hehehe.. kalo pilar A sih saya udah biasa macam jazz pak, jadi ngga terlalu ganggu buat saya. btw kaca film depan saya jg 30% pake spektrum, dan anehnya masih clear banget loh walau malem. saya yang pake kacamata aja ngga ngerasa sulit liat. saya masih penasaran ingin pake premium nih, cuman dari tahun lalu bensin belum abis2.johnlegend wrote:btw, mo tulis FC lagi.. huahuahua.. moga2 kaga ada yg eneg liat tulisan ttg FC gw yah..
GL saya minum 1:9 buat dalkot.. soal nya saya coba FULL throttle.. hehehe.. max speed ngga tinggi2 banget.. tp dari 0-70kmh yg sering dibejek abis.. ternyata ngga selemot yg gw kira.. hohoho.. yg penting pas kickdown nya.. *seperti yg pak ichsan bilang..*
mmh.. stability nya boleh.. cuman gw takut ama visibility nya.. sudut kiri.. ama sudut kanan.. kadang ketutup pilar A.. jd pas belok kecepatan tinggi rada dag dig dug.. takut ada sepeda yg nyelonong..
pa lagi kaca film nya uda gelaaappp kl malem..
ada yg ngerasa posisi pilar ngganggu visibility kaga nih?
Yg udah dapet Livina absen disiniii.........
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
wahh kalo masih buat angkut2 barang dan 1:9 dalkot mah irit pak. soal bangku, saya kalau nyetir livina emang ngga rebah kok pak. nahh itu, kalo bangku livina ngga saya mundurin banget sampe mentok, kaki saya di gas & rem jadi ngegantung sekali rasanya, malah pegel.johnlegend wrote:
huehuehue.. iya pak.. ini mobil dipake buat kerja.. kadang kl keluar kota angkut barang2.. trus bawa orang2.. kotor semua gt.. *termasuk clean freak.. huehuehue* bangku depan ngga mentok k belakang pak.. tp cukup mundur kok.. kl jok depan terlalu mundur banget.. pinggang bisa sakit.. kan cape nahan nya..
btw, kl ditatak'in bantal ngga kerasa sakit.. berarti posisi tempat duduk pak ichsan mungkin kurang tegak.. coba diadjust lagi pak.. *sorry neh kl gw sok tahu.. hehehe*
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
ups sori dari minggu lalu maksudnya.
ichsan_n wrote:hehehe.. kalo pilar A sih saya udah biasa macam jazz pak, jadi ngga terlalu ganggu buat saya. btw kaca film depan saya jg 30% pake spektrum, dan anehnya masih clear banget loh walau malem. saya yang pake kacamata aja ngga ngerasa sulit liat. saya masih penasaran ingin pake premium nih, cuman dari tahun lalu bensin belum abis2.johnlegend wrote:btw, mo tulis FC lagi.. huahuahua.. moga2 kaga ada yg eneg liat tulisan ttg FC gw yah..
GL saya minum 1:9 buat dalkot.. soal nya saya coba FULL throttle.. hehehe.. max speed ngga tinggi2 banget.. tp dari 0-70kmh yg sering dibejek abis.. ternyata ngga selemot yg gw kira.. hohoho.. yg penting pas kickdown nya.. *seperti yg pak ichsan bilang..*
mmh.. stability nya boleh.. cuman gw takut ama visibility nya.. sudut kiri.. ama sudut kanan.. kadang ketutup pilar A.. jd pas belok kecepatan tinggi rada dag dig dug.. takut ada sepeda yg nyelonong..
pa lagi kaca film nya uda gelaaappp kl malem..
ada yg ngerasa posisi pilar ngganggu visibility kaga nih?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
BTw ini livina kok mesinnya panas banget yahhh??? itu apa radiatornya ngga sanggup dinginin panas mesinnya yah? emang sih tampaknya lucu, tapi siapa tahu aja emang ada kejadian mobil baru mogok karena kepanasan.. udah ada yang pernah liat livina mogok ngga? ahahahaha!! kelewatan banget kalo sampe ada mah. hahahah... and kalo sampe ada pun... pastinya akhir2nya pengemudinya jg yang musti diintrospeksi. Sebagai pengendara jangan lalai untuk mengecek isi radiator setiap kali mau jalan.. hauahhahahaha.. hehehehehhe.. klasikkk dee... kaya masalah FC AT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
pak Ichsan, kayaknya mobilnya bermasalah deh.
Mobil saya sekarang sudah tidak bau lagi pak. Seperti yang sudah saya perkirakan sebelumnya. Dan belum pernah bau gosong itu masuk ke kabin. Dulu waktu pemakaian pertama tercium sih di moncong mobil. Sekarang sudah tidak ada lagi.
Mobil saya sekarang sudah tidak bau lagi pak. Seperti yang sudah saya perkirakan sebelumnya. Dan belum pernah bau gosong itu masuk ke kabin. Dulu waktu pemakaian pertama tercium sih di moncong mobil. Sekarang sudah tidak ada lagi.
ichsan_n wrote:BTw ini livina kok mesinnya panas banget yahhh??? itu apa radiatornya ngga sanggup dinginin panas mesinnya yah? emang sih tampaknya lucu, tapi siapa tahu aja emang ada kejadian mobil baru mogok karena kepanasan.. udah ada yang pernah liat livina mogok ngga? ahahahaha!! kelewatan banget kalo sampe ada mah. hahahah... and kalo sampe ada pun... pastinya akhir2nya pengemudinya jg yang musti diintrospeksi. Sebagai pengendara jangan lalai untuk mengecek isi radiator setiap kali mau jalan.. hauahhahahaha.. hehehehehhe.. klasikkk dee... kaya masalah FC AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
ohh ngga pak, saya takutnya lama kelamaaan malah radiatornya yang kemakan.. pengalaman di gallant.. pada jebol radiator melulu penyakitnya saking ini mobil hawanya panas banget. kalo bau gosong saya jg sudah hilang.. kecuali kemarin saja muncul lagi dari roda belakang akibat lagi coba2 kickdown-rem-kickdown-rem ditol.
gunawan98 wrote:pak Ichsan, kayaknya mobilnya bermasalah deh.
Mobil saya sekarang sudah tidak bau lagi pak. Seperti yang sudah saya perkirakan sebelumnya. Dan belum pernah bau gosong itu masuk ke kabin. Dulu waktu pemakaian pertama tercium sih di moncong mobil. Sekarang sudah tidak ada lagi.
ichsan_n wrote:BTw ini livina kok mesinnya panas banget yahhh??? itu apa radiatornya ngga sanggup dinginin panas mesinnya yah? emang sih tampaknya lucu, tapi siapa tahu aja emang ada kejadian mobil baru mogok karena kepanasan.. udah ada yang pernah liat livina mogok ngga? ahahahaha!! kelewatan banget kalo sampe ada mah. hahahah... and kalo sampe ada pun... pastinya akhir2nya pengemudinya jg yang musti diintrospeksi. Sebagai pengendara jangan lalai untuk mengecek isi radiator setiap kali mau jalan.. hauahhahahaha.. hehehehehhe.. klasikkk dee... kaya masalah FC AT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
di milis livina ada yang lihat GL dibuka kapnya di puncak tuh. apa gara2 radiator yak?
ichsan_n wrote:BTw ini livina kok mesinnya panas banget yahhh??? itu apa radiatornya ngga sanggup dinginin panas mesinnya yah? emang sih tampaknya lucu, tapi siapa tahu aja emang ada kejadian mobil baru mogok karena kepanasan.. udah ada yang pernah liat livina mogok ngga? ahahahaha!! kelewatan banget kalo sampe ada mah. hahahah... and kalo sampe ada pun... pastinya akhir2nya pengemudinya jg yang musti diintrospeksi. Sebagai pengendara jangan lalai untuk mengecek isi radiator setiap kali mau jalan.. hauahhahahaha.. hehehehehhe.. klasikkk dee... kaya masalah FC AT
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Yup.. dari sharing yg saya amati .. rata2 u/ perjalanan jauh (luarkota) rata2 FC GL1.8 1:12-14 stnya sdh bisa dijadikan acuan.
Tapi u/ dalkot sangat amat bervariasi tergantung Kota apa. Kalo diJakarta yg memang selalu lewati jalur padat merayap FC GL jadi 1:8-9 sedangkan untuk route kombinasi Tol dan Dalkot.. FC GL jadi 1:9-12.
Anak milist ada sharing sama gw sewaktu dia pasang jok di toko gw .. GLnya 1.5AT 80% pakai rute daerah Klp Gading - Sunter .. FCnya 1:8++ .. ga sampe 1:9, perlu diketahui saja.. Jl boulevard Raya - Kelapa gading.. selalu padat apalagi kalo jam pergi-pulang kantor, situasi jalan drastis berubah, jl. boulevard raya dari ujung ke ujung sekitar 3-4KM kalo sepi(baca: Jlnan kosong) bisa ditempuh dg jalan santai cuma 5 menit, .. tp kalo lagi padat.. terutama saat weekend.. bisa 30menit. Selain itu dia juga tempuh jalur Klp Gdg - Sunter..harus lewati jl. Bypass .. yg memang terkenal selalu macet- cet-cet.... dijalur tersebut kalo lagi padat bgt u/ putar balik di jl.Bypass aja bisa 20-30 menit... padahal Sunter-Klp Gading tidak smp
10KM... tp kalo lagi padat bisa 45menit-1jam baru sampe .. sedangkan kalo jalan benar kosong/lengang.. Sunter-Gading dpt ditempuh dg
driving santai dlm waktu 10-15menit.
IMHO.. u/ yg punya GL dan pakai di kota JKT terus terutama jalur padat.. jgn hope to much bisa dpt lebih dari 1:10 .. krn bisa dapat 1:9++ aja udah bagus.
Tapi u/ dalkot sangat amat bervariasi tergantung Kota apa. Kalo diJakarta yg memang selalu lewati jalur padat merayap FC GL jadi 1:8-9 sedangkan untuk route kombinasi Tol dan Dalkot.. FC GL jadi 1:9-12.
Anak milist ada sharing sama gw sewaktu dia pasang jok di toko gw .. GLnya 1.5AT 80% pakai rute daerah Klp Gading - Sunter .. FCnya 1:8++ .. ga sampe 1:9, perlu diketahui saja.. Jl boulevard Raya - Kelapa gading.. selalu padat apalagi kalo jam pergi-pulang kantor, situasi jalan drastis berubah, jl. boulevard raya dari ujung ke ujung sekitar 3-4KM kalo sepi(baca: Jlnan kosong) bisa ditempuh dg jalan santai cuma 5 menit, .. tp kalo lagi padat.. terutama saat weekend.. bisa 30menit. Selain itu dia juga tempuh jalur Klp Gdg - Sunter..harus lewati jl. Bypass .. yg memang terkenal selalu macet- cet-cet.... dijalur tersebut kalo lagi padat bgt u/ putar balik di jl.Bypass aja bisa 20-30 menit... padahal Sunter-Klp Gading tidak smp
10KM... tp kalo lagi padat bisa 45menit-1jam baru sampe .. sedangkan kalo jalan benar kosong/lengang.. Sunter-Gading dpt ditempuh dg
driving santai dlm waktu 10-15menit.
IMHO.. u/ yg punya GL dan pakai di kota JKT terus terutama jalur padat.. jgn hope to much bisa dpt lebih dari 1:10 .. krn bisa dapat 1:9++ aja udah bagus.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
mmh.. yg 1:9 itu pas saya buat kebut2an pak.. mmh.. dari daerah araya-darmo hill yg biasa nya 40mnt dipangkas jadi 12-13menit.. huehuehue.. malem2 sepi.. bhejeg abis.. kebetulan jalan2 pada uda bnyk yg diaspal.. huehuehue..ichsan_n wrote:wahh kalo masih buat angkut2 barang dan 1:9 dalkot mah irit pak. soal bangku, saya kalau nyetir livina emang ngga rebah kok pak. nahh itu, kalo bangku livina ngga saya mundurin banget sampe mentok, kaki saya di gas & rem jadi ngegantung sekali rasanya, malah pegel.johnlegend wrote:
huehuehue.. iya pak.. ini mobil dipake buat kerja.. kadang kl keluar kota angkut barang2.. trus bawa orang2.. kotor semua gt.. *termasuk clean freak.. huehuehue* bangku depan ngga mentok k belakang pak.. tp cukup mundur kok.. kl jok depan terlalu mundur banget.. pinggang bisa sakit.. kan cape nahan nya..
btw, kl ditatak'in bantal ngga kerasa sakit.. berarti posisi tempat duduk pak ichsan mungkin kurang tegak.. coba diadjust lagi pak.. *sorry neh kl gw sok tahu.. hehehe*
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Sdh pernah gw sharing deh soal mesin Nissan HR15DE dan MR18DE .. ini type mesin ULEV .. yg membutuhkan panas tinggi u/ menekan kadar racun pembuangan .. semua mesin ULEV.. operating temp 90-100 derajat celcius.... bukan mobil GL aja... apalagi mesin SULEV yg operating tem bisa >100 derajat celcius... CMIIW.
Kalo berdiri didepan mobil pasti dengar kipas radiator yg bunyinya kuenceng itu?.. nah itu salah satu u/ memaintain operatinng temp mesin yg panas.
Kalo lagi piknik.. bawa wajan aja.. buka kap motor.. bisa goreng2 deh...
Air radiator berkurang sementara ini diprediksikan krn mobil nya masih baru .. ada udara yg terjebak dalam jalur sirkulasi pendingin... ada yg share juga setelah ditambah beberapa kali.. sdh tidak berkurang lg.
Kalo berdiri didepan mobil pasti dengar kipas radiator yg bunyinya kuenceng itu?.. nah itu salah satu u/ memaintain operatinng temp mesin yg panas.
Kalo lagi piknik.. bawa wajan aja.. buka kap motor.. bisa goreng2 deh...

Air radiator berkurang sementara ini diprediksikan krn mobil nya masih baru .. ada udara yg terjebak dalam jalur sirkulasi pendingin... ada yg share juga setelah ditambah beberapa kali.. sdh tidak berkurang lg.
ichsan_n wrote:ohh ngga pak, saya takutnya lama kelamaaan malah radiatornya yang kemakan.. pengalaman di gallant.. pada jebol radiator melulu penyakitnya saking ini mobil hawanya panas banget. kalo bau gosong saya jg sudah hilang.. kecuali kemarin saja muncul lagi dari roda belakang akibat lagi coba2 kickdown-rem-kickdown-rem ditol.
gunawan98 wrote:pak Ichsan, kayaknya mobilnya bermasalah deh.
Mobil saya sekarang sudah tidak bau lagi pak. Seperti yang sudah saya perkirakan sebelumnya. Dan belum pernah bau gosong itu masuk ke kabin. Dulu waktu pemakaian pertama tercium sih di moncong mobil. Sekarang sudah tidak ada lagi.
ichsan_n wrote:BTw ini livina kok mesinnya panas banget yahhh??? itu apa radiatornya ngga sanggup dinginin panas mesinnya yah? emang sih tampaknya lucu, tapi siapa tahu aja emang ada kejadian mobil baru mogok karena kepanasan.. udah ada yang pernah liat livina mogok ngga? ahahahaha!! kelewatan banget kalo sampe ada mah. hahahah... and kalo sampe ada pun... pastinya akhir2nya pengemudinya jg yang musti diintrospeksi. Sebagai pengendara jangan lalai untuk mengecek isi radiator setiap kali mau jalan.. hauahhahahaha.. hehehehehhe.. klasikkk dee... kaya masalah FC AT
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
wah, kalo kyk gini brarti sama donk kyk Grandis gw, soalnya ini suara fan-nya kuenceng amir...uda kyk suara wkt berdiri di depan pesawat, trus mesinnya puanas kale ampe pernah gw observe waktu jam 11 pagi sehabis dipake, supir gw taro Grandisnya ke dalem garasi indoor yang bebas panas matahari, trus malemnya skitar jam 7 gitu gw pegang kap mesinnya, wah, masih hangat2 gitu, blon dingin, apalagi kalo elu taro tangan loe di atas celah2 kap mesinnya, terasa deh hawa panasnya kluar...padahal mercy gw aja keknya 4 jam gitu aja udah dingin tuh...
keknya ini mesinnya kyk galant yg si ichsan bilang, kalo mesinnya puanas bgt...
keknya ini mesinnya kyk galant yg si ichsan bilang, kalo mesinnya puanas bgt...


-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Yup.. itu ciri2 mesin ULEV.. operating temp-nya tinggi u/ neken racun gas buang.
Hansen wrote:wah, kalo kyk gini brarti sama donk kyk Grandis gw, soalnya ini suara fan-nya kuenceng amir...uda kyk suara wkt berdiri di depan pesawat, trus mesinnya puanas kale ampe pernah gw observe waktu jam 11 pagi sehabis dipake, supir gw taro Grandisnya ke dalem garasi indoor yang bebas panas matahari, trus malemnya skitar jam 7 gitu gw pegang kap mesinnya, wah, masih hangat2 gitu, blon dingin, apalagi kalo elu taro tangan loe di atas celah2 kap mesinnya, terasa deh hawa panasnya kluar...padahal mercy gw aja keknya 4 jam gitu aja udah dingin tuh...
keknya ini mesinnya kyk galant yg si ichsan bilang, kalo mesinnya puanas bgt...
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
yg gw observe, kalo mesinnya lagi dingin, asap dari knalpotnya bau skali, tapi kalo mesinnya udah panas, asap dari knalpotnya udah gak berbau...maxx wrote:Yup.. itu ciri2 mesin ULEV.. operating temp-nya tinggi u/ neken racun gas buang.
Hansen wrote:wah, kalo kyk gini brarti sama donk kyk Grandis gw, soalnya ini suara fan-nya kuenceng amir...uda kyk suara wkt berdiri di depan pesawat, trus mesinnya puanas kale ampe pernah gw observe waktu jam 11 pagi sehabis dipake, supir gw taro Grandisnya ke dalem garasi indoor yang bebas panas matahari, trus malemnya skitar jam 7 gitu gw pegang kap mesinnya, wah, masih hangat2 gitu, blon dingin, apalagi kalo elu taro tangan loe di atas celah2 kap mesinnya, terasa deh hawa panasnya kluar...padahal mercy gw aja keknya 4 jam gitu aja udah dingin tuh...
keknya ini mesinnya kyk galant yg si ichsan bilang, kalo mesinnya puanas bgt...
mungkin betul yg elu bilang...ciri2 mesin ULET, eh ULEV maksudnya...




-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
IMHO.. u/ mobil yg jarang dipakai kalo itung FC musti masukan variable penguapan bensin.. u/ Pertamax/shell/petromax.. nguapnya lebih bnayak dibanding premium.
Udah paling bener kalo mo itung FC mesin.. isi full sebelum jln dipom bensinl pasti pas smp luber, set odometer, pergi keluar kota (jalan2) .. pulangnya langsung isi lagi di pom dan station filler yg sama smp luber... langsung itu den tuh .. KM odometer dibagi jumlah bensin yg diisi kedua kalinya.
Udah paling bener kalo mo itung FC mesin.. isi full sebelum jln dipom bensinl pasti pas smp luber, set odometer, pergi keluar kota (jalan2) .. pulangnya langsung isi lagi di pom dan station filler yg sama smp luber... langsung itu den tuh .. KM odometer dibagi jumlah bensin yg diisi kedua kalinya.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
hehehhe... itu mah livina gw pak jhon kalo jarang dipake.. btw walau nguap kan ngga mungkin sampe signifikan begitu maxx berkurangnya. kalau ukur luar kota artinya itu ukuran bensin luar kota donk? maxx terus itu yang mogok dipuncak, beneran mogok apa lagi mojok? ada yang nimpalin ngga? hhh... semoga livina jangan kaya renault deh.. gw takutnya kalo mesin terlalu panas, pengaruh ke umur komponen2 elektrical.. jadi suka ngaco and rusak semenjak kena panas tinggi mulu.johnlegend wrote:kl ngga abis2 berarti termasuk irit? ato kaga perna dipake2 nih?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
itu jadinya kan FC luar kota. Metode pengukuran gw sama, isi bensin penuh, entar di kalo habis diisi lagi. Penguapan bensin mungkin terjadi, tapi kalo sampe separah yang maxx tulis, mending ga usah pake mobil aja...maxx wrote:IMHO.. u/ mobil yg jarang dipakai kalo itung FC musti masukan variable penguapan bensin.. u/ Pertamax/shell/petromax.. nguapnya lebih bnayak dibanding premium.
Udah paling bener kalo mo itung FC mesin.. isi full sebelum jln dipom bensinl pasti pas smp luber, set odometer, pergi keluar kota (jalan2) .. pulangnya langsung isi lagi di pom dan station filler yg sama smp luber... langsung itu den tuh .. KM odometer dibagi jumlah bensin yg diisi kedua kalinya.

kan tangki ada tutupnya (bertekanan lagi).. Biar ga dipake sebulan paling juga menguap ga sampe 0.1 liter. Toh mobil saya bukan jarang dipake. Dipake tiap hari, cuman jaraknya pendek. BTW, kemaren saya cek, secara visual, indicator sudah hampir 1/2, tapi km cuman 159. Hmm... ada beberapa kemungkinan:
1. Ini mobil emang ga seirit yang gw bayangkan (walau jauh lebih irit dari taruna).
2. Istri saya cara nyetirnya tidak efisien. Ini sudah saya utarakan sebelumnya. Saya bisa kompensasikan.
3. Indikator bensin tidak linier. Ini kan pernah diutarakan juga.
4. Pemakaian Premium JUSTRU lebih hemat dari Pertamax+
5. Faktor uji coba dalam masa < 1000km (kemungkinan di set di factory u/ masa < 1000km dibuat agak boros supaya mobil tidak terlalu panas). Mungkin aja sistem pelumasan blom lancar. Semisal perawan tuh kan masih seret gitu loh

OOT juga. Taruna saya tuh kalo dalkot, disetir sama istri.. paling juga 1:7-7.5. Tapi saya pernah uji keluar kota, ke bali, bisa sampe 1:12+. Jadi FC antara dalkot dan luar kota MEMANG bisa berbeda jauh (dan lumrah), terutama u/ mobil cc kecil. Nah berhubung livina ini emang mayoritas dipake di dalam kota, ya wajarlah buat saya u/ mengabaikan FC luar kota.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36
FYI:
Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=5412
Jadi gw pikir kalo klaim dari produsen segitu ya... realisasinya FC mungkin sekitar itu yah... yg gw udah ukur pake 1.8AT luar kota bisa dapet 1:14.5 ... berarti ok lah... (wah kalo mudik lebaran macet sih pasti nggak dapet segini)... untuk dalem kota gw belum ukur...
1.8AT (4A+2C+1B) buat nanjak panjang di cipularang ok juga, enak lho nyalip sambil nanjak hehehe...
Gw posting long time ago di topik:gubraks wrote:Info dari milis sebelah, dari sales guide, kayaknya fuel consumption kalo pake premium sih expect for the worse aja:
di jalan jakarta yg penuh macet :
1.5 MT 1:8.5
1.8 MT 1:7
Luar kota speed rata2 100km/jam:
1.5 MT 1:15.5
1.8 MT 1:14
Kalo u/ yg AT nggak ada info, logikanya kurang dari itu.
Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=5412
Jadi gw pikir kalo klaim dari produsen segitu ya... realisasinya FC mungkin sekitar itu yah... yg gw udah ukur pake 1.8AT luar kota bisa dapet 1:14.5 ... berarti ok lah... (wah kalo mudik lebaran macet sih pasti nggak dapet segini)... untuk dalem kota gw belum ukur...
1.8AT (4A+2C+1B) buat nanjak panjang di cipularang ok juga, enak lho nyalip sambil nanjak hehehe...
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Depan kap mesin grandis ato mesin ULEV yg lain juga bisa dong... sama juga tuh panasnya.ichsan_n wrote:HUAHAHAHAHA... udah2 sen, kita mending duduk2 aje sambilHansen wrote: mungkin betul yg elu bilang...ciri2 mesin ULET, eh ULEV maksudnya...![]()
![]()
ama masak
didepan kap mesin livina.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
gunawan98 wrote: kan tangki ada tutupnya (bertekanan lagi).. Biar ga dipake sebulan paling juga menguap ga sampe 0.1 liter. Toh mobil saya bukan jarang dipake. Dipake tiap hari, cuman jaraknya pendek. BTW, kemaren saya cek, secara visual, indicator sudah hampir 1/2, tapi km cuman 159. Hmm... ada beberapa kemungkinan:
1. Ini mobil emang ga seirit yang gw bayangkan (walau jauh lebih irit dari taruna).
2. Istri saya cara nyetirnya tidak efisien. Ini sudah saya utarakan sebelumnya. Saya bisa kompensasikan.
3. Indikator bensin tidak linier. Ini kan pernah diutarakan juga.
4. Pemakaian Premium JUSTRU lebih hemat dari Pertamax+
5. Faktor uji coba dalam masa < 1000km (kemungkinan di set di factory u/ masa < 1000km dibuat agak boros supaya mobil tidak terlalu panas). Mungkin aja sistem pelumasan blom lancar. Semisal perawan tuh kan masih seret gitu loh:D:D............. wakaka. (asli ngakak gw)...
OOT juga. Taruna saya tuh kalo dalkot, disetir sama istri.. paling juga 1:7-7.5. Tapi saya pernah uji keluar kota, ke bali, bisa sampe 1:12+. Jadi FC antara dalkot dan luar kota MEMANG bisa berbeda jauh (dan lumrah), terutama u/ mobil cc kecil. Nah berhubung livina ini emang mayoritas dipake di dalam kota, ya wajarlah buat saya u/ mengabaikan FC luar kota.
pak gunawan, ternyata full tank livina adalah 52 liter, bukan 45