:14
Kalo u/ yg AT nggak ada info, logikanya kurang dari itu.
Gw posting long time ago di topik:
Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=5412
Jadi gw pikir kalo klaim dari produsen segitu ya... realisasinya FC mungkin sekitar itu yah... yg gw udah ukur pake 1.8AT luar kota bisa dapet 1:14.5 ... berarti ok lah... (wah kalo mudik lebaran macet sih pasti nggak dapet segini)... untuk dalem kota gw belum ukur...
1.8AT (4A+2C+1B) buat nanjak panjang di cipularang ok juga, enak lho nyalip sambil nanjak hehehe...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:
Hansen wrote: mungkin betul yg elu bilang...ciri2 mesin ULET, eh ULEV maksudnya... :e-clap: :e-clap: :e-clap:
HUAHAHAHAHA... udah2 sen, kita mending duduk2 aje sambil
Image ama masak :popcorn: didepan kap mesin livina.
Depan kap mesin grandis ato mesin ULEV yg lain juga bisa dong... sama juga tuh panasnya.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

gunawan98 wrote: kan tangki ada tutupnya (bertekanan lagi).. Biar ga dipake sebulan paling juga menguap ga sampe 0.1 liter. Toh mobil saya bukan jarang dipake. Dipake tiap hari, cuman jaraknya pendek. BTW, kemaren saya cek, secara visual, indicator sudah hampir 1/2, tapi km cuman 159. Hmm... ada beberapa kemungkinan:
1. Ini mobil emang ga seirit yang gw bayangkan (walau jauh lebih irit dari taruna).
2. Istri saya cara nyetirnya tidak efisien. Ini sudah saya utarakan sebelumnya. Saya bisa kompensasikan.
3. Indikator bensin tidak linier. Ini kan pernah diutarakan juga.
4. Pemakaian Premium JUSTRU lebih hemat dari Pertamax+
5. Faktor uji coba dalam masa < 1000km (kemungkinan di set di factory u/ masa < 1000km dibuat agak boros supaya mobil tidak terlalu panas). Mungkin aja sistem pelumasan blom lancar. Semisal perawan tuh kan masih seret gitu loh :D:D:D............. wakaka. (asli ngakak gw)...

OOT juga. Taruna saya tuh kalo dalkot, disetir sama istri.. paling juga 1:7-7.5. Tapi saya pernah uji keluar kota, ke bali, bisa sampe 1:12+. Jadi FC antara dalkot dan luar kota MEMANG bisa berbeda jauh (dan lumrah), terutama u/ mobil cc kecil. Nah berhubung livina ini emang mayoritas dipake di dalam kota, ya wajarlah buat saya u/ mengabaikan FC luar kota.

pak gunawan, ternyata full tank livina adalah 52 liter, bukan 45